Best of Indonesia - 297 Hits

Kepenatan hidup di kota besar sudah sukses membuat traveling menjadi agenda wajib untuk kakak-kakak perkotaan. Enggak mesti mahal, liburan dengan budget mepet pun sangat mungkin loh buat dilakukan. Buat kamu yang masih ragu-ragu, coba simak beberapa kiat traveling on budget yang bisa kamu lalukan. Here we go!

 

1. ENGGAK PERLU PERGI JAUH, JADILAH SEDIKIT TEKUN DALAM MENEMUKAN INFORMASI TENTANG HIDDEN GEM YANG MASUK DALAM JANGKAUAN 

Memang, yang namanya traveling pasti selalu inginnya pergi ke tempat jauh karena kamu pasti berasumsi bahwa kalau ingin pergi ke tempat baru yang belum pernah dikunjungi ya haruslah main ke tempat yang jauh sekali. Padahal, kenyataanya kamu hanya membutuhkan sedikit kejelian dalam melihat dan mencari informasi seputar hidden gems di sekitar kotamu. Karena nyatanya memang sekarang ini banyak banget tempat wisata-tempat wisata yang bahkan mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya dan hanya berjarak 50 km dari rumah kamu, seperti misalnya Danau Quarry & Jacuzzi Alami Gunung Peyek yang keduanya berlokasi hanya 50 km dari Jakarta.

via dillijourney.blogspot.co.id

via wisatalengkap.com

Dengan memilih destinasi wisata yang dekat sebenarnya kamu sudah melakukan penghematan pada sisi transportasi bahkan penginapan, kan?

 

2. HEMAT DI AWAL DENGAN MEMILIH PENGINAPAN LOW BUDGET 

Hal yang harus kamu lakukan setelah memutuskan kapan dan kemana kamu akan traveling adalah memilih penginapan. Biasanya budget penginapan akan sangat menguras isi kantong paling banyak. Untuk menekan pengeluaran pada akomodasi ini, kamu bisa memilih jenis penginapan dengan harga yang bersahabat. Jika kamu akan melakukan solo traveling, pilihlah penginapan jenis hostel. Dengan fasilitas yang cukup lengkap dan harga yang dicharge per orang, penginapan dengan jenis ini akan sangat membantu kamu dalam meminimalisir pengeluaran kamu selama traveling.

via chez-bon.com

Nah, kalo kamu jalan-jalannya dengan jumlah orang yang banyakan, kamu bisa mencoba AirBnb. Meskipun harganya akan lebih mahal dari tipe hostel, tapi AirBnb ini akan jauh lebih ekonomis untuk trip rombongan. Coba deh cek 14 AirBnb unik di Bandung ini yang punya kapasitas lebih dari 5 orang dengan harga yang enggak sampai sejuta. Sudah pasti bakal membantu kamu menghemat salah satu cost terbesar saat traveling ini.

via airbnb.com

 

3. GAK PERLU TIDUR DI MUSHOLLA UNTUK MENGINAP GRATIS. INI 2 CARA AMPUHNYA! 

Kalo kamu masih merasa bayar hostel atau menginap di AirBnb masih terlalu mahal dan menyedot sebagian besar biaya perjalananmu, sudah saatnya kamu buang jauh-jauh opsi untuk menginap di Musholla yang muncul di kepalamu. Karena, ada 2 cara yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk kamu tetap bisa bobok tanpa perlu dihantui mimpi buruk tabungan jebol. Kamu bisa gabung di komunitas online traveling yang memberikan tempat menginap gratis bagi siapapun dari seluruh dunia seperti Couchsurfing, Hospitalityclub, BeWelcome dan masih banyak lagi. Melalui komunitas-komunitas online ini kamu enggak cuma akan mendapatkan sebuah kamar full AC, atau paling minimun sebuah kasur lantai secara cuma-cuma, tapi juga akan merasakan pengalaman living with local yang enggak bisa dihitung dengan uang sama sekali.

via pelancongatlas.wordpress.com

Kalau kamu terlalu malas untuk bergabung dengan komunitas online, cara kedua adalah dengan datang ke rumah singgah traveler yang sudah banyak muncul di daerah-daerah di Indonesia seperti Manado, Lombok, Bali, Banyuwangi, Malang, Flores & Jogja. Di rumah singgah ini, tentunya kamu enggak cuma dapet kenyamanan tidur aja tapi juga pengalaman dalam berkontibusi terhadap lingkungan sosial seperti volunteer kepedulian membaca bagi anak-anak. Dan yang pasti, bermalam di rumah singgah ini 100% gratis.

via travelingyuk.com

 

4. HARUS JELI DALAM MENENTUKAN BUDGET TRANSPORTASI 

Supaya bisa berhemat, dalam menentukan tempat menginap kamu harus mencari lokasi yang strategis. Misalnya, pilih tempat menginap yang dekat dengan halte bus atau stasiun kereta. Untuk lebih hemat lagi, utamakan pilih tempat menginap yang dekat dengan destinasi utama kamu. Jadi kamu cukup berjalan kaki dan enggak harus menggunakan transportasi umum. Dengan begitu kamu akan lebih banyak menghemat biaya untuk transportasi. 

via instagram.com/explorebali

Kalau kamu terlanjur memilih tempat menginap yang kurang strategis lokasinya, enggak usah khawatir karena kamu masih tetep bisa menghemat budget transportasi dengan join komunitas Nebengers, semacam komunitas online yang memberikan tumpangan gratis buat siapa aja dengan jarak tumpangan yang biasanya meliputi dalam kota. Tapi, kalau kamu beruntung, kamu bisa dapetin tumpangan ke luar kota dengan cuma memberikan susu kotak atau secangkir kopi Starbucks!

via twitter.com/nebengers

Tapi sayangnya, komunitas Nebengers ini belum ada di semua kota di Indonesia. Jadi, kalau kamu traveling ke tempat yang belum terjangkau komunitas ini, kamu harus lebih jeli dalam menghitung biaya transportasi. Seperti misalnya, untuk beberapa lokasi ternyata dengan kamu menggunakan transportasi online atau bahkan menyewa kendaraan akan jauh lebih hemat daripada kamu harus menggunakan transportasi umum, dengan mempertimbangkan waktu dan tenaga yang akan banyak kamu buang sehingga akan membutuhkan pengeluaran tambahan untuk kamu membeli makan selama perjalanan. 

via miandering.wordpress.com

 

5. CICIPI MAKANAN LOKAL ANTI MAHAL 

Jalan-jalan gak akan afdol kalo gak wisata kuliner masakan khas daerah setempat. Selain punya pengalaman baru, mencicipi makanan lokal ini juga bisa membantu kamu untuk mengurangi budget liburan loh. Jangan buang-buang uang lagi dengan pergi ke restoran, karena biasanya ada banyak tempat makan sederhana yang menyediakan makanan serupa dengan harga yang jauh lebih murah.

via food.idntimes.com

 

6. SELALU SEDIA CAMILAN MANIS DI TASMU 

Aktivitasmu saat berlibur pasti banyak membuang energi. Untuk mencegah lapar dan keinginan kamu untuk membeli makanan diluar jam makan, kamu harus selalu sedia makanan manis di tasmu. Selain dapat menunda lapar sampai jam makan tiba, makanan manis juga dapat meningkatkan energi pada tubuh. Bawa selalu makanan manis yang praktis seperti coklat di tasmu ya! Dijamin enggak ada budget tambahan untuk mengenyangkan rasa lapar yang datang tiba-tiba.

via weheartit.com

 

7. MEMBUAT RUTE PERJALANAN 

Sebelum kamu berlibur, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat berliburmu. Buatlah rute perjalanan yang akan kamu kunjungi. Hal ini sangat penting untuk merencanakan budget yang akan kamu keluarkan selama berlibur. Destinasi yang sudah terancang dengan baik akan meminimalisir pengeluaran bugdet tambahan yang enggak diperlukan.

via weheartit.com

 

8. TETAP EKSIS DI OBJEK WISATA GRATIS  

Selama traveling kamu pasti ingin mengunjungi banyak tempat yang lagi hits dan Instagramable. Coba cek lagi budget kamu! Jangan sampai jumlah uang yang kamu keluarkan akan melebihi anggaran ya! Coba akali dengan mengunjungi objek wisata yang memungkinkan kamu untuk masuk secara gratis, seperti taman kota, hutan atau museum gratis. Bisa lebih hemat dan tetep update foto kece! Untuk Jakarta sendiri misalnya, ada sekitar 18 wisata gratis dan menyenangkan yang bisa kamu lakukan selama melakukan kunjungan ke Jakarta.

via tempo.co

 

9. MEMBAWA UANG SECUKUPNYA 

Jika kamu gak mau mengeluarkan banyak uang, bawalah uang secukupnya. Cara yang satu ini adalah cara paling jitu agar kamu tetap mengatur setiap pengeluaran sesuai dengan budget yang sudah ditentukan. Kamu enggak akan berlebihan dalam membeli sesuatu karena uang yang kamu bawa sudah memiliki pos masing-masing. 

via smart-money.co

 

10. BUKA JASA TITIP BARANG UNTUK TAMBAHAN UANG 

Kalau mau dapat uang tambahan selama perjalanan, kamu bisa memanfaatkan tren yang lagi hits sekarang ini yaitu membuka jasa titip. Dengan membuka jasa titip barang ini, kamu bisa mendapatkan upah dari besaran budget barang yang dititipkan. Kamu hanya tinggal meluangkan waktu untuk membeli barang titipan di sela-sela kamu mencari barang yang ingin kamu beli juga serta meluangkan sedikit ruang di koper atau tasmu untuk menampung barang titipan ini. Biasanya, untuk memberitau teman kalau kamu akan traveling dan membuka jasa titip barang kamu bisa mem-post-nya melalui sosial media kamu atau kalau ingin mendapatkan jangkauan yang lebih luas kamu bisa daftarkan dirimu di komunitas titip brang seperti Bistip.

via qmfinancial.com

 

Itu dia ke 10 kiat hemat yang bisa kamu lakukan selama traveling. Sekarang kamu bisa terapkan dan enggak pusing dompet bakal jebol sepulang liburan nanti. Selamat berlibur! Semoga liburanmu menyenangkan!


Penulis
Penulis Adinda Almira Pithaloka
Penikmat melodi, penganggum Haruki Murakami, pecinta teh Camomile, malam dan hujan.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.