Bali - 126 Hits

Terletak sekitar 37 km arah utara dari Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, Ubud terkenal dengan landscape sawahnya yang menawan serta budayanya yang masih kental. Banyak bule yang jatuh cinta dengan Bali lalu memutuskan untuk tinggal di Ubud karena hal tersebut. Untuk Saya, the perks of working in Ubud-based organization bisa bolak balik ke Ubud minimal 3 bulan sekali.

via instagram.com/ichoyi

Monkey Forest dan Tegalalang Rice Field mungkin merupakan must visit place kalau kamu main ke Ubud, tapi kali ini dua tempat tersebut gak akan Saya bahas karena udah terlalu mainstream. Masih banyak banget hal lain yang bisa kamu lakuin di Ubud dan sekitarnya yang dijamin bakal bikin kamu melabuhkan hatimu pada tempat ini. Jadi, kamu udah siap untuk jadi Ubudian belum? Yuk kita bahas satu-satu!

 

1. MENJEMPUT KETENANGAN UBUD MELALUI YOGA 

Namaste… Suasana Ubud yang damai memberikan energi positif buat semua orang yang mengunjunginya. Hal ini membuat Ubud jadi tempat yang cocok banget buat kamu yang suka Yoga ataupun baru pengen memulai Yoga. Karena banyak yang bilang Ubud itu yogi’s heaven, tentu aja Ubud punya banyak studio yoga yang menawarkan kelas dan lokasi yang asik dan beragam. Saya punya beberapa rekomendasi studio yoga di Ubud yang harus kamu coba, sebagai berikut:

 

Ubud Yoga House

Pernah kebayang yoga di tengah sawah? Kalau pernah berarti kamu harus coba yoga di studio yang satu ini. Cocok buat pemula dan menengah, setiap sesi atau kelas durasinya satu jam. Walaupun studionya kecil, tapi view yang ditawarkan paling da best diantara studio yoga yang ada di Ubud lainnya.

via indonesiaexpat.biz 

via yogatrail.com

via instagram.com/kendallhanna

Karena lokasinya berada di tengah-tengah sawah maka jalan menuju ke Ubud Yoga House ini cuma cukup untuk 1 motor. Makannya, itung-itung pemanasan sebelum yoga, sebaiknya kamu jalan kaki aja dari Jalan Raya Ubud ke arah Sari Organik Restaurant, ya.

via instagram.com/ubudyogahouse

 

Detail Informasi

Alamat: Jl. Subak Sokwayah, Ubud, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Harga: Rp. 130.000 untuk 1 kelas, Rp. 900.000 untuk 10 kelas.

Kontak: +62082144181058

 

The Yoga Barn

Studio yoga ini paling terkenal se-Bali raya. Walaupun letaknya di area yang cukup ramai, nuansa yang ditawarkan The Yoga Barn tetap damai dan asri. Secara total, ada 5 space yoga di The Yoga Barn dengan konsep semi outdoor. Untuk menguatkan kesan damai, The Yoga Barn dengan apiknya menata susunan bambu di studionya sehingga membuat kegiatan yoga kamu makin maksimal.

via eresonant.com

via theglobalyogi.com

Selain itu, kamu juga bisa melengkapi gaya hidup sehatmu karena The Yoga Barn juga memiliki healthy restaurant, juice bar dan treatment room. Selain itu, asyiknya lagi untuk mempermudah kamu yang datang ke Ubud khusus untuk menjemput ketenangan melalui yoga, The Yoga Barn juga menyediakan penginapan untuk kamu stay. Jadi, kamu bisa bangun tidur langsung cus ke kelas yoga.

via asthangayogagirl.com

Kelas di Yoga Barn lebih besar di antara studio yoga lainnya dan bisa menampung sampai 60 orang! Tempat ini lebih cocok untuk penggemar yoga yang mau belajar practice baru, tetapi kurang cocok buat pemula karena ukuran kelas yang besar jadi susah untuk kamu keep up dengan gerakannya serta sulit untuk sang guru buat perhatiin semua peserta. 

via instagram.com/calineflash

via thebohoguide.com

Jadi, kalau kamu emang udah rutin melakukan yoga dan pengen coba menantang diri dan ngerasain pengalaman yoga yang berbeda, kayanya ini tempat yang cocok deh!

via instagram.com/theyogamalinvaxholm

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Raya Pengosekan, Ubud (deket Coco Mart)

Harga: 130.000 (1 kelas), 330.000 (3 kelas), 500.000 (5 kelas), 900.000 (10 kelas), 1,4 juta (20 kelas), 2,6 juta (sebulan unlimited)

Kontak: 0361-971236

 

2. SIAP-SIAP BERDECAK KAGUM SAAT NONTON TARI KECAK 

Bali terkenal dengan kebudayaan yang kaya dan unik, salah satunya adalah kesenian tari khas Bali. Cukup banyak tarian-tarian yang bisa kamu saksikan seperti Tari Barong, Legong dan Kecak. Nah, favorit saya itu ya si Tari Kecak.

via rentalmobilbali.net

Tari Kecak menceritakan tentang Ramayana yang dibantu oleh barisan kera melawan Rahwana. Tarian ini gak menggunakan alat musik sama sekali, tetapi iringan tari diramaikan dengan seruan “cak” dari puluhan atau bahkan ratusan penari laki-laki yang membentuk formasi lingkaran.

via fabulousubud.com

Saat kamu di Ubud, kamu wajib menyisipkan pertunjukan Tari Kecak di Pura Dalam Taman Kaja di dalam itinerary perjalanan kamu. Menurut saya, Tari Kecak itu dramatis dan punya akhiran yang epic banget!

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

Biasanya penampilan Tari Kecak diadakan setiap hari pada pukul 7 malam, kamu bisa langsung datang untuk beli tiket pertunjukan langsung di sana. Saran saya, sebaiknya kamu datang lebih awal kalau kamu mau dapet tempat yang cucok! 

 

Detail Informasi

Lokasi: Pura Dalam Taman Kaja, Jl. Sri Wedari No. 12, Ubud, Gianyar

Harga: 75.000 per orang

 

3. BUKIT CAMPUHAN DAN JEMBATAN CAMPUHAN YANG AMPUH ILANGIN STRESS 

Kalau kamu suka jogging, sepedahaan atau bahkan cuman jalan-jalan santai nikmatin udara segar kamu harus datang ke Bukit Campuhan. Percaya deh, menyisipkan 1 hari untuk kegiatan-kegiatan kecil seperti itu bakalan sukses ngilangin stress kamu. Apalagi, view yang disajikan di sini instagramable banget!

via instragram.com/florian_degreve

Akses menuju puncak bukit ini juga gak susah kok, sekitar 15-20 menit jalan kaki dari pintu masuk Ibah Villas & Suites, atau dari samping Hotel Campuhan. Paling asoy sore-sore kesini, karena adem dan sambil nikmatin sunset juga! Seru kan? 

via instagram.com/goezdarmaa

via instagram.com/alonaviorne

Nah, kalau kamu sudah ke Bukit Campuhan berarti harus mampir juga ke jembatan “hits” yang ada di Jalan Raya Campuhan, tempatnya adem dan bagus juga buat ngumpulin stock foto Instagram kamu. Letak jembatan ini ada di samping Bridge Restaurant.

Photo Credit: Riesa Eka Putri

Saya punya cerita unik waktu jalan-jalan di jembatan ini. Saya bertemu seorang penjual kain batik yang berusia 70 tahun bernama Nenek Nyoman. Nenek Nyoman ini baik banget, sama sekali gak nawarin kainnya ke saya saat ngobrol. Ia justru bercerita tentang kehidupan sehari-harinya termasuk cerita mengapa ia harus berjualan kain di sini.

Photo Credit: Riesa Eka Putri

Saat saya lihat-lihat kain yang ia jual, ternyata motifnya bagus dan kebetulan saya juga salah satu penggemar batik dan paling gak bisa ngeliat batik bagus serta murah pula. Batik yang dijual Nenek Nyoman berkisar 70-100 ribu rupiah dan baiknyan lagi Nenek Nyoman justru menawarkan saya harga modal dari kain ini. Tapi, karena harga 100 ribu saja sudah terhitung murah untuk selembar kain, maka saya tetap membayarkan dengan harga biasa yang ia pasarkan. Kalau kamu kebetulan ketemu Nenek Nyoman di Ubud, ajak ngobrol dia deh. Dan kalau kamu punya sedikit rejeki kamu bisa membeli kainnya. Percaya gak percaya, small thing kaya gini termasuk cara ampuh untuk kamu ngilangin stress dan jadi lebih banyak bersyukur.

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Bangkiang Sidem Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Harga: Gratis

 

4. LIBURAN BEBAS AMBISI DENGAN STAYCATION DI VILLA AWANG-AWANG 

Salah satu yang ditawarkan Ubud adalah nuansa tenangnya. Dan salah satu cara paling oke menikmati ketenangan Ubud adalah dengan leyeh-leyeh di pinggir kolam renang atau sekedar bobok cantik di villa super pewe bareng temen-temen kamu tanpa dihantui setumpuk tempat yang harus dikunjungi dalam daftar itinerary. Kalau sudah begini, Villa Awang-Awang cocok banget secara lokasinya yang ada di tengah hutan.

via ministryofvillas.com

via ministryofvillas.com

via ministryofvillas.com

Ditambah lagi, keberadaan kolam renang infinity yang menyuguhkan rimbunnya pepohonan sebagai view berenang sore kamu menjadikan villa ini sebagai tempat favorit untuk staycation selama di Ubud. 

via ministryofvillas.com

via tripadvisor.com

Didominasi oleh kaca super besar menjadikan menginap di Villa Awang-Awang sebagai salah satu pengalaman sempurna dalam mendekatkan diri dengan alam karena sejauh mata memandang hanya ada hijau dan hijau dedaunan. Belum lagi, kehadiran suara serangga yang memberikan efek rileks buat siapun yang mendengarnya.

via booking.com

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Melayang, Ubud, Pejeng Kaja, Tampaksiring

Kontak: 0815-5866-2252

Harga: 4.400.000 (private pool dengan 2 large double bed)

 

5. NYANTAI SORE HILANGKAN PENAT DI CAFE POMEGRANATE 

Ubud terkenal dengan hamparan sawahnya yang cihuy abis. Kalau kamu kepengen nikmatin pemadangan sawah tanpa perlu berpanas ria, kamu harus nyoba nyantai di Cafe Pomegranate yang lokasinya beneran di tengah sawah! Pasti kamu sering kan liat instastory temen-temen kamu saat mereka asyik nongkrong ala-ala di sini?

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

Kafe ini emang pewe banget kalau dinikmatin saat sore hari. Angin sepoy-sepoy dan pemadangan sawah yang ciamik bikin kamu betah deh berlama-lama santai disini! Karena lokasinya yang beneran di tengah sawah dan jalan menuju ke kafe ini hanya muat sepeda motor aja, jadi kamu harus jalan kaki sekitar 20 menit atau naik motor dari jalan utama. 

via tripadvisor.com

via instagram.com/sarahlfh_ 

Pilihan menu di kafe ini didominasi sama makanan western dan asian macem pizza, pasta dan noodle yang cukup lezat disantap saat ngumpul apalagi sambil ditemani sunset.

via tripadvisor.com

via kintamani.id

 

Detail Informasi

Lokas: Jalan Subak Sok Wayah, Ubud, Gianyar

Harga: Mulai dari 25 ribu untuk minuman dan 55 ribu untuk makanan besar

 

6. KENYANGIN PERUT KAMU DI DON-U 

Kamu salah satu penggemar makanan Jepang, khususnya Donburi? Berarti kamu harus mampir ke restaurant kecil ini. Namanya Don-U yang menyajikan Donburi Rice Bowl dengan menggunakan bahan baku lokal yang berkualitas tinggi.

Photo Credit: Riesa Eka Putri

via facebook.com/DonUBali

Photo Credit: Riesa Eka Putri

Makan disini cocoknya saat lunch atau dinner kalau emang kamu pengen makanan yang enak dan ngenyangin. Menu favorit saya di sini adalah Maguro Sesame dan Bibimbap, masih ada juga menu rice bowl lezat lainnya kaya Original Ginger Chicken dan Pork Belly dengan Sambal Matah. Harganya pun gak bikin kantong kamu kering kok tapi dijamin perut kenyang.

via facebook.com/DonUBali

Photo Credit: Riesa Eka Putri

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Raya Lungsiakan, Kedewatan, Ubud, Gianyar

Kontak: 0878-6551-8354

Harga: 30.000-35.000 (Rice Bowls), 5.000 - 20.000 (add-ons & sides)

 

7. ASIKNYA NONGKRONG SEHAT DI HABITAT 

Di Ubud banyak kafe-kafe pewe yang bakal bikin kamu pusing mau milih yang mana, tapi kalau kamu lewat jalan Monkey Forest pasti kamu bakal ngeliat Habitat Kafe yang letaknya di sebrang parkiran Monkey Forest. 

Photo Credit: Riesa Eka Putri

via tripadvisor.com

Photo Credit: Riesa Eka Putri

Nuansa kafe disini pewe banget, didominasi oleh bambu dan dilengkapi udara segar alami tanpa ac karena emang lokasinya yang deket sama Monkey Forest. Banyak pilihan menu breakfast seperti Eggs Benedict, Pancake, Burrito, dan Healthy Bowl. Pilihan minuman juga bervariasi dari kopi, teh hingga healthy smoothies. Kalau kamu mau sehat, ya silahkan pilih Healthy Bowl barengan sama Healthy Smoothies sebagai menu kamu. Udara segar plus asupan makanan dan minuman yang segar juga dijamin bakal bikin kamu tambah sehat!

via theyakmag.com

via mymantraactive.com

via whatsnewbali.com

Photo Credit: Riesa Eka Putri

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Monkey Forest No. 88, Ubud, Gianyar

Kontak: 0361 - 971633

Harga : +/- 200.000 untuk 2 orang 

 

Udah kebayang kan asiknya liburan ke Ubud? Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakuin untuk ngerasain jadi “Ubudian”.  Cus langsung bikin itinerary lalu beli tiket pesawat dan jemput ketenangan di Ubud!


Penulis
Penulis Riesa Eka Putri
Lives and works in Flores. Likes to go around, capture things, and share it to others. Loves to play while working and work while playing.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.