DKI Jakarta - 206 Hits

Tahun ini, JJF akan menggelar konser ke 13 nya di bulan Maret yang bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo). Berbagai musisi Jazz dari mancanegara dan dalam negeri pun sudah memenuhi list sebagai pengisi acara. Gak cuma musisi Jazz, para musisi dari genre lain juga banyak loh yang turut memeriahkan acara Java Jazz tahun ini. Nah buat kamu yang bingung ingin nonton musisi yang mana, Tamasyeah sudah siapkan ulasannya berdasarkan tipe traveling kamu. Yuk simak!

 

1. LAGU NOSTALGIA DARI 2 MUSISI SENIOR INDONESIA UNTUK KAMU SI MUSEUM LOVER 

Tahun ini om Fariz RM kembali hadir di Java Jazz Festival. Musisi senior Indonesia ini dikenal dengan musik-musik Pop-nya yang hits di era 80an. Melalui tema percintaan dengan musik ala 80an, lagu-lagu yang dilantunkan om Fariz siap membawa kamu kembali ke masa lalu seperti saat lagu tersebut pertama kali dilantunkan. Nah kalau kamu adalah traveler yang suka mengeskplor kota dan sangat menikmati setiap kunjungan ke museum, berarti kamu harus banget nonton penampilan om Fariz RM di JJF 2018 nanti! 

via mldspot.com

Tipe musik yang sama bisa kamu temukan juga di lagu-lagu karya om Candra Darusman. Lagu-lagu karyannya juga dibawakan dengan musik di era 80an dengan nada dan vokal yang lebih lembut. Dijamin kamu akan ikut berdendang seru bareng dua musisi ini. Sebagai pemanasan, kamu bisa dengerin dulu lagu-lagu kedua musisi ini sambil melakukan city explore dan museum visit di kotamu. Nikmati sensasi terbang ke masa lalu dari setiap ketukan irama lagu-lagu mereka.

via soundup.co

 

2. SANTAI BARENG MUSISI PENDATANG BARU BERALIRAN SOUL DAN JAZZ-FUNK UNTUK KAMU SI BEACH LOVER 

Setiap tahun Java Jazz Festival selalu mendatangkan musisi baru dari mancanegara. Untuk tahun ini Avery*Sunshine kebagian giliran. Penyanyi sekaligus pianis asal Amerika ini banyak menghasilkan karya-karya beraliran Soul dan Jazz-Funk. Dengan nada yang dinamik dan suara merdunya, Avery memberikan kesan santai yang menyenangkan. Buat kamu yang easy going dan tergila-gila sama pantai, musisi ini pasti akan cocok dengan tipe musik kamu. Mendengarkan lagu-lagunya sambil ditemani laut biru, pasir putih, desiran angin laut serta sebotol bir dingin pasti akan bikin kamu chill banget.

via wooderice.com

Pendatang baru lainnya yang senada dengan Avery adalah Kennedy Administration, sebuah band yang dipimpin seorang vokalis wanita bernama Ms. Kenndy. Musisi ini memiliki suara berat yang akan menghidupkan suasana namun tetap terasa santai. Sama seperti Avery, lagu-lagunya juga paling cocok dinikmati sambil kamu hammock-an di pinggir pantai sambil membaca buku atau sekedar menikmati waktu.

via kennedyadministration.com

 

3. JATUH CINTA DENGAN TENANGNYA HUTAN PINUS? KAMU WAJIB NONTON DANIEL CAESAR! 

Buat kamu yang suka dengerin lagu-lagu jaman now pasti udah khatam banget sama musisi asal Kanada ini. Yes, he is Daniel Caesar! Dengan sentuhan musik techno yang mendayu-dayu dan suaranya yang lebut akan membuat kamu rileks. Lagu-lagunya yang super bikin santai cocok banget buat kamu yang suka menenangkan diri ke tempat yang berhawa dingin seperti hutan pinus. Nah di JJF, musisi ini ditantang membawakan lagunya dengan genre Jazz. Penasaran gak sih lagunya bakal seperti apa? 

via hypebeast.com

 

4. MUSIK GROOVY BUAT KAMU PENIKMAT SENJA DI PENGHUJUNG HARI 

Kalo kamu suka ngebolang di jalanan ibu kota sore-sore sambil mengantarkan matahari yang perlahan terbenam, kamu wajib melipir ke panggung Maliq & D’Essential. Band yang tetep eksis dari tahun 2002 ini masih sangat rajin memproduksi lagu-lagu baru mereka dengan ide-ide baru yang segar. Meskipun pemain lama di Java Jazz Festival, tapi musik mereka yang groovy bakal bikin kamu ikut bernyanyi dan gak mau pindah ke stage lain.

via acara.co.id

Satu band Indonesia lainnya yang harus banget kamu tengok adalah Ecoutez. Meskipun telah berganti vokalis, tapi band ini masih konsisten bikin lagu yang groovy dan enak didengerin sore-sore sambil ditemani langit yang menjingga. Syahdu~

via traxonsky.com

 

5. GENJRENGAN LEMES INSTRUMENTAL JAZZ SEBAGAI TEMANMU BERKONTEMPLASI MEMANDANGI LAUTAN CAHAYA LAMPU DI KEJAUHAN 

Lagu-lagu instrumen emang paling enak didengerin di malam hari apalagi sambil melihat pemadangan hamparan lampu-lampu dari ketinggian. Misalnya Bukit Bintang yang ada di Bandung. Kalau kamu suka pemandangan seperti itu, kamu bisa coba liat penampilan dari Gerald Situmorang. Tahun lalu basis band Barasuara ini mengeluarkan album perdananya yang berisi kumpulan instrumental gitar yang adem banget di kuping. Eits, jangan sampe ketiduran ya pas nonton!

via freedomjazz.com

Dari mancanegara, ada juga musisi serupa tapi tak sama, Lee Ritenour. Musisi ini adalah mantan gitaris band Fourplay yang juga ber-genre Jazz. Setelah keluar dari band yang membesarkan namanya, Lee Ritenour memulai solo karirnya sebagai pemain instrumen gitar yang sukses menggelar konsernya di berbagai negara.

via mediakits-showcase.concordmusicgroup.com

 

6. LAGU JAZZ YANG BERNUANSA ROMANTIS UNTUK KAMU NIKMATI BARENG PASANGAN 

Kalau menurut kamu berlibur itu harus memanjakan diri seperti makan malam di restoran yang bernuansa romantis, berarti kamu juga harus nonton musisi yang membawakan lagu romantis juga. Salah satunya musisi yang terkenal suka bikin baper pas manggung, Glen Fredly. Musisi ini punya suara khas yang jago banget bikin pendengarnya ikut terhanyut ke dalam emosi lagunya. Biar gak baper sendirian, pastikan ajak pacar kamu atau gebetan kamu, ya!

via warningmagz.com

Selain ada Glen Fredly, kamu bisa dateng ke panggung Saxx on The City. Grup yang terdiri atas empat orang saxophist kece ini siap buat hati kamu meleleh dengan instrumen saxophone yang manis. Apalagi nontonnya bareng pasangan sambil pegangan tangan. Duh!

via kompas.com

 

7. LAUV, MUSISI YANG COCOK BUAT KAMU YANG SUKA BERTUALANG 

Kamu suka bertualang ke destinasi-destinasi baru yang bahkan belum ada orang yang tau? Lauv bisa jadi pilihan kamu saat dateng ke JJF 2018. Penyanyi satu ini punya koleksi lagu yang beragam, mulai dari lagu yang agak upbeat yang bikin kamu semangat dalam menjalani petualangan kamu, sampai lagu sendu yang enak banget buat temen saat berkontemplasi di tempat sepi. Meskipun bukan dari genre Jazz, musisi ini bisa masuk ke list kamu saat di JJF nanti.

via justjared.com

 

8. PECINTA GUNUNG BAKAL JATUH CINTA SAMA KEDUA MUSISI INI! 

Jangan ragu dateng ke panggung Maysa Leak and The Brian Simpson Band kalo kamu suka menghabiskan waktu dengan mendekatkan diri ke alam. Jika beberapa tahun yang lalu mereka tampil di panggung yang berbeda, kali ini kedua musisi ini akan berkolaborasi di JJF. Suara Maysa Leak yang lembut dan Musik dari The Biran Simpson Band yang mengalun tenang pasti akan membuat kamu merasa damai dan bisa meresapi setiap interaksi yang terjadia antara kamu dan alam. 

via maysa-on-the-road.blogspot.co.id

via sam-musiclovers.blogspot.co.id

 

Nah itu tadi rekomendasi musisi untuk kamu yang bakal nonton Java Jazz Festival tahun ini sesuai dengan tipe travelingmu. Bagaimana? Sudah siap dateng ke JJF? Have fun!


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.