DKI Jakarta - 22 Hits

Kamu sebulan ini udah menginjakkan kaki di museum, belum? Kalo belum, mendingan weekend depan rencanain buat pergi ke Museum Macan yang lagi hits itu. Museum yang terletak di Wisma AKR, daerah Kebon Jeruk itu baru dibuka pada November 2017 kemarin. Museum Macan ini gak cuma menyuguhkan edukasi tapi juga menyuguhkan spot-spot yang instragramable banget. Jadi bikin kamu yang kurang suka ke museum, ga bosen ketika pergi ke sana. Makannya, simak yuk 7 alasan ke Museum Macan untuk kamu para pemuda urban ini!

 

1. KOLEKSI SENI MODERN DAN KONTEMPORER INDONESIA SERTA INTERNASIONAL PERTAMA DI MUSEUM MACAN 

Yup, sesuai dengan judul, faktanya Museum Macan ini adalah museum pertama yang menampilkan gabungan antara koleksi-koleksi seni modern dan kontemporer Indonesia dan juga Internasional. Jadi, semacam sekali mendayung 2 sampai 3 pulau terlampaui gitu saat kamu mengunjungi Museum Macan ini. Seru kaaan!

via cdn.idntimes.com

via sabigaju.com

via awol.junkee.com

 

2. BUMI, KAMPUNG HALAMAN, MANUSIA YANG MENJADI TEMA UTAMA DARI MUSEUM MACAN 

Di Museum Macan ini, kamu bisa menyaksikan kumpulan karya-karya yang mengangkat tema lanskap, kampung halaman, dan masyarakat yang dituangkan ke dalam jargon “Bumi, Kampung Halaman, Manusia”. Juga, kamu bisa melihat bagaimana para seniman asing melihat Indonesia melalui karya seni-karya seni buatan mereka yang dipamerkan di sini. Kira-kira udah mulai tertarik belum?

via harpersbazaar.co.id

via kurniasjafei.wordpress.com

 

3. BELAJAR SEJARAH DI SECTION KEMERDEKAAN DAN SETELAHNYA 

Kamu tau gak kalau area Kemerdekaan dan Setelahnya itu merupakan tempat yang menjelaskan aktifnya para seniman Indonesia pada saat masa kemerdekaan. Mereka banyak mengadaptasi tema revolusi, yang juga banyak dipengaruhi oleh Soekarno yang memang menggemari lukisan bertema revolusi. Selain bertemakan revolusi, para seniman juga terlihat banyak membuat lukisan potret diri loh. Nah, di section ini kamu bisa belajar sejarah dengan melihat satu persatu karya yang ada di dalamnya.

via journoliberta.com

via journoliberta.com

 

4. NIKMATI KARYA ABSTRAK DI SECTION PERGULATAN SEPUTAR BENTUK DAN ISI 

Di bagian ini kamu akan diperlihatkan karya-karya abstrak dari seniman Indonesia dan seniman mancanegara yang ada di Museum Macan. Pameran ini menceritakan bahwa setelah tahun 1965 ternyata seniman Indonesia masih mengangkat kisah sosialis kerakyatan. Narasi dan lukisannya akan sangat terasa jika kamu memandangnya lebih dalam lagi, karena terdapat narasi dan tokoh di dalam setiap lukisan. Juga terlihat bagaimana seniman saat itu terpengaruh oleh media massa. Menyenangkan, yah!

via kumparan.com

 

5. ADA JUGA KARYA-KARYA ARTIST LUAR DI PAMERAN RACIKAN GLOBAL 

Pameran ini menerangkan keadaan seni rupa sekarang ini dan juga menampilkan banyak karya-karya dari seniman ternama dunia. Beberapa di antaranya adalah I Nyoman Masriadi, Ai Wei Wei, Cai Guo-Ciang, James Rosenquist, dan masih banyak lagi dengan karya-karyanya yang spektakuler dan bikin kamu melongo!

via unidzalika.com

via kompas.com

 

6. INFINITY MIRRORED ROOM KARYA YAYOI KUSAMA YANG SUPER HITS ITU 

Nah, ini dia yang merupakan spot favorit di Museum Macan. Namanya Infinty Mirrored Room. Infinity Mirrored Room ini dimiliki oleh seniman jepang bernama Yayoi Kusama. Anyway, untuk masuk ke Infinity Mirrored Room, kita harus ngantri sesuai line yang udah ditentuin sama pihak yang bertanggung jawab untuk ini dan antrian akan ditutup tepat pukul 5 sore walau museum akan terus beroperasi hingga pukul 7 malam. Oh iya, di dalam Infinity Mirrored Room kita cuma dikasih waktu selama 45 detik, jadi jika ingin foto-foto, langsung siapin kamera ya!

via thejakartapost.com 

via phinemo.com

 

7. TAKUT REPOT BAWA SI KECIL? TENANG, DI MUSEUM MACAN TERNYATA ADA CHILDREN'S ART SPACE! 

Museum Macan ternyata gak hanya diperuntukan buat orang-orang dewasa. Anak kecil juga bisa menikmati Museum Macan ini. Jadi, kalo kamu ingin ke sana membawa si kecil, kamu bisa menggiringnya ke area ini, loh! Dijamin, museum yang notabenenya membosankan buat orang dewasa apalagi anak-anak bakalan jadi tempat paling mengasyikkan buat si kecil karena mereka bisa bermain-main dengan imajinasi mereka sendiri di sini.

via lonelyplanet.com

via harpersbazaar.co.id

 

Nah, itu dia 7 alasan untuk kamu main ke Museum Macan yang bisa diajuin untuk jadi referensi destinasi wisata berikutnya. Selain museum ini berfungsi untuk edukasi, juga ada bagian hiburannya yaitu bisa menambah feeds Instagram kamu dengan foto-foto yang background-nya kece! Yuk mari berangkat!


Penulis
Penulis Nazulla Alwie
Needs bunch of serotonin

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.