Bangka Belitung - 1304 Hits

Tau gak sih, Pulau Belitung atau yang lebih dikenal oleh masyarakat luas adalah Pulau “Laskar Pelangi” ini menyimpan banyak destinasi untuk para traveler. Ada pantai, danau, air terjun, dan masih banyak lagi spot yang gak akan cukup jika dieksplor dalam waktu singkat. Nah pokoknya belum ke Belitung kalau belum ke 22 tempat wisata berikut ini, check yuk !

 

1. KUPAS TUNTAS BATU MENTAS : DARI MULAI BERTEMU TARSIUS SAMPAI PUAS MANDI DI AIR TERJUN

Tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi karena kebanyakan orang mengetahui Belitung hanya keindahan pantai dan pulaunya saja. Padahal ada loh tempat indah lainnya, yaitu Batu Mentas ini. Perlu kamu tau, selain memiliki nilai wisata, Batu Mentas juga merupakan tempat penangkaran hewan langka di dunia yaitu Tarcius Bancanus Saltator dan rusa Belitung yang hampir punah. 

via ediginting.com

via mugworth-leaf.com

via mugworth-leaf.com

 Setelah puas haha-hihi sama Tarsius dan Rusa Belitung, saatnya kamu seru-seruan dengan main air di aliran sungai dan air terjun yang ada di sini. Karena masih alamai, airnya kerasa seger banget, dijamin hati kamu bakalan langsung adem.

via wonderfulbelitung.com

via belitong.wordpress.com

via beautifulbelitung.com

Gak usah takut kemalaman, di dalam Batu Mentas sudah disedian penginapan berkonsep glamping. Menginap di sini bakalan memaksimalkan pengalaman kamu menjelajah hutan di Batu Mentas ini.

via dispar.belitungkab.go.id

 

Detail Informasi

Rute : Dapat di akses melalui Kota Tanjung Pandang selama 30 menit menggunakan kendaraan.

Alamat : Desa Kelekak Datuk, Kecamatan Badau, Belitung Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Biaya : Untuk masuk biayanya Rp10.000 untuk menginap range biayanya mulai dari Rp400.000-850.000/malam.

 

2. MENELUSURI MISTERI DI BALIK GOA NEK SANTEN

Kamu suka menjelajah keindahan tersembunyi? Nah mungkin salah satu tempat wisata alam yang cocok buat kamu adalah Goa Nek Santen. Goa ini menyimpan banyak misteri. Jika kamu masuk ke dalam goa itu, kamu bakalan menemukan banyak banget kelelawar di dalamnya. Serunya lagi, goa ini juga dikelilingi oleh hutan sekitarnya yang akan menambah kesan “adventurous” saat mengunjunginya.

via satu-indonesia.com

via picssr.com

Tempat wisata yang satu ini bener-bener menantang, bukan hanya menyimpan banyak misteri tapi juga karena seperti penamaannya, goa ini menyimpan legenda dari seorang wanita paruh baya yang bernama Nek Santen yang hilang di dalam goa tersebut. 

via belitung.tribunnews.com

via indonesia-tourism.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh melalui transportasi darat yang dimulai dari Kota Tanjung Pandan selama ±45 menit. Setelah sampai kamu bisa berjalan kaki selama ±10 menit untuk menuju ke Gunung Kubing.

Alamat : Kaki Gunung Kubing di Desa Perpat, Kecamatan Membalong, Bangka Belitung.

Harga : Gratis

 

3. PUAS NIKMATIN BIRUNYA AIR LAUT DARI ATAS HINGGA BAWAH AIR DI PUAU LENGKUAS

 Pulau Lengkuas terkenal akan mercusuar ikonik bersejarah yang bernama “Mercusuar L.I Enthoven” yang merupakan mercusuar peninggalan zaman Belanda buatan tahun 1882, dengan ketinggian mencapai 50-60 m di atas permukaan laut. 

via youtube.com

via kmstour.com

Gak cuma itu aja, keindahan laut Pulau Lengkuas juga wajib tuh untuk kamu eksplor, hamparan laut biru terbentang disekitar pulau ini, formasi pohon kelapa yang berderet berhasil menambah kesan eksotis dari pulau ini dan untuk kamu yang hobi snorkeling atau diving, pulau ini memiliki spot yang bagus banget buat di telusuri.

via travelgad.blogspot.com

via breaktime.co.id

via Indonesia.tripcanvas.com

Kamu perlu tau nih, terumbu karang dan keindahan bahari di Pulau Lengkuas ini juga gak kalah menarik buat di eksplor, banyak banget jenis ikan warna-warni yang bisa kamu ajak main.

via traveling.wordpress.com

via indyamitha.wordpress.com

via travelingyuk.com 

Berkunjung ke Pulau Lengkuas gak lengkap kalo belum berfoto di mercusuar ikoniknya. Dari ketinggian sekitaran 50-60 m ini kamu membutuhkan sedikit usaha dengan naik tangga sebanyak 18 lantai, tapi  dijamin bakalan kebayar kok usaha kamu itu dengan pemandangan laut biru bergradasi sepanjang mata memandang alias 360 derajat! 

via tripadvisor.com

via instagram.com/indonesianbelitung

via instagram.com/tamasyeah

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh dari Kabupaten Belitung, menggunakan kapal motor, melalui Desa Tanjung Kelayang.

Alamat : JL. A. Yani, Lesung Batang, TJ. Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung.

Harga : Gratis, hanya sewa kapal saja mulai dari Rp350.000-500.000.

 

4. HIDDEN GEMS BELITUNG : DESA NELAYAN TANJUNG BINGA

Desa Tanjung Binga letaknya berdekatan loh dengan Pantai Tanjung Kelayang. Desa ini dihuni oleh para keturunan suku bugis yang kebanyakan bekerja sebagai nelayan tradisional. Bukan hanya cocok untuk kamu membeli ikan ikan hasil tangkapan nelayannya, ternyata spot di sini mantap banget loh buat nikmatin sunset atau sunrise.

via flickr.com

via vebma.com

via lostpacker.com

Apabila kamu berkunjung ke desa ini, kamu akan menyaksikan rutinitas penduduk ketika menjemur ikan, melihat aktivitas kapal nelayan yang lalu Lalang serta melihat keunikan rumah penduduk yang menjorok 100-meter ke arah pantai.

via Indonesia-tourism.com

via gettyimages.com

via tripadvisor.co.my

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh melalui pusat Kota Tanjung Pandan, menuju ke Tanjung Binga sekitar 30 menit.

Alamat : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

 

5. DAPATKAN VIEW TERBAIK DENGAN HIKING DI GUNUNG KUBING

Lanjut ya gengs, kamu suka hiking? Kalo kamu suka, tempat yang cocok buat kamu kunjungi ya Gunung Kubing ini. Gunung Kubing memiliki tinggi sekitar 325 mdpl dan mempunyai pemandangan alami yang wajib banget buat kamu telusuri. Tempatnya belum banyak terjamah sama manusia, jadi kesan natural dari Gunung Kubing ini bakalan kerasa banget.

via beautifulbelitung.com

via gobelitung.com

via the partofyourworld.blogspot.com

Salah satu hal ikonik dari tempat ini adalah pemandian di atas gunung. Walaupun perjalan menuju ke Gunung Kubing ini tergolong sulit, tapi dijamin kelelahan kamu bakal kebayar kok sama keindahannya. Karena kapan lagi coba kamu bias berendam setelah bersusah payah hiking dan asyiknya ditemani view super kece kayak gini?

via kumpulin-intips.blogspot.com

via Indonesia.tripcanvas.com

via belitungisland.com

Gak cuma itu loh, disana juga ada air terjun yang gak kalah indahnya untuk dikunjungi. Lengkap banget ya, ada pemandian yang super oke, pemandangan indah dan dibumbui dengan suara gemericik air terjunya. Pokoknya komplit!

via belitongupdate.com

via beautifulbelitung.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh melalui transportasi darat yang dimulai dari Kota Tanjung Pandan selama ±45 menit. Setelah sampai kamu bisa berjalan kaki selama ±10 menit untuk menuju ke Gunung Kubing.

Alamat : Desa Perpat Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Harga : Gratis

 

6. TERBUAI HEMBUSAN ANGIN DAN NYIUR MELAMBAI DI PANTAI LALANG 

Belitung memang memiliki keindahan pantai yang menakjubkan seperti Pantai Nyiur Melambai atau masyarakat sekita menyebutnya dengan nama Pantai Lalang. Pantai ini memiliki keunikan dimana terdapat deretan pohon kelapa yang berada di bibir pantai yang jika tertiup angin akan menimbulkan efek melambai-lambai. Itulah mengapa disebut dengan Pantai Nyiur Melambai.

via tempatwisatasekitar.blogspot.com

via maximindonesia.co.id

Karena Pantai Nyiur Melambai ini langsung menghadap ke Laut Jawa, jadi memliki tiupan angin yang cukup kuat yang membuat pohon kelapanya melambai-lambai. Karena tiupan anginnya yang sepoi ini banyak wisatawan yang berkunjung Cuma untuk leyeh-leyeh menikmati hidup. 

via jejaklangkahku.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh menggunakan kendaraan dari pusat kota Belitung Timur.

Alamat : Desa Lalang, kota Manggar Belitung Timur.

Harga : Rp10.000/orang.

 

7. MERASAKAN INDAHNYA BUKIT PANGKUAN

Ada yang suka Agrowisata?  Kalau kamu suka, mungkin Bukit Pangkuan yang ada di Belitung cocok buat kamu kunjungin. Bukit ini mengedepankan tema Agrowisata, cocok banget untuk destinasi wisata keluarga. 

via tripadvisor.co.id

Bukit dengan ketinggian mencapai 200 meter, serta luas perbukitan yang mencapai 120 hektar baru saja diresmikan sebagai tempat Agrowisata pada tahun 2013 yang lalu, tergolong tempat wisata baru yang ada di Belitung Timur.

via wisata-tanahair.com

via belitungisland.com

Bukit Pangkutan selain menyimpan keindahan pemandangan ala perbukitan, fasilitas yang diberikan juga lengkap kok. Sebagai tempat destinasi keluarga, pengelola menyediakan berbagai macam wahana permainan anak seperti, playground, outbond, bahkan kalau mau berenang disana juga ada loh.  

via rri.co.id

via belitungisland.com

via belitungisland.com

 

Detail Informasi

Rute : Aksebilitas dapat ditempuh dengan berkendara menggunakan mobil atau motor kok gengs, hanya memakan waktu 40 menit dari Bandara Tanjung Pandan.

Alamat : Desa Mentawak, Kelapa Kampit, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung.

Biaya : Masuk Rp.8.000/orang dan untuk wahana mulai dari Rp20.000-35.000

 

8. MENILIK KEINDAHAN LOKASI SYUTING LASKAR PELANGI DI PANTAI TANJUNG TINGGI

Kamu asti tau film Laskar Pelangi kan? Kalau tau pasti gak akan asing sama tempat yang satu ini, namanya Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini merupakan pantai ikonik yang ada di Belitung. Pantai yang menjadi tempat lokasi syuting film “Laskar Pelangi” menyimpan banyak keindahan buat kamu jelajahi dengan hamparan batu-batu granit super besar yang somehow photogenic banget.

via travel.kompas.com

via dakatour.com

via tripgabungan.com

Perlu kamu ketahui, Pantai Tanjung Tinggi ini memiliki Panjang ±100 meter, karena terbentuk seperti teluk, maka arus ombak di Pantai Tanjung Tinggi ini relatif tenang, cocok banget tuh buat yang suka olahraga air seperti jet ski atau sekedar berenang-berenang lucu dan leyeh-leyeh di pinggir pantai.

via limakaki.com

via villadibali.net

via reyginawisataindonesia.blogspot.com

Kalau udah puas main air, saatnya untuk foto-foto dengan memanfaatkan batu-batu granit besar ini sebagai background fotoan kamu.

via wi-satawisata.blogspot.co.id 

via idntimes.com

via instagram.com/belitung4backpacker

 

Detail Informasi

Rute : Sebaiknya anda menggunakan jasa tour and travel jika ingin menuju ke Pantai Tanjung Tinggi ini, sebab transportasi umum di lokasi ini tergolong cukup sulit.

Alamat : Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung.

Harga : Gratis

 

9. OPEN YOUR EYES, SAATNYA KAMU MELIHAT VIEW HIJAU YANG NYEGERIN DI TAMBANG OPEN PIT

 Pernah kebayang ada lokasi bekas penambangan yang jadi tempat wisata? Di Belitung ada loh namanya Tambang Open Pit. Tambang yang sudah gak lagi beroperasi sejak awal 1990an ini memiliki beberapa keunikan yang harus kamu liat. Gundukan tanah berlapis, serta hijaunya danau membuat tempat ini wajib masuk ke dalam daftar destinasi wisata kamu kalo main ke Belitung.

via goodnewsfromindonesia.id

via indonesiatripcanvas.com

via awalinfo.blogspot.com

via Belitung.tribunnews.com

Untuk bisa kesana dibutuhkan sedikit perjuangan nih, karena memang gak ada jalan khusus untuk kendaraan biasa, jadi kamu harus jalan kaki dengan medan yang cukup terjal. Namun jalur yang akan kamu tempuh itu worth the effort kok, banyak tumbuhan pakis-pakisan serta kantong semar yang bisa menghibur kamu selama perjalanan.

via belitong.wordpress.com

via visitbangkabelitung.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diaskses melalui Desa Senyubuk Kelapa Kampit sekitar 60 kilometer dari Tanjung Pandan, atau kamu bisa akses melalui Belitung Timur, melalui Kota Manggar sejauh 30 kilometer.

Alamat : Desa Senyubuk Kelapa Kampit, Belitung Timur.

Harga : Gratis

 

10. SUDAH TAHU KALAU DI BELITUNG ADA TEMPAT SEKEREN BUKIT BERAHU?

Katanya Bukit, kok jadi pantai? Nah memang seperti itu yang menjadi salah satu keunikan dari tempat wisata yang satu ini. Karena Bukit Berahu terletak di belakang perbukitan yang membuatnya berada di posisi tinggi sehingga kamu bisa melihat view pantai dari jauh. Konsep Bukit Berahu sendiri merupakan perpaduan antara Villa, Resto dan Pantai yang dijamin bakal bikin kamu betah buat lama-lama disini.

via wonderfulbelitung.com

Bukit Berahu ini udah terkenal banget, sampe wisatawan mancanegara aja udah tau pesona dari tempat wisata yang ada di Belitung ini. Kesan eksotisme dijamin bakal kamu rasain kalo berkunjung ke sini, hamparan pasir putih dan laut birunya dijamin bikin mata kamu berasa gamau kedip.

via tripadvisor.co.id

Disini kamu ga perlu kawatir bagaimana kamu makan dan menginap karena disini lengkap banget fasilitasnya, tinggal pilih aja mana fasilitas yang pas di budget kamu. Ada beberapa tipe penginapan disini seperti villa & cottage yang langsung menghadap ke arah pantai Bukit Berahu.

via wonderfulbelitung.com

via f4tim3.wordpress.com

via agoda.com

 

Detail Informasi

Rute : Bukit Berahu ini hanya berjarak 45 menit saja dari pusat kota Tanjung Pandan, atau jika kamu melalui bandara akan memakan waktu kurang lebih 1 jam menggunakan kendaraan biasa.

Alamat : Tanjung Binga, Sijuk, Provinsi Bangka Belitung.

Biaya : Untuk bisa menginap di villa atau coutage, dimulai dari Rp460.000/malam.

 

11. HABISKAN WAKTU DENGAN MELIHAT KEUNIKAN BURUNG BATU DI PANTAI TANJUNG KELAYANG

Kamu pernah meilihat burung batu? Kalo belum di Belitung ada loh burung batu yang menjadi ikonik di salah satu pantai terindahnya, yaitu Pantai Tanjung Kelayang. Pantai ini terkenal akan batu-batu granit super besarnya. Dan yang paling ikonik tentu saja batu yang seolah membentuk kepala burung yang ada di tengah pantai.

via sefyrabelitungtravel.com

via kebabelyuk.com

Seusai melihat burung batu ini, kamu bias lanjutkan kunjunganmu ke Pantai Kelayang ini dengan snorkeling secara pantai ini punya air laut yang super bening.

via rajakamarcom.blogspot.com

Seusai snorkelling jangan langsung pulang. Tunggu sampai matahari mulai kembali ke peraduan Karena sunset yang disuguhkan Pantai Kelayang dramatis banget.

via lihat.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh melalui jalur darat dari bandara H.A.S Hanandjoedin di Tanjung Pandang, kita bisa menggunakan taksi menuju pusat kota di Tanjung Pandan. Setelah itu baru kita menuju Pantai Tanjung Kelayang yang kurang lebih memakan waktu 45 menit.

Alamat : Kecamatan Sijuk sekitar 27 kilometer dari kota Tanjung Pandan, Belitung timur, Bangka Belitung.

Harga : Rp10.000/orang

 

12. RASAKAN SENSASI BERENDAM DI BAWAH AIR TERJUN GUROK BERAYE 

Air terjun ini memiliki air yang jernih banget dimana wilayah Air Terjun Gurok Beraye ini termasuk kedalam wilayah hutan lindung, jadi dijamin suasananya masih sangat alami.

via belitungoktour.com

via travelingyuk.com

via tripadvisor.co.id

Untuk bisa mencapai kesini kamu harus melalui sedikit perjuangan, seperti melewati jalan yang kecil dan bertanah merah serta keberadaan satwa liar yang berada di hutan yang kamu lalui. Dijamin hal ini akan memberikan kamu pengalaman menjelajah hutan yang seru banget.

via mblusuk.com

Saking alaminya, jangan heran saat kamu berendam di dalam kolam jatuhan Air Terjun Gurok Beraye ini akan menemukan banyak ikan yang menemani kamu. Karena memang Air Terjun Gurok Beraye ini terkenal dengan aktivitas snorkeling di air tawarnya.

via citizen6.liputan6.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diakses melalui kendaraan biasa melalui Kota Tanjung Pandan sekitar 32 km ke arah timur.

Alamat : Dusun Air Pegantungan, Desa Kacang Botor, Kecamatan Badau, Belitung.

Biaya : Free alias gratis gengs!

Operasional : Buka setiap hari

 

13. MELIPIR KE WARUNG KOPI KONG DJIE DAN WARUNG KOPI AKE YANG LEGENDARIS

Suka ngopi? Kebetulan banget nih, di Belitung terdapat warung kopi yang sudah sangat terkenal seantero pulau bahkan luar Pulau Belitung. Mereka adalah Warung Kopi Kong Djie dan Warung Kopi Ake. 

Kedai Kopi Kong Djie sudah ada sejak tahun 1943 loh. Kerennya lagi warung kopi ini masih mempertahankan tradisi klasik mereka dalam membuat kopi menggunakan arang. 

via sylviahordia.wordpress.com

Perlu kamu ketahui, kedai kopi ini memiliki julukan Starbucks-nya Belitung dengan cita rasanya yang otentik. Jadi kalo kamu lagi main ke Belitung dan pengen ngopi, datang aja ke kedai ini aja ya, range harga yang ditawarkan juga gak mahal kok, berkisar 8.000-10.000 rupiah aja, cukup terjangkau kan.

via minumkopi.com

via femina.co.id

via gamaholiday.com

 

Detail Informasi

Rute : Untuk bisa mencapai kedai kopi ini, kamu haru menempuh jalur darat, karena pusatnya di kota, jadi cukup terjangkau.

Alamat : Jl. Siburuk Barat No.24, Tanjung Pandan, Pulau Belitung.

Operasional : Pukul 06.00-22.00 WIB

Harga : Kisaran Rp8.000-10.000.

 

Selanjutnya kita bahas warung kopi ikonik lainnya yaitu Warung Kopi Ake. Kedai ini merupakan salah satu kedai kopi tertua yang ada di Belitung loh. usianya aja udah 90 tahun. Kedai ini berdiri sejak 1922 dan dahulu sering dikunjungi oleh orang Belanda dan orang Tionghoa kaya untuk bersantai. 

via yopiefranz.com

via fornews.co 

Yang kamu perlu tau alasan penamaan dari kedai ini berdasarkan silsilah penerusnya. Dulunya, nama warung kopi ini adalah Warung Kopi Akiong yang merupakan generasi pertama dari pendiri kedai kopi ini.

via gudangalamat.com

Menu kopi yang disajikan juga khas Beiltung, seperti kopi hitam, kopi susu, teh, teh susu, teh telur, teh telur susu, dan susu biasa. Kisaran harganya juga gak mahal kok, mulai dari Rp4.000-10.000 aja. Biji kopi yang digunakan kedai ini berasal dari Lampung, maklum aja karena di sekitaran tempat tinggal Bapak Ake gak cocok untuk dijadikan perkebunan kopi.

via goodindonesianfood.com

via blog.airyrooms.com

 

Detail Informasi

Rute : Letaknya yang berada di pusat kota membuat kamu gak akan sulit untuk menemukannya, bahkan sudah ada di apilkasi “waze” looh, cukup menggunakan kendaraan seperti motor atau mobil saja.

Alamat : Kawasan Kafe Senang, Tanjung Pandang, Belitung.

Operasional : 05.30-18.30 WIB.

Harga : Mulai dari Rp4.000-10.000.

 

14. BERGAYA JADI LASKAR PELANGI DI REPLIKA SD GANTONG

 Jika kamu penggemar film Laskar Pelangi pasti tau tempat dimana anak-anak di dalam cerita itu bersekolah? Iya, di SD Muhammadiyah Gantong. Nah di Belitung dalam rangka menjaga peninggalan bekas syutingnya, replika SD Gantong ini masih dijaga dan justru menjadi daya tarik untuk para wisatawan. Kondisi SD yang reot klasik ini justru menambah kesan aslinya.

via suarakutim.com

via jendelakecildunia.blogspot.com

via indonesiakaya.com

Bagian dalam kelas juga menjadi daya tarik tersendiri loh buat para wisatawan, jika kamu masuk ke ruang kelasnya, kamu akan merasakan sensasi menjadi murid di dalam film “Laskar Pelangi”. Kalau sudah begini, jangan lupa untuk fotoan selayaknya formasi Laskar Pelangi ya.

via traxonsky.com

via sunburstadventure.com

 

Detail Informasi

Rute : Perjalanan dapat ditempuh melalui jalur darat menuju daerah Lenggang, Gantong di Belitung timur selama kurang lebih 2 jam dari pusat kota.

Alamat : Lenggang, Kecamatan Gantong, Belitung Timur, Bangka Belitung.

Biaya : Rp3.000/orang.

 

15. SIAP-SIAP MABUK KEPAYANG SAAT MENIKMATI KEINDAHAN PULAU KEPAYANG

Pernah ngebayangin menjadi pemilik pulau pribadi? Kamu bisa rasakan sensainya di Pulau Kepayang, pulau yang memiliki nama lain Pulau Babi, yang terletak terpisah dari Pulau Belitung. Pulau yang gak berpenghuni ini terlihat sangat jelas dari arah barat Pantai Tanjung Kelayang berjarak Cuma 15 - 30 menit perjalanan menggunakan perahu nelayan

via karyatourbelitung.com

via dahsyat.net

via lensabangkabelitung.com

Di Pulau Kepayang ini terdapat salah satu penangkaran penyu juga dan fasilitas lainnya pun juga lengkap. Walaupun pulaunya kecil tapi cabe rawit deh fasilitasnya karena ada diving center, restoran, cottage buat kamu yang mungkin ingin stay di Pulau Kepayang ini. Keindahan bawah lautnya juga gak kalah keren dengan terumbu karang yang beraneka ragam dan masih sangat alami. Siap-siap dimabuk kepayang yah!

via sonjamumuat.wordpress.com

via sonjamomuat.wordpress.com

via pelintapulau.blogspot.com

via travelerien.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diakses memalui Tanjung Kelayang menggunakan kapal bermotor selama 15 menit perjalanan.

Alamat : Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Propinsi Bangka Belitung.

Biaya : Harga tiket masuknya Rp.10.000/orang untuk menyelam dikenakan range biaya mulai Rp300.000.

 

16. TEMPAT PALING INSTAGENIC SE-BELITUNG RAYA YA CUMA DI DANAU KAOLIN

Di Belitung ada satu tempat yang dulunya merupakan bekas tambang kaolin dan sekarang udah menjelma jadi tempat wisata yang indah banget, namanya Danau Kaolin.

via brilio.net

via bangkatour.com

via putrinyanormal.com

Sebagai salah satu objek wisata air tentu pasti kamu ingin coba untuk berenang kan? Namun kayanya kamu harus mendapat izin khusus nih, karena merupakan bekas galian tambang, dikawatirkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Jadi simpan niat kamu untuk bisa berenang disini ya. Sebagai gantinya, lebih baik kamu nikmatin aja pemandangan yang ngeliatnya aja udah bias bikin hati kamu adem. 

via putrinyanormal.com

via sederhanaperjalanan.blogspot.com

Jangan Cuma diliatin aja ya, kamu juga harus banget fotoan dengan latar Danau Kaolin ini secara Danau Kaolin ini merupakan spot paling instagenic se-Belitung Raya. Buat dapetin hasil yang maksimal, kamu harus dateng ke sini saat matahari bersinar terang, jadi warna biru dari air danaunya akan terlihat biru sempurna.

via merdeka.com

via wisatabangkaselatan.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diakses melalui Toboali ibu kota Bangka Selatan, selama  45 menit aja kok hehe. Atau dari bandara Depati Amir sekitar 1 atau w jam perjalanan.

Alamat : Desa Air Raya Tanjung Pandan Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Harga : Gratis

 

17. MAIN KE PULAU MEMPERAK YANG LAYAK DISEBUT SURGA

 Pulai ini terkenal sebagai salah satu surga tersembunyi yang ada di Belitung. Hamparan pasir putih, birunya air laut serta keindahan bawah laut yang menawan membuat tempat ini cocok untuk dibilang surga.

via haluannews.com

via ayopiknik.info

via blog.gogonesia.com

via wisatakhatulistiwa.wordpress.com

Bukan hanya keindahan pantainya aja yang juara, namun juga bawah lautnya yang juga ngejual banget, cocok buat snorkeling atau diving. Gimana masih ragu kalau keindahan Pulau Memperak ini memang layak dibilang surga tersembunyi di Pulau Belitung? 

via twitter.com

via sengpaku.blogspot.com

via rentalmobilbelitung.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh melalui ibukota Manggar, kemudia kamu bisa menyewa perahu motor dan menempuh perjalanan ±1,5 jam ke Pulau Memperak ini.

Alamat : Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Propinsi Bangka Belitung.

Harga : Gratis

 

18. MEMANJAKAN MATA DI ANCOLNYA BELITUNG, PANTAI BURUNG MANDI

Tempat wisata yang satu ini sudah lama berdiri loh, sejak Belanda menguasai Timah di Belitung. Tua juga ya, tapi tenang pesonanya gak akan habis kemakan zaman kok. 

via korpri.id

via bangkatour.com

Nah sebagai Ancolnya Belitung tentu saja ini menjadi tujuan liburan utama orang Manggar. Bedanya, Pantai Burung Mandi memiliki pasir putih, barisan pohon pinus laut yang membentang sepanjang bibir pantai yang menambah keindahan dari Pantai Burung Mandi ini. Dan spesialnya dari Pantai Burung Mandi ini kamu bisa melihat gunung fenomenal yang menjadi inspirasi nama pantai ini loh yaitu Gunung Burung Mandi. 

via kendelakecildunia.com

Di dekat sana juga ada vihara yang unik loh, namanya Vihara Dewi Kuan Im. Yang membuat unik adalah vihara ini dibangun di atas batu granit besar. Selain menjadi tempat ibadah, vihara ini juga didatangi oleh mereka yang ingin meramal nasib.

via bangkatour.com

via travelerien.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diakses melalui pusat kota Tanjung Pandan, melalui jalur darat selama kurang lebih 1 jam.

Alamat : Desa Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.

Harga : Gratis

 

19. BERWISATA KE MUSEUM KATA ANDREA HIRATA

Kamu penggemar film Laskar Pelangi? Berarti tempat yang satu ini wajib banget untuk kamu kunjungi yaitu Museum Andrea Hinata. Yang spesial dari museum ini Karena memuat banyak sekali cerita tentang kesuksesan dari Andrea Hirata serta karya besarnya yang kita ketahui bersama yaitu “Laskar Pelangi”. 

via tekooo.com

via Indonesia-tourism.com

via tripadvisor.com

Museum ini didirikan oleh Andrea Hirata pada tahun 2010 tuh. Museum yang memiliki berbagai macam warna, serta tulisan yang berbau quote menjadi daya tarik tersendiri untuk setiap pengunjungnya, cocok nih untuk para penggemar literature.

via indonesiakaya.com

via news.odiesign.com

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat ditempuh melalui Tanjung Pandan, menggunakan kendaran biasa seperti mobil/motor selama kurang lebih 2 jam perjalanan.

Alamat : Jalan raya Laskar Pelangi no.7, Gantong, Belitung Timur.

Biaya : Rp50.000/orang.

Operasional : Pukul 10.00-17.00.

 

20. BERSUKA CITA DI PULAU BATU BERLAYAR

 Pernah gak kamu membayangkan ada batu berbentuk seperti layar kapal? Nah di Belitung ada loh, namanya Pulau Batu Berlayar. Sekilas memang hanya tampak seperti gundukan pasir yang menyelimuti formasi batu granit raksasa yang ada disana, namun ketika mendekat keunikannya baru akan terlihat. Terdapat 2 batu yang terletak vertikal yang seolah membentuk layar perahu yang mau berlayar. Waktu yang paling tepat untuk menikmati keunikan pulau ini saat air laut lagi surut ya.

via sumber.com

via asiawisata.com

via panoramio.com

Pulau Batu Berlayar ini cocok banget loh buat dijadiin spot foto-foto. Biasanya wisatawan mengunjungi pulau ini sebagai penutup dari semua pulau yang ada di Belitung. Gak kebayang kalo wisata kamu ditutup dengan pemandangan indah kaya gini, pasti berkesan banget ya.

via belitungtravelio.com

via belitungtravelio.com

via belitungisland.com

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diakses menggunakan perahu motor dari Pulau Kepayang atau Pulau pasir selama 10 menit berlayar.

Alamat : Pantai Tanjung Kelayang.

Harga : Sudah termasuk paket (gratis)

 

21. KAWAII-NYA AIR TERJUN KEPALA KAWAI

Dibalik ketenaran Pulau Belitung sebagai Pulau Laskar Pelangi yang menjajakan keindahan gugusan pulaunya, ternyata masih ada satu lagi tempat tersembunyi yang kawaii alias cantik banget yaitu Air Terjun Kepala Kawai. 

via belitung.tribunnews.com

Air terjun ini terletak di balik bukit setinggi 200 mdpl dan dikelilingi oleh hutan lindung seluas 10 hektar. Buat kamu yang mencintai petualangan, ini cocok untuk jadi destinasi kamu kalo lagi main ke Belitung.

via fidawrites.wordpress.com 

Untuk bisa mencapai ke air terjun ini diperlukan sedikit usaha. Kamu akan menempuh medan khas ala hutan lindung dan menyusuri bukit setinggi 200 mdpl. Intinyaa siapin mental dan perbekalan ya kalo mau main ke sini.

via tribunnews.com

via tribunnews.com

via bangka.tribunnews.com

via jalanwisata.id

 

Detail Informasi

Rute : Dapat diakses melalui Tanjung Pandang menggunakan mobil atau motor menuju Dusun Aik Nangka sejauh 36 KM, kemudian parker kendaraan di perkebunan warga dan melanjutkan dengan berjalan kaki.

Alamat : RT05/03, Dusun Aik Nangka, Desa Simpang Rusa, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung.

Harga : Gratis

 

22. GAK BOONG KALAU KE PULAU LEEBONG BIKIN HATI JADI PLONG!

Pulau Leebong dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas untuk olahraga air seperti kayak, banana boat dan jetski. 

via Indonesia.tripcanvas.com

via superadventure.co.id

Perlu kamu ketahui Pulau Leebong ini mempunyai arus air yang tergolong tenang, sehingga membuat kamu jadi ikut tenang dan hati kamu jadi plong. 

via bangkatour.com 

via travelingyuk.com

Disana juga disediakan villa yang berbentuk rumah pohon yang unik dan bagus banget kalau kamu jadikan tempat fotoan. Kalau mau menginap dan merasakan sensasi bermalam di atas pohon pun bisa banget!

via travelingyuk.com

via viscatour.com

via merahputih.com

via tripadvisor.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Dapat dicapai dengan kendaraan dengan jarak 32 km kea rah pelabuhan Pegantungan di Selatan Kota Tanjung Pandan, kemudian menggunakan perahu motor untuk menuju kePulau Leebong.

Alamat : Pegantungan, Badau, Kabupaten Belitung.

Biaya : Paket mulai Rp1.500.000 itu sudah termasuk biaya masuk, sewa kapal dan mencoba olahraga air. Untuk menginap biayanya berbeda untuk tiap paket, utnuk villa pohon biayanya Rp4.800.000/3 orang sedangkan tenda Rp650.000/grup (5orang) paket sudah termasuk makan 3x.

 

Nah, itu dia 22 wisata yang wajib kamu kunjungi selama kamu main ke Belitung. Saking wajibnya, kunjungan kamu ke Belitung akan jadi gak sah kalau gak mampir ke destinasi-destinasi tersebut. Jadi, kapan kamu akan ke Belitung? Tiket PP Jakarta - Belitung ada di kisaran Rp 800K loh!


Penulis
Penulis Achmad Ghadzali
A simple man who wants to create positive impact to my surroundings by being myself.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.