Best of Indonesia - 341 Hits

Musim hujan memang bisa jadi kendala kamu untuk berlibur. Medan yang sulit ditempuh atau mobilitas yang berkurang bisa jadi bikin kamu mengurungkan niat untuk liburan saat hujan. Padahal, kalau disiasatin, kamu masih bisa liburan saat hujan lho! Yuk, simak tips-tips di bawah ini untuk menyiasatinya.

 

1. PILIH WISATA KOTA DIBANDINGKAN WISATA ALAM 

Wisata kota relatif lebih aman dilakukan daripada wisata alam saat musim hujan. Naik gunung, pergi ke air terjun, atau menyelam sebaiknya dilakukan saat musim kemarau karena minim risiko seperti longsor, ombak yang tinggi, atau visibility bawah laut yang kurang akibat musim hujan. Bukan cuma bahaya, tapi bisa jadi kalau kamu tetep nekat berangkat yang ada kamu enggak melihat apa-apa selain hujan dan kabut. Makannya, wisata kota jauh lebih aman untuk kamu yang merasa butuh keluar rumah saat musim hujan. Kalau mau lebih aman lagi, kamu bisa mencoba staycation karena yang akan kamu lakukan hanyalah laying on the hotel bed all day long! Coba cek artikel berikut untuk referensi AirBnb unik di Bandung sebagai bekal staycation kamu!

via spotunik.com

via instagram.com/lokal_id

 

2. SIAPKAN DAN BAWA BENDA-BENDA YANG TEPAT 

Hujan bisa terasa hangat atau dingin, tergantung daerah kamu berada. Kamu bisa jadi membutuhkan jaket windbreaker dan sepatu yang tahan banting menghadapi hujan dan lumpur. Selain payung, bawa juga jas hujan poncho yang bisa dilipat di ransel, dry bag untuk barang-barang elektronik seperti telepon genggam dan kamera, senter tahan air dan yang terpenting adalah pakaian ganti (termasuk kaus kaki) dalam jumlah cukup.

via travelandleisure.com

 

3. BUKAN CUMA MUSIM KEMARAU, MUSIM HUJAN PUN SEBAIKNYA KAMU MEMAKAI BAJU YANG RINGAN 

Gunakan pakaian yang longgar dan ringan sehingga kamu tetap merasa sejuk di cuaca yang lembap. Untuk menghangatkan diri, barulah kamu lapisi pakaianmu dengan jaket atau baju hangat. Kelebihan lain dari mengenakan pakaian longgar dan ringan adalah sa saat kamu kehujanan, seenggaknya pakaian longgar dan ringan yang kamu kenakan bisa lebih mudah kering. Pakaian longgar dan ringan ini sebaiknya dipasangkan dengan bawahan pendek agar enggak memudahkan mobilitas kamu menerjang hujan dan genangan air.

via baroezyjourney.com

 

4. JADILAH FLEKSIBEL 

Mau enggak mau, hujan pasti akan berdampak pada rencanamu. Karena itulah, kamu harus bersikap fleksibel. Selalu buat rencana cadangan kalau kalau rencana awal enggak terjadi. Misalnya istirahat, membaca, atau spa treatment saat hujan datang. Untuk menghindari penerbangan yang tertunda, jadwalkan penerbangan di pagi  atau malam hari. Antisipasi juga masalah transportasi seperti pembatalan keberangkatan kapal feri akibat ombak yang tinggi atau penundaan jadwal berangkat bus akibat banjir.

via agoda.net

 

5. JANGAN LEWATKAN TRAVEL INSURANCE UNTUK NEMENIN KAMU SELAMA LIBURAN 

Kalau kamu mau liburan saat musim hujan, travel insurance adalah hal yang perlu dipertimbangkan untuk dimiliki. Secara, liburan saat hujan memiliki resiko yang lebih besar dari liburan saat musim kemarau, bisa jadi karena banjir, longsor atau ombak besar serta cuaca ekstrim saat melakukan penerbangan. Pastikan asuransi tersebut meliputi kesehatan serta barang elektronik jadi liburanmu saat musim hujan jadi lebih tenang.

via phinemo.com

 

6. CARI PENAWARAN TERBAIK UNTUK KEUNTUNGAN LEBIHMU 

Musim hujan bukanlah musim favorit banyak orang sehingga destinasi wisata cenderung sepi. Oleh karena itu, biasanya harga penginapan dan transporasi jadi lebih murah. Lakukan tawar-menawar dengan warga setempat untuk mendapatkan harga yang terbaik. Jadi, semacam memanfaatkan momen hujan untuk memberikan keuntungan lebih buat kamu.

via instagram.com/ichoyi

 

Intinya, siapkan mental dengan segala kemungkinan yang akan terjadi seperti penundaan atau pembatalan keberangkatan liburan saat hujan. Kamu enggak akan pernah bisa mengendalikan cuaca, jadi jangan stres dan nikmati saja semua prosesnya.  Terakhir, jangan takut basah!


Penulis
Penulis Red Tamasyeah
Indonesia Travel Expert

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.