Nusa Tenggara Timur - 1164 Hits

Hidup jaman sekarang itu sarat stress. Gak cukup pusingnya kerjaan dan urusan kampus yang menghantui hingga bikin kamu stress, lingkungan sekitar juga seakan-akan berkonspirasi untuk memperparah tingkat stress kamu dengan menghadirkan macet dan banjir. Kalau sudah gini, kamu pasti butuh liburan ke tempat yang jauh yang belum pernah kamu datangi sebelumnya untuk menjemput ketenangan di sana. Nah, berikut Tamasyeah rangkum 24 tempat wisata anti-stress di Flores. Yuk simak sampai habis!

 

1. MANTAI MAKSIMAL SEKALIGUS SNORKELING LUCU DI PULAU KAMBING, PULAU KANAWA, PULAU BIDADARI, DAN PANTAI KOKA

Secara Flores terkenal dengan wisata pantainya, makannya kalo kamu liburan ke Flores, rasanya belom lengkap kalo belom nyobain mantai dan snorkeling di beberapa tempat ini gengs. Nih Tamasyeah kasih tau dimana lokasi yang enak buat mantai dan snorkeling.

  • Pulau Kambing, Maumere

Yang pertama itu Pulau Kambing. Kalo yang kamu pikirin pulau ini banyak kambing, bau kambing, dan nggak banget, kamu harus cobain snorkeling atau diving disana. karena terumbu karang yang ada disana masih terawatt dan keliatan cantik banget. Tapi kamu harus menyewa alat snorkeling-nya di pelabuhan L. Say Maumere, soalnya di pulau ini gak ada tempat penyewaannya.

via wisatakomodotours.com

via wisatakomodotours.com

via wisatakomodotours.com

Kamu juga bisa cobain naik keatas bukit pulaunya loh gengs. Dengan naik ke atas bukit ini, kamu jadi bisa dapet pemandangan menyeluruh dari Pulau Kambing ini. Warna laut yang bergradasi dan bertemu dengan putihnya pasir pantai akan jadi suguhan utama dari atas bukit ini.

via agushoe.wordpress.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Pelabuhan Lauren Say Maumere, dengan rute Maumere-Pemana, kamu dapat menempuh jarak selama 2 jam

Alamat : Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur

Harga : Harga kapal dari pelabuhan ke pulau Kambing seharga Rp 20.000/orang 

 

  • Pulau Kanawa, Labuan Bajo

Yang kedua ini Pulau Kanawa gengs, disini kamu bisa asik-asikan snorkeling karena pemandangan terumbu karangnya yang bikin gemes. Kamu bisa menyewa peralatan snorkeling yang sudah disediakan disana. Gak perlu repot-repot bawa alat snorkeling jadi kamu tinggal senang-senang deh disitu.

via petualangpantai.blogspot.co.id

via enchantingedenwordpress.com

via pesona.indonesia.travel

Kalau sudah sampai di Pulau Kanawa, jangan Cuma snorkeling aja ya. Sama seperti Pulau Kambing, Pulau Kanawa juga punya bukit yang nunggu untuk kamu daki. Dari atas bukit ini, kamu akan mendapatkan view 360 derajat dengan pemandangan laut biru sejauh mata memandang. 

via sayabackpacker.wordpress.com

via kesiniaja.com

Gak cuma itu aja, kamu masih ada kesempatan buat nikmatin indahnya pulau Kanawa dengan nginap disana juga loh. Disana ada penginapan yang berbentuk tenda dan bungalow, tinggal pilih deh mau yang mana.

via indonesia360derajat.wordpress.com

via indonesia360derajat.wordpress.com

via indonesiatravelingguide.com

 

Detail Informasi

Rute : 15 kilometer dari Labuan Bajo, menempuh jarak sekitar 45 menit 

Alamat : Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Harga : Penyewaan alat snorkeling Rp 50.000/hari 

 

  • Pulau Bidadari, Labuan Bajo

Yang ketiga ini Pulau Bidadari gengs! Perlu dicatet kalo disini gak ada bidadari loh ya. Pulaunya yang bidadari, karena kecantikan pantai dan keindahan lautnya yang menawan bagaikan bidadari. Gak kalah juga dengan Pulau Kambing dan Pulau Kanawa. 

via komodotour.co.id

via komodotour.co.id

via komodotour.co.id

Serupa dengan tipikal pulau-pulau di Flores, Pulau Bidadari juga memiliki keindahan bawah laut yang menggoda buat didatengin. Udah gitu, air lautnya juga jernih jadi visibility kamu saat menikmati keindahan underwater-nya gak keganggu.  

via instagram.com/anisamalia

via instagram.com/voicijenz

via instagram.com/bob_marlay40

 

Detail Informasi

Rute : Dari Pelabuhan Labuan Bajo, kamu bisa menempuh jarak sekitar 30 menit

Alamat : Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

 

  • Pantai Koka, Sikka

Tempat yang keempat ini namanya Pantai Koka yang letaknya di Sikka. Tempat ini juga cocok buat kamu yang mau coba snorkeling atau sekedar mantai.

via instagram.com/eni_jenikawati

Pantai Koka ini kayak keliatan punya dua teluk kecil yang dibatasin batu karang besar di tengah-tengahnya. Pantai yang di sebelah kanan terlihat garang karena ada banyak jajaran karang dan tebing yang curam yang terus-terusan dihantam gelombang laut. 

via jelajahsumbar.com

Trus yang di sebelah kiri itu kayak keliatan lebih halus karena terlihat bukit dan pasir putih yang lembut. Nah, ditengah lautnya keliatan juga pulau karang kecil, warga disana bilang kalo itu adalah Pulau Koka yang katanya dihuni ular-ular laut tapi gak berbisa.

via jelajahsumbar.com

Disini selalu rame kalo lagi weekend gengs. Banyak banget wisatawan yang mau santai-santai di pantai ini. Buat kamu yang mau snorkeling disini, hati-hati ya gengs, karena ombaknya cukup kencang loh.

via instagram.com/natx.alflaz

via instagram.com/umaysalehguhir

Kalau sudah puas snorkeling dan mantai-nya, sekarang saatnya explore sudut-sudut menawan dari Pantai Koka. Misalnya, kamu akan nemuin view super ciamik dari atas bukit.

via Instagram.com/yusni_mustafa

via reservasi.com

 

Detail Informasi

Rute : Kamu harus menempuh jarak sekitar 42 km dari Kota Maumere menuju arah barat dari Jalur Lintas Flores Selatan sampai ke Desa Wolowiro. Setelah itu, harus berjalan kaki sampai Pantai Koka dengan jarak 2 km  Jalanan menuju ke pulau ini masih bebatuan dan kurang bagus, jadi hati-hati ya gengs.

Alamat : Desa Wolowiro, Paga, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

2. YUK NGINTIP DANAU-DANAU EKSOTIS DI FLORES!

Di Flores juga ada beberapa danau yang wajib kamu datengin. Ada 3 danau yang memiliki kenampakan alam yang indah, yaitu Danau Wawo Muda, Danau Sano Nggoang dan Danau Ranamese.

  • Danau Wawo Muda

Danau yang pertama ini disebut “Mini Kelimutu” karena mirip banget dengan Danau Kelimutu yang mempunyai 3 danau dan warna yang berbeda. Nama danau ini adalah Wawo Muda. Letaknya di puncak Gunung Wawo. Gunung ini gak begitu tinggi (tingginya 1.559 mdpl) sehingga terlihat seperti bukit aja. 

via edyraguapo.blogspot.co.id

Gunung ini terbentuk saat salah satu lereng Gunung Mawo meletus pada tahun 2001 lalu. Letusan itu ditemani oleh gempa yang menghancurkan sebagian lereng gunung, yang tadinya perkebunan kopi. Akibat letusan itu, terbentuklah beberapa kawah yang berbentuk seperti danau serta memiliki warna yang berbeda. 

via aridive.com

Warna danau ini bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu. Saat ini, tinggal 3 buah danau. Tiga danau ini memiliki warna merah kecoklatan, kuning, dan coklat. Menurut para ahli, perubahan warna air danau ini diakibatkan perubahan kandungan mineral dari dalam air kawah dan bebatuan di sekitarnya. Nah, kalo kamu mau main kesini, datangnya pas pagi hari aja ya, biar danau ini gak ketutupan kabut gunung.

via maria-fallen.blogspot.co.id 

 

Detail Informasi

Rute : Dari Ende, kamu bisa melanjutkan perjalanan sekitar 3 jam menuju Bajawa. Dari Bajawa, kamu bisa langsung menuju ke Dusun Ngoranale, Ngada sekitar 15 menit dengan ojek. Setelah itu mendaki gunung sekitar 30 menit.

Alamat : Dusun Ngoranale, Kelurahan Susu, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

 

  • Danau Sano Nggoang 

Danau selanjutnya adalah Danau Sano Nggoang. Danau ini merupakan danau vulkanik dan danau terbesar yang ada di NTT. Di danau ini, kamu akan merasakan sajian suasana alam yang tenang dan alami, ditemani hijaunya air danau. Di pinggiran danaunya pun terlihat pohon-pohon dari hutan Mbeliling dan hutan Sesok.

via mithawisata.blogspot.co.id

via pedomanwisata.com

Saat kamu mendekati danau ini, pasti akan tercium bau belerang yang menyengat. Karena memiliki kandungan sulfur yang tinggi, itulah kenapa banyak wisatawan yang datang untuk mandi di sana. Ada sumber air panas di ujung danau ini.

via pedomanwisata.com

via jalankece.com

Selain mandi di sumber air panas, kamu juga bisa melakukan aktifitas lainnya seperti trekking di pinggir danau maupun ke dalam hutannya, mengamati burung yang ada disana karena banyak sekali burung yang bernyanyi dan berdatangan disana, serta menunggangi kuda. Banyak sekali spot foto yang bagus di Danau Sano Nggoang.

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

 

Detail Informasi

Rute : Kamu akan menempuh waktu 3 jam perjalanan, karena danau ini berjarak 63 km kalo kamu dari Labuan Bajo. Sesampainya di desa Wae Sano, kamu perlu berjalan kaki sedikit untuk ke danaunya. 

Alamat: Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

 

  • Danau Ranamese

Danau yang ketiga ini adalah Danau Ranamese. Danau ini berada di dalam wilayah hutan lindung, dikelilingi oleh barisan pegunungan Mandosawu dan Poco Ranaka. Itulah kenapa banyak orang beranggapan bahwa danau ini adalah permata yang tersembunyi di balik Gunung Mandosawu. 

via pariwisata.serverjogja.com

Danau Ranamese dikelilingi hutan tropis lebat sehingga membuat udara di sekitarnya sangat dingin. Kondisi air danau ini sangat jernih sehingga bisa digunakan sebagai sumber air minum dan irigasi untuk masyarakat yang ada disekitar. Jadi buat kamu yang ingin berkunjung, jaga kebersihan ya.

via triptrus.com

via awalnya.blogspot.co.id

Fasilitas disini memang kurang memadai. Gak ada tempat makan, warung, atau tempat menginap untuk wisatawan. Tapi kamu bisa memancing disini kalo kamu membawa alat memancing. Atau trekking mengelilingi danau sambil melihat-lihat tumbuhan hijau dan hewan-hewan seperti babi hutan, monyet, dan musang. Gak ada penginapan disini, tapi kamu dipersilahkan untuk berkemah.

via awalnya.blogspot.co.id

via awalnya.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Danau Rana Mese bisa ditempuh dari Ruteng. Dari Ruteng kamu bisa menempuh perjalanan sepanjang 21 km dengan waktu tempuh 30 menit untuk sampai ke desa Golo Loni. Kamu bisa menggunakan kendaraan umum kesini. 

Alamat : Desa Golo Loni, Kecamatan Borong, Nusa Tenggara Timur

 

3. GOA LIANG BUA TEMPAT TINGGALNYA THE HOBBIT INDONESIA 

Buat kamu yang pengen tau kalo kaum Hobbit tinggal di Indonesia, coba datangin Goa Liang Bua aja. Goa ini merupakan gua purba yang sudah ada sejak 190.000 tahun yang lalu. Goa Liang Bua terbentuk dari bebatuan yang dibawa dari sungai dan menembus gundukan bukit. Liang Bua sendiri berasal dari bahasa Manggarai yang artinya goa dingin atau goa es.

via heritagedaily.com

via tripadvisor.com

merahputih.com

Goa Liang Bua ini dikenal dengan penemuan fosil manusia yang berbentuk seperti hobbit dari film The Lord of The Ring, mereka yang disebut Homo Floresiensis. Tinggi manusia hobbit ini sekitar 100 cm dan berat sekitar 25 kg. Sekarang, masih ada 1 orang keturuan manusia hobbit yang tinggal di sekitar Goa Liang Bua ini, namanya Bapak Victor Darung. Gak cuma manusia Hobbit, penemuan fosil gajah pigmi dan kadal raksasa yang berukuran komodo juga ditemukan disini loh. 

via instagram.com/chiquitamarbun

via Chiquita C Marbun

via instagram.com/ella_earth

Atap goa ini terdiri dari stalaktit yang berjuntai-juntai yang membuat goa ini terlihat begitu indah. Batu stalaktit tersebut terlihat warna warni, cocok buat kamu yang suka fotoin pemandangan gengs. 

via sciencemag.org

via triptrus.com

via travel.tribunnews.com

Disana juga ada legenda, dulu katanya kalau pasangan suami istri yang susah dapat keturunan datang ke goa ini supaya dilancarkan usahanya untuk dapat keturunan. Dengan meminum campuran air yang jatuh dari batu stalaktit goa ini, diminum setiap pagi dan malam sebelum berhubungan. Percaya gak percaya sih gengs, katanya sempat ada yang berhasil.

via kapanberitabaca.blogspot.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Ruteng, kamu bisa menggunakan angkutan umum. Jarak dari kota Ruteng ke Dusun Rampasasa dimana goa ini berada sekitar 13 km, selama 1 jam 

Alamat : Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Nusa Tenggara Timur.

 

4. DATENGIN 5 DESA TRADISIONAL TERKENAL DI FLORES DENGAN UNSUR BUDAYA YANG KENTAL

Pas di Flores, kamu juga bisa mengunjungi 5 desa tradisional yang memiliki kebudayaan yang sangat kental loh. Lima desa tradisional ini terdiri dari Desa Tutubhada, Desa Belaraghi, Kampung Tololela, Desa Adat Wologai, dan Kampung Tradisional Gurusina.

via wisata.nttprov.go.id

via wisata.nttprov.go.id

 

  • Desa Tutubhada

Yang pertama ini Desa Tutubhada, desa ini merupakan situs kampung tua di Kabupaten Nagekeo. Di desa ini masih ada peninggalan-peninggalan cagar budaya asli dari nenek moyang masyarakat serta atraksi budaya seperti Potong Kerbau (Para Bhada), Tinju Adat (Etu), Sunat (Tau Nuwa), dan banyak lagi.

via wisata.nttprov.go.id

Rumah yang ada di Desa Tutubhada diberi nama Ji Vao yang pertama kali didirikan tahun 1983. “Ji” artinya kekuatan dan “Vao” artinya naungan. Pembangunan rumah ini melewati 17 tahap ritual adat yang pada tahap akhirnya akan ada upacara Para Bhada (potong kerbau). 

via wisata.nttprov.go.id

 

Detail Informasi

Rute : Dari Mbay, kamu bisa menggunakan ojek atau transportasi umum dengan jarak tempuh sekitar 10 km.

Alamat : Desa Rendu Tutubhada, Kecamatan Aesesa Selatan, Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur

 

  • Desa Belaraghi

Desa yang kedua adalah desa Belaraghi. Desa  yang benar-benar jauh dari hiruk pikuk perkotaan di Flores. Memang cukup jauh untuk sampai ke desa ini, tapi kamu gak akan nyesel pas udah sampai disana karena lingkungannya yang masih asli dan alami. 

via terrytreks.com

via terrytreks.com

Banyak banget spot bagus untuk berfoto, bahkan kamu bisa mengajak warga disana untuk berfoto bersama. Udah banyak wisatawan lokal maupun asing untuk berkunjung ke desa ini loh.

via florestourism.com

Kalau kamu main kesini, pasti kamu bakalan disambut hangat oleh warganya. Karena letaknya yang terpencil dan jauh inilah yang membuat warga Belaraghi senantiasa menerima wisatawan yang ada. Kamu akan disuguhkan makanan dan minuman sama mereka, seperti ubi rebus, talas, pisang, kopi, arak, dll. 

via terrytreks.com

Kadang wisatawan yang datang juga akan diberikan makan siang yang merupakan tradisi dari warga disana, yang dinamakan Ti’ika, artinya menyajikan masakan untuk leluhur. Biasanya makanannya itu babi hutan gengs.

via gemintang.com

 

 

Detail Informasi

Rute : Dari Bajawa kamu bisa menggunakan angkutan umum sejauh 35 km untuk pergi ke desa Keligejo. Sampai disana kamu harus daftar dulu kalo mau pergi ke desa Belaraghi. Biasanya disini akan dimintai donasi suka rela. Setelah itu harus melanjuti perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 11 km untuk sampai ke desa Belaraghi

Alamat : Desa Keligejo, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

Harga : Donasi bisa berbentuk apapun selain uang, bawakan mereka kopi atau rokok sebenarnya juga bisa. Tapi biar lebih sopan lagi, berikan saja uang atau cindera mata.

 

  • Desa Tololela

Desa yang ini juga gak kalah menarik untuk dikunjungin gengs. Namanya Desa Tololela. Desa ini letaknya di kaki Gunung Inerie. Benar-benar dikelilingi oleh hutan dan jauh dari peradaban luar. Adat istiadat yang ada disini pun masih kental dan gak ada alat-alat modern disini. Sinyal HP pun susah dijangkau.

via travel.kompas.com

via travel.kompas.com

Desa ini ditinggali oleh suku asli Tololela dan rumahnya pun masih rumah adat khas mereka. Di Desa Tololela ini, terkenal banget dengan Bombardom, alat musik tradisional Flores yang dibuat dari bambu dan ditiup seperti suling, cuma ini lebih gede ukurannya. Di tahun 2015, masyarakat desa Tololela memecahkan rekor konser musik Bombardom dengan maksud melestarikan alat musik tradisional mereka yang sudah hampir punah. Hebat ya!

via travel.kompas.com

via lakeybanget.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Bajawa, kamu bisa naik kendaraan umum sampai ke Kampung Bena, kurang lebih sekitar 45 menit karena menempuh jarak 30 km. Sesampainya di Kampung Bena, kamu harus melanjutkan berjalan kaki ke Desa Tololela selama 1 jam. Karena letaknya yang ada di bukit, gak bisa dicapai oleh kendaraan umum.

Alamat : Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

 

  • Desa Wologai

Next adalah Desa Wologai. Desa ini menarik dan memang memiliki kemistisan yang bikin merinding loh. Desa ini gak begitu besar seperti desa-desa yang udah dikasih tau sebelumnya. Cocok untuk destinasi pemberhentian setelah kamu dari Kelimutu, karena letaknya yang gak begitu jauh yaitu kurang lebih 30 menit aja.

via pedomanwisata.com

via dananwahyu.com

via pedomanwisata.com

Aura desa ini terasa mistis karena di Desa Wologai ini terdapat panggung ritual dimana orang luar dilarang masuk ke kawasan ini. Katanya kalo orang lain masuk ke sana, jiwanya bisa terjebak di Desa Wologai selamanya..

via paragraf.co

Selain itu, di Desa Wologai juga terdapat batu seremonial yang dipagari bambu dan pengunjung pun gak boleh memegangnya. Kalo disentuh, akan ada badai dahsyat dan cuaca buruk yang datang ke desa. Selain hal-hal mistisnya, yang menarik dari desa ini adalah kopi dan patung kayu buatan tangan warga desa sendiri loh. Cobain deh datang kesini

via dananwahyu.com

 

Detail Informasi

Rute : 

Alamat : Desa Wologai Tengah, Kecamatan Detusoko, Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur

Harga : Biaya masuk Rp 10.000 per orang

 

  • Desa Gurusina

Desa yang terakhir ini adalah Desa Gurusina. Desa ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan dimana sepanjang mata memandang terhampar barisan pegunungan dan pepohonan nan hijau yang menjadi background dari desa ini. Yap! Desa ini berada di kaki Gunung Inerie.

via wisata.nttprov.go.id

via travel.kompas.com

Yang terkenal dari desa ini adalah tumpukan bebatuan megalitik tegak yang ada di tengah-tengah desa. Selain itu terdapat 3 buah lopo yang dipercaya sebagai tempat peristirahatan para leluhur mereka. Kalo penasaran, datangin aja langsung ya.

via florestourism.com

 

Detail Informasi

Rute : Disarankan untuk menyewa kendaraan pribadi (roda 2 maupun 4) karena untuk sampai kesana, susah untuk mendapatkan kendaraan umum. Dari Bajawa, kamu bisa pergi ke Jerebuu dengan jarak tempuh 21 km. Sesampainya di Jerebuu, kamu bisa melanjutkan perjalanan lagi untuk sampai  ke Desa Gurusina sejauh 4 km. Jalanannya agak jelek ya gengs.

Alamat : Desa Watumanu, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Harga : Kamu akan mengisi daftar masuk dan diminta untuk memberikan donasi sukarela.

 

5. REFLEKSI ALAMI DI PEMANDIAN AIR PANAS MENGERUNDA DAN MALANANGE

Di Flores, kamu juga bisa memanjakan badan kamu loh. Bukan di tempat spa ya, tapi di kolam air panas alami. Ada dua kolam air panas alami yang Tamasyeah rekomendasiin, Pemandian Air Panas Mengeruda dan Malanange. 

  • Pemandian Air Panas Mengeruda

Yang pertama ini pemandian air panas Mengeruda di So’a. Pemandian ini kolamnya berasa dari sumber air alami, gak dibuat-buat. Kamu akan ngerasain suasana berendam di alam dengan panas kolam pemandian sekitar 40°C. 

via ayocerita2.wordpress.com

via awalnya.blogspot.co.id

Selain berendam, kalo kamu mau direfleksi juga bisa. Tapi direfkleksinya secara alami loh, pakai air panas dari air terjun. Kamu tinggal  rebahin badan kamu atau duduk aja tepat di jatuhan air terjunnya sehingga tubuh kamu serasa dipijat oleh air hangat. Rasa pegal-pegal kamu pasti bisa disembuhkan disini.

via ayocerita2.wordpress.com

via triptrus.com

Buat kamu yang mau kesini, disaranin datang pas weekday aja ya. Kalo di weekend, kamu bisa berebutan berendam dan refleksi. Ramenya itu minta ampun deh, secara pemandian ini menjadi salah satu wisata favorit masyarakat So’a. Kalau mau ke sini, jangan lupa untuk membawa baju ganti dan kantong plastik buat baju basah ya. 

via ayocerita2.wordpress.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Bajawa hanya sekitar 35 km dan kamu pun bisa menggunakan kendaraan umum ojek atau roda empat.

Alamat : Kota Bajawa, Kecamatan Soa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

Harga : Tiket masuk seharga Rp 4.000 (wisatawan lokal) dan Rp 14.000 (wisatawan asing)

 

  • Pemandian Air Panas Malanage

Kalo kamu lagi di Bajawa, sempat-sempatin ke Pemandian Air Panas Malanage ya. Pemandian air panas ini terletak pada 2 aliran sungai, yang satu itu aliran air panas yang berbau belerang dan yang satunya lagi air dingin. Kedua alirannya berkumpul jadi satu dan tertampung di kolam kecil jadi menghasilkan air yang hangat.

via triptrus.com

Berbeda dengan Pemandian Air Panas Mengeruda, disini kamu benar-benar berendam di suasana yang alami. Kamu bisa sambil tidur-tiduran di bebatuan yang ada disana, merebahkan badan dan nikmatin panasnya air yang bisa menghilangkan rasa lelah kamu. Fasilitas disini memang agak minim jadi siapin keperluan kamu dengan baik ya.

via malanagehotsoringjerebuu.blogspot.co.id

via malanagehotsoringjerebuu.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Saat di Bajawa, kamu hanya perlu menaiki angkutan umum atau ojek dengan jarak tempuh 1 jam untuk sampai ke pemandian air panas yang bertuliskan “Malanage Hot Spring”

Alamat : Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Bajawa, Nusa Tenggara Timur

Harga : Mengisi buku tamu dan donasi sukarela

 

6. UJI NYALI KAMU DI GOA ISTANA ULAR

Sebelum dikenalkan lebih lanjut, Goa Istana Ular ini merupakan tempat yang berbahaya loh ya. Jadi tempat wisata ini hanya dianjurkan buat kamu yang bernyali besar, memiliki jiwa petualang keras dan yang pastinya pecinta ular.

via komodotravellers.com

Di Goa Istana Ular ini, kamu akan diajak untuk melihat bermacam-macam spesies ular. Bahkan di goa itu terdapat 1.000 ular yang hidup disana. Goa ular ini dikelilingi hutan-hutan dan rawa. Kamu juga harus menyebrang sungai Wae Raho yang cukup deras untuk kemudian masuk ke mulut gua dan melewati lumpur rawa yang cukup tinggi untuk orang dewasa. Kamu juga harus waspada karena beberapa ular-ular ada yang tinggal juga di rawa itu. 

via oknusantara.com

via komodotravellers.com

Karena tempatnya yang mistis, kalo kamu mau masuk ke gua ular harus meminta izin ke orang pintar yang tau seluk beluk goa itu. Tanpa izin dari orang pintar, pasti akan mengalami musibah. Buat masuk ke sana, kamu sangat dianjurkan menggunakan jasa pawang dari desa setempat dan melakukan ritual sesuai dengan tradisi setempat. Biasanya, satu ekor ayam dijadikan kurban untuk acara ritualnya. 

via komodotravellers.com

via kompasiana.com

Ada berbagai macam spesies ular yang ada di sana. Tapi menurut para warga, ada ular yang sangat besar dan tebal berwarna putih di ujung goa. Warga desa juga bercerita kalo di musim hujan, ular-ular tersebut keluar dari gua dan setelah itu banyak sekali ayam dan anjing yang menghilang. Gimana? Tertarik pergi kesana?

via projectnoah.org

via wildherps.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Labuan Bajo, sekitar 70 km dan 1 – 2 jam untuk sampai ke Lembor. Dari Lembor, harus berjalan kaki sekitar 7 km untuk sampai ke Desa Daleng Timur, yang merupakan jalan masuk menuju Gua Istana Ular.

Alamat : Desa Galang, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Harga : Pawang ular akan meminta donasi sukarela, tapi disarankan untuk memberikan minimal Rp 50.000 karena sudah membantu ke tempat yang sangat berbahaya

 

7. HIKING SERU ALA FLORES DI GUNUNG INERIE DAN EGON

Buat kamu yang kangen atau mau mendaki gunung di Flores, Tamasyeah juga punya rekomendasi 2 gunung yang ada Flores nih. Cobain aja hiking seru ke Gunung Inerie dan Egon yang jadi langganan pendaki saat mengunjungi Flores. 

  • Gunung Inerie

Nah, Pertama-tama coba kamu samperin gunung Inerie. Gunung ini disebut Piramida Alam karena bentuknya yang berdiri menjulang dengan puncak mengerucut sempurna, ketinggiannya mencapai 2.245 mdpl. Pernah meletus di tahun 1970, tapi letusan terbesarnya terjadi di tahun 1880. 

via lyceum.id

Dari puncak Gunung Inerie kamu bisa melihat pemandangan yang ada di Pulau Flores. Di arah timur, deretan gunung dibalut awan putih yang membentang di bawah naungan kokoh gunung Ebulobo. Di arah utara, kamu bisa melihat kota Bajawa, perkampungan, dan juga lembah hijau yang membentang. Di arah barat, perbukitan hijau dengan lereng batu yang begitu terjal berderet. Dan arah selatan, bentang savana di kaki gunung, menepi langsung ke Laut Sawu.  

via pedomanwisata.com

via chroniquesduvastemonde.com

Sepanjang pendakian, kamu hanya akan melihat bebatuan kerikil. Karena pendakiannya yang lumayan sulit nih, kamu harus benar-benar dalam keadaan sehat dan fit. Dan bawalah pemandu orang lokal yang berpengalaman ketika kamu memang ingin pergi kesana, kecuali kalo kamu memang pendaki yang handal. Jangan lupa bawa air juga ya, disana gak ada warung loh.

via pedomanwisata.com

via gunung-indonesia.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Bajawa, kamu harus pergi ke kampung Watu Meze yang menjadi pintu pendakian gunung Inerie dengan jarak sekitar 10 km. Ada angkutan umum yang bisa kamu gunakan disana. Sesampainya di kampung Watu Meze, kamu akan mendaki sejauh 1,5 km untuk sampai ke puncaknya. Ada beberapa tahap treknya nih. Pertama-tama kamu akan melewati jalan biasa kurang lebih 500 meter untuk mencapai jalur pendakian pertama dimulai. Trus kamu akan mendaki dengan trek menanjak tajam tapi masih berupa jalan tanah yang mudah. Setelah itu kamu akan berjalan di trek berbatu, kondisi trek yang semakin tajam. Sekitar 100 m mendaki di trek berbatu, kamu akan melanjutkan trek yang cukup berat, yaitu trek terakhir yang berpasir lepas dan lumayan susah untuk dilangkahkan kaki.

Alamat : Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur

 

  • Gunung Egon

Selain Gunung Inerie, ada juga Gunung Egon yang gak kalah menarik. Di atas puncak Gunung Egon, terdapat kawah besar nan luas dan menganga yang merupakan daya tarik dari gunung ini. Gunung Egon memiliki ketinggian 1.703 mdpl, jadi masih lebih rendah dari Gunung Inerie ya.

via indonesiakaya.com

Pada awal tahun 2016, gunung ini dinaikkan menjadi “siaga” akibat aktivitas vulkanik yang meningkat. Warga setempat yang tinggal di bawah kaki gunung juga merasakan gempa bumi saat itu. Sebenarnya letusan terbesar Gunung Egon pernah terjadi pada tahun 1925 dan pernah meletus lagi di tahun 2008 lalu. 

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Meskipun aktifitas vulkaniknya sering meningkat dan membuat keresahan, tapi dalam kondisi normalnya gunung ini adalah salah satu gunung favorit para pendaki yang berkunjung ke Flores. Selain besarnya kawah yang menjadi sisa-sisa letusan, dari salah satu sudut sisi gunung ini juga ada semburan asap panas yang menandakan aktivitas vulkanik gunung.

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Rute : Untuk sampai ke Posko Pengamatan Gunung Egon atau Desa Blidit, kamu akan menempuh jarak 30 km dari Maumere. Kamu bisa pilih naik dari akses posko atau langsung ke Desa Blidit. Untuk sampai ke atas Gunung Egon, akan memakan waktu 3 jam dan turunnya pun sebaliknya. Terdapat dua tahap pendakian. Yang pertama kamu akan mendaki melalui jalur tanah di tengah-tengah hutan. Yang kedua kamu akan mendaki di bebatuan yang cukup sulit untuk didaki.

Alamat : Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

8. “BERBURU” OLEH-OLEH DI PASAR TRADISIONAL BOBOU DAN GELITING

Buat kamu yang ingin membeli oleh-oleh buat keluarga, pacar, atau teman di kota asal kamu, cobain deh belanja di 2 pasar lokal yang Tamasyeah saranin, yaitu Pasar Bobou dan Pasar Geliting. 

  • Pasar Bobou

Yang pertama ada Pasar Bobou yang merupakan pasar semi tradisional yang menjual kebutuhan sehari-hari layaknya pasar tradisional lainnya, seperti sayuran, buah-buaha, ikan, ayam, dan bahan pokok lainnya.

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

Yang wajib kamu beli disini adalah kopi Floresnya ya. Kopi flores juga merupakan salah satu kopi yang terkenal di Indonesia, banyak sekali kafe-kafe di Jakarta maupun di luar negeri seperti Taiwan, Cina, dan Jerman yang memakai kopi ini sebagai bahan pokok minumannya. Cobain beli kopi arabika Manggarai dan kopi arabika Bajawa. Kopi ini bisa menjadi salah satu oleh-oleh utama loh.

via lensa.fotokita.net

 

Detail Informasi

Rute : Pasar Bobou terletak 2 km dari pusat kota Bajawa. Banyak angkutan umum yang bisa kamu gunakan.

Alamat : Faobata, Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

 

  • Pasar Geliting

Pasar lainnya adalah pasar Geliting. Pasar ini merupakan pasar tertua di kota Maumere. Banyak banget masyarakat disana yang membeli bahan pokok dan kebutuhan lainnya di pasar ini. Pasar ini cuma buka tiap hari Jumat dan enaknya ke pasar ini tuh pagi-pagi, jangan siang bolong ya.

via kewapantel1.blogspot.com

via capamaumere.com

Yang paling terkenal disini adalah kain tenun dan ikannya. Kain tenun disini berasal dari berbagai motif yang ada di desa masing-masing. Untuk syal biasanya seharga Rp 50.000 – Rp 100.000 sedangkan untuk kain seharga Rp 200.000 – Rp 700.000. Biasanya, bahan tenun yang berasal dari pewarna kimia itu lebih murah, sedangkan yang menggunakan pewarna alami dan benang tradisional itu lebih mahal karena proses pembuatannya yang bisa sampai berbulan-bulan.

via floresdiscovery.com 

via hiveminer.com

Ikan merupakan makanan utama penduduk Flores. Berbagai macam ikan dari desa-desa di Flores dijual disini, mulai dari kakap, tuna, dan lain lain. Ikan bisa dijadikan oleh-oleh yang cocok untuk kerabat kamu dirumah.

via florestourism.com

 

Detail Informasi

Alamat : Geliting, kecamatan Kewapante, Nusa Tenggara Timur

 

9. “CADAS”-NYA PEMANDANGAN TAMAN LAUT 17 PULAU DI RIUNG DAN TELUK MAUMERE

Flores itu terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya, setuju kan? Nah Tamasyeah punya dua rekomendasi taman laut yang menarik nih di Flores yaitu ada Taman Laut 17 Pulau di Riung dan Teluk Maumere.

  • Taman Laut 17 Pulau di Riung

Yang pertama ini Taman Laut 17 Pulau di Riung. Taman ini terdiri dari pulau-pulau yang bawah lautnya kaya akan keanekaragaman hayati, pantai yang berpasir putih dan air laut super biru yang juga jernih di mana kamu bisa menyelam dan berenang di antara warna-warni ikan dan macam-macam terumbu karang. 

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

Pulau-pulau utama di Taman Laut 17 Pulau ini yaitu: Pulau Ontoloe (yang terbesar), Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Pulau Tampa atau Tembang), Pulau Tiga (Long Island), Pulua Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire yang memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

via pedomanwisata.com

Sebenarnya taman ini memiliki 24 pulau-pulau kecil yang indah juga. Nama 17 pulau ini didapat dari tanggal hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus, dengan maksud untuk mengingat tanggal hari kemerdekaan. Jadi, bukan dari jumlah pulaunya ya.

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

Salah satu atraksi populer yang membuat pulau-pulau ini menjadi terkenal adalah “Mawar Laut”. Fenomena bawah air yang terkenal ini dapat dilihat di sekitar pulau-pulau yang ada di Taman Laut 17 Pulau. Di bawah permukaan laut, kamu akan menemukan beberapa mawar laut yang melambai dalam arus. Sebenarnya, ini merupakan koleksi telur raksasa kelinci laut yang terikat oleh membran, mereka membentuk kelopak merah seperti mawar merah raksasa yang melambai di laut.

via pedomanwisata.com

via guideplanet.com

 

Detail Informasi

Rute : Kalo kamu dari kota Bajawa, untuk sampai ke Taman Laut 17 pulau ini kamu harus menempuh jarak sejauh 72 km. Kamu bisa naik angkutan umum jurusan Bajawa-Riung dan memerlukan waktu sekitar 2 jam. Sudah banyak travel yang bisa mengantar kamu disana. Untuk pergi ke pulau-pulau yang ada disana, banyak perahu warga setempat yang bisa disewa atau ada juga travel yang bisa mengantar kamu ke beberapa pulau.

Alamat : Kecamatan Riung, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur

 

  • Taman Laut Teluk Maumere

Taman laut yang kedua ini gak kalah keren loh, namanya Taman Laut Teluk Maumere. Taman laut ini lebih terkenal dengan warna warni terumbu karang dan ikan-ikan yang berada di bawah lautnya. 

via pariwisata.serverjogja.com

Taman wisata ini sempat hancur karena adanya gempa yang mengakibatkan tsunami pada tahun 1992, tapi sudah dilakukan upaya konservasi agar keindahan lautnya kembali pulih. Tempat ini masih sepi pengunjung. Tapi banyak sekali wisatawan asing, khususnya dari Eropa, yang sering mengunjungi taman laut ini. 

via pariwisata.serverjogja.com 

via kanalsatu.com

Pas main kesini, rugi kalo gak nyobain snorkeling dan diving. Tujuan utama para wisatawan kesini memang ingin melihat kehidupan alam bawah lautnya. Terumbu karang dan ikan yang ada disana masih sangat terlihat alami, gak ada yang rusak karena perbuatan manusia.

via pariwisata.serverjogja.com

via pariwisata.serverjogja.com

via pariwisata.serverjogja.com

 

Detail Informasi

Rute : Karena lokasinya yang memang ada di Maumere, dari kota Maumere pun kamu hanya perlu menempuh jarak ½ km. Lebih enak lagi kamu naik ojek saja, karena jaraknya yang memang dekat.

Alamat : Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

Harga : Harga snorkeling dan diving mencapai Rp 500.000 – Rp 4.000.000, tergantung kedalaman yang kamu mau.

 

10. TERLENA KEINDAHAN KAMPUNG BENA DI BAJAWA

Kampung Bena merupakan salah satu kampung adat yang paling tua di Flores. Kata “Bena” ini sendiri berasal dari nama orang asli yang pertama kali tinggal di daerah itu. Terdapat 9 suku yang ada disini, tapi suku tertua di kampung ini adalah suku Bena, itulah kenapa kampung ini dinamakan Kampung Bena.  

via wikipedia.org

via instagram.com/achrmad

Banyak banget wisatawan yang datang kesini, karena warga Kampung Bena sangat menerima kedatangan para wisatawan. Mereka sangat terkenal dengan keramahan dan senyumannya saat melihat wisatawan yang datang. 

via skyscanner.com

Selain itu, biasanya para wisatawan ingin melihat jejak-jejak kebudayaan megalitikum yang masih ada di Kampung Bena. Budaya megalitikum ini dapat dilihat pada susunan batu-batu gunung dan rumah adat yang beratap alang-alang.

via traveltodayindonesia.com

via kompas.com

via tripadvisor.co.id

Warga disana gak akan sungkan untuk diajak berfoto bersama atau menjadi objek foto. Anak-anaknya pun gak akan sungkan untuk mengajak kamu untuk bermain. Saat tiba disana, biasanya kamu akan melihat wanita setempat menenun kain karena memang keseharian mereka adalah menenun. 

via instagram.com/circusoptic

via instagram.com/dynprsty6_

via instagram.com/7giths

For your information, Kampung Bena buka dari jam 08:00 – 17:00 WITA. Jadi malam-malam jangan ganggu warga Kampung Bena ya, karena waktunya mereka istirahat.

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Kupang (bandara Soa), kamu bisa melanjutkan perjalanan ke kota Bangawa dengan menggunakan angkutan umum atau bis. Sesampainya disana, kamu perlu menempuh jarak sekitar 19 km untuk sampai Kampung Bena .

Alamat : Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur.

Harga : Tiket masuk seharga Rp 25.000 per orang, dan akan diberikan kain tenun kecil untuk dipakai, setelah itu dikembalikan lagi saat selesai kunjungan.

 

11. SAATNYA “BERCERMIN” DI GOA BATU CERMIN

Saatnya menjelajah goa lagi gengs. Kali ini goanya berbeda dari yang lain. Namanya Goa Batu Cermin. Eits, kamu gak bisa ngaca-ngaca disini karena di goa ini gak ada cermin, melainkan batu-batu, fosil, dan stalaktit yang ada di dalam goanya. 

via siskanurifah.wordpress.com

via twitter.com/wiranurmansyah

Trus kenapa goa ini dibilang Batu Cermin? Di Goa Batu Cermin ini, terdapat lubang di atasnya yang saat siang hari sinar matahari akan masuk ke dalam goa melalui celah sempit itu. Batu-batu di dalam goa akan memantulkan cahaya matahari yang masuk melalui lubang tersebut ke batu lainnya, bagaikan cahaya yang terpantul oleh cermin. Itulah kenapa namanya disebut Goa Batu Cermin.

via instagram.com/lostinbajoparadise

via travelingyuk.com

Dari tempat pembayaran tiket, kamu perlu berjalan sejauh 300 meter untuk sampai ke goa. Selama perjalanan menuju kesana kamu bisa berfoto terlebih dahulu di bawah pohon-pohon bambu yang melengkung. Jalanan disana juga merupakan spot yang bagus untuk berfoto. 

via instagram.com/monamon20

via instagram.com/louisa.jane

Nah, buat kamu yang mau datang kesini, disarankan buat datang dari pagi hari menjelang siang. Itulah saat-saat matahari berada di tengah-tengah kita dan akan memantulkan cahaya ke goa ini.

via travelingyuk.com

 

Detail Informasi

Rute : Goa ini berjarak sekitar 4 km dari Labuan Bajo dan memakan waktu perjalanan kurang dari 30 menit dengan menggunakan mobil atau motor.

Alamat : Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Harga : Tiket masuk Rp 10.000. Dengan pemandu menjadi Rp 20.000

 

12. SPOT DIVING SABI-NYA FLORES : MANTA POINT DAN PULAU BABI

Kalo tadi snorkeling udah, kini saatnya diving di beberapa tempat yang akan Tamasyeah rekomendasikan ini. Secara, laut timur Indonesia terkenal banget dengan kehidupan bawah lautnya yang menawan. 

  • Karang Makassar atau Manta Point

Tempat diving yang oke yang pertama ini namanya Karang Makassar, tapi lebih dikenal dengan Manta Point. Lokasinya berada di Taman Nasional Komodo.  

via diveglobal.com

via diveplanit.com

Di Karang Makassar ini gak banyak terumbu karangnya. Dari namanya “Manta Point”, sudah jelas kalau atraksi utamanya adalah ikan pari manta. Ikan pari manta akan lebih banyak ditemui dari bulan Desember sampai Februari saat musim hujan.

via diveplanit.com

Selain ikan manta, kalo beruntung, kamu juga bisa melihat makhluk-makhluk air lainnya seperti hiu (tapi bukan hiu yang besar kok), penyu, dan ikan-ikan kecil berwarna-warni lainnya. Kamu perlu diving sampai kedalaman 14 meter untuk melihat hewan laut lainnya tersebut.

via diveplanit.com

 

Detail Informasi

Rute : Penjelasan selengkapnya untuk sampai ke Pulau Komodo, ada di bagian Taman Nasional Komodo. Dari Pulau Komodo kamu akan dibawa oleh pemandu kapal sejauh 45 menit untuk sampai kesana

Alamat : Pulau Komodo, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

 

  • Pulau Babi

Tempat selanjutnya adalah Pulau Babi. Tenang, diving disini gak di temenin babi kok. Buat informasi aja nih, dulu Pulau Babi pernah terkena bencana tsunami pada tahun 1992. Tsunami ini sama besarnya seperti tsunami yang terjadi di Aceh tahun 2004. Dan ini juga berpengaruh sekali sama habitat hewan-hewan laut yang ada disekitar pulau Babi.

via deyuken-aimere.blogspot.co.id

via pulauexotic.blogspot.co.id

Disana kamu bisa snorkeling dan diving juga. Pemandangan air lautnya masih sangat terjaga. Terumbu karang di sekitaran Pulau Babi bermacam-macam jenisnya dan berwarna-warni, semakin lengkap dengan keberadaan ikan-ikan kecil yang bisa dengan mudah kamu temui. Ada satu retakan yang memotong terumbu karang disana akibat bencana tsunami tahun 1992 itu yang menciptakan pemandangan menakjubkan.

via lihatdiluar.blogspot.co.id

via lihatdiluar.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Maumere kamu perlu menempuh waktu 30 menit menuju tempat penyeberangan ( Desa Nangahale, Kecamatan Talibura ) . Untuk sampai ke Pulau Babi kamu harus menyewa 1 paket kapal nelayan beserta guide nya 

Alamat : Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Harga : Biaya sewa kapal dan guidenya sebesar 450 ribu. Belum termasuk dengan alat-alat divingnya ya

 

13. YUK HILANGIN MANYUN DENGAN BERPETUALANG KE AIR TERJUN KHAS FLORES

Buat yang lagi stress dan bikin kamu jadi manyun seharian, jangan berlarut-larut gitu ah. Kalo udah sampe kayak gitu, itu tandanya kamu harus segera piknik dan pergi liburan. Nah, di Flores ada loh 2 buah air terjun yang siap lunturin stress kamu dengan airnya yang super seger. Ada Air Terjun Cunca Wulang, Air Terjun Tengkulese dan Air Terjun Murusobe.

  • Air Terjun Cunca Wulang 

Yang pertama adalah air terjun Cunca Wulang. Air terjun ini membawa kita ke suasana hutan-hutan Afrika yang ada di film-film. Selain air terjunnya, batu-batu dan air biru kehijauan yang ada disana juga merupakan daya tarik para wisatawan asing maupun lokal.

via tjuputography.com

Perjalanan menuju kesini memang sulit banget. Kamu akan menempuh jalan yang agak licin dengan trek yang kadang naik turun. Makannya, kamu disarankan untuk pergi sama pemandu dari desa sekitar. Selama perjalanan menuju kesini, nanti kamu akan melihat tanaman vanila dan coklat. Supaya gak bosan, banyak tanya-tanya aja tentang air terjun Cunca Wulang ini ke si pemandu. Supaya kamu dapat ilmu juga saat perjalanan kesini.

via baliaerotravel.com

via m3balai.wordpress.com

Sesampainya di air terjun, kamu akan merasa takjub dengan keindahannya. Cobain deh loncat dari ketinggian tebing 4m disana, kamu akan ngerasain kelegaan dan menghilangkan rasa capek menuju ke air terjun ini.

via anakfloresblog.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Disarankan buat kamu yang mau kesini, untuk menyewa sepeda motor saja karena angkutan umum disini susah. Dari Labuan Bajo, kamu akan menempuh jarak sekitar 25 km untuk sampai ke pintu masuk desa Wersawe, setelah itu kamu akan menempuh jarak sekitar 4km untuk sampai ke air terjunnya. Jalanan menuju ke air terjun masih hancur, jadi kamu harus berhati-hati

Alamat : Desa Wersawe, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat,  Nusa Tenggara Timur

Harga : Kamu akan diminta untuk menulis daftar pengunjung dan juga menyewa jasa pemandu dengan bayaran sukarela.

 

  • Air Terjun Tengkulese

Lalu, yang kedua ini adalah Air Terjun Tengkulese. Air terjun ini merupakan air terjun dua tingkat dengan ketinggian kurang lebih 25 meter. Dikelilingi oleh hutan subur dan sawah yang terlihat dari kejauhan. Air terjun ini memang belum begitu terkenal tapi gak kalah keren sama air terjun lainnya loh.

via nengahnemo.com

Kamu bisa melompat di atas batu-batu cokelat besar yang ada di sekitar air terjun. Dianjurkan buat kamu untuk gak lompat ke dalam air terjun, karena tetesan airnya sangat kasar. Kalo mau berendam, sedikit ke bawah kamu akan melihat kolam renang alam yang lebih kecil serta lebih tenang dan aman buat bersantai.

via wisata.nttprov.go.id

via floresa.co

Selain kenikmatan pemandangan indah dari air terjun, disana juga ada beberapa view yang cocok untuk diabadikan. Pemandangan yang indah seperti bukit-bukit hijau, susunan sawah bertingkat, dan petani yang sedang membajak tanah dengan kerbaunya bisa kamu lihat ketika sampai disana.

via nengahnemo.com

via nengahnemo.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Ruteng, kamu akan menempuh perjalanan selama 2 jam untuk mencapai titik awal pendakian. Rute pendek yang bisa dilewati adalah Liang Bua, 15km dari Tengkulese. Dianjurkan buat kamu menyewa kendaraan roda empat atau dua, karena transportasi umum menuju ke sini susah banget. Sesampainya ke Desa Nanu, kamu akan berjalan sekitar 2.5 km untuk sampai ke air terjun.

Alamat : Desa Nanu, Rahong Utara, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

 

  •  Air Terjun Murusobe

Yang ketiga ini Air Terjun Murusobe. Air terjun ini adalah air terjun kembar dengan dua terjunan air yang bersebelahan.  Ketinggian air terjun ini sekitar 100 m.  Dalam bahasa setempat “Muru” berarti terjun dan “Sobe” berarti lurus seperti balok bambu.  

via floresexplore.com

Gak banyak wisatawan yang datang kesini karena akses menuju air terjun ini emang susah banget. Benar-benar dibutuhkan kelihaian dalam berkendara, seakan-akan kamu sedang berpetualang mencari harta karun tersembunyi. Disaranin untuk gak pergi sendirian, karena takut terjadi apa-apa dan juga gak akan asik kalo kamu pergi sendirian.

via minumkopi.com

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Rute : Kamu disarankan untuk menyewa kendaraan motor atau mobil pribadi untuk sampai kesana. Dari Maumere, kamu harus menempuh jarak sekitar 35 km ke Kaliwajo. Sesampainya di Kaliwajo, dilanjut lagi ke Desa Loke dengan jarak sekitar 12 km. Jalanan menuju kesana sangat susah gengs. Yang akan kamu hadapi adalah tanjakan yang cukup tinggi, turunan yang agak curam, dan jalanan yang belum di aspal (berbatu dan berbolong-bolong). Kamu juga akan melewati jembatan bambu.

Alamat : Desa Poma, Kecamatan Tanawawo, Kabupaten Sikka, Propinsi Nusa Tenggara Timur

 

14. BERTEMU RATUSAN KELELAWAR DI PULAU KALONG

Flores terkenal dengan hewan komodo. Inilah dia urutan nomor 14 dari 24 kumpulan tempat wisata anti-stress di Flores yaitu Pulau Kalong. Pulau Kalong merupakan sebuah pulau yang menjadi habitat dari ratusan bahkan ribuan kelelawar.

via paketwisatakomodo.com

via komodo.indonesia-tourism.com

Yang namanya kelelawar itu, udah pasti keluarnya pas malam-malam ya. Jadi kalo mau ke Pulau Kalong, kamu bisa otw dari Pelabuhan Labuan Bajo tepat jam 17:00 WITA. Karena mendekati matahari terbenam kamu akan bisa melihat kelelawar-kelelawar ini beterbangan di sekitar pulau seakan-akan mereka sedang bermigrasi. Kalo kamu datang ke sini pas pagi atau siang hari, maka yang kamu dapatkan Cuma kelelawar yang masih tidur dengan cara menggantung di pepohonan..

via dananwahyu.wordpress.com

via travel-pictures-gallery.com

Untuk kamu yang berniat buat turun ke Pulau Kalong, sayang sekali gak bisa ya gengs. Pulau disana cukup berbahaya, bahkan dulu pernah ada yang menjelajahi Pulau Kalong dan menghilang gak ditemukan sampai sekarang. Semenjak kejadian itu, gak boleh ada pengunjung yang menginjakkan kaki lagi di Pulau Kalong ini. Kamu hanya diperbolehkan berdiri di pinggiran pulau ini saja.

via wisata.nttprov.go.id

 

Detail Informasi

Rute : Pulau Kalong ini terletak sekitar 8 km dari Pelabuhan Labuan Bajo yang bisa ditempuh dengan perjalanan laut selama kurang lebih 1 jam. 

Alamat : Pulau Kalong, Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Harga : Kamu bisa mendaftar di travel sailing trip yang juga menawarkan overnight stay di Pulau Kalong, biasanya harga sailing trip sekitar 1-2 juta rupiah untuk yang dari Labuan Bajo ke sekitar Taman Nasional Komodo atau bisa lebih dari 3 juta rupiah untuk perjalanan dari/ke Lombok-Labuan Bajo. Kamu juga bisa sewa kapal milik warga setempat yang ada di pelabuhan dengan harga 750ribu – 1,5 juta rupiah per hari.

 

15. RASAKAN SAMBUTAN HANGAT BERUPA BALUTAN KAIN KHAS FLORES DI DESA-DESA PENGHASIL KAIN TENUN INI!

Flores memang sangat terkenal dengan kain tenunnya. Banyak banget toko-toko yang menjual kain-kain tenun ikat bermotif bagus hampir di setiap kota di Flores. Buat kamu yang penasaran gimana sih pembuatan kain tenun ikat di Flores ini, berikut Tamasyeah kasih beberapa rekomendasi desa yang penghasil kain-kain tenun tempat dimana kamu bisa menyaksikan secara langsung pembuatan tenun di sini.

  • Desa Watublapi

Yang pertama ini, Desa Watublapi. Desa kecil ini terkenal dengan pembuatan kain ikat tradisional yang ada di Sikka. Di zaman modern ini, banyak banget yang membuat kain tenun dengan bantuan alat industri, tetapi gak pada Desa Watublapi ini. 

via floresexplore.com

via floresexplore.com

Disini kamu bisa belajar bagaimana cara membuat kain ikat tradisional dengan cara tradisional dari penduduk desa. Jangan sungkan-sungkan buat bertanya sama mereka, mereka senang untuk mengajarkan para wisatawan yang ingin belajar. Selain itu kamu juga bisa membeli kain yang ada disana dengan harga yang sudah ditetapkan oleh masing-masing penjual.

via floresexplore.com

via floresexplore.com

Saat ada wisatawan yang datang, biasanya mereka menyambut dengan tarian adat dan musik tradisional. Selain itu, kamu juga diperbolehkan untuk memakai kain ikat tradisionalnya sementara waktu, gak dibawa pulang ya. Biasanya mereka juga akan menawarkan sirih pinang, katanya untuk memperkuat gigi. Gigi dan mulut kamu nantinya akan jadi berwarna merah. Tapi tenang aja, akan hilang sekitar 1 jam kok.

via floresexplore.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Maumere, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua dengan jarak 13 km. Jalanan bagus dan memang mudah terjangkau. 

Alamat : Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

  • Desa Sikka

Gak usah dipertanyakan lagi, di Desa Sikka ini memang sangat terkenal dengan adanya pembuatan kain tenun ikat tradisional. Bahkan sudah banyak sekali wisatawan mancanegara yang datang kemari untuk membeli kain tenun. 

via lantunanhati.wordpress.com

Pekerjaan para wanita yang ada di desa ini adalah penenun. Bahkan hampir setiap rumah yang ada di Desa Sikka memiliki alat tradisional penenun loh. Kalo kamu mau coba belajar menenun juga bisa, ajak ngobrol aja mama-mama yang sedang membuat kain, pasti mereka mau mengajarkan kamu.

via lantunanhati.wordpress.com 

via lantunanhati.wordpress.com

Seperti yang tadi sudah disebutkan, kalo desa ini memang sudah terkenal dengan kain tenunnya sampai ke mancanegara. Sudah banyak banget negara yang mengenal kain ikat tradisional yang berasal dari NTT melalui Desa Sikka ini. 

via lantunanhati.wordpress.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Maumere, kamu bisa menggunakan angkutan umum dengan jarak sekitar 28 km untuk sampai ke Desa Sikka.

Alamat : Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

16. WAJIB COBA! FOTO DARI ATAS PULAU PADAR DAN GILI LABA

Saat di Flores, ada spot fotoan yang pasti bakal bikin kamu terkagum-kagum. Background foto berupa landscape khas NTT yang pas kamu liat seakan-akan berada dalam film petualangan. Makannya, wajib cobain foto di puncak bukit Pulau Padar dan Pulau Gili Laba..

  • Pulau Padar

Pulau Padar ini merupakan salah satu pulau terbesar yang masuk ke bagian Taman Nasional Komodo. Di pulau ini memang gak ada komodo karena rantai makanannya yang terputus, jadi pulau ini hanya dijadikan sebagai wisata alam untuk berfoto dan trekking perbukitan. 

via ifanishere.com

via ifanishere.com

via triptrus.com

via mytravelingphotograph.blogspot.co.id

Gak cuma di puncaknya aja. Sembari kamu trekking, kamu juga disaranin untuk foto di sepanjang perjalanan menuju puncaknya. Karena setiap jalan yang dilewati memiliki pemandangan yang bakal membuat kamu melongo.

via mytravelingphotograph.blogspot.co.id

via mytravelingphotograph.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Untuk menuju ke Pulau Pandar, kamu harus menuju ke Labuan Bajo lebih dulu. Kamu bisa menyewa kapal untuk pergi ke sana  atau ikut travel yang mengarah ke Taman Nasional Komodo. Banyak sekali Travel Agency yang ada disana.

Alamat : Kepulauan Sunda, perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Harga : Tergantung dari Travel Agency atau kapal yang kamu sewa. Bayar masuk tiket ke Taman Nasional Komodo seharga Rp 75.000 (untuk wisatawan lokal) dan Rp 150.000 (untuk wisatawan asing)

 

  • Gili Laba

Spot asik lainnya buat fotoan ada di puncak Gili Laba atau bisa juga disebut Gili Lawa Darat. Gili Laba ini masih termasuk pulau di Taman Nasional Komodo dan gak kalah menarik dari Pulau Pandar untuk urusan landscape-nya. Foto di bagian atas bukitnya menjadi salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan saat berkunjung ke Taman Nasional Komodo. 

via yorkgoods.com

via journeyera.com

via journeyera.com

Sama kayak Pulau Pandar, Gili Laba memiliki pemandangan yang gak Cuma cakep di puncaknya aja. Di sepanjang trek menuju puncak pun Gili Laba menyuguhkan view menawan berupa barisan perbukitan yang berpadu dengan birunya laut yang bergradasi. Siapkan kameramu, jangan sampai lengah dan melewati setiap spot kece di sana. 

via travel.detik.com

via travel.detik.com

via flickr.com

 

Detail Informasi

Rute : Untuk menuju ke Pulau Gili Laba, kamu bisa melalui Labuan Bajo atau dengan LOB dari Lombok menuju Labuan Bajo.

Alamat : Kepulauan Sunda, perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Harga : Dengan LOB dari Lombok menuju Labuan Bajo (atau sebaliknya) biaya nya Rp 1,550,000.

 

17. BERADAT DI 7 RUMAH ADAT KEREN DI WAEREBO

Desa Wae Rebo yang berada di ketinggian 1.200 mdpl keliatan seperti surga yang berada di atas awan. Pemandangan alam yang indah berupa pegunungan serta 7 rumah adat yang berbentuk kerucut memberikan kesan yang menarik buat para pengunjung disana. Memang capek untuk sampai ke desa ini, tapi kamu gak akan nyesal saat sampai nanti karena pemandangannya memang wah banget.

via happyfitdiary.com

via travel.kompas.com

Oh iya, for your information, disini gak ada sinyal loh. Jadi kamu gak bisa update apa-apa dulu disini. Banyakin foto aja dulu dan nikmati pemandangan yang ada disana, sampe bawah jangan lupa di posting ya hihi.

via diytravelhq.com

via backpackstory.wordpress.com

Salah satu yang membuat para wisatawan tertarik untuk datang kesini adalah upacara adat di Wae Rebo ini, namanya upacara Penti. Upacara ini adalah ritual untuk ungkapan rasa syukur atas panen dan kehidupan yang telah dilalui selama satu tahun. Kalo kamu mau ngeliat upacara ini, datang aja pas bulan Oktober atau November pertengahan. 

via pedomanwisata.com

via travel.kompas.com

Di upacara ini, akan ada 3 kelompok dimana masing-masing kelompok akan melakukan pemberkatan dan pemotongan ayam sebagai persembahan leluhur dan Tuhan. Setelah itu, 3 kelompok ini akan kembali di pelataran kampung. Mereka menari dan bernyanyi mengelilingi altar persembahan, dilanjutkan dengan tarian Caci. Di malam hari, akan diadakan upacara pemberkatan pada rumah gendang dan setiap kamar yang ada di rumah tersebut. Setelah rumah gendang, masyarakat akan melakukan acaranya dirumah masing-masing.

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Ruteng, kamu harus melanjutkan perjalanan sampai ke Desa Denge/Dintor selama kurang lebih 2 jam, bisa menggunakan ojek atau truk kayu (truk kayu tidak selalu beroperasi). Sesampainya disana kamu harus mendaki kurang lebih 3 – 4 jam karena memiliki jarak 7 km untuk sampai tujuan. Memang memerlukan tenaga untuk sampai ke Desa Wae Rebo gengs.

Alamat : Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Harga : Ojek seharga Rp 150.000 – Rp 200.000 . Sedangkan truk kayu Rp 30.000 per orang.

 

18. LIHAT JARING LABA-LABA RAKSASA DI SAWAH LINGKO

Banyak yang gak tahu nama sawah ini, karena sawah ini terkenal dengan sebutan spider web rice field. Padahal nama aslinya sendiri adalah Sawah Lingko. Lingko sendiri ini berasal dari makna tradisi pembagian tanah sawah yang telah dilakukan secara turun temurun dari jaman penjajahan Belanda sampai sekarang. 

via instagram.com/pitrdzi

via instagram.com/boukjed

Gak seperti sawah pada umumnya, Sawah Lingko yang berukuran 100 hektar ini memiliki pola seperti jaring laba-laba loh gengs. Keunikan ini yang membuat para wisatawan ingin melihatnya. Sawah ini juga terlihat dikelilingi oleh bukit-bukit yang menambah kecantikan dari Sawah Lingko ini.

via travel.idntimes.com

via mongabay.co.id

Spot yang bagus untuk foto-foto dan melihat pemandangan sawah ini ada di Bukit Weol. Kamu bisa mendapatkan background foto dari Spider Web Rice Field dengan pas. Untuk sampai kesana, kamu harus mendaki dengan menaiki sekitar 250 anak tangga yang dibuat dari tumpukan tanah dan bambu sebagai penahannya, jalannya juga berbentuk zig-zag gengs. 

via wownderfulife.com

via mongabay.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Dari Kota Ruteng, kamu akan menempuh 15 km untuk mencapai Desa Cancar dengan menaiki angkutan umum. Setelah itu turun di Pasar Cancar. Dari sana, kamu harus berjalan kaki sekitar 2,5 km atau bisa juga naik ojek motor.

Alamat : Desa Cancar, Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Tim.

Harga : Rp 10.000 untuk mendaki Bukit Weol

 

19. TRIP RELIGI KE GEREJA TUA SIKKA DAN PATUNG BUNDA MARIA

Buat kamu yang ingin wisata realigi di Flores, khusunya kaum Kristiani, langsung aja deh datang ke Gereja Tua di Desa Sikka dan juga Patung Maria di Bukit Nilo. Keduanya menyimpan daya tarik karena memiliki kekhasan-nya masing-masing.

  • Gereja Tua Sikka

Dimulai dengan gereja tua dengan nama St. Ignatius Loyola yang berlokasi Desa Sikka. Gereja St. Ignatius Loyola sudah melebihi 100 tahun usianya tapi masih terlihat anggun dan cerah seperti gereja baru. Gereja itu dibangun mulai 1893 dan diresmikan Pastor J Engbers SJ pada 24 Desember 1899. Untuk mempelajari sejarahnya, kamu bisa langsung tanya ke tetua sekaligus pengurus gereja, karena akan sangat panjang kalo diceritain disini hihi.

via evenerr.com

via derosaryebed.blogspot.co.id

via ayuwinati.blogspot.co.id 

Kalau mau main ke gereja ini, sebaiknya datang pas hari Jumat. Karena di Desa Sikka, setiap hari Jum’at pasti diadakan Perarakan Jumat Agung yang memang sudah menjadi tradisi disana selama lebih dari 100 tahun. Prosesi dimulai dari gereja tua ini dengan menggotong patung Sinyor mengelilingi desa. Katanya, siapa yang bisa menerobos di bawah patung Sinyor, keinginannya akan terkabulkan. 

via evenerr.com

Bangunan gereja ini bergaya Baroque, gaya arsitektur yang populer di Eropa pada zaman dulu. Ornamen - ornamen pada dinding tembok bergambar motif tenun ikat tradisional masyarakat setempat. Konstruksi kayu yang berwarna coklat dan kuning mendominasi pilar dan plafon. Untuk memasuki gereja ini, kamu bisa memberikan donasi untuk pemeliharaan gereja tua ini. 

via evenerr.com

via evenerr.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Maumere, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat ataupun dua (bisa juga memakai angkutan umum) dengan jarak sekitar 28 km menuju Desa Sikka.

Alamat : Desa Sikka, Kecamatan Maumere, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

  • Patung Bunda Maria di Bukit Nilo

Selain wisata ke gereja, kamu juga bisa berkunjung ke Patung Bunda Maria di Bukit Nilo. Tempat ini merupakan tempat ziarah Bunda Maria di Kota Maumere dan salah satu objek wisata realigi yang mesti dikunjungi saat berada di Flores. Patung ini mulai didirikan tahun 2004 dan menjadi daya tarik bagi para peziarah lokal maupun mancanegara, khususnya umat Katholik. 

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Patung tertinggi di Kabupaten Sikka ini berdiri di ketinggian 1.600 mdpl dan menghadap ke arah Kota Maumere serta Laut Flores. Dari Kota Maumere pun patung Bunda Maria ini dapat terlihat.

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Beribadah disana sambil berekreasi akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan, karena dapat menenangkan hati dan pikiran. Selain objek wisata religi, bukit ini juga menawarkan pemandangan yang sangat menakjubkan dari puncaknya. Hal inilah yang membuat Bukit Bunda Maria sebagai objek wisata realigi yang paling diminati.

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Maumere, kamu bisa menggunakan angkutan umum ataupun ojek dengan jarak tempuh sekitar 7 km dan menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke bukit Nilo. Sesampainya di gerbang lokasi wisata, kamu perlu jalan sekitar 500 meter untuk sampai ke patung Bunda Maria.

Alamat : Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

20. ANTI KECEWA : BERBURU BATU BIRU DI PANTAI PANGGAJAWA

Pantai yang satu ini unik banget, biasanya pantai akan indah kalo memiliki pasir berwarna putih. Tapi berbeda dengan PantaiPanggajawa karena pantai ini ditutupi oleh batu-batu berwarna biru yang dihempaskan oleh ombak laut. Terlihat semakin unik saat melihat pantai ini dari jauh karena akan terlihat berwarna biru agak kehijauan.

via instagram.com/charles_sinlae

via instagram.com/nurul_firdha

Batu disini memang banyak yang berwarna biru, tapi gak semuanya biru. Ada juga yang berwarna hijau, cokelat, kuning, putih, abu-abu. Bentuk dari batu ini juga beragam, ada yang berbentuk kotak, lonjong, dan bulat. Yang pastinya permukaan batu ini semuanya halus. Sebenarnya belum tau dari mana asal batu ini, tapi warga setempat mempercayai kalau batu ini datang dari dasar laut yang kemudian dihempaskan oleh ombak.

via instagram.com/elsacarissa

via dailyvoyagers.com

Batu ini juga merupakan salah satu komoditas penting bagi para penduduk sekitar sana. Mereka mengambil serta menyortir batu-batu ini sesuai bentuk dan ukurannya. Batu-batu biru ini kemudain dijual kepada para wisatawan atau pengusaha yang ada. Kalau kamu pernah liat rumah-rumah mewah yang memiliki batu biru, banyak yang berasal dari pantai ini loh

via pedomanwisata.com

via indonesieflores.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Ende, kamu bisa naik angkutan umum atau ojek untuk sampai ke Pantai Panggajawa. Sekitar 30 – 45 menit untuk sampai kesini

Alamat : Penggajawa, Nangapanda, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur

Harga : 1 karung batu biru seharga Rp 25.000 – Rp 30.000

 

21. “BERMAIN” DENGAN KOMODO DI PULAU WARISAN DUNIA

Kalau sudah main ke Nusa Tenggara Timur, kamu wajib banget mampir ke Taman Nasional Komodo. Taman Nasional Komodo ini merupakan salah satu 7 keajaiban alam di dunia loh. Makannya, kamu harus banget datang ke Taman Nasional Komodo ini. Disini kamu bisa liat komodo secara langsung.

via tripadvisor.com

via fakta.co.id

via calyawisata.com

Taman Nasional Komodo ini gak cuma ada di Pulau Komodo aja. Ternyata ada juga di Pulau Padar, Pulau Rinca dan 26 pulau kecil lainnya. Jadi luasnya itu kira-kira 1.733 km?2;. Luas banget ya? Selain melihat komodo, disana juga ada banyak objek wisata menarik dari mulai snorkeling sampai hiking untuk menikmati landscape khas NTT.

via cruisemapper.com

via 1001wisata.com

Nah, ada yang menarik nih di Pulau Komodo. Kamu bisa melakukan trekking komodo yang ada di Loh Liang untuk melihat komodo dari dekat. Trekking ini terdiri dari super short trek, short trek, medium trek, long trek dan adventure trek. Pilih sesuai stamina kamu aja ya dan jangan lupa bawa air. Dan jangan bandel, ikutin panduan dan aturan yang dikasih tau oleh ranger nanti.

via floresexplore.com

via floresexplore.com

Setelah trekking, kamu bisa melepas rasa lelah di Pantai Pink yang tidak jauh juga dari Loh Liang. Warna pink ini berasal dari koral yang warnanya pink dan terbawa arus sampai ke pantai. Saat terbawa arus, koral itu pecah lalu bercampur dengan pasir. Itulah kenapa pasir ini berwarna pink. Di pantai ini kamu bisa berjemur, main pasir, snorkeling dan berenang di pinggir pantai.

via keystonebsa.org

via pedomanwisata.com

via gotravelly.com

Dari Pulau Komodo, lanjut ke pulau yang menarik di Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Rinca. Di Pulau Komodo ada Loh Liang, tapi kalo di Pulau Rinca ada Loh Buaya. Di sini kamu juga masih bisa melihat komodo. Saat tiba di dermaga pun, kamu sudah bisa melihat beberapa komodo liar. Tapi tenang aja, disana sudah ada ranger yang sigap menangani komodo. 

via tripvisto.com

via pecintawisata.wordpress.com

Di Loh Buaya, kamu bisa melakukan trekking juga. Gak seperti di Loh Liang, disini kamu pastinya gampang melihat komodo, gak untung-untungan karena memang jumlah komodo yang gak sedikit. Dan trekking-nya juga lebih ekstrim, kayak jalan-jalan di film Jurrasic Park. Ranger disini menggunakan tongkat untuk menjaga-jaga apabila ada perlawanan dari komodo di pulau itu. Disarankan untuk wanita untuk gak ikut treking pas lagi dapet, karena komodo sangat sensitif dengan bau darah.

via eazeryanda.blogspot.co.id

via eazeryanda.blogspot.co.id

via eazeryanda.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Untuk menuju ke kawasan Taman Nasional Komodo, kamu harus menuju ke Labuan Bajo. Dari situ kamu bisa menaiki perahu sampai ke Taman Nasional Komodo.

Alamat : Kepulauan Sunda, perbatasan Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Harga : Banyak travel agency yang menawarkan ke Taman Nasional Komodo di Labuan Bajo. Biayanya berkisaran Rp 400.000 – Rp 500.000, udah include ke Pulau Padar dan Rinca. Saat sampai di Taman Nasional Komodo, kamu juga perlu bayar tiket masuk. Kalo kamu orang Indo harganya Rp 75.000 tapi kalo kamu bukan orang Indo ya harganya Rp 150.000. 

 

22. SENSASI BERENANG DALAM GOA DI GOA RANGKO

Buat kamu yang belum pernah ngerasain berenang di dalam goa, inilah saatnya kamu ngerasain sensasinya berenang di Danau Goa Rangko. Menikmati segarnya air yang super biru sambil melihat batu-batu stalaktit yang menggantung indah di dalam goa itu, benar-benar cara yang baik buat menghilangkan stress.

via travel.kompas.com

Untuk sampai kesini memang dibutuhkan perjuangan karena kamu bahkan harus menyebrang pulau lebih dahulu. Sesampainya di pinggir pulau, kamu akan berjalan kaki berjarak 300 meter, kalau capek bisa santai-santai dulu di gubuk yang ada diperjalanan. Dan saat kamu melihat bibir Goa Rangko, dijamin bawaannya kepingin langsung nyemplung ke danaunya.

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Disaranin buat kamu yang mau kesana, datang di siang bolong tepatnya jam 11:00 WITA. Sebenarnya di dalam goa ini sangat gelap, tapi saat matahari berada ditengah-tengah, cahaya matahari akan masuk ke dalam goa, membuat warna biru dari danau ini akan sangat terlihat. Biasanya pemandu akan meminta kita untuk balik lagi ke Desa Rangko sekitar pukul 15:00 WITA karena air akan surut dan takut kapal yang kamu gunakan akan mengenai karang-karang di dasar laut. 

via indonesiakaya.com

via indonesiajalanjalan.com

 

Detail Informasi

Rute : Sebelum itu, kamu harus menyewa motor atau mobil untuk pergi ke desa Rangko selama kurang lebih 1 jam. Hati-hati ya, jalanan disana masih belum bagus. Sesampainya di desa Rangko, kamu bisa menyewa kapal kayu yang ada di dermaga untuk melanjutkan ke pulau Goa Rangko itu dan akan memakan waktu 10-20 menit. Setelah sampai disana, kamu perlu berjalan kaki untuk sampai ke lokasi Goa Rangko selama 10 menit saja.

Alamat : Desa Rangko, Kecamatan Boleng, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Harga : Sewa kapal di desa Rangko Rp 250.000 – Rp 350.000. Bisa ditawar kok

 

23. BIRU LAUT PADAHAL DANAU, YA DANAU KELIMUTU!

Kamu pasti pernah dengar dong yang namanya Danau Kelimutu. Belom lengkap kalo kamu gak datangin danau ini secara langsung pas di Flores. Danau yang warna biru namanya Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, yang warna merah Tiwu Ata Polo, dan yang warna putih Tiwu Ata Mbupu. Kadang warnya juga suka berubah gengs.

via tekno.tempo.co

via outdoorrevival.com

Untuk bisa melihat danau ini, kamu harus melewati hutan yang penuh dengan suara seragnga tonggeret. Memang cukup melelahkan karena akan melewati banyak anak tangga. Tapi tenang aja gengs, sampe di atas kamu gak akan merasa capek lagi, pasti kamu akan takjub sama pemandangannya. Oh iya, jalannya agak curam ya, jadi harus hati-hati.

via kabarwisata.com

via phinemo.com

Kata orang-orang disana, masing-masing dari danau ini merupakan tempat berkumpulnya para arwah. Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai (warna biru) adalah tempat berkumpulnya jiwa-jiwa para pemuda dan pemudi yang sudah meninggal. Tiwu Ata Mbupu (warna putih) adalah tempat arwah orang-orang tua yang telah meninggal. Sedangkan danau Tiwu Ata Polo (warna merah) adalah tempat untuk arwah orang-orang yang selama hidupnya melakukan kejahatan. 

via kabarwisata.com

via sindhiarta.blogspot.com

via pesonaindo.com

Spot befoto yang bagus itu ada di bagian tugu puncak Kelimutu. Kamu bisa mengabadikan pemandangan yang sangat menakjubkan, apalagi pas menjelang sunset. Disana juga ada yang menjual makanan dan minuman, jadi abis engos-engosan naik, masih bisa santai juga disana. 

via sumber.com

via phinemo.com

via katalogwisata.com

Setiap tanggal 14 Agustus, warga disana akan menyelanggarakan Festival Danau Kelimutu. Warga disana akan melakukan “pati ka” yang artinya memberi makan. Pemberian makan ini ditujukan untuk leluhur Danau Kelimutu berupa sesaji yang terdiri dari “mawi” atau daging babi dan “moke” atau minuman alkohol khas sana.

via travel.detik.com

 

Detail Informasi

Rute : Kamu bisa menggunakan mobil atau motor untuk sampai kesana. Kalo kamu dari Ende, berjarak sekitar 53 km sampai ke Moni dengan waktu 1 jam. Kalo dari Maumere, berjarak sekitar 80 km dengan waktu 1 jam setengah. Pas sampai di Moni, kamu harus menempuh jarak 13 km untuk sampai ke danau Kelimutu.

Alamat : Kecamatan Ende Tengah, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur

 

24. KUNJUNGAN HISTRORIKAL KE MUSEUM BIKON BLEWUT DAN PENGASINGAN SOEKARNO

Setelah menikmati tempat wisata alam yang menarik dan bikin melongo, belum lengkap rasanya kalo kamu belum mempelajari sejarah-sejarah yang ada di Flores. Biar kamu nambah wawasan juga, Tamasyeah rekomendasiin kamu untuk mampir juga ke Museum Bikon Blewut dan Rumah Pengasingan Soekarno. 

  • Museum Biko Blewut

Tur penambah wawasan kamu dimulai dengan mampir ke Museum Bikon Blewut. Museum ini merupakan museum terbesar di Provinsi NTT. “Bikon” artinya lampau dan “Blewut” artinya rusak, jadi Bikon Blewut artinya sisa-sisa peninggalan masa lampau. 

via tulisan-sandra.blogspot.co.id

via pencangkul.blogspot.co.id

Museum ini memiliki banyak koleksi peninggalan bersejarah masa lampau (10.000 – 400.000 tahun yang lalu) dari Indonesia maupun luar negeri. Koleksi-koleksi yang ada di museum ini berasal dari jaman batu dan perunggu seperti fosil, pakaian adat, perhiasan, benda-benda porselen, alat musik, tenunan, anyaman, ukiran, senjata pahat, dan fauna. Menarik ya?

via cendananews.com

via adlienerz.com

Salah satu contohnya adalah fosil manusia purba. Di Flores, manusia purba sudah hidup dari 19.000 SM. Seperti yang sudah disebutkan, kalau dulu pernah ada homo floresiensis yang tinggal di Goa Liang Bua. Fosil mereka diabadikan di museum ini loh gengs. Jadi kalo kamu penasaran ingin melihat bagaiman bentuknya, datengin aja Museum Bikon Blewut

via sunda-islands.com

via adlienerz.com

via adlienerz.com

via adlienerz.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Maumere ke Museum Bikon Blewut Ledalero tidak jauh, kurang dari 10 km dan kamu pun bisa menggunakan transportasi umum yang ada.

Operasional : Museum ini buka dari jam 07:00 – 13:00 WITA, jadi kalo sore-sore kamu gak bisa kesini ya gengs. 

Alamat : JL Kolombeke, Kota Baru, Alok Tim., Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur

 

  • Rumah Pengasingan Soekarno

Selain Museum Bikon Blewut, kamu juga bisa melihat rumah pengasingan Bapak Indonesia kita. Bapak Presiden Republik Indonesia yang pertama, Ir. Soekarno, punya rumah pengasingan di Flores, tepatnya di Kota Ende. 

via travel.kompas.com

Ende menyimpan sejarah panjang mengenai Soekarno selama 4 tahun (14 Januari 1934 – 18 Oktober 1938) yang diasingkan oleh Pemerintah Hindia Belanda. Saat itu, Bung Karno sangat dijaga ketat oleh pemerintah Hindia Belanda. Tetapi beliau bangkit melawan pengawasan kolonial saat itu, dia mendatangi perkampungan yang ada di Ende dan sempat mengunjungi Danau Kelimut sehingga lahirlah naskah drama “Rahasia Kelimutu”. 

via travel.kompas.com

Gak jauh dari rumahnya, terdapat patung renungan Bung Karno. Patung itu berada di Taman Perenungan Bung Karno yang ada di Kelurahan Rukum Lima. Terlihat sangat jelas patung itu duduk merenung di bawah pohon sukun yang menutupi beliau pada saat itu. 

via travel.kompas.com

Kamu bisa memasuki rumah kediaman Bung Karno kok, jadi gak cuma liat dari luar aja. Tapi ada beberapa ruangan yang memang gak boleh dimasuki oleh wisatawan, seperti kamar tidur Bung Karno. Saat kamu masuk ke rumahnya, terasa suasana tahun-tahun dimana perjuangan beliau untuk melawan pemerintahan koloni Belanda. 

via pariwisata.serverjogja.com

via travel.kompas.com

 

Detail Informasi

Rute : Rumah Ir. Soekarno berada di kota Ende. Jadi kamu bisa menaiki transportasi umum apapun untuk sampai kesana.

Alamat : Jalan Perwira, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur 

Harga : Tiket masuk Rp 2.500 per orang

 

Nah itu dia 24 kumpulan tempat wisata anti-stress di Flores. Tempat-tempat ini udah super duper keren pokoknya, jadi kamu wajib banget untuk mampir ke semua list yang sudah Tamasyeah rekomendasiin tersebut. Siapin trip 1-2 minggu di Flores, pasti banyak dari tempat ini yang udah bisa kamu kunjungi, ditunggu review wisata kamu ya!


Penulis
Penulis Achmad Ghadzali
A simple man who wants to create positive impact to my surroundings by being myself.

Artikel Terkait

Nusa Tenggara Timur - 1870 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Nusa Tenggara Timur - 1278 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 866 Hits

Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu

Nusa Tenggara Timur - 1058 Hits

Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores

Nusa Tenggara Timur - 2978 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 28620 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.