Best of Indonesia - 199 Hits

Tiket murah, siapa sih yang nggak mau? Semua pasti pingin, terutama para traveller yang punya sederet bucketlist buat ditunaikan. Sayang kan kalau budget yang tersedia habis cuma buat tiket. Yang ada, bukannya enjoy liburan, kamu malah ketar-ketir gara-gara takut sepulang liburan dikejar-kejar tagihan kartu kredit. 

Nah, kali ini ada 8 tips menarik untuk mendapatkan tiket murah. Mau tahu? Cek ulasan berikut!

 

1. PAKAILAH INCOGNITO WINDOW 

Terlalu seringnya berberburu tiket, menyebabkan cookie tersimpan di browser. Alhasil, harga yang didapat lebih mahal dan akan terus naik karena jasa penyedia tiket online yang kamu gunakan telah merekam historical behaviour kamu dalam mencari tiket dan kamu sudah diidentifikasikan sebagai orang yang membutuhkan tiket. Makannya harga tiket akan menjadi mahal.

Buat mengatasi itu, kamu bisa coba pakai incognito window atau private browsing saat mencari tiket. Kelebihan browser ini bisa menghapus cookie di setiap kali browsing. Jadi, tidak akan ada history apa pun sewaktu mulai berburu tiket di lain hari. Hasilnya? Tiket murahlah yang bakal diperoleh. 

Panduannya, cukup tekan Ctrl+shift+N secara bersamaan kalau browser yang kamu gunakan Google Chrome. Berbeda jika Mozilla Firefox yang kamu pakai. Tekan Ctrl+Shift+P bersamaan untuk membuka jendela privat.

via ksassets.timeincuk.net

 

2. JANGAN BELI TIKET BANYAK SEKALI PUN PERGI ROMBONGAN 

Berniat pergi liburan rombongan? Kalau iya, jangan beli tiket barengan. Yang ada, bukannya dapat harga murah, malah mahal jatuhnya. 

Kenapa bisa begitu? 

Simpelnya, harga tiket itu juga dipengaruhi letak bangku duduk. Misal nih, tempat duduk yang ada di bagian belakang dekat mesin, harganya pasti lebih murah dibanding yang lain. Karena apa? Orang malas dengar suara mesin yang berisik. 

Nah, hubungannya dengan rombongan, misal cuma ada sisa dua tiket harga murah, sisanya mahal. Kalau kamu mencari untuk tujuh orang sekaligus, pasti kenanya yang mahal semua. Beda kalau mencari terpisah. Dua orang akan dapat harga miring, sisanya harga mahal. 

via guratankaki.wordpress.com

 

3. GUNAKANLAH BANDARA 'PALSU' 

Bandara ‘palsu’ bukan berarti bandara bohongan yang enggak ada bentuk fisiknya, ya. Tetapi bandara alternatif yang dekat dengan destinasi tujuan kamu. Harga tiket pasti akan lebih rendah dari harga yang diarahkan ke tujuan langsung. 

Contohnya ya saat kamu mau pergi ke Lampung dari Jogja. Belilah tiket tujuan Jakarta, dan perjalanan disambung dengan bus tujuan Lampung. Tapi ingat, cek ongkos perjalanan dari Jakarta ke Lampung dulu. Pastikan cara ini lebih murah hasilnya dibanding beli tiket langsung ke Lampung. 

via nationalgeographic.co.id

 

4. GABUNG ATAU SUBSCRIBE KE BROADCAST-BROADCAST TIKET MURAH MELALUI WHATSAPP 

Sekarang ini sudah banyak banget muncul reseller-reseller kecil yang menjual tiket-tiket promo dengan harga miring. Biasanya, para reseller ini menggunakan loyalty poin dari maskapai untuk mendapatkan harga murah kemudian menjualnya kembali melalui jaringan broadcast di Whatsapp. Para reseller ini secara rutin mengupdate promo terbaru dalam jangka waktu mingguan bahkan harian. Dengan bergabung atau subscribe ke reseller-reseller ini dijamin kamu akan lebih mudah mendapatkan tiket murah karena notifikasi mengenai adanya promo ini langsung masuk ke aplikasi chatting yang paling sering kamu gunakan.

via liputan6.com

 

5. PESAN DARI JAUH-JAUH HARI 

Liburan pasti sudah kamu rencanakan sejak jauh-jauh hari, kan? Begitu pun berburu tiket. Lakukan itu paling minimal 60 hari sebelum hari keberangkatan untuk tujuan domestik dan 150 hari dengan tujuan mancanegara. Waktu pembelian tiket ini sangat berpengaruh mengingat ketika jauh-jauh hari demand terhadap jurusan yang kamu inginkan belum sebesar ketika saat-saat last minute sehingga tiket akan lebih murah jika dibeli saat jauh-jauh hari. Kalau tiket sudah di tangan, sisa waktu yang ada bisa kamu manfaatkan buat mempersiapkan segalanya. Baik perlengkapan, akomodasi, ataupun urus izin cuti. Ketika hari H tiba tinggal berangkat saja dan menikmati liburan. 

Tapi sebenarnya rumus ini belum sepenuhnya benar. Karena pada beberapa kasus justru tiket yang dibeli saat last minute memiliki harga yang murah. Hal ini terjadi pada beberapa rute favorit yang sudah memiliki banyak penerbangan dan terjadi pada waktu low season sehingga banyak kursi kosong yang terpaksa dijual dengan ‘banting harga’.

via travelandleisure.com

 

6. BELI PADA SAAT PEMBUKAAN RUTE BARU 

Semakin banyak traveller yang mau menjelajah tempat baru, maka semakin banyak pula rute-rute baru dibuka. Nah, itulah waktu yang tepat buat kamu mendapatkan tiket murah. Biasanya maskapai akan memberikan diskon besar-besaran setiap pembukaan rute baru sebagai bagian dari biaya promosi mereka untuk menciptakan efek viral di masyarakat.  Sudah banyak traveller yang mendapatkan keuntungan dari pembukaan rute baru ini karena mendapatkan tiket murah yang bahkan enggak masuk akal harganya. Seperti misalnya, ketika Air Asia membuka rute baru Kuala Lumpur – Hawaii pada awal 2017, harga tiket yang dibanderol saat itu hanya Rp 2,7 juta PP dimana harga aslinya bisa mencapai Rp 15 juta PP. Jauh banget kan bedanya?

via amazonaws.com

 

7. BELI PADA SAAT PROMO BERLANGSUNG 

Sewaktu momen spesial berlangsung, saat itulah promo terjadi. Misal, saat hari kemerdekaan atau ulang tahun maskapai. Nah, manfaatkan momen itu buat berburu tiket. Buat tahu kapan promo diadakan, ikuti dan pantau terus akun media sosial maskapai penerbangan mana pun. Pantau juga semua OTA yang kamu ketahui. Jangan lupa untuk jadi member. Itu juga bisa memberi keuntungan tersendiri, karena member akan mendapat pemberitahuan lebih cepat mengenai promo dibanding pengguna biasa. 

via kafila-travel.blogspot.co.id

 

8. IKUTI TRAVEL FAIR 

Datang ke travel fair juga bisa jadi cara buat dapat tiket di bawah harga rata-rata. Di sana, OTA (online travel agent) atau pihak maskapai pasti bakal ngasih diskon super gede. Manfaatkan itu. Di sana kamu juga bisa ngatur akomodasi dan perjalanan pulangnya. Enak, kan? Sekali mendayung, tiga pulau terlampaui. 

Sedikit tips buat kamu untuk bisa bawa pulang tiket murah dari travel fair karena banyak banget mereka yang datang ke sana bawa harapan besar akan tiket murah tapi pulang dengan tangan hampa. Sebelum mengunjungi travel fair, kamu sudah harus mempunyai destinasi pasti yang ingin kamu kunjungi. Hal ini untuk menjaga kamu agar fokus pergi dari satu booth ke booth lainnya untuk mendapatkan tiket dari destinasi tersebut. Karena kenyataanya pada saat travel fair berlangsung kamu akan mendapatkan kondisi yang rame dan chaos banget ditambah dengan promo yang bertebaran di sana-sini yang membuatmu harus ekstra fokus agar tujuan kamu tercapai. 

via banjarmasin.tribunnews.com

 

Kalau sudah mengantongi tips buat dapetin tiket murah, sekarang saatnya kamu tentuin destinasi yang pingin kamu kunjungi dari sederet bucketlist yang kamu punya. Tapi perlu diingat ya, sebelum membeli tiket murah semua rencana perjalanan kamu haruslah sudah matang. Jangan pernah impulsif dan tergoda promo dari rute yang sebenarnya enggak kamu pinginin banget karena kebanyakan akan berujung pada gagal berangkat dan kerugian akibat tiket hangus engga bisa dikembalikan. Selamat mencoba dan semoga beruntung! Kalau merasa artikel ini bermanfaat, bantu share yaa!


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.