Best of Indonesia - 185 Hits

Keindahan alam dan keberagaman budaya memang sangat menarik untuk dinikmati dalam sebuah perjalanan ke beberapa tempat dalam waktu yang panjang. Terkadang keingian untuk melihat keduanya hanya menjadi angin lalu karena belum ada alasan yang kuat untuk memulai perjalan. Untuk itu, kali ini Tamasyeah akan mengulas beberapa buku yang mungkin akan menghidupkan kembali keinginan terpendammu menjadi manusia nomaden dan memberikanmu alasan untuk segera memulai perjalananmu. Mari kita mulai!

 

1. "GO GIRL : THE BLACK WOMEN'S  BOOK OF TRAVEL & ADVENTURE", KUMPULAN PENGALAMAN WANITA BERKULIT HITAM DI NEGARA ORANG 

Go Girl: The Black Women’s Book of Travel & Adventure yang dirangkum oleh Elaine Lee bisa dibilang sebagai karya luar biasa wanita berkulit hitam. Dalam buku ini terdapat 52 esai yang di tulis oleh 52 wanita berkulit hitam mengenai perjalanan mereka di berbagai negara. Gak hanya menceritakan keindahan negaranya, penulis juga menceritakan masyarakat dan kebudayaan di negara tersebut. Dua novelis ternama seperti Maya Angelou dan Alice Walker juga turut bercerita tentang perjalanan mereka. 

Pengalaman perjalanan seru dan unik di berbagai negara pada buku ini pasti akan bikin kamu iri dan merasakan hidup bepindah-pindah ke tempat baru itu seru . 

via goodreads.com

 

2. PERJALANAN ERIC WEINER MENCARI NEGARA PALING BAHAGIA DALAM "THE GEOGRAPHY OF BLISS" 

Dalam perjalanannya mencari tempat paling bahagia, Eric Weiner, seorang jurnalis NPR, menuliskan kisahnya dalam buku The Geography of Bliss. Ia mendatangi berbagai negara seperti Islandia, Qatar, Denmark, India, hingga Moldova. Melalui bukunya ini, Weiner menceritakan lingkungan masyarakat setiap negara yang ia percaya sangat mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Perjalanannya ke berbagai negara yang memiliki perbedaan lingkungan, tingkat ekonomi bahkan kondisi politik ini sangat seru untuk dibaca dan tentunya bikin kamu kepikiran buat jalan-jalan ke tempat baru dengan perbedaan yang serupa.

via amazon.co.uk

 

3. ALEX GARLAND BERCERITA TENTANG "SURGA" BAGI PARA TRAVELER DALAM "THE BEACH" 

The Beach menceritakan seorang backpakcker muda asal Inggris yang melakukan perjalanan ke Thailand. Perjalanannya ke negeri Gajah Putih ini membuatnya menemukan “surga” indah yang masih belum terjamah. Surga yang ia maksud di dalam bukunya ini ternyata adalah pantai. Menurutnya, untuk menemukan apa yang ia beri istilah “surga” ini harus ada usaha untuk melakukan hal-hal yang berbeda dan keluar dari zona nyaman dalam hal ini yaitu adalah jalan setapak. Ungkapannya ini juga mengandung makna filosofis yang sangat indah. Kalau kamu termotivasi menemukan “surga” lainnya, mungkin kamu harus baca dulu buku ini secara detail.

via amazon.co.uk

 

4. TERINSPIRASI PERJALANAN JENNIFER BAGGETT, HOLLY C. CORBETT DAN AMANDA PRESSNER MENGARUNGI EMPAT BENUA MELALUI "THE LOST GIRLS" 

The Lost Girls menceritakan perjalanan tiga perempuan asal New York yang megunjungi berbagai negara. Dalam menwujudkan keinginannya, mereka memulai untuk menabung dan meninggalkan kehidupannya lalu pergi dari negaranya selama setahun. Mereka mengunjungi berbagai negara di empat benua yang berbeda. Ketiganya banyak menceritakan keunikan daerah, masyarakat dan kebiasaan yang asing namun unik bagi mereka. Cerita ketiga sahabat ini mungkin saja bisa memotifasi kamu yang akan mencoba melakukan pejalanan panjangan ke berbagai destinasi. Eits, tapi jangan sampai keluar dari pekerjaan kamu kalau belum punya plan, ya!

via amazon.co.uk

 

5. "THE ALCHEMIST", MIMPI MENJADI MODAL AWAL MELAKUKAN PERJALANAN 

The Alchemis, secara garis besar adalah buku bagaimana seseorang mengikuti mimpinya. Salah satu buku karya Paulo Coelho ini menceritakan seorang pengembala asal Spanyol bernama Santiago yang melakukan perjalanan ke Mesir untuk menemukan harta karun. Kepergiannya ini berawal dari sebuah mimpi yang ia percaya akan menjadi bagian dari takdirnya. Dalam perjalanannya, ia melewati banyak daerah dengan berbagai rintangan yang membuatnya belajar akan makna hidup. Dengan kisah perjalanan si tokoh yang sangat menarik, buku ini memberikan alur cerita yang manis dan insipiratif. Sebaiknya, sebelum berpetualang mengikuti mimpimu, sila di baca dulu buku ini ya!

via amazon.co.uk

 

6. "THE GREAT RAILWAY BAZAAR" AKAN MEMBAWA KAMU MENGIKUTI PERJALANAN SANG PENULIS MENUJU TOKYO DENGAN KERETA 

The Great Railway Bazaar merupakan buku pertama Paul Theroux, seorang novelis asal Amerika. Buku ini menceritakan pengalaman perjalanannya yang dimulai dari London ke Tokyo. Uniknya ia melakukan perjalanan dengan menyusuri benua Eropa, Asia dan Timur Tengah menggunakan kereta selama empat bulan. Theroux banyak menceritakan destinasi pemberhentiannya dengan deskripsi pemandangan yang detail. Perjalanan panjang Theroux menyebrangi tiga benua ini sangat asik untuk dibaca dan pastinya bakal bikin kamu ikut penasaran unutk melakukan perjalanan menggunakan kereta selama berbulan-bulan.

via amazon.co.uk

 

7. "THE TURK WHO LOVED APPLES", PERJALANAN SATU DEKADE MATT GROSS BERPETUALANG 

Buku ini adalah sebuah buku memoir Matt Gross, mantan penulis New York Times, yang menceritakan pengalaman petualangannya selama sepuluh tahun. Setelah bekerja cukup lama di industri traveling, Gross memutuskan untuk berhenti dan melakukan perjalanan seorang diri ke berbagai tempat baru. Dalam bukunya ia menuliskan bagaimana ia bertemu dan berbaur dengan warga lokal tempat ia melakukan perjalanan. Perjalanan satu dekade Matt Gross ini ditulis dengan bahasa yang ringan dan alur cerita yang ringan. Siap-siap terinspirasi ya dengan buku ini!

via goodreads.com

 

8. “VAGABONDING", BUKU PANDUAN BERPETUALANG KARYA ROLF POTTS 

Vagabonding karya Rolf Potts mungkin bisa menjadi tutor yang baik buat kamu yang akan melakukan perjalanan jauh. Dalam bukunya, penulis menceritakan perjalanannya selama 10 tahun mengarungi berbagai negara seorang diri. Bahkan gak jarang ia melewati sebuah negara dengan berjalan kaki. Selain menceritakan pengalaman dan destinasi perjalanannya, Rolf Potts juga memberikan resep penting untuk melakukan perjalanan panjang seperti dirinya yang bukan hanya sekedar tips namun do-able alias bisa diterapkan. Buat kamu yang akan melakukan perjalanan panjang, jangan lupa baca buku ini supaya perjalanan kamu well-planned!

via rolfpotts.com

 

Nah itu tadi 8 buku yang bisa dibaca sama kamu yang punya cita-cita buat hidup nomaden. Kalau kamu belum ada rencana, mungkin saja kedelapan buku ini bakal bikin kamu terinspirasi buat melakukan pejalanan panjang ke berbagai tempat. Selamat terinspirasi!


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.