Maluku - 553 Hits

Kamu sudah penat dengan seabrek kerjaan yang gak kelar-kelar? Kalau sudah bete kayak gini sudah saatnya kamu main ke Ternate yang ternyata punya 12 tempat wisata seru yang pastinya bakalan ampuh ngobatin betenya kamu. Penasaran? Yuk, kita simak bareng-bareng keseruannya!

 

1. MENIKMATI PANTAI SULAMADHA YANG SEJERNIH KACA

Gak afdol rasanya kalau ke Ternate tanpa mengunjungi pantai-pantai indahnya. Salah satu pantai kece yang ada di Ternate adalah Pantai Sulamadaha. Berjarak sekitar 30 menit dari pusat Kota Ternate membuat Pantai Sulamadaha menjadi salah satu spot favorit bagi para traveler

via pilarbangsa.id

Apa sih yang membuat pantai ini berbeda dari pantai-pantai lainnya? Jawabannya adalah airnya yang sebening kaca. Beneran bening loh! Saking beningnya, Pantai Sulamadaha ini juga disebut-sebut sebagai Pantai Kaca.

via sumber.com

Jangan kaget, walaupun memiliki air sebening kaca ini, ternyata pasir di Pantai Sulamadaha berwarna hitam, bukan putih seperti pantai berair jernih kebanyakan. Pasir hitam ini berasal dari material vulkanik Gunung Gamalama saat Meletus dahulu kala. Unik ya?

via visitternate.com

via malalamagz.wordpress.com

via travellingkierahawordpress.com

Pantai Sulamadaha yang berada di Desa Sulamadaha ini sangat cocok untuk kamu pecinta snorkeling dan diving. Kalau kamu gak bisa berenang, tenang aja! Di sini, kamu bisa menyewa pelampung dengan harga sekitar Rp. 15.000,00 hingga Rp. 20.000,00 dan ban sekitar Rp. 6.000,00. Kalau mau lebih seru lagi, kamu bisa kelilingi pantai dengan perahu kano yang bisa kamu sewa seharga Rp. 35.000,00.

via visitternate.com

via tripadvisor.com

via sportourism.id

Kamu gak perlu khawatir dengan ombak, karena Pantai Sulamadaha ini memiliki bentuk menyerupai huruf U yang membuat air laut pantai ini selalu tenang. Jadi, kamu bisa aman berenang di sini.

via astralife.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Sulamadaha, Maluku Utara

Rate: Rp. 10.000,00-Rp.Rp. 35.000,00-

Rute: Jika kamu naik pesawat menuju Ternate, bisa transit di Makassar atau Manado. Dari situ, kamu bisa naik taksi atau angkutan umum ke Pantai Sulamadaha. Kalau mau lebih irit, coba aja naik angkutan umum. Biasanya akan menghabiskan waktu satu jam.

 

2. PANTAI FITU, PEMANDANGAN INDAH YANG BISA KAMU TEMUKAN DI UANG SERIBU RUPIAH

Kalau kamu berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mengeluarkan uang seribu kamu, kemudian coba amati dengan seksama. Ternyata, Pantai yang memiliki latar Gunung Maitara ini adalah pantai yang ada di uang seribu rupiah! Keren ya!

via astralife.co.id 

via pergimulu.com

Di Pantai Fitu kamu bisa menikmati pemandangan berlatar Gunung Tidore dan Gunung Maitara yang berada di seberang lautan. Dilengkapi dengan kehadiran kapal-kapal yang seliweran di lautnya, menjadikan pantai ini dipilih sebagai gambar penghias uang 1.000 rupiah.

via phinemo.com

Karena pantai ini sudah terkenal berkat masuk ke dalam uang 1.000 rupiah, ternyata membuat pantai ini jadi ramai dikunjungi dan dijadikan alternatif liburan masyarakat Ternate. Sayangnya, karena hal ini Pantai Fitu kondisinya jadi gak terlalu bersih. Dan, diperparah lagi dengan adanya aktivitas pembuatan Galang Kapal milik warga. Tapi, meskipun begitu, pemandangan indah yang ditawarkan di Pantai Fitu benar-benar priceless!

via ilwanngofaternate.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Fitu, Maluku Utara

 

3. BERKUNJUNG KE DANAU DENGAN BERAGAM LEGENDA, DANAU TOLIRE

Ini dia destinasi traveling kamu berikutnya! Danau yang berada di Ternate, Maluku Utara ini merupakan danau yang berada di bawah kaki Gunung Gamalama. Kamu bisa menikmati hamparan air danau yang berwarna hijau lumut sambil memandangi indahnya latar Gunung Gamalama di kejauhan.

via tribunnews.com

Psst.. Danau Tolire memiliki cerita unik loh! Konon katanya, kalau kamu melempar batu ke arah danau, kamu gak akan mengetahui  di mana batu itu menyentuh permukaan air. Banyak pengunjung yang gak percaya dan membuktikannya. Menurut pedagang di tepi Danau Tolire, hanya orang-orang tertentu yang bisa melihat di mana batunya menyentuh permukaan air. Bagaimana? Kamu tertarik untuk mencobanya juga? 

via indonesia-guide4u.blogspot.co.id

Selain cerita unik tadi, kalau kamu berkunjung ke sini dijamin matamu akan dimanjakan dengan indahnya lautan dari atas Danau Tolire. Perpaduan udara gunung dan lautan dijamin bisa melepas segala penatmu!

via journesia.com 

via Instagram.com/akbrsoleman

via Instagram.com/akbrsoleman

 

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Takome, Maluku Utara

Rate: - 

Rute: Danau Tolire berada di Desa Takome, kurang lebih 20 km dari kota Ternate. Kamu bisa menggunakan mobil dengan jarak tempuh sekitar 40 menit.

 

4. MENIKMATI PEMANDANGAN SUPER BAGUS DI ALIRAN LAVA BATU ANGUS

Batu Angus merupakan salah satu tujuan wisata favorit para traveler ketika mereka berkunjung ke Ternate. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hamparan batu berwarna hitam. Batu-batu tersebut merupakan hasil dari lahar bekas letusan gunung Gamalama pada abad ke-17.

via visitternate.com

via indonesiakaya.com

Hamparan batu menyerupai stalagmit tersebut membentang dari kaki Gunung Gamalama hingga ke pantai. Dinamakan Batu Angus karena lahar-lahar beku ini memiliki warna hitam kelam. Kalau kamu mau berkunjung ke sini, kamu hanya perlu membayar Rp. 10.000,00 per kendaraan dan kamu akan dimanjakan dengan lukisan alam yang indah.

via travel.detik.com

via ksmtour.com

Selain batu-batu beku tersebut, kamu juga bisa mengunjungi situs sejarah berupa tempat tewasnya seorang tentara Jepang yang parasutnya gak terbuka normal pada saat terjun dari pesawat ketika Perang Dunia II. Wisata yang berada di poros ruas jalan lingkar Pulau Ternate ini bisa dijangkau menggunakan angkutan kota dengan tariff Rp. 3.000,00- atau kamu bisa menggunakan taksi seharga Rp. 50.000,00- per jamnya.

via home.co.id

via backpackerakhirpekan.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Batu Angus

Rate: Rp. 5.000,00- hingga Rp. 10.000,00- untuk biaya masuk

Rute: -

 

5. MENDENGAR CERITA SEJARAH KELAM DI BENTENG KASTELA

Kalau kamu penggemar sejarah, harus banget nih berkunjung ke Benteng Kastela. Benteng yang berada di Kelurahan Kastela ini dulunya memiliki luas sekitar 2.724 meter. Tapi, kini luasnya gak sampai setengahnya. 

via perkicikieraha.blogspot.co.id

Kalau berkunjung ke sini jelas atraksi utamanya adalah reruntuhan benteng yang tersisa. Tapi, selain itu benteng yang menjadi saksi bisu sejarah kelam pembunuhan Sultan Khairun, Raja Kesultanan Ternate ini juga memiliki pemandangan yang indah perpaduan antara hijaunya tanaman dan reruntuhan benteng. 

via lihat.co.id

via backpackerjakarta.com

via instagram.com/widhakarina

Selain menikmati pemandangan, kamu juga bisa menghirup udara segar yang ada di Benteng Kastela. Serunya lagi, benteng ini juga bisa jadi spot menikmati sunset yang bagus loh!

via instagram.com/familydiver.id

 

Detail Informasi

Alamat: Benteng Kastela, Jl. Raya Benteng Kastela Santo Paulo, Maluku Utara

Rate: Rp. 5.000,00- hingga Rp. 10.000,00- untuk biaya masuk

Rute: Dari Kota Ternate naik mobil kurang lebih 12 km dan akan memakan waktu sekitar 30 menit.

 

6. MENGUNJUNGI TITIK TERTINGGI TERNATE DI PUNCAK GUNUNG GAMALAMA

Nah kali ini wisatanya cocok bagi para pendaki gunung. Di Ternate, kamu bisa mendaki Gunung Gamalama tanpa biaya sepeserpun! Gunung Gamalama merupakan salah satu gunung vulkanik tinggi yang ada di Indonesia. 

via kieraha.com

via instagram.com/ebefmk

Yang menarik dari gunung ini adalah bentuknya yang kerucut dan merupakan keseluruhan bagian dari Pulau Ternate. Tapi, sebelum mendaki gunung, para tetua yang ada di Gunung Gamalama menyarankan untuk berdoa terlebih dahulu dan juga menjaga kebersihan alam. Selain itu, para pendaki biasanya gak dibolehin naik dalam jumlah ganjil, karena konon katanya jika mendaki ke Gunung Gamalama dengan pendaki yang ganjil, salah satu dari mereka akan celaka.

via instagram.com/ozillatuconsina_

Meskipun menyimpan banyak cerita seram, tapi Gunung Gamalama tetap menawarkan panorama pemandangan indah yang gak ada duanya! Kamu bisa melihat semua keindahan ini di atas puncak Gunung Gamalama yang didominasi oleh trek berbatu.

via instagram.com/alfath_syaban

 

Detail Informasi

Alamat: Pulau Ternate, Maluku Utara

Rate: -

Rute: Dari Kota Ternate menuju titik awal pendakian Gunung Gamalama hanya memakan waktu sekitar 11 menit menggunakan mobil.

 

7. DANAU LAGUNA NGADE, DANAU DENGAN BERAGAM CERITA UNIK!

Satu lagi danau yang perlu kamu kunjungi di Ternate. Sebuah danau yang begitu indah dengan sebutan Danau Laguna atau biasa juga disebut Danau Ngade. Sesuai dengan namanya, obyek wisata yang satu ini memang terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

via travelingyuk.com

via ksmtour.com

Danau Laguna Ngade ini merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi karena lokasinya yang berdekatan dengan laut sehingga menawarkan pemandangan yang sungguh menakjubkan. Meskipun berdekatan dengan laut, Danau Laguna memiliki air tawar. Unik ya!

via instagram.com/arie_thinga

Danau ini bisa menjadi pilihan kamu untuk bersantai karena suasananya sangat syahdu! Cocok juga bagi para traveler yang suka mengabadikan pemandangan yang indah. Dari Danau Laguna Ngade, kamu juga bisa menikmati pemandangan dua pulau terdekat, yaitu Maitara dan Tidore.

via garudamagazine.com

via travelingyuk.com

Karena semakin terkenal, sekarang di Danau Laguna Ngade ini sudah semakin lengkap fasilitas pendukungnya. Untuk memfasilitasi jiwa narsis kamu, pengelola sudah menyiapkan menara pandang sebagai tempat pengunjung mendapatkan view terbaik dari danau ini. Bahkan, belakangan sudah ada fasilitas ayunan dimana kamu bisa berfoto dengan latar Danau Laguna Ngade dari ketinggian.

via viva.co.id

via idntimes.com

via travellersindo.blogspot.co.id

Selain memiliki pemandangan super oke saat siang hari, ternyata kamu juga akan disuguhkan pemandangan kerlipan lampu Kota Ternate di kejauhan saat malam hari dari atas view point ini. Gak ketinggalan, siluet pulau Tidore dan Maitara yang berdiri kokoh dikejauhan ikut menghiasi malam hari di view point ini.

via instagram.com/gazalimansur

 

 

Detail Informasi

Alamat: Danau Laguna Ngade, Maluku Utara

Rate: -

Rute: Danau Laguna hanya berjarak 40 menit dari Bandara Baabulah. Untuk mencapai danau ini, kamu hanya perlu naik motor atau menyewa mobil dengan harga Rp. 100.000,00- hingga Rp. 150.000,00-.

 

8. MENYAKSIKAN ANEKA BENDA PENINGGALAN ANTIK DI KERATON KESULTANAN TERNATE

Satu lagi wisata sejarah yang ada di Ternate, yaitu Keraton Kesultanan Ternate. Yang membuat obyek wisata ini menarik adalah adanya beragam warisan peninggalan Kesultanan Ternate. Berlokasi di Kota Ternate, Keraton kesultanan Ternate ini sudah menjadi salah satu obyek wisata favorit para traveler. Kamu bisa berkeliling menikmati beragam benda warisan Kesultanan Ternate dan pendatang Eropa.

via feryantohadi.blogspot.com

Kamu juga bisa melihat singgasana Sultan Ternate yang berwarna emas dan berdiri begitu megah. Selain itu, kamu juga bisa melihat benda-benda peninggalan milik kesultanan yang memiliki nilai sejarah, seperti mahkota dan Al-Quran tulisan tangan yang merupakan tertua di Indonesia dan juga beragam peralatan perang..

via kamerabudaya.com

via tripadvisor.com

via blogspot.com

 

Detail Informasi

Alamat: Kampung Soa-Sio, Kelurahan Letter C, Ternate

Rate: -

Rute: Jika melalui Bandara Baabullah, kamu tinggal melanjutkan perjalanan ke Keraton Kesultanan Ternate dengan jarak 3,5 km. Kamu bisa menjangkaunya dengan menyewa mobil atau naik kendaraan umum.

 

9. BENTENG TOLUKKO, SAKSI BISU SEJARAH TERNATE

Benteng Tolukko adalah salah satu saksi sejarah yang masih ada hingga saat ini dan masih terawat rapih di Ternate. Meskipun sudah gak berfungsi seperti tujuan awal didirikan, namun benteng ini tetap menyimpan banyak kisah perjalanan Ternate dari masa ke masa. 

via instagram.com/irasuriawijaya

via indonesiakaya.com

Konon katanya, Benteng Tolukko memiliki lorong rahasia yang dapat langsung tembus ke wilayah pantai. Pada saat Portugis dan Belanda masih menguasai Indonesia, lorong ini digunakan sebagai sarana melarikan diri ketika akan terjadi pemberontakan atau hal-hal yang gak diinginkan lainnya. Sayangnya, sejak 1996, benteng ini dipugar dan lorongnya ditutup untuk selamanya demi alasan keamanan.

via indonesiakaya.com

Selain sejarah seru dibalik benteng ini, Benteng Tolukko juga biasa dijadikan spot foto seru oleh para wisatawan. Pemandangan indah yang ditawarkan dijamin akan membuat semua bad mood kamu hilang. Ketika kamu menaiki benteng hingga di tempat tertinggi, kamu akan disajikan dengan pemandangan yang penuh dengan taman bunga berwarna warni yang bisa kamu temukan di halaman depan benteng. Seru abis!

via bolehtanya.com

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Alamat: Kelurahan Sangadji, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate

Rate: -

Rute: Untuk mencapai Benteng Tolukko, kamu bisa menjangkaunya dengan menyewa mobil dengan jarak 3 km. Kalau ingin lebih hemat, bisa menggunakan kendaraan umum dari Terminal Kota Ternate.

 

10. PANTAI JIKOMALAMO, SERASA PUNYA PANTAI SENDIRI!

Satu lagi obyek wisata yang cocok untuk kamu penggemar snorkeling dan diving. Selain airnya jernih, kamu juga bisa menikmati indahnya alam bawah laut dan beragam terumbu karang yang ada di Pantai Jikomalamo. Dengan bentangan pasir putih, Pantai Jikomalamo ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata kamu selama di Ternate.

via onweekend.co

via instagram.com/iniindonesia_

via visitternate.com

Pantai Jikomalamo sendiri terletak di ujung utara pulau Ternate. Karena Pantai Jikomalamo masih sangat sepi, maka saat kamu main ke sini rasanya bagaikan punya pantai pribadi. Di sini kamu bisa menikmati desiran ombak dan angin sejuk sambil duduk-duduk santai di atas pasir pantainya yang berwarna putih. Dijamin menghabiskan waktu lama-lama di sini akan membuatmu super happy

via visitternate.com

Kalau kamu ke sini, ada baiknya untuk membawa perbekalan. Karena di Pantai Jikomalamo gak ada pedagang sama sekali. Jangan lupa juga ketika ingin pulang bersihkan kembali semua barang-barangmu dan jangan buang sampah sembarangan. Karena gak ada petugas yang jaga di sini.

via akurat.co

via cjrjalanjalan.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat: Pantai Jikomalamo, Maluku Utara

Rate: -

Rute: Kamu bisa mencapai pantai ini dengan menyewa kapal dari Hol Sulamadaha atau kamu juga bisa mengaksesnya dengan melewati jembatan baru yang membelah hutan ke Pantai Jikomalamo.

 

11. LEPASKAN PENATMU DI BUKIT BIRU

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar “Bukit Biru”? Di Bukit Biru, matamu akan dimanjakan dengan panorama langit berwarna biru yang berkolaborasi dengan hamparan laut yang sama-sama berwarna biru. Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa melihat pulau Maitara dan pulau Tidore dari kejauhan. Bukit ini berada di bagian selatan pulau Ternate. 

via visitternate.com

Untuk mencapai bukit ini, kamu harus mengerahkan seluruh tenagamu karena bukit ini gak punya jalan umum. Jalan yang tersedia juga cukup sulit untuk dilalui, karena medannya terjal dan curam. Tapi, semua kesulitan yang kamu lalui akan terbayar dengan pemandangan langit berwarna biru yang sangat luar biasa.

via visitternate.com

 

Detail Informasi

Alamat: Bukit Biru, Maluku Utara

Rate: Gratis

Rute: -

 

12. MENIKMATI SUNRISE & SUNSET DI PANTAI FALAJAWA

Bagi kamu pemburu sunrise & sunset, wajib banget dateng ke Pantai Falajawa yang ada di Ternate! Pantai yang menjadi favorit banyak pelancong muda ini letaknya dekat dari pusat Kota Ternate. Saking dekatnya, banyak masyarakat lokal yang suka menghabiskan waktu di sini. 

via djavavista.co.id

Bagi kamu yang mau menikmati indahnya Pantai Falajawa, gak perlu khawatir soal harga. Karena Pemkot Ternate gak  memungut biaya apapun untuk setiap pengunjung! Kerennya lagi, Pemkot Ternate juga menyediakan pelampung bagi kamu yang mau berenang, gratis!

via instagram.com/indra_118

via instagram.com/indra_118

Meskipun banyak orang yang berkunjung ke Pantai Falajawa, tetapi pantainya tetap bersih dan terjaga. Kalau kamu ingin bersantai sambil duduk-duduk manis, kamu bisa datang ke Taman Nukila yang memang difungsikan oleh Pemkot Ternate untuk para pengunjung yang ingin bersantai. Obyek wisata yang menjadi primadona ini sering didatangi para pemburu sunset karena keindahannya.

via tribunnews.com

via visitternate.com

via entasimanjuntak.wordpress.com

via pergimulu.com

Di pantai ini ternyata juga disediakan tempat beribadah dengan nama Masjid Raya Al Munawar Ternate yang uniknya terletak persis di pinggir pantai. Jadi, sembari menikmati indahnya lukisan ciptaan Tuhan, gak lupa juga bersyukur dan beribadah. Seru kan?

via twitter.com/ahmeedrosyadi

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Pahlawan Revolusi, Muhajirin, Ternate Tengah, Kota Ternate

Rate: Gratis

Rute: Gak usah bingung-bingung untuk ke Pantai Falajawa karena letaknya persis di tepi jalan Pahlawan, Kota Ternate. Kamu bisa menggunakan mobil atau kendaraan umum dari Bandara Babullah dan menghabiskan waktu sekitar 16 hingga 20 menit.

 

Nah, itu dia 12 tempat wisata di Ternate yang bisa jadi obat bete kamu. Melihat foto-fofonya saja pasti sudah bikin happy kan? Gimana kalau beneran ada di sana? Dijamin seru dan kamu pasti gak bete sama kerjaan lagi!


Penulis
Penulis Siti Nur
An aquarius that love to daydream

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.