DKI Jakarta - 295 Hits

Gak seperti Idulfitri atau Natal yang memiliki durasi libur cukup lama, Imlek biasanya hanya dirayakan dalam satu hari saja. Bagi kamu yang tinggal di kawasan ibu kota dan gak merayakan Imlek, waktu libur yang terlalu pendek kerap membuatmu malas beraktivitas. Padahal, sebenarnya ada banyak banget kegiatan di Jakarta yang menyenangkan dan bisa dilakukan untuk mengisi waktu kosongmu itu lho. Ada apa aja? Coba simak 7 kegiatan asyik di bawah ini!

 

1. WISATA KULINER 

Daripada diam di rumah, kenapa gak menikmati wisata kuliner aja? Cobalah datang ke restoran yang kamu belum pernah kunjungi sebelumnya atau “berburu” makanan tertentu yang sudah sejak lama ingin kamu cicipi. Apabila kamu ragu untuk makan di sembarang tempat, kamu bisa meminta referensi lokasi baik dari teman-temanmu atau dari internet, toh saat ini ada banyak blog-blog kuliner yang menyediakan informasi terkait tempat makan recommended di Jakarta, termasuk Tamasyeah! Misalnya, untuk di Jakarta kamu bisa banget ngelakuin coffeshop hopping dari mulai Jakarta Utara ke Jakarta Selatan sampai Jakarta Timur ke Jakarta Barat dengan berbekal ulasan Tamasyeah tersebut.

via localbrand.co.id

via instagram.com/kopinalar

 

2. MAIN KE OBJEK WISATA LOKAL 

Kalo kamu merasa harus pergi ke luar kota untuk berlibur, please deh, buka matamu lebar-lebar! Meski terkenal sebagai kota metropolitan, Jakarta juga punya banyak objek wisata lokal yang layak didatangi. Sebut aja Wisata Kota Tua, Pelabuhan Sunda Kelapa, Museum Nasional sampai Ragunan yang ternyata terus berbenah dan jauh lebih bagus lagi. Dengan main ke wisata lokal di Jakarta, sebenarnya kamu sudah melakukan pengiritan uang dan juga pengiritan waktu. Uang jelas karena dengan hanya jalan-jalan di dalam kota kamu gak butuh extra budget buat tiket pesawat dan akomodasi. Sedangkan untuk waktu, kamu jadi punya 1 hari waktu istirahat dari 3 hari liburmu tersebut. Enak kan?

via Indonesia.travel.com

 

3. MENGUNJUNGI PANTI SOSIAL 

Rekomendasi dalam menghabiskan waktu long weekend pada poin ini sedikit berbeda. Gimana gak, Tamasyeah nyaranin kamu buat melakukan kunjungan ke lembaga sosial seperti panti asuhan, rumah yatim atau panti jompo yang tersebar di seantero Jakarta. Selain bisa menjadi ladang pahala, kegiatan tersebut juga bakal membangkitkan kesadaran sosial dan membuatmu menjadi pribadi yang lebih bersyukur.

via instagram.com/pijarrenjana

???????via instagram.com/pijarrenjana

Gak perlu sungkan, karena biasanya tempat-tempat tersebut selalu membukakan pintu lebar-lebar bagi orang-orang yang ingin datang. Jika kamu belum bisa memberikan sumbangan berbentuk uang, cobalah berikan barang-barangmu yang sudah gak terpakai seperti pakaian yang sudah kekecilan atau sepatu yang sudah jarang digunakan. 

???????via instagram.com/pijarrenjana

???????via instagram.com/pijarrenjana

 

4. MERAYAKAN IMLEK DI KAWASAN PECINAN 

Kawasan Pecinan yang terletak di daerah Petak Sembilan, Glodok, juga bisa menjadi opsi bagi kamu untuk menghabiskan waktu liburan Imlek. Karena mayoritas masyarakat yang tinggal di sini merupakan orang-orang keturunan Tionghoa asli, lokasi ini selalu meriah dan ramai saat hari raya Imlek. Berbagai hiasan yang didominasi oleh warna merah yang semarak akan terlihat di setiap sudut kawasan ini. Jangan tinggalkan kameramu di rumah karena akan banyak banget momen langka yang harus kamu abadikan dari mulai momen sakral ketika umat sedang berdoa menggunakan dupa sampai kerumunan orang yang menunjukkan betapa meriahknya perayaan Imlek di Petak Sembilan.

via wego.co.id

via wego.co.id

 

5. JALAN-JALAN KE HUTAN KOTA SRENGSENG 

Siapa bilang gak ada ruang terbuka hijau yang asri di Jakarta? Kalo kamu senang menghabiskan waktu di tengah asrinya alam, cobalah main ke Hutan Kota Srengseng yang terletak di Jakarta Barat. Nuansa perkotaan yang bising langsung hilang seketika saat kamu berkunjung ke tempat ini. Bagaimana gak, ada lebih dari 60 varietas tanaman dan 4.800 pohon yang dilestarikan di Hutan Kota Srengseng. Jadi, walaupun sebutannya melakukan kegiatan di Jakarta selama long weekend, tetapi sensasi keteduhannya gak kalah dengan tempat wisata alam di kota-kota lainnya.

via simpulan.com

 

6. BERBURU SPOT FOTO KEREN DI HUTAN MANGROVE 

Kawasan hutan mangrove di daerah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, memiliki segudang spot foto keren yang gak bisa kamu temukan di tempat lainnya di Jakarta. Meski berbentuk rawa-rawa, tempat ini kerap menjadi destinasi favorit para pencinta-alam ibu kota karena memang lokasi wisata yang satu ini keliatan instagramable banget. Makannya, bawa kameramu serta baterai cadangan karena nantinya pasti kamu akan sering-sering berhenti untuk mengabadikan kelucuan tempat ini. Yuk, segera siapkan kameramu dan rasakan sensasi berburu foto di hutan mangrove!

via mommajalanjalan.blogspot.co.id

via hargatiketwisata.xyz 

via tripadvisor.com

 

7. ME TIME! WHY NOT?! 

Selain semua poin di atas, kamu juga bisa memanfaatkan waktu libur Imlek untuk melakukan berbagai kegiatan yang memanjakan dirimu sendiri. Misalnya, pergi ke spa, refleksi kaki, menghabiskan waktu di salon, berbelanja baju baru atau bahkan berolahraga seperti olahraga urban yang sedang ngetren misalnya Yoga dan Muay Thai. Atau kalo kamu maunya leyeh-leyeh aja, kamu bisa banget memilih untuk staycation di penginapan-penginapan lucu yang tersebar di Jakarta. Dijamin long weekend kamu bakal bikin kamu refreshed!

???????via bikramyogajakarta.com

 

Itulah 7 kegiatan di Jakarta yang bisa membuat waktu long weekend Imlek kamu menyenangkan walau hanya dihabiskan di dalam kota. Sebagai saran, ada baiknya jika kamu gak sekadar menghabiskan waktu luangmu dengan kegiatan pasif seperti tidur atau menonton film. Lebih baik kamu juga melakukan sesuatu yang lebih bermanfaat, baik bagi dirimu sendiri atau bagi orang lain di sekitarmu seperti yang sudah Tamasyah bagikan di atås.


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.