Bali - 2288 Hits

Kalau bicara tentang wisata di Bali, mungkin yang terlintas di kepala kamu adalah Pantai Kuta, Pantai Sanur, Tanah Lot, dan GWK. Wisata-wisata tadi, bisa dibilang sudah jadi wisata mainstream, karena sudah banyak orang yang tau dan menjadi semacam tujuan wisata Bali yang wajib dikunjungi. Nah, kalau kamu sudah bosen sama wisata mainstream dan ingin merasakan sisi lain wisata pulau dewata ini, berikut Tamasyeah sajikan 20 wisata anti-mainstream di Bali yang dijamin bakal bikin kamu lupa diri. 

 

1. SIAP-SIAP TERPUKAU DENGAN PEMANDANGAN DARI ATAS RUMAH POHON BATU MOLENTENG, PENIDA

Rumah pohon ini terletak di Banjar Pelilit, Desa Tanglad. Untuk sampai ke sini, kamu harus trekking dulu selama 15 menit dari tempat parkir karena letaknya agak di pedalaman yang dikelilingi tebing batuan kapur dan berada di atas tanah miring. 

via anomharya.com

via calungtour.com 

Sesuai namanya, letaknya ada di atas pohon, jadi kamu harus naik ke atas pohon dengan cara menaiki tangga kayu yang sudah ada di sana. Di pinggir tangga kayu ada tali tambang yang bisa kamu jadiin pegangan seadanya, takut-takut kalau kepeleset pas lagi jalan..

via gambarrumahkita.com 

via booking.com 

Tempat ini juga sering disebut oleh warga setempat sebagai Rumah Pohon Batu Molenteng Atuh Area.  Hal ini dikarenakan letaknya berdekatan dengan kawasan wisata Pantai Atuh yang bisa kamu lihat eagle view-nya dari atas rumah pohon ini. Ditambah, juga ada pulau-pulau kecil, tebing, dan bukit untuk melengkapi pemandangan kamu .

via ikutilangkahkaki.com 

via blog.jelajah.com 

Jangan cepat-cepat pulang karena sunset disini juga sayang banget buat dilewatin, guys! Bagus banget buat update timeline Instagram kamu. 

via airbnb.com  

via kintamani.id

Sambil nunggu sunset, kamu bisa jelajahi daerah ini dan menemukan spot Instagramable lain di sekitar sini yang terlihat seperti Raja Ampat mini. 

via pinterest.com 

 

Detail Informasi

Alamat: Pejukutan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 

Range Harga: Tiket masuk Rp 10.000, parkir Rp 5.000

 

2. AIR TERJUN PEGUYANGAN YANG KOLAMNYA SEPERTI INFINITY POOL ALAMI

Kalau kamu mau merasakan wisata anti-mainstream Bali, harus kudu musti ke Air Terjun Peguyangan yang ada di Nusa Penida. Berbeda dari air terjun pada umumnya yang ada di Bali dengan arus deras, namun air terjun ini adalah kumpulan beberapa kolam mata air pendek yang merembes ke jurang curam dan berakhir di laut. 

via krisnatoursbali.com 

via ulinulin.com  

via blogunik.com 

Untuk menikmati air terjun yang unik dan anti-mainstream ini butuh effort yang lumayan guys. Banyak penduduk lokal yang bahkan belum mengetahui letaknya, sehingga kamu harus bertanya atau menyewa guide atau supir yang berpengalaman untuk sampai ke sini. Usahanya belum selesai, karena pas udah sampai, kamu harus menaiki sekitar 400an anak tangga di dinding jurang yang langsung menghadap ke samudra lepas. 

via tripadvisor.com  

via indonesia.tripcanvas.co  

via tripadvisor.com 

Tapi tenang, semua effort kamu itu akan kebayar banget pas udah sampai. Kamu bisa berenang cantik di salah satu kolam mata air yang langsung menghadap ke samudra luas. Airnya juga jernih banget, jadi benar-benar bisa melepas penat. Jangan lupa foto-foto, karena pemandangannya superwow

via blogunik.com  

via agaaprilla1.blogspot.co.id

via kapanlagi.com

 

Detail Informasi

Alamat: Nusa Penida, Batukandik, Nusapenida, Kabupaten Klungkung, Bali

Range Harga: Tiket masuk Rp 10.000/mobil

 

3. HATI-HATI BERUCAP DAN BERTINDAK SAAT BERKUNJUNG KE KOLAM DAN PANTAI TEMBELING

Tembeling merupakan salah satu tempat suci bagi masyarakat Bali untuk mengadakan ritual upacara keagamaan. Maka, harus diingat kalau kamu ke sini, kamu harus tetap menjaga kesuciannya dengan selalu bersikap sopan dan jadilah pelancong yang baik dengan tidak mencemarkan tempat ini. 

via reisfreaks.com 

via mongabay.co.id 

via instagram.com/tembeling_ 

Terdapat dua kolam alami di dalam kawasan hutan Tembeling yang tersembunyi. Airnya jernih banget, guys! Katanya, kolam ini dulu ditemukan oleh wanita hamil yang lagi mengejar seekor sapi. 

via ikutilangkahkaki.com  

via ikutilangkahkaki.com 

via maemelalinusapenida.blogspot.co.id 

Plusnya lagi, kamu boleh berendam dan main-main air di sini, tapi ada aturannya. Kolam besar khusus untuk pria dan kolam kecil untuk wanita. Jangan cemari airnya ya kalau lagi berendam, soalnya penduduk lokal menggunakan air di kolam ini untuk sumber air minum. 

via instagram.com/dielaanutnut  

via instagram.com/l3nnysurya  

via instagram.com/tembeling_ 

Puas berenang di kolam, coba kamu lanjutkan perjalanan ke ujung sampai di pantai Tembeling yang merupakan pantai berbatu. Ditambah, pantai ini akan serasa pantai pribadi karena masih sedikit banget orang yang tahu keberadaannya. 

via instagram.com/m_magetsari  

via ikutilangkahkaki.com  

via ikutilangkahkaki.com 

via instagram.com/7erhio 

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Batu Madeg, Banjar Salak, Nusa Penida, Bali

Range Harga: Tiket masuk Rp 10.000/mobil

 

4. BUKIT TELETUBBIES DI NUSA PENIDA UNTUK MELENGKAPI POSTINGAN LIBURAN KAMU

Kalau kamu sudah menghabiskan sebagian besar waktu liburan kamu ke Bali dengan mengunjungi beberapa pantai yang emang bagus banget, kamu harus coba ke kawasan Bukit Teletubbies yang ada di Nusa Penida ini supaya konten yang kamu post lengkap, ada pantai ada bukit.

via infokebali.com 

Dinamakan Bukit Teletubbies karena topografinya mirip dengan bukit-bukit yang ada di film Teletubbies dengan warna hijau bundarnya. Sebelum dinamakan demikian, warga lokal menjuluki tempat ini dengan Bukit Pohon Gamal karena tumbuhan yang ada di bukit ini biasanya diambil untuk pakan ternak mereka. via kintamani.id

via nusapenidatraveling.com 

via melalibli.blogspot.co.id 

Kamu bisa ketemu dengan Bukit Teletubbies ini dalam perjalanan menuju Pantai Suehan. Jadi kalau mau numpang foto-foto bisa banget tinggal parkir sebentar lalu explore area ini.

via indonesia.tripcanvas.co 

via punapibali.com 

via punapibali.com

 

Detail Informasi

Alamat: Perbatasan wilayah dusun Sedehing (Desa Sekartaji) dan dusun Julingan (Desa Tanglad) Nusa Penida

Range Harga: Tiket masuk gratis

 

5. BERSAKIT-SAKIT DAHULU, BERSENANG-SENANG DI AIR TERJUN SEGANING KEMUDIAN

Emang spot air terjun itu biasanya susah dicapai, either harus masuk-masuk ke dalam hutan atau yang satu ini, harus memanjat tebing, guys! Karena air yang terjun dari sini mengalir dari tebing ke laut. 

via instagram.com/sebuluhvillage_nusapenida  

via instagram.com/holiday_shelter  

via instagram.com/ikanm16 

Nah untuk sampai ke sini, kamu harus ‘bersusah-susah’ dahulu guys dengan memanjat tangga yang panjang dan agak licin, jadi ya agak-agak bahaya. Tangganya juga ada bagian yang dibuat dengan ala kadarnya, jadi harus berhati-hati banget.

via instagram.com/tiinamarituominen  

via instagram.com/petrahubkova  

via instagram.com/petrahubkova  

via instagram.com/satu.suva 

Abis ‘susah-susahan’ tadi, semuanya akan kebayar setelah kamu sampai di atas. Kamu akan ‘bersenang-senang’ dengan pemandangan yang tersaji di depan mata kamu. Superb

via instagram.com/avyyy17  

via instagram.com/nopcoy  

via instagram.com/pipa_ann 

Ga cuma manjain mata, tapi kamu juga bisa manjain hati dan badan dengan berendam dan berdiam diri sejenak di kolam yang ada di sana untuk memulihkan tenaga saat turun nanti!

via instagram.com/roosbleckman  

via instagram.com/bety_halamova 

 

Detail Informasi

Alamat: Banjar Sebuluh, Desa Bunga Mekar, kecamatan Nusa Penida

Range Harga: Tiket masuk Rp 10.000/orang

 

6. MEMACU ADRENALIN DENGAN CLIFF JUMPING DI BLUE LAGOON 

Blue Lagoon terletak di Nusa Ceningan, salah satu pulau di Bali yang berada di antara Pulau Nusa Lembongan dan Pulau Nusa Penida. Blue Lagoon merupakan sebuah cekungan yang terbentuk karena air laut yang menghantam pulau. 

via indonesia.tripcanvas.co

via lusttowander.com

Di sini, kamu bisa melihat air laut yang berwarna toska serta deburan ombak yang menghantam tebing. 

via travelagys.com

Untuk masuk kawasan Blue Lagoon ini ternyata ada tarifnya guys, tapi ga besar kok hanya Rp5.000. Nah kalau kamu udah bosen menikmati pemandangan Blue Lagoon sambil foto-foto aja, bagi kamu yang suka memacu adrenalin, bisa banget nih untuk coba lompat dari tebing Blue Lagoon ini. Tenang aja, ada pemandunya kok!

via pinterest.com

Cliff jumping di sini terbagi menjadi tiga level ketinggian, yaitu 8 meter, 9 meter, dan 13 meter. Kalau kamu belum pernah melakukan cliff jumping, kamu akan disarankan untuk lompat dari ketinggian 9 meter dulu. Setelah nyebur ke laut, kamu harus berenang menuju tangga supaya bisa naik. Biaya untuk cliff jumping di sini adalah Rp50.000 per orang untuk dua kali lompatan. Jadi, kalau kurang puas lompat satu kali, silakan coba lagi 2 kali.

via philhillphotography.photoshelter.com

via ayobali.wordpress.com

Untuk bisa sampai ke Blue Lagoon, kamu harus ke Pulau Nusa Lembongan terlebih dahulu. Untuk ke pulau ini, dari Bali kamu bisa naik speed boat (Rp50.000-Rp85.000 per orang) atau kalau mau yang lebih murah kamu bisa naik public boat (Rp30.000 per orang). Kemudian, dari Nusa Lembongan, kamu tinggal jalan menyeberangi jembatan yang menghubungkan Nusa Lembongan dengan Nusa Ceningan. Kalau mau lebih cepat, kamu bisa menyewa motor penduduk lokal dengan tarif Rp 20.000.

via asokaremadja.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Lembongan Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung Bali

Jam buka: Setiap hari

Range Harga: Rp 50.000 per orang untuk cliff jumping, speed boat Bali ke Nusa Lembongan Rp 50.000 – Rp 85.000, public boat Bali ke Nusa Ceningan Rp 30.000

 

7. MENIKMATI KESERASIAN DI DESA ADAT PANGLIPURAN

Desa yang diresmikan sebagai desa wisata sejak 1995 ini terletak di Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali. Jaraknya 45 km dari Denpasar. Desa ini terbilang unik karena masih sangat mempertahankan budaya  leluhur  mereka. Pantas saja jika desa ini dinamakan Panglipuran yang berasal dari akronim kata pengeling dan pura yang berarti tempat suci untuk mengenang para leluhur.

via hipwee.com

Salah satu budaya leluhur yang terus dipertahankan penduduk desa ini adalah dari segi arsitektur bangunan serta tata ruang desa. Arsitektur bangunan rumah penduduk seluruhnya sama. Pintu gerbang khas Bali (angkul-angkul) di setiap rumah dibuat saling berhadapan satu sama lain. Kemudian, rumah-rumah yang berjajar itu dibatasi oleh jalan kecil utama di tengahnya. Jalan itu mengarah pada bagian utama desa yang berada di puncak paling tinggi.

via balitriporg.blogspot.co.id 

via balitriporg.blogspot.co.id 

Jika kamu ke desa ini berdekatan dengan Hari Raya Galungan (hari raya besar agama Hindu di Bali yang diperingati setiap 6 bulan sekali), maka kamu akan melihat jejeran penjor menghiasi setiap rumah. Penjor adalah sarana umat Hindu berupa pohon bambu panjang beserta ujungnya yang dihiasi dan ditancapkan di depan pekarangan rumah. Kamu juga akan melihat gadis-gadis berpakaian adat Bali yang membawa banten menuju pura.

via hipwee.com

Dari segi tata ruang, desa ini terbagi menjadi tiga zona. Zona pertama berada di sisi utara. Letaknya lebih tinggi dari rumah penduduk, diperuntukkan bagi pura utama desa, Pura Penataran.  Zona tengah diperuntukkan bagi rumah penduduk yang dihuni oleh 226 kepala keluarga. Zona terakhir merupakan kuburan. Walaupun penduduk Desa Panglipuran merupakan penganut Hindu, tetapi mereka tidak mengenal upacara pembakaran mayat sehingga mayat langsung dikubur. 

via nginepmana.com

via kompas.com

via uniqpost.com

Selain keserasian arsitektur bangunan dan tata ruang desa, hal lain yang bisa kamu nikmati jika berkunjung ke desa ini adalah kesejukan udaranya karena terletak di ketinggian 700 mdpl. Kesejukan desa ini semakin bertambah karena nggak ada kendaraan bermotor yang boleh masuk ke area desa yang memiliki luas sekitar 112 hektar ini. Jadi, kalau kamu mau berkeliling desa ini, siap-siap berjalan kaki dan memarkir kendaraanmu di tempat yang telah tersedia ya.

via tripadvisor.com

Kemudian, untuk menuju desa ini, sebaiknya kamu menyewa mobil karena nggak ada kendaraan umum yang beroperasi. Untuk masuk ke desa ini juga kamu perlu membayar tiketnya, yaitu sebesar Rp 15.000 untuk orang dewasa dan  Rp 10.000 untuk anak-anak. Jangan lupa juga ya kalau desa ini hanya buka pukul 08.00-17.00 WITA setiap harinya, kecuali saat perayaan hari besar keagamaan dan upacara adat seperti Galungan, Kuningan, dan Nyepi.

via penglipuran.net

 

Detail Informasi

Alamat: Kelurahan Kubu, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali

Jam buka: setiap hari 08.00 – 17.00 WITA

Range Harga: Tiket masuk Rp 15.000 (dewasa) & Rp 10.000 (anak-anak)

 

8. MEMPERKAYA WAWASAN DI TAMAN NASIONAL BALI BARAT

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) adalah tempat yang akan mempesona kamu, pecinta alam! Taman nasional ini terletak di areal jalan raya Denpasar-Singaraja-Gilimanuk. Di satu-satunya taman nasional di Bali ini, berbagai ekosistem bisa ditemui, mulai dari perairan, hutan dan sabana. Nah, kebayang kan luasnya taman ini? Luas keseluruhan dari taman ini adalah 77,000 hektar, kira-kira meliputi 10% dari luas daratan Pulau Bali.

via instagram.com/liburanbali

via obyekwisataterlengkap.blogspot.co.id

via wisata-impian.blogspot.co.id

TNBB juga memiliki gunung nih. Sisa-sisa empat gunung berapi dari zaman Pleistocene, dengan Gunung Patas sebagai titik tertinggi, ada di tengah taman nasional. Kamu gak akan deh kehabisan spot bagus yang instagrammable.

via travelblog.org

Sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dilindungi ada di taman nasional ini. Nah, hewan-hewan khas Bali seperti mejangan, jalak putih dan banteng ada di sini. Satwa lain yang rumahnya di TNBB antara lain, rusa, lutung, kalong dan aneka burung. 

via zonabiokita.web.id

via bali.panduanwisata.id 

via holobis.net

via instagram.com/prast_khamikaze

Kamu juga bisa lho liat aksi lumba-lumba yang lucu di sini..

via indonesiaflight.id

Tanaman langka yang dilindungi, antara lain bayur (Pterospermum diversifolium), bungur (Lagerstomis speciosa), sawo kecik (Manilkara speciosa), keruing bunga (Dipterocarpus haseltii), kesambi (Schleichera oleosa), dan cendana (Santalum album).

via zonabiokita.web.id

Gimana caranya kalau kamu mau ke TNBB? TNBB punya 2 buah pintu masuk yaitu melalui Gilimanuk, kira-kira 200 km dari Denpasar, dan dari pintu utama dari arah Singaraja, di pertigaan Cekik. Penting banget untuk diingat, kawasan ini sangat dilindungi oleh pemerintah setempat, sehingga gak sembarang orang bisa memasuki kawasan ini. Kamu harus harus mendapat izin dari pengawas setempat dulu ya.

via bali-indonesia.com

via wisatabaliutara.com

Kawasan konservasi ini punya tiga fungsi dan pemanfaatan yang berbeda-beda. Zona yang diperbolehkan untuk didatangi oleh wisatawan adalah Zona Kedua yang merupakan Zona Rimba dan Zona Pertama yang merupakan zona pemanfaatan intensif yaitu zona yang digunakan untuk kepentingan budaya dan wisata. Daerah yang termasuk zona ini, yaitu Pulau Menjangan, Teluk Terima, Prapat Agung, Bakungan, dan Klatakan. Di sana, kamu bisa puas seru-seruan diving, trekking, birdwatching dan lain-lain.

via wayanadibali.wordpress.com

via ahloo.com

via banyuwangibagus.com

via anekatempatwisata.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Raya Cekik- Gilimanuk - Jembrana

Telepon: (0365) 61060

Range Harga: Tiket masuk Rp 2.500 

 

9. KAMU PASTI BANYAK DAPET LIKES DI INSTAGRAM KALAU FOTOAN DI PANTAI MELASTI

Pantai yang sering disebut mirip Pantai Pandawa ini terletak di  Jalan Melasti, Banjar Kelod, Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung,  Bali. Berjarak 26 km dari Kota Denpasar. Keistimewaan yang dimiliki oleh pantai ini adalah pasir putihnya yang halus serta pemandangan pantai yang bisa kamu lihat dari tebing kapur setinggi 150 meter.  

via wisatamurahbali.info

via piknikdong.com

Pantai ini dinamakan Melasti karena memang sering dijadikan tempat upacara Melasti untuk menyambut Hari Raya Nyepi. Umat Hindu Bali akan berbondong-bondong menuju pantai ini melalui jalan berkelok-kelok yang kanan-kirinya merupakan tebing kapur. 

via nusabali.com

via liburanbali.net

Jalanan berkelok dan tebing kapur berwarna putih ini ga cuma indah dipandang mata aja ya. Kayaknya bagus juga deh untuk dijadikan latar fotoan. Dijamin foto kamu bakal instagramable banget dan mendulang banyak likes

via wisatahits.com

via brobali.com

via indonesia.tripcanvas.co

Momen terbaik untuk menikmati Pantai Melasti adalah ketika airnya sedang surut. Saat itu, bebatuan karang di Pantai Melasti akan membentuk kolam-kolam kecil alami. Kita bisa berjalan-jalan di bebatuan karang sepanjang pantai atau bahkan berendam di kolam-kolam kecil itu.

via brobali.com

via brilio.net

Untuk bisa sampai ke pantai ini, kamu bisa menggunakan mobil ataupun motor. Jalanan menuju Pantai Melasti sudah cukup mulus, namun akan banyak tanjakan sehingga harus menggunakan kendaran yang kuat menanjak jika tak ingin mogok di jalan. Tidak ada tarif masuk yang untuk bisa menikmati pantai ini. Kamu hanya perlu membayar parkir jika membawa kendaraan bermotor.  

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Melasti, Banjar Kelod, Desa Adat Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Badung,  Bali

Range Harga: Tiket masuk Gratis

 

10. SENSASI AIR TERJUN ALING-ALING PENGHILANG RASA PUSING

Air terjun ini berlokasi di Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Jaraknya sekitar 110 km dari Bandara Ngurah Rai.

via wisatabaliutara.wordpress.com

Keunikan dari air terjun ini adalah jaraknya  yang berdekatan dengan pusat keramaian Kota Singaraja. Walaupun begitu, jika kamu ke sini, maka kamu akan disambut dengan suasana alam yang masih sangat alami. Dari tebing setinggi 35 meter yang dikelilingi pepohonan hijau, air mengucur deras membentuk dua aliran. 

via ksmtour.com 

via pinterest.com

Di bawah air terjun ini, ada sebuah kolam yang cukup dalam, yaitu sekitar 4 meter. Di sini, kamu bisa mandi dan berenang sambil merasakan sensasi percikan Air Terjun Aling-Aling. Akan tetapi, arus airnya cukup deras. Jadi, kalau kamu ga bisa berenang, lebih baik kamu main air di pinggiran aja ya guys. 

via tempatwisataunik.com

Untuk bisa ke sini, kamu harus trekking menyusuri sawah sejauh 400 meter yang dilanjutkan menuruni 100 anak tangga. Kemudian, untuk melihat Aling-Aling dari dekat, kamu harus menuruni beberapa anak tangga lagi. 

via enaknyadisini.wordpress.com

Sebelum sampai di Air Terjun Aling-Aling, kamu akan menemui dua air terjun kecil  di sebuah sungai kecil. Di sini, kamu bisa beristirahat sejenak sambil menikmati suasana alam di sekelilingnya sebelum melanjutkan perjalanan. 

via mulpix.com

Ketika sampai di air terjun ini, maka rasa lelah akan langsung terbayar karena sensasi yang disuguhkan. Suara deru air yang jatuh dari ketinggian 35 meter serta percikan air yang menyapa tubuh dan muka memberikan sensasi yang luar biasa. Rasanya pasti pengen langsung nyebur aja.  

via ngadem.com

Untuk masuk ke objek wisata Air Terjun Aling-Aling gak dipatok biaya, melainkan hanya dengan memberikan sumbangan sukarela pada kotak donasi di belakang papan tanda masuk kawasan Air Terjun Aling-Aling. 

via wisatabaliutara.wordpress.com

via pinterest.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Sambangan, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali

Range Harga: Tiket masuk Gratis

 

11. MENIKMATI TENANGNYA ALAM NUSA PENIDA DI PANTAI PASIH UUG

Pantai Pasih Uug terletak di Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

via kintamani.id

Pantai ini juga sering disebut Broken Beach  karena memiliki sebuah tebing yang berlubang di bagian tengahnya. Lubang ini seakan-akan membuat terowongan raksasa di tengah laut dan jembatan alami di atasnya. Kalau kamu berani, kamu bisa banget lho menyeberangi jembatan ini.

via 500px.com 

via reservasi.com

Tempat ini cocok banget buat kami yang mau mencari ketenangan di tepi pantai.  Selain jauh dari pemukiman penduduk, pantai ini juga menghadirkan pemandangan yang luar biasa banget! Di sini, kamu akan dimanjakan dengan segarnya hembusan angin, suara deburan ombak, dan birunya pemandangan laut lepas. Tempat ini juga mendukung banget lho buat dapat foto yang instagramable.

via telusurindonesia.com

via traveltomtom.net

via squarespace.com

Kalau kamu beruntung, dari atas tebing pantai ini kamu bisa melihat kawanan ikan pari mata bahkan penyu yang berenang bebas di tengah laut. 

via telusurindonesia.com

Untuk bisa ke Broken Beach ini, kamu harus ke Pulau Nusa Penida terlebih dahulu dengan naik speedboat dari Sanur menuju Dermaga Nyuh, Nusa Penida. Lama waktu tempuhnya sekitar 30-45 menit. Waktu penyeberangan dengan speedboat akan dimulai pukul 07.30-16.00 WITA dengan tarif sebesar Rp75.000 per orang. Ingat waktunya ya! Jangan sampai kamu ketinggalan.

via ceritamahmur.wordpress.com

Nah jika sudah sampai di Dermaga Nyuh, perjalananmu menuju Pantai Pasih Uug masih harus dilanjutkan dengan menggunakan mobil pribadi atau motor sewaan yang memang banyak disewakan di Dermaga Nyuh. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai Pantai Pasih Uug ini kurang lebih 1,5 jam dengan jalan yang mulus dan kadang berbatu.

via ceritamahmur.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Range Harga: Tiket masuk Gratis

 

12. BERENDAM DI INFINITY POOL ALAMI DI ANGEL’S BILLABONG

Tempat wisata anti-mainstream di Bali ini terletak di Kecamatan Klungkung, Nusa Penida. Nama Angel’s Billabong diberikan oleh wisatawan asing yang terpukau oleh keindahan tempat ini sehingga ia menganggap Angel’s Billabong sebagai bidadarinya Nusa Penida. Billabong sendiri, yang berasal dari Bahasa Inggris, berarti ujung dari sebuah sungai yang buntu. 

via infokebali.com

Angel’s Billabong merupakan muara akhir dari sebuah sungai di Nusa Penida. Muara sungai yang langsung berbatasan dengan laut ini membentuk sebuah kolam yang memiliki air yang tenang dan jernih. 

via balitripholidays.wordpress.com

via trivindo.com

Jika air laut sedang gak pasang, kamu bisa banget lho untuk berendam dan berenang di sini sambil memandang lautan lepas. Sebaliknya, jika air laut sedang pasang, kamu dihimbau untuk gak berenang terlalu jauh ke tepian perbatasan antara kolam dan lautan. Ombak yang menembus batuan karang dapat membahayakan keselamatanmu. 

via balicili.com

via infokebali.com

Di dalam kolam ini terdapat  batu karang berwarna hijau kuning yang menambah keeksotisan serta kealamiannya. 

via balitribune.co.id

Cara untuk menuju ke sini sama dengan cara menuju Pantai Pasir Uug karena letak Angel’s Billabong gak terlalu jauh dari pantai tersebut. Dari sana,  kamu tinggal berjalan kaki ke arah kanan. Agar gak tersesat, disarankan kamu banyak bertanya pada masyarakat sekitar karena letaknya yang masih cukup susah untuk ditemui. Akan tetapi, suasana alami pedesaan akan senantiasa menemanimu selama perjalanan. 

 

Detail Informasi

Alamat: Dusun Sompang, desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung

Range Harga: Rp 2.000 – Rp 4.000

 

13. MENYUSURI JALAN SETAPAK DI PUNGGUNG BUKIT CAMPUHAN 

Di balik resort-resort mewah yang ada Ubud, terdapat sebuah bukit yang memiliki pemandangan yang begitu indah. Bukit Campuhan namanya. Bukit ini terletak di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, tepatnya di belakang Hotel Campuhan. 

via punapibali.com

Bukit ini masih satu kawasan dengan Pura Gunung Lebah dan memiliki pintu masuk yang sama dengan Ibah Villas & Suites.

via travel.kompas.com

Untuk menuju ke puncak bukit, kamu harus melalui trek di punggung bukit yang berjarak 2 km dengan lebar 1,5 meter. Jalurnya cukup bagus karena sudah dilapisi bata blok. Di kanan kirinya terdapat hamparan rumput hijau yang akan membuat perjalananmu terasa menyegarkan.

via kadekarini.com

Gak cuma menikmati keindahan alam Bukit Campuhan dengan berjalan santai, kamu juga bisa jogging ataupun bersepeda di sini lho.

via journal.momotrip.co.id

Kalau kamu ga mau repot-repot bawa sepeda sendiri, kamu bisa menyewanya di rental sepeda yang ada di kawasan tersebut. Kamu tinggal berjalan sekitar 5 menit ke arah utara dari Ubud Palace. Kemudian, nanti ada kios kecil yang menyewakan banyak sepeda dengan tarif sewa Rp15.000/hari untuk satu sepeda. 

via kadekarini.com

Bukit ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat foto-foto, mulai dari foto yang instagramable sampai foto prewedding.

via liburanbali.net

via onethreeonefour.com

via mulpix.com

Waktu terbaik untuk berkunjung ke bukit ini adalah pada pagi hari dan sore hari. Selain supaya kamu ga kepanasan, kamu juga bisa menikmati matahari terbit dan matahari terbenam dari bukit ini pada kedua waktu tersebut. 

via ichirentbali.com

Bagi kamu yang membawa kendaraan roda dua, kamu dapat memarkir kendaraanmu di pelataran Pura Gunung Lebah yang masih satu kawasan dengan Bukit Campuhan. Tarif parkirnya adalah sebesar Rp5.000.  Untuk menikamti Bukt Campuhan, kamu gak dikenakan biaya masuk alias gratis. 

via baliindonesiainformation.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali (Belakang Hotel Campuhan)

Range Harga: Tiket masuk gratis, parkir Rp 15.000

 

14. MENYELAMI KEHIDUPAN LAUT PULAU MENJANGAN

Jika kamu berwisata ke daerah Bali Barat, maka jangan lupa untuk berkunjung ke Pulau Menjangan yang terkenal sebagai salah satu surga menyelam di Bali. Pulau Menjangan  terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat, tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. 

via brobali.com

Nama pulau ini diambil dari nama binatang yang menjadi ciri khas pulau ini, yaitu menjangan (Bahasa Jawa) yang berarti rusa.

via happytrips.com

Hal yang terkenal biasa dilakukan wisatawan di pulau tak berpenghuni ini adalah diving, khususnya wall diving dan snorkeling

via wisatahotelbali.com

via piknikdong.com

Wall diving adalah menyelam dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Lajur tebingnya dapat mencapai kedalaman 20 meter hingga 60 meter, bahkan lebih. 

via travel.tinuku.com

Kemudian, pulau ini memiliki tiga spot favorit untuk menyelam. Pertama ialah spot yang bernama Eel Gardens. Sesuai dengan namanya, spot menyelam ini dipenuhi dengan sea fans dan garden eel

via arnisabuya.com

Spot favorit kedua adalah Secret Bay yang memiliki kedalaman cukup dangkal serta pasir berlumpur di dasar lautnya yang menjadi habitat bagi biota laut endemik yang langka. Jika kamu menyelam pada waktu yang tepat, maka cukup dengan kedalaman 10 meter saja kamu sudah bisa melihat berbagai jenis biota laut seperti, belut pita, lion fish, udang laut, dragonets, dan masih banyak lagi. 

via balimediainfo.com

Spot ketiga bernama Anchor Wreck. Spot ini hanya disarankan bagi penyelam profesional. Anchor Wreck memiliki kedalaman sekitar 45 meter dengan pemandangan yang sangat keren, karena terdapat bangkai kapal Belanda yang karam pada abad ke-19. Kini, bangkai kapal itu tertutup oleh terumbu karang.

via mulpix.com

Untuk bisa sampai ke pulau ini, kamu akan menempuh perjalanan selama kurang lebih 4 jam dari Denpasar. Sebelumnya, kamu harus menuju terlebih dahulu ke Pelabuhan Lalang. Dari pelabuhan itu, kamu perlu menyeberang dengan boat selama 30-45 menit. 

Rincian harga yang dipatok untuk menyewa boat sekitar Rp400.000,- hingga Rp600.000,- per hari. Kemudian, harga tiket masuk ke kawasan Pulau Menjangan sebesar Rp2.500,- per orang dan Rp. 4.000,- untuk asuransi.

via tourmountbromo.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

Range Harga: Tiket masuk Rp. 2.500, sewa boat Rp 400.000 – Rp 600.000 perhari

 

15. SEBRANGI LAUTAN ANTAR TEBING DI ABYSS ZIPLINE, CENINGAN

Buat kamu yang suka mempermainkan adrenaline (bukan yang lain apalagi perasaan), coba deh main Zipline di Ceningan Island Resort ini. Bentukan resortnya kaya di bawah ini, letaknya ada di pinggir jurang yang bawahnya banyak bebatuan dengan ombak yang lumayan besar. 

via indonesia.tripcanvas.co 

Kalo dilihat dari sisi yang berbeda, ombak dari bawah jurang asalnya dari lautan lepas. Jadi kalau jatuh ya.. ke bawah.. Tapi plusnya, pemandangannya akan super menakjubkan ketika kamu berayun dari satu tebing ke tebing depannya. 

via tripadvisor.com 

Kamu akan merasakan sensasi melayang di atas laut menggunakan tali yang diapit dengan dua kawat a.k.a zipline ini. Menegangkan memang, tapi tenang aja karena akan ada penjaga yang memastikan keamanan kamu saat bermain. 

via bluelagoonbali.com  

via littlemissbali.wordpress.com

Kalo kamu tertarik buat nyoba terbang di atas deburan ombak ini, gak usah khawatir kamu gak harus menginap di Ceningan Island Resort ini kok. Tamu luar juga diperbolehkan untuk menikmati wahana ini dengan hanya menbayar Rp 50.000.

via instagram.com/tobes_89 

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Nusa Ceningan, Lembongan, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Telepon: 0821-4585-5934

Range Harga: Wahana Zipline Rp 50.000 per orang

 

16. SERASA PANTAI MILIK SENDIRI DI SECRET POINT, NUSA CENINGAN

Secret Point terletak di Pulau Nusa Ceningan yang berada di tengah-tengah Pulau Nusa Lembongan dan Nusa Penida, dekat dengan Pantai Blue Lagoon. Karena tersembunyi, masih jarang orang yang datang kesini, jadi masih alami, guys!

via villabalisale.com

Kalau sudah sampai sini, kamu bakalan langsung hepi ngelihat pasirnya yang putih dan airnya yang masih jernih, ditambah suasana pantai yang sepi yang akan membuat sensasi pantai hanya milik kamu sendiri (atau berdua, kalau ga jomblo hehe). 

via laterooms.com

Selain leyeh-leyeh di pinggir pantai, kamu juga bisa menjelajahi gua kecil yang terbentuk dari batu karang, foto-foto sambil nikmatin sunset yang super keren dari sana. Pas banget untuk menutup hari kamu di Ceningan! 

via pinterest.com  

via instagram.com/buddiiesantosa  

via instagram.com/keaobelly 

 

Detail Informasi

Alamat: Pulau Nusa Ceningan, Lembongan, Klungkung, Kabupaten Klungkung

Range Harga: Tiket masuk gratis

 

17. WAJIB FOTO DI PASIH ANDUS A.KA. SMOKE BEACH KALAU SUDAH SAMPAI NUSA PENIDA

Ini salah satu destinasi wajib di Nusa Penida yang letaknya dekat dari Angel’s Billabong yang ada di poin 8. Di sini, kamu akan melihat fenomena alam dimana ombak dari laut menyembur ke udara karena menghantam karang. Kalau sedang beruntung, kamu juga bisa melihat pelangi di antara air-air yang menyembur tersebut. 

via plesiryuk.com  

via instagram.com/queen.ocha 

Walaupun nyarinya agak sulit karena biasanya ga ada penduduk yang lewat untuk ditanyain jalan ke sini, tapi kamu ga akan susah-susah banget nemuinnya karena semburan air tersebut lumayan kelihatan dari kejauhan. Kalau sudah sampai, saatnya update InstaStories dan kumpulin beberapa foto dan video untuk di post, ya. Tunggu sampai ombak besar yang datang, supaya foto kamu semakin cetar!

via instagram.com/queen.ocha

via instagram.com/m_magetsari  

via instagram.com/ayubardiyono

Saking bagusnya tempat ini, bahkan ketika ombaknya belum datang, tempat ini juga bagus untuk dijadikan spot foto dengan karang dan tumbuhan kering serta air laut yang berwarna biru bergradasi.

via instagram.com/agung_paramitha 

 

Detail Informasi

Alamat: Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali

Range Harga: Tiket masuk gratis

 

18. MENUJU PUNCAK TERTINGGI DI BALI DENGAN HIKING GUNUNG AGUNG 

Gunung yang puncak tertingginya berada pada ketinggian 3142 mdpl ini terletak di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. 

via manusialembah.blogspot.co.id

Untuk menuju puncak tertinggi dari gunung yang sering dianggap keramat ini, kamu terlebih dahulu harus menuju Pura Besakih sebagai titik awal pendakian. Jalur lainnya tidak akan mengantarkamu sampai puncak tertinggi, melainkan hanya sampai pada bibir kawah. 

via paapaajalah.blogspot.co.id

Mengingat trek Gunung Agung yang selalu menanjak dan sempit, kamu kemungkinan ga bisa nge-camp di sini karena lahan untuk membuat tenda minim banget guys. Oleh karena itu, kamu disarankan tektok aja dan mulai nanjaknya pada malam hari supaya bisa sampai di puncak saat sunrise.

via butterflyontherun.wordpress.com

Selain bisa menyaksikan sunrise, keuntungan jika kamu mulai nanjak di malam hari adalah kamu ga perlu panas-panasan dan sampai puncak di siang bolong, soalnya perjalanan menuju puncak bisa memakan waktu kurang lebih 7 jam.

Pendakian kamu bakal dibuka dengan trek beraspal pada beberapa meter pertama. Akan tetapi,  setelah itu, kamu hanya akan menemui trek dengan tanah padat yang terus menanjak. Bahkan ada bagian trek yang dipasangkan tali agar memudahkan pendaki  untuk naik.

via wiranurmasyah.com

Untuk mencapai puncak, ada tiga pos yang harus kamu lalui, tetapi pos ini ga jelas ada di mana aja. Dari Pura Besakih (Pos 1)  ke Pos 2 dibutuhkan waktu  kurang lebih 3 jam, kemudian dari Pos 2 ke Pos 3 memakan waktu kurang lebih 2 jam. 

Nah, sesampainya di Pos 3, kamu akan melihat area landai, lapang, dan berbatu yang biasanya dijadikan tempat istirahat sebelum lanjut melakukan summit attack. Kamu bisa membuat api unggun dulu, makan dan minum dulu, atau bahkan tidur dulu (kalau kuat sama udara dinginnya ya, hehe).

via wiranurmasyah.com

Kalau kamu mau nunggu sampai sunrise di sini juga gapapa kok. Pemandangannya indah banget. Kamu bisa melihat Gunung Batur dan Danau Kintamani dari kejauhan. Dijamin deh lelah kamu bakal terbayar!

via wiranurmasyah.com

Untuk menuju puncak dari tempat landai ini, kira-kira akan memakan waktu 2 jam dengan jalur bebatuan besar dan melipir tebing. Kemudian, di batas vegetasi nanti, trek bakal jadi full bebatuan dan berpasir .

via manusialembah.blogspot.co.id

Walaupun bagitu, mendaki Gunung Agung ini cocok banget buat kamu yang mau berpacu dengan adranalinmu sendiri. Soalnya trek menuju puncak gunung ini sempit banget dan kanan-kirinya langsung jurang guys! Oleh karena itu juga, sejak Mei 2009, para pendaki disarankan menggunakan jasa guide karena banyakanya kecelakaan dan hilangnya beberapa pendaki. 

via wiranurmasyah.com

via wiranurmasyah.com

via reservasi.com

Dengan membayar Rp300.000 per orang, kamu udah bisa dapat jasa guide, sarapan, senter, dan trekking pole. Guide ini juga bisa menjadi pemasok perbekalan minum kamu lho. Dengan waktu 15 jam naik turun gunung, ditambah lagi dengan minimnya mata air yang ada, guide ini bisa bantuin kamu untuk ngambil air dari sumber air yang kebanyakan disakralkan. Soalnya, untuk ngambil air dari sumber mata air yang ada, guide ini bakal sembahyang terlebih dahulu. 

via wisatagunung.com

via tripadvisor.com

 

19. SNORKELING UNTUK KETEMU BUDHA BAWAH LAUT DI TEMPLE POINT

Buat kamu yang belum punya license diving tapi pengen banget ngerasain sensasi ketemu barang-barang menarik di bawah laut, coba deh berkunjung ke Temple Point yang ada di Nusa Penida. Kamu hanya tinggal menyewa perahu snorkeling dari Crystal Bay Nusa Penida 

via penidadiscovery.com 

Kamu bisa melihat patung-patung seperti patung Budha dan arca lainnya cukup dengan perlengkapan snorkeling

via ngulon.com  

via nusa-penida.info  

via penidabalitour.com 

Kuil di bawah laut ini bukan asli, melainkan sengaja dibuat untuk daya tarik wisata bagi turis-turis yang datang, sekaligus pelestarian karang. Walaupun begitu, tetap menarik untuk disambangi dan diabadikan, kan? 

via liburansari.com  

via balimahesatour.com

 

Detail Informasi

Alamat: Nusa Penida

 

20.  MERINDING MELIHAT PEMANDANGAN DI KELINGKING SECRET POINT

Namanya secret point karena masih sedikit orang yang tahu keberadaan tempat ini. Kalau kamu mau cari, lokasinya ada di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar. Kalau masih bingung, lebih baik kamu tanya penduduk sekitar dengan keywords ‘Pantai Karang Dawa’ atau ‘Manta Point’ karena mereka kurang tau dengan sebutan Pantai Kelingking.

via trivindo.com  

via phunu.nld.com  

via nusapenida.id 

Biasanya kalau orang ke sini, udah wajib hukumnya untuk selfie atau foto lainnya yang ada kamu-nya karena viewnya superwow! Ada tebing kehijauan yang menjorok ke laut, yang kalau dilihat-lihat bentukannya mirip dengan Dinosaurus.  

via instagram.com/tamasyeah  

via instagram.com/gezgincift  

via instagram.com/afnida  

via instagram.com/vinaadewi 

Ada juga pohon mati yang bisa dijadikan obyek foto ala ala guys! 

via instagram.com/yuliaayus  

via instagram.com/joanaloca  

via instagram.com/ranggadanu 

Selain foto dengan pantai yang ada di bawah, di daerah ini juga ada Pura Paluang yang biasanya dijadikan patokan untuk wisatawan yang datang, karena akses jalan untuk sampai ke tempat ini kurang bagus dan berkelok-kelok. 

via kintamani.id  

via trivindo.com 

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Bunga Mekar, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung

Range Harga: Tiket masuk Rp 5.000/orang

 

Ya, itulah 20 wisata anti-mainstream di Bali dari Tamasyeah. Mulai dari hiking ke Gunung Agung, cliff jumping di Blue Lagoon, wisata ke Desa Adat Penglipuran, bersantai di Pantai Melasti dan Pantai Pasih Uug, hingga berenang di Air Terjun Aling-Aling dan Angel’s Billabong, menikmati pemandangan indah dari Bukit Campuhan, hingga diving di Pulau Menjangan. Tunggu apalagi? Yuk ke Bali dan jangan lupa share foto-foto liburanmu di Instagram Tamasyeah ya!


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.