Best of Indonesia - 732 Hits

Mungkin kamu pernah nyeletuk begini sama teman se-gank kamu:

“Pengen deh liburan ke tempat ini pas libur panjang nanti.”

Tapi, nyatanya omongan itu cuma jadi sekedar angan dan nggak pernah terealisasi sama sekali. Bahkan, bisa jadi ketika waktu libur panjang itu datang, kamu malah justru masih sibuk dengan pekerjaan kantor atau tugas kuliah yang mendera-dera. Alhasil, waktu berlalu tanpa ada satu pun rencana liburan yang tereksekusi. Nyesel, kan? 

Nah, buat yang nggak mau rencana liburannya lewat begitu aja, lakukan 7 tips memilih destinasi liburan berikut agar bucket list kamu tak sekadar angan. 

 

1. PILIH TEMPAT YANG DEKAT 

Destinasi wisata yang jauh kadang hanya akan menghabiskan tabungan. Alhasil, dalam setahun hanya satu tujuan wisata yang bisa dikunjungi. Padahal sebenarnya tempat yang mau didatangi masih lumayan banyak . 

Nah, agar rencana liburan yang diangan-angankan bisa terealisasi dan berjalan efektif, usahakan untuk mencari destinasi wisata yang dekat dulu. Misalnya, yang berada di satu provinsi atau satu pulau yang sama. Memang rasanya gimana gitu ya kalau cuma liburan di daerah sekitaran tempat tinggal kita aja, tapi kalau kamu sedikit jeli dalam mencari informasi bisa loh nemuin wisata lain dari biasanya di dekat tempat kamu tinggal! Kayak misalnya kamu yang tinggal di Jakarta pasti masih asing dengan Gunung Kapur Klapanunggal di Bogor, Leuwi Lieuk di Sentul dan Kandang Godzilla di Tangerang kan? 

Bukit Kapur Klapanunggal via jalanwisata.id 

Leuwi Lieuk via initempatwisata.com 

Kandang Godzilla via hipwee.com 

 

2. PILIH YANG BELUM PERNAH DIDATANGI 

Kita ngerti dan paham banget kalau bagi sebagian orang sebuah tempat menyimpan kesan dan kenangan tersendiri buat mereka. Makannya, nggak sedikit orang yang rela ngehabisin uang dan waktu liburannya untuk datang lagi dan lagi ke suatu tempat wisata yang sama. Padahal, kalau saja hal itu bisa dihentikan, kamu bisa banget tuh nabung uang dan waktu (baca: jatah cuti!) untuk mengunjungi tempat wisata lain yang nggak kalah berkesan. Kan, siapa yang tau coba kalau ternyata kenangan kamu di tempat wisata baru ini lebih kuat dan sukses membantu kamu untuk move on dari tempat wisata yang lama? Kalau sudah begini, jangan sampai ya itu terulang lagi kamu stuck di satu destinasi wisata dengan mengunjunginya lagi dan lagi.

Malioboro via dailytrav.com 

 

3. MULAILAH MENABUNG DAN MENGURANGI PENGELUARAN YANG NGGAK PENTING 

Tips merencanakan liburan selanjutnya terletak pada seberapa kuat keinginan buat bisa jalan-jalan. Tapi ingat, keinginan kuat itu harus sebanding dengan usahamu loh ya. 

Usaha di sini salah satunya adalah menabung. Saat sudah berencana liburan, mau jauh atau dekat, mulailah menabung dan rem pengeluaran yang nggak penting. Cukup beli barang yang sesuai kebutuhan aja lah ya. Daripada uang dihabisin buat main dan nongkrong unfaedah, mending kamu sisihkan, masukkan ke celengan khusus untuk travelling. Jadi, bucket list kamu itu jadi semacam pecut buat kamu untuk terus disiplin nabung setiap hari karena kalo nggak gitu ya bye-bye liburan impian dan bucket list pun bakal cuma jadi sekedar angan. 

via stillstoked.com 

 

4. SESUAIIN DENGAN MOMEN SPESIAL, SEPERTI SAAT ULANG TAHUN, ANNIVERSARY ATAU KETIKA KAMU MENDAPAT BONUS 

Biasanya, di momen-momen penting, kamu lebih suka merayakannya dengan seseorang yang spesial dan yang pasti di tempat-tempat yang bisa memberikan kesan dan kenangan tak terlupakan. Nah, momen ini bisa menjadi alasan kuat buat kamu merealisasikan bucket list yang sudah kamu bikin sebelumnya tersebut. Kalau kamu menjadikan anniversary sebagai momen yang akan dirayakan dengan traveliling, peran pasangan kamu besar banget untuk saling memotivasi dan mengingatkan kalau kalian masing-masing sudah mulai lupa diri (alias boros). Supaya lebih semangat lagi, kamu bisa sesuain jadwal travelling kamu dengan waktu biasanya kamu mendapatkan bonus. Kalau begini, liburan kamu pasti terasa lebih nikmat. 

via diktatphotography.com

 

5. HINDARI LONG WEEKEND DAN ATUR JATAH CUTI 

Pastikan untuk nggak memilih liburan di saat long weekend karena bisa dipastikan harga pesawat dan hotel akan melonjak selama periode ini. Alhasil, kamu harus bekerja lebih keras dan bertekad lebih kuat supaya tabunganmu menutupi pengeluaran selama liburan di momen long weekend ini. Karena pada dasarnya merencanakan liburan saat low season aja sudah sulit apalagi harus menambah beban berupa biaya yang melonjak akibat meningkatnya demand liburan di momen akhir pekan tersebut. 

Udah gitu ya, bisa dipastikan juga kalau jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata akan meningkat tajam saat long weekend. Bukannya menikmati liburan, yang ada kamu malah kelelahan di jalan, terjebak macet dan nggak bisa menjelajahi tempat wisata akibat sesaknya pengunjung. Dan yang parahnya lagi ya itu, foto-foto liburan yang kamu bawa pulang bakal ramai berhiaskan photobomb wisatawan lainnya.

Untuk itu, aturlah dengan baik jatah cutimu. Rencanakan semuanya di awal tahun untuk jalan-jalan di momen low season ketika orang lain mulai sibuk bekerja lagi untuk nabung karena mereka langsung bokek setelah nekat liburan di momen long weekend. 

via dekidk.blogspot.co.id

 

6. JANGAN IMPULSIF DAN MUDAH TERGIUR DENGAN TAWARAN PROMO  

Promo memang menggiurkan, tapi terkadang menyesatkan. Jangan gegabah dalam mengambil keputusan karena liburan juga butuh perencanaan yang matang. Kamu nggak hanya perlu menyiapkan budget, tapi juga mental, perlengkapan, akomodasi, waktu atau bahkan persiapan fisik saat kamu merencanakan liburan ke tempat yang sedikit menguras tenaga macem naik Rinjani. 

Nggak semua promo memberikan keuntungan, cek dengan teliti syarat dan ketentuan yang diberikan agar liburan kamu kali ini nggak gagal. Karena pada kenyataannya banyak banget orang yang impulsif membeli tiket yang berlabel murah dan pada akhirnya rugi bandar karena nggak berhasil berangkat dan promo yang sudah dibeli pasti nggak bisa direfund.

via travel.kompas.com 

 

7. BAYANGKAN INDAHNYA TRAVELING KE TEMPAT WISATA IMPIAN DENGAN MENEMPELKAN GAMBARNYA DI DINDING KAMAR 

Cara ini mungkin kedengerannya agak konyol. Tapi percayalah, dengan membayangkan berada di tempat wisata yang akan dituju sambil menatap gambar-gambar destinasi wisata impian tersebut setiap hari, semangat kamu untuk menjadikan bucket list-mu nyata akan semakin membara. Semua itu akan terealisasi dengan baik, asal tetap diiringi dengan tindakan ketika membayangkan. Jangan hanya berkhayal. Dan pada akhirnya akan datang hari dimana kamu menyaksikan langsung visual yang setiap harinya hanya kamu lihat lewat selembar kertas di dinding. Duh, terharu deh pasti!

via framble.com 

 

Nah, itu tadi 7 tips merencanakan liburan agar bucket list tak sekedar angan. Sudah siap untuk merealisasikan bucket list kamu di tahun ini? Komen di kolom bawah dengan destinasi impian kamu di tahun ini!


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.