DKI Jakarta - 125 Hits

Di tengah sergapan kofisyop-kofisyop anyar dan restoran menu-menu Jepang atau Korea, ternyata ada banyak restoran kebanggaan Jakarta yang tetap bertahan hingga sekarang. Kuncinya ternyata bukan terletak pada wifi yang kenceng ataupun desain yang instagramable bin fancy, tapi tentunya pada rasa yang tetap autentik sejak beberapa dekade lalu. Penasaran apa saja restoran itu? Mari terjebak nostalgia di 23 restoran laris nan legendaris Jakarta berikut ini! 

 

1. ENYAHKAN JENGAH DENGAN MAKAN TENGAH DI RM. AKOEN 

Biar hubungan kamu dengan temen-temen kantor makin akoer, coba deh ajakin mereka makan siang di RM. Akoen. Restoran yang menyajikan menu-menu Chinese food ini berpusat di Petogogan yang mengusung konsep interior sedeharna tapi ramenya ngalahin antrian Infinity Room-nya Museum Macan. Kabarnya RM. Akoen ini udah membuka cabangnya di dua tempat dengan konsep interior oriental yang modern, yaitu di Blok S dan Kebon Jeruk. Nah tinggal pilih deh tuh cabang yang paling deket aja sama kantor kamu. 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rma.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

Sekarang kita lanjut ke makanan ya, karena kita udah paham banget kalau dari tadi lambung dan lidah kamu udah resah.  Alkisah ada empat menu makanan yang menjadi primadona RM. Akoen, yaitu Cap Cay Seafood, Ayam Goreng Mentega, Fuyunghai Ayam Udang dan Gurame Tahu Tausi.  Belom lagi nasinya yang udah mengepul-ngepul hangat menggoda buat disendok. 

via instagram.com/rm.akoen 

Saat mencoba Ayam Goreng Mentega RM. Akoen, dapat dipastikan mata kamu pasti bakalan merem melek. Terlebih lagi ketika gurihnya ayam goreng ini berpadu dengan kesegaran jeruk nipis. Manis, asam, asin rame rasanya. Nah, karena kamu udah pesen ayam, coba deh kamu imbangi dengan sehatnya Capcay Seafood yang kaya akan potongan sayur segar nan renyah. 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

Demi memenuhi asupan makanan 4 sehat 5 sempurna. Kamu pastinya butuh protein buat kerja dan pastinya dikerjain si Bos. Makanya kamu harus banget pesen fuyung hai yang mengandung ayam dan udang juga gurame tahu tausi. Baik gurame maupun fuyung hai ternyata sama-sama mengusung konsep garing di luar, lembut di dalam. Rasanya mirip kayak kencan pertama, awalnya emang garing, tapi lama-lama kalo udah nyambung nyepiknya pasti semuanya berjalan smooth. 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

Di saat kamu kewalahan memilih menu yang begitu banyak, memesan nasi goreng seolah adalah pilihan paling aman. Untungnya, RM Akoen menyajikan nasi goreng spesial dengan potongan daging ayam, bakso sapi, bakso ikan, ati ampela, telur mata sapi dan tentunya EKSTRA UDANG. Buat mengimbangi nasi goreng yang gurih-gurih sedap, kamu bisa lemesin tenggorokan kamu dengan segelas es lidah buaya yang gelasnya berembun-embun seger. 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

Selain nasi goreng, jangan lewatkan yamin ayam yang nggak pernah salah dipesan kapanpun juga. Apalagi kalau kamu padu padankan dengan semangkuk es campur lokal dengan kekuatan cingcau cina! 

via instagram.com/rm.akoen 

via instagram.com/rm.akoen 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Professor Joko Sutono SH no. 11A RT.14/RW.6 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 

Kontak: (021) 7397439

Harga: sekitar Rp.50.000,00 per porsi

 

2. AJAK SI DIA KE MIE AYAM GONDANGDIA

‘Witing tresno jalaran soko kuliner’. Walaupun ini plesetan, tapi mungkin kunci kesuksesan pedekate salah satunya bisa dikaitkan dengan mengajak si dia makan. Apalagi kalo tempat makannya sederhana namun memiliki menu spesial seperti Mie Ayam Gondangdia. Biarpun kedai Mie Ayam Gondangdia ini pernah dilalap si jago merah, namun kelezatan menunya membuat para pelanggan mie ayam ini selalu datang ke cabang barunya di bawah jembatan rel kereta Gondangdia. 

via malesmandi.com

via jajanbeken.com

Biarpun Mie Ayam Gondangdia ini ramai pembeli, tapi pelayanan di sini super cepat. Kamu pun bisa langsung melahap habis sepiring mie tipis ber-topping ayam, jamur, bakso dan sayur yang disajikan bersama kaldu ayam super gurih. Kalau kamu lagi kalap bin kelaparan, silakan pesan pangsit gorengnya yang lebar dan renyah supaya acara makanmu makin meriah. 

via instagram.com/winkywinarizal 

via qraved.com

Kekasihmu vegetarian? Tenang, kamu masih bisa bikin si dia senang dengan memesankan sepiring capcay yang gak kalah menggoda iman. Belum lagi kalau kamu inisiatif beliin segelas es podeng yang nangkring manja di halaman luar Mie Ayam Gondangdia sebagai pencuci mulut. 

via pergikuliner.com

via malesmandi.com 

via instagram.com/ianagisti 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jalan Cikini IV no.12A Menteng, RT.15/RW.5, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat 

Kontak: (021) 31937835

Harga: mulai dari Rp.15.000,00-Rp.65.000,00 untuk makanan dan Rp.2.000,00-Rp.20.000,00 untuk minuman

 

3. DARI MASA LALU HINGGA MASA KINI, BUBUR CIKINI SELALU DI HATI

Sebelum berangkat ngantor ataupun pulang ngantor, sempatkan dirimu untuk makan di Bubur Cikini alias Burcik. Kedai bubur yang hanya buka di pagi hari dan sore menuju malam hari ini gak pernah sepi pengunjung. Awalnya pemilik Burcik hanya menjadikan bubur sebagai menu sampingan, namun seiring berjalannya waktu, bubur ala Cirebon ini berhasil menggeser martabak telor sebagai menu utamanya. 

via gastronomy-aficionado.com 

via gastronomy-aficionado.com 

Di samping pro kontra netizen tentang bubur diaduk vs bubur gak diaduk, pemilik Burcik menghargai selera netizen dengan memberikan bumbu terpisah. Jadi kamu bisa meracik buburmu sendiri dengan bumbu yang tersedia di meja. Selain itu, kamu juga bisa memilih porsi sesuai dengan kapasitas perutmu, yaitu porsi besar dan porsi kecil.

via gastronomy-aficionado.com 

via jajanbeken.com 

via qraved.com 

Sekarang mari kita jajal kenikmatan bubur satu ini. Walaupun mengusung tema Bubur Cirebon, namun Burcik ini gak berkuah kuning seperti Bubur Cirebon kebanyakan. Sambil menikmati setiap suapannya, kamu juga bisa memodifikasi buburmu dengan menambahkan kuning telor kampung mentah, sate ati ampela, juga taburan emping yang garing maksimal. 

via qraved.com 

via qraved.com 

via qraved.com

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl.Cisadane no.121 RT.9/RW.4, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat

Kontak: 082311764588

Harga: mulai dari Rp.15.000,00-Rp.18.000,00

 

4. AJO RAMON: SATE PADANG NIKMAT LANGGANAN SEJUTA UMAT

Konon katanya kedai sate padang terbaik itu hanya berlokasi di dua tempat. Pertama, di Padangnya langsung, kedua di kedai Sate Padang Ajo Ramon Pasar Santa. Walaupun kedai sate padang identik dengan asap dan hawa panas dari bara api, kamu tetap bisa merasakan semilir angin dari pepohonan rindang yang memayungi kedai Ajo Ramon. 

via migrationology.com

Rasa gurih dan pedasnya sate padang Ajo Ramon ini ternyata nggak cuma bergantung pada kuah, tapi pada rempah-rempah yang membaluri setiap tusuk sate daging, lidah, jantung dan usus yang kenyal-kenyal juicy ini. Makanya dari radius beberapa meter pun kamu udah bisa menghirup aroma kunyit dan jintan khas kedai Ajo Ramon yang nikmat. 

via migrationology.com 

via migrationology.com 

Berbeda dengan Sate Padang Bukittingi yang berbumbu kuning, Sate Padang Ajo Ramon ini tergolong sebagai Sate Padang Pariaman yang dagingnya berwarna kemerahan dan diguyur oleh bumbu kental berwarna cokelat pekat. Serunya, kamu bisa meminta tambahan bumbu sampai piring sate padangmu meluber!

via instagram.com/alfitsaputro

via instagram.com/alfitsaputro

via nuranwibisono.net

Demi menghabiskan bumbu Sate Padangmu hingga tetes terakhir, kedai Ajo Ramon menyediakan keranjang-keranjang berisi keripik balado khas Padang dan kerupuk kulit super renyah. Jadi kalau sate dan lontongmu sudah habis, kamu tetap bisa menyendok kuah dengan kerupuk kulit tersebut. Kalo udah gini saatnya bilang apa? Tambuah Ciek!

via migrationology.com 

via migrationology.com 

via flickr.com

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Cikajang Raya no.72, RT.13/RW.6, Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kontak: 085213371999

Harga: Rp. 34.000,00 per porsi(sudah termasuk kerupuk kulit)

 

5. MENDULANG KENIKMATAN KOPI YANG HAKIKI DI ES KOPI TAK KIE

Kedai Kopi Es Tak Kie mungkin gak memiliki pendingin udara ataupun sambungan internet nirkabel. Tapi ia punya syarat nomor wahid untuk kedai kopi terbaik: citarasa kopi yang gak pernah berubah sejak tahun 1930 silam. Gak cuma citarasanya, interior Kedai Es Kopi Tak Kie pun tetap menjunjung tinggi keaslian yang diwariskan Kwie Tjong, sang pendiri. 

via instagram.com/alfitsaputro

via manual.co.id 

Sekadar tips biar kamu nggak malu-maluin, kalau berkunjung ke Es Kopi Tak Kie jangan pernah minta ice blended ataupun latte ya. Kopi yang tersedia di sini hanya dua macam, yaitu Es Kopi Hitam dari biji kopi Arabika Lampung seharga ceban dan Es Kopi Susu yang hanya 11.000 perak. Ternyata kunci keseksian Es Kopi Hitam ini terletak pada cara pengolahannya. Setiap harinya kopi hitam panas sudah disiapkan di panci berukuran sedang dari jam 4 pagi. Sekitar mendingin, barulah kopi diberi es sehingga rasa es kopi pun tetap kuat dan tidak encer. 

via minumkopi.com

via manual.co.id 

via instagram.com/alfitsaputro

Sambil menghirup segelas es kopi yang bikin kamu pengen menenggak dalam sekali teguk, kamu juga bisa mengudap bacang dengan isian halal maupun nonhalal. Nah, sebelum salah mengambil, ada baiknya kamu bertanya dulu pada Engkong Latif, sang pemilik kedai. Siapa tahu sambil bertanya, Engkong bakal dengan suka rela menceritakan sejarah berdirinya Es Kopi Tak KIe. 

via minumkopi.com

via minumkopi.com 

Berhubung kedai kopi ini telah lama berdiri sebelum Indonesia merdeka, jadi nggak heran kalau kamu nggak akan menemukan oppa-oppa Korea, melainkan opa-opa dan oma-oma yang semangat bernostalgia. Walaupun begitu, nggak ada salahnya kamu memperkenalkan kedai kopi autentik ini pada teman-teman millennialmu yang separuh gajinya ludes buat ngopi fancy. 

via manual.co.id 

via instagram.com/alfitsaputro

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Pintu Besar Selatan III, Gang Gloria no.4-6, Glodok, RT.7/RW.6, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat

Kontak: (021) 6928296

Harga: sekitar Rp. 80.000,00 untuk 2 orang

 

6. SOTO BETAWI H. MA’RUF: SOTO LEZAT YANG MEMIKAT PEJABAT

Selain Kopi Es Tak Kie, sambutlah rumah makan yang sudah berdiri sejak zaman penjajahan. Apalagi kalau bukan Soto Betawi H. Ma’ruf. Dari tahun 1940, soto betawi yang terletak di bilangan Cikini ini selalu ramai dipadati pengunjung yaitu pekerja kantoran di hari kerja dan seisi anggota keluarga yang bertamasya bersama di akhir pekan. Saking ramainya, pejabat-pejabat prestisius negara seperti presiden Jokowi dan wakil presiden Jusuf Kalla juga pernah berkunjung ke sini sebelum deklarasi presiden. 

via ikurniawan.com 

via ikurniawan.com 

via ikurniawan.com 

Sekarang mari kita ungkap rahasia kelezatan Soto Betawi H. Ma’ruf. Ternyata sebelum sampai ke piring kamu, daging-daging sapi pilihan ini sengaja diungkep dengan bumbu, dipresto, lalu digoreng. Makanya di suapan pertama, kamu udah bisa ngerasain tekstur lembut dagingnya yang berpadu dengan kuah kaya rempah tanpa penyedap artifisial sama sekali. 

via qraved.com 

via qraved.com 

Sebelum memesan, kamu bisa mencermati menu dan memilih pilihan daging yang kamu suka, yaitu daging sapi, daging kambing dan jeroan sapi seperti babat dan paru. Pak Muchlis Ma’ruf, sang pewaris Soto H. Ma’ruf pun mengatakan bahwa daging-daging yang disajikan merupakan daging pilihan yang berasal dari kepala atau pipi. Namun khusus untuk sate kambing dan sapi, Soto H. Ma’ruf menggunakan daging has dalam untuk tekstur yang lebih lunak. 

via qraved.com 

via ikurniawan.com 

Demi menuntaskan rasa penasaran kamu akan semua menu di Soto H. Ma’ruf, cobalah tambah seporsi sate kambing atau sate sapi untuk dimakan bareng pacar ataupun teman kerja. Harganya hanya beda dua ribu perak dari soto, yaitu sekitar 38.000 rupiah saja. 

via qraved.com 

via qraved.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya 73 Jakarta Pusat

Kontak: (021) 348817

Harga: Rp.36.000,00 per mangkuk untuk soto betawi dan mulai dari Rp.38.000,00 sate

 

7. MIE AYAM ALIP: TUNAIKAN NGIDAM DENGAN SEMANGKUK MIE AYAM 

Pepatah ‘don’t judge book by its cover’ sepertinya berlaku bagi Mie Alip. Walaupun berlokasi di sebuah ruko berukuran minimalis, tapi Mie Ayam Alip setia menjadi langganan para artis. Sebut saja Indra Birowo, Nirina Zubir, hingga Dian Sastrowardoyo. Selain menawarkan mie ayam yang tentunya spesial, Mie Alip juga selalu memperhatikan setiap pelanggan tanpa pandang bulu. Makanya, ketika kamu bertandang kemari, kamu pasti langsung ditanyain mau pesen apa dan para pelayan siap langsung hafal setiap menu yang ada di luar kepala.  

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Soal menu, jangan ditanya. Semuanya juara. Mie Alip menyediakan menu dalam berbagai varian seperti mie lebar, mie tipis, kwetiau, dan bihun. Lengkap dengan bakso goreng, bakso urat, dan tentunya semangkuk kecil kuah nikmat. Tapi tetap saja, hati Tamasyeah tertambat pada mie ayam pangsit dengan potongan jamur, sayur, bakso urat, dan tentunya bakso goreng sebagai pelengkap. Nyam!

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via instagram.com/i.eat.i.rate

Sebelum makan, jangan lupa campurkan bumbu-bumbu tambahan yang tersedia seperti bawang daun, tongcay, acar cabai rawit, hingga sambal. Semuanya pasti bisa jadi cocolan nikmat untuk bakso goreng ayam udangmu. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com

Setelah mencampur semua bumbu tambahan yang tersedia, kawinkan segala rasa yang ada dalam kunyahanmu. Agar ritual makan ini terasa lebih sempurna, kamu bisa sekalian ajak teman-temanmu untuk makan bareng. Tapi kalau mau makan rame-rame di Mie Alip, sebaiknya kamu berangkat dari pagi karena biasanya kedai mie ayam ini selalu keburu ludes diserbu pemirsa di jam 2 siang. 

via instagram.com/jktfoodbang 

via qraved.com

via instagram.com/i.eat.i.rate

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Sawah Besar no.20C, Gajah Mada, Jakarta

Kontak: (021) 3458688

Harga: mulai dari Rp.40.000,00

 

8. PULANG DARI KANTOR, COBAIN MASAKAN CANTON ALA RESTORAN TRIO 

Nggak jauh dari kawasan Mie Ayam Gondangdia, terletaklah restoran tempo dulu yang telah berdiri sejak tahun 1947. Ya, Restoran Trio! Masuk ke restoran ini rasanya seperti masuk mesin waktu. Kamu nggak akan menemukan quotes-quotes kontemplatif di dindingnya seperti yang biasa kamu temukan di coffeeshop kekinian, tapi poster-poster iklan tempo dulu. Playlist yang terdengar di Restoran Trio pun gak berasal dari Spotify dan gak dicover oleh Sabrina, tapi melantunkan lagu-lagu folk tradisional favorit Oma dan Opa di rumah. 

via manual.co.id

via manual.co.id 

via manual.co.id 

via manual.co.id 

Dari luar, restoran Trio mungkin terlihat seperti restoran oldschool yang gak menawarkan pendingin udara. Namun begitu kamu masuk, kamu akan menikmati interior vintage yang klasik untuk feed Instagram kamu juga sambutan hangat dari pelayan-pelayan paruh baya yang kompak berseragam batik. Soal service, jangan ditanya. Sebelum kamu duduk, para pelayan sudah siaga mencatat menu dan melayani kamu bersantap. 

via manual.co.id 

via wanderbites.com

via manual.co.id 

via wanderbites.com

Rasanya susah menentukan menu ternikmat Restoran Trio. Karena di restoran ini ada 200 menu yang hanya terdiri dari dua rasa: enak dan ENAK BANGET. Kalau menurut pemilik Restoran Trio, sup asparagus adalah menu terlaris. Nggak heran sih. Dalam sekali seruput, sup yang dibuat dengan vinegar ini mampu menghadirkan kehangatan dan kenyamanan selayaknya cinta pertama. 

via manual.co.id 

Berjajar dengan sup vinegar, sambutlah cah kangkung dengan aroma bawang yang kuat dan pangsit udangnya yang tiada duanya di Jakarta. Terlihat sekali semua menu di Restoran Trio dibuat dengan hati. Nggak heran sih, Restoran Trio selalu punya pelanggan setia dari segala generasi. 

via manual.co.id 

via manual.co.id 

via manual.co.id 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. RP. Soeroso no.29 A Gondangdia, Menteng, RT.2/RW.2, Jakarta Pusat

Kontak: (021) 31936295

Harga: sekitar Rp.330.000,00 untuk 2 orang 

 

9. SIAPA TAK KENAL NASI GORENG KEBON SIRIH YANG GURIH?

Jika melewati area kebon sirih, mampirlah ke tenda besar yang menampung para umat-umat pemuja nasi goreng di sana. Bukan, ini bukan gelaran food festival yang biasa kamu jumpai, tapi kedai nasi goreng kebon sirih yang nama dan aromanya sama-sama harum. 

via manual.co.id 

via manual.co.id 

via manual.co.id 

Persaingan berebut kursi di Nasi Goreng Kebon Sirih ternyata sama sengitnya dengan berebut kursi di universitas. Beberapa pengunjung yang sudah terlanjur kelaparan bela-belain membungkus nasi goreng ini dan menyantapnya di mobil masing-masing. Makanya demi memenuhi kebutuhan pengunjung, para awak Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih memasak nasi goreng super lezat ini dalam wajan besar sekaligus dan mengaduknya tanpa kenal lelah. Dari jauh, aksi ini terlihat seperti atraksi yang menghibur. 

via lionhaloho.wordpress.com

via bisniswaralaba.id

Ketika nasi goreng kambing ini diantarkan ke mejamu, bersiaplah menikmati sepiring nasi dengan aroma daging kambing yang khas dan memanjakan lidah. Untuk mengimbangi kolesterol dari daging kambing dan telur dadar, kamu bisa menambahkan asinan kol dan taburan emping yang segar. 

via foodmour.blogspot.co.id

via manual.co.id 

via breaktime.co.id

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Kebon Sirih no.73, Jakarta Pusat

Kontak: 0811864011

Harga: di bawah Rp.50.000,00 per orang 

 

10. WALAUPUN BERLOKASI DI GANG, RASA BAKMI KELINCI INI TERKENAL NENDANG

Kalau biasanya kamu sering dengar Gang Kelinci sebagai salah satu judul lagu jadul. Kali ini kamu harus beneran nyamperin Jalan Kelincinya langsung karena di kawasan legendaris tersebut terdapat sebuah kedai Bakmi Kelinci. Memasuki kawasan kedai Bakmi Gang Kelinci rasanya persis seperti memasuki berada di kota Hongkong tahun 80-90an. Jadi sambil menunggu makananmu datang, kamu bisa foto-foto dulu di sekitaran Gang Kelinci buat feeds instagram kamu. 

via instagram.com/jakarta_tourism 

via instagram.com/melodyamadeas 

via instagram.com/joycarolines

via instagram.com/yuditkinanti

Tanpa berpanjang kata lagi, mari kita langsung buktikan kedahsyatan Bakmi Gang Kelinci ini. Sebelum memesan kamu bisa memilih jenis mienya. Mulai dari bakmi biasa, bakmi keriting, hingga bakmi lebar. Setiap mangkuk mie yang disajikan di Bakmi Gang Kelinci pastinya mengandung cacahan jamur dan potongan ayam. Pangsit gorengnya pun renyah, gak seperti pangsit goreng abang-abang yang disinyalir mengandung plastik.  

via instagram.com/ekamaitri 

via instagram.com/rendharais 

via instagram.com/foodinrupih 

via qraved.com

Selain pangsit, Bakmi Gang Kelinci pun akan menjamu kamu dengan side dish-side dish yang terkenal sadeees nikmatnya. Seperti semangkuk kuah bakso yang udah sepaket sama bakmi dan sepiring gohyong dengan porsi besar ataupun kecil. Kamu mungkin bakalan asing dengan menu gohyong ini, tapi tunggu dulu sampai gohyong ini sampai di lidahmu. Niscaya kamu bakalan ngerasain renyahnya udang yang dihaluskan dan dibungkus dengan kulit gohyong yang renyah dan hangat-hangat wakwaw. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Lagi nggak pengen makan bakmi? Santai, Bakmi Gang Kelinci masih menyediakan menu-menu comfort food yang tak pernah salah dipesan kapanpun juga, yaitu nasi goreng ayam atau nasi tim ayam. Sambil menikmati hari kalap nasional kamu, seruputlah semangkuk penuh es cingcau hijau dengan sirup merah yang segarnya melegakan kerongkongan. 

via qraved.com 

via qraved.com

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Kelinci Raya no.1-3, Pasar Baru, Jakarta Pusat

Kontak: (021) 3522288/ (021) 99722288/ (021) 70100100 (bisa juga untuk delivery)

Harga: di bawah Rp. 100.000,00

 

11. DARI CUP SAMPAI STIK, ES KRIM BALTIC HADIRKAN CITARASA AUTENTIK

Akhir pekan adalah saat yang paling tepat untuk museum and galery tour yang tersebar Menteng, Cikini, dan Senen. Nah sambil ngartsy, coba kamu ngadem juga ke Es Krim Baltic di kawasan Senen. Begitu masuk ke dalam, kedai Es Krim Baltic ini berukuran mungil, sama seperti es krimnya. Jadi kamu perlu pesan beberapa bungkus es krim sekaligus di sini supaya kenyang, sekalian nyobain berbagai varian rasa yang tersedia. 

via qraved.com 

via qraved.com 

via qraved.com 

Selain menghadirkan rasa-rasa yang pernah ada seperti cokelat, vanilla, dan mocca, es krim Baltic pun berkreasi dengan rasa-rasa unik lainnya seperti kacang hijau, kacang merah, kopyor, alpukat, sampai peppermint! Semua varian rasa itu tersedia dalam format cup hingga stick. Jadi gampang dibawa sambil jalan-jalan menyusuri ibukota yang teriknya kurang ajar. 

via instagram.com/chory_pebrini 

via instagram.com/dibanasution 

via wego.co.id

via instagram.com/emrizkiaditya

Sejak dahulu kala Es Krim Baltic ini terkenal homemade alias buatan rumah, makanya ada baiknya kamu bawa pulang ke rumah juga biar orang-orang rumah bisa ngerasai es krim bebas pengawet ini. Kamu bisa membungkus es krim cup besar sekalian, yaitu cup besar regular yang terdiri dari kombinasi 3 rasa ataupun cup besar special yang terdiri dari dua rasa special. 

via icecream-baltic.com 

via icecream-baltic.com

Selain cup besar, kamu juga tentunya bisa bawa pulang tart ice cream. Apalagi kalau Mama Papa kamu lagi ultah. Serunya, Es Krim Baltic menyediakan banyak modifikasi tart ice cream, tapi Tamasyeah memilih membawa pulang varian peach melba atau kombinasi campuran buah dengan hiasan buah peach, cokelat serut, dan ceri merah ataupun tart ice cream cappucinno yang menghadirkan rasa mocca yang kuat dengan hiasan cream dan chocolate peanut yang lembut. 

via icecreambaltic.webnode.com  

via icecreambaltic.webnode.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Kramat Raya no. 10-12, Senen, Jakarta Pusat

Kontak: (021) 3501805/ 3906409

Harga: Rp.4.400,00-Rp.42.000,00 (harga tart ice cream sesuai dengan ukuran diameternya)

 

12. NASI GORENG APJAY: NASGOR KEBULI YANG TAK PERNAH SEPI PEMBELI 

Anak selatan yang gaulnya sekitaran Cipete dan Pangpol pastinya udah nggak asing lagi sama Nasi Goreng Apjay. Yak, nasi goreng yang sebenarnya bernama Bakmi Jogja Pak Ivan ini memang dulunya berlokasi tepat di depan Apotek Jaya, makanya kedai ini dikenal dengan sebutan ‘Apjay’.  Walaupun kedai ini menjual Bakmi Jogja sebagai menu utama, tapi masyarakat rupanya kepalang jatuh hati pada pesona nasgor kebulinya. Saking tingginya permintaan warga, para pengunjung bahkan harus RSVP dulu via telfon sebelum makan di tempat. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via umisyam.com 

Begitu melihat deretan menu di Apjay, Tamasyeah langsung ingin mencoba semua menunya. Kita mulai dari primadonanya dulu kali ya. Karena judulnya nasgor kebuli, aroma rempah yang sangat kuat dari piring nasgor ini bakal langsung mencucuk hidung kamu. Uap pun mengepul hangat dari nasinya, menggoda kamu untuk segera menikmatinya. Potongan-potongan kambing yang begitu royal berpadu sempurna dengan nasi. Kamu pun bisa menambah 3.000 perak untuk topping telur mata sapi yang kuning telurnya hacep sempurna. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via tokeboy.co.id

Sekarang kita beralih ke menu lokal asli dari Jawa, yaitu Nasi Goreng Ayam Bumbu Jawa. Kalau nasgor kebuli identik dengan potongan daging kambing, Nasgor Jawa ini kaya akan suwiran daging ayam, ati ayam, juga potongan rawit. 

via umisyam.com

Terus Bakmi Jogjanya mana? Tenang teman-teman, di Nasgor Kebuli Apjay kamu bisa milih mau Bakmi Goreng atau Bakmi Godhog yang merupakan comfort food-nya Orang Jawa dan sengaja dimasak di atas arang untuk menjaga citarasa autentik. Keduanya sama-sama memakai mie yang lebar dan dibanderol dengan harga Rp.18.000,00. Bedanya, yang satu pake kuah, yang satu lagi nggak. 

via umisyam.com 

via umisyam.com 

via umisyam.com 

Terus kalau bingung mau pesen bakmi atau nasgor gimana? Ya don’t rich people difficult lah, pesen aja Nasi Goreng Campur Mie alias Nasi Goreng Magelangan. Double puasnya, double carbo-nya. Menemani kamu berpesta carbo, pesanlah Wedang Uwuh atau minuman penuh rempah khas Jawa yang hangatnya udah ngalahin Luo Han Kuo. Sebutlah semua rempah, mulai dari cengkih, kayu manis, sereh, pala, jahe, hingga kapulaga, semuanya ada di Wedang Uwuh.  

via umisyam.com 

via umisyam.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Panglima Polim IX, RT.2/RW.7, Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Kontak: 081585919919

Harga: sekitar Rp.70.000,00 untuk 2 orang 

 

13. TERKUAK, MENU-MENU PENGGODA BATIN DARI GADO-GADO BONBIN 

Sebelum berganti nama menjadi Jalan Cikini IV, Jalan Kebon Binatang menawarkan banyak sejarah, yaitu sebagai lokasi kebun binatang sebelum berpindah ke Ragunan, juga wisata kuliner gado-gadonya yang selalu sarat pembeli hingga saat ini. Saking ramainya, kamu sebaiknya datang di saat jalanan lebih lengang, yaitu sebelum ataupun sesudah makan siang. 

via wanderbites.com 

via wanderbites.com

via efenerr.wordpress.com 

via wanderbites.com 

Demi menghadirkan cita rasa gado-gado yang membekas di hati, Engkoh dan Encik penjual sengaja memilih bayam, tahu, tauge, dan telur ayam paling higienis dan segar juga memproses bumbu kacang seteliti mungkin. Pertama, mereka memilih kacang Vietnam yang dipilih satu per satu. Sekali menemukan kacang yang jelek, maka Engkoh dan Encik tak segan membuangnya. Menurut mereka, kacang yang jelek dapat mempengaruhi rasa kacang-kacang lainnya. 

via efenerr.wordpress.com 

Setelah kacang dipilih, baru kacang digiling sehalus mungkin dan disangrai hingga keluar minyaknya. Hasilnya adalah sepiring gado-gado bersalut bumbu kacang yang kental, lumer di lidak, bahkan melewati tenggorokan dengan mulusnya. Setelah menandaskan piring seisi piringmu, kamu nggak bakal tuh merasakan aftertaste kacang yang gatal dan kasar di langit-langit mulut seperti yang biasa kamu rasakan pada gado-gado lain.

via adasatu.com

via wanderbites.com 

via efenerr.wordpress.com

Rupanya kekuatan kedai ini gak berkutat pada gado-gado aja, tetapi juga asinan yang sama-sama segar karena dibuat dari bahan yang higienis. 

via efenerr.wordpress.com 

via checkinjakarta.id 

Menemanimu bersantap siang, cobalah Es Shanghai alias es serut dengan campuran buah-buahan, kolang kaling, dan agar-agar. Gado-Gado Bonbin pun menyediakan minuman penggoda batin dalam bentuk cendol pink. Selain warnanya yang berbeda dari cendol pada umumnya, cendol pink ini terbuat dari tepung hungkwe sehingga terasa lebih kenyal dan lembut di mulut. 

via efenerr.wordpress.com 

via qraved.com

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl.Cikini IV no.5 Jakarta Pusat

Kontak: (021) 3141539

Harga: mulai dari RP.25.000,00 per porsi

 

14. TUNTASKAN LAPAR DENGAN UDANG BAKAR SEAFOOD 68 SANTA 

Di tengah hiruk pikuknya Jalan Wolter Monginsidi, kehadiran Seafood 68 Santa bagaikan oase. Daripada ikut macet-macetan bareng rakyat Jaksel lainnya, menepilah sebentar ke warung tenda seafood paling hits abad ini. Seafood-nya terkenal segar dan besar, pelayanannya super cepat, dan menunya beragam. Mulai dari kerang ijo, kerang dara, kepiting, udang, cumi, ikan bawal, ikan baronang sampai ikan cue. 

via instagram.com/remco_l

via instagram.com/dwi.putratama 

Saking banyaknya menu yang mustahil untuk dilewatkan, kamu pastinya akan memesan banyak menu sekaligus. Tapi harap diingat kalau seporsi makanan di Seafood 68 Santa bisa buat ngasih makan orang sekampung. Jadi ada baiknya kamu datang ke sini bareng teman-temanmu sekaligus traktiran ultah atau mungkin bridal shower. Bosen kan, selama ini bridal shower di kafe mulu? 

via travelingyuk.com 

via instagram.com/jktfoodbang 

Sebagai menu pembuka, cobalah otak-otak bakar yang dicelup saus kacang khas Palembang. Tentunya otak-otak ini nggak terbuat dari ikan sapu-sapu, tapi ikan tenggiri asli. Ada juga Udang Surya alias udang langganan Surya Saputra setiap berkunjung ke Seafood 68 dan cumi goreng tepung yang setara dengan fried calamari di kafe-kafe. 

via rewinnita.com

via alamaksedapnya.wordpress.com 

via cintamakan.wordpress.com 

via rewinnita.com

Usai menandaskan menu appetizer, kini saatnya kamu merambah ke hidangan laut utama sebagai lauk bagi nasi. Hindari pertumpahan darah di meja karena rebutan lauk bersama teman adalah sebuah keniscayaan ketika kamu makan di Seafood 68 Santa. Gimana nggak? Ketika menyantap seafood kamu bisa merasakan bumbunya meresap hingga ke daging. Seperti ikan baronang bakar yang kaya akan campuran kecap dan kunyit, kerang dara rebus yang gurihnya membius, juga tumis kangkung yang jadi satu-satunya menu sayuran di Seafood 68 Santa ini. 

via instagram.com/ad_eat

via alamaksedapnya.wordpress.com 

via alamaksedapnya.wordpress.com 

via instagram.com/destinasimakandpk 

Sekarang siapkan dirimu untuk menu andalan Seafood 68 Bakar. Sambutlah wahai netizen sekalian, Kepiting Bakar Saos Padang. Satu porsi kepiting bakar ini bisa muat di perut tiga orang. Namun kita yakin sih kalau kamu bakal nambah porsi karena bumbu saos padangnya bikin nagih. Saking nagihnya kamu bakalan menjilati sisa-sisa bumbu yang tertinggal di jemari tanganmu walaupun perutmu udah full tank!

via alamaksedapnya.wordpress.com

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Wolter Monginsidi no.58, RT.2/RW.4, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Petogogan, Jakarta Selatan

Kontak: 081283733760

Harga: sekitar Rp.50.000,00-Rp.100.000,00 per orang 

 

15. SUDAH COBA ASINAN KAMBOJA H.MANSYUR YANG TERMAHSYUR ITU? 

Kalo kamu fans berat makanan Korea, Indonesia juga punya kok makanan enak yang nggak kalah sama Kimchi-nya Korea, yaitu asinan betawi. Dan buat Tamasyeah, nggak ada lagi kedai asinan yang seenak Asinan Betawi H. Mansyur yang terletak di Jalan Kamboja, Rawamangun.  Kedai buka jam 9 pagi, para pelanggan sudah ramai mengantri layaknya peserta audisi Idol di TV untuk take away asinan ini. Sekali mengantri di Asinan Betawi H. Mansyur, kamu bisa ngabisin waktu 15 menit. Tapi tentunya itu semua sepadan dengan kesegaran asinannya. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via backpackerjakarta.com 

via foursquare.com 

Sekarang mari kita review asinan sayurnya. Sekilas asinan ini memang tampak mirip dengan asinan kebanyakan. Bahannya terbuat dari potongan kol, tauge, tahu, timun, daun selada segar dan disiram dengan bumbu kacang yang halus, gula, air dan cuka yang asamnya pas.Tapi rupanya koncian asinan betawi ini ada pada takaran bumbu yang seimbang dan sudah dipertahankan secara turun temurun sejak 47 yahun yang lalu. 

via foursquare.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Kalau kamu nggak suka sayur, tenang aja karena Asinan Betawi H. Mansyur menyediakan varian asinan buah. Kamu bisa menemukan buah bengkuang, kedondong, mangga, dan nanas di dalamnya. Lumayan banget buat jadi cemilan selama kamu ngegosipin si bos bareng temen-temen kantor. Terus kalo kamu nggak suka sayur dan buah gimana? Ya udah pulang aja sana. Becanda deng, kamu masih bisa kok menemukan menu-menu andalanmu di list-list restoran selanjutnya. 

via foursquare.com 

via backpackerjakarta.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Taman Kamboja no.10, RT. III/RW.11, Rawamangun, Pulo Gadung, Jakarta Timur 

Kontak: 0812-8110-4495

Harga: sekitar Rp.30.000,00 untuk 2 orang

 

16. KONGKOW NONSTOP BARENG GENG DI BUBUR KAMSENG 

Kamu pastinya pernah pulang larut dari kantor, didera hasrat nongkrong yang menggebu-gebu, tapi nggak ada satupun restoran yang menerima kehadiran kamu dan geng. Jangan sedih karena sekarang 

kamu udah tahu restoran 24 jam yang bakalan jadi tempat nongkrong baru kamu. Ya, Bubur Kamseng! 

via foodinloveid.wordpress.com 

via foodinloveid.wordpress.com 

Sesuai dengan namanya, menu andalan Bubur Kamseng ini ada pada bubur dengan berbagai variannya. Kalo kamu abis lembur dan perlu asupan protein, maka Bubur Tiga Rasa adalah menu yang pas buat kamu. Jangan kira bubur ini terasa manis, asam, asin, ramai rasanya. Tapi bubur ini menggunakan tiga telor berbeda seperti telur ayam, telur asin, hingga telur abadi alias phitan. 

via foodinloveid.wordpress.com 

via foodinloveid.wordpress.com 

via instagram.com/chefriyadi

Selama ini mungkin bubur selalu identik dengan daging ayam. Tapi, Bubur Kamseng lagi-lagi berkreasi dengan menghadirkan menu bubur fillet ikan ke meja kamu. Suapan demi suapan bubur di mangkukmu pastinya semakin seru dengan kedatangan cakue yang gurih parah. Karena dengan atau tanpa bubur, cakue khas Kamseng tetap nikmat dikudap. 

via foodinloveid.wordpress.com

via foodinloveid.wordpress.com

via gotravelly.com

Karena Bubur Kamseng ini mengusung tema pecinan, pastinya kamu bakal menjumpai menu nasi campur di sini. Sepiring penuh nasi campur Kamseng ini terdiri dari chasiu babi, pork belly, daging babi cincang, irisan kalian, separuh telur ayam, kacang merah, dan tahu. Kalau masih kurang juga lauknya, pesen dah tuh Pek Cam Kee atau daging dada ayam dengan rasa manis dan gurih. Selamat perbaikan gizi! 

via foodinloveid.wordpress.com 

via foodinloveid.wordpress.com 

via foodinloveid.wordpress.com 

via foodinloveid.wordpress.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Mangga Besar I no. 26, RT.5/ RW.5, Mangga Besar, Tamansari, Jakarta Barat

Kontak: (021) 6492319

Harga: sekitar Rp.35.000,00-Rp.48.000,00 per porsi

 

17. LEZATNYA NASI UDUK KEBON KACANG INI NGGAK BOLEH KAMU KACANGIN! 

Kalau kamu lagi lewat ke daerah kebon kacang dan menemukan Nasi Uduk Zainal Fanani, segeralah mampir dan pesan di sana karena nasi uduk ini merupakan nasi uduk pertama di Kebon Kacang. Sekilas nasi uduk ini bakalan mengingatkan kamu sama Onigiri Jepang karena ukurannya sebesar kepalan tangan dan dibungkus dengan daun pisang.  Makanya makan sebungkus aja rasanya nggak cukup. Saking gurihnya, para pembeli bisa saja melahap nasi uduk ini tanpa lauk dan hanya bertemankan sambal kacang.

via myeatandtravelstory.wordpress.com

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Tapi karena kamu butuh perbaikan gizi, tentunya kamu nggak cukup dong makan nasi uduk doang. Nyok kite pesen lauk-lauk kaya lemak dan protein seperti ayam kampung goreng, duet maut tahu tempe, dan tentunya sate usus. Taburi semuanya dengan bawang goreng, cocol mesra di bumbu kacang, dan lahaplah dengan penuh suka cita. 

via qraved.com 

via qraved.com

via qraved.com 

via qraved.com 

Memang benar, Nasi Uduk Zainal Fanani ini menghilangkan semur jengkol sebagai salah satu lauk pendamping. Tapi kedai ini menggantinya dengan menu antimainstream yang tak kalah menggoyang lidah. Yak, apalagi kalau bukan ASINAN BETAWI!

via id.openrice.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Kebon Kacang Raya no.5b RT.1/RW.5 Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat 

Kontak: (021) 31903863

Harga: mulai dari Rp.2.000,00-Rp.15.000,00

 

18. BERGEMBIRARIA DI PEMPEK MEGARIA

Waktu tamasya ke megaria, pulang-pulang ku berbadan dua…Iya berbadan dua karena perutmu akan penuh dengan berbagai menu Megaria yang sukses bikin kamu laper mata. Terletak di kawasan Metropole, Pempek Megaria ini bisa jadi pelengkap keriaan weekend-mu. Gimana nggak? Selesai nonton bioskop ataupun nongkrong di kedai kopi tenar, kamu bisa sekalian manjain perutmu dengan ragam menu paling yahud bersama pelanggan setia lainnya. 

via wikimedia.org

via pergikuliner.com

Ketika memesan pempek di Megaria, kamu bakalan dimanjakan dengan segudang pilihan pempek. Mulai dari pempek kapal selam, lenjer besar, lenjer kecil telur kecil, adaan bulat, pempek keriting, gepeng kulit, tahu, hingga lenggang goreng yang sebelas dua belas dengan egg frittata. Tentunya kemewahan itu semakin berarti dengan guyuran cuko pempek yang asamnya pas. 

via yandreaian.wordpress.com

via goodindonesianfood.com 

via qraved.com

Saat kamu mengunyah, kamu pasti bertanya mengapa pempek ini bisa lembut. Rupanya rahasianya ada pada bahan dasarnya, yaitu ikan tenggiri asli dan tepung tani yang terkenal mahal. Saat pempek ini digoreng, para peracik pun tak segan memasukan santan agar pempek lebih gurih. 

via goodindonesianfood.com

via pergikuliner.com 

Jika pempek pada umumnya susah dibelah karena teksturnya yang kelewat padat, tekstur empuk dan gurih ini memudahkan kamu untuk memotong dan mengunyah. Potongan timun-timun kecil nan segar seakan menjadi bagian keseruan yang gak bisa kamu lewatkan dari piring pempek kamu. Apalagi kalau kamu menutup sesi makanmu dengan segelas es alpukat atau es blewah. 

via pergikuliner.com 

via pergikuliner.com 

Kalau pasangan atau teman makanmu tidak suka pempek, tidak masalah. Megaria menyediakan menu-menu nusantara lain yang gak kalah menarik, seperti gado-gado ataupun sate ayam. Nah sebelum pulang, jangan lupa bagikan kenikmatan kuliner Megaria pada keluarga di rumah dengan take away  sebungkus tekwan. Tapi bungkus tekwannya jangan cuma take one doang, cobalah take two bahkan take three bungkus sekalian. 

via pergikuliner.com

via pergikuliner.com

via pergikuliner.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Komplek Bioskop Metropole Jl. Pegangsaan Timur no.21, Menteng, Jakarta Pusat

Kontak: (021) 3910921

Harga: mulai dari Rp. 2.000,00-Rp.75.000,00

 

19. ES KRIM RAGUSA: CITARASA ES KRIM ITALIA YANG TAK TERMAKAN USIA 

Walau kita sudah berada di era frozen yoghurt dan matcha ice cream, tapi para penikmat es krim sejati tetap akan kembali ke Ragusa untuk menemukan citarasa es krim yang asli dan tak lekang oleh zaman. Berkunjung ke Ragusa seperti berkunjung ke rumah nenek, di mana kamu akan menemukan bangku-bangku rotan, foto-foto kejayaan di masa lampau, dan kipas angin sekadarnya. Para pelayan di Ragusa pun terkenal TTS alias Tegas Tapi Sayang. Di awal kamu akan merasa mereka kelewat tegas, namun sebenarnya mereka berusaha untuk efektif dan efisien demi melayani kebutuhan semua pengunjung yang banyak mau. 

via ensiklopediaindonesia.com 

via jakartasavvy.com

via gastronomy-aficionado.com 

Sejak berdiri di tahun 1932, Ragusa Es Italia sudah berkomitmen untuk membuat es krim dengan alat-alat tradisional dan gak menggunakan bahan pengawet. Hasilnya, kamu akan mendapatkan cita rasa es krim dengan konsistensi lebih cair dari biasanya, tapi tetap menghadirkan kesan halus dan rasa susu yang pas. 

via jakartasavvy.com 

Walaupun tetap menjunjung tinggi otentisitas, Ragusa Es Italia tak segan-segan berkreasi mengikuti selera masyarakat.  Mulai dari es krim spaghetti yang terlihat seperti pasta-pasta di restoran fancy dengan topping buah-buahan kering dan taburan kacang, coupe de maison yang menawarkan kelembutan es krim dan gurihnya nougat, serta banana split yang menghadirkan pisang berbalur es krim tiga rasa. 

via gastronomy-aficionado.com 

via gastronomy-aficionado.com

via gastronomy-aficionado.com 

via blog.reddoorz.com

Jika makan es krim saja dirasa gak cukup, Ibu Sias Mawarni sang pemilik Ragusa Es Italia telah berkolaborasi dengan penjual gado-gado dan asinan sehingga kamu bisa pesan makanan hingga beronde-ronde. Gado-gado Ragusa ini adalah salah satu menu terbaik karena bumbu kacangnya lembut dan creamy seperti peanut butter premium!

via jakartasavvy.com 

via jakartasavvy.com

via jakartasavvy.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jalan Veteran I no. 10 Jakarta, Indonesia

Kontak: (021) 3849123

Harga: Rp.10.000,00-Rp.35.000,00

 

20. MARI NONGKRONG CHILL SAMBIL MENYANTAP KETOPRAK CIRAGIL 

Biarpun katanya kamu lagi diet keto, tapi kamu nggak bakal bisa diet keto-prak kalo udah mampir ke ketoprak Ciragil. Walaupun bangunan kedai ketoprak ini super sederhana dan bangku-bangkunya hanya mampu menampung maksimal 20 pengunjung saja, tapi kamu bakal merasakan k e m e vv a h a n di setiap suapannya. 

via myeatandmytravelstory.wordpress.com

via myeatandmytravelstory.wordpress.com 

Satu hal yang bikin Ketoprak Ciragil super meriah: pilihan telurnya. Kamu bisa memilih telur asin, telur rebus, telur dadar, hingga telur mata sapi untuk kamu makan bersama dengan potongan lontong buatan sendiri, tahu putih, bihun yang terlampau royal, dan tentunya banjuran bumbu kacang yang lembut! Makanya demi mendulang kenikmatan ketoprak yang gurih manis ini, banyak pengunjung yang berani-beraninya pesan satu setengah porsi. Nah kalo udah kekenyangan makan ketoprak, biasanya para pelanggan bakal ngejoprak puas. 

via myeatandmytravelstory.wordpress.com 

via myeatandmytravelstory.wordpress.com 

via eatandmytravelstory.wordpress.com 

Sambil nurunin makanan di perut, ada baiknya kamu memesan minuman-minuman super chill andalan Ketoprak Ciragil. Segala jenis es ada di sini, mulai dari es teler, es blewah, es buah, es doger, es cendol, sampe es jeruk yang paling mainstream. Tapi pilihan Tamasyeah sih tetap jatuh pada es cincau dengan sirup pink super legit dan cincau ijo yang nggak kalah sama minuman-minuman kekinian. 

via myeatandmytravelstory.wordpress.com 

via myeatandmytravelstory.wordpress.com 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Ciragil II no. 24, Blok Q, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka: 09.00-17.00

Harga: mulai dari Rp.16.000,00 (per porsi) -Rp.30.000,00 (satu setengah porsi)

 

21. SAKING ENAKNYA, LAKSA BETAWI ASSIROT INI PASTI BIKIN KAMU MELOTOT!

Sama seperti soto, laksa pun punya berbagai varian sesuai dengan daerah asalnya. Sebutlah Laksa Bogor, Laksa Palembang, hingga Laksa Betawi. Nah soal Laksa Betawi, Laksa Asirot jawaranya. Gimana nggak? Di tengah langkanya laksa di Jakarta, Laksa Asirot berani menyuguhkan seporsi laksa dalam formasi lengkap, yaitu potongan kupat, daun kucai, daun kemangi, kecambah toge, serta kuah ebi yang tercyduck kental. Soal kuahnya, Laksa Asirot ini berhasil mengawinkan ebi dan santan dengan seimbang. Semuanya melebur mesra tanpa ada bahan makanan yang berambisi untuk mendominasi. 

via majalahbetawi.com 

via lifestyle.kontan.co.id 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Ya, kita tahu banget kelezatan Laksa Asirot ini pasti mengundang hasrat pamer kamu ke social media hingga titik-titik story di instagram kamu rapetnya ngalahin jaitan baju. Nah, sebelum kehabisan kuota, kamu bisa sekalian nyambi beli pulsa di kedai Laksa Asirot ini. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Selain menyediakan kuota, tentunya Laksa Asirot menyediakan menu variasi lain, yaitu semur jengkol, empal daging, sampai telur bacem. Harganya juga murah, yaitu berkisar dari 3.500 perak untuk telur dan 5.000 perak untuk semur jengkol. Kalau kamu benar-benar kalap, kamu bisa tambahin menu-menu tadi sebagai side dish untuk melengkapi selaksa rasa dalam piring laksamu. 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

via myeatandtravelstory.wordpress.com 

Kehabisan kuota internet buat instastory laksa nikmat ini? Tenang…sang pemilik Laksa Assirot pun juga menjual pulsa untuk kamu. 

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Assirot no.1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Kontak: (021) 7267504

Harga: Rp.20.000,00 seporsi 

 

22. PERSETAN DENGAN TIMBANGAN, GULAI TIKUNGAN TERLALU NIKMAT UNTUK DILEWATKAN

Kabar gembira untuk para pemadat jeroan: Jakarta menyediakan satu jalanan yang dipenuhi para penjual gulai sapi di tikungan Jalan Mahakam, Blok M. Menariknya, kawasan yang biasa disebut Gulai Tikungan itu sudah eksis sejak tahun 80’an. 

via manual.co.id

via manual.co.id

Saat kuali gulai dibuka, bersiaplah menghirup aroma surgawi kuah kaya rempah. Konsentrasi kuah pun beragam, ada pedagang yang menjual kuah gulai yang lebih encer dan selow,  ada ada juga yang menjual kuah gulai yang kental dan berani. Serunya, para pedagang itu tetap bersatu dan terpecah belah. Semuanya berhak dinikmati sesuai dengan selera masing-masing. 

via manual.co.id 

via manual.co.id 

via beritaseharian.com 

Sepiring gulai tikungan tentunya gak akan lengkap tanpa potongan-potongan tetelan, urat, lemak dan jeroan yang berpadu kompak dengan nasi bertekstur kering, kecap, sambal, kerupuk, serta taburan bawang goreng. Untuk menyajikan semua kelezatan itu, para pedagang budiman ini hanya meminta selembar sepuluh ribu rupiah dari kocekmu. Makanya nggak heran banyak banget pengunjung yang nambah sampai empat kali demi memenuhi asupan kebahagiaannya. 

via mhm.asia

via manual.co.id 

via manual.co.id

 

Detail Informasi 

Alamat: Jl. Mahakam no.28, RT.1/RW.6, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Jam buka: 00.00-12.00

Harga: di bawah Rp.50.000,00 per orang 

 

23. COBALAH NASI CAMPUR KENANGA YANG MEMBUAT HATI BERBUNGA-BUNGA 

Jangan ngaku pork lovers deh kalau kamu belum nyobain yang namanya Nasi Campur Kenanga. Walaupun Kedai Kenanga ini sudah membuka banyak cabang di mal-mal ibu kota, tapi nggak ada salahnya kamu datengin langsung kedainya di Jalan Wijaya. 

via wanderbites.com 

via wanderbites.com 

Begitu piring nasi campur ini sampai di mejamu, kamu bakalan menemukan kemakmuran. Gimana nggak? Sekali makan kamu bisa menikmati berbagai menu berbahan dasar daging babi. Chasiu alias BBQ Babi? Checked! Sate, gohiong, dan siomay babi ? Hadir! Kuping Babi yang renyah itu? Ada juga. 

via bakmiapp.wordpress.com 

via wanderbites.com 

via wanderbites.com 

Sebelum restaurant dengan menu berbahan dasar daging babi telah menjamur di Jakarta, terutama Jakarta Utara dan Jakarta Barat, Kedai Kenanga telah hadir sebagai pelopor. Karenanya, menu-menu Kedai Kenanga sudah disempurnakan sejak pertama kali ia berdiri. Seiring dengan perkembangan zaman, Kedai Kenanga menghadirkan pilihan selain nasi, yaitu mie ataupun bihun sebagai menu dasar. 

via pergikuliner.com 

via pergikuliner.com

via bakmiapp.wordpress.com

 

Detail Informasi 

Alamat: Jalan Metro Pondok Indah, Ruko Plaza 2 Blok BA2 Nomor 9, RT.3/RW.14, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, South Jakarta City, Jakarta 12310

Kontak: (021) 7696042

Harga: sekitar Rp.100.000,00 untuk dua orang

 

Oke, gimana gaes? Udah kenyang belum dengan menu-menu 23 restoran legendaris di atas? Atau justru malah makin lapar? Nggak usah wacana forever makanya. Buruan uji sendiri keaslian menu-menu 23 restoran laris nan legendaris Jakarta di atas. Hati-hati terjebak nostalgia ya! 


Penulis
Penulis Widya Arifianti
Terlahir dengan nama Widya Arifianti, tapi punya empat varian nama panggilan. Mantan copywriter yang kini malah jadi kepowriter. Bercita-cita menjadi scriptwiter, tetapi apa daya hanya mampu jadi skipwriter. Lebih sering main-main, tapi kadang bisa serius

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.