Jawa Barat - 63 Hits

Menghabiskan weekend atau liburan di luar rumah emang gak akan pernah lepas dari kegiatan makan-makan. Apalagi kalau liburannya ke luar kota seperti Bandung. Tujuan liburan paling tepat dan cepat dari Jakarta ini punya banyak banget tempat makan unik dengan view yang oke. Penasaran ada dimana aja? Yuk cek list tempat makan yang akan dibahas sekarang!

 

1. NUANSA PEDESAAN SAPU LIDI RESTAURANT BIKIN KANGEN KAMPUNG HALAMAN 

Tempat pertama ada di restoran Sapu Lidi, Lembang. Tempat makan ini bakal bikin kamu kangen kampung halaman dengan kosep pedesaannya yang sangat kental. Sejauh mata memandang, restoran Sapu Lidi ini dipenuhi dengan banyak saung yang dihubungkan dengan jalan setapak. Di sisi saungnya kamu bisa menemukan hamparan sawah yang bikin suasana asri dan mirip dengan suasana pedesaan.

via destinasi-indonesia.com

via instagram.com/deny_christ

via reddoorz.wordpress.com

via amazonaws.com

Enggak cuma pemandangan sawah aja nih guys, tapi di Sapu Lidi ini ada juga pemandangan danau buatan. Selain ada saung, ada juga tempat makan terapung yang dibuat di atas sampan. Dari tempat ini terasa suasana asri dan pepohonan rimbun yang menenangkan.

via tempatwisatamu.com

via tripadvisor.co

Soal makanan, Sapu Lidi menyediakan aneka makanan khas Sunda yang disajikan di atas nampan dan dilapisi daun pisang. Mulai dari berbagai lauk pauk, minuman hingga makanan ringan ada di restoran ini. Kalau kamu bingung mau pesen apa, coba deh pesan Ayam Bakar Warisan-nya. Menu ini sebenarnya mirip dengan ayam bakar biasa. Bedanya menggunakan ayam kampung dan bumbu kecap yang nikmat. Enaknya beneran sampe meresap ke tulangnya.

via initempatwisata.com

via meutiadiary.com

Bagian yang ini gak boleh ketinggalan. Sebelum pulang jangan lupa mampir ke toko oleh-olehnya. Kamu bisa beli cemilan kering, aneka sambal, sirup dan juga aneka kerajinan tangan. Dari pada jauh-jauh cari tempat beli oleh-oleh, mending sekalian aja beli disini.

via 1001malam.com

via meutiadiary.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Sersan Bajuri, Lembang, Bandung

Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Telepon: 022 - 2786461

Estimasi Harga: 5K – 200K

 

2. NIKMATI KEINDAHAN KOTA BANDUNG DI MALAM HARI DARI THE STONE CAFE BANDUNG 

Kalau sebelumnya ada tempat makan dengan pemandangan asri di kawasan Lembang, di tempat ke dua ini kamu bakal dibuat takjub dengan pemandangan kota Bandung dari ketinggian kawasan Dago Pakar. Pemandangan Bandung secara luas bisa kamu lihat dari The Stone Cafe. Tempat ini punya satu bangunan dengan tiga lantai dan tiga tema tempat makan yang nyaman banget. Lokasinya juga luas banget, cocok buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Bandung bareng keluarga.

via pandawa-lilima.net

via dharaervina.blogspot.co.id

Di bagian dalam tempat makannya berkonsep lesehan dengan kaca bening besar yang memperlihatkan keindanhan kota Bandung dari atas. Bagian ini punya beberapa meja yang dibatasi dengan bilik-bilik kayu. Sehingga ruangan ini bisa menampung kurang lebih 30 orang. 

via cavinteo.blogspot.co.id

Kalau kamu butuh tempat yang lebih privasi, tempat ini juga punya gazebo alias saung-saung kecil. Gazebo ini juga punya dua versi. Ada yang berisi satu meja, ada juga yang dengan beberapa meja. Dari tempat ini kamu juga bisa liat pemandangan cantik dari ketinggian. 

via tripadvicesor.com

via pinterest.com

via instagram.com/adhy168

Nuansa romantis juga bisa kamu dapatkan di bagian balkon yang ada di lantai 3. Di sini ada beberapa meja dan tempat duduk. Dari lantai paling tinggi ini kota Bandung terlihat sangat luas dan lebih bercahaya dibandingkan bagian lainnya.

via kulinerbandungwisata.blogspot.com

via kingsmary.blogspot.co.id

Pemandangan kece gak akan berkesan tanpa kehadiran makanan enak. Di The Stone Cafe makanan yang disediakan masih dengan tema modern tradisional. Ada berbagai pilihan makanan barat dan juga makanan Indonesia. Seperti buntut bakar bawang putih dan Grill Sirloin. Dua-duanya punya rasa yang nikmat dan daging yang empuk. Dan for your information, makanan yang disediakan di tempat ini sama sekali enggak mengandung MSG. 

via instagram.com/thestonecafe

via instagram.com/thestonecafe

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Rancakendal Luhur No. 5, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

Telepon: 022 2500577

Estimasi Harga: 10K – 100K

 

3. LERENG ANTENG, LOKASI NGOPI PALING OKE DENGAN PANORAMA CANTIK DI KAWASAN LEMBANG 

Kawasan Punclut yang ada di Lembang emang terkenal dengan kawasan kuliner berpanorama indah. Salah satunya yang lagi ngehits di kalangan para milenial adalah Lereng Anteng. Tempat yang menyebut dirinya sebagai panoramic coffee place ini punya banyak spot kece buat ngopi sambil foto-foto asik dengan latar pemandangan cantik. 

via ngetripyuk.id

Cafe ini punya beberapa fasilitas tempat duduk yang unik untuk pengunjungnya. Pemandangan hijau paling jelas bisa didapatkan kalau kamu memilih untuk duduk dari lantai dua cafe ini. Apalagi disini banyak bean bag males yang bikin kamu super nyaman buat ngopi sambil liat pemandangan bagus.

via sikucingmanis.wordpress.com

Dibagian bawahnya ada beberapa undakan dengan tenda transparan yang bisa juga dijadikan spot santai kamu. Karena konsep tempat makan yang berbentuk tenda ini baru dan unik, jadi gak aneh kalau bagian ini justru lebih banyak diminati sama pengunjung. 

via touristama.com

via ngetripyuk.id

via instagram.com/warmanwardhani

Meskipun kelihatannya tempat ini gak ramah untuk anak keceil karena letaknya yang berundak, tapi cafe ini juga punya arena bermain mini golf loh di sudut lainnya. Arena yang satu ini bisa digunakan oleh siapa aja dengan cukup membayar 25 ribu untuk 2 stick golf dan 2 bola. Walaupun begitu tetap diawasi ya adik kecilnya!

via turiskece.com

Lereng Anteng ini tempat yang pas buat kamu yang sudah makan besar dan pengen ngopi sambil nyemil. Menu yang ada di sini lebih banyak didominasi dengan kopi dan makanan kecil. Kopi racikan cafe ini harum dan mantep banget. Rahasianya tentu karena menggunakan biji kopi nusantara. Bahkan kamu bisa cicipi kopi nusantara dengan metode vietnam drip. 

via jalan2gendut.wordpress.com

Temen ngopi di sini itu ya makanan ringannya. Seperti singkong goreng, lepeut oncom, bala-bala dan lain-lain. Tapi kamu harus coba dua camilan endeus yang paling banyak di order; cireng dan pisang goreng. Renyah di luar lembut di dalam! Kalau kamu ngopi tapi belum makan berat, disini juga ada menu nasi dan mie kok kakak-kakak.

via desi-rigamanaya.blogspot.co.id

via eatfunrepeat.wordpress.co

via facebook.com/lerenganteng

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Pagermanseun Punclut, Kampung Pagermaneuh, RT 02/04. Desa Pagerwangi, Lembang, Bandung

Jam Buka: 10.00 – 23.00 WIB

Telepon: 0878252956659

Estimasi Harga:10K-40K

 

4. CONGO CAFE, CAFE GALERI SENI KAYU NAN ASRI DI KAWASAN DAGO PAKAR

Tempat yang keempat ada di Congo Cafe. Cafe ini berada di dalam sebuah geleri seni kayu yang bernama Solliwood Gallery, sehingga sering kali tempat ini juga disebut sebagai Congo Cafe and Solliwood Gallery. Perpaduan seni kayu dan nuansa alam begitu kental di tempat ini. Gerbang kayu tua bertuliskan “Congo” dan tumbuhan merambat yang rimbun memberikan kesan seperti berada di hutan yang ada di Congo, Afrika. 

via instagram.com/shinsairo

via reddoorz.wordpress.com

via h0tchocolate.wordpress.com

Cafe ini punya beberapa pilihan spot yang menghadap ke pemandangan hijau di kawasan Dago Pakar. Di lantai satu kamu akan melihat sekeliling ruangan penuh dengan tumbuhan hijau. Lantai ini merupakan ruangan terbuka dengan berbagai tanaman tropis yang memenuhi setiap sudut. Di malam hari, lantai ini berubah menjadi sangat romantis dengan kehadiran lilin-lilin kecil dan lampu kuning pada tiang-tiang penopang. 

via instagram.com/congocafe

via thecoolimages.net

via keluargabiru.com

via instagram.com/egi_saputraa

Di lantai 2 adalah ruangan tertutup dengan kaca besar yang menghadap ke taman. Dari tempat ini, kamu yang enggak mau makan di tempat terbuka tetap masih bisa melihat pemandangan hijau di luar dengan leluasa. Di lantai 3 nggak jauh berbeda dengan lantai 2, hanya saja pemandangan yang diberikan lebih menakjubkan dari lantai 2 dan lantai 1. Sayanganya, enggak sembarang orang dibolehkan memesan lokasi di lantai 3 ini. Hanya pengunjung dengan pembelian makanan minimal 1 juta saja yang boleh booking tempat di lantai ini. Tapi tempat ini sangat cocok untuk kamu yang akan kesini bersama keluarga besar.

via.izark.ne

via klikalamat.com

via instagram.com/congogallery

Menu makanan yang disediakan di tempat ini beragam. Ada makanan nusantara dan makanan barat. Untuk rasanya, percayalah kalo tempat ini enggak cuma menjual pemandangan dan lokasi yang nyaman, tapi juga rasa makanannya. Seperti t-bone steak yang menjadi makanan populer di sini. Dagingnya di panggang secara medium, sehingga dagingnya empuk dan bumbunya meresap sempurna sehingga sangat pas di lidah. 

via muhdhito.me

Begitu juga dengan steak salmon yang disediakan di cafe ini. Kamu bakal kaget liat porsinya yang besar dan tebal. Daging salmonnya begitu lembut ketika dimakan bersamaan dengan mash potato yang sedikit berbumbu. Penyuka ikan salmon gak boleh melewatkan menu yang satu ini!

via adeknakemal.blogspot.co.id

 

Detail Informasi:

Alamat: Jl. Rancakeundal Luhur No. 8, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 10.00 – 23.00

Telepon: 022 2531065

Estimasi Harga: 14K – 220K

 

5. NUANSA ROMANTIS DARI ROOFTOP THE VALLEY BISTRO CAFE 

Cari tempat makan malam di kawasan Dago demgan suasana romantis? Di The Valley Bistro Cafe kamu bakal memdapatkan nuansa romantis sekaligus makanan yang enak. Bistro cafe ini berada di dalam sebuah penginapan bernama The Valley Resort yang ada di kawasan Dago Pakar. Tempat ini memiliki dua tempat, yaitu di dalam ruangan dan di luar ruangan. Buat kamu yang gak mau kena angin malam, kamu bisa memilih meja yang ada di dalam ruangan.

via jakarta100bars.com

via klikhotel.com

Tapi kalau kamu mau menikmati indahnya suasana malam beratapkan bintang, meja di bagian luar sangat direkomendasikan. Udara malam Bandung yang sejuk dengan pencahayaan dari lampu-lampu kuning di malam hari membangkitkan nuansa romanti buat kamu yang datang ke sini bersama pasangan. 

via booking.com

via tripadvisor.com

via 1001malam.com

Tempat yang bagus dengan pemandangan indah gak lengkap rasanya tanpa kehadirman makanan dan minuman. The Valley Bistro Cafe menyediakan aneka makanan Indonesia hingga makanan mancanegara, seperti makanan Eropa dan makanan Jepang. Di antara menu yang ada, menu steak di cafe ini paling banyak menarik perhatian pengunjung. Salah satu menunya adalah ternderloin steak-nya. Kematangan dagingnya pas, saus nya memberikan rasa gurih apalagi ada potongan kecil jamurnya. Delicioso!

via tripadvisor.com

Supaya tenggorokan gak kering, kamu bisa memesan dua minuman manis Rainbow Juice dan Strawberry Alaska. Rainbow Juice sendiri adalah tiga jus buah dengan rasa serasi yang dikemas dalam satu gelas. Campuran buahnya seger banget dan bikin nagih. Sedangkan Stawberry Alaska merupakan jus strawberry dengan whiped cream di atasnya. Manisnya pas dan enggak akan bikin kamu giyung.

via meutiadiary.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Lembah Pakar No. 28, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

Telepon: 022 2531052

Estimasi Harga: 30K – 200K

 

6.RECHARGE  ENERGI DENGAN PEMANDANGAN ALAM DARI KETINGGIAN RUMAH MIRING BAR 

Tempat keenam ini dulunya lebih dikenal dengan nama Cloud9. Setelah kebijakan jam malam berubah untuk semua tempat makan di Bandung, restoran ini berubah nama menjadi Rumah Miring Bar. Belokasi di kawasan dataran tinggi Dago, membuat para pengunjungnya akan dikeliling oleh keindahan alam dan pemandangan kota Bandung. Terutama di malam hari dengan lampu dari rumah penduduk dan jalanan sekitar yang temaram di kejauhan. 

via thebestinforeview.blogspot.com 

Rumah Miring Bar gak hanya memberikan keindahan di malam hari. Tempat makan ini juga memiliki keindangan alam yang hijau dan asri. Tanaman hijau di sekitar bangunan memberikan suasana fresh.. Pohon-pohon di sepanjang jalan setapak menuju bangunan tampak rapih dan membuat suansa di sini lebih cantik.

via pandawa-lilima.net

via garasikuliner.blogspot.co.id

Tempat makan ini  memiliki dua bagian; bagian dalam dan bagian luar. Di bagian dalam kamu bisa menemukan bar untuk memesan aneka minuman. Dominasi furnitur kayu membuat suasana pada bagian dalam terasa lebih hangat. 

via rajatourbandung.com

via jakarta100bars.com

Sedangkan di bagian luar pengunjung bisa langsung menikmati pemandangan hijau dan semilir angin dataran tinggi Dago yang sejuk. Selain keindahan tempat dan udaranya, bagian luar ini juga sangat instagramable loh. 

via freemagz.com

via traveloka.com

via instagram.com/dlisa.25

Untuk menunya, Rumah Miring Bar ini punya banyak pilihan seperti pizza, asian food, western food, soup dan pasta. Kalau kamu ke sini dengan teman-teman dan gak mau kantong bolong, kamu bisa pesan menu pizza-nya. Kamu bisa sharing sampai dengan 5 orang teman kamu loh! Selain bisa sharing ternyata memang menu pizza ini yang jadi andalan menu makanan di sini, apalagi supreme pizzas dengan taburan sayuran diatasnya. Rotinya lembut dan sayurannya segar!

via rezakurniawan.co

Rumah Miring Bar ternyata juga dikenal sebagai slah satu wisata kopi terbaik di Bandung loh. Supaya gak penasaran dengan rasa salah satu kopi terbaik ini kamu bisa cobain beberapa menu kopi yang disediakan di sini. Mulai dari caramel latte, cappucino, americano, sampai hot coffee freshly brewed coffee semuanya wajib kamu cobain!

via instagram.com/caffeheaven1

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Dago Giri No. 199, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 09.00 – 01.00 WIB

Telepon: 087822808389

Estimasi Harga: 30K – 100K

 

7. PECINTA KOPI SEJATI? YUK, NGOPI CANTIK DARI LANTAI DUA KEDAI KOPI IRENG! 

Penikmat kopi Bandung pasti udah gak asing lagi sama kedai kopi yang satu ini. Kopi Ireng ini memiliki aneka varian jenis kopi yang dikreasikan oleh ahli yang memiliki kecintaan dan rasa seni yang tinggi pada minuman kopi. Mengusung tema rumah joglo dengan dominasi kayu yang dibiarkan tanpa cat, kedai kopi ini jauh dari kesan tempat makan mewah seperti restoran maupun cafe. 

via coffeeoneblog.wordpress.com

via walanja.co.id

Kopi Ireng memiliki dua lantai dimana lantai pertama digunakan sebagai tempat meracik kopi dengan beberapa tempat duduk. Seperti kebanyakan tempat makan di kawasan Dago lainnya, Kopi Ireng juga memberikan pemandangan indah dengan udara yang bersih dan segar. Di lantai satu ini kamu sudah bisa menikmati keindahan kota Bandung sambil ngopi-ngopi cantik.

via indonesia.tripcanvas.co

via kulinerdago.com

Lantai dua juga memiliki tempat duduk yang enggak kalah nyamannya. Bagian ini cocok banget buat kamu yang akan ke sini di malam hari. Pamandangan dari atas sini  paling enak buat tempat ngopi santai sambil menikmati gorengan hangat di malam hari. Pemandangan hamparan lampur kota dikejauhan sebagai pelengkap malamu di sini.

via garasikuliner.blogspot.co.id 

via kopiireng.com

Nah kopi yang ada di sini sangat beragam dan terkenal sangat harum. Stairway to heaven adalah salah satu kopi terlaku yang gak boleh kamu lewatkan. Buat temen ngopi kamu bisa memesan makanan kecil seperti kentang goreng dan juga pisang goreng. Pemandangan indah bakal lengkap banget dengan kopi dan makanan kecil dari kopi ireng!

via kulinerdago.com

via instagram.com/satria_pvtra

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 1, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 12.00 – 23.00 WIB

Telepon: 022 2531074

Estimasi Harga: 30K – 50K

 

8. MANJAKAN MATA DENGAN PEMANDANGAN WAH DARI BELLE VUE FRENCH & ITALIA BISTRO YANG SUPER MEWAH! 

Yang satu ini adalah restoran yang berada di lantai 5 hotel berbintang lima. Seperti namanya, restoran ini menyuguhkan pemandangan indah dari atas ketinggian dengan makanan yang diadaptasi dari negara Prancis dan Italia. Dekorasi restoran bergaya jaman baroque dengan dominasi warna abu-abu dan lampu kristal gantung ini memberikan kesan elegan dan romantis.

via foody.id

Tempat ini dibagi menjadi beberapa bagian. Ada bagian untuk tempat makan prasmanan atau casual dining dan juga bagian yang khusus untuk fine dining. Secara interor keduanya gak ada perbedaan. Hanya saja untuk bagian casual dining meja dan kursi menggunakan kayu, sedangkan bagian fine dining menggunakan sofa. Untuk kesamaan, keduanya sama-sama menyuguhkan pemandangan yang super cantik. 

via pegipegi.com

via tempo.co

via narmando.blogspot.com

via tripadvisor.com

Untuk menemani kamu menikmati pemadangan yang indah, Belle Vue menyediakan aneka makanan Prancis dan Italia. Kalau kamu ke sini jangan melewatkan menu poulet au romarin. Ayam yang di panggang dengan daun rosemary dan dimakan menggunakan saus dan potato mashed. Sensasi daging ayam yang empuk bercampur dengan saus yang nikmat ini bakal bikin kamu ketagihan. Sebagai menu penutup jangan lupa juga cicipi makanan manis seperti tiramisu choux, serupa dengan kue sus lengkap dengan taburan rasa tiramisu yang nikmat. 

via instagram.com/bellevue24hours 

via instagram.com/puas_jajan

via instagram.com/ghuniversalhotel

 

Detail Informasi

Alamat: G.H. Universal Hotel, Jl. Setiabudi No. 376, Cidadap, Bandung

Jam Buka: 24 jam

Telepon: 022 2010388

Estimasi Harga: 50K – 250K

 

9. WARUNG DAWEUNG, WARUNG SEDERHANA BUAT BENGONG DI KAWASAN BUKIT MOKO 

Kalau Belle Vue ada di dalam hotel berbintang, tempat makan di nomor 9 ini ada di dekat Bukit Bintang. Namanya Warung Daweung atau dalam bahasa Indonesia berarti warung melamun. Tempat makan ini merupakan warung sederhana yang menjadi salah satu yang hits di kawasan Bukit Moko. Dari lokasi warung ini pemandangan indah terhampar di depan mata. Gak aneh kalau tempat ini di namakan warung melamun. Gimana enggak? Liat aja pemandangan dari Warung Daweung ini. 

via petatempatwisata.com

via trover.com

via petatempatwisata.com

Warung ini punya tempat duduk di dalam ruangan dengan konsep lesehan dan meja dan kursi batu yang ada di plataran warung ini. Kalau kamu baru pertama kali kesini sih lebih baik cari spot di plataran aja. Biar kamu puas liat pemandangan sambil cobain makanan dari warung ini. 

via kemanaajaboleeh.com

via anekatempatwisata.com

Kalau biasanya kita bisa pesan menu satuan di warung makan, nah di Warung Daweung ini kamu harus beli menu paketan menggunakan voucher seharga 25 ribu rupiah. Dengan voucher harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan 1 menu makanan, 1 minuman dan 1 botol air putih. Untuk menu andalan warung ini salah satunya adalah pisang keju. Selain pisangnya lembut dan campuran keju yang memberi rasa gurih, menu ini juga menggunakan gula merah bubuk. Rasanya tambah enak dan terasa sangat tradisional sekali. 

via nakita.grid.id

Warung Daweung juga menyediakan aneka makanan berat buat kamu yang butuh asupan karbohidrat. Sepeti mie goreng, sop buntut, nasi goreng, tongseng dan lain-lain. Warung ini worth to visit banget deh! Dengan harga makanan yang gak menguras kantong, kamu udah dapat makanan lengkap dengan minuman dan makanan manis plus pemandangan super awesome!

via myeatandtravelstory.wordpress.com

via wisatatempatku.com

 

Detail Informasi

Alamat: Bukit Moko, Jl. Terusan Padasuka No. 43, Cimenyan, Bandung

Jam Buka: 24 jam  

Telepon: -

Estimasi Harga: 25K

 

10. DINNER ROMANTIS LEBIH MANIS DI THE PEAK BANDUNG 

Restoran yang satu ini enggak cuma memberikan dekorasi yang bagus, tapi juga suasana yang cantik dan romantis. Terletak di kawasan dataran tinggi, The Peak Restaurant ini menyuguhkan pemandangan hamparan bangunan rumah penduduk dan suasana alam yang tenang sebagai keutamaannya. Bangunan dan pilihan furnitur yang bergaya Eropa memberikan kesan elegan dan romantis untuk siapapun yang berukunjung dan menikmati restoran ini. 

via xhottypottyx.blogspot.co.id 

via ftrans.co.id

Restoran ini memiliki tiga tingkat. Di lantai satu, dominasi batu bata dan kayu memberikan suasana hangat dan nyaman. Paduan furnitur kayu dan lampu kuning pada setiap sudut ruangan turut memberikan kesan tradisional yang mewah. Bagian pertama pada restoran ini cocok sekali untuk berkumpul bersama keluarga maupun teman-teman. 

via pegipegi.com

via garasikuliner.blogspot.co.id

Lantai lainnya cocoknya untuk makan malam bersama pasangan. Pada lantai dua dan tiga The Peak Restaurant ini memiliki design modern yang dilengkapi dengan kaca besar pada setiap sisinya. Sehingga pemandangan indah di luar tetap bisa di rasakan oleh pengunjung yang memilih untuk makan di dalam ruangan. Paduan keindahan seperti ini juga cocok sebagai tempat makan malam formal bersama teman-teman satu geng.

via pegipegi.com

via tripadvisor.com

via jakarta100bar.com

Sesuai dengan nuansa eropa di restoran ini, makanan yang disuguhkanpun juga meliputi western food. Mulai dari makanan berat, minuman hingga makanan pencuci mulutnya. Seperti Kobe Beef Steak yang lembut dan empuk begitu masuk mulut. Selain makananya, tempat ini juga terkenal sebagai tempat minum wine atau minuman beralkohol lainnya. Kalau kamu ingin menghangatkan tubuh, mungkin wine bisa jadi teman makan steak di restoran ini.

via beritaposonline.blogspot.co.id

via instagram.com/138__pc

 

Deatil Informasi

Alamat: Jl. Desa Karyawangi KM 6.8 No. 388, Ciwaruga, Parongpong Barat, Bandung

Jam Buka: 11.00 – 02.00 WIB

Telepon: 022 2700759

Estmasi Harga: 50K – 200K

 

11. GAK ADA YANG GAK NYENI DI RESTORAN ARTSY WARUNG SALSE

Kalau sebelumnya banyak tempat makan yang memberikan nuansa romantis, yang satu ini justru memberikan nuansa unik dan artsy. Warung Salse merupakan sebuah restoran yang merangkap menjadi sebuah art space yang memamerkan karya seni dari arsitek indonesia maupun mancanegara. Keunikan tempat ini berawal dari bentuk atap yang berbentuk segitiga terbalik pada bagian depannya. 

via cepbuldani.blogspot.com

Warung Salse ini terdiri dari 2 tingkat kebawah. Lantai pertama ada di bagian atas yang memiliki kaca besar menghadap ke lahan hijau yang luas. Bangku dan meja unik banyak ditempatkan di samping kaca untuk mendapatkan pemandangan bagus. Pada sisi kaca di sebelah kiri ada sebuh coretan gambar warna warni yang menyerupai kaca patri sebagai pelindung agar matahari gak langsung menyinari ruangan tersebut. Kreatif banget ya!

via bandungku.id

via trivindo.com

via listofhappiness.com

Untuk menuju bagian bawah, kamu haru melewati tangga yang juga gak lepas dari unsur seni. Bagian dindingnya penuh dengan gambar yang senada dengan coretan pada kaca di bagian atas. Begitu sampai di bawah ada ruangan tanpa kaca yang sangat nyaman.

via tripadvisor.com

via instagram.com/nattchocolate

via trivindo.com

via instagram.com/salsebandung

Menuju ke bawah lagi kamu akan menemukan tangga menuju plataran dengan beberapa tempat duduk dan juga instalasi seni. Bagian ini menjadi salah satu spot terbaik untuk foto-foto loh.

via tripadvisor.com

via tesyasblog.com

via trivindo.com

via instagram.com/galantinp

Warung Salse banyak menyediakan aneka makanan Indonesia dengan cita rasa yang nikmat. Ada juga menu fusion yang mencampurkan makanan mancanegara dengan makanan Indonesia. Misalnya saja seperti spaghetti mie tek-tek. Menu yang satu ini menggunakan spaghetti sebagai pengganti mie kuningnya. Sebagai makanan penutup kamu bisa menikmati lembutnya rondo royal yang dicocol dengan selai coklat.

via instagram.com/rditio

via instagram.com/salsebandung

via instagram.com/boostvacation

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Dago Siri No. 101, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 09.00 – 23.00 WIB

Telepon: 08112131900

Estimasi Harga: 20K – 40K

 

12. PINISI RESTAURANT, RESTORAN KAMAL DI ATAS BUKIT 

Teletelak di kawasan Ciwidey, tepatnya di dekat perkebunana Rancabali, ada sebuah kapal besar yang menjelma menjadi sebuah restoran. Yes, ini dia Pinisi Restaurant yang lagi ngehits di kalangan anak muda maupun orang tua. Restoran ini berada di pinggir danau yang dikelilingi banyak pepohonan hijau yang asri. Pemandangan indah didukung oleh udara di kawasan Ciwidey yang sejuk dan bersih.  

via sabigaju.com

via tuasd.com

via instagram.com/lakeside_glamping

via instagram.com/lakeside_glamping

Tempat ini memiliki bagian dalam dan bagian luar. Bagian dalam sendiri memiliki dua tingkat. Keduanya memiliki kaca yang menyajikan pemandangan diluar yang indah. Interiornya sangat sederhana. Hanya ada bangku, meja dan tiang-tiang dari kayu dan juga lampu gantung. Tapi kesederhanaan bagian dalam ini disempurnakan dengan pemandangan di luar yang amazing!

via trivindo.com

Bagian luar ini jadi favoritnya pengunjung yang datang. Tempat ini memiliki banyak tempat duduk yang cukup untuk 6 orang. Suasana di luar sangat cozy dan bikin betah. Cocok banget buat kamu yang ke sini bersama teman-teman. Di sini kamu juga bisa dapet foto kece dengan latar belakang ujung kapal dan pemandangan hijau di sekelilingnya!

via kibbles36.rssing.com

via klikhotel.com

via nativeindonesia.com

via instagram.com/lakeside_glamping

Pinisi Restaurant menyediakan aneka makanan Indonesia dan makanan internasional. Nasi liwet, nasi goreng, steak, bahkan spaghetti pun ada di restoran ini. Tapi tetep menu makanan Indonesia yang paling banyak dipesan. Seperti gurame lake side, nasi bakar, roti bakar dan juga pisang goreng coklat keju. Masalah rasa jangan ditanyakan lagi. Sudah pasti enak dan sangat pas jadi teman kamu menikmati pemandanan dari atas sini. Harganya sendiri, tempat makan ini membandrol sekitar 15 ribu hingga 80 ribu. 

via ayobandung.com

via instagram.com/potatoenaa

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Situ Patengan, Rancabali, Bandung

Jam Buka: 09.00 – 19.00 WIB

Telepon: 082180028888

Estimasi Harga:15K – 80K

 

13. BERSANTAI DI TAMAN CAFE D'PAKAR DENGAN PEMANDANGAN TAMAN HUTAN RAYA DAGO 

Kalimat “usaha gak pernah mengkhianati hasil” sepertinya cocok banget buat kamu yang ingin coba datang ke cafe yang satu ini. Lokasi Cafe D’Pakar yang tertelak di dataran tinggi Dago ini emang sedikit PR. Kamu harus masuk ke Taman Hutan Raya Djuanda, melewati berbagai medan dan kondisi jalanan yang gak mudah. Tapi percayalah, usaha kamu bakal terbayar setelah melihat bangunan bergaya jogjlo yang menghadap ke Taman Hutan Raya Dago ini.

via kaltim.tribunnews.com

Di mulai dari bagian dalam, Cafe D’Pakar ini memiliki banyak meja dan kursi yang terbuat dari kayu. Dari bagian dalam ini, kamu sudah bisa merasakan udara segar dan pemandangan bukit hijau yang ada di seberang cafe ini. 

via kompasiana.com

Kalau kurang puas melihat dari dalam, coba keluar dari bangunan utama. Taman yang luas, dengan jalan setapak dan tumbuhan bunga di beberapa sudutnya ini bisa jadi tempat kamu bersantai bersama orang-orang terdekat. Meja dan kursi yang masih bernuansa kayu tersebar di semua sudut taman ini.

via pegipegi.com

via indonesia.tripcanvas.co

via infobdg.com

Sambil menikmati udara sejuk kawasan Dago, kamu bisa foto-foto di cafe ini. Cafe D’Pakar ini punya titik-titik bagus buat dapet foto kece berlatarkan Taman Hutan Raya Dago. Buat kamu pecinta fotografi, lokasi ini cocok banget buat santai-santai sambil hunting foto. 

via dagovilla4rent.com

via wisatabdg.com

Kalau udaranya dingin pasti bawaanya laper terus, tapi tenang aja karena cafe ini punya banyak makanan yang bisa mengenyangkan perut kamu. Mulai dari makanan ringan sampai nasi dan mie juga tersedia di sini. Nah kalau kamu mau makan-makan santai aja, kamu bisa pesen roti bakar, kentang goreng dan juga coklat hangat. Tapi kalau butuh makanan berat, mie dan nasi goreng bisa jadi pilihan kamu.

via clubmasak.com

via wisatalah.com

via busyraoryza.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Ciburial, Dago Pakar, Bandung

Jam Buka: 09.00 – 18.00 WIB

Telepon: 085102677787

Estimasi Harga: 10K – 40K

 

14. THE 18TH RESTAURANT & LOUNGE: SENSASI MAKAN MEWAH DI HOTEL BINTANG 6

Berada di lantai 18 salah satu hotel berbintang 6 di Bandung, The 18th Restaurant and Lounge ini mawarkan pengalaman makan di tempat yang kaya akan keindahan interior dan kekayaan cita rasa makanannya. 

via instagram.com/izumidreamz

Restoran ini terbagi menjadi tiga lokasi dengan konsep yang bebeda. Di bagian indoor, dominasi warna emas dan abu-abu  memberikan nuansa mewah. Perpaduan corak pada setiap furnitur begitu harmonis dan memberikan kesan high class.

via kulinerakut.wordpress.com

via tripadvisor.com

Bagian kedua ada area semi outdoor dengan kursi rotan dan bantalan yang nyaman. Dari bagian ini pengunjung bisa melihat perpaduan pemandangan kota dengan latar belakang pegunungan yang memunggungi matahari sore. Lokasi ini cocok untuk bersantai bersama teman-teman kamu sambil menikmati camilan sore atau makan malam dengan menu yang spektakuler dari restoran ini.

via astralife.co.id

via indonesia.tripcanvas.co

via instagram.com/nindatfn

Di bagian ketiga ini ada ruangan VIP yang khusus untuk para tamu yang menginap di kelas kamar tertentu di hotel ini. Ruangan ini didominasi warna coklat dengan furnitur dan design yang lebih formal. 

via expedia.com

Menu makanan restoran yang ada di hotel bintang 6 ini banyak menyediakan menu makanan mancanegara. Terbuat dari bahan-bahan pilihan terbaik dan diolah oleh para ahlinya, cita rasa yang dihasilkan pun oke punya! Seperti wagyu steak yang diolah dari daging pilihan dan dimasak medium well. Sehingga sangat mudah di potong dan juicy saar dikunyah. Hmmm... perfecto!

via instagram.com/the18th_tlh

The 18th Restaurant & Lounge juga terkenal dengan lokasi untuk minum wine terbaik di Bandung. Di sini tersedia aneka wine dari berbagai negara dengan umur penyimpanan yang beragam. Jangan lupa juga untuk memesan finger food untuk teman minum wine di termpat terbaik ini. 

via the18th.co

 

Detail Infromasi

Alamat: The Trans Luxury Hotel, Lt. 18, Jl. Gatot Soebroto 289, Bandung

Jam Buka: 16.00 – 01.00 WIB

Telepon: 022 87348888

Estimasi Harga: 40K – 200K

 

15. LEHA-LEHA SAMBIL MENIKMATI PEMANDANGAN KOTA BANDUNG DI ROOFTOP MAJA HOUSE 

Maja House termasuk salah satu restoran yang wajib dikujungi kalau kamu ke pergi kawasan Lembang. Dekorasi kekinian dan fasilitasnya bakal bikin kamu betah berada di sini. Apalagi restoran ini buka 24 jam, sehingga kamu bisa berlama-lama di sini tanpa khawatir akan diusir oleh petugas restorannya.

via skyscrapercity.com

via phinemo.com

Restoran ini memiliki area indoor dan outdoor dengan konsep yang berbeda-beda. Jika kamu kesini untuk makan secara formal, kamu bisa memilih meja yang ada di bagian dalam. Di sini tersedia banyak tempat duduk dengan sofa maupun bangku kayu yang membuat suasan menjadi santai namun tetap formal.

via facebook.com/majahouse

via facebook.com/majahouse

Kalau kamu mencari tempat yang cozy, coba ke bagian balkonnya. Di sini terdapat bangku dan meja untuk lesehan, bahkan ada juga day bed yang bakal bikin kamu santai kaya di pantai. Bagian luar ini juga pas banget nih buat kamu yang lagi cari spot foto yang oke. Ditambah dengan adanya tanaman ilalang yang bikin suasananya terlihat cantik. Buat foto di malam hari juga kece kok, guys!

via visitnesia.com

via pinterest.com

via twitter.com/serelariau56 

via grya.co.id

Maja House punya varian makanan Indonesia dan mancanegara yang lezat buat pengunjungnya. Salah satunya adalah Steak and Egg-nya. Menu ini merupakan potongan daging sirloin dengan telor ceplok di atasnya. Ada juga kentang goreng dan sayuran rebus sebagai side-dish-nya. Paduan lezat daging lembut dan telur setengah matang gak akan bikin kamu kecewa.

via breaktime.co.id

Selain steak, ada juga Spaghetti Aglio Oglio. Spaghettinya di masak secara pas. Di dalamnya ada irisan beef yang cukup tebal dan banyak. Uniknya, menu ini gak menggunakan chili powder, melainkan menggunakan cabai rawit yang diiris tipis-tipis. Buat kamu yang suka spaghetti yang lebih pedas, menu ini bisa kamu pesan. 

via thehungrydoctor.net

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Sersan Bajuri No. 5N, Cihideung, Parongpong, Bandung

Jam Buka: 24 jam 

Telepon: 022 91277218

Estimasi Harga: 20K – 40K

 

16. DUSUN BAMBU DI KAWASAN LEMBANG INI LOKASI WISATA ALAM PALING PAS BUAT KELUARGA 

Lokasi yang satu ini udah terkenal banget sebagai lokasi wisata keluarga. Dusun Bambu yang terelak di kaki Gunung Burangrang, kawasan Lembang ini memiliki beberapa area wisata yang mengedepankan unsur alam. Area yang tersedia di sini mencakup penginapan, kawasan bermain, restoran dan tempat untuk camping. Untuk masuk ke kawaan ini kamu cukup membayar 15 ribu untuk hari biasa, dan 20 ribu untuk hari libur.

via tripadvisor.com

via.nativeindonesia.com

via indonesia.tripcanvas.co

Tujuan utama berlibur bersama keluarga biasanya diawali dengan makan-makan. Di Dusun Bambu ada dua tempat untuk mengenyangkan perut sambil menikmati keindangan alam serta merasakan udara Lembang yang sejuk. Bagi kamu yang ingin santai dengan suasana seperti tempat makan pada umumnya, Cafe Burangrang bisa menjadi pilihan. Tempat ini memiliki area indoor dan outdoor yang sangat nyaman. 

via infobdg.com

via tripadvisor.com

via djesstranswisata.com

Selain Cafe Burangrang, ada juga Lutung Kasarung yang menyediakan lokasi unik untuk makan bersama keluarga. Restoran ini memiliki kapsul besar yang mirip dengan sebuah sarang yang berguna sebagai tempat makan pengunjung. Setiap kapsulnya di hubungkan dengan jembatan yang terbuat dari kayu. Konsepnya yang unik denga latar alam yang indah, membuat tempat ini sering menjadi tempat untuk berfoto para pengunjung. 

via busbandung.com

via travelid.net

via instagram.com/nurwidiantiendang

Lokasi ini juga dilengkapi area bermain. Dari mulai untuk anak-anaka hingga orang dewasa. Seperti area rabbit wonderland, area untuk memanah dan bermain paintball. Gak cuma tempat bermain, Dusun Bambu juga memberikan area edukasi dengan memperkenalkan proses menanam padi di sawah. 

via productivemamas.com

via tempatwisataseru.com

via len-diary.com

via pegipegi.com

Tempatnya yang asri dan nyaman bikin pengunjung betah berada di sini. Nah kalau kamu ingin lebih lama disini, kamu bisa bersantai atau menginap di beberapa penginapan yang ada di Dusun Bambu. Kalau kamu ingin bersantai, coba kunjungi saung atau gazebo Purbasari. Tempat ini sebenarnya juga merupakan restoran berkonsep saung. 

via pegipegi.com

Kalau kamu berencana untuk menginap, di Dusun Bambu ini ada Viilla Kampung Layung dengan pemandangan hamparan sawah. Tapi kalau kamu lebih suka pemandangan pepohonan dan lokasi yang lebih menyatu dengan alam kamu bisa menyewa tenda di kawasan Eagle Camp. 

via initempatwisata.com

via pondoksalam.co.id

via klikhotel.com 

Sebelum pulang jangan lupa untuk mampir ke Pasar Khatulistiwa. Tempat ini menjual aneka kerajinan, makanan tradisional, oleh-oleh hingga sayur-sayuran organik. Eits, sebelum kamu masuk ke sini, kamu harus tahu kalau untuk membeli oleh-oleh atau sesuatu lainnya di sini, kamu harus menukarkan uang rupiah kamu ke uang dusun bambu yang berlaku di kawasan ini. Wah seperti lagi main monopoli ya!

via dusun-bambu.com

via dusunbambu.com

via kartikariani.wordpress.com

via diarysivika.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Kolonel Matsuri KM 11, Cisarua, Bandung Barat

Jam Buka: 10.00 – 22.00 WIB

Telepon: 022 20455912

Estimasi Harga: 15K – 200K

 

17. DINNER BERATAPKAN BINTANG DI SIERRA CAFE AND LOUNGE 

Kawasan Dago emang punya banyak banget tempat makan yang bagus dan romantis. Salah satunya adalah Sierra Cafe and Lounge. Tempat ini memiliki pemandangan kota Bandung yang indah terutama di malam hari. 

via sierracafebandung.com 

Tempat makan yang memiliki 3 lantai ini punya area indoor dan outdoor. Di bagian dalam biasanya lebih sering digunakan untuk pengunjung dengan jumlah yang banyak atau sering juga digunakan untuk ruangan pertemuan.

via artikayara.blogspot.co.id

via bandung.panduanwisata.id

Pemandangan romantis yang jadi favorit anak muda Bandung ada di bagian luar. Sierra Cafe punya plataran yang digunakan sebagai area oudoor. Area ini memiliki pemandangan kota Bandung dengan pepohonan hijau yang menyejukan. Lokasi ini biasanya digunakan sebagai tempat dinner buat para pasangan yang datang ke sini. Gimana enggak, lokasinya mendukung banget sih!

via ezytravel.co.id

via sierracafebandung.com

via tripadvisor.com

Soal makanan, tempat yang satu ini menyediakan aneka makanan mancanegara dan makanan Indoensia. Seperti signature menu nya, crazy rice wagyu. Menu ini terdiri dari wagyu bakar dengan saus pedas, nasi dan telur bulat goreng. Paduan di dalamnya begitu nikmat dengan saus pedas yang gurih dan telur kuning yang meleleh. 

via facebook.com/sieracafebandung

Lain lagi kalau kamu sedang malas makan nasi. Coba ganti menu kamu dengan mushroom beef burger. Menu ini punya daging yang tebal dan banyak. Royal sekali!

via facebook.com/sieracafebandung

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 33, Dago Atas, Bandung Utara

Jam Buka: 11.00 – 22.00 WIB

Telepon: 022 2512240

Estimasi Harga: 15K – 100K

 

18. COCORICO CAFE, RESTORAN STRATEGIS DENGAN PEMANDANGAN INDAH KAWASAN DAGO 

Masih dari kawasan Dago, ada sebuah restoran yang sangat strategis dan greeny jika di dilihat dari luar. Tempat ini bernama Cocorico. Cafe yang satu ini memiliki rungan yang cukup luas dengan tiga tingkat. Sayangnya hanya lantai satu dan lantai dua saja yang digunakan sebagai ruang cafe.

via kabaroto.com

via indonesia.tripcanvas.co

Di lantai pertama ini ada banyak sofa yang nyaman dan juga kaca yang berfungsi sebagai sisi dan atap cafe. Sehingga pengunjung yang berada di dalam ruangan bisa menikmati keindahan di luar. Tanaman hijau dan bunga-bunga pun memenuhi setiap sudut ruangan yang membuat suasan terasa sejuk dan menyegarkan mata. Begitu juga di lantai dua. Bagian ini juga memiliki sofa dan ruangan yang lebih cerah. Pengunjung bisa melihat keindangan kawasan Dago dari sini. 

via surgakuliner.com

via indonesia.tripcanvas.co

via awangesti.blogspot.co.id

Lantai tiga digunakan khusus pada malam hari. Lantai ini memiliki bagian dalam dan luar ruangan. Untuk pamandangan yang romantis coba pilih bagian luar ruangan. Kota Bandung terlihat lebih cantik dengan ratusan cahaya dari rumah penduduk dan langit berbintang. 

via liburmulu.com

Coco Rico punya berbagai menu khas Indoensia seperti sop iga, bebek goreng, soto dangko dan menu lainnya. Dari mancanegara juga ada banyak menu di sini. Seperti roasted baby chicken. Menu ini berisi setenagh ekor ayam bakar dengan saus blackpepper dan mushroom sauce di atasnya. Salad dan kentang goreng tersedia untuk menyeimbangi ayam bakarnya tersebut. Enak bangeeet!

via awangesti.blogspot.co.id

via surgakuliner.com

 

Detail Informasi:

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur No. 19, Kelurahan Cimenyan, Bandung 

Jam Buka: 11.00 – 00.00 WIB

Telepon: 022 2503262

Estimasi Harga: -

 

19. MAKAN SUSHI DI KAWASAN DAGO PALING OKE CUMA DI TAKIGAWA MEAT AND BAR IN THE SKY 

Menikmati pemandangan kota Bandung sambil makan makanan Jepang? Takigawa Meat and Bar in The Sky tempatnya! Restoran yang meiliki 6 lantai ini berada di Jalan Bukit Pakar IV, kawasan Dago Pakar. Dari restoran ini pengunjung bisa menikmati keindahan kota Bandung dari ketinggian dan udara yang segar. 

via tripadvisor.com

Takigawa Meet and Bar memiliki design interior yang kental dengan nuansa Jepang, khususnya ruangan di lantai 2 dan 3. Bagian ini didominasi dengan warna hitam dan kursi kayu layaknya toko ramen di negara asalnya. 

via travelingyuk.com

Lain halnya dengan ruangan di lantai 4 dan 5. Dua lantai ini didominasi dengan kaca bening yang menjadi sisi restoran. Furnitur yang digunakan juga lebih stylist dengan sedikit sentuhan kayu. Ruangan ini memberikan pemandangan lahan hijau dan pegunungan yang menyejukan. Untuk menuju lantai ini, kamu bisa menggunakan tangga dan lift yang juga menggunakan kaca loh!

via zomato.com

Di lantai 6, kamu bisa menikmati ruangan dengan konsep tatami room. Ruangan ini dilengkapi dengan bantal embul dan pastinya pemandangan yang lebih indah. Bagian ini cocok banget sebagai tempat makan malam bersama keluarga.

via kuliner-kuliner-bandung.blogspot.co.id

Selain memiliki ruangan bagian dalam, restoran ini juga memiliki ruangan outdoor. Di sini tempat duduk dan meja yang disediakan tidak terlalu banyak. Tetapi kamu bisa merasakan udara yang lebih segar dan pemandangan yang lebih jelas dari area ini. 

via pinterest.com

Takagawa Meat and Bar merupakn salah satu tempat makan shushi terbaik di Bandung. Jenis sushi yang disediakan disini sangat beragam. Dua di antaranya adalah dino lovers rolls dan california roll. Keduanyan diolah dari bahan berkualitas dan bahan-bahan yang segar. Kenikmatannya bisa langsung kamu rasakan bahkan dari suapan pertama. Oishi!

via garasikuliner.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Bukit Pakar Timur IV No.8, Dago Pakar, Bandung 

Jam Buka: 11.00 – 00.00 WIB

Telepon: 022 8253090

Estimasi Harga: 50K – 250K

 

Nah itu tadi ke 19 tempat makan yang menawarkan tempat dan pemandangan yang indah di Bandung. Sekarang udah tau dong ya kalau ke Bandung mau mana aja? Selamat berlibur dan menikmati pemandangan cantik di kota Bandung!


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.