Best of Indonesia - 252 Hits

Kamu tau gak kalo di Indonesia ada sejumlah objek wisata dengan mitos percintaan yang menarik banget buat dikunjungin. Ada yang dipercaya mampu membuat hubunganmu dengan si doi berjalan langgeng, ada juga yang konon katanya bisa ngehancurin hubungan yang selama ini sudah kamu bangun bersama pasanganmu.

Jika kamu ingin merasakan sensasi berlibur bersama pasangan yang berbeda dari biasanya, coba deh kunjungi 9 destinasi wisata dengan mitos percintaan ini. 

 

1. MENCARI KEABADIAN CINTA DI PULAU ASMARA SITU PATENGGANG, BANDUNG SELATAN

Selain karena keindahan alam dan dinginnya udara yang dimiliki, ternyata Bandung Selatan juga terkenal dengan objek wisata yang menjanjikan kelanggengan hubungan pada setiap pengunjungnya, Pulau Asmara di kawasan Situ Patenggang namanya. Konon apabila kamu menaiki perahu dan mendayung mengitari pulau ini bareng pacar, maka hubunganmu bersama si doi akan semakin lancar dan langgeng tanpa konflik! Tapi jangan seneng dulu, karena ternyata Pulau Asmara ini ukurannya lumayan gede loh jadi siap-siap tangan kamu pegel setelah ngedayung mengitari pulau ini ya. Tapi, apapun pasti dilakuin lah yah demi cinta!

via pulasinn.wordpress.com

 

2. JANGAN MENOLEH KE BELAKANG SAAT MELEWATI TANJAKAN CINTA DI GUNUNG SEMERU KALAU KAMU MAU HUBUNGANMU LANGGENG!

Konon, ada seorang gadis tewas terjatuh saat kekasihnya terlalu asyik menikmati pemandangan sambil berfoto ria di tempat ini. Sejak saat itu, beredar mitos bahwa jika kamu melewati tanjakan tersebut tanpa sekali pun menengok ke belakang, maka hubungan asmaramu bersama si dia akan selalu langgeng dan harmonis. Kedengerannya gampang, tapi ternyata hal ini sulit banget buat dilakuin karena sudut kemiringan dari Tanjakan Cinta yang lumayan besar serta panjang sehingga kamu pasti akan banyak membuang tenaga. Dan, kalau sudah begini mau gak mau ya kamu pasti akan istirahat dan menoleh ke belakang. Apalagi kalau pemandangan yang disuguhkan di belakang adalah Ranu Kumbolo, siapa yang bisa nolak buat nengok?

via donibrahimovic.wordpress.com 

via kompasiana.com

 

3. AWAS, JANGAN BAWA KEKASIHMU KE BATURRADEN KALAU KAMU GAK MAU HUBUNGANMU KANDAS DI TENGAH JALAN!

Dikisahkan bahwa pada zaman dahulu kala, di tempat ini pernah hidup sepasang kekasih yang cintanya gak direstui karena status sosial keduanya yang jauh berbeda. Itulah sebabnya lokasi ini dinamai Baturraden, karena berasal dari kata Batur (pembantu) dan Raden (bangsawan). Karena cerita tersebut, banyak orang yang percaya bahwa jika kamu datang ke sini bersama kekasihmu, maka hubunganmu bakal segera kandas di tengah jalan. Duh! 

via dolandolen.com

 

4. HATI-HATI DENGAN KUTUKAN CINTA AIR TERJUN COBAN RONDO

Wisata air terjun yang paling terkenal di Kota Malang ini memiliki pemandangan yang super indah. Gimana gak, air terjun ini memiliki jatuhan air setinggi 60 m yang membelah dinding batu bervegetasi hijau. Jatuhan air ini membentuk kolam jatuhan di bawahnya yang bisa digunakan siapa saja yang ingin ngerasain segarnya Air Terjun Coban Rondo. Tapi, kamu tau gak kalau Air Terjun Coban Rondo ini memiliki latar belakang kisah percintaan tragis. Konon, ada sepasang muda-mudi yang bunuh diri karena cintanya kandas di tempat ini. Warga sekitar pun percaya bahwa jika kamu membawa pasangan ke Coban Rondo, hubungan asmaramu akan segera pupus dan berakhir tragis. Seram ya?

via traveliday.com

 

5. MENGUKIR KEKEKALAN CINTA DI PULAU KEMARO

Di tengah Sungai Musi di Palembang terdapat sebuah pulau bernama Pulau Kemaro. Di tempat ini ada sebuah pohon keramat yang diyakini dapat membuat hubungan asmaramu langgeng apabila kamu menuliskan namamu bersama dengan nama si doi di pohon tersebut. Usut punya usut, ternyata mitos ini lahir karena di tempat ini dulunya terdapat kisah percintaan antara putri raja Sriwijaya yaitu Siti Fatimah. Siti Fatimah rela menceburkan diri ke dalam Sungai Musi untuk mencari kekasihnya Tan Bun An yang gak kunjung muncul ke permukaan setelah menyelam untuk mengambil kembali guci seserahan yang sebelumnya telah ia buang. Tindakan Siti Fatimah ini melambangkan pengorbanan cinta yang besar dan kemudian melahirkan mitos percintaan ini.

via hipwee.com 

 

6. MITOS PERCINTAAN SURAM DI CANDI PRAMBANAN

Siapa yang gak tau Candi Prambanan? Candi yang terletak di Jogja ini menjadi wisata wajib bagi siapapun yang pertama kali main ke kota ini. Candi menawan dengan bentuknya yang khas menjulang ke atas serta memiliki memiliki ukiran pada dinding bangunannya sukses menyedot perhatian wisatawan untuk datang. Tapi, ternyata di balik keindahannya tersebut Candi Prambanan menyimpan sebuah mitos. Berlatar kisah pupusnya cinta seorang Bandung Bondowoso terhadap Roro Jonggrang, Candi Prambanan dipercaya dapat membuat hubungan kandas di tengah jalan bagi mereka yang datang ke candi ini berdua dengan pasangannya. Mitos ini sangat populer di Jawa Tengah dan merupakan salah satu mitos percintaan tertua di Indonesia. Berani buktikan sendiri?

via wikipedia.org

 

7. MANDI DI KOLAM CINTA BANJARAN DEMI MEMPERERAT HUBUNGAN

Wisata Kolam Cinta di kaki Gunung Puntang, Bandung, memiliki mitos percintaan yang cukup unik. Dikatakan bahwa apabila kamu mandi bersama pasanganmu di Kolam Cinta, maka hubunganmu akan semakin kuat dan erat. Udara yang sangat dingin ditambah dengan kondisi kolam yang licin menjadi tantangan tersendiri untuk mandi di sini. Tapi, lagi-lagi apapun pasti bakal kamu lakukan kan kalau sudah berhubungan dengan cinta? Ya, apalagi kalau kamu bisa mandi bersama di doi ya kan? :p

via phinemo.com

 

8. MEMPERKUAT CINTA DI BAWAH POHON CINTA KEBUN RAYA BOGOR

Di Kebun Raya Bogor ada dua pohon besar yang tumbuh berdampingan meskipun berbeda varietas. Hal ini menyulut kepercayaan bahwa siapa pun yang duduk berdampingan di bawah pohon tersebut, apabila berbeda jenis kelamin maka akan jatuh cinta dan memiliki hubungan asmara yang indah sampai akhir hayat. Nah, mumpung deket dari Jakarta, sok atuh bawa gebetan kamu main ke kebun raya lalu pura-pura capek dan ajak duduk berdua di bawah pohon ini. Kalau mitosnya bener, siap-siap bawa pulang gebetan yang udah jadi pacar!

via nationalgeographic.co.id

via dolandolen.com

 

9. MEMINTA ENTENG JODOH DI MATA AIR GUNUNG PUTRI  

Kamu yang masih jomblo mungkin tertarik mengunjungi Mata Air Gunung Putri yang terletak di daerah Cililin, Bandung Barat. Mitosnya, siapa pun yang mandi di mata air tersebut akan segera menemukan jodohnya. Ya, mungkin aja mitos ini bener atau sebenernya cuma kiasan untuk nyuruh para jomblo agar sering-sering mandi supaya wangi dan narik perhatian lawan jenis, ya ga?

via sys1726.wordpress.com

 

Itulah 9 destinasi wisata dengan mitos percintaan yang patut kamu kunjungi baik yang udah punya pacar atau yang masih jomblo. Semua mitos percintaan di atas berasal dari cerita-cerita yang masih belum bisa dibuktikan kebenarannya. So, gak usah perlu terlalu meyakini hal-hal tersebut ya, cukup datang aja secara pemandangannya indah juga kan. Kalau urusan hubungan langgeng atau dapet jodoh mah anggap sebegai bonus aja.


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.