Best of Indonesia - 222 Hits

Buat kamu yang punya budget pas-pasan tapi tetep mau menjelajahi kekayaan wisata tanah air tercinta. Tenang, sekarang liburan gak harus mahal dan menghabiskan tabungan. Ada juga kok wisata murah di Indonesia yang bisa didatangi dengan budget minim.  Simak aja artikel berikut tentang 6 wisata murah Indonesia yang bakal amanin kantong kamu dari kebokekan.

 

1. BERBURU SUNRISE DI TEBING BREKSI, YOGYAKARTA 

Berbudget minim, kamu tetap bisa menghabiskan masa liburan di tebing batu berstruktur mirip Grand Canyon ini. Menikmati keindahan panorama sunrise dan lanskap Candi Prambanan dari tempat ini akan nyiptain suasana yang magis. Makin lengkap dengan kehadiran sosok Gunung Merapi yang megah serta lanskap kota Yogyakarta dari puncak tebing yang bakal bikin kunjungan ke sini jadi berkesan banget. Siapa coba yang gak mau? Apalagi kalau biaya masuknya gratis, cukup membayar uang parkir sebesar dua ribu rupiah aja. Menggoda, ya? 

via jogjaspace.com

via jogjaspace.com

via kompas.com

 

2. SURGA TERSEMBUNYI PESELANCAR : PANTAI TANJUNG SETIA, LAMPUNG 

Meski budget minim, kamu tetap bisa menikmati asyiknya berselancar di atas ketinggian ombak 5-7 meter sepanjang 200 meter. Pantai Tanjung Setia ini sudah diakui kehebatan ombaknya oleh para peselancar dunia, lho. Belum lagi pemandangan matahari terbenam yang terlihat sewaktu berselancar. Sayang buat dilewatkan.  Walaupun pantai ini super indah dan bertaraf internasional, jangan khawatir semuanya masih serba terjangkau kok dan aman untuk kantong kamu.  

via gardanasional.id

via ragamwisataid.blogspot.com

 

3. TELUK KILUAN YANG BERKILAU LUMBA-LUMBA, LAMPUNG 

Bergeser sedikit dari Pantai Tanjung Setia, kamu akan menemukan sebuah tempat dimana ratusan lumba-lumba biasa muncul dan menari untuk menghibur para traveler. Asyiknya, tempat ini bukanlah taman buatan tapi alami dan merupakan habitat asli para lumba-lumba ini. Nama tempatnya adalah Teluk Kiluan. Salah satu wisata murah di Indonesia yang terletak di Lampung ini menyajikan pemandangan aktivitas lumba-lumba di pagi hari sewaktu mereka mencari makan. 

via gardanasional.id

Cukup mengeluarkan seratus ribu rupiah saja untuk menyewa perahu ketinting, atraksi ratusan bahkan ribuan lumba-lumba di tengah laut sudah ada di depan mata. Gak jarang mereka bakal menyapa penumpang kapal dengan mengelilinginya. Lucu banget deh pokoknya!

via panduanwisata.id

 

4. KABUT AIR DAN KEMULAU WARNA-WARNI AIR TERJUN TELUN BERASAP, KERINCI 

Sesuai namanya, Air Terjun Telun Berasap memiliki daya tarik pada bayang kabut yang muncul setiap kali air jatuh mengenai batu di bawahnya yang kalo diperhatikan terlihat seolah-olah seperti asap. Cipratan air sehalus asap yang tercipta dari jatuhnya debit air yang deras dari ketinggian lima meter ini akan memancarkan warna-warni pelangi saat matahari menyorot. Selain itu, konon sebuah goa pun tersembunyi di balik air terjun ini.  

via wonderfuljambi.blogspot.co.id

 

5. PACU ADRENALIN DI LAVA TOUR MERAPI, YOGYAKARTA 

Suka wisata adventure yang memacu adrenalin? Kalo iya, maka wajib hukumnya buat kamu mencoba salah satu tour paling menantang yang ada di Gunung Merapi, yaitu Lava Tour. 

Berbekal uang pas-pasan, kamu bisa ikut Lava Tour sama teman se-gank dan berkeliling kawasan Merapi yang gersang dan keliatan seperti bukan di bumi. Cukup bayar 350 ribu rupiah, kamu sudah bisa melihat Merapi dari dekat. Bahkan, kalau bisa bangun pagi, kamu bisa menikmati sunrise di puncak gunung. Worth it banget pokoknya!

via jogjaspace.com

via lavatourmerapi.blogspot.co.id

via tryveling.com

 

6. TEMUKAN KEDAMAIAN DI BAWAH TABURAN BINTANG RANU KUMBOLO, SEMERU 

Wisata selanjutnya cocok buat kamu yang ingin menjemput damai. Di Danau Ranu Kumbolo, ribuan bintang bisa dilihat dengan mata telanjang. Suasana hening serta udara yang super dingin akan membuat suasana ketika kamu menikmati taburan ini terasa sangat syahdu. Gak cuma itu, kamu pun bisa melihat jalur matahari terbit di antara dua bukit yang ada di depan danau penuh misteri ini. Semburat oranye bakal menyapa kamu secara perlahan hingga akhirnya si matahari tampak bulat sempurna. 

via penulispro.net

via kayuhadventure.wordpress.com

via indonesia-tourism.com

 

Nah, itu tadi ulasan singkat 6 wisata murah di Indonesia. Mana yang menurut kamu paling menarik buat dikunjungi?


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.