Best of Indonesia - 110 Hits

Dilema antara memilih solo atau group traveling pasti akan selalu ada setiap kali merencanakan liburan. Apalagi jika akan mendatangi tempat yang baru dan asing buat kamu. Di satu sisi ada keinginan untuk puas mengeksplor setiap sudut destinasi tanpa interupsi teman seperjalanan, tapi pada sisi lain kamu juga takut mengalami hal-hal yang gak diinginkan selama jalan-jalan sendirian. Daripada galau berkepanjangan, mending kamu baca dulu beberapa alasan menguntungkan ini saat kamu memilih solo traveling. Mari kita mulai!

 

1. MENENTUKAN JADWAL SESUKA HATI 

Jika kamu akan menghabiskan liburan dalam sebuah grup, tentunya kamu harus siap mengikuti rentetan jadwal yang sudah ditentukan. Beda halnya jika kamu memilih melakukan perjalanan seorang diri. Menjadi solo traveler berarti bertanggung jawab penuh atas keputusan diri sendiri. Termasuk saat menentukan waktu liburanmu. Kamu bebas menentukan kapan kamu akan memulai perjalanan, kapan akan ke destinasi A atau berapa lama kamu akan berada di sana. 

via she.id

Kamu bisa puas menikmati suatu tempat tanpa perlu ada yang tiba-tiba memanggil kamu untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya. Termasuk gak ada yang akan interupsi waktu kamu pas lagi asik-asiknya selfie!

via cdn.idntimes.com

 

2. BEBAS MEMILIH DESTINASI YANG KAMU MAU DAN BEBAS MENCORET DESTINASI YANG TAK KAMU INGINKAN 

Mungkin sebagain besar dari kamu hanya bisa mendatangi lokasi tertentu karena alasan pribadi. Misal kamu hanya ingin mendatangi tempat-tempat yang berhubungan dengan alam yang tenang atau kamu lebih suka menghabiskan waktu di kota dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Pemilihan destinasi ini gak bisa kamu lakukan jika kamu berada di dalam grup karena semua destinasi sudah ditentukan. Sehingga kamu harus mengikuti semua rangkaian perjalanan. Termasuk mendatangi destinasi yang mungkin gak ingin kamu kunjungi.

via travelstart.com.eg

Lain halnya jika kamu memilih sebagai solo traveler. Liburanmu akan jauh lebih berkualitas karena puas mendatangi semua tempat dan kegiatan yang kamu inginkan dan gak perlu ada yang dipaksakan, bahkan jika kamu ingin mengeksplor tempat-tempat unik yang non turistic. Jangan habiskan waktumu di dalam bis hanya untuk menunggu mereka yang sedang menikmati destinasinya, ya! Pergunakan waktumu sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin.

via liputan6.com

 

3. BISA MEMILIH LEBIH BANYAK ALTERNATIF AKOMODASI YANG LEBIH HEMAT 

Mengikuti group traveling akan sangat menguntungkan untuk kamu yang gak punya waktu atau gak mau repot mengurus semua akomodasi. Akan tetapi jangan kaget jika harga yang diberikan juga gak sedikit. Berbeda jika kamu melakukan solo traveling. Meskipun kamu harus mempersiapkannya seorang diri, tapi kamu bisa mengatur pengeluaran akomodasi sesuai dengan yang kamu harapkan seperti jenis transportasi (budget airline)dan jenis penginapan (hostel) sehingga bisa mengurangi biaya akomodasi. Enggak hanya mengurangi, tapi kamu juga bisa loh menghilangkan budget untuk akomodasi selama disana. Misalnya berpindah destinasi yang gak begitu jauh dengan berjalan kaki. Bahkan kamu juga bisa menghilangkan budget penginapan jika kamu memilih untuk numpang menginap di rumah kenalan kamu atau menginap di warga lokal melalui situs Couchsurfing.

via lifehack.org

via wikipedia.org

 

4. MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI DAN BERADAPTASI DI TEMPAT BARU 

Masukan yang positif ini gak akan kamu dapatkan kalau kamu berada dalam group traveling. Selama semua yang kamu butuhkan sudah tersedia, sedikit kemungkinan kamu akan berkomunikasi dengan orang-orang di luar grup. Apalagi kalau jadwal destinasi liburanmu sudah ditentukan dengan waktu terbatas. Lain halnya jika kamu melakuakan solo traveling yang memiliki banyak waktu berada di satu lokasi. Karena kamu melakukan semuanya sendiri, berkomunikasi dengan lingkungan sekitarmu sudah menjadi sebuah keharusan. Terutama jika kamu akan mengeksplor tempat-tempat baru yang berbeda budaya dan mungkin menggunakan bahasa yang berbeda dari yang kamu gunakan. Dalam situasi yang seperti ini, mau gak mau kamu harus memberanikan dan membiasakan dirimu untuk mengakrabkan diri dengan lingkuan dimana kamu berada. Di saat seperti itulah dirimu akan terlatih untuk berkomunikasi dengan orang baru, beradaptasi di lingkungan baru, melatih keberanian sekaligus kesabaran.

via phinemo.com

 

5. MENDAPATKAN PENGALAMAN BARU NAN SERU YANG GAK TERDUGA 

Fasilitas yang diberikan dalam group traveling gak akan memberikan pengalaman seseru saat melakukan solo traveling. Kamu gak cuma tau tempat-tempat turisik atau tempat belanja oleh-oleh saja. Perjalananmu seorang diri akan membuat kamu terlihat dan merasa seperti warga lokal. Misalnya bepergian menggukan kendaraan umum yang mungkin gak ada di daerah kamu berasal, merasakan panas atau dinginnya udara di daerah tersebut, makan di tempat sederhana yang sering dikunjungi penduduk sekitar dan melihat kegiatan sehari-hari yang dilakukan warga lokal. Melakukan solo traveling juga akan membuat kita mengenal lebih dalam budaya lingkungan dimana kamu berada. Pengalaman mengenal warga lokal ini lah yang gak akan kamu dapatkan jika kamu mengikuti group traveling.

via patainanews.com

via ubermoonwordpress.com

 

6. MEMILIKI WAKTU UNTUK MENGENAL DIRI SENDIRI LEBIH DALAM 

Solo traveling juga akan membantu kamu untuk menganal dirimu sendiri lebih dalam. Di tengah lingkungan yang mengharuskan kamu untuk bertemu dan berkomunikasi dengan orang baru, kamu pasti akan menemukan hal-hal yang mungkin asing dan gak sesuai dengan dirimu. Setiap perbedaan yang kamu temukan di lingkungan tersebut akan memberikan pengetahuan baru tentang dirimu sendiri. Kamu akan melihat dirimu lebih dalam dari caramu menghadapi perbedaan di lingkungan tersebut. Seperti bagaimana kamu mengatasi dan menerima perbedaan yang ada seorang diri. Mengenal diri sendiri tentunya gak akan terpikir jika kamu berada di dalam grup dengan jadwal perjalanan yang padat. 

via vacationquestblog.com

 

Yap, 6 alasan sudah kita bahas, tapi rasanya akan lebih banyak lagi jika kamu merasakan sendiri keuntungan lain dari solo traveling. Jadi, sudah siap jalan-jalan sendirian? Semoga gak ada yang masih ragu-ragu, ya! Selamat berlibur!


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.