Nusa Tenggara Timur - 27 Hits

Pernah dengar ga sih sama yang namanya Pulau Alor? Pasti udahlah ya! Pulau Alor di NTT ini sudah terkenal dan tersohor banget karena sajian bentangan alamnya yang begitu indah. Gak kalah keren sama Lombok dan Bali kok, percaya deh. Nah! Buat kamu yang mau kesana tapi bingung mau kemana aja, jangan khawatir! Kamu cukup siapin tenaga aja supaya kamu pantang kendor karena Alor punya 17 tempat wisata tersohor  yang super oke. Check this out!

 

1. KEINDAHAN PASIR PUTIH DAN SUARA OMBAK DI PULAU KEPA 

Tempat awal yang wajib kamu kunjungi adalah Pulau Kepa. Pulau ini punya pemandangan laut biru jernih yang memukau, pasir putih yang selembut tepung dengan suasana tenang dan damai yang pastinya bakalan menghipnotis kamu untuk melek terus.

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

via pedomanwisata.com

Kalo udah disana, jangan heran kenapa penduduknya sedikit banget. Di pulau Kepa ini gak banyak warga yang menetap karena difokuskan sebagai tempat wisata untuk para wisatawan dari mancanegara yang ingin berlibur. Disana juga lebih banyak pengunjung asing dibandingkan lokal, wooow!

via pedomanwisata.com

via olipeoile.com

via instagram.com/explorealor

Setelah puas main-main dengan air dan pasir. Pasti kamu butuh tempat istirahat kan. Disana kamu bisa menyewa bungalo yang ada di pinggir pantai ataupun di daratannya. Macem surga tropis gitu deh~

via blogspot.com  

via istania.net

via runningtheglobe.wordpress.com  

Kamu mau snorkeling dan diving di Pulau Kepa juga bisa. Pemandangan bawah lautnya membuat mata ingin terus melek buat melihatnya. Banyak banget terumbu karang warna-warni serta gerombolan ikan-ikan yang berkerumunan di dalamnya.

via gojekan.com

via pergidulu.com

 

Detail Informasi

Rute : Pulau Kepa ini berjarak sekitar 30 menit dari kota Kalabahi, ibukota Kepulauan Alor. Jarak antara Kepulauan Alor dan Pulau Kepa ini berjarak sekitar 500 meter.

Alamat : Pulau Kepa, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur

Harga : 

  • Transportasi menuju Pulau Kepa dari Kota Kalabahi, memakai perahu nelayan seharga Rp 150.000/orang. Bisa diajak keliling pulau Kepa juga dengan harga 75.000/orang.
  • Harga penginapan bungalo disana seharga Rp 250.000 – Rp 400.000 per malam
  • Snorkeling dan diving masuk dalam paket penginapan bungal

 

2. MENGUNJUNGI BATU UNIK DI PANTAI PIGEWA 

Kalo yang tadi pulau, sekarang pindah ke pantai nih. Pantai Pigewa ini jauh banget dari hiruk pikuk kota. Cocok buat kamu yang emang kepingin berhibernasi dan menenangkan otak sejenak. Oh iya, pantai ini berhadapan langsung dengan Timor Leste loh! 

via instagram.com/zoomalor

via twitter.com/zoomalor 

Di Pantai Pigewa ini, ada batu yang mirip banget sama yang ada di Pantai Mbawana di Pulau Sumba, jadi itulah alasan kenapa Pantai Pigewa ini dibilang kembarannya Pantai Mbawana.

via twitter.com/zoomalor 

via lakako.com

 

Detail Informasi

Rute : Bisa ditempuh dengan dua fase perjalanan, cara yang pertama itu kamu harus tempuh 118 km dengan menggunakan motor dari Kota Kalabahi, setelah itu berjalan kaki sejauh 4km sambil melewati keindahan pantai lainnya yang berada di sepanjang jalan menuju pantai Pigewa.

Alamat : Desa Elok, Kecamatan Alor Timur.

Harga Tiket : GRATIS!

 

3. "SANTAI KAYAK DI PANTAI" DI PANTAI BATU PUTIH 

Masih di pantai nih, Pantai Batu Putih ini juga ga kalah keren sama pantai Pigewa. Bukan Indonesia Timur kalo air lautnya gak berwarna biru. Di sini of course banget kamu akan melihat pemandangan laut dengan gradasi warna yang super keren. Kamu juga bisa melihat banyak terumbu karang yang ada di bibir pantainya tanpa perlu snorkeling.

via instagram.com/pitandsir

via instagram.com/rinat_ds 

via rahmaliza.weebly.com

via edyraguapo.blogspot.co.id

Kok dipanggilnya Batu Putih sih? Nah! Kalo kamu main-main kesini, pasti bakal ngeliat gua besar yang terlihat kayak galian pasir pantai dan berbentuk seperti batu. Ini spot yang pastinya bikin kamu anteng banget, karena pas banget buat kamu yang ingin tidur-tiduran santai sambil berteduh dari terik matahari. 

via instagram.com/agushong

Biasanya gengs, kalo hari Minggu itu banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke Pantai Batu Putih, karena lokasinya yang mudah dijangkau. Jadi siap-siap aja rame ya kalo main ke sana pas weekend hehe.

via instagram.com/suprayoga

 

 

Detail Informasi

Rute : butuh 30 menit dari Kota Kalabahi dengan menggunakan motor atau mobil dengan jarak sekitar 30 km. Kalo kamu mau naik ojek juga bisa, cukup bayar Rp 20.000 untuk satu kali jalan.

Alamat : Alila Tim., Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Tim.

Harga Parkir : cuma mobil yang bayar, seharga Rp. 15.000

 

4. MELIHAT AIR MANCUR TUTI ADAGAE, EKSOTISNYA SUPER OKE! 

Ini bukan air mancur yang kayak di kota-kota gengs. Air mancur Tuti Adagae ini merupakan air mancur alami yang terbuat dari batu kristal endapan. Disaranin jangan deket-deket air mancurnya pas lagi nyemburin air, karena airnya panas banget.

via mtsnkalabahintt.wordpress.com

via edyraguapo.blogspot.co.id

via edyraguapo.blogspot.co.id

via instagram.com/petraa_20

Pas perjalan kesana, kamu pasti ngeliat air yang bergelembung kayak kamu masak air buat mie rebus yang ternyata merupakan gelembung yang berasal dari bawah tanah. Kata orang-orang disana, dulunya gelembung itu bisa menyembur sekitar dari 30 cm. Waduh, tinggi juga ya.

via cengkuis.blogspot.co.id 

via cengkuis.blogspot.co.id 

Pemandangan di sana juga gak kalah menarik loh, kamu bisa foto-foto di sekitaran lokasi air mancur. Banyak ilalang dan pepohonan yang bisa dijadiin objek atau background foto.

via instagram.com/ester_jo

via instagram.com/riristamba

via instagram.com/elizabethpurnamasari

via instagram.com/yolis_lawi

 

Detail Informasi

Rute : Berjarak 50 km dari Kota Kalabahi. Bisa menggunakan motor maupun mobil dengan menempuh perjalanan selama 1 jam.

Alamat : Taramana, Alor Tim. Laut, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Tim.

 

5. SURGA TERPENCIL DARI PANTAI LING'AL 

Another pantai tersohor nih gengs yang pasti gak mungkin bikin kamu kecewa. Di Pantai Ling’al ini, gak cuma menampilkan kombinasi laut biru dan pantai putih saja, tapi kamu juga bisa melihat hijaunya dedaunan yang ada di bukit belakang pantai itu.

via instagram.com/bimaaryo

via instagram.com/wenysantika

via instagram.com/barastigio

via instagram.com/sherlysteph

Pantai Ling’al juga cocok banget buat kamu laying down, sambil foto-foto pemandangan dari atas juga bisa. Kenikmatan pemandangan justru terasa dari atas bukit dengan view spektakuler yang disuguhkan. Tinggi bukit ini hanya 30 meter kok, gak bikin pegel buat naik ke atas. Tapi ya, jalan di perbukitan ini masih kurang tertata rapi, masih banyak rerumputan dan pepohonan yang tumbuh liar, jadi hati-hati kalo jalan lagi trekking sini ya.

via instagram.com/spyro23

via instagram.com/sherlysteph

via instagram.com/sherlysteph

Pantai Ling’al ini merupakan urutan ke 5 dari rekomendasi 17 tempat wisata tersohor di Alor. Angin sepoi-sepoi dan bunyi gelombang laut yang bikin tenang ini, bikin kamu betah duduk-duduk ataupun tiduran di pantai Ling’al.

via instagram.com/sriyanto_ah

via instagram.com/ajengalifdestarani

via instagram.com/sherlysteph

via instagram.com/sherlysteph

 

Detail Informasi

Rute : Kamu bisa menyewa perahu dari dermaga di Desa Alor Kecil. Biayanya lumayan mahal, Rp 700.000 tapi bisa dipakai seharian dan muatannya pun bisa lebih dari 10 orang. Tapi ada cara lain kok gengs, kamu bisa naik perahu yang udah dijadwalkan seminggu sekali berangkat ke sana dengan harga yang lebih murah. Kamu akan menempuh jarak 2-3 jam dari dermaga.

Alamat : Desa Halerman, Kecamatan Alor Barat Daya, Alor, NTT

 

6. HATI MENDAYU DI AIR TERJUN MATARU 

Di Alor, gak cuma pantai dan pulaunya aja yang tersohor. Air terjunnya pun sudah banyak dikenal banyak orang, khususnya Air Terjun Mataru. Air Terjun Mataru ini merupakan air terjun tertinggi di Alor. Saking indahnya, bikin hati ini mendayu-dayu, ehehehe. 

via instagram.com/explorealor

via instagram.com/robertanie08

Saat kamu sampai di sana, kamu akan merasakan dinginnya udara pegunungan Alor. Usut punya usut udara disini bisa bikin wisatawan ini gak pengen pulang loh. Kata warga disana, dalam 1 minggu itu banyak banget pengunjung luar maupun dalam negeri yang datang. 

via instagram.com/efi_ana

via instagram.com/indriyuliani

Yang menjadi kabar buruk buat para peng-update Instagram itu adalah sinyal, kamu akan susah update foto disana karena susah dapat sinyal, jadi harus turun kebawah terlebih dahulu gengs. Yaaah, gapapa deh update-nya pas udah pulang aja.

via twitter.com/trans_corp

via twitter.com/trans_corp

 

Detail Informasi

Rute : Untuk mencapai Air Terjun Mataru, kamu bisa menggunakan sepeda motor atau mobil selama 1 – 2 jam dari kota Kalabahi ke Desa Legiman. Sesampainya di Desa Legiman, kamu harus berjalan kaki selama 45 menit dengan jarak tempuh 1,5 km. Takut capek ya?Tenang aja, kamu gak akan ngerasa capek di perjalanan, karena kamu akan ditemani kicauan burung yang ada di sana. Kamu juga bisa lihat-lihat pemandangan khas pegunungan Alor, seperti pohon Pinang, Kemiri, dan Kenari. 

Alamat : Desa Legiman, Desa Taman Mataru, Kecamatan Mataru.

Harga : GRATIS!

 

7. PINGIN BERTEMU BIDADARI?! COBA DEH MAMPIR KE KOLAM BIDADARI 

Di Alor juga ada kolam yang tersohor, bahkan di kalangan bidadari. Ya! Namanya Kolam Bidadari. Buat kamu yang mau ketemu sama bidadari, coba deh berenang di sini hehe. 

via instagram.com/limitiedwithoutlimits

Air di Kolam Bidadari ini menarik karena warnanya yang berbeda dari air-air biasanya. Air di kolam ini berwarna hijau, karena begitu jernih sampai memantulkan warna pepohonan hijau yang ada disekitarnya. 

via instagram.com/gungafif 

via instagram.com/explorealor

via instagram.com/mr.peles

Kalo kamu pengen berenang disini, tenang aja, gratis kok. Tapi jangan lupa juga buat bawa baju ganti dan perbekalan. Tips juga nih, hindari berkunjung saat musim kemarau gengs, karena airnya gak terlalu bagus alias gak jernih saat musim tersebut.

via instagram.com/wonderful_alor

 

Detail Informasi

Rute : Kamu harus menempuh jarak 60 km dari Kota Kalabahi untuk sampai ke Kolam Bidadari.  Lamanya perjalanan kurang lebih 2 jam 30 menit

Alamat : Desa Alila, Kec. Alor Barat Laut, Kab. Alor, NTT.

 

8. FOTOAN BARENG PENDUDUK ASLI DESA TAKPALA 

Nah gengs! Tempat tersohor yang satu ini antimainstream abis. Biasanya orang-orang berlibur ke pantai, gunung, kota, dll. Nah, kali ini ada satu desa yang bisa dijadikan objek wisata di Alor, Desa Takpala. Desa ini merupakan kampung tradisional di sebuah bukit, tapi gak jauh juga dengan pesisir pantai. 

via nationalgeographic.co.id

Biar pada tau aja nih gengs, Takpala ini berasal dari kata “tak” yang artinya “ada batasnya” dan “pala” yang artinya “kayu”. Jadi maksud dari Takpala itu adalah Kayu Pembatas, tapi ada juga yang bilang takpala itu sebagai kayu pemukul.

via tukangjalan.com

via instagram.com/erina_alibasjah

Suku yang mendiami desa ini adalah Suku Abui, biasa juga disebut Tak Abui (Gunung Besar). Mereka adalah suku terbesar yang tinggal di Pulau Alor. Yang tinggal di desa ini sedikit banget gengs, cuma puluhan doang. Tapi ternyata keturunan suku ini udah menyebar kemana-mana dan sudah mencapai ribuan loh. 

via instagram.com/farafaya

For your information, desa ini dibina oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Alor, karena merupakan salah satu tempat yang menjadi objek wisata. Jadi harus benar-benar dijaga dengan baik.

via instagram.com/farafaya

via instagram.com/nacotayeshida

Penduduk Desa Takpala juga gak sungkan untuk diajak foto bersama loh gengs. Jadi kalo kamu mau foto bareng sama mereka juga pasti mereka mau.

via instagram.com/erina_alibasjah

via instagram.com/backpacker.co

via instagram.com/bloodyaudi

Disini kamu juga bisa memakai pakaian adat dari Suku Abui. Daripada diliatin aja dan bikin kamu penasaran, cobain aja gapapa kok. Kapan lagi kamu pake pakaian adat asli orang-orang Alor.

via instagram.com/jerry.purnama

via instagram.com/jerry.purnama

via instagram.com/nona_yosarly

 

Detail Informasi

Rute : Kamu bisa menggunakan ojek kalau dari Bandar Udara Mali. Kamu juga bisa naik kendaraan umum dari Terminal Kalabahi, sekiranya sampai disana 20 menit. Lalu pilihan lainnya, yaitu menggunakan bus jurusan Bukapiting, turun di Takalelang, dan berjalan sampai tujuan sekiranya 15 menit sampai.

Alamat : Desa Lembur Barat, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor

Harga : Sewa pakaian adat seharga Rp 50.000

 

9. EKSIS TERUS DI PANTAI MAIMOL 

Ayo! Pantai lagi gengs! Kalo udah main ke Alor itu gak akan pernah bosen ke pantai. Pantai Maimol ini, termasuk pantai terindah dan tersohor juga loh di Alor. Pokoknya kunjungan kamu gak bakal lengkap kalo belum mampir dan foto disini deh.

via wisata.nttprov.go.id

via instagram.com/teguhrianto

via instagram.com/kinetines

Pantai ini cocok banget untuk santai-santai sambil menikmati pemandangan laut yang tenang, khususnya di sore hari saat melihat sunset sambil minum air kelapa yang ada di pinggir pantai Maimol. Uhhh mantep banget pokoknya. 

via tripadvisor.co.id

via tripadvisor.co.id

via tripadvisor.co.id

Pantai Maimol juga disebut sebagai kampung nelayan, karena memiliki potensi yang cukup baik menjadi penghasil ikan di wilayah Alor. Pantai ini juga berada di Teluk Benlelang, jadi itulah kenapa airnya sangat jernih dan ombaknya begitu tenang. Jadi, jangan heran nanti kalo banyak nelayan beserta kapalnya di sana.

via instagram.com/rikagigs

via instagram.com/vhinawaly05

Mereka yang datang kesini, ketagihan karena sunset-nya. Banyak yang bilang pantai Maimol ini kadar vitaminsea-nya meningkat di saat sunset.

via instagram.com/elizabethpurnamasari

via instagram.com/bosernesto

via instagram.com/benny_zld

 

Detail Informasi

Rute : Kamu bisa menggunakan ojek atau angkutan kota dari Kota Kalabahi, dengan jarak tempuh 8 km

Alamat : Kabola, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Tim.

Harga : angkutan kota seharga Rp 5000 sedangkan ojek tergantung tukang ojeknya gengs hehe

 

10. NIKMATNYA TERKAPAR DI PULAU PANTAR 

Ada lagi nih gengs, Pulau tershor yang keren banget di Alor namanya Pulau Pantar. Pulau yang memang sudah dari dulu terkenal dengan keindahan pasir dan batu besar yang ada di pantainya ini pasti bikin kamu betah leyeh-leyeh lama-lama di sini. Di sini juga banyak banget anak-anak lokal yang bermain di pinggir pantai loh.

via instagram.com/explorealor

via instagram.com/tegoehseetoghe27

via instagram.com/explorealor

via instagram.com/explorealor

Pulau Pantar juga terkenal dengan kerajinan tenunnya. Sudah menjadi pekerjaan sehari-hari bagi ibu-ibu disana untuk menenun. Kamu pasti akan melihat banyak hasil tenunan disana, beserta dengan ibu-ibu yang sedang menenun tentunya.

via rahmaliza.weebly.com

via tgifmag.com

Harga tenun yang ada disana bisa mencapai Rp 100.000 atau lebih tapi bahan dan hasilnya pun super duper oke punya dan estetik banget. Jadi buat kamu yang mau beli kain tenun disana, siapin uang lebih ya.

via kompas.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari dermaga Alor Kecil, kamu bisa menggunakan kapal untuk sampai ke pelabuhan Baranusa di Pulau Pantar. Dengan jarak tempuh 1 jam 20 menit

Alamat : Terletak di antara pulau lomblen dan pulau Alor

 

11. MINUM ARAK KHAS PULAU PURA 

Nah gengs, saatnya kita main-main lagi ke pulau nih. Another pulau tersohor di Alor yaitu Pulau Pura. Pulau Pura ini terletak di antara Pulau Alor dan Pulau Pantar..

via instagram.com/pennybunny

via instagram.com/zoomalor

via instagram.com/deddyelim

Pas kamu mendekati Pulau Pura, jangan kaget kalo nanti dari jauh didadah-dadahin sama anak-anak kecil disana ya. Karena mereka sangat senang saat kapal wisatawan datang. Inilah salah satu bentuk keramahan anak-anak yang polos. Mereka pasti nyamperin kapal kamu dan ngedadahin lagi.

via richotraveling.com

via richotraveling.com

via richotraveling.com

via instagram.com/oliviakho

Kalo kamu main ke Pulau Pura, belom asik kalo belom cobain minum arak Sopi khas dari Pulau Pura. Arak Sopi ini sangat terkenal banget di NTT dan memang sudah menjadi budaya masyarakat disana. Saat acara atau pesta, belom lengkap rasanya kalau tidak ada Sopi.

via pulaupura.blogspot.co.id

Berbeda dari arak-arak lainnya, Sopi ini terbuat dari air sadapan pohon mayang enau yang sudah diiris, getahnya ditampung di dalam wadah dari bambu. Biasanya gengs, getahnya ini ditunggu hingga terkumpul dari pagi sampai sore. Nah abis itu, getah yang udah kekumpul langsung dimasak di dalam peruk tanah. Hasilnya disalurkan lewat alat tradisional yang terbuat dari bambu. Hasil uapnya itu yang nantinya akan menjadi air dan menghasilkan sopi. 

via travelblog.org 

 

Detail Informasi

Rute : Bisa menggunakan perahu motor dari Alor selama 50 menit

Harga : Arak Sopi berkisaran Rp 10.000 – Rp 50.000. Tergantung dari kualitas yang ada disana dan ukuran botolnya.

 

12. MARI MENINGGU DI GUNUNG SIRUNG 

Sekarang kita masuk ke urutan 12 dari 17 tempat wisata tesohor di Alor nih gengs. Kamu kangen sama pegunungan? Cobain ke Gunung Sirung gengs! Gunung ini berlokasi di Pulau Pantar, jadi kalo lagi di Pulau Pantar, sekalian aja naik ke Gunung Sirung ini. Letaknya berdekatan dengan Desa Mauta.

via triptrus.com

Selayaknya gunung, trek untuk mendaki Gunung Sirung pun masih alami, berupa tanah dan bebatuan. Jadi, lebih baik persiapkan sepatu trek yang nyaman supaya pendakian kamu mulus sampai puncak!

via travelfish.org

Saat kamu sudah berada di atas sana, kamu akan melihat Kawah Sirung yang berada di tengah-tengah pegunungan itu. Kawah ini merupakan salah satu tujuan para wisatawan untuk mendaki Gunung Sirung. Kalo mau mendapatkan spot foto bagus saat disana, kamu harus datang pagi-pagi, karena siang dan sore itu Kawah Sirungnya itu ditutupin kabut yang pekat.

via instagram.com/explorealor

Disarankan juga buat bawa makanan sendiri gengs, soalnya di desa Mauta dan di puncaknya tidak ada warung atau tempat makan. Kamu juga gak bisa menginap disana, kalo mau nginap, kamu bisa meminta izin ke Kepala Desa Mauta terlebih dahulu untuk tinggal di rumah warga.

via triptrus.com

via okezone.com

For your information aja gengs, pendakian Gunung Sirung ini ditutup kalo lagi musim berbunga (Agustus-September) sama musim sebelum panen (Desember-Maret). Jadi kalo mau mendaki, diluar bulan itu ya. 

via instagram.com/explorealor

via zonalinenews.com

Dari atas gunung ini, kamu akan melihat seluruh deretan-deretan pulau kecil yang ada di sekitar Pantar. Siap-siap menikmati pemandangan yang mantap gengs.

via gunungbagging.com

 

Detail Informasi

Rute : Kalo kamu udah di Pelabuhan Baranusa, Pulau Pantar, kamu bisa naik ojek disana ke Dusun Kakamauta, Desa Mauta, selama 1 setengah jam. Dari sana kamu harus jalan kaki mendaki sekiranya 1 jam untuk sampai ke puncak Gunung Sirung.

Alamat : Pulau Pantar, Nusa Tenggara Timur

 

13. MANDI KECE DI AIR TERJUN ILAWE 

Masih ada air terjun yang tersohor di Alor nih, namanya Air Terjun Ilawe. Gak setinggi air Terjun Mataru sih, tapi pemandangan alam disana juga gak kalah oke kok gengs. Udara di air terjun ini sejuk banget. Air kolamnya juga ngajak kamu untuk main di sana.

via instagram.com/rikoforianata

Untuk bisa ketempat ini, kamu emang bakalan usaha keras untuk kesini karena harus melewati hutang dan sungai kecil. Apalagi buat kamu yang kurang suka jalan kaki, tempat ini tuh masih alami banget jadi wajar kalo kamu masih bakalan nyasar-nyasar sedikit.

via rahmaliza.weebly.com

tapi nih ya, kalo udah bisa menemukan air terjunnya, hmmm semua rasa lelah dan kebetean karena nyasar akan segera hilang. Kenapa? Ya jelas dong, karena  Air Terjun setinggi 20 meter ini punya pesona keindahan yang super duper keren.

via pariwisata.serverjogja.com

Kamu bisa berenang disana, fotoan atau sekedar leyeh-leyeh aja. Jangan lupa juga buat bawa baju ganti, karena udah pasti kamu akan basah-basahan disana. Gamau kan pulang pake baju basah, hehe.

via instagram.com/mr.peles

via honggiz.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Kalabahi, bisa menaiki angkutan umum lalu turun di desa Alila Timur. Kamu harus jalan kaki untuk menuju air terjunnya dengan waktu 1 jam 30 menit. 

Alamat : Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola

 

14. LIBURAN GAK BAKAL "DATAR" DI PANTAI SEBANJAR 

Uwiiiih, ga ada habisnya pantai yang wajib kamu kunjungi kalo lagi ke Alor nih. Pantai Sebanjar, tempat dimana kamu akan takjub dengan keindahan pemandangannya. Lautan biru, dedaunan yang hijau, pasir seputih “tepung terigu” pasti banget bikin liburan kamu ga flat deh kalo mampir kesini.

via hariansuara.com

via blogspot.com

Udah gitu nih ya, begitu sampe di bibir Pantai Sebanjar ini, kamu bisa langsung melihat pemandangan lengkap dengan banyak pulau-pulau lain yang tampak jelas banget loh.  

via edyraguapo.blogspot.co.id

Begitu bersentuhan dengan air laut di pantai ini, langsung deh kamu ngerasain panas dingin, hihi. Soalnya air laut di Alor itu menyatukan perairan Indonesia yang cenderung hangat dengan perairan Australia yang lebih dingin. Nah ini juga yang bikin biota laut di peraira Pantai Sebanjar cukup beragam. 

via instagram.com/ajengalifdestarani

via indonesiasatumenit.com

Oh iya, sebagai informasi tambahan, pantai ini berdekatan dengan perkampungan muslim gengs. Karena berdekatan juga dengan rumah Raja Pusurebong, Mayoritas penduduk yang berdekatan dengan Pantai Sebanjar adalah muslim. Jadi kamu juga bisa belajar ilmu agama sama penduduk disini.

via hariansuara.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari Kota Kalabahi, kamu bisa naik bemo berwarna biru atau ojek selama 30 menit sampai ke pantai Sebanjar.

Alamat : Alor Besar, Alor Barat, Nusa Tenggara Tim.

Harga : Bemo seharga Rp 5.000 dan ojek seharga Rp 15.000

 

15. MENYAKSIKAN ALQURAN TUA DARI KULIT KAYU YANG ADA DI ALOR 

Kali ini bukan pantai dan pulau lagi gengs. Jalan-jalan ke Alor belum lengkap kalo gak mengunjungi situs-situs tua disana. Salah satunya adalah Al Qur’an tua yang terbuat dari kayu. Al Qur’an ini adalah peninggalan kesultanan Ternate sejak tahun 1519 saat era Sultan Baabulah.

via wisata-flores-ntt.blogspot.co.id 

via bbc.com

via edyraguapo.blogspot.co.id

Al-Qur’an ini dijaga oleh Pak Nurdin Gogo, generasi ke 14 dari Iang Gogo yang sudah menjaga Al Qur’an ini selama berabad-abad. Al Qur’an ini merupakan Al Qur’an yang paling tua di Indonesia, bahkan Asia. Usianya pun melebihi 800 tahun. Tua banget ya gengs 

via ntt2.kemenag.go.id 

Hanya orang tertentu yang diperbolehkan untuk memegang Al Quran tua ini, karena Pak Nurdin Gogo khawatir rusak kalo sering dipegang. Orang yang memegangnya pun diharuskan untuk berwudhu terlebih dahulu.

via biangnews4.blogspot.co.id

via edyraguapo.blogspot.co.id

via edyraguapo.blogspot.co.id

Al Qur’an ini juga gak menggunakan bahan pengawet loh, karena Bapak Nurdin takut akan merusak kualitas kulitnya. Selain itu, ada gambar perahu di salah satu bagian Al Qur’an ini gengs. Katanya, perahu itu merupakan perahu kakek moyang Bapak Nurdin Gogo yang membawa Al Qur’an ini, nama perahunya adalah Tuma’ninah yang artinya “Berhenti”.

via bbc.com

 

Detail Informasi

Rute   : Kamu bisa menggunakan angkutan umum atau ojek untuk sampai kesini, dengan menempuh jarak 30km dari Kota Kalabahi 

Alamat : Desa Alor Besar, di rumah Nurdin Gogo, samping Masjid Jami Babussholah

 

16. SAATNYA MENIKMATI SUNRISE DI PANTAI MALI 

Pantai satu ini juga gak kalah indah buat di datengin gengs, namanya Pantai Mali. Di pantai ini, hamparan lautnya cukup dangkal dan ombaknya pun begitu tenang karena terletak di Teluk Benlenang. Terdapat satu pohon besar yang berdiri di tengah laut, membuat pemandangan pantai menjadi estetik saat dipandang.

via triptrus.com

via opusteno.rs 

via awalnya.blogspot.co.id

via instagram.com/benny_zld

Pantai Mali ini terkenal dengan pemandangan saat matahari terbit, terlihat langit yang berwarna orange yang membuat kita takjub dan pastinya ingin mengambil foto. Buat kamu pecinta sunrise of course kamu harus wajib datang kesini, gak bakal bikin kamu bosen menikmatinya.

via marischkaprudence.blogspot.co.id

via marischkaprudence.blogspot.co.id

Pas masih pagi banget, kamu gak akan melihat cahaya apapun di pantai itu. Hanya ada setitik cahaya matahari yang terlihat. Pohon yang berada di tengah tersebut seakan ikut memperindah pemandangan sunrise, seakan-akan berdiri sendirian.

via marischkaprudence.blogspot.co.id

Kamu harus berangkat pagi-pagi banget untuk melihat sunrise. Buat kamu yang suka molor dan bangun kesiangan terus, gak akan nyesel untuk bangun pagi-pagi sekali dan melihat matahari terbit di Pantai Mali.

via instagram.com/chocholuis 

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Kalabahi, kamu bisa menggunakan ojek atau taksi (kalau sedang dekat dari Bandar Udara Mali) dengan menempuh jarak 10 km

Alamat :. Desa Kabola Kecamatan Teluk Mutiara

Harga Transportasi : Taksi seharga Rp 40.000 dan Ojek seharga Rp 20.000 

 

17. MENGENAL BUDAYA ALOR DI MUSEUM SERIBU MOKO 

Kalo main-main ke Alor, gak akan lengkap kalo kamu pun gak mengenal budaya yang ada di Alor. Untuk mengenal lebih lanjut, kamu bisa datang ke Museum Seribu Moko. Tau gak, Moko itu apa? Moko merupakan nekara perunggu yang ada di Alor. Moko ini benda pusaka loh gengs, biasanya digunakan untuk mas kawin, alat musik, atau bayar denda.

via lifestyle.okezone.com

via lifestyle.okezone.com

Museum Seribu Moko ini dibangun agar warisan budaya Alor bisa terus dilestarikan. Nama “Moko” ini mewakili penduduk Alor dengan kekayaan budayanya, sedangkan “Seribu” menunjukkan banyaknya keaneka ragaman dan harapan. Di museum ini terdapat 46 moko yang disimpan dengan berbagai motif dan bentuk.

via lifestyle.okezone.com

Gak cuma moko doang, disini juga mengenalkan beberapa budaya yang ada di Alor, seperti pakaian adat, koleksi kain tenun, senjata, dan beberapa artefak lainnya. Penasaran kan? Langsung aja kunjungin museum ini

via lifestyle.okezone.com

via lifestyle.okezone.com

via lifestyle.okezone.com

via lifestyle.okezone.com

 

Detail Informasi

Alamat : Kota Kalabahi, Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Tim

Harga Tiket : -

 

Nah itu dia 17 tempat wisata tersohor di Alor yang direkomendasikan Tamasyeah. Percaya deh, kamu pasti bakalan happy saat liburan di sana. Kepengen kan? Buruan pesan tiket kesana, packing dan have fun!!! Alor menunggumu!


Penulis
Penulis Achmad Ghadzali
A simple man who wants to create positive impact to my surroundings by being myself.

Artikel Terkait

Nusa Tenggara Timur - 497 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Nusa Tenggara Timur - 409 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 350 Hits

Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu

Nusa Tenggara Timur - 365 Hits

Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores

Nusa Tenggara Timur - 637 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 3804 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Advertisement

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.