Best of Indonesia - 150 Hits

Bagi orang Tionghoa, perayaan Imlek merupakan salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Selain sebagai bagian dari budaya tradisional masyarakat Tiongkok, Imlek juga menjadi penanda kedatangan tahun baru yang penuh harapan. Gak heran kalo biasanya Imlek selalu dirayakan secara meriah, baik di negara asalnya atau di negara-negara dengan populasi orang Tionghoa yang cukup banyak termasuk Indonesia.

Untuk membantumu menentukan apa-apa saja yang perlu disiapkan, Tamasyeah sudah merangkum beberapa hal yang wajib kamu miliki saat menikmati perayaan Imlek. Check it out!

 

1. ANGPAU 

Saat ini ada banyak banget jenis angpau yang dijual di pasaran. Kalo dulu angpau cuma berwarna merah polos, sekarang kamu bisa menemukan beragam angpau dengan motif menarik yang dapat disesuaikan dengan umur si penerima.

Untuk remaja dan anggota keluarga yang sudah beranjak dewasa, gunakanlah angpau dengan motif formal atau yang bertuliskan kaligrafi dalam bahasa Mandarin. Sementara untuk anak-anak, kamu bisa menggunakan angpau bermotif hewan-hewan shio atau yang bergambar kartun supaya lebih menarik. 

via ciricara.com

 

2. KEMBANG API DAN PETASAN 

Menyulut kembang api dan petasan selalu menjadi kegiatan yang asyik dilakukan di hari-hari besar. Dalam tradisi Tionghoa, penggunaan kembang api dan petasan dimaknai untuk mengusir nasib buruk di tahun-tahun sebelumnya dan membangkitkan harapan serta cita-cita baru di tahun yang akan datang.

Sebagai saran, jangan membeli mercon abal-abal di pasar yang berbentuk polos tanpa merek. Jenis petasan seperti ini biasanya dibuat secara rumahan tanpa proses produksi yang jelas. Jangan sampai momen bahagia mu di Imlek jadi momen yang gak pernah kamu inginkan.

via kbknews.id

 

3. HIASAN RUMAH BERWARNA MERAH 

Warna merah dipercaya melambangkan keberuntungan dan keselamatan di waktu yang akan datang. Hal ini menjadikan Imlek selalu lekat dengan benda-benda berwarna merah. Bagi kamu yang hendak merayakan Imlek, siapkanlah hiasan rumah seperti lampion, patung shio tahun baru dan lilin berwarna merah agar perayaan Imlek menjadi lebih berkesan dan meriah. 

via vrg.org

 

4. PAKAIAN KHAS IMLEK 

Untuk pakaian, gak ada peraturan yang mengharuskanmu memakai baju polos berwarna merah. Kamu bisa memakai baju berwarna dasar merah dengan motif yang gak terlalu mentereng. Bisa juga memadukan warna merah dengan warna lainnya seperti emas untuk menampilkan kesan glamor. Be creative!

via tribunnews.com 

via tribunnews.com 

 

5. AKSESORIS DAN PERHIASAN  

Untuk melengkapi penampilanmu saat merayakan Imlek, siapkan aksesori seperti gelang, jepit rambut atau jam tangan berwarna merah supaya pas dengan semangat tahun baru yang berapi-api. Penambahan aksesoris ini sebaiknya masih tetap disesuaikan dengan tema Imlek yaitu tetap mengusung warna merah yang menjadi warna ‘wajib’ untuk menyambut Imlek.

via weddbook.com

via vemale.com 

via vemale.com 

 

6. PERLENGKAPAN IBADAH 

Karena termasuk perayaan hari raya, jangan lupa untuk menyiapkan perlengkapan ibadah seperti dupa, lilin, Hi Yo atau Li en Ho. Ha-hal ini akan membuat aktivitas sembahyangmu di wihara semakin khusyuk dan afdal, sehingga diharapkan rezeki dan kesehatan yang akan hadir di tahun yang baru bisa sesuai dengan harapanmu dan keluarga.

via tempo.co

via tribunnews.com

 

7. KUE IMLEK 

Ada banyak sekali ragam kue khas Imlek yang bisa kamu beli sebagai suguhan untuk sanak keluarga. Seperti kue keranjang yang diyakini mampu membawa keberuntungan atau lapis legit yang melambangkan kemakmuran dan kekayaan. Diharapkan, kehadiran kue-kue ini juga bisa menghangatkan suasana kebersamaan kamu dengan keluarga besarmu saat berkumpul menyambut tahun baru ini.

via reservasi.com 

 

8. RESERVASI MAKAN MALAM BERSAMA KELUARGA DI RESTORAN FAVORIT 

Imlek merupakan momen tahunan yang sakral. Karena itu ajaklah keluarga besarmu untuk makan bersama di restoran favorit yang menyajikan menu-menu khas Imlek seperti ayam dan ikan, siu mie, yu sheng dan jiozi. Gak cuma lezat, sajian-sajian tersebut juga melambangkan beragam hal positif untuk menyambut tahun baru seperti keberuntungan, kemakmuran dan umur panjang. Kamu bisa memesan tempat di Tien Chao di Gran Melia Kuningan untuk menikmati siu mie atau Din Taifung yang akan menyajikan yu sheng sebagai menu spesial saat Imlek.

via zomato.com

via citydergisi.com

 

Nah, itulah dia beberapa benda yang mesti sudah kamu siapkan sebelum hari raya Imlek tiba. Sekadar catatan, pada dasarnya tradisi perayaan Imlek merupakan simbol harapan akan kedatangan tahun baru yang lebih baik. Karena itu, ada baiknya jika kamu turut menjadikan Imlek sebagai ajang introspeksi diri demi menyongsong masa depan yang lebih cerah.

Selamat merayakan tahun baru Imlek. Gong Xi Fa Chai, Hong Bao Na Lai!


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.