Jawa Tengah - 533 Hits

Mulai petualanganmu dengan mengunjungi Magelang. Selain memiliki letak yang strategis karena berada diantara dua kota besar; Jogjakarta dan Semarang, Magelang ternyata memiliki keindahan alam yang eksotik dan harus kamu jelajahi. Ayo kunjungi tempat-tempat unik ini dan siapkan dirimu untuk bertualang ke Magelang! 

 

1. NGASIH KODE KE GEBETAN DENGAN PERGI KE GARDU PANDANG BUKIT BAREDE

Bukit Barede terletak di Desa Dusun Sendaren 2, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Salah satu keunikan yang menjadikan Gardu Pandang Bukit Barede berbeda dengan tempat lainnya adalah di sini kamu bisa melihat keindahan Candi Borobudur dari kejauhan. Gak heran kan kalau Ada Apa Dengan Cinta 2 juga ikut mengabadikan kecantikan alam dari Bukit Barede?

via instagram.com/ak3ru

via instagram.com/huborticus

via instagram.com/rullzmika

Supaya maksimal, nikmati kecantikan matahari terbit dari Gardu Pandang Bukit Barede. Dari atas kamu bisa melihat hamparan hijaunya pohon disertai dengan kabut tipis yang pastinya bikin suasana jadi lebih romantis. Apalagi kalau kamu perginya bareng gebetan.

via dakatour.com

via instagram.com/kat_xc

Untuk mencapai lokasi Gardu Pandang Bukit Barede, kamu harus menaiki beberapa anak tangga. Kamu juga harus berhati-hati karena beberapa jalan masih beralaskan tanah sehingga licin saat hujan. Jadi, jangan lupa untuk mempersiapkan fisik dan membawa bekal untuk perjalanan ya serta menggunakan alas kaki yang sesuai.

via instagram.com/taufikwijaya30

via instagram.com/oeding.ding

 

Detail Informasi

Lokasi

Desa Sendaren 2, Karangrejo, Borobudur, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rute 

Via Jalan Raya Borobudur-Salaman kea rah selatan menuju Desa Sendaren 2. Dari Area parkir hanya 5 menit untuk sampai ke Bukit Barede. 

Harga Tiket

Wisatawan lokal Rp15.000

Wisatawan mancanegara Rp30.000

Jika ingin melihat sunrise dari rumah pohon, kamu bisa membayar Rp50.000.

 

2. HUTAN PINUS KRAGILAN, LEBIH DARI TEMPAT KEKINIAN

Sering lihat netizen selfie dengan latar belakang hutan pinus di Instagram? Jika iya, mungkin aja kamu udah berkenalan secara nggak langsung dengan Hutan Pinus Kragilan. Lokasi dengan balutan hutan berwarna hijau dan cokelat ini memang misterius. Tapi jangan harap akan bertemu dengan Edward Cullen ya, karena Hutan Pinus Kragilan bukan berada di Forks, melainkan di Lereng Gunung Merbabu.  

via folkindonesia.blogspot.co.id

via beritabrantas.com

Hutan Pinus Kragilan juga populer dengan nama Top Selfie Pinusan Kragilan. Seperti namanya, lokasi ini memiliki banyak spot foto yang pastinya instagramable banget! Karena itu, lokasi ini banyak dikunjungi oleh wisatawan apalagi saat sore hari. 

via instagram.com/3rwiin99

via instagram.com/ryan_vidian

via instagram.com/intan.rizkii

Tapi, saat menjelajahi Hutan Pinus Kragilan jangan lupa untuk menikmati alam dan udaranya yang masih segar. Buat kamu yang lelah dengan kehidupan Ibukota, lokasi ini cocok untuk melepas penat sejenak bersama teman-teman tercinta.

via instagram.com/nendyo_gumilang

via instagram.com/antok_codot94

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamtan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute 

Via Jalur Muntilan/Blabak – Ketep. Dari Ketep mengambil jalur ke arah Kopeng, kira-kira 4 kilometer dari Ketep di sebelah kiri jalan akan terlihat spanduk Top Selfie Pakisan Kragilan.

Via Jalur Kopeng. Dari Kopeng ikuti jalur ke arah Ketep, Top Selfie akan ada di kanan jalan setelah memasuki daerah Kaponan.

Via Jalur Candimulyo. Dari arah Candimulyo menuju Kaponan, setelah bertemu pertigaan jalur Kopeng-Ketep ambil ke kiri/ke arah Kopeng. Top Selfie Pakisan Kragilan akan ada di kiri jalan. 

Harga Tiket 

Cukup membayar parkir kendaraan saja;

Rp3000/ motor

Rp10.000/ mobil

 

3. SERUNYA RAFTING DI SUNGAI ELO YANG BAKAL BUAT KAMU MELONGO

Nggak kalah dengan daerah Indonesia lainnya, Magelang juga punya sungai-sungai yang bisa menantang adrenalin kamu. Yuk, kunjungi Sungai Elo yang terletak di Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang. Sungai yang mempunyai jarak 12 kilometer ini bisa kamu taklukan dengan rafting selama 2,5 – 3 jam. 

via instagram.com/rinofredika

via instagram.com/magelangrafting

Namun, buat kamu yang belum berpengalaman rafting nggak perlu khawatir. Sungai Elo memiliki kelas jeram-jeram II sampai dengan III yang berarti tingkat bahaya yang rendah. Karakter aliran dan banjir pun relatif stabil, sehingga aman diarungi ketika musim hujan maupun kemarau. Bahkan, buat kamu yang nggak bisa berenang. 

via instagram.com/heuveltribe

via instagram.com/mnurseha

Untuk rafting di Sungai Elo, kamu wajib menggunakan peralatan yang lengkap agar keselamatannya tetap terjaga. Kamu juga akan didampingi oleh guide yang setia menemani & memandu perjalananmu. Jadi, nggak perlu takut lagi kan menjelajahi Sungai Elo?

via instagram.com/muhammadirfanai

 

Detail Informasi

Lokasi

Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang.

Rute 

Dari Jogjakarta menuju Kota Muntilan – Jembatan Pabelan – Pertigaan Palbapang (jaraknya 1 km dari Jembatan Pabelan) – belok kiri dan ambil arah menuju Candi Borobudur atau Candi Mendut – lalu transit di Rumah Makan Kampoeng Ulu Resto (jaraknya kurang lebih 2km dari pertigaan Palbapang)

Dari Semarang menuju ke Jogjakarta – lewat Magelang – Blabak – Pertigaan Palbapang (jaraknya sekitar 1,5km dari Blabak) – Belok kanan menuju ke arah Candi Borobudur atau Candi Mendut - lalu transit di Rumah Makan Kampoeng Ulu Resto (jaraknya kurang lebih 2km dari pertigaan Palbapang

Harga 

Paket mulai dari Rp750.000 – Rp1.500.000 untuk 6 orang. 

 

4. MENIKMATI PUNTHUK SETUMBU YANG BUAT HATI JADI SYAHDU

Salah satu lagi spot untuk melihat sunrise yang pastinya nggak boleh kamu lewatin. Di puncak Punthuk Setumbu, kamu bisa menikmati indahnya matahari yang bergelut dengan kabut yang muncul dari arah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Dari sini, kamu juga bisa melihat betapa megahnya Candi Borobudur dari kejauhan yang berdiri dengan kokohnya. 

via mickhartley.typepad.com

via trekearth.com

Punthuk Setumbu merupakan sebuah bukit yang memiliki tinggi kurang lebih 400mdpl dan terletak di gugusan Pegunungan Menoreh. Untuk menikmati keindahan sunrise, kamu harus trekking sekitar 15 menit agar mencapai puncaknya dan setidaknya sudah tiba sebelum pukul 05.00 WIB. 

via idbackpacker.com

via sewamotordijogja.com

via instagram.com/kurapak

Puncak Punthuk Setumbu berupa pelataran luas yang juga dilengkapi oleh rumah panggung, gazebo, dan kursi-kursi kayu untuk membuat kamu nyaman saat menunggu sang matahari terbit. Di sini juga terdapat selfie spot yang buat mengabadikan pengalamanmu dan yang pastinya, instagramable!   

via instagram.com/aliqpombunai

via instagram.com/wlauw

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Borobudur, Magelang.

Rute 

Dari depan Taman Wisata Candi Borobudur menuju Hotel Manohara, kemudian lurus terus ke arah Perbukitan Menoreh. Lalu, terdapat pertigaan dengan petunjuk arah bertuliskan Borobudur Nirvana Sunrise. Belok kanan mengikuti petunjuk hingga sampai ke tempat parkir Bukit Punthuk Setumbu. 

Harga Tiket

Wisatawan lokal Rp15.000

Wisatawan mancanegara Rp30.000

Harga Parkir

Rp.5000/ mobil

 

5. NGGAK PERLU MODAL BESAR UNTUK MENIKMATI SENDANG MUDAL

Apa sih yang ingin kamu lakukan saat cuaca panas di siang hari? Berendam! Jika itu jawabanmu, maka kamu harus memasukkan Sendang Mudal di itinerary saat menjelajahi Magelang. Sendang Mudal merupakan sumber mata air yang punya kolam dengan air yang sangat jernih dan menyegarkan. 

via instagram.com/fajarnasution

via instagram.com/malaikatbrengsek

Saking jernihnya air di Sendang Mudal, kamu bisa berfoto underwater lho! Nggak heran kalau Sendang Mudal sekarang jadi beken di media sosial. Banyak wisatawan yang datang untuk menikmati kesegaran airnya sekaligus seru-seruan bareng sahabat. 

via instagram.com/dhani_saputraa

via instagram.com/rstpbd

via instagram.com/ariusdianari

Kolam Sendang Mudal tidak terlalu dalam, hanya sebatas pinggang orang dewasa. Kolam ini memiliki dasar pasir dan bebatuan yang sangat jelas terlihat. Kesegaran airnya terpancar saat matahari menyinari kolam yang sengaja mengundang kamu untuk nyebur di dalamnya. Tertarik?

via instagram.com/ditaaapus

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Butuh Kulon, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute 

Dari Jogjakarta menuju Muntilan lalu ke Blabag, tepatnya pasar Blabag. Kemudia mengambil arah kanan menuju Sawangan, selanjutnya menuju Dusun Butuh Kulon. 

Harga Tiket

Gratis

 

6. YUK BERBONDONG-BONDONG JELAJAHI GUNUNG ANDONG!

Mendaki gunung adalah salah satu tantangan yang besar. Apalagi buat pemula atau pun yang belum pernah mendaki. Nah, jika hasrat mendakimu sudah nggak terbendung tapi masih pemula, kamu bisa menjelajahi Gunung Andong! Gunung yang memiliki ketinggian 1.726 mdpl ini terletak bersebrangan dengan Gunung Merbabu. Walau lebih kecil, keindahan Gunung Andong nggak kalah lho. 

via instagram.com/linggabinangkit

via instagram.com/stancliffhernando

Meski nggak terlalu tinggi, Gunung Andong memiliki empat buah puncak, yaitu Puncak Makam, Puncak Jiwa, Puncak Andong dan Puncak Alap-Alap. Camping ground di Gunung Andong terdapat di Puncak Jiwa. Dari sini, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Ungaran, Merbabu, Sindoro dan Sumbing. 

via instagram.com/asadsams11

via instagram.com/why_kurrnia

via instagram.com/akarifqulmaula

Puncak Alap-alap juga menjadi tujuan banyak pendaki karena harus melalui jembatan setan. Eitss.. nggak perlu takut! Trek dengan lebar sekitar satu meter ini memang diapit oleh jurang, tapi keindahannya gak bakalan kamu lupain. Walau terbilang cukup mudah, tapi kamu harus tetap melakukan persiapan fisik dan logistik yang matang saat ingin mengunjungi Gunung Andong. 

via instagram.com/wepphee

 

Detail Informasi

Lokasi

Kampung Sawit, Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. 

Rute 

Dari Jogjakarta menuju Muntilan lalu ke Blabag, tepatnya pasar Blabag. Kemudia mengambil arah kanan menuju Sawangan, selanjutnya menuju Dusun Butuh Kulon. 

Harga Tiket

Rp. 5000/orang.

 

7. INDAHNYA AIR TERJUN KEDUNG KAYANG YANG BIKIN MABUK KEPAYANG

Magelang bukan hanya terkenal dengan pesona Borobudur saja, tapi juga punya tempat wisata air terjun yang nggak kalah cantiknya. Air Terjun Kedung Kayang terletak di wilayah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang berada di perbatasan Magelang dan Boyolali. 

via instagram.com/mudekebo

via instagram.com/dwipurwanto24

Air Terjun Kedung Kayang berada di ketinggian 950 mdpl yang membuat suasana semakin dingin dan segar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan volume air yang cukup tinggi. Tapi, nggak perlu khawatir! Kamu tetap bisa menikmati air terjun bahkan berenang di bawahnya. 

via instagram.com/udin_pandusetiajii

via instagram.com/blindedberry

Untuk mencapai lokasi Air Terjun Kedung Kayang memang perlu sedikit pengorbanan. Kamu harus melewati jalan setapak selama sekitar 20 menit dari lokasi parkir kendaraan untuk mencapai tujuan. Tapi, keindahan air terjun ini bisa membayar semuanya kok! Lokasinya sendiri nggak terlalu ramai pengunjung, jadi kamu bisa lebih leluasa menikmati kesegaran alam. 

via instagram.com/sisil.sj

via instagram.com/saiful_wh

 

Detail Informasi

Lokasi

Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali.

Rute 

Dari Gardu Pandang Ketep Pass hanya berjarak sekitar 3km, ambil jalan menanjak di sebelah kanan yang berupa turunan hingga menemukan palang arah Kedung Kayang. 

Harga Tiket

Rp. 2500/orang.

 

8. GARDU PANDANG MANGLI YANG BIKIN PANGLING

Baik anak gunung ataupun anak pantai, keduanya pasti jatuh cinta dengan keindahan alam yang bikin hati nyaman. Kamu bisa merasakan kenyamanan itu saat mengunjungi Gardu Pandang Mangli. Wilayah Mangli sering disebut-sebut sebagai “Surga yang Tersembunyi” oleh banyak orang. Mungkin kedengarannya lebay, tapi setelah kamu ke sini, mungkin pendapat kamu akan berubah.

via instagram.com/nanang_d_vigilante

via instagram.com/nanang_d_vigilante

Terletak di kaki Gunung Sumbing, Gardu Pandang Mangli menawarkan keindahan yang berbeda dari gardu pandang lainnya. Dari gardu pandang yang nggak terlalu tinggi ini, kamu bisa melihat hamparan hijau yang membentang luas hingga ke ujung. Bayangkan jika kamu menikmati keindahannya dari siang hingga petang.

via instagram.com/ghibrantravel

via instagram.com/agung.bawor

via instagram.com/agung.indonesia

Gardu Pandang Mangli memiliki akses yang terbatas. Untuk menuju ke atas, hanya ada akses jalan yang kecil dan lebih cocok untuk kendaraan beroda dua dibandingkan roda empat. Tapi perjuangan menuju atas akan terbayarkan dengan pemandangan yang indah, apalagi dari sini kamu bisa melihat megahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Andong dari kejauhan. Siap menjelajah Gardu Pandang Mangli?

via instagram.com/rizqifauzi14

via instagram.com/zendi_photography

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang.

Rute 

Dari Pasar Bandongan menuju Tonoboyo hingga Pasar Kalegen. Dari Kalegen, melewati rute ke arah Mangli dan ikuti petunjuk arah.

Harga Tiket

Rp. 3000/orang.

Harga Parkir

Rp. 1000/motor.

 

9. AYO HIKING SANTAI DI GUNUNG TELOMOYO!

Satu lagi gunung yang pas didaki oleh para hiker pemula. Ya, Gunung Telomoyo yang memiliki ketinggian mencapai 1894mdpl ini terbilang mudah karena sudah ada jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan untuk mencapai puncaknya. Gunung yang diapit oleh Gunung Ungaran, Gunung Sumbing, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing ini menawarkan keindahan yang pastinya buat kamu terpana. 

via instagram.com/dwiantonoroby

via instagram.com/atasnamajoe

via instagram.com/septiawaneka_m

Gunung Telomoyo merupakan gunung berapi yang belum pernah meletus. Gunung cantik ini bisa dilihat dari Kota Salatiga, Secang, Magelang, dan Ambarawa. Dari puncak gunung ini, kamu bisa melihat sunrise atau sunset yang bisa membuat stress-mu hilang seketika. Saking indahnya, gunung ini sering juga disebut sebagai Gunung Pemancar. 

via instagram.com/adhi_apriliyanto

via instagram.com/totohandoko

Untuk mencapai puncak Gunung Telomoyo, kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor dan berjalan kaki. Pastikan kendaraan motormu dalam kondisi yang prima ya, karena kondisi jalannya nggak 100% mulus. Kamu akan sampai puncak sekitar 15-30 menit jika menggunakan kendaraan bermotor dan sekitar 2 jam dengan berjalan kaki. Puncak Gunung Telomoyo ditandai dengan adanya Stasiun Telkom dan landasan paralayang yang juga sering dijadikan sebagai spot yang instagramable! 

via instagram.com/devid.lumintang

via instagram.com/andrean.wisnu

via instagram.com/syahrul_safridianto

 

Detail Informasi

Lokasi

Terletak diantara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Rute 

Menuju Desa Pandean dengan mengambil rute Semarang-Salatiga-Kopeng-Dalangan yang bisa ditempuh sekitar 2 jam. Lalu, berjalan kaki atau bermotor menuju puncak Gunung Telomoyo. 

Harga Tiket

Gratis

 

10. SIAPKAN DIRI UNTUK KUNJUNGI KEDUNG SEMBRANI

Pernah dengar nama Kedung Sembrani? Namanya, memang nggak sebeken Curug Grenjengan Kembar walaupun lokasinya berdekatan. Untuk menjelajahi keindahan Kedung Sembrani, kamu harus lebih mempersiapkan diri karena aksesnya lebih sulit dibanding Curug tetangganya. Yup! Kedung Sembrani memang terletak di tengah hutan dan memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk sampai dari Curug Grenjengan Kembar. 

via instagram.com/fasius.anggit

via instagram.com/faisal.nh

Air terjun ini dinamakan Kedung Sembrani karena ada batu yang bentuknya mirip dengan telapak kaki kuda. Dalam ceritera pewayangan, kuda sembrani merupakan kuda tunggangan Dewa Wisnu. Hmmm… walau nggak ada kuda yang ada di sekitar lokasi, kamu bisa menemukan keindahan lainnya kok. 

via instagram.com/abiaquarius

Keunikan Kedung Sembrani memang yang jadi daya tarik utamanya. Air terjun ini memang tingginya kurang dari empat meter, tapi airnya sangat jernih sehingga membuat suasana semakin segar dan asri. Di sini, kamu bisa menikmati suasana alam sembari duduk, berendam di kolam jatuhnya atau pun berenang seru bersama teman-teman. 

via instagram.com/ohhrama

via instagram.com/ohhrama

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Grogol, Desa Munengwarangan, Kecamatan Pakis, Magelang.

Rute 

Via Jl. Raya Kopeng dari arah Magelang menuju arah Kecamatan Pakis. 

Harga Tiket

Rp.5000/orang

 

11. YUK KE SENDANG MAREN BARENG TEMEN-TEMEN!

Nikmatin segarnya air di siang hari memang paling seru bareng teman-teman tersayang. Setuju? Coba deh ke Sendang Maren yang terletak di Kawasan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Nggak beda dari Sendang Mudal, Sendang Maren adalah kolam yang memiliki air yang segar dan sejernih kaca. Saking jernihnya, kamu bisa melihat dasar dari kolam lho. 

via instagram.com/ditaaapus

via instagram.com/subekti_j

Tenggelamkan dirimu saat mengunjungi Sendang Maren. Kejernihannya selalu mengundang setiap yang datang untuk berenang apalagi jika hari sedang panas-panasnya. Selalu ingat untuk jaga kebersihan ya. Karena masih alami, kolam air ini juga menjadi sumber mata air oleh masyarakat setempat. 

via instagram.com/bagusaturs

via instagram.com/satrio_mhmd17

Jangan lupa untuk berfoto bersama teman-teman saat berenang di Sendang Maren. Berbagai pose foto underwater bisa kamu lakukan apalagi saat hari sedang cerah. Biar lebih seru, coba deh datang ke sini saat weekend bersama teman-teman. Dinginnya air Sawangan dijamin nggak kalah kerennya dengan dinginnya AC di mall

via instagram.com/hendi_prayitno

 

Detail Informasi

Lokasi

Wilayah Sawangan, Magelang.

Rute 

Dari Magelang kota belok kiri pas lampu merah Blabak. Terus ikuti jalan mengarah Ketep hingga SMP N 1. Dari SMP N 1, maju sedikit hingga perempatan lalu belok kiri menuju lokasi. 

Harga Tiket

Rp.5000/orang

 

12. JELAJAHI OKENYA CURUG SILAWE

Jangan bosen menjelajahi keindahan air terjun di Magelang yang memiliki keunikan tersendiri. Ini saatnya kamu menjelajahi Curug Silawe yang oke dan eksotis. Terletak di Dusun Kopeng Kulon dengan lokasi yang sulit dijangkau memang membuat air terjun ini tidak begitu familiar. Tapi, jangan ragu dengan keindahannya. Karena air terjun ini bisa membuat kamu menganga. 

via instagram.com/anthonyhutagaol

via instagram.com/kepokepokez2

via instagram.com/ekoiryanto_

Curug Silawe diambil dari kata Silawe yang berasal dari penemuan sarang laba-laba ketika sedang membuka area ini. Air terjun ini berada di lereng Gunung Sumbing sebelah selatan dengan ketinggian lokasi sekitar 500 meter dari permukaan laut. Curug ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan di dekatnya terdapat air terjun lainnya, yaitu Curug Sigong yang nggak kalah cantik. 

via instagram.com/saiful_wh

via instagram.com/m_ichsanudin

via instagram.com/devariasti

Jalan menuju Curug Silawe jadi petualangan tersendiri. Kamu akan menyusuri jalan kecil, jalan berbatu hingga akhirnya menanjak dengan menaiki anak tangga. Tapi, kamu nggak akan sendiri. Kamu akan ditemani oleh hamparan hijau yang luas dan bukit-bukit yang dipenuhi dengan berbagai macam jenis pohon. Tertarik bertualang ke Curug Silawe?

via instagram.com/edisas1862

via instagram.com/rizal_rosyadi

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang.

Rute 

Dari Taman Wisata Candi Borobudur dilanjutkan melewati jalan penghubung Salam-Purworejo. Setelah menemukan persimpangan, ambil rute menuju Kecamatan Kajoran hingga jalan mengecil dan berbatu. 

Harga Tiket

Rp.4000/orang

 

13. MENIKMATI KEINDAHAN GUNUNG MERBABU YANG BIKIN RINDU

Rindu sama gebetan bisa dihilangkan dengan mudah. Tapi, jika kamu rindu dengan keindahan alam, maka satu-satunya obat adalah pergi menjelajahi keindahannya. Buat kamu yang suka tantangan, menjelajahi keindahan Gunung Merbabu bisa jadi solusi. Lokasinya yang berada di tiga wilayah, yakni Magelang, Boyolali dan Semarang menandakan betapa megahnya Gunung Merbabu yang selalu bikin rindu.

via instagram.com/cumapenikmat_

via instagram.com/vincentiushendri

via ghostpipe.blogspot.co.id

Keindahan Gunung Merbabu akan lebih syahdu jika dinikmati dari puncak. Mantan gunung berapi ini akan menawarkan pemandangan gumpalan awan putih yang berpadu seperti gelombang pantai yang menawan. Gunung ini sendiri memliki tiga puncak utama, yaitu Puncak Trianggulasi, Puncak Kentengsongo serta Puncak Syarif.

via instagram.com/zaqyiqbl_

via instagram.com/mrregiansyah

via instagram.com/danangpriantoro

Pendakian mencapai puncak Gunung Merbabu sendiri dilakukan melalui empat jalur, yaitu jalur Selo dari Magelang/ Boyolali, jalur Kopeng dari Salatiga, jalur Wekas dan Suwanting dari Magelang. Masing-masing memiliki pemandangan alam dan tingkat kesulitan yang berbeda. 

via instagram.com/angga_dpras

via instagram.com/anangsetiyabudi

Saat mendaki Gunung Merbabu, kamu akan disambut dengan pemandangan alam yang nggak ada duanya. Jika melalui jalur Selo, kamu akan melewati dua padang rumput yang ditumbuhi bunga edelweiss. Eitss.. tapi jangan tergoda untuk memetiknya ya untuk menjaga kelestarian alam. 

via instagram.com/fadilyonata

via yukpiknik.com

Keindahan Gunung Merbabu memang nggak ada matinya. Dari atasnya kamu bisa melihat sunrise yang indah dengan latar kemegahan gunung lainnya, seperti Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Slamet serta Gunung Lawu. Penasaran ingin melihat keindahan Gunung Merbabu secara langsung?

via instagram.com/rama.ngan

 

Detail Informasi

Lokasi

Terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah yakni Magelang, Boyolali dan Semarang.

Rute 

Dari Magelang menggunakan bus jurusan Yogyakarta-Semarang lalu turun di Blabak, sebelum kota Magelang.

Dari Magelang menggunakan bus kecil jurusan Magelang-Boyolali turun di Selo. Atau naik angkot ke desa Sawangan disambung mobil bak sayuran jurusan Klakah, sambung lagi naik mobil sayuran ke Selo. 

Harga Tiket via Suwanting

Rp.3000/orang

Harga Parkir Rp.5000/motor 

Harga Parkir Rp.20.000/mobil

Harga Tiket via Wekas & Selo

Rp.10.000/orang per hari

Harga Parkir Rp.3000/motor 

Harga Parkir Rp.10.000/mobil

 

14. MELIHAT KEUNIKAN RUMAH KAMERA YANG PUNYA BANYAK CERITA

Setelah lelah mengunjungi Candi Borobudur, cobalah untuk melipir sedikit untuk melihat keunikan Rumah Kamera. Terletak hanya sekitar 800 meter dari Candi Borobudur, rumah ini memiliki banyak kesenian unik dan pastinya jadi tempat yang cocok untuk kamu ber-selfie ria! 

via instagram.com/oeding.ding

via instagram.com/didiet15

Seperti namanya, Rumah Kamera memang berbentuk kamera DSLR dengan lensa tele yang panjang. Rumah ini dibuat oleh seniman asal Semarang yaitu Tanggol Anggien Jatikusumo sebagai galeri sekaligus sekolah lukis. 

via instagram.com/agungwahyun

via budgetdolan.blogspot.co.id

Rumah Kamera pun berisikan karya Tanggol berupa lukisan maupun gambar. Kamu bisa menikmati seni hasil karya beliau dan jika beruntung, kamu bisa bertemu langsung dan berbincang mengenai karyanya. Di dalam rumah ini pun terdapat beberapa spot foto seperti 3D trick art yang pastinya nggak boleh kamu lewatin. 

via instagram.com/qqrizkiamelia

via instagram.com/natalieiskandar

via instagram.com/erickadhitama

Uniknya dari Rumah Kamera, kamu bisa melihat berbagai keindahan alam seperti megahnya Gunung Merapi, Merbabu dan Sumbing dari Puncak rumah berlantai empat ini. Yuk ajak teman-temanmu untuk melihat keunikan Rumah Kamera! 

via instagram.com/aryofebian

via instagram.com/mr.kuy

 

Detail Informasi

Lokasi

Jl. Majaksingi, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Rute 

Dari Candi Borobodur lurus terus ke arah selatan. Rumah Kamera ada di sekitar 800 meter kiri jalan.

Harga Tiket 

Rp.15.000/orang

Buka hari Selasa-Minggu pk. 08.00 – 17.00 WIB. 

 

15. MENGUNJUNGI KECANTIKAN CANDI BOROBUDUR YANG NGGAK PERNAH PUDAR

Siapa yang nggak kenal dengan Candi Borobudur? Kemegahan dan kecantikannnya sudah terkenal hingga mancanegara. Nggak heran kalau candi ini jadi salah satu keajaiban dunia dan ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1991.

via instagram.com/bayuariss

via instagram.com/bayuariss

Candi Borobudur mulai dibangun sekitar tahun 800 Masehi oleh Wangsa Syailendra dengan gagasan Raja Samaratungga. Candi ini pun selesai dibangun pada masa pemerintahan Raja Pramudiawardani dan memerlukan waktu sekitar 70 tahun. Candi Borobudur memiliki 504 arca patung Buddha dan 2.672 panel relief yang merupakan cerita bergambar tentang kehidupan masyrakat Jawa kuno. 

via keepcalmandcurryon.wordpress.com

via instagram.com/dougrussellart

via instagram.com/thomasbenmetan

via instagram.com/pipphoo

Bukan hanya sebagai warisan budaya, dari Candi Borobudur kamu juga bisa melihat berbagai pesona alam yang begitu indah. Kamu bisa melihat sunrise yang magis dan berbeda dengan tempat lainnya. Kamu harus bangun lebih pagi sekitar jam 04.00 - 04.30 WIB supaya bisa melihat sunrise ini. Jangan lupa mengabadikannya ya! 

via instagram.com/sukaliburan

via instagram.com/nois7

 

Detail Informasi

Lokasi

Jl. Badrawati, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Rute 

Dari Yogyakarta transit di Terminal Bis Giwangan kemudian menggunakan transportasi bus jurusan Terminal Borobudur. 
Dari Semarang, naik bus jurusan Yogyakarta, kemudian turun di terminal Magelang, lalu ambil bus menuju Terminal Borobudur. 

Sesampainya di Terminal Borobudur, bisa lanjutkan dengan menaiki becak atau dokar menuju Pelataran Candi Borobudur. 

Harga Tiket 

Wisatawan lokal Rp.40.000/dewasa dan Rp20.000/pelajar dan anak uia 4-6 tahun.

Wisatawan mancanegara USD25.

 

16. SERUNYA CURUG GRENJENGAN KEMBAR YANG NGGAK MUNGKIN HAMBAR

Dikelilingi oleh banyak gunung, menjadi Magelang memiliki banyak air terjun yang indah. Salah satunya adalah Curug Grenjengan Kembar yang terletak di tengah kawasan hutan pinus milik Taman Nasional Gunung Merbabu. Sesuai dengan namanya, Curug ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan dan hanya berjarak sekitar 30 meter. 

via instagram.com/matoibra

via instagram.com/andilumutt

via instagram.com/ashari.riri

Sumber air Curug Grenjengan Kembar sendiri berasal dari anak sungai Cebong dari lereng Gunung Merbabu. Tinggi kedua air terjun pun tidak jauh berbeda, air terjun pertama sekita 12 m (sampai tingkat satu) dan 2 m (menuju tingkat kedua), sedangkan air terjun kedua sekitar 18 m. 

via instagram.com/danaprasetyaa

via instagram.com/gunadieko

Selain memfoto keindahan Curug Grenjengan Kembar, jangan lupa untuk menikmati ketenangannya dengan duduk-duduk di bebatuan yang ada di sekitar air terjun. Kamu juga bisa kok berenang di Curug, jadi jangan lupa bawa baju ganti ya. Hawa sejuk pegunungan dijamin buat kamu betah berlama-lama di sini. Yuk, siapkan dirimu untuk bertualang ke Curug Grenjengan Kembar! 

via instagram.com/ashari.riri

via instagram.com/fasius.anggit

 

Detail Informasi

Lokasi

Dusun Citran, desa Muneng Warangan, kecamatan Pakis, kabupaten Magelang. 

Rute 

Dari Jogjakarta mengambil jalan menuju Magelang, sesampainya di lampu lalu lintas Mas Artos (Armada) ambil jalan ke arah Kopeng melewati terminal Bukit Tidar. Lampu lalu lintas terminal ambil kanan ke arah jalan raya Kopeng. Ikuti jalan sampai pertigaan yang ada papan petunjuk makam. Ambil kiri (jalan menurun) lalu ikuti jalan tersebut sampai menemukan papan petunjuk Curug Grenjengan Kembar. 

Harga Tiket 

Gratis 

Harga Parkir

Parkir Motor Rp3.000

Parkir Mobil  Rp10.000

 

Keindahan dan keeksotisan kota Magelang menawarkan banyak tempat wisata untuk kita jelajahi. Jadi, tunggu apa lagi? Daripada bingung dengan kerjaan, mending kamu bertualang ke Magelang! 


Penulis
Penulis Prita Hersty
Pecinta coklat dan alpukat. Kadang susah diurus dan misi untuk mencari dinosaurus.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.