Best of Indonesia - 195 Hits

Menghabiskan liburan seorang diri ke suatu tempat  pasti akan terasa berbeda dengan berlibur bersama teman-teman. Perjalanan akan lebih hening karena hanya ada kamu dan dirimu saja. Akan tetapi, mungkin liburan yang seperti ini adalah waktu yang tepat untuk me time dan menemukan dirimu lebih dalam. Supaya perjalanan kamu gak sepi-sepi banget, kali ini Tamasyeah akan membahas 8 rekomendasi buku yang bisa nemenin kamu plus membantu kamu dalam menemukan dirimu di liburan kali ini. Mari kita mulai!

 

1. BUKU MEMOAR CHERYL STRAYED TENTANG PERJALANAN PANJANGNYA MENUJU PACIFIC CREST TRAIL YANG BERJUDUL "WILD" 

Cheryl Strayed menuliskan kisah perjalanan panjangnya yang dikemas dalam buku memoar yang berjudul Wild. Buku ini menceritakan seorang perempuan berumur 26 tahun, mantan pecandu heroin dan baru saja bercerai dengan suaminya. Setelah ibunya meninggal dan juga merasakan kesedihan akibat perceraiannya, perempuan ini memutuskan untuk mendaki Pasific Crest Trail seorang diri selama tiga bulan. Di akhir perjalanan, ia menyadari bahwa perjalanan ini memberikan sudut pandang lain yang menghapus kesedihan dan melahirkan harapan baru baginya. 

Pertemuan Cheryl dengan berbagai situasi baru dan konflik batin selama perjalanan menuju Pacific Crest Train ini sangat menarik dinikmati sama kamu yang berencana melakukan perjalanan seorang diri ke kawasan pegunungan. Mungkin saja kamu juga bisa menemukan dirimu dan harapan baru yang positif seperti Cheryl?

via wiwigo.com

via emilyjanuary.wordpress.com

 

2. CATATAN HARUKI MURAKAMI DALAM BUKU "WHAT I TALK ABOUT WHEN I TALK ABOUT RUNNING" 

Setelah memutuskan menjadi seorang penulis, Haruki Murakami mulai menekuni olah raga lari untuk menjaga staminanya agar tetapi fit. Lambat laun, olah raga ini membuatnya terobsesi hingga mulai mengikuti berbagai kompetisi maraton di berbagai negara secara rutin. Perjalanannya dalam menekuni olah raga lari dan kopetisi maraton ini di tuliskan menjadi sebuah buku dengan judul What I Talk About When I Talk About Running. Selain menceritakan pengalamanya dalam berlatih, dalam buku ini Murakami juga menjelaskan bagaimana olah raga lari dapat membantunya menemukan sisi lain dari dirinya yang bisa dipelajari dan sangat menarik untuk dibaca.  

Bukunya yang hanya 198 halaman ini cocok banget buat kamu yang akan melakukan one day trip dengan city exploring. Macetnya perkotaan akan terasa berfaedah kalau kamu sambil baca buku ini.

via dapperdude.co.uk

via inc.mizanstore.com

 

3. MENGINTIP PERJALANAN "LILY THE SECRET LIFE OF BEES" KARYA SUE MONK 

Berlatar belakangkan kawasan Carolina Selatan pada tahun 1969, buku ini menceritakan tentang perjalanan seorang gadis kulit putih  umur 14 tahun bernama Lily, bersama asisten rumah tangganya yang berkulit hitam menuju kampung halaman mendiang ibunya di Tiburon. Liliy yang saat itu telah kehilang sosok seorang ibu, akhirnya dipertemukan dan tinggal di satu rumah dengan tiga kakak-beradik perempuan berkulit hitam yang memilki perternakan lebah. Berada di tengah keluarga ini, Lily menemukan kembali kehangatan dalam keluarga. Banyak sekali nasihat yang diberikan oleh kakak-beradik tersebut untuk menemukan dirinya dan menemukan sosok ibu dalam dirinya. 

Dengan latar pedesaannya yang digambarkan dengan kuat, buku ini  pas menjadi teman kamu, kamu menghabiskan liburan dengan menikmati suasana desa di sebuah daerah dan menghabiskan waktu bersama penduduk setempat seperti saat kamu mengunjungi Waerebo di Flores.

via dewimayangsaricom.wordpress.com 

via themotionpictures.wordpress.com

 

4. PERJALANAN MAGIS "BRIDA" DALAM NOVEL PAULO COELHO 

Buku ini menceritakan perjalanan seorang perempuan asal Irlandia bernama Brida yang mendalami ilmu sihir untuk nememukan semua pertanyaan mengenai kehidupan yang menghantuinya. Terutama pertanyaan mengenai belahan jiwanya. Meskipun sebagian besar buku ini akan membahas perjalanan magis Brida dalam mencari pasangannya, akan tapi dalam proses tersebut pada akhirnya Brida juga dapat mengenal dirinya lebih dalam. Buku ini bisa banget menemani kamu yang akan melakukan solo trip ke Jogja. Kamu bisa mencari cafe dengan suasan yang nyaman dan sepi untuk membaca ini atau selama perjalanan dari satu tempat wisata ke tempat wisata lainnya. Siap siap terhanyu dalam novel ini guys!

via phinemo.com

via slidesharecdn.com

 

5. PENGALAMAN NICKY DI NEGARA ORANG DALAM "WINTER DREAMS" OLEH MAGGIE TIOJAKIN 

Dalam buku ini, Maggie Tiojakin menceritakan tentang kehidupan seorang laki-laki bernama Nicky yang harus tinggal jauh seorang diri dari keluarganya di Amerika. Selama di Indonesia, Nicky dikenal sebagai pribadi yang pesimis dan bingung akan menjadi apa. Setelah pindah ke Amerika, Nicky mulai mengisi hidupnya dengan mencoba berbagai kegiatan. Mulai dari ikut kelas menulis, menjadi pegawai toko dan lain-lain. Kehidupan Nicky di negeri Paman Sam ini juga membawanya bertemu dengan banyak orang dan lingkungan baru disertai dengan konflik yang membuat Nicky menemukan dirinya lebih dalam. Buku ini bisa menjadi teman di perjalanan kamu menuju tempat berkumpulnya para turis dari berbagai negara seperti Bali. Mungkin saja kamu juga bisa menemukan jati dirimu di tengah keberagaman.

via southeaststory.com

via goodreads.com

 

6. BUKU TIPIS NAN BERBOBOT KARYA ANTOINE DE SAINT EXUPERY BERJUDUL "THE LITTLE PRINCE" 

The Little Prince atau lebih dikenal dengan Pangeran Kecil karya Antoine de Saint Exupery ini memiliki jumlah halaman yang sangat sedikit namun sarat makna. Menceritakan perjalanan seorang pangeran kecil ke beberapa planet yang dihuni oleh tokoh-tokoh yang unik. Tokoh-tokoh ini merepresentasikan sifat-sifat orang dewasa yang digambarkan begitu absurd dan melupakan esensi dari menikmati kehidupan itu sendiri. Dengan berbagai simbol pada tokohnya dan ilustrasi yang lucu kamu, buku ini akan sangat menarik dibaca oleh kamu yang akan melakukan perjalanan seorang diri ke tempat-tempat yang jauh dari kebisingan dengan suasana yang santai seperti pulau tak berpenghuni di Pulau Lihaga di Sulawesi Utara.

via waluwalu.com

via aliexpress.com

 

7. "TUESDAY WITH MORRIE" OLEH MITCH ALBOM, MENCERAHKAN PIKIRANMU 

Buku yang satu ini menceritakan kisah sang penulis dengan seorang professor semasa ia masih di bangku kuliah yang bernama Morrie. Keduanya memilki hubungan yang baik hingga kelulusan Mitch dari Universitas. Setelah wisuda, Mitch mulai sibuk fokus menata karirnya sebagai jurnalis olahraga dan keduanya sulit memiliki waktu untuk berkomunikasi. Hingga akhirnya Mitch mendapati kabar melalui siaran televisi bahwa Morrie terkena penyakit serius. Mereka pun kembali bertemu dan mulai bernostalgia setiap hari Selasa. Namun kali ini, setiap pertemuan bukan lagi untuk membahas teori-teori Sosiologi, melainkan pelajaran hidup yang sangat bernilai. 

Buku sarat moral ini bisa kamu nikmati selama perjalanan kamu ke suatu tempat yang luas dan memiliki tanaman hijau seperti Kebun Raya Bogor. Kamu bisa menikmati udara yang segar sambil duduk dan membaca buku ini.

via yukpiknik.com

via dynamic.indigoimages.ca

 

8. CERITA SEDERHANA "THE MONK WHO SOLD HIS FERRARI" DARI ROBIN SHARMA 

Buku ini menceritakan Julian Mantle, seorang pengacara kondang yang memilki nama dan kekayaan. Saat menghadiri persidangan, Julian jatuh sakit karena serangan jantung. Kondisi fisiknya membawanya pada krisis spiritual dan mengaharuskan dirinya meninggalkan kepopularitasan dan kemewahan yang ia punya untuk pergi ke India dan mencari jawaban yang hilang atas pertanyaan-pertanyaan paling penting dalam hidupnya. Perjalanannya selama di India ini akhiranya dapat mengubah pandangan kolega-koleganya dalam terhadap dirinya. Buku ini bisa menjadi sumber inspirasi kamu dalam mencari percerahan di perjalanan kamu kali ini. Untuk menikmati buku ini, coba cari destinasi yang memungkinkan kamu melihat pemandangan luas dari atas bukit seperti di Tanjung Ringgit, Lombok.

via caderabdul.wordpress.com

via engineeringcareercoach.com

 

Jadi itu dia 8 buku yang bisa menginspirasimu selagi menikmati liburanmu seorang diri. Jangan lupa dibawa ya bukunya! Selamat membaca dan jalan-jalan!


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.