Nusa Tenggara Timur - 1173 Hits

“Dari Sabang, sampai Merauke. Dari Mianggas sampai Pulau Rote.” Bukan hanya cuplikan jingle mie instan, tapi juga pengingat betapa luasnya Indonesia. Jika sudah bosan menjelajahi Pulau Jawa dan Bali, saatnya kamu menjadikan Rote sebagai destinasi liburan kamu berikutnya. Yuk, kenalan dengan pulau terselatan Indonesia ini!

 

1. BERSELANCAR BARENG PACAR DI PANTAI BO’A

Rote terkenal akan wisata baharinya. Saat ke Rote, pastikan kamu mengunjungi Pantai Bo’a. Pantai ini terletak di Kabupaten Rote Ndao tepatnya di Desa Bo’a Kecamatan Rote Barat. Pantai dengan pasir putih yang cantik ini sudah nggak asing di telinga surfer dalam negeri atau pun mancanegara. 

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Pantai Bo’a jadi surga yang harus dikunjungi para surfer karena ketinggian ombaknya yang mencapai tujuh kali gulungan dan merupakan terbesar kedua, setelah Hawaii. Nggak heran, kalau Pantai Bo’a ramai dikunjungi setiap musim ombak yaitu kisaran bulan September-Oktober.

via awalnya.blogspot.co.id

Walau kamu bukan surfer, jangan ragu untuk main ke Pantai Bo’a karena dengan gelombang laut yang dimilikinya yaitu “Gelombang G”, kamu juga bisa berenang, snorkeling, diving dan juga sailing. 

via indonesiakaya.com

Pantai Bo’a dikelilingi oleh tumbuhan dan batu karang yang menambah keunikannya. Tapi sayangnya, pantai Bo’a ini tergolong masih sepi dan belum memiliki fasilitas seperti rumah makan atau toilet. Jadi persiapkan dirimu dengan bekal atau perlengkapan lain, sebelum menuju Pantai Bo’a ya. 

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi 

Alamat

Kabupaten Rote Ndao, Provinsi NTT , tepatnya di Desa Bo’a Kecamatan Rote Barat.

Harga Tiket Gratis

Tarif Parkir Gratis 

 

2. MENAIKI RATUSAN ANAK TANGGA BUKIT MANDO’O

Keindahan Rote bukan hanya terletak di pantainya, di sini kamu juga bisa menikmati keindahan alam berupa perbukitan. Coba deh menjelajah Bukit Mando’o yang terletak di Desa Kuli, Kecamatan Rote Timur. Hamparan hijau pohon bakau dan birunya laut yang membaur dengan tanah berkapur membuat keindahan Bukit Mando’o nggak ada duanya. 

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Walau tingginya nggak mencapai 1.500 meter, kamu harus menaiki 488 tangga untuk mencapai puncak Bukit Mando’o. Bukit ini juga dikenal dengan “Bukit Tangga 300” oleh masyarakat sekitar, karena dulu jumlah anak tangganya masih sekitar 300 buah. 

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Rasa lelah setelah menaiki ratusan anak tangga akan terbanyarkan setelah kamu mencapai puncak Bukit Mando’o. Di sini, kamu bisa melihat panorama kawasan pantai Desa Kuli yang bikin kamu lupa waktu. Nggak puas dengan meilihat hamparan hijau dan biru yang cantik pada siang hari? Habiskan waktu lebih lama di sini sampai sore ahri untuk melihat sunset indah yang nggak bakal kamu dapetin di tempat lain. 

via brilio.net

via indonesiakaya.com

via ndongong.blogspot.co.id

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Kuli, Kecamatan Rote Timur, Kabupaten Rote Ndao, NTT.

Rute

Dari Pelabuhan Pantai Baru (Rote Ndao), kamu harus melanjutkan perjalanan menuju Kota Ba’a dengan jarak tempuh sekitar 45 menit. Lalu lanjut ke Bukit Mando’o dengan jarak tempuh sekita 1 jam. 

Harga Tiket Rp.3000/orang

Tarif Parkir Rp.1000/motor

 

 

3. NGADEM DI SEJUKNYA PEMANDIAN MAMEN

Temukan kesegaran di tengah teriknya matahari Rote di Pemandian Mamen. Pemandian alami yang juga disebut sebagai Sulimatan ini terletak di Desa Edalode, Kecamatan Pantai Baru. Kolamnya yang berwarna biru jernih tampak segar dan mengundang kamu untuk berendam di kolam air tawar ini. 

via instagram.com/prasetyo_haris

Pemandian Mamen ini berada di tengah sejuknya Mamar atau kebun kolektif milik masyarakat dalam kebudayaan Orang Rote. Walau akses menuju Pemandian Mamen cukup mudah untuk, tapi pemandian ini cenderung sepi sehingga kamu seolah-olah lagi berenang di kolam renang pribadi. 

via instagram.com/evan.yr

Karena Pemandian Mamen terlalu luas untuk kamu pakai sendirian, ajak teman-temanu untuk menikmati kesegaran Pemandian Mamen ini. Kehadiran teman-teman kamu dijamin akan menambah suasana jadi tambah segar. 

via instagram.com/elta_emanuella


Detail Informasi 

Alamat

Desa Edalode, Kecamatan Pantai Baru, Rote.

Rute

Dari Dermaga Pantai Baru menuju Desa Edalode menggunakan kendaraan pribadi memerlukan waktu sekitar 11 menit. 

Harga Tiket Gratis

Tarif Parkir Gratis

 

4. BERBURU SUNSET DI PANTAI NEMBRALA

Mungkin kamu baru mendengar namanya, tapi nama Pantai Nembrala sudah dikenal di dunia Internasional karena ombaknya. Nggak heran kalau pantai ini wajib ada di itinerary kamu saat mengunjungi Rote. Keindahan pasir putih yang berpadu dengan birunya lautan telah sukses membuat pantai ini jadi tujuan utama traveler saat berada di Rote. 

via instagram.com/torikawatters

via instagram.com/rehany_maharani

via instagram.com/anaiisbdk

Pantai Nembrala terletak di Desa Nembrala, Kecamatan Rote Barat. Sama seperti Pantai Bo’a, ombak di sini memikat hati para surfer dengan ketinggiannya yang mencapai 7 meter selama bulan Agustus hingga Oktober. Fasilitas penginapan, restoran dan café di sekitar Pantai Nembrala masih relatif terjangkau sehingga memperkuat daya tariknya sebagai destinasi wajib kunjung di Rote. Banyak juga yang bilang kalau Pantai Nembrala itu Kuta-nya Rote, lho! 

via instagram.com/roteisland

via indonesiakaya.com

Buat kamu pemburu sunset, jangan sampai kelewatan menikmati indahnya matahari terbenam di Pantai Nembrala. Siapkan kameramu untuk mengabadikan matahari jingga yang bulat sempurna. 

via instagram.com/graceandirani

via instagram.com/paradiseapocalypse

via instagram.com/diyahpurwaning

 

Detail Informasi 

Alamat

Jalan Raya Nemberala, Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Rute

Dari Kota Ba’a, menggunakan kendaraan pribadi dapat dicapai pada jarak kurang lebih 45km atau sekitar 1 jam perjalanan. 

Harga Tiket Gratis

Tarif Parkir Gratis

 

5. EKSPLOR LABIRIN PANTAI MULUT SERIBU

Labirin biasanya identik dengan taman, tapi nggak dengan labirin di Pantai Mulut Seribu yang terletak di Desa Papela, Rote Timur. Pantai Mulut Seribu merupakan wilayah teluk yang terdiri dari pulau-pulau kecil yang dikelilingi oleh pepohonan mangrove nan hijau. Jarak yang berdekatan itulah yang pada aakhirnya membuat wilayah ini disebut dengan labirin.

via instagram.com/lensa_ntt

via instagram.com/realpictures_id

via instagram.com/mhymie.kosapilawan

Air yang biru jernih, pepohonan hijau serta pasir putih dijamin bisa memanjakan matamu dan membuat kamu betah menikmatinya lama-lama. Tapi jangan terlalu lama ya, karena kamu harus menjelajah si Labirin Pantai Mulut Seribu yang merupakan atraksi utamanya. Siap-siap tersesat, konon menurut masyarakat setempat itu berarti sang tuan yang menjaga tempat ini menutup jalan keluar karena kamu lupa meminta izin kepada pemilik. 

via sherwinufi.wordpress.com

via instagram.com/aliviaalfiarty

via instagram.com/peggybunny

Untuk mengeksplor Pantai Mulut Seribu, kamu bisa menyewa perahu body dari nelayan setempat. Siap-siap menggunakan sunblock ya karena perahu ini nggak memiliki atap. Tapi nggak perlu khawatir. panas-panasan kamu akan terbayar dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Labirin Pantai Mulut Seribu. Nggak percaya? Yuk, buktikan dengan mengunjunginya! 

via instagram.com/emmysamira

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Papela, Rote Timur, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Rute

Dari Kota Ba’a, menggunakan kendaraan pribadi dapat dicapai pada jarak kurang lebih 45km atau sekitar 1 jam perjalanan. 

Dari Pelabuhan Rakyat Lokonamo, Desa Daiama, Kecamatan Landu Leko atau melalui Pelabuhan Papela, Kelurahan Londalusi, Kecamatan Rote Timur yang merupakan titik awal penjelajahan Teluk Mulut Seribu. 

Harga Rp.300.000 – Rp.500.000 untuk sewa perahu motor yang memuat 5-10 penumpang. 

 

 

6. TERMENUNG MENIKMATI KEINDAHAN BATU TERMANU

Jika bebatuan bisa bicara, mungkin Batu Termanu akan menceritakan kisah yang romantis. Batu Termanu merupakan dua buah bukit berukuran sangat besar yang terletak lepas pantai di sebuah tanjung. Batu yang terletak di Desa Onatali, Kecamatan Rote Tengah ini bernama Batu Su’a Lain dan Batu Hun. 

via way2east.com

via indonesiakaya.com

Menurut masyarakat setempat, Batu Su’a Lain berkelamin lelaki sedangkan Batu Hun berkelamin perempuan. Konon, keduanya merupakan sepasang kekasih yang sulit untuk bersatu dan berasal dari Perairan Maluku yang berpindah-pindah sebelum akhirnya menetap di Rote Ndao. Batu Termanu juga dianggap keramat sehingga menjadi tempat beribadah masyarakat Termanu. 

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Keindahan Batu Termanu nggak ada duanya. Perpaduan antara padang savannah dan birunya lautan yang mengelilingi Batu Termanu membuat banyak traveler rela jauh-jauh datang kesini. Belum lagi, kehadiran sapi-sapi ternak yang sedang merumput di sekitar Batu Termanu yang menjadi pemanis pemandangan di sini. 

via padatala.wordpress.com

via ocm.oomph.co.id

via instagram.com/cyclonesia

Habiskan waktu sedikit lebih lama saat kamu berada di Batu Termanu dan dapatkan pemandangan super mewah dari langit Rote kala senja di Batu Termanu ini.

via awalnya.blogspot.co.id

via awalnya.blogspot.co.id

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Onatali, Kecamatan Rote Tengah.

Rute

Dari Kota Ba’a, menggunakan kendaraan pribadi dapat dicapai pada jarak kurang lebih 7 km atau sekitar 15-20 menit. 

Harga Karcis Gratis 

 

7. MENJEMPUT KETENANGAN DI HENINGNYA DANAU LAUT MATI

Nggak cuma ada di Timur Tengah, Indonesia juga memiliki Danau Laut Mati. Bedanya Laut Mati di Yordania bisa membuat kamu terapung tanpa pelampung karena kadar air asin yang cukup tinggi. Sedangkan di Rote, air Danau Laut Mati cenderung payau, yaitu merupakan perpaduan antara air laut dan air tawar. 

via jalansanasini.com

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Danau Laut Mati terletak di Dusun Sipuk, Desa Sotimori, Kecamatan Landu, Leko, Rote Timur. Danau yang terbentang seluas 12 kilometer persegi ini, akan menawarkan keindahan unik dengan nuansa yang hening. Yup, memang lokasi Danau Laut Mati cenderung sepi karena wisatawan lebih mengeksplorasi bagian barat Pulau dimana Pantai Nembrala dan Pantai Bo’a berada. 

via instagram.com/tamisapasa

via indonesiakaya.com

Tapi, bukan berarti Danau Laut Mati bisa kamu lewati begitu aja saat mengunjungi Rote. Salah satu keunikan Danau Laut Mati terletak dari pasirnya yang ternyata berasal dari kulit kerang.  Lalu karena airnya yang nggak terlalu asin, ikan air tawar seperti mujair bisa hidup dan berkembang di danau ini. Wah, unik ya! 

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi 

Alamat

Dusun Sipuk, Desa Sotimori, Kecamatan Landu, Leko, Rote Timur.

Rute

Dari Kota Ba’a, menggunakan kendaraan bermotor dapat dicapai pada jarak kurang lebih 6 km dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 90 menit. Kondisi jalanannya lumayan bagus dan beraspal, walaupun di beberapa titik terdapat jalanan yang belubang dan berbatu. 

Harga Tiket Gratis 

 

 

8. SIAP-SIAP DISAMBUT OLEH GERBANG BATU PANTAI OESELI SAAT BERKUNJUNG KE PULAU ROTE

Selain pantai Nembrala dan Bo’a yang terkenal dengan gulungan ombaknya, Rote juga punya Pantai Oeseli yang berair tenang. Uniknya, Pantai Oeseli terletak di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya dimana lokasi ketiga pantai ini berdekatan satu sama lain. Serupa dengan 2 saudaranya, pantai ini juga berpasir putih dan dikelilingi oleh tumpukan batu cadas. 

via indonesiakaya.com

Banyaknya batu cadas yang menumpuk di Pantai Oeseli membentuk suatu “bangunan” yang menyerupai gerbang. Saking besarnya, banyak yang bilang kalau ini gerbang pintu masuk raksasa ke Rote. Saat mengunjunginya, jangan lupa berfoto di depannya ya, karena memang Gerbang Batu Pantai Oeseli merupakan salah satu landmark dari Pulau Rote. 

via trisandinduufi.blogspot.co.id

via indonesiakaya.com

via instagram.com/danielisa_putriadita

Selain menikmati keindahan Gerbang Batu Pantai Oeseli, kamu juga bisa bermain air atau berenang di sini. Buat yang nggak bisa berenang nggak usah takut! Kamu tetap bisa leyeh-leyeh menikmati hidup di atas pasir putihnya yang lembut atau bobok siang cantik di atas hammock. Dijamin kamu bisa melupakan deadline kerjaan deh! 

via instagram.com/her_journeys

via instagram.com/ervan_dimu

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Rute

Dari Kota Ba’a kamu bisa menggunakan travel atau sewa ojek menuju Pantai Oeseli dan menempuh waktu sekitar 3 jam. 

Harga Ojek sekitar Rp100.000 – 150.000 

Harga Tiket Gratis 

 

9. MENYUSURI KEINDAHAN PANTAI TIANG BENDERA YANG KEINDAHANNYA JUARA

Apa yang ada di pikiranmu saat mendengar kata tiang bendera? Jika itu berhubungan dengan peristiwa heroik, kamu benar! Pantai Tiang Bendera yang terletak di Ba’a Dale, Kec. Lobalain ini menyimpan peristiwa bersejarah yang kamu mesti tahu. 

via indonesiakaya.com

Dahulu Belanda sempat menjajah Rote dan mendirikan bangunan berupa tugu batu beton setinggi 2,5 meter sebagai penanda tanah jajahannya. Dengan segala perjuangan, rakyat Rote akhirnya bisa mengusir penjajah Belanda dari tanah Rote dan Pantai ini pun akhirnya dinamakan Pantai Tiang Bendera untuk mengenang perjuangan tersebut. 

via indonesiakaya.com

Di lepas Pantai Tiang Bendera terdapat bukit karang yang cukup besar sebagai ciri khas pantai ini. Saat air laut sedang surut, kamu bisa menjelajahi gua-gua batuan karang dan menaiki bukit karang tersebut. Tapi kamu harus ekstra hati-hati ya karena karangnya sangat tajam! Makannya kamu harus memakai alas kaki yang nyaman untuk menemani perjalanan kamu menjelajahi bukit karang ini. 

via indonesiakaya.com

Nantikan matahari terbenam yang indah saat kamu mengunjungi Pantai Tiang Bendera. Kamu bisa menghabiskan waktu di lopo-lopo (semacam gazebo) untuk bersantai yang banyak terdapat di pesisir pantai. Tapi, jangan harap untuk bermalam di sini ya karena nggak ada penginapan atau hotel di daerah tersebut.

via indonesiakaya.com

via flickr.com/elvisdmendez

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Ba’a Dale, Kec. Lobalain Kabupaten Rote Ndao.

Rute

Dari Kota Ba’a kamu bisa menggunakan ojek menuju Pantai Tiang Bendera yang berjarak sekitar 5 km dan menempuh waktu sekitar 30 menit. 

Harga Ojek Kurang lebih sekitar Rp 20.000 dari Kota Ba’a. 

Harga Tiket Gratis 

 

10. MENGHINDARI KEBISINGAN KOTA DI PANTAI TONGGA

Lupakan bisingnya kota, saatnya pergi ke Pantai Tongga! Satu lagi pantai di Rote yang cocok buat kamu bersantai-santai melarikan diri dari sibuknya kehidupan. Pantai yang terletak di Desa Mbueain, Rote Barat ini nggak jauh dari Pantai Nembrala. Pantai ini tergolong pantai yang sepi dan hanya terlihat beberapa rumah para pengrajin rumput laut. 

via deasihotang.wordpress.com

via deasihotang.wordpress.com

Dari Pantai Tongga, kamu bisa melihat hamparan pasir putih yang terbentang luas dan membaur dengan laut biru. Selain pasir putih, di pantai ini juga terdapat bagian yang diselimuti oleh bebatuan karang. Kalau kamu mau, saat air laut sedang surut, kamu bisa melewati karang tersebut menuju ke tengah laut. 

via herlindalenggu.blogspot.co.id

Sama seperti pantai di Rote lainnya, kamu nggak boleh melewatkan matahari terbenam di Pantai Tongga. Semburat jingga di sini nggak cuma cantik buat Instagram feed-mu tapi juga bisa memanjakan matamu sekaligus memberikan mood positif buat kamu yang lagi detox dari bisingnya perkotaan. 

via instagram.com/lenggumarmy

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Mbueain, Rote Barat, Rote Ndao.

Rute

Dari Pantai Nembrala berjarak sekitar 30 menit menggunakan kendaraan bermotor. 

Harga Tiket Gratis 

 

11. JELAJAHI BENTENG ALAMI PANTAI LAVITI

Siap-siap jatuh hati dengan Pantai Laviti. Pantai ini terletak di kawasan Mulut Seribu yaitu Kecamatan Landu Leko. Pantai ini berada di antara dua ujung pulau yang terkesan seperti melindungi Pantai Laviti dari laut lepas. 

via instagram.com/tiwiginajar

via instagram.com/aliviaalfiarty

Sesampainya di Pantai Laviti, kamu akan disambut oleh gradasi warna biru dari perpaduan sempurna antara laut dan pasir putihnya. Pantai ini bisa dibilang seperti private beach karena masih jarang dikunjungi wisatawan.  

via travelingwithtinae.com

Selain berenang dan bermain air, kamu bisa memanjat karang dan menikmati Pulau Laviti dari atas. Tapi buat kamu yang ingin bersantai, cukup benamkan dirimu di pasir pinggir Pantai Laviti sambil menikmati anginnya yang menghanyutkan.

via travelingwithtinae.com

via travelingwithtinae.com

 

Detail Informasi 

Alamat

Kawasan Mulut Seribu, Kecamatan landu Leko, Rote Ndao.

Rute

Dari Mulut Seribu menggunakan perahu motor menuju Pantai Laviti.

Harga Tiket Gratis 

 

12. SIAPA COBA YANG NGGAK MAU BERENDAM DI MATA AIR OEMAU?

Saat kepanasan, obat mujarab yang paling enak adalah berendam di kolam air yang sejuk. Yup! Berhubung matahari di Rote super panas, mending ademin diri di Mata Air Oemau yang terletak di tengah Kota Ba’a. Kolam pemandian ini juga merupakan sumber mata air Kota Ba’a lho. Walau di tengah kota, Mata Air Oemau dikelilingi oleh pepohonan yang membuatnya jadi teduh dan sejuk. 

via instagram.com/isauragwl

Air yang jernih dijamin bakal mengundang kamu untuk berendam di dalam Mata Air Oemau. Debit airnya berlimpah pada musim hujan, namun belakangan ini berkurang karena musim kemarau. Karena itu, Pemerintah setempat mengambil langkah untuk melindungi daerah resapan air dengan membatasi pembangunan rumah di sekitarnya. 

via instagram.com/isauragwl

via faryfrancis.net

Saat mengunjungi Mata Air Oemau, selalu ingat untuk nggak membuang sampah sembarangan ya. Karena kelestarian lokasi ini juga dipengaruhi oleh pengunjungnya. Kebayang kan kalau kamu lagi asyik berendam tiba-tiba muncul botol air mineral atau plastik minimarket?

via instagram.com/riyan_lanoe 

via instagram.com/julieonjune

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Mokdale, Labalain, Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur. 

Rute

Dari pusat Kota Ba’a, menggunakan kendaraan bermotor hanya membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dengan jarak sekitar 6 km. 

Harga Tiket Gratis 

 

13. AYO KITA KEMON KE PANTAI TOLANAMON

Eitss.. jangan berpikir kalau keindahan alam Rote sudah berakhir. Masih ada Pantai Tolanamon yang mesti kamu kunjungi saat melangkahkan kaki di Rote. Pantai Tolanamon terletak di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan. Awalnya pantai ini sepi pengunjung, namun sejak banyak yang post di social media menjadikan pantai ini nggak pernah sepi, apalagi saat weekend! 

via blogspot.com

via edyraguapo.blogspot.co.id

Di Pantai Tolanamon kamu bisa melakukan banyak hal! Nggak cuma berenang dan bermain air, di sini kamu bisa menaiki bukit untuk mendapatkan pemandangan yang lebih luas atau buat kamu yang suka memancing jangan lupa untuk membawa alat pancingmu.

via instagram.com/ervan_dimu

via instagram.com/ervan_dimu

Pantai Tolanamon memiliki keunikan yang menjadikannya berbeda dengan pantai Rote lainnya. Pantai ini berupa teluk yang menjorok jauh ke daratan dan diapit oleh tebing-tebing karang yang kokoh di kedua sisinya. Menjadikan air laut di sini super tenang dan aman untuk kamu yang ingin berenang.

via instagram.com/robye_dimu

Walau pun lokasi Pantai Tolanamon cukup jauh dan butuh perjuangan unutk mencapainya, tapi saat sampai di sini, semua itu akan terbayarkan dengan view spektakuler yang ada di Pantai Tolanamon ini.  Nggak percaya? Akannya yuk kita kemon ke Pantai Tolanamon ini!

via instagram.com/robye_dimu

 

Detail Informasi 

Alamat

Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur.

Rute

Dari Kota Ba’a menuju Desa Inaoe menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak sekitar 24 km. Lalu, dilanjutkan menuju pantai ke arah timur sekitar 4km. 

Harga Tiket Gratis

 

Nah, kamu sudah berkenalan dengan 13 wisata super oke di Pulau Rote. Kini saatnya kamu untuk tetapkan rute dan mulai menjelajah Pulau Rote hingga ke pelosok-pelosoknya. Kira-kira, kamu mau mulai perjalanan kamu dari tempat wisata yang mana?


Penulis
Penulis Prita Hersty
Pecinta coklat dan alpukat. Kadang susah diurus dan misi untuk mencari dinosaurus.

Artikel Terkait

Nusa Tenggara Timur - 2160 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Nusa Tenggara Timur - 1589 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 1060 Hits

Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu

Nusa Tenggara Timur - 1274 Hits

Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores

Nusa Tenggara Timur - 3587 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 35368 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.