Best of Indonesia - 229 Hits

Menurut lo, apa sih hal paling merepotkan saat mau jalan-jalan? Menentukan destinasi wisata? Ya, itu juga kadang jadi perdebatan, apalagi kesukaan lo semua beda-beda. Biaya? Hmm, bisa jadi ngerepotin sih, kalo lo lagi nggak ada duit (lah, ngapain jalan-jalan kalo lagi nggak ada duit, haha). Ehem, oke, serius. Hal paling merepotkan buat sebagian traveller itu packing! Yap, pasti semuanya setuju sama gue, kalau menentukan barang yang harus dan nggak harus dibawa itu bisa jadi dilema besar. Apalagi buat lo, para cewek. Iya, rempong memang. Tapi tenang, gue punya solusi supaya tas lo muat banyak! Mau tahu? Perhatikan 7 Packing Hacks berikut!

 

1. BIKIN DAFTAR MENU BIAR NGGAK RIBET 

Buat lo yang emang dasarnya pelupa, perlu banget nih bikin daftar. Gunanya buat mengingatkan lo supaya nggak khilaf. Kan suka tuh, bawa barang berlebih yang memang nggak perlu-perlu banget dibawa. Dan saat butuh barang yang memang harusnya ada malah ternyata ketinggalan.

via vebma.com

 

2. BIKIN ROTI GULUNG DARI BAJU 

Eh, memang bisa bikin roti gulung dari baju? Bisa, tapi nggak bisa dimakan. Ini cuma trik supaya ruang dalam tas lo bisa terpakai secara effektif, makanya baju yang lo bawa harus digulung. Eits, tapi nggak semua baju bisa digulung, ya. Ada beberapa bahan yang emang nggak bisa. Sstt, ini packing hacks yang paling ”laku” buat traveller.

via vineverastores.com

via herpackinglist.com

 

3. BARANG-BARANG LO JUGA HARUS PUNYA KELOMPOK 

Nggak cuma manusia aja yang punya geng, barang-barang juga punya. Lo harus bisa pastikan kalau alat mandi, ponsel, dan buku, itu nggak disimpan di tempat yang sama. Harus ada tempat khusus jadi saat lo butuh sudah tau akan mengambil dimana. Gak akan lagi tuh lo bongkar 1 koper cuma buat nyari sikat gigi.

via humam.zone.id

 

4. PAHAMI FUNGSI UTAMA BARANG YANG LO BAWA 

Gue yakin 100%, kamera pasti jadi barang yang paling sering lo keluarin. Makanya, jangan suka taruh kamera di tempat-tempat yang susah lo jangkau. Beda lagi sama alat mandi, nggak mungkin kan, lo keluarin alat mandi pas lagi di jalan? Nah, taruh alat mandi di tempat yang aman. Kalau bisa, bawa ransel atau tas yang ada banyak sakunya, biar lo nggak kerepotan. 

via theonlinephotographer.typepad.com

 

5. SEDIA TAS KECIL GUYS, KARENA ITU PENTING 

Pastikan lo bawa tas kecil buat barang-barang kayak ponsel, kacamata, dompet, kunci hotel, dan tiket. Gunanya apa? Supaya saat lo butuh, lo nggak perlu tuh bongkar tas cuma buat cari kacamata. Kalo ada tas kecil kan, enak. Bisa jadi lebih rapi juga.

via pinterest.com

 

6. NGGAK ADA SHOE BAG? PAKAI SHOWER CAP AJA! 

Saat lo harus membawa sepatu tapi kenyataannya lo nggak punya shoe bag untuk menyimpan sepatu di dalam koper, nggak usah nangis. Lo bisa ambil shower cap yang biasa dipasang di kepala buat dipasangin di alas sepatu yang pingin lo bawa. Kalau sudah, nggak perlu khawatir lagi lo tinggal masukin sepatu lo ke dalam koper bersama baju-baju.

via dailyrattle.com

 

7. NGGAK USAH RIBET BAWA BANYAK BARANG, PILIH YANG MULTIFUNGSI 

Biasanya nih ya, saat traveling orang-orang suka banget ngerepotin dirinya sendiri dengan ngebawa barang-barang yang sebenernya punya fungsi sama, cuma dibawa aja karena salah satunya punya fungsi lain. Misalnya, bawa kamera ponsel juga, kamera DSLR juga, kamera antiair juga, ya ampun, pilih salah satu aja. Kalau satu barang sudah punya banyak fungsi, kenapa harus bawa banyak? 

via pastemagazine.com

 

Oke guys, siap liburan? Jangan lupa persiapkan segala sesuatunya dengan matang, ya. Kalau merasa ribet, ingat tips packing hacks yang sudah gue jelaskan di atas.


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.