Best of Indonesia - 142 Hits

Saat berada di cafe, kamu pasti memilki kecendrungan memesan satu jenis minuman yang sama beberapa kali. Kecendrungan ini sering kali dipengaruhi oleh kepribadian yang dimiliki oleh si pemesan. Karena pada dasarnya kepribadian memiliki pengaruh yang sangat besar dalam pengambilan sebuah keputusan. Begitu juga saat kamu memesan sebuah kopi. Dari pemilihan jenis kopi ini ternyata kita juga bisa mengetahui lokasi yang cocok untuk berlibur loh! Yuk sediakan secangkir kopimu dan baca ulasannya berikut ini!

 

1. PENIKMAT ESPRESSO SANGAT PUAS DENGAN LIBURAN MENANTANG YANG MEMILIKI TUJUAN 

Kopi espresso memiliki tekstur yang kental dengan komposisi yang sarat akan kafein. Disajikan dengan cangkir kecil yang biasanya banyak dipesan pada pagi hari sebagai minuman pembuka hari. Seperti namanya, kopi jenis ini biasanya banyak dipesan oleh mereka yang membutuhkan banyak asupaan kafein untuk mengerjakan sesuatu pekerjaan dengan fokus, cepat dan tepat. Dari fakta tersebut, banyak yang mengatakan bahwa penikmat setia espresso ini biasanya memiliki kepribadian yang serius, ambisius, penuh semangat dan gak betah duduk santai berlama-lama.

Mereka yang gemar dengan kopi ini akan sangat cocok jika merencanakan kegiatan di luar rumah dengan segudang aktivitas yang memiliki sebuah tujuan akhir sebagai pencapaiaan. Contohnya bersepeda gunung di kawasan pendakian Sembalun, Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB. Tahun 2017 lalu, di lokasi ini telah resmi dibuka trayek bersepeda untuk pecinta kegiatan bersepeda gunung. Berbagai medan yang dimiliki lokasi ini sangat cocok untuk pecinta espresso yang ambisius dan penuh semangat.

via tempo.co

via tempo.co

via epictv.com

via copipanas.com

 

2. LATTE MANIA LEBIH SUKA KE TEMPAT YANG TENANG DAN NYAMAN UNTUK MEREFLEKSIKAN DIRINYA 

Coffee latte merupakan kombinasi kopi espresso dengan campuran susu yang banyak dan sedikit milk foam (busa susu). Berkebalikan dengan penikmat espresso, mereka yang sering memesan latte ini sangat suka dengan kenyamanan, gak suka terburu-buru, dan memiliki pribadi yang hangat. Pecinta latte juga sangat suka bersantai sambil merefleksikan dirinya. Mereka yang memilki karakteristik seperti coffee latte ini cocoknya mencari tempat berlibur yang juga memberikan kenyamanan dan ketenangan. Misalnya menikmati suasana hutan pinus di Pal 16 Cikole Lembang, Bandung yang tenang sambil bersantai di hammock seharian. 

via trias-tyas.blogspot.co.id

via instagram.com

Kalau kamu sudah bosan, kamu bisa mampir di Pal 16 Coffee sambil nyerput kopi latte favoritmu ditemani udara yang segar dan pemandangan hijau yang bikin kalem.

via instagram.com/pal16coffee

via instagram.com/pal16coffee

 

3. FRAPPUCCINO, BERPETUALANG SEORANG DIRI KE BERBAGAI TEMPAT YANG BERBEDA 

Kopi ini memiliki komposisi kopi berkafein, gula, susu, krim kocok dan saus caramel di atasnya. Variasi campuran pada kopi ini ternyata mirip dengan karakter peminum sejatinya. Pecinta frappuccino memiliki pribadi yang ceria, energik, berjiwa petualang, suka dengan hal-hal spontan dan suka bersenang-senang. Di sini lain, penikmat frappuccino ini sangat gak suka dengan aturan. Mereka akan sangat gak nyaman jika berada di dalam group traveling dengan jadwal perjalanan yang sudah ditentukan. Maka dari itu, penikmat frappuccino akan sangat menikmati jika melakukan petualangan seorang diri ke tempat-tempat yang beragam dan memiliki banyak destinasi seperti Pulau Bintan di Kepulauan Riau.

Di pulau ini, kamu bisa menjelajahi destinasi yang beragam. Mulai dari menikmati keindahan Pulau Beralas Pasir, snorkeling di Tasik River Bintan bersama biota bawah laut yang indah, merasakan keheningan Pantai Panjang Senggiling dan menjelajah hutan mangrove menggunakan kapal speed boat seorang diri. Dijamin liburanmu kali ini gak akan membuat kamu merasa bosan!

via thegirlunderwater.wordpress.com

via robbihafzan.wordpress.com

 

4. CAPPUCCINO YANG PANDAI MENYESUAIKAN DIRI DAN MELEBUR KE DALAM LINGKUNGANNYA 

Komposisi cappuccino sebenaranya hampir mirip dengan coffee latte. Bedanya, kandungan susu pada cappuccino akan lebih sedikit dan memiliki lebih banyak milk foam (busa susu). Sehingga rasanya akan sangat creamy dibandingakan dengan coffee latte yang milky. Mereka yang menyukai jenis kopi ini biasanya terlihat lebih klasik dan agak tertutup. Akan tetapi mereka sebenarnya adalah tipe yang senang bergaul, bertemu dengan orang-orang baru dan dapat dengan mudah memulai topik pembicaraan. Tipe cappuccino yang suka berkenalan dengan orang baru ini cocok sekali berlibur di Desa Sasak Sade yang ada di Lombok Tengah.

via tempatwisatadilombok.com

via marmans.com

Desa ini berada di pinggir jalan beraspal yang masih menjaga adat dan budaya leluhur. Kawasan ini ditempati oleh penduduk asli pulau Lombok yang terbuka dengan para turis. Penduduk sangat menerima turis yang penasaran dengan keunikan bangunan pada desa ini. Dengan penduduk yang ramah, di sini kamu bisa menginap di rumah penduduk dan bersosialisai dengan penduduk setempat. Bahkan, kamu juga bisa belajar membuat kain tenun di sini!

via stephenlangitan.com

via triyuni97.wordpress.com

 

5. KOPI HITAM, ENGGAK SUKA YANG NEKO-NEKO DAN PATUH DENGAN PERATURAN 

Hitam dan pahit. Kopi sederhana yang juga disukai oleh mereka yang sederhana. Kebanyakan dari mereka yang lebih memilih kopi hitam ini gak suka dengan sesuatu yang neko-neko. Kecendrungan ini dipengaruhi oleh pribadi mereka yang konservatif dan taat pada peraturan. Mereka lebih menyukai sesuatu yang basic dan original. Disamping itu mereka juga dikenal dengan orang yang pemikir serta idealis. Dengan karakter kopi hitam yang seperti itu, kamu bisa mengunjungi Campuhan Ridge Walk atau Bukit Campuhan yang ada di Ubud, Bali. Lokasi ini menawarkan jalan setapak panjang yang bergelombang dengan pemandangan asri sawah hijau dan lembah yang subur di kiri kanannya. Campuhan Ridge Walk menawarkan perjalanan santai yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan yang sangat cocok sebagai lokasi liburan penikmat kopi hitam yang ingin berkontemplasi atau mencari sumber inspirasi.

via baliteen-adventure.blogspot.co.id

via liburanbali.net

via instagram.com/jordhammond

Selama perjalanan kamu gak hanya berjalan jauh di jalan setapak dan melihat pemandangan alam yang indah. Perjalanan kamu di sini akan jauh lebih bermakna karena untuk memulai perjalanan ini kamu akan melihat pedalaman Bali yang murni, butik-butik kontemporer dan juga wisma khas penduduk Bali.

via thepetitewanderess.com

via thepetitewanderess.com

 

6. DECAF SELALU AMBIL AMAN 

Decaf adalah sebutan untuk kopi tanpa kafein. Biasanya kopi decaf dinikmati oleh mereka yang ingin merasakan pahitnya kopi tanpa merasakan efek samping dari kafein tersebut. Pecinta kopi jenis ini biasanya memiliki kepribadian yang tertutup tapi suka menjadi pusat perhatian orang lain. Mereka juga dikenal sebagai pribadi yang takut mengambil resiko. Oleh karena itu, alih-alih bepergian menjelajah alam terbuka, mereka penikmat kopi decaf akan lebih suka menikmati liburan di dalam ruangan yang ramai dengan orang-orang baru. Tapi karena gak suka mengambil resiko, mereka akan menyibukan diri sendiri dengan membaca buku atau bermain gadget ketimbang bersosialisai dengan orang sekitar. Tempat liburan yang cocok untuk tipe ini adalah cafe atau restoran hopping alias berpindah-pindah dari satu cafe ke cafe lain yang ramai pengunjung.

via instagram.com/kopinalar

via instagram.com/mrvahn

via instagram.com/sleepyheadcoffee

 

7. ARTISAN KOPI, KUMPULAN MEREKA YANG ANTI-MAINSTREAM 

Jenis kopi ini mungkin masih jarang terdengar, tetapi keberadaannya sudah mulai menjamur di kota-kota besar. Artisan kopi merupakan kopi racikan para barista yang diolah sendiri dari mulai menghaluskan biji kopi sampai penyajiannya. Karena dimulai dari nol oleh ahlinya, kopi ini biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal. Kopi ini dijual di independent coffee shop atau kedai-kedai lokal artisan. Penikmat kopi artisan ini biasanya adalah mereka yang menyukai sesuatu yang baru dan berbeda atau gak pasaran. Tipe ini tentu saja gak akan menikmati lokasi turistik yang sudah dikenal orang banyak. Mereka akan memilih untuk mengeksplor suatu tempat dan menemukan pemandangan yang gak banyak orang tau. Seperti Pantai Pulau Ndaa yang ada di Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Lokasi ini memiliki keindahan yang mirip dengan tipikal pantai di Caribia. Dengan pasir putih yang membentang, air laut yang berwarna hijau toska dan keindahan dasar laut yang belum tersentuh banyak orang, kamu bisa menikmati liburamu di tempat yang anti-mainstream ini!

via kakabantravelservices.blogspot.co.id

via plus.google.com

 

Nah itu dia aktivitas dan destinasi wisata yang bisa para pecinta kopi sambangi. Gak ada lagi deh istilah bosen saat liburan nanti karena sudah dicocokan dengan pribadi kamu masing-masing melalui jenis kopi favoritmu. Selamat berlibur, ya! Dan Jangan lupa untuk ngopi! 


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.