Best of Indonesia - 81 Hits

Punya bucketlist wisata yang gak terbatas jumlahnya alias banyak banget tapi kebentur dengan kenyataan bahwa gaji kamu terbatas? Jangan sedih apalagi bimbang. Cara paling ampuh untuk mengatasi gaji kecil gak selamanya dengan resign dari kantor lama dan mencari kantor baru yang bisa ngegaji kamu dua kali lipat. Kamu bisa tetap bekerja di kantor lama kamu yang super nyaman itu dan meluangkan sedikit waktu istirahatmu untuk bekerja sambilan. Memang sedikit capek tapi kamu gak perlu sampai menumbalkan rasa sayang kamu dengan kantor lama demi terlaksananya bucketlist kamu. Nah, berikut Tamasyeah sudah rangkum 6 side job untuk kamu mengumpulkan uang bekal traveling.

 

1. KAMU SUKA BELANJA ONLINE? JADI DROPSHIPPER AJA! 

Buat kamu yang belum tau dropshipper itu apa, sebenernya ini adalah pekerjaan dimana kamu menjual barang yang kamu gak pernah miliki. Perumpamaannya begini, jadi bayangkan kalau kamu menjual jam tangan secara online melalui marketplace seperti Shopee dan Tokopedia.  Jika kamu seorang dropshipper, kamu gak pernah memiliki stock jam tangan yang kamu jual tersebut melainkan cuma memajang foto dan deskripsi jam tangan tersebut dan ketika ada pesanan datang kamu akan langsung memesan jam tangan ke penjual online lainnya yang memiliki stock dan biarkan penjual lainnya tersebut yang akan mengirimkan barang yang telah di pesan. 

Menjadi dropshipper bisa sangat menguntungkan kamu loh karena tenaga yang kamu butuhkan gak terlalu banyak yaitu hanya sekadar melayani pertanyaan pelanggan dan membayarkan uang ke penjual asli ketika transaksi sudah berhasil. Sisanya, biarkan si penjual asli yang urus!

via artaloka.id

 

2. BISA FOTOGRAFI? JUAL SAJA FOTO HASIL TRAVELING LEWAT ONLINE 

Traveling pasti tidak bisa lepas dari kamera dan foto. Apa pun momennya, harus diabadikan. Di mana pun berlibur, foto buat kenangan wajib ada. 

Nah, daripada koleksi foto hasil jalan-jalan hanya tersimpan di laptop dan memenuhi harddisk, jual saja foto-foto itu secara online. Pilih foto yang bagus dan menarik, dan pajang di situs khusus seperti Shutterstock, Istockphoto atau Dreamstime. Orang jadi tahu karya dan keahlianmu. Bonusnya, biaya buat bekal traveling bertambah. Senang, kan?

via wanderlust.co.uk

via checkfront.com

 

3. JADI TRANSLATOR BUAT KAMU YANG JAGO BAHASA ASING 

Kalo kamu jago bahasa Korea, jangan cuma dimanfaatin buat nonton Drama Korea aja! Sudah saatnya kamu memanfaatkan keahlian kamu tersebut buat menghasilkan uang sebagai bekal travelling kamu. Bukan cuma bahasa Korea, tapi bahasa Inggris yang kebanyakan orang sudah pada bisa ternyata juga masih membutuhkan banyak translator-nya loh. Coba aja kamu googling kalau gak percaya. Ternyata opportunity kamu untuk memanfaatkan skill kamu ini ada banyak banget kan di Google?

via differencebetween.info

 

4. MENULIS ARTIKEL TRAVELING JUGA BISA DIJADIKAN TAMBAHAN DANA SEBAGAI BEKAL BERLIBUR 

Kamu bisa nulis sekali pun hanya diari? Nah, manfaatkan itu buat daftar jadi penulis artikel lepas. Sekarang ini, sudah banyak blog, web atau perusahaan jasa menulis artikel seberti Kkontenesia yang mencari penulis buat mengisi konten di tempat mereka. Lumayan loh. Sekali artikelmu terbit, 20-50 ribu sudah masuk kantong.  

Kalau kebetulan kamu sudah punya blog pribadi dan rutin menulis di sana, kamu bisa mendaftarkan blog kamu ke AdSense milik google. Nanti, uang akan datang sendirinya dan masuk ke rekening seiring banyaknya pengunjung dan tulisanmu di blog. 

via milesweb.com

 

5. PUNYA BANYAK WAKTU KOSONG? JADI TOUR GUIDE IDE BAGUS LOH! 

Sekarang apapun bisa jadi duit, percaya gak? Kayak Airbnb yang tadinya sudah men-duit-kan space kosong tak terpakai di rumah menjadi ruang penghasil uang dengan menyewakannya ke wisatawan yang berkunjung ke kota tempat kamu tinggal. Nah kerennya, sekarang Airbnb gak cuma bisa membantu kamu men-duit-kan ruangan kosong di rumahmu tapi juga men-duit-kan waktu kosong di kehidupan kamu. Ya, karena mereka sekarang membuka peluang kamu untuk menjual “Experience” dimana kamu akan meng-arrange tour dan menjadi guide untuk tamu-tamu kamu. Modalnya? Cuma waktu kosong yang mana pasti kamu punya di setiap weekend. Serunya lagi, selain uang, kamu bakal bisa jalan-jalan gratis, dapetin temen baru dan yang pasti dapetin experience menjadi representative dari kotamu sendiri. 

via canada.com

 

6. BANYAK YANG PESAN OLEH-OLEH SAAT JALAN-JALAN? MANFAATKAN SAJA DENGAN MEMBUKA 'JASA TITIP BARANG' 

Sudah jadi kebiasaan kalau ada orang pergi berlibur, pasti oleh-oleh yang diminta. Tetapi, mereka yang minta buah tangan, gak memberimu uang saku. Rugi bandar dong kalau menuruti keinginan mereka nantinya. Padahal mungkin aja kamu harus bayar bagasi ekstra karena barang titipannya makan banyak tempat di koper kamu. Karena itu, manfaatkan permintaan mereka dengan membuka ‘jasa titip oleh-oleh’. 

Lumayan, kan dengan memberi tambahan biaya 20% dari setiap barang yang mereka titip, kamu juga bisa membeli oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Kantong gak akan terkuras, justru akan bertambah isinya. 

via chinadaily.com.cn

 

Itulah enam daftar kerja sampingan yang bisa kamu coba untuk mengumpulkan uang sebagai bekal travelling. Kalau kamu tertarik buat mencoba yang mana? 


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.