Nusa Tenggara Timur - 1371 Hits

Indonesia merupakan negara yang penuh dengan aneka kekayaan alam dan pariwisata yang keindahannya gak kalah dengan wisata di luar negeri. Salah satu spot wisata di Indonesia yang wajib dikunjungi oleh para travelers adalah Pulau Lembata. Surga kecil yang berada di Nusa Tenggara Timur ini memilliki banyak daya tarik yang bisa kamu nikmati. Penasaran apa aja? Simak bersama yuk artikel ini!

 

1. MENYAKSIKAN SERUNYA BUDAYA BERBURU PAUS 

Bagaimana rasanya berada di lautan luas dan menyaksikan para nelayan memburu ikan paus? Nah, keseruan ini bisa kamu nikmati di Pulau Lembata. Budaya berburu paus sudah menjadi daya tarik wisatawan dalam maupun luar negeri setiap kali mereka berkunjung ke Pulau Lembata. Tradisi ini sudah ada sejak abad ke-16 dan berjalan secara turun temurun. Musim berburu ini biasanya berlangsung pada bulan Mei hingga Oktober.

via youtube.com/Ron Agusta

via gresnews.com

Saat akan berburu paus, para nelayan biasanya akan dilengkapi dengan satu senjata berupa tombak yang terbuat dari bambu panjang dan diujungnya dipasangkan bambu runcing, yang disebut dengan tempuling. Lamafa, sebutan bagi orang yang memiliki tugas untuk menikam paus, menggunakan tempuling untuk menikam paus yang memiliki ukuran puluhan kali lebih besar dari tubuhnya. Jika dapat, daging paus akan dibagikan kepada penduduk. Gak hanya itu, penduduk Lamalera juga memanfaatkan minyak paus sebagai minyak urut, bahan obat, dan masih banyak lainnya.

via vimallatour.wordpress.com

via ulinulin.com

Meskipun banyak kecaman dari berbagai pihak soal memburu ikan paus, penduduk Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata tetap menyelenggarakan tradisi ini dari tahun ke tahun. Untuk menjaga populasi paus di daerah mereka, para nelayan sengaja untuk gak membunuh paus kecil dan yang sedang hamil dan dilakukan hanya setahun sekali. Selain itu, perburuan paus tradisional ini sudah diakui dunia, karena hanya ada di Kanada dan Indonesia saja. 

via ulinulin.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Lamalera, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata

Rate: Gratis

Rute: -

 

2. WISATA RELIGI SAMBIL MENIKMATI PESONA ALAM DI BUKIT DOA 

Kata siapa patung religi hanya ada di Rio De Jenairo, Brazil? Di Indonesia juga ada kok! Terletak di Bukit Doa, Pulau Lembata. Dulunya, Bukit Doa merupakan sebuah lahan gersang yang ditumbuhi ilalang. Bukit yang sepi akan kehidupan dan memiliki ketinggian 140 meter ini menjadi salah satu wisata religi semenjak berdirinya patung Bunda Maria.

via petrusyohaneslelaona.blogspot.co.id

via fionacallaghan.com

Siapa sangka Bukit Doa yang sukses didirikan pada masa kepemimpinan Bupati Eliaser Yentji Sunur dan Wakil Bupati Viktor Mado Watun ternyata berasal dari ide kreatif seorang umat muslim bernama Eko Priyono. Sekarang, Bukit Doa sudah menjadi tempat ziarah bagi para umat Katolik dengan harapan bahwa para pengunjung bisa menjadi lebih dekat dengan Yesus dan Bunda Maria.

via floreskita.com

via triptrus.com

Kalau kamu menyempatkan waktu ke Bukit Doa, kamu gak hanya akan mendapatkan ketenangan batin, tapi matamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan indah yang ditawarkan oleh Bukit Doa. Seru kan?

via yukiwiharja.blogspot.com

 

Detail Informasi

Alamat: Bukit Doa, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: -

 

3. ASLI! GUNUNG BATUBARA INI KEREN BANGET KARENA MELETUS TIAP 20 MENIT SEKALI 

Gunung Batutara di Pulau Komba yang terletak di Laut Flores sebelah utara Pulau Lembata menyimpan keunikannya tersendiri, yaitu meletus setiap 20 menit sekali dan disertai dengan lahar panas yang berpijar membara dan membentuk bunga api yang indah. Meskipun meletus setiap hari, Gunung Batutara gak membahayakan dan bisa disaksikan dalam jarak kurang lebih 20 meter.

via jejakalam.net

via geospotter.org

Aktivitas ini berlangsung sepanjang hari tanpa henti. Paling indah jika disaksikan pada malam hari, terutama saat menjelang petang dan subuh dimana taburan bintang dan garis horizon terlihat berkolaborasi dengan cantik sebagai background. Gunung Batutara sendiri sudah menjadi spot wisata menarik bagi para wisatawan yang mengunjungi Pulau Lembata. Untuk kamu penggemar fotografi, mengabadikan sunset & sunrise di Gunung Batutara bisa menambah keseruan liburan kamu!

via tabloijubi.com

via mediantt.com

Untuk menjaga jarak aman, tour wisata untuk menyaksikan meletusnya Gunung Batutara ini dilakukan di atas kapal, bukan kamu turun dan mendaki gunungnya. Dari atas kapal, kamu bisa menyaksikan letusan dari berbagai sisi gunung karena biasanya kapal akan berputar mengelilingi Gunung Batutara. Bagian paling menarik dari tour ini adalah ketika melihat aliran lava panas yang jatuh mengenai air laut hingga membentuk bunga api yang sabi.

via jejakalam.net

via spiritriau.com

 

Detail Informasi

Alamat: Gunung Batutara, Pulau Lembata

Rate: -

Rute: Dari ibu kota Kabupaten Lembata, naik kapal akan memakan waktu sekitar 1,5 jam – 3 jam tergantung kondisi ombak

 

4. PULAU PENUH SIPUT? CUMA DI PULAU AWELOLONG ATAU PULAU SIPUT 

Kalau di pantai, biasanya kita akan menemukan beberapa hewan laut seperti kepiting atau kerang. Nah, bagaimana kalau yang kamu temui ternyata adalah siput? Di Pulau Awelolong, kamu akan menemukan pantai yang penuh dengan siput. Unik ya? Pulau yang berada di bibir pantai Kota Lewoleba ini hanya satu-satunya di dunia yang memiliki banyak siput.

via indahnyalembata.tk

Uniknya lagi, pulau ini hanya akan terlihat jika air laut surut. Saat air laut surut, penduduk di Lewoleba biasanya akan berbondong-bondong untuk ke pulau yang biasa disebut dengan Pulau Siput tersebut dan mencari siput untuk dikonsumsi.

via way2east.com

via travel.tribunnews.com

Selain penuh dengan siput, Pulau Siput yang berada di tengah laut ini juga memiliki hamparan pasir putih, air laut sejernih kristal dan udara yang sejuk. Cocok banget buat kamu yang sedang ingin main air di pantai! Kalau sudah puas main air, saatnya kamu mencoba diving dan snorkeling di Pulau Siput ini. Lalu, untuk menutup harimu yang sebegitu menyenangkanya, duduklah manis di atas pasir putih Pantai Siput sambil kagum menyaksikan indahnya pertunjukan sunset Lembata.

 

Detail Informasi

Alamat: Pulau Awelolong, Pulau Lembata

Rate: Rp. 5.000,00-

Rute: Dari Kota Lewoleba, kamu bisa menggunakan perahu motor dan membayar hanya dengan Rp. 5.000,00-. 

 

5. PENDAKIAN SERU KE GUNUNG ILE LEWOLOTOK YANG SUPER ELOK 

Spot wisata yang satu ini sangat cocok buat kamu penggemar hiking. Gunung Ile Api atau sering disebut juga dengan Gunung Lewotolok, sekilas mirip dengan Gunung Bromo yang berada di Provinsi Jawa Timur. 

via langoday.com

via dians999.wordpress.com

Ketika sampai di puncak, para pendaki dapat menyaksikan pemandangan indah birunya laut Flores yang berlatarkan Pulau Adonara lengkap dengan Gunung Ile Boleng-nya.

via Instagram.com/yulisukri

via instagram.com/ina.balawala

Kamu juga bisa menyaksikan pemandangan lepas tanpa dibatasi apapun. Gunung Ile Lewotolok ini juga biasa dijadikan tempat untuk melihat sunset dan sunrise. Selain itu, udaranya yang sejuk dijamin bisa membuat kamu kembali segar.

via indonesiakaya.com

via instagram.com

Namanya mendaki gunung, tentu membutuhkan effort dan tenaga agar kamu bisa menggapai puncaknya. Tapi, percayalah, perjalanan kamu menuju puncak Gunung Ile Lewotolok akan terasa ringan karena pemandangan yang disuguhkan benar-benar wah!

via dians999.wordpress.com

via nttsatu.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Lewotolok, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: - 

 

6. CUCI MATA DI BUKIT CINTA WAIJARANG 

Bukit Cinta Waijarang atau yang biasa dikenal dengan nama Wolor Pass merupakan spot wisata berikutnya yang bisa kamu kunjungi jika berada di Pulau Lembata. Di sini, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan gunung dan bukit yang terhampar sejauh mata memandang. Kalau kamu datang ke Bukit Cinta di musim panas, kamu akan menyaksikan bukit ini berubah warna menjadi kuning keemasan.

via kotambagu.go.id

via instagram.com/emiarfan

via instagram.com/ron.agusta

Bukit Cinta juga menjadi tempat favorit para wisatawan lokal maupun internasional untuk menikmati indahnya matahari terbenam di Lembata. Sebaiknya, kamu jangan datang pas ketika matahari sedang terbenam. Datanglah 2 jam sebelumnya untuk kamu menikmati pemandangan mewah berupa barisan bukit yang terhampar hingga ke batas lautan.

via okeinfo.net

via instagram.com/rafaelricam

via panoramio.com

via petaniadv.com

 

Detail Informasi

Alamat: Bukit Cinta Waijarang, Pulau Lembata

Rate: -

Rute: Dari Bandara Wunopito Lewoleba kamu bisa menggunakan sepeda motor menuju Pantai Waijarang kurang lebih satu jam perjalanan. Kemudian mendaki dari Pantai Waijarang ke Bukit Cinta kurang lebih 20 menit lamanya.

 

7. SEJUKNYA AIR TERJUN KEMBAR LODOVAVO & ATAWUWUR 

Kalau kamu butuh yang segar-segar, datang saja ke Air Terjun Kembar Lodovavo Atawuwur yang berada di Pulau Lembata. Di sini, matamu akan dimanjakan dengan keindahan air terjun alami dengan ketinggian mencapai 30 meter. 

via instagram.com/lembatasejauhmatamemandang

Bagi kamu yang suka tantangan, cocok banget main ke Air Terjun Lodovavo dan Atawuwur ini. Karena, untuk mencapai Air Terjun Kembar Lodovavo dan Atawur ini kamu harus melewati jalanan yang sedikit terjal sehingga harus hati-hati.

via instagram.com/nicholas_renata

Setelah melewati trek menantang, kamu akan disuguhkan dengan sosok air terjun yang jatuhannya terbagi 2 dan serupa satu sama lain. Maka dari itu, air terjun ini dinamakan air terjun kembar.

via rizkizulfitri-kiena.blogspot.co.id

Karena air terjun ini gak terlalu deras aliran airnya, maka gak ada kolam jatuhan di bawahnya. Jadi, kalau kamu ingin bisa merasakan kesegaran air dari Air Terjun Lodovavo dan Atawuwur yang kamu bisa lakukan adalah mandi di bawah air jatuhannya. Tapi ingat, jangan pas aliran airnya lagi deras ya karena bahaya.

via ferrypajidslv.blogspot.co.id

via kompasiana.com

 

Detail Informasi

Alamat: Air Terjun Kembar Lodovavo Atawuwur, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: Dari kota Lewoleba kamu bisa menuju desa Atawuwur dan akan memakan waktu kurang lebih 2 jam. Kemudian kamu harus jalan kaki melewati bukit dan lembah untuk menuju lokasi air terjun.

 

8. BERSANTAI DI TANJUNG NUHANERA YANG PEMANDANGANNYA KEREN TAK TERKIRA 

Satu lagi tujuan wisata yang cocok bagi kamu yang suka diving dan snorkeling. Di Tanjung Nuhanera, kamu bisa menikmati air jernih dan hamparan pasir putih yang dilatari oleh bukit-bukit hijau dikejauhan.

via fionacallaghan.com

via instagram.com/cathrine_ohin

via riaupos.co

via instagram.com/cathrine_ohin

Oleh masyarakat lokal, Tanjung Nuhanera dianggap sebagai tempat tinggal para leluhur mereka. Terlepas dari sosok Tanjung Nuhanera yang penting bagi masyarakat lokal, ternyata pemandangan emang keren gak terkira. Untuk mempromosikannya, di Tanjung Nuhanera sering diadakan festival bahari yang diadakan setiap tahunnya, yang dinamakan Festival Bahari Nuhanera.

via tribunnews.com

via timlo.net

Festival ini diadakan sebagai destinasi baru wisata bagi para wisatawan yang suka diving dan snorkeling karena memang laut di Tanjung Nuhanera ini punya “harta karun” berupa kehidupan bawah laut yang kaya dan beragam. Kalau kamu lagi beruntung, bisa banget ketemu beberapa hewan laut seperti lumba-lumba dan paus biru. Selain itu, airnya yang jernih juga cocok banget untuk diabadikan!

via instagram.com

via instagram.com/iviagens 

via instagram.com/jodiandara_

Kalau sudah puas snokrleing dan diving, jangan langsung pulang ke penginapan ya. Karena, sunset di Tanjung Nuhanera ini dramatis abis!

via indonesia-tourism.com

 

Detail Informasi

Alamat: Tanjung Nuhanera, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: -

 

9. PANTAI BEAN, PANTAI YANG LEBIH INDAH DARI PANTAI DI PHUKET!

Gak perlu jauh-jauh ke Phuket untuk menyaksikan pantai seindah Pantai Bean. Di Pulau Lembata, kamu bisa memanjakan matamu dengan air laut sejernih kaca. Terletak di ujung timur Pulau Lembata, Pantai Bean menjadi tempat favorit para wisatawan baik lokal maupun internasional untuk sekedar berjemur ataupun berenang. Konon katanya, pantai ini mengalahkan pantai yang ada di Phuket, Thailand.

via indahnyaflores.blogspot.co.id

via darmanreubee.com

via instagram.com/ciputra_lembata

Dengan hamparan pasir putih yang menyerupai kristal, Pantai Bean cocok bagi kamu yang ingin bersantai sambil menikmati pemandangan yang disajikan. Selain itu, karena Pantai Bean ini berombak cukup tenang, maka buat kamu yang ingin berenang ke tengah pun bisa dengan tenang tanpa perlu tenggelam. Pantai ini juga memiliki tebing yang bisa digunakan bagi kamu yang gemar panjat tebing.

via hugelong.blogspot.com

via darmanreubee.com

Sayangnya, pantai ini masih kurang perhatian dari pemerintah. Sehingga fasilitas wisata di pantai ini kurang memadai. Jadi, kamu harus bawa perbekalan sendiri. Karena cukup sulit untuk menemukan penjual makanan dan minuman.

via tripadvisor.com

via instagram.com

via ferrypajidasilva.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Bean, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: Dari kota Lewoleba, kamu bisa menggunakan angkutan umum atau menyewa mobil dengan jarak tempuh sekitar 82 KM. Meskipun cukup jauh, tapi semuanya worth it karena keindahan pantai yang satu ini gak ada yang menandingi.

 

10. MENIKMATI SUNSET DI PANTAI WAIJARANG 

Deburan ombak dan hamparan pasir putih, itulah hal pertama yang akan kamu temui ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pantai Waijarang. Salah satu tempat wisata bahari favorit di Kabupaten Lembata ini dijamin akan membuatmu terkesima dengan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Waijarang. Kamu juga bisa menemukan barisan bakau yang tumbuh berkoloni disekitar pantai.

via wisata.nttprov.go.id

via wisata.nttprov.go.id

Di sini, kamu juga bisa menemukan kepiting ukuran besar yang keluar dari lubang di pasir pantai. Selain snorkeling dan diving, kamu juga bisa mengabadikan tenggelamnya matahari dan menjadikannya momen indah yang gak akan terlupakan. 

via travel.kompas.com

Biasanya, di hari-hari libur warga Kota Lewoleba menghabiskan waktunya untuk menikmati panorama di Pantai Waijarang. Kalau kamu ingin bermalam di sini, jangan khawatir. Karena, kamu bisa menemukan hotel-hotel di Kota Lewoleba.

via humas.lembatakab.com

via forumku.com

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Waijarang, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: Hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari kota Lewolaba menuju ke Pantai Waijarang. Kamu cukup menggunakan kendaraan roda dua atau sepeda. 

 

11. PEMANDANGAN SUPER EDAN PANTAI TANJUNG KOLIPADAN ILE APE 

Satu lagi pantai yang bisa kamu nikmati kalau berkunjung ke Lembata. Pantai Tanjung, yang berada di Desa Kolipadan ini menyimpan banyak pesona alam. Gak hanya diving dan snorkeling, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan alam tanpa effort dan hanya cukup dengan memandangnya. Langit berwarna biru dengan air yang berwarna senada emang bener-bener edan! 

via voxntt.com

via instagram.com/irvanrahajo

Kalau kamu mau berkeliling sedikit, kamu akan mendapatkan pemandangan lebih dari sekedar pantai. Di belakang Pantai Tanjung Kolipadan Ile Ape ini terdapat padang savanah dengan rumput-rumput setinggi lutut yang dijamin akan mempercantik foto Instagram kamu.

via instagram.com/litosbi

via travelingwithtinae.com

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Tanjung Kolipadan Ile Ape, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute:

 

12. GUNUNG DENGAN LEGENDA : MAURAJA ATADEI 

Gak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Pulau Lembata tanpa menikmati pemandangan dari atas Gunung Mauraja ini. Gunung yang terletak di Pulau Lembata ini menyimpan legenda yang masih dipercayai oleh masyarakat setempat. Legenda tersebut mengisahkan seorang anak bernama Raja yang rumahnya dibakar warga karena ketahuan menikahi wanita ular. Keluarga ular yang gak terima kemudian memporakporandakan perkampungan warga yang membakar rumah Raja yang kemudia bekas perkampungan tersebut berubah menjadi Gunung Mauraja.

via instagram.com/rsumayku

Kalau kamu bisa mendaki hingga puncak gunung, kamu akan menyaksikan kawah Mauraja dengan latar lautan biru sejauh mata memandang. Keren kan? 

via instagram.com/erniwatipuhugelong

via puhugelong.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Gunung Mauraja, Desa Atadei, Pulau Lembata

Rate: -

Rute: -

 

13. PANTAI PASIR PUTIH MINGAR YANG SUNYI DAN JAUH DARI HINGAR BINGAR 

Pantai yang terletak di pesisir selatan Kecamatan Nagawutung ini menyimpan sejuta pesona bagi para wisatawan. Hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai dengan birunya lautan dijamin akan membuat cuci matamu sukses! 

via pariwisata.serverjogja.com

Pada tahun 2013, pantai ini dijadikan sebagai obyek lomba foto yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan yang dicanangkan oleh Rally Wisata Bahari. Penasaran dengan keindahannya? Cek aja foto-foto dari salah satu peserta lomba.

via kompasiana.com

via kompasiana.com

Pantai Pasir Putih ini memiliki ombak yang cenderung tenang, sangat cocok buat kamu yang ingin berenang jadi gak perlu takut tergulung ombak. Kalau kamu mau leyeh-leyeh, pasir putih yang super lembut ini siap untuk kamu jadikan tempat berjemur sambil menikmati keindahan pantai. 

via way2east.com

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Pasir Putih Mingar, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: -

 

14. SERUNYA MEMASAK DI DAPUR ALAM KARUN WATUWAWER 

Memasak di dapur dengan peralatan lengkap pasti sudah biasa, bagaimana kalau memasak di tanah? Nah, Dapur Alam yang berada di sebelah barat sekitar 3 KM dari Desa Atakore, Kecamatan Atadei ini memiliki tanah vulkanis yang bisa mengeluarkan gas bumi dengan uap panas yang cukup kuat. Oleh karena itu, masyarakat disini sudah terbiasa untuk memasak di Dapur Alam. 

via indahnyalembata.com

Sebelum memasak, mereka melubangi tanah kemudian memasukkan beragam jenis makanan, seperti ubi-ubian, kacang-kacangan, jagung muda, dan sebagainya. Uniknya lagi, makanan yang dibuat di Dapur Alam ini justru gak akan cepat basi.

via way2east.com

Lokasi Dapur Alam ini bisa menampung ratusan hingga ribuan pengunjung. Jadi, kamu gak perlu khawatir gak bisa menyaksikan keseruannya. Selalu ada tempat untuk para wisatawan! Kalau beruntung, kamu juga akan disuguhkan dengan tarian lagu daerah Desa Atakore. Selain itu, pemandangan di sekitar Dapur Alam sangat indah!

via florespas.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Dapur Alam,  Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: -

 

15. MENIKMATI LEMBATA DENGAN CARA BERBEDA : MENYAKSIKAN ACARA RUMAH ADAT DAN RITUS PESTA KACANG JONTONA 

Gak lengkap rasanya kalau datang ke Pulau Lembata tanpa menyaksikan aneka upaca seru, salah satunya adalah pesta kacang Lewohala di Desa Jontona. Pesta yang dilaksanakan rutin setiap tahun ini diselenggarakan bersama-sama di rumah besar (Uma Belen) dan di panggung upacara. Kedua tempat ini ditetapkan melalui musyawarah adat yang berlaku secara turun menurun.

via kelilingbuana.blogspot.co.id

Perayaan ini diselenggarakan untuk mensyukuri apapun rezeki yang diterima dari Yang Maha Kuasa selama setahun. Biasanya, Pesta Kacang akan dilaksanakan pada minggu ketiga atau minggu keempat bulan September atau pada minggu pertama dan kedua di bulan Oktober.

via bpdjontona.blogspot.co.id

Ada enam tahapan menarik yang bisa kamu saksikan saat ritual pesta kacang berlangsung, yakni sewa nuku, yaitu menaikkan daun lontar di lapangan yang dilaksanakan suku Purek Lolon. Lalu tuka kiwan lua watan atau perjalanan turun gunung ke pantai yang dilaksanakan suku Pureklolon dan Lamawalang. Ketiga doro dope, yaitu memanah ayam dan kelope (sejenis ikan melata yang menempel di dahan bakau) untuk disantap bersama. Kemudian ada hodi elu, yaitu kesepakatan melaksanakan puncak pesta kacang. Dan yang terakhir utan wungu belen yaitu ritual para sepuh menasihati para putra-putrinya.

via way2east.com

Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan hasil tenun ikat tradisional Ile Ape yang biasanya digunakan oleh penduduk sekitar dalam rangkaian acara ini.

via adyganteng.weebly.com

via dians999.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Jontona, Pulau Lembata

Rate: Gratis

Rute: -

 

Nah, itu dia 15 Tempat Wisata di Pulau Lembata untuk kamu cuci mata. Sekarang, kalau ke Pulau Lembata udah gak bingung lagi kan harus ke mana? Selamat berwisata!


Penulis
Penulis Siti Nur
An aquarius that love to daydream

Artikel Terkait

Nusa Tenggara Timur - 2027 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Nusa Tenggara Timur - 1433 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 971 Hits

Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu

Nusa Tenggara Timur - 1159 Hits

Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores

Nusa Tenggara Timur - 3256 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 32815 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.