Best of Indonesia - 50 Hits

Buat kamu yang belum punya pasangan untuk diajak ber-Valentine ria tahun ini, mengapa gak coba merayakannya bersama ibunda tercinta aja? Daripada sibuk mendengarkan olok-olok dari sahabat-sahabat kamu yang udah punya pacar, lebih baik kamu pergi menghabiskan quality time berdua dengan wanita nomor satu di hidupmu. 

Nah, berikut adalah tempat-tempat terbaik yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata bersama ibu di hari Valentine.

 

1. MENIKMATI UDARA SEGAR KHAS PUNCAK, BOGOR

Berhubung gak termasuk hari libur nasional, kamu yang ada di Jakarta bisa menjadikan kawasan Puncak sebagai pilihan untuk merayakan Valentine’s Day. Nilai plusnya kawasan Puncak di kala weekdays relatif lebih sepi dan bebas macet, jadi acara kencan kamu bareng ibu gak bakal berantakan. Karena sepi, kamu dan ibu kamu jadi bisa puas nikmatin segernya udara pegunungan tanpa berbagi bersama banyak pengunjung lainnya apalagi dengan knalpot kendaraan. Asrinya udara pegunungan khas Puncak ditambah pemandangan hijau yang memanjakan mata dijamin akan menyegarkan pikiran. Semua ini bisa kamu dapetin dengan berkunjung ke kawasan Puncak tepatnya di Agrowisata Kebun Mas Kebun Teh Walini. Kalo kamu kebetulan lagi punya jatah cuti, bisa banget untuk menginap di kawasan yang sama dan merasakan pengalaman bobok di tengah kebun teh.

via bestindonesiatourism.blogspot.co.id

via agrowisata8.blogspot.co.id

 

2. MENGENAL KEKAYAAN BUDAYA LOMBOK DI DESA SADE, LOMBOK TENGAH

Menghabiskan Valentine’s Day kamu bersama ibu dengan mengunjungi kawasan Desa Sade di Lombok Tengah ini seru juga lho! Dikenal dengan kelestarian budayanya yang gak berubah selama lebih dari 600 tahun, di tempat ini kamu bisa mengajak ibumu melakukan berbagai aktivitas bersama, seperti menenun kain, belajar menggunakan alat pertanian tradisional, dan menonton acara adat seperti Gendang Beleq. Khusus untuk menenun, kamu gak cuma belajar bikin kain tenun aja, tapi kamu juga bisa membawa pulang hasil buatan kamu dan ibumu dari hasil proses belajar kalian. Kalo kurang kamu juga bisa membeli kain-kain yang sudah jadi untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ada juga pernah-pernik khas Lombok lainnya yang dijual oleh perempuan-perempuan di Desa Sade ini.

via kemanaaja.com

via lombokwandertour.com

 

3. MENYANTAP BUAH MANGGA SEPUASNYA DI PULAU SIBANDANG, TAPANULI UTARA

Panorama alam yang indah dan asri di Pulau Sibandang bakal membuat acara wisata bersama ibu di hari Valentine menjadi super spesial! Selain itu, pulau ini juga dikenal sebagai surga buah mangga di Sumatera Utara. Kamu bisa menyantap buah mangga yang dipetik langsung dari pohon dan mencicipi berbagai olahan mangga yang dibuat oleh penduduk lokal sepuasnya sampai kenyang karena harga mangga di sini masih tergolong murah. Kalo udah ngomongin masalah buah-buahan seperti ini ibu memang jagonya dan pasti seneng kalo diajak wisata ke tempat kayak gini.

via tourtoba.com

via bonapasogittapanuliutara.blogspot.co.id

 

4. BERMAIN BERSAMA ORANGUTAN DI TAMAN NASIONAL TANJUNG PUTING, KALIMANTAN TENGAH

Karena sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia, orang utan di Taman Nasional Tanjung Puting sangat manja terhadap para pengunjung. Jadi, jangan kaget kalo kamu dan ibumu mendadak dihampiri oleh anak orang utan yang lucu nan menggemaskan. Gak perlu takut, karena satwa-satwa liar di pusat konservasi tersebut berada di bawah pengawasan pawang yang berpengalaman. Dijamin aman, kok! Berwisata ke Tanjung Puting ini bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin liburan alam bareng ibu tapi khawatir dengan kondisi tempat liburan kamu yang mungkin gak cocok buat ibu. Karena Tanjung Puting sudah cukup lengkap fasilitasnya jadi walaupun wisata di sini tergolong ‘alam banget’ tapi kamu gak perlu khawatir kalo ibu bakal kenapa-kenapa.

via tanjungputingtour.com

via visittanjungputing.com

 

5. MENIKMATI ASRINYA ALAM BANDUNG UTARA DI DUSUN BAMBU

Kota Kembang memang gak pernah kehabisan objek wisata. Salah satu yang layak kamu kunjungi bersama ibumu adalah Dusun Bambu yang terletak di kawasan Lembang, Bandung. Panorama indah dan suguhan makanan khas Sunda yang lezat akan membuat perayaan Hari Kasih Sayang bersama sang ibunda menjadi sangat berkesan. Kamu juga bisa merasakan sensasi camping bareng ibu di Dusun Bambu ini dengan menginap di salah satu glamping yang ada di sini. Dengan adanya glamping, camping yang tadinya cukup mustahil dilakukan bareng ibu jadi mungkin dan mudah untuk dilakukan.

via sheratonbandung.com

via klikhotel.com

 

6. SERUNYA BERPETUALANG DI DUNIA BAWAH LAUT PULAU KARIMUN JAWA

Jika kamu dan ibumu punya hobi yang sama yaitu berenang, berwisata ke Pulau Karimun Jawa adalah pilihan yang terbaik. Kekayaan bawah laut yang menawan di tempat ini dapat kamu saksikan hanya dengan melakukan snorkeling di perairan dangkal. Kamu bisa melihat indahnya berbagai jenis terumbu karang, ikan, serta spesies-spesies khas perairan dangkal lainnya tanpa perlu repot mempersiapkan alat diving. Bahkan, kalo kamu beruntung, kamu bisa tuh nyaksiin gerombolan ikan yang menghampiri kapal kamu hanya dari atas kapal aja tanpa perlu nyebur ke dalam air karena saking beningnya air di Karimun Jawa ini. Kelebihan lainnya, pulau ini juga dikenal dengan keramahan penduduknya serta keindahan pemandangan Selat Jawa saat sunset tiba. Dijamin acara nge-date kamu bareng ibu jadi romantis maksimal!

via instagram.com/alfitsaputro

via thecuriouskiddo.wordpress.com

 

7. MERASAKAN KEINDAHAN ADAT DAN BUDAYA KHAS YOGYAKARTA

Jogja mungkin adalah destinasi wisata terpopuler di seantero Jawa Tengah. Kota yang kental dengan kebudayaan Jawa serta kaya akan tradisi ini merupakan destinasi yang sangat layak kamu kunjungi bersama ibumu. Gak hanya berbagai objek wisatanya, daya tarik Jogja juga terletak pada suasana kota yang harmonis dan tenteram. Bikin acara nge-date kamu bareng ibu jadi kerasa berkesan dan dijamin susah dilupakan. Di Jogja, wisata wajib yang harus kamu coba saat kamu liburan bareng ibu adalah belajar membatik dan wisata sepeda. Keduanya bagus banget buat ningkatin hubungan antara kamu dan ibu.

via travel.kompas.com

via javabalitranswisata.com

 

8. MENYAKSIKAN INDAHNYA SUNSET DI PANTAI TANJUNG TINGGI, BELITUNG

Menyaksikan momen sunset memang selalu mengasyikkan. Birunya laut yang perlahan berubah kekuningan saat matahari mulai terbenam adalah pemandangan yang mampu menyegarkan hati dan pikiran. Nah, di Belitung ada sebuah pantai yang memiliki panorama sunset super keren, yaitu Pantai Tanjung Tinggi. Di sini kamu bisa menikmati sunset sambil duduk-duduk di atas batu-batu besar yang ikonik itu. Penasaran kan? Yuk, ajak ibumu ke sini saat Valentine’s Day tiba!

via khairulleon.com

via enjoybabelisland.com

 

Merayakan Hari Kasih Sayang bersama ibu gak cuma bisa dilakukan oleh kamu yang belum memiliki pasangan saja. Bagi kamu yang sudah mempunyai pujaan hati, gak ada salahnya menghabiskan waktu Valentine’s Day dengan wisata bersama ibu lho. Meski hanya sesekali, hal ini dijamin akan membuat ibumu merasa super happy. 


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.