Nusa Tenggara Timur - 35 Hits

Buat kamu anak kota yang kehidupannya berlumur stress dan bete, mending cepet-cepet piknik supaya kamu refreshed. Nah, biar beda, kamu bisa nih pikniknya ke Maumere. Maumere adalah kota terbesar di Nusa Tenggara Timur, di sini kamu bisa melepas bete ke 17 tempat wisata kece di Maumere. Mau tau apa aja tempatnya, yuk simak ceritanya!

via capamaumere.com

 

1. MENILIK KEINDAHAN BUKIT NILO BERSAMA PATUNG BUNDA MARIA 

Rekomendasi pelepas bete pertama adalah Bukit Nilo yang terkenal sebagai spot wisata rohani oleh para traveler. Bisa jadi seterkenal gini karena adanya patung Bunda Maria Segala Bangsa yang ikonik banget setinggi 28 meter dan berat 6 ton yang merupakan sebuah karya terbesar dari Kongregasi Carmel. Patung tersebut telah berdiri sejak 2004 dan dibangun oleh Tarekat Pasionis dan umat Katolik di sana loh. 

via viva.co.idvia aws-dist.brta.in

Kira-kira memakan waktu 1 jam perjalanan dengan berkendara dari kota Maumere, kamu bisa langsung memarkirkan kendaraan begitu sampai di depan gerbang. Setelah itu, silahkan berjalan kaki sejauh 500 meter menuju patung Bunda Maria Segala Bangsa. Tenang aja, kamu gak akan bosen karena sepanjang jalan dihiasi pepohonan dan bunga yang indah.

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Spot wisata ini banyak didatangi wisatawan yang ingin berziarah sekaligus rekreasi, karena kawasa Bukit Nilo itu memang sejuk dan dikelilingi dengan pepohonan hijau.

via republika.co.id

via agustinross.blogspot.co.id

Dari spot patung Bunda Maria Segala Bangsa tersebut kamu juga bakalan disuguhin view kota Maumere langsung, karena patung itu memang terletak di atas ketinggian 1.600 mdpl dan menghadap kota Maumere juga Laut Flores. Gak heran kalau Bukit Nilo ini banyak dikunjungi wisatawan terutama umat Katolik baik dari dalam mau pun luar negeri. Wiiiiw. 

via indonesiakaya.com

Anyway nih ya, kalo kamu laper, tenang aja, ada kok warung jajanan yang juga merupakan pos jaga. Cukup lah untuk mengisi perut.

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Rute: Dapat diraih dengan terbang dari Denpasar kurang lebih 1jam untuk ke Maumere. Bukit Nilo terletak 16 Km dari kota Maumere.

Alamat: Desa Wulikwutik, Kecamatan Nita.

 

2. BERMAIN KE HULU, JATUH HATI SAMA TANJUNG DAN TELUK KAJUWULU

Lanjut nih gengs dengan rekomendasi tempat melepas bete di Maumere, yaitu Tanjung dan Teluk Kajuwulu. Tempat ini menarik banyak traveler karena di atas bukitnya terdapat patung salib besar, masyarakat di sana biasanya menyebutnya sebagai Taman Eden. Sebuah tempat yang pasti bikin kamu jatuh hati karena pesona dan keindahannya.

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Kalo udah sampe di sana, kamu bisa memarkirkan kendaraan di pinggir jalan karena belum ada fasilitas parkir. Kamu harus mendaki sebanyak 300 anak tangga untuk sampai ke puncak bukit atau Taman Eden. Jadi, jangan lupa bawa makanan dan minuman ya, gengs. 

via indonesiakaya.com

via phinemo.ciom  

via floreskita.com

Begitu sampai di puncak, rasa lelah kamu pasti terbayarkan. Liat aja pemandangannya benar-benar keren! Hamparan tanjung biru menyegarkan mata banget pokoknya.  

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Bakalan lebih greget kalau kamu ke Bukit Tanjung Kajuwulu ini pas sunset atau musim penghujan karena semua rumput menghijau. Pemandangan yang dihadirkan lebih kece lagi. Cocok lah buat foto ala-ala traveler Instagram hehehe.

via cintafloresku.blogspot.co.id 

via kabardariflores.blogspot.co.id 

Setelahnya, kalau kamu masih ingin menyusuri Tanjung Kajuwulu, kamu bisa berkunjung ke pantai Kajuwulu yang terkenal dengan laut birunya. Masih jarang banget yang dateng kesini. Pantai Tanjung Kajuwulu ini bisa jadi secret beach kamu loh. Kamu bisa berenang, berjemur, atau snorkeling dan diving. Tapi harus bawa peralatan sendiri ya, hihi. 

via instagram.com/capamaumere

 

Detail Informasi

Rute: Bukit Tanjung Kajuwulu atau biasa dikenal sebagai Bukit Salib Kajuwulu. Bukit ini terletak berdekatan dengan Bukit Nilo, di Desa Wuluwutik, Kecamatan Nita, Kabupaten Sikka, NTT.  Dari kota Maumere menuju Bukit Tanjung Kajawulu memakan waktu 2 jam dengan kendaraan.

 

3. NGERASAIN JADI TELETUBBIES DI HUTAN MANGROVE MAGEPANDA 

Tahu gak sih ternyata di Maumere ada permata berwarna hijau yang tersembunyi. Hayoo coba tebak apa? Tapi ini bukan permata asli loh ya, melainkan keindahan alam yang luar biasa layaknya sebuah permata. Rekomendasi nomor 3 untuk melepas bete ke 17 tempat wisata kece di Maumere ini ada pada keindahan alam Hutan Mangrove Magepanda.

via ecoyouthtoyota.id 

via travel.detik.com

Hutan Mangrove Magepanda ini terletak di Desa Reroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka. Luas hutan Mangrove ini kurang lebih 70 Hektar dan terletak diantara bukit-bukit hijau yang menjulang.

via blog.davestpay.com

via travel.grivy.com

Sayangnya hutan mangrove ini belum banyak dilirik oleh traveler nih gengs, padahal hutannya itu indah banget. Bukit-bukit hijau yang mengapit hutan Mangrove ini juga gak kalah kece. Warga sekitar menyebutnya sebagai Bukit Teletubbies karena memang mirip dengan bukit-bukit yang ada di acara tv teletubbies.

via travel.detik.com

via ecoyouthtoyota.id

Terdapat jembatan bambu sejauh 450 meter untuk pengujung berjalan kaki. Selain itu terdapat 4 lopo atau tempat peristirahatan, dua di tengah hutan dan dua lainnya di tepi pantai. 

via yuknyasardiflores.blogspot.co.id

via agusstynchezt.blogspot.co.id

Yang lebih menarik nih, ada menara pemantau setinggi 50 meter yang bisa dinaiki pengujung. Kamu bisa melihat keindahan alam hutan Mangrove dan lautan biru yang lebih jelas dari atas sini.

via kemuningceria.wordpress.com

Kamu juga perlu tau nih bahwa Hutan Mangrove Magepanda ini hasil jerih payah seorang laki-laki luar biasa bernama Victor Emanuel Rayon atau akrab dipanggil Baba Kong. Beliau ini telah menanam pohon Mangrove sejak 1993 setelah tsunami memporak-porandakan kabupaten Sikka. Berkat kegigihan Baba Kong, kini pesisir pantai tersebut telah penuh dengan pohon-pohon Mangrove yang kokoh.

via kemuningceria.wordpress.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa Reroja, Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka

 

4. TAKLUKKAN GUNUNG ROKATENDA DAN SIAP DAPATKAN KETENANGAN JIWA 

Di Kabupaten Sikka, ada pulau yang memiliki gunung berapi aktif yang telah meletus tahun 2013 lalu. Kini banyak hikers yang berlomba-lomba pengen menaklukan gunung tersebut. Kamu tau kan gunung apa itu? Yup, Gunung Rokatenda!

via kholifahmulidina.blogspot.co.id

Gunung Rokatenda ini berada di pulau Palue seluas 41 km persegi. Pulau Palue berada di Kecamatan Palue, Kabupaten Sikka, letaknya sekitar 65 km barat laut dari Maumere. Untuk sampai di Pulau Palue, ada dua jalur laut yang bisa kamu tempuh, yaitu melalui pelabuhan Maumere atau melalui pelabuhan Ropa. 

via panoramio.com

via ichef.bbci.co.uk

Di pelabuhan Maumere ada kapal sewa yang beroperasi setiap hari untuk menyebrang menuju Pulau Palue dengan waktu tempuh sekitar 7 jam, sedangkan di pelabuhan Ropa ada kapal sewa yang beroperasi satu minggu sekali dengan waktu tempuh hanya 2 jam. Kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan kamu yaaa.

via regional.kompas.com

Begitu sampai di pulau Palue, segeralah beristirahat di kampung Awa sembari meminum air kelapa segar sebagai pembangkit energi untuk memulai pendakian. Soalnya nih gengs sepanjang jalan gak ada pedagang atau pun sumber mata air, jadi kamu harus sudah siap sedia perbekalan ya. Pendakian ke puncak Rokatenda memakan waktu 4 jam. Dalam jalur pendakian itu ada pos peristirahatan untuk kamu sekedar ngelurusin kaki. 

via lifespaceofre31.blogspot.co.id

via lifespaceofre31.blogspot.co.id

via lifespaceofre31.blogspot.co.id

Rasa lelah kamu pasti terbayarkan begitu sudah sampai di puncak, pemandangan yang dihadirkan sungguh luar biasa! Hembusan angin laut Flores bisa membuat hati terasa damai. Bahkan kalau kamu sampai tepat saat sunset, kamu pasti akan meleleh takjub! Gak heran loh Gunung Rokatenda ini populer di kalangan hikers karena pemandangan yang disuguhan benar-benar mempesona. 

via lifespaceofre31.blogspot.co.id

 

Detail Informasi:

Alamat: kecamatan Palue, kabupaten Sikka, letaknya sekitar 65 Km barat laut dari Maumere.

 

5. HATI TERSENTUH CINTA SAAT BERADA DI PANTAI KOKA 

Panorama laut timur dan pantai yang masih biru dan jernih, pasti jadi santapan utama traveler nih gengs. Nah! Salah satu pantai di NTT yang dikenal sebagai surga kecil Flores adalah Pantai Koka. Pantai tersebut memiliki perairan jernih berwarna biru toska yang memikat dan juga pasir putih beserta bukit-bukit kecil yang menghiasinya, yakin banget bakalan bikin kamu jatuh cinta deh sama tempat ini.

via ksmtour.com

via yukpiknik.com

via kakiawan.blogspot.com 

Hal menarik lainnya yaitu ada beberapa pulau serta batu yang terbilang sakral di sini. Yang paling terkenal adalah batu karang besar berwarna hitam yang bernama Watu Kuda, konon katanya batu karang tersebut adalah jelmaan kuda berwarna hitam.

via kakiawan.blogspot.com 

Kalau sudah main ke sini, jangan cuma main air di pinggir pantai aja. Biar makin tersentuh cinta, coba deh explore bukit-bukit sekitar dan dapetin view terbaik dari Pantai Koka dari atas. 

 via instagram.com/yusni_mustafa

via travelingyuk.com

via blog.reservasi.com

 

Detail Informasi

Rute: Jarak dari kota Maumere kira-kira 42 Km. 

Alamat: Pantai Koka ini terletak di desa Wolowiro,kecamatan Paga, kabupaten Sikka.

 

6. BERBURU OLEH-OLEH MURMER DI PASAR GELITING 

Pasar Geliting adalah satu tempat yang wajib banget kamu datengin buat beli oleh-oleh, gengs. Pasar ini merupakan pasar tertua di kabupaten Sikka, karena usianya yang udah 150 tahun. 

via capamaumere.com 

Ada beragam jenis oleh-oleh yang bisa dibeli oleh para wisatawan dengan harga yang bervariasi dan tentunya ramah di kantong. Beberapa produk lokal yang diincar wisatawan adalah kain tenun ikat, moke, beberapa produk pertanian dan juga ikan segar.

via kewapante1.blogspot.com

via florestourism.com

via floresdiscovery.com

Kain tenun ikat merupakan produk lokal khas yang populer karena aesthetic banget. Terlihat mewah dan kece, kayak lagi pakai baju-baju kerajaan gitu hihi. Nah, selain itu yang origin banget dari Flores adalah Moke yang merupakan sejenis arak yang dituang ke dalam botol-botol plastik kosong. Minuman khas Flores ini gak kalah enak sama wine loh. Kalau kamu datang ke Pasar Geliting, kamu pasti akan disuguhi Moke oleh para ibu-ibu yang berjajar.

via hiveminer.com

via youtube.com

via sportourism.id

 

Detail Informasi

Alamat: Pasar Geliting terletak di Geliting, kecamatan Kewapante.

 

7. MENENUN "KEBERSAMAAN" BARENG PENDUDUK DESA KOKA 

Nah gengs, kita akan lanjut ke tempat yang biasanya menjadi tujuan kunjungan pertama para wisatan saat di Maumere, yaitu Desa Doka. Desa yang termasuk dalam kecamatan Bola ini terkenal dengan tenunan kainnya yang indah. Memang dari dulu warga Desa Doka memiliki keahlian menenun kain dalam berbagai corak dan warna. Dan yang lebih hebat lagi, bahan pembuat kainnya itu dari alam sekitar loh.

via rizzamfc.blogspot.com

via wisata.nttprov.go.id

Sejak tahun 1997, Desa Doka ditetapkan sebagai desa percontohan pariwisata di Maumere. Kalau kamu berkunjung ke Desa Doka, pasti akan disambut dengan tarian tradisional dan hidangan makanan khas beserta tuak oleh warga desa.

via kompasiana.com

via indonesia-tourism.com

Warga desa akan mempertunjukkan tarian-tarian tradisional yang termasuk di dalamnya tarian Tuwa reta lou (menari diatas bambu).

via travelandindonesia.blogspot.co.id

Selanjutnya kamu juga bisa melihat 12 proses panjang proses penenunan kain tenun ikat khas Sikka. Hmm, jadi ingin berkunjung ke sana ya, gengs. Gak heran kalau Desa Doka bisa jadi salah satu tempat untuk melepas bête kamu.

via travelandindonesia.blogspot.co.id

via dethazyo.blogspot.com

 

Detail Informasi

Rute: Desa ini letaknya 20km dari Maumere.

Alamat: Desa Doka, Kelurahan Bola, Kabupaten Sikka.

 

8. MENYELAM DI AKUARIUM ALAM TELUK MAUMERE 

Lanjut ke rekomendasi nomor 8 nih gengs, tempat wisata di Maumere emang super kece deh. Salah satu wisata laut yang masih jernih dan biru di daerah Maumere ada di Teluk Maumere.

via pariwisata.serverjogja.com

via pariwisata.serverjogja.com

Teluk Maumere ini terkenal sebagai surga dunia bawah laut karena keindahan terumbu karang dan ikan-ikannya yang masih murni. Terumbu karang di Teluk Maumere berwarna-warni dan sangat sehat karena memang dijaga baik oleh warga sekitar.

via patainanews.com

via capamaumere.com

Banyak ikan-ikan hias yang seliweran saat kamu berenang dan kamu juga bisa loh berenang bareng ikan duyung atau ikan pari, bahkan kalau kamu beruntung, kamu juga bisa berenang bersama hiu paus!

via capamaumere.com

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di bawah laut ya gengs. Keindahan luar biasa tersebut pasti gak pengen kamu lupain deh. Kalau ingin menyelam di Teluk Maumere, kamu bisa memulainya dari pulau Koja Doi.

via lifestyle.liputan6.com

 

Detail Informasi

Rute: Teluk Maumere kurang lebih 34km dari kota Maumere.

Alamat: Cekungan laut raksas dimulai dari ujung timur di Tanjung Darat, Kec. Talibura, dan ujung baratnya ada di Tanjung Koro dan Watu Manuk, Kec. Magepanda.

Biaya: Harga menyelam yang diberikan biasanya sesuai dengan kedalaman yang kamu inginkan, mulai dari Rp 500.000 sampai Rp 4.000.000. 

 

9. EKSPLORASI PENUH SEJARAH DI GEREJA TUA SIKKA 

Sikka adalah kampung kecil yang berada di pesisir selatan Flores. Hal yang menarik dari kampung kecil ini adalah adanya sebuah gereja tua yang masih berdiri kokoh, dikenal oleh masyarakat sebagai Gereja Tua Sikka. 

via panoramio.com

via instagram.com/angelapransa

via instagram.com/vianeyzhaka

Gereja Tua Sikka dirancang oleh Pastor Antonius Dijkman SJ yang juga arsitek perancang Katedral Jakarta. Pembangunan dimulai pada tahun 1893 dan selesai pada tahun 1899, diresmikan oleh Pastor J Engbers SJ tepat saat Christmas Eve

via ayuwinati.blogspot.co.id

Gereja ini memiliki pintu kayu jati asli yang besar dan masih bertahan kokoh walaupun sudah berusia kurang lebih 113. Kubah gereja setinggi 10 meter disanggah dengan kuda-kuda atap yang juga berasal dari kayu jati. Bahkan lukisan kaca yang berada di altar pun masih lukisan yang sama yang dibuat oleh pembangunnya. 

via derosaryebed.blogspot.co.id

via instagram.com/satyawinnie 

Hal yang menarik adalah, Gereja Tua Sikka ini memiliki desain yang merupakan gabungan dari desain Eropa dan khas Sikka. Hal itu dapat dilihat dari adanya dindin berwarna biru dan coklat yang dipadati dengan ornamen motif khas kain tenun Sikka. 

via betantt.wordpress.com 

via iqbalkautsar.com

Ada pula sebuah kapel kecil di halaman utara gereja yang menyimpan Senhor dan Meniho yang merupakan buah tangan Da Silva, namun hanya bisa dilihat pada perayaan Jumat Agung, Perarakan Suci Logu Senhor. 

via capamaumere.com

Terdapat pula rumah panggung pastoran di seberang Gereja Tua Sikka, tapi karena sudah lapuk dan jebol sana-sini, pintu rumah tersebut tertutup rapat. Ada gedung pastoran baru yang didirikan disebelah selatan rumah panggung tersebut. 

via ayuwinati.blogspot.co.id

Tiap minggu pukul 06.45 para jemaat akan berdatangan ke Gereja Tua Sikka. Ibu-ibu mengenakan sarung tenun ikat terbaik yang mereka miliki dan duduk dengan khidmat di bangku tanpa sandaran, menghadap altar. Kalau kamu ingin berkunjung ke Gereja Tua Sikka boleh banget, selama kamu gak menggangu saat jemaat sedang beribadah.

via merahputih.com

 

Detail Informasi

Rute: Gereja ini berada di kecamatan Lena, jarak tempuh dengan kendaraan kurang lebih 28 Km dengan waktu perjalanan kira-kira 30 Menit dari Sikka.

 

10. PULAU PRIBADI NAN CANTIK, PULAU PANGABATANG 

Ada nih pulau yang menjadi favorit para traveler baru-baru ini, yaitu Pulau Pangabatang. Destinasi wisata alam ini bisa ditempuh selama 1 jam perjalanan dari Pelabuhan Laurens Say di kota Maumere. Pulau ini berdekatan dengan Pulau Babi yang menjadi korban tsunami tahun 1992. 

via capamaumere.com

via twitter.com/barrykusuma

Di Pulau Pangabatang hanya ada satu pelabuhan kecil, tak banyak kapal yang bertepi disana, hanya ada beberapa kapal nelayan. Kalau kamu berkunjung ke Pulau Pangabatang akan terasa seperti berada di pulau pribadi karena memang sepi banget! Bahkan pulau ini hanya memiliki kurang lebih 60-80 penduduk. 

via panduanwisata.id

via panduanwisata.id

via flores-indonesia.com

via fajarpendidikan.co.id

Kamu bisa berjemur, berenang, diving atau snorkeling sepuas hati kamu. Pemadangan bawah lautnya pun sangat cantik dan mampu membuat kamu terlena. Namun sayang, belum ada pedagang makan atau minuman di pulau tersebut. Jadi, kalau kamu berkunjung ke Pulau Pangabatang jangan lupa membawa perbekalan sendiri ya. 

via travelingyuk.com

via instagram.com/rkmochtar

 

Detail Informasi

Rute: dari Maumere ke Watubaing naik transportasi darat selama 3-4jam. Lalu menunggu kapal kecil yang akan membawa anda ke Pangabatang dengan waktu 45menit dari Watubaing.

Harga: Transportasi kapal kecil sebesar Rp 50.000 – Rp 70.000,- per orang.

 

11. NGOBROL LUCU SAMA NELAYAN BAJO DI DESA WURING

Di Flores ada loh perkampungan nelayan yang memiliki air sangat jernih, sampai-sampai perahu-perahu nelayan yang bertepi terlihat seperti melayang! Perkampungan nelayan ini bernama Desa Wuring. Rumah di Desa Wuring ini dibangun seperti rumah panggung loh gengs. 

via duniart.com

via duniart.com

Semua rumah disanggah dengan bambu yang tertancap ke dasar tepian laut. Selain itu, tiap-tiap rumah juga saling dihubungkan hingga ke jalan utama. Kamu bisa berjalan-jalan di jalur bambu untuk melihat-lihat keindahan laut Maumere Desa Wuring. Langsung lompat ke laut seperti anak-anak Desa Wuring juga boleh kok hehehe. 

via thespicerouteend.com

via roamindonesia.com

via flores-indonesia.com

Para penduduk Desa Wuring ini mayoritas beragama Islam, karena ternyata mereka merupakan suku Bajo atau Bugis yang melancong dari Sulawesi. Bersama dengan penduduk Maumere yang aslinya beragama Kristen atau Katolik, mereka bisa hidup berdampingan dengan damai.

via dedeaton.blogspot.co.id

Penduduk Desa Wuring terlihat sibuk berduyung-duyung ke laut untuk mulai pekerjaan mereka sebagai nelayan dan akan kembali pada sore hari untuk memulai transaksi jual beli hasil tangkapan laut mereka. 

via duniart.com

via duniart.com

via duniart.com

 

Detail Informasi

Alamat: Desa ini terletak di kecamatan Alok, kabupaten Sikka.

 

12. PANTAI WAIRTERANG : PANTAI INDAH BERBALUT RAHASIA 

Pantai Wairterang merupakan salah satu pantai di Kabupaten Sikka yang ramai dikunjungi traveler. Tempat ini adalah rekomendasi ke 12 untuk melepas bete saat kamu lagi di Maumere. Gausah ditanya kenapa deh, langsung aja kamu nikmatin view-nya dibawah ini hihi.

via kompasiana.com

via triptrus.com

Objek wisata pada Teluk Maumere ini emang indah banget. View yang disajikan bakal bikin kamu amazed! Kamu bisa melihat dasar laut yang penuh dengan batu-batu bulat pipih, seperti lantai marmer. Ikan-ikan kecil yang berlalu lalang juga bisa kamu lihat dengan jelas. 

via kompasiana.com

via kompasiana.com

Di pantai ini kamu bisa menyewa peralatan snorkeling dan diving, karena Wairterang ini emang salah satu spot diving terbaik di Maumere. Ada sebuah bangkai kapal Jepang di dasar laut yang bisa kamu liat loh. 

via mldspot.com

Tapi.. sayang banget pantai Waiterang akhir-akhir ini sepi pengunjung karena banyaknya sampah dan limbah plastik bekas wisatawan di sekeliling pantai. Kios-kios dagang yang dulu ada kini sudah di bongkar, bahkan tukang parkir pun gak ada. Untuk menanggulangi hal tersebut, sepertinya pemerintah berencana untuk menjadikan Pantai Waiterang ini sebagai pelabuhan kapal pesiar untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang datang.

via cendananews.com

via cendananews.com

 

Detail Informasi

Rute: Letaknya sekitar 30 Km arah timur kota Maumere. Kamu bisa meluncur ke sana dengan menggunakan kendaraan umum atau ojek, kok gengs.

 

13. BELAJAR MENARI DAN MENENUN BERSAMA WARGA DESA WATUBLAPI 

Nah gengs, selain di Desa Doka, kamu juga bisa melihat atau belajar cara menenun di Desa Watublapi, NTT nih. Kamu bisa berkendara ke sana dengan motor atau mobil, karena kondisi jalan menuju Desa Watublapi cukup baik. 

via tripadvisor.com 

via tripadvisor.com

via florestourism.com

Suku yang menghuni desa ini adalah suku Sika atau Sikarowe. Baik perempuan maupun laki-laki anggota suku, keduanya saling bekerjasama dalam pembuatan kain tenun ikat. Biasanya para laki-laki mengambil alih proses pembuatan benang dan pewarnaan. Proses pembuatan warna dilakukan dengan cara ditumbuk. 

via flores-indonesia.com 

via florestourism.com

via florestourism.com

Nah, untuk proses menenunnya hanya boleh dilakukan oleh kaum perempuan loh gengs. Kalau sampe ada laki-laki yang ikut menenun, orang di sana percaya bahwa itu bisa menyebabkan berkurangnya rejeki. Kabarnya, para gadis Suku Sika gak diizinkan ke luar rumah, hanya boleh melakukan pekerjaan menenun di dalam rumah. Kayak lagi dipingit ya gengs, hehehe.

via capamaumere.com

 

Detail Informasi

Rute: Rutenya adalah arah timur dari kota Maumere, setelah 7 Km kamu akan melewati Pasar Geliting dan Rumah Sakit St. Gabriel ada 100 Meter di depannya. Ikuti jalan terus dan setelah sekiranya 13 Km dilalui, kamu akan melihat pintu masuk Desa Watublapi di sebelah kiri.

 

14. GEMBIRA RIA DI PANTAI WAIARA 

Di Maumere ada banyak banget pantai biru yang udah di ulas sebelumnya. Eh tapi belum selesai loh ya gengs. Ada lagi pantai dengan pasir hitam yang memukau yaitu Pantai Waiara. Taman laut di Pantai Waiara ini terkenal dengan keeksotisannya, kurang lebih ada 1.200 jenis ikan di lautnya. Gak heran kalau Pantai Waiara sering dijadikan tempat diving bertaraf internasional. 

via travel.detik.com

via flores-seaworldclub.com

Meskipun sempat diterjang gempa tektonik yang mengakibatkan tsunami dan merusak banyak biota laut, kini terumbu karang serta mahluk hidup di laut Pantai Waiara sudah pulih kembali. Keanekaragaman hayati di Pantai Waiara ini sangat dijaga oleh masyarakat sekitar, gak heran kalau airnya sangat jernih dan bersih. 

via capamaumere.com

via capamaumere.com

Selain memiliki keindahan laut, Pantai Waiara juga memberikan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Kamu bisa duduk-duduk santai memandang sunset di dermaga kecil yang tersedia, bakalan romantis banget apalagi kalau sama pacar ya. 

via awalnya.blogspot.co.id

Fasilitas di sekitar Pantai Waiara ini gak perlu ditanya lagi, udah lengkap banget. Mulai dari warung makan, penyewaan peralatan diving dan snorkeling, hingga resort pinggir pantai. Kamu tinggal sesuaikan aja dengan budget kamu ya.

via booking.com

 

Detail Informasi

Rute: Pantai Waiara ini terletak 11 Km dari kota Maumere.

 

15. BELAJAR SEJARAH FLORES DI MUSEUM BIKON BLEWUT

Lanjut nih gengs, akhirnya kali ini ga ketemu air hihi. Museum Bikon Blewut ini menjadi salah satu tempat wisata kece di Maumere sebagai tempat yang mengoleksi berbagai macam barang bersejarah, jadi of course kamu pasti bisa nyambi belajar juga di sini.

via travelwisata.com

Pada tahun 1926, Museum Bikon Blewut didirikan di Seminari Menengah Todabelu, Mataloko, kabupaten Ngada oleh Pastor Verhoeven SVD. Namun, tahun 1937 dipindahkan ke tempat yang sekarang ini. 

via cendananews.com

Dalam Museum berukuran 15 meter x 20 meter ini, terkumpul benda-benda tua kategori biologi, zoologi, filologi, biografi, etnografi, musikologi, etnomusikologi, numismatika (mata uang), keramba, dan juga kepustakaan berupa legenda-legenda tua.  Benda-benda sejarah yang terkumpul itu gak cuma dari daerah Flores loh gengs, tapi juga dari Sumba, Jawa, Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, bahkan dari luar negeri. 

via adlienerz.com

Benda yang paling tua dalah sebuah gading dan rahang gajah purba berusia 18.000 tahun. Gading tersebut dianggap sebagai benda keramat peninggalan leluhur yang gak boleh diperjualbelikan. Selain itu, ada juga fosil manusia kerdil Flores yang tersimpan rapat. 

via tulisan-sandra.blogspot.co.id

via tulisan-sandra.blogspot.co.id

via tulisan-sandra.blogspot.co.id

via adlienerz.com

 

Detail Informasi

Alamat: Terletak di Seminari Tinggi Santo Paulus Ledalero, Desa Nita, kabupaten Sikka, Maumere. 

Tiket: Rp 5.000,- untuk Peneliti. Rp 10.000,- untuk warga asing. Rp 2.000,- untuk warga local dan Rp 1.000 untuk anak sekolah.

 

16. MENIKMATI WOGI BERLATAR SUNSET DI PANTAI PAGA 

Yaak, ketemu lagi deh sama air hehe. Satu tempat wisata laut di Flores dengan pasir putih nan estetik yang wajib kamu kunjungi, yaitu Pantai Paga. Kalau kamu hendak menuju kota Ende, kamu pasti akan melewati Pantai biru ini, gengs. 

via capamaumere.com

via everplaces.com 

Di Pantai Paga terdapat banyak penjual ikan kering yang lezat untuk dimakan sebagai santapan siang di bawah pohon kelapa nyiur di pantai. Kamu gak perlu khawatir dengan harganya, bisa kok kamu tawar sampai harga minimum, asal masuk akal aja. 

via pinterest.com

Yang khas di pantai Ende adalah Wogi. Wogi merupakan Ikan Se (ikan berukuran kecil seperti teri).  Wogi lebih afdol kalau dicocol dengan sambal ulek dengan campuran bawang putih, bawang merah, jeruk nipis dan daun kemangi. Biasanya juga dilengkapi dengan singkong bakar atau singkong rebus sebagai pengganti nasi dan paling pas dinikmatin sambil mandangin birunya air laut Pantai Paga.

via bintang.com

 

Detail Informasi:

Rute: 48 Km arah barat dari kota Maumere, tepatnya di kecematan Paga, Maumere, Flores.

 

17. MENGUNJUNGI REPLIKA KOTA KUDUS DI MAUMERE 

Kamu tau kan kota kudus kelahiran Yesus Kristus? Yup, Kota Betlehem. Kalau kamu pengen berkunjung ke Tanah Suci umat Katolik itu gak perlu jauh-jauh ke daerah Timur Tengah gengs, di Flores ada loh replikanya. 

via johnberek99.blogspot.co.id 

Replika kota Betlehem atau kota Kudus ini oleh Dinas Pariwisata Provinsi NTT secara khusus dibuka sebagai taman doa loh, jadi ga cuma mampir dan selfie kamu juga bisa ikutan berdoa hehe. 

via johnberek99.blogspot.co.id 

Di replika kota Betlehem ini terdapat 5 situs yang bertahap. Situs pertama adalah situs Yohanes Pemandi yang memegang tongkat, situs kedua adalah situs Maria menerima kabar dari malaikat Gabriel sambal berlutut. Ketiga yakni Maria yang mengujungi saudaranya Elisabet. Situs keempat adalah Para Gembala yang mendapatkan kabar kelahiran Yesus.  

via johnberek99.blogspot.co.id 

via johnberek99.blogspot.co.id 

Situs kelima yang berada di puncak, Nampak terlihat patung bayi Yesus, Yosef, Maria, patung tiga raja, dan patung gembala. Terdapat pula bangunan megah dengan kubah dengan bintang dan salib. Untuk mencapai situs ke lima tersebut, kamu harus melewati 100 anak tangga. 

via penakatolik.com

via kec-nelle.blogspot.co.id

Selain itu, terdapat altar untuk mengadakan ekaristi yang berada di ketinggian kurang lebih 5 meter dan diapit dua Menara setinggi 15 meter, dimana Menara sebelah kanan adalah replika candi Betlehem. 

via johnberek99.blogspot.co.id 

Pengunjung yang datang bukan hanya umat Katolik, para pengunjung dari agama lain juga berdatangan karena suasana ala Eropa dan pemandangan yang artistik keliatan instagramable banget, gengs. 

via lifestyle.okezone.com

via windadharmayanidibetlehem.blogspot.co.id


Detail Informasi:

Rute: Replika kota Betlehem ini terletak di punggung bukit Desa Delang, kecamatan Nelle, kabupaten Sikka, Maumere. Jarak tempuh dari kota Maumere kurang lebih 15 Km, memakan waktu kira-kira 15 menit dengan kendaraan.

 

Nah, gimana gengs? Udah memutuskan mau backpackeran ke mana? Melepas bete ke 17 tempat wisata kece di Maumere ini cucok banget buat kamu yang udah bosen sama perkotaan. Dijamin kamu bakalan jatuh cinta dengan tempat-tempat wisata di Maumere. Jadi, tunggu apa lagi? Let’s go!


Penulis
Penulis Achmad Ghadzali
A simple man who wants to create positive impact to my surroundings by being myself.

Artikel Terkait

Nusa Tenggara Timur - 497 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Nusa Tenggara Timur - 409 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 350 Hits

Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu

Nusa Tenggara Timur - 365 Hits

Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores

Nusa Tenggara Timur - 637 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 3804 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Advertisement

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.