Best of Indonesia - 280 Hits

Imlek selalu punya pesona tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Terlebih, setelah Imlek resmi ditetapkan sebagai hari libur nasional menjadikan masyarakat Indonesia punya waktu cukup untuk menyaksikan perayaan Imlek. Di Indonesia, ada beberapa tempat melihat perayaan Imlek terbaik yang bisa kamu datangi. Penasaran? Langsung saja cek ulasan berikut.

 

1. MENGENANG LEGENDA SEJATI DI PULAU KEMARO, PALEMBANG 

Pasti sudah gak asing dengan legenda cinta sejati milik pulau di tengah perairan Sungai Musi ini. Ya, legenda mengenai putri Raja Sriwijaya yaitu Siti Fatimah yang ikut menenggelamkan diri ke Sungai Musi setelah mengetahui calon suaminya terjun karena penyesalan. 

via kompas.com

via wisatapalembang.com

Legenda itulah yang kemudian jadi cikal bakal perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro setiap lima belas hari setelah Imlek. Orang-orang akan berbondong-bondong datang untuk melihat keindahan dan kemeriahan pulau kecil tersebut yang terhias lampion merah. Bukan cuma itu, kedatangan mereka juga bertujuan untuk mengenang kematian sang putri kerajaan Sriwijaya. 

via tribunews.com

via mtaufiqismail.wordpress.com

 

2. SERUNYA IMLEK BERSAMA LUMBA-LUMBA DI OCEAN DREAM 

Atraksi lumba-lumba sudah bukan jadi hal baru lagi. Tapi bagaimana kalo lumba-lumba beratraksi dengan barongsai di atas air? Pasti menarik kan? 

via liputan6.com

Nah, di Ocean Dream Samudra, kamu bisa melihat atraksi keduanya secara bersamaan. Kamu bisa menyaksikan kelincahan lumba-lumba sewaktu menyapa pengunjung, bermain air, dan mendorong kereta naga milik barongsai. Sementara, si singa merah yang selalu aktraktif akan menunjukkan kebolehan tarian legendanya di atas air dan tepi kolam. 

Dijamin, Imlek tahun ini akan lebih seru dan mengesankan dengan kehadiran mereka berdua. 

via okeinfo.net

 

3. NIKMATI ATRAKSI PAWAI TATUNG DI SINGKAWANG 

Tempat melihat perayaan Imlek terbaik selanjutnya ada di Pulau Kalimantan. Tepatnya di kota Singkawang yang terkenal dengan perayaan ekstrem milik leluhur. Pawai Tatung namanya. 

via indonesiakaya.com  

via telegraph.co.uk 

Nah, apa sih Pawai Tatung itu? Kalau kamu pernah lihat debus, seperti itulah Tatung. Atraksi beberapa orang yang ditusuk benda tajam seperti jarum, pisau, atau pedang. Sekalipun berdarah, mereka tidak akan merasa sakit. Konon, ada roh baik di dalam tubuh mereka yang membuat kebal dari rasa sakit atau takut.

via travel.kompas.com

via pontianak.tribunews.com

 

4. INDAHNYA AKULTURASI BUDAYA DALAM GREBEG SUDIRO DI SOLO 

Datanglah ke Solo pada saat tahun baru Imlek. Maka, kamu akan melihat keharmonisan dari dua budaya berbeda, yaitu Tionghoa dan Jawa. Beberapa kesenian dari dua budaya akan tampil memenuhi lokasi Grebeg Sudiro yang biasanya diadakan di Pasar Gede, Solo.  

via eventsolo.com

via maioloo.com

Puncaknya, kamu akan melihat warga berebut makanan dari gunungan. Jika pada grebeg biasa, isi gunungan adalah hasil panen, maka pada saat tahun baru Imlek, kue ranjanglah yang akan menghias gunungan tersebut.  

via kesolo.com

via maioloo.com

 

5. JALAN-JALAN DI PASAR IMLEK SEMAWIS, SEMARANG 

Jika kamu sedang berlibur ke Semarang saat Imlek, jangan lupa mampir ke Pasar Imlek Semawis yang rutin diadakan tiap tahun. Pasar ini dibuka dua minggu sebelum perayaan Imlek dan berlangsung di kawasan Pecinan Semarang. 

via liputan6.com

via solopos.com

Aneka jajanan bisa kamu cicipi selama menjelajahi Pasar Imlek Semawis. Baik jajanan khas Semarang seperti pisang plenet atau makanan khas dari negeri Tirai Bambu tersebut. 

via beritagar.id

via myfunfoodiary.com

 

6. JOGJA DRAGON FESTIVAL DALAM PEKAN BUDAYA TIONGHOA YOGYAKARTA 

Pasti seru, kan bisa melihat atraksi barongsai secara beruntun lebih dari satu? Terlebih kamu punya adik atau keponakan yang masih kecil. Mereka pasti akan langsung berteriak girang begitu melihat tarian para pemain. Nah, buat kamu yang ada di Jogja, datanglah ke kawasan Malioboro saat Imlek. Di sana, kamu bisa melihat tarian para pemain barongsai dalam acara Jogja Dragon Festival. Lebih dari lima peserta dari berbagai daerah akan unjuk kebolehan, demi memenangkan piala Sultan berhadiah 30 juta rupiah. 

via kompasiana.com

via satuharapan.com

via asyrakhul-imro.blogspot.co.id

 

Nah, dari keenam tempat melihat perayaan Imlek terbaik itu, mana yang akan kamu pilih untuk didatangi? Semuanya menarik, kan? Selamat merayakan Imlek!


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.