Jawa Barat - 27 Hits

Kalau punya waktu buat liburan, rasanya setiap waktu jadi sangat berharga. Apalagi kalau kamu termasuk yang susah banget dapet waktu buat jalan-jalan. Tidur malam lebih awal pun kayaknya cuma bikin liburan kamu mubazir doang. Dari pada jatah liburan kamu sia-sia gitu aja, mungkin malam liburan kamu bisa dimanfaatkan dengan kulineran malam di kawasan tempat kamu liburan. Kalau kamu punya rencana akan berlibur ke Bandung, coba cek dulu list tempat makan di Bandung yang menarik untuk dikunjungi di malam hari versi Tamasyeah ini. Yuk mulai!

 

1. KENYANG PERUT KENYANG MATA, MAKAN MAKANAN KHAS SUNDA SAMBIL LIHAT PEMANDANGAN INDAH DI KAWASAN PUNCLUT

Ketika kamu udah sumpek dengan kehidupan malam di kota, itu tanda-tandanya kamu udah butuh melihat alam. Nah kawasan Punclut, Lembang ini bisa jadi tempat short escape kamu. Kawasan ini bukan cuma terkenal dengan suguhan pemandangan alam dan udaranya yang segar aja. Tapi juga lokasi kuliner malam yang enak. Di sini kebanyakan rumah makan buka hingga 24jam. Rata-rata tempat makan di sini berkonsep prasmanan lesehan dengan suguhan tambahan berupa pemandangan alam. 

via geo-outbound.com

via ailyculinarybdg.wordpress.com

via myeatandtravelstory.wordpress.com

Meskipun berbeda-berbeda tier tapi untuk urusan makanan, hampir seluruh tempat makan di kawasan ini menyediakan aneka makanan khas Sunda. Seperti nasi timbel, ikan bakar, ayam goreng, sayur asem, lele goreng, tahu tempe goreng dan lain-lain. 

via pinterest.com

via explorebandungbarat.com

Kalau di Kawasan Punclut ini biasanya tersedia dua jenis nasi. Nasi merah dan nasi putih. Penyajiannya pun menggunakan bakul nasi. Jadi kalau mau nambah enggak perlu keluarin uang lebih. Dan yang enggak boleh ketinggalan di tempat makan khas Sunda itu ya sambel dan lalapannya! Di beberapa tempat makan sahabat sejati ini dibebas biayakan, alias gratis. Kalau masalah harga, kawasan kuliner Punclut ini enggak mematok harga yang tinggi. Harga untuk satu porsi rata-rata sekitar 15 ribu sampai 20 ribu. Tapi tetap tergantung dimana kamu makan dan apa yang kamu makan, ya!

via bp.blogspot.com

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Alamat: Kawasan Punclut, Lembang, Bandung Raya

Jam Buka: 24 Jam

Estimasi Harga: 5K – 35K

 

2. SATE HADORIE, SATE LEGENDARIS SEJAK NEGARA MATAHARI MENYERANG

Kalau lagi bingung cari tempat makan sate di Bandung, jangan ragu-ragu buat datang ke Rumah Makan Sate Hadorie. Tempat makan yang berada di belakang pintu selatan Stasiun Bandung ini sudah berdiri dari jaman penjajahan Jepang, tepatnya tahun 1940. Meskipun udah berdiri sejak jaman baheula, Sate Hadorie tetap mempertahankan keunikan rumah makan ini yang menempatkan tempat pemotongan dagingnya di sisi setelah pintu masuk dan jejeran daging yang digantung didekat jendela kaca. 

via tripadvisor.com

via kulinernikmat.com

Tempat ini nyaman dan aman banget buat kamu yang mau bawa keluarga besar, karena di bagian dalamnya, ada kipas angin dan jejeran meja panjang yang bisa menampung lebih dari 30 pengunjung. Jadi jangan hawatir kepanasan dan gak dapet tempat duduk. 

via tikatheexplorer.wordpress.com

Begitu juga dengan makanannya. Di sini kamu bisa memesan aneka sate dari mulai sate kambing, sate hati kambing, sate ayam dan sate sapi. Yang bikin spesial dari sate di rumah makan ini adalah ukuran potongan satenya yang tebal dan porsinya yang banyak. Tapi meskipun begitu, dagingnya tetap matang sempurna dan empuk setelah di gigit. Buat membuktikan keempukan dagingnya, kamu wajib banget pesan Daging Kambing dengan saus kecap pedasnya!

via travelingyuk.com

Selain menu sate, rumah makan Sate Hadori juga menjual gule kambing dan gule sapi yang gak kalah enak! Gule di rumah makan ini punya kuah yang gak begitu kental sehingga mirip dengan kuah tengkleng. Untuk makan gule di sini kamu bisa berdua dengan teman kamu karena satu mangkuknya setara untuk 2 porsi.

via travelingyuk.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Stasiun Timur No.11 – 12, Bandung 

Jam Buka: 24 jam

Estimasi Harga: 40K – 70K

 

3. MENU NIKMAT NASI KALONG BANDUNG BIKIN KAMU RELA NGANTRI PANJANG

Kulineran malam di Bandung enggak akan lengkap kalau enggak datang ke rumah makan Nasi Kalong. Seperti namanya, tempat makan yang ada di kawasan Riau, Bandung, ini mulai beroperasi pukul 7 malam sampai jam 3 pagi. Tempat makan ini memang dikhususkan buat kamu yang suka keluar di malam hari, untuk itu tempat ini menyediakan bangku dan meja bundar dengan payung-payung besar berkapasaitas 70 orang yang memungkinkan kamu menikmati makanan khas Nasi Kalong sambil menikmati suasana santai di malam hari.

via diarysivika.com

Semakin malam, rumah makan ini semakin ramai. Sampai-sampai kamu harus sabar mengantri untuk mengambil makanannya yang ada di satu meja panjang. Tapi percayalah kalau rasa sabar kamu akan terbalas ketika melihat menu-menu yang menggugah selera berjejer rapih. 

via bpras.com

via pergikuliner.com

Sebutan Nasi Kalong juga ternyata berasal dari nasi berwarna hitam yang menjadi ciri khas tempat ini. Nasi ini bukan dibuat dari beras hitam, melainkan perpaduan nasi merah dengan kluwek dan bumbu lainnya yang menghasihkan nasi warna hitam. Kamu akan mendapatkan rasa pulen, gurih dan lezat bahkan tanpa tambahan menu lainnya. Tapi apalah arti Nasi Kalong kalo enggak ada tambahan lauk-pauknya. Ada sekitar 20 jenis lauk pauk yang bisa kamu cicipi di sini. 

via bandung.panduanwisata.id

via pergikuliner.com

Di antara menu yang banyak ini, kamu bisa memilih nasi kalong dengan ayam bakar madu dan tumis buncis bakar sebagai lauknya. Kamu harus cobain bumbu ayam bakar madunya yang meresap dan dagingnya yang empuk, apalagi dengan campuran tumis buncis bakar yang menambah kenikmatan nasi kalong pesananmu. 

via maicih.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. R.E. Martadinata No. 102, Bandung 

Jam Buka: 19.00 – 03.00 WIB

Telepon: 081809991500

Estimasi Harga: 10K – 30K

 

4. RASAKAN KENIKMATAN IGA BAKAR RACIKAN SANG JUARA DI RUMAH MAKAN IGA BAKAR SI JANGKUNG

Iga Bakar Si Jangkung ini salah satu tempat makan terkenal di Bandung karena punya cabang dimana-mana. Salah satunya yang ada di Jalan Cipaganti, Pasteur. Untuk menemukan tempat makan ini enggak susah. Kamu bisa cari tempat berwarna hijau yang banyak berkumpul kendaraan di depannya. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com

Menu iga yang disediakan di tempat makan ini berbeda dari tempat makan lainnya bahkan dari proses pengolahannya. Di sini menunya diolah di atas kompor beserta piring gerabah-nya. Dan iga sudah dipisahkan dengan tulang dan dipotong kecil-kecil. Sehingga bumbunya lebih meresap dan iganya matang secara pas.

via pergikuliner.com

Tempat makan ini menyediakan dua jenis iga, yaitu iga sapi dan iga kambing yang bisa diolah menjadi sop atau menjadi iga bakar. Selain menu iga, tempat ini juga menyediakan menu tongseng, krengseng dan sate yang semuanya disediakan tetap diatas piring gerabah yang tadi digunakan untuk memasak. Untuk harga sendiri, tiap menunya berbeda-beda, mulai dari 30 ribu hingga 35 ribu saja.

via tripadvisor.com

via klikalamat.com

Menu yang wajib kamu cicipi di rumah makan ini tentunya adalah iga bakarnya. Selain bumbunya yang enak dan meresap, dagingnya juga mudah digigit alias lembut. Santap menu iga bakar kamu segera setelah datang dengan nasi hangat. Rasa nikmat iga di rumah makan Iga Bakar Si Jangkung ini enggak akan kamu temukan di tempat lain!

via pinterest.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Cipaganti No. 75G, Pasteur, Bandung

Jam Buka: 11.00 – 23.00 WIB

Telepon: 08112205513

Estimasi Harga: 30K – 35K 

 

5. MAKAN MALAM DARI KETINGGIAN 1.000 MDPL DI WARUNG NASI KATINEUNG

Di Warung Nasi Katineung kamu bisa menikmati makanan tradisonal khas Sunda dengan pemandangan malam kawasan Lembang yang ciamik. Dengan tempat duduk lesehan yang luas dan juga bentuk rumah makan yang menyerupai saung besar ini memungkinkan kamu melihat pemandangan alam di luar dengan leluasa. Ditambah lagi udara sejuk dataran tinggi Lembang yang bikin adem suasana. 

via duniaicip-icip.blogspot.com

via surgamakan.wordpress.com

Di kawasan kuliner Punclut kamu bisa menemukan berbagai rumah makan yang menawarkan makanan tradisional khas Sunda yang bisa kamu pilih sendiri di etalase. Tapi Warung Nasi Katinenung punya kwalitas rasa yang hakiki. Kamu bisa memesan Nasi Timbel, Sayur Asem, Ayam Bakar, Ikan Goreng dan lain-lain. Uniknya, Nasi yang digunakan di sini juga bukan nasi putih guys, tapi nasi merah yang memiliki kadar karbohidrat lebih rendah dan mengandung vitamin B lebih banyak. 

via qraved.co

via objekwisata.com

Ke sini enggak harus nunggu tanggal muda karena makan banyak di sini enggak bakal bikin kantong kamu jebol. Tempat makan 24 jam ini menawarkan harga yang sangat terjangkau. Apalagi kamu enggak butuh ngeluarin uang tambahan untuk lalapan dan sambalnya, alias gratis! 

via travelaxia.wordpress.com

Nah biar makin afdol, cobain nasi timbel dan ayam gorengnya. Kamu bisa merasakan bumbunya yang meresap sampai ke tulang-tulangnya loh. Jangan lupa tambahin tempe dan tahu goreng dengan sambalnya yang khas. Pemandangan indah dan makanan enak bikin malam kamu lengkap. Nikmat mana lagi yang kamu dustakan?

via qraved.co

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Punclut No. 55, Lembang, Bandung Raya

Jam Buka: 24 Jam

Estimasi Harga: 5K – 25K

 

6. NASI KUNING PUNGKUR : NASI KUNING DENGAN REMPAH-REMPAH YANG HARUM

Selain di kawasan kuliner Punclut, kamu juga bisa datang ke kawasan Pungkur, Ciateul. Di perempatan Jalan Pungkur dan Jalana Moch. Ramadhan ada sebuah tenda kaki lima yang menyediakan nasi kuning legendaris: Nasi Kuning Pungkur. Tempat ini buka dari jam 8 malam sampai 3 dini hari. Buat kamu yang tiba-tiba lapar di tengah malam, Nasi Kuning Pungkur ini bisa banget kamu kunjungi. 

via instagram.com/icka_echottdh

Sebagai teman nasi kuning, kamu bisa memilih aneka lauk yang di sediakan disini seperti rendang daging, telor, tahu, ati ampela goreng dan semur jengkol. Selain nasi kuning, tempat ini menyediakan batagor dan aneka gorengan. Kalau kamu mau bereksperimen, bisa banget nih beli batagor dan aneka gorengannya sebagai lauk nasi kuning yang kamu pesan. 

via bandungku.id

via instagram.com/makanyuk_bandung

Kalau kamu lebih suka nasi kuning dengan lauk yang biasa aja berati kamu wajib cobain nasi kuning dan rendangnya! Nasi kuningnya sendiri punya ciri khas yang enggak bisa dirasain di tempat lainnya. Nasi Kuning Pungkur punya wangi yang harum, enak dan sedikit bau rempah-rempahan seperti nasi kebuli. Begitu juga dengan rendangnya, bumbu dan daging rendangnya terasa lembut banget. Biar makin beragam, coba tambahin tempe orek dan sayur jengkolnya deh. Di jamin bakal dua kali lebih enak dan bikin kamu nambah!

via myeatandtravelstory.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Pungkur, Ciateul, Bandung 

Jam Buka: 20.00 – 03.00 WIB

Telepon: 022-6212171

Estimasi Harga: 10K – 20K

 

7. SIAP-SIAP KEKENYANGAN DI NASI GORENG PAK IKIN

Kuliner malam enggak bakal lepas dari menu nasi goreng. Nah kalau kamu mencari  nasi goreng yang enak di Bandung, kamu bisa melipir ke Nasi Goreng Pak Ikin. Nasi goreng ini dulunya lebih dikenal dengan sebutan Nasi Goreng Pikirian Rakyat karena letaknya yang berdekatan dengan kantor Koran Pikiran Rakyat.

via openrice.com

Kini Nasi Goreng Pak Ikin pindah ke gang samping Hotel Savoy Homann di kawasan Asia Afrika. Gang ini digunakan sebagai parkiran dan tempat banyak berkumpulnya pedagang kaki lima dan Nasi Goreng Pak Ikin ini adalah salah satu rombongannya. 

via medium.com

Seperti tempat makan nasi goreng lainnya, Nasi Goreng Pak Ikin ini enggak cuma menjual Nasi Goreng. Tersedia juga mie goreng, mie rebus, bihun goreng, bihun rebus, kwetiau goreng dan kwetiau rebus. Kamu juga bisa menambah variasi topping seperti ati ampela dan juga telur. Biar gak kepo kamu harus coba nasi goreng dadar-nya! Nasi goreng karya Pak Ikin ini dibuat dengan sedikit minyak goreng dan campuran rempah-rempah yang bikin hasilnya lebih kering dan punya wangi yang menggugah selera. 

via qraved.co

Kalau soal harga, Nasi Goreng Pak Ikin memang membandrol makananya lebih mahal. Sekitar 15 ribu hingga 25 ribu sesuai dengan jenis makanan dan topping yang kamu pilih. Tapi harga emang gak pernah bohong karena porsi yang ditawarkan juga  lebih banyak dari porsi nasi goreng kebanyakan. 

via medium.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Homan, Cikawo, Lengkong, Bandung

Jam Buka: 20.00 – 03.00 WIB

Telepon: 085720532124

Estimasi Harga: 15K – 25K

 

8. DI KEDAI MAKAN CEU MAR KAMU BEBAS NAMBAH SAMPE PUAS

Selanjutnya ada Kedai Makan Ceu Mar, tempat makan khas Sunda yang terkenal di kawasan Cikapundung. Kedai ini menyediakan nasi rames dan lauk pauk dengan konsep prasmanan. Kamu bisa memilih sendiri pilihan lauk dan porsi yang kamu suka dan membawanya ke kasir untuk di hitung harganya. Untuk satu porsi ukuran normal, kamu hanya akan dikenakan biaya sekutar 10 ribu sampai 20 ribu aja! 

via winadisidik.wordpress.com

Warung Nasi Ceu Mar ini mulai beroperasi dari jam 6 sore hingga jam 4 dini hari dan biasanya mulai ramai dari jam 9 malam ke atas. Pengunjung bisa duduk di meja dan kursi yang digelar di bawah terpal sambil menikmati makanan nikmat khas rumah makan ini.

via duniaicip-icip.blogspot.co.id

Tempat makan terkenal pasti punya banyak pengunjung. Sama aja kalau kamu ke Warung Nasi Ceu Mar di malam hari. Kamu haru sabar mengantri untuk bisa memesan makanan. Tapi pegawai di tempat makan ini super cekatan dan ramah yang bikin pembeli betah. Sampai-sampai ada panggilan sayang buat pegawai di tempat makan ini yaitu geulis dan kasep yang berarti cantik dan ganteng. 

via kuliner.panduwisata.com

Meskipun udah datang berkali-kali, dijamin gak akan pernah bosen dengan makanan yang disediakan di sini. Lauk pauknya super banyak dan beragam. Tersedia aneka makanan yang dioseng seperti oseng usus, oseng babat dan juga aneka sayur tumis yang nikmat. 

via reddoorz.wordpress.com

Menu wajib yang harus masuk ke daftar pesanan kamu adalah bihun goreng, tumis kacang panjang dan juga gulai sapi. Dagingnya yang empuk dan bumbu yang meresap nikmat ini merupakan menu paling favorit yang selalu dipesan pengunjung yang datang ke sini. 

via instagram.com/salimroland

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Banceuy, Cikapundung, Bandung 

Jam Buka: 18.00 – 04.00 WIB

Telepon: -

Estinasi Harga: 10K – 20K

 

9. SATE DAN GULE KAMBING H.M. HARRIS, SPESIALIS MAKANAN DARI OLAHAN DAGING KAMBING YANG BERDIRI SEJAK TAHUN 70-AN

Rumah makan Sate dan Gule Kambing H.M Harris ini merupakan salah satu rumah makan yang melegenda di Bandung. Pasalnya rumah makan yang terletak di kawasan Jalan Asia Afrika ini sudah berdiri sejak 1970. Desain tempat makan ini pun masih tetap sama dan gak banyak berubah. Dibagian depannya kamu masih bisa melihat sisa-sisa bentuk rumah makan jaman baheula yang sederhana.

via duniaicip-icip.blogspot.com

Begitu juga dengan bagian dalamnya, dominasi kayu dan atap yang tinggi khas jaman dulu ini memperlihatkan kalau rumah makan ini sudah beroperasi sejak jaman baheula. Buat yang lebih sebih suka makan di area terbuka, kamu bisa memilih tempat duduk luar yang berada di area parkir.

via pandajajan.blogspot.co.id

via jabar.tribunnews.com

Kalau biasanya rumah makan sate punya banyak pilihan daging, rumah makan sate ini cuma punya daging kambing sebagai pilihannya. Sate kambing disini disajikan di atas hot plate bersama dengan dua piring kecil yang berisi kecap cabe dan saus kacang yang sedap! Begitu juga dengan gulai kambingnya, bumbu kuahnya terasa banget! Buat kamu yang enggak suka dengan bau kambing, gak usah takut buat datang ke sini karena di sini kamu enggak akan mencium bau yang menghilangkan selera makan tersebut.

via bhellabhello.wordpress.com

via tripadvisor.com

via gotravelly.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Asia Afrika No. 155, Bandung

Jam Buka: 24 jam 

Telepon: 022-4220717

Estimasi Harga: 20K-40K

 

10. ANGETIN CUACA DINGIN BANDUNG DNEGAN BUBUR AYAM KANINEUNG JAMIKA

Menikmati cuaca kota Bandung yang dingin paling cocok ditemani makanan hangat seperti bubur. Di kawasan Pasir Koja Bandung ada Bubur Ayam Kanineung Jamika yang bisa memberikan kamu kehangatan. Bubur ayam ini dijual di pinggir Jalan Raya Jamika dengan gerobak dan beberapa bangku plastik. Tepatnya ada di depan kantor RW setempat.

via myhecticuniverse.blogspot.co.id

Bubur ayam disini terkenal dengan harganya yang ekonomis dan porsinya yang loyal. Kamu cukup mengeluarkan kocek 7 ribu rupiah untuk satu porsi bubur, cakwe dan suwiran ayam yang banyak. Di sini juga tesedia ati ampela, sate usus juga sate telur puyuh. Kalau kamu memesan dengan ati ampela, kamu cuma harus membayar 9 ribu saja! Murah banget kan?

via qraved.co

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Raya Jamika, Pasir Koja, Bandung

Jam Buka: 22.00 – 03.00 WIB

Telepon: - 

Estimasi Harga: 7K – 9K

 

 

11. BEBEK MC. DARMO LA BAKAL KASIH KAMU KENIKMATAN BUMBU MERESAP DI DAGINGNYA YANG LEMBUT

Bosen makan pecel ayam? Kamu harus cobain bebek goreng di Bebek Mc. Darmo LA. Tempat makan tendaan ini berada di plataran Taman Lalu Lintas, Riau, Bandung. Mulai beroperasi dari jam 4 sore sampai jam 12 malam. Buat kamu yang mencari tempat makan malam, bisa banget melipir ke sini!

via thebinde.com

Bebek Mc. Darmo terkenal dengan kenikmatan bebek gorengnya yang maknyus! Banyak banget pengunjung yang datang, sampai-sampai tempat ini enggak pernah terlihat sepi. Kalau gak mau kehabisan dan gak mau ngantri, datang lebih sore yah guys.

via myeatandtravelstory.wordpress.com

Meskipun terkenal dengan bebek gorengnya, tapi kamu juga akan menemukan menu lainnya seperti burung dara goreng, ayam goreng, pecel lele, dan menu tambahan kol goreng, dan tempe tahu goreng. Harganya pun terjangkau. Untuk satu porsi kamu akan di kenakan sekitar 20 ribu. 

via wisatakulinerbandung.info

Karena di sini punya bebek goreng yang istimewa, tentu saja menu ini wajib kamu pesan. Dagingnya empuk dan bumbunya pun meresap sempurna. Enak banget dimakan dengan nasi hangat, sambal pedas dan kol goreng yang bakal menambah kelezatan bebek goreng pesananmu.

via duniaicip-icip.blogspot.com

via ebandung.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Belitung No. 1, Riau, Bandung

Jam Buka: 16.00 – 00.00 WIB

Estimasi Harga: 5K – 30K

 

12. NASI UDUK CINTA 97, KASIH KENIKMATAN NASI UDUK PENUH CINTA

Dari Jalan Dr. Radjiman, Bandung ada kedai kaki lima yang menyediakan nasi uduk dan aneka lauk. Namanya Nasi Uduk Cinta 97. Lokasi kedai kaki lima ini tepat di seberang restoran Tomodachi. Kamu tinggal cari kedai dengan spanduk putih besar bertuliskan Nasi Uduk Cinta 97. 

via ayotraveling.co.id

Tempat makan ini mulai buka dari jam 5 sore sampai jam 12 malam. Tempatnya enggak terlalu besar, tapi cukup untuk menampung 30 orang. Tapi dari kedai yang kecil ini kamu bisa menikmati nasi uduk yang terkenal nikmat di Bandung. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com

Lauk yang disediakan di sini kurang lebih sama dengan kedai kaki lima lainnya, hanya saja di sini menunya lebih beragam. Seperti ayam goreng dan bakar madu, bawal goreng, burung dara goreng, cumi bakar madu, pecel lele, udang bakar madu dan gurame bakar. Tersedia juga gorengan pelengkap seperti tahu, tempe dan kol goreng. Tapi kunci kenikmatan di tempat makan ini terletak di nasi uduknya yang pulen dan gurih banget. Ditambah ada irisan bawang goreng dan telur yang bikin sedap!

via myeatandtravelstory.wordpress.com

Dari sekian menu yang disediakan, menu yang sering dipesan adalah Ayam dan Cumi Bakar Madu. Bumbunya meresap dan membuat rasa dagingnya enak dan empuk terutama daging cuminya. Porsi untuk kedua menu ini bisa dibilang “wow” karena ayam nya besar banget dan jumlah cuminya banyak. Rasa yang enak dan porsi yang banyak kayak gini nih yang bikin gak nyesel makan di sini.

via travelingyuk.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Dr. Radjiman, Bandung

Jam Buka: 17.00 – 00.00 WIB

Telepon: - 

Estimasi Harga: 13K – 25K

 

13. CITA RASA BUBUR AYAM KHAS TIONGKOK BISA KAMU TEMUKAN DI BUBUR AYAM PA’OTONG

Bubur Ayam Pa’ Otong yang ada di Jalan Sudirman ini merupakan salah satu tempat bubur legendaris yang ada di Bandung. Bubur ayam yang terletak di samping Pasar Andir ini menggelar lapaknya di sisi bagian sebuah toko yang tutup dengan beberapa meja kayu dan kursi plastik. Tempat ini sering juga disebut oleh anak-anak muda bandung dengan “bubur setan” atau “bubur bondon” karena bisa ditemukan di malam hari, antara jam 6 sore hingga jam 1 pagi. 

via eatinguntildiee.blogspot.co.id

Dibandingkan dengan bubur kaki lima pada umumnya, bubur Pa’ Otong ini lebih mirip dengan bubur Tionghoa yang agak sedikit cair. Campurannya pun hanya menggunakan potongan cakwe dan suwiran ayam yang tebal. Untuk kuah penyedapnya pun, tempat ini hanya menggunakan dan menyediakan kecap asin saja. 

via tripadvisor.com

Sebenarnya di tempat ini enggak cuma ada satu bubur dengan topping yang sama. Kamu bisa memilih sendiri jenis topping  yang ada di sini, seperti ati ampela, cakwe, ceker ayam, sayap ayam, usus, telur puyuh dan lain-lain. Kalau kamu mau pesan buburnya saja juga bisa loh. Tapi kalau udah ke sini sih mending pesan bubur ayam ati ampela ½ porsi plus sate usus dan telur puyuhnya supaya enggak nyesel. Untuk harga satu prosinya akan dikenakan 5 ribu sampai 18 ribu sesuai dengan topping yang kamu pesan. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Bandung

Jam Buka: 18.00 – 01.00 WIB

Telepon: -

Estimasi Harga: 5K – 18K

 

14. PERKEDEL BONDON DENGAN KEARIFAN LOKAL YANG MELEGENDA

Kalau kamu cari camilan malam yang enak di Bandung, kamu mesti datang ke rumah makan Perkedel Bondon. Lokasinya agak sedikit terpencil, yaitu dideretan bangunan tua di dalam Terminal Stasiun Hall Bandung. Nama Bondon sendiri sebenarnya adalah sebutan untuk pekerja seks komersial yang dulunya banyak berkeliaran di malam hari di kawasan tersebut. Kata Bondon akhirnya digunakan sebagai rumah makan ini karena keduanya sama-sama mulai aktif pada malam hari, jam 11 malam. 

via teknolala.wordpress.com

Begitu malam tiba tempat makan ini langsung jadi serbuan puluhan pembeli. Mulai dari anak muda, orang tua, penduduk Bandung hingga yang berasal dari kota lain banyak yang mampir ke tempat ini bahkan hingga rela mengantri berjam-jam buat perkedel bondon ini. 

via steemit.com

Keistimewaan perkedel bondon yang bikin pembelinya rela ngantri lama ternyata  terletak pada rasa yang dihasilkan dari proses pembuatannya yang masih tradisional. Untuk menggoreng perkedelnya, tempat makan ini masih menggunakan arang sebagai bahan bakarnya. Sehingga perkedel nya terasa lebih garing di luar dan lembut di dalam. Selain enak, ternyata satu buah perkedelnya hanya dihargai 2 ribu saja. Gak aneh kalau ada yang membeli hingga puluhan perkedel. 

via kaskus.co.id

Di balik perkedelnya yang melegenda, rumah makan ini ternyata juga menyedikan menu nasi loh. Tersedia beberapa lauk sederhana seperti ayam goreng, daging empuk, ikan goreng, telur dadar dan lain-lain. Untuk satu porsi menu nasi ini bisa seharga 10 ribu sampai 15 ribu aja! 

via myeatandtravelstory.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Babakan Stasiun Hall No.43, Kebon Jati, Bandung

Jam Buka: 23.00 – 03.00

Telepon: 022-4266025

Estimasi Harga: 2K – 15K

 

15. HILANGIN NGANTUK DENGAN COBAIN BEBEK EMPUKNYA RUMAH MAKAN BEBEK ALI BORME DI JALAN TEUKU UMAR

Kedai kaki lima Bebek Ali Borromeus ini awalnya berada di Jalan Hassanudin, samping RS Borromeus. Karena lokasi terdahulu ini, makanya kedai ini dinamai Bebek Ali Borrome. Tapi sejak Agustus 2017, kedai ini pindah ke perempatan antara Jalan Teuku Umar dan Jalan Teuku Angkasa. Meskipun sudah pindah, kedai ini masih tetap buka dari jam 5 sore sampai jam 11 malam. 

via openrice.com

Bebek Ali Borme ini memang mulai menerima pesanan dari jam 5 sore, tapi pegawainya gak langsung melayani pembeli karena mereka akan baru mulai memasak pukul 6 teng. Terlebih kedai makan ini ternyata punya masa yang banyak banget, jadi kalau terlambat sedikit aja, kamu akan dapet nomor urut antrian yang panjang dan bisa-bisa gak dapet tempat duduk. Hemm.. makanya tempat ini selalu terlihat penuh.

via catatanrasa.com

Kalau liat pengunjung yang melimpah kaya gini, pasti jadi kepo sama makanannya. Nah menu bebek goreng di kedai ini emang yang paling sering dipesan, tapi kedai ini juga menyediakan menu ayam dan lele goreng buat yang lagi gak pengen makan bebek. Tapi biar gak sia-sia udah datang ke sini mending sekalian aja pesan bebek gorengnya. Kalau biasanya citra bebek goreng itu empuk dan kering, di Bebek Ali Borme ini bebek gorengnya justru lebih empuk dan basah. Tapi walaupun sedikit basah, kamu enggak akan eneg dengan tekstur kulitnya yang sedikit kenyal karena bebeknya diolah hingga kulitnya tetap terasa ada renyah-renyahnya sedikit.

via busy.org

Makan bebek goreng enaknya dicocol pakai sambel extra pedas yang bisa sampe bikin keringetan. Nah di kedai ini, kamu enggak bakal dapet sambel sepedas itu, tapi kamu akan ngerasain sambel enak versi yang manis manis ala Ayam Bakar Borme. Meskipun enggak sampe bikin kamu keringetan, tapi rasanya tetep bikin bebek goreng kamu terasa lebih nikmat.

via kuliner.panduanwisata.id

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Teuku Umar Blok 60 No. 40, Bandung

Jam Buka: 17.00 – 23.00 WIB

Estimasi Harga: 15K – 21K

 

16. CAFE MADTARI, CAFE BERBENTUK KANTIN SEKOLAH BUAT PECINTA KEJU

Cafe Madtari ini sebenarnya ada dimana-mana alias punya beberapa cabang di Kota Bandung. Pusatnya sendiri dan yang paling terkenal ada di Jalan Rangga Gading. Tempat ini menjadi lokasi favorit kaula muda berkumpul terutama pada malam hari. Selain karena buka 24 jam, Cafe Madtari ini juga sangat ramah dalam hal harga dan tempatnya yang luas dan memadai untuk berkumpul bersama teman-teman.

via jabarprov.go.id

Daripada mirip cafe, tempat ini justru lebih mirip dengan kantin sekolah. Tempatnya memanjang dan banyak kursi juga bangku. Apalagi tempat ini ternyata lebih banyak dikunjungi oleh pelajar. 

via theloungeapp.blogspot.co.id

Kalau soal menu, Cafe Madtari ini terkenal dengan topping kejunya yang super banyak di hampir semua makanan. Seperti roti bakar cokelat keju dan pisang bakar susu favorit pengunjung yang hampir semua permukaanya ditutupi keju yang melimpah. Nah kalau takut terlalu eneg, kamu tinggal minta ganti topping nya dengan meses. Tapi ya jangan kaget lagi, kalau topping cokelat  pilihan kamu juga berlimpah ruah seperti ini. 

via pergikuliner.com

Kalau udah kerasa giyung, mungkin kamu butuh mecin biar seimbang. Tempat makan ini enggak cuma menyediakana roti dan pisang bakar aja. Kamu juga bisa pesan Mie Goreng atau Mie Rebus dan lagi-lagi dengan keju yang menggunung di atasnya. Eiitsss, ada juga kok yang enggak pake keju, yaitu menu nasi gorengnya. Tapi kalau kamu mau tetep pakai keju lagi juga boleh sekali!

via kuliner.panduanwisata.id

via nadipos.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Rangga Gading No. 12, Bandung

Jam Buka: 24 jam

Estimasi Harga: 5K – 15K

 

Nah sekarang kamu udah tau kan dimana aja tempat yang oke untuk berburu makanan enak buat makan malam di Bandung? Sekarang kamu tinggal tentuin tempat dan makanan apa yang pas dengan selera kamu. Dan tentunya dengan isi kantong kamu juga. Semoga wisata kuliner malam kamu di Bandung menyenangkan, ya! 


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.