Nusa Tenggara Barat - 55 Hits

Lombok emang surganya para traveller. Ada banyak banget spot keren kayak pantai, tebing sampai gunung yang kayaknya butuh waktu panjang buat bisa datengin satu-satu. Nah, ini dia 24 Top List wajib kamu datengin di Lombok. Pokoknya jangan ngaku udah eksplor Lombok kalau belum kesini deh!

 

1. PEMANDANGAN EKSOTIS DARI KETINGGIAN BUKIT MERESE 

Satu bukit dua tiga pantai terlampaui. Yup, dari atas bukit Merese ini kamu bisa melihat banyak pemandangan keren Tanjung Aan sampai Batu Payung. Cukup duduk di atas bukit ditemanin semilir angin dan suara ombak, dijamin bikin kamu males pulang.

via langkahtravel.com

via brobali.com

via instagram.com/itsmercjy

Nggak cuma pemandangan laut yang bisa dinikmati dari atas bukit. Bukit Merese juga jadi spot terbaik buat kamu nungguin sunset. Nuansa eksotis saat matahari terbenam dari atas bukit ini tuh bisa jadi pengalaman yang nggak terlupakan buat kamu.

via instagram.com/tamasyeah 

via instagram.com/hanifah_salim_haidaroh

Kalau Labuan Bajo punya Pulau Padar dengan view memesona, Lombok punya Bukit Merese. Pemandangan dari perbukitan tepi pantai ini nggak ada duanya! Kamu bisa menikmati pemandangan indah sepanjang hari di sini. Sunset-nya keren, sunrise-nya apa lagi! 

via warnaunyu.com

Sebelum ke sini, jangan lupa untuk kosongkan memori kamera dan charge batre-nya sampai full karena setiap sudut Bukit Merese bagus banget untuk kamu narsisan!

via instagram.com/fitrisyafda

via instagram.com/minarbeauty

via instagram.com/dellasefira19

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur

Rute

ambil rute jalan Bay Pass menuju Bandara Internasional Lombok (BIL). Ambil jalan lurus setelah melewati Desa Rembitan, ikuti rambu menuju pantai Tanjung Aan.  Bukit Merese terletak persis di sebelah pantai Tanjung Aan.

Harga Tiket Gratis

Parkir Rp. 5000,- untuk sepeda motor dan Rp.10.000,- untuk mobil.

 

2. MENIKMATI INDAHNYA PASIR PINK DI PANTAI TANGSI 

Ketika pasir putih udah terlalu mainstream, saatnya main ke Pasir Pink. Bicara soal pemandangan indah, Pantai Tangsi emang juaranya.  Siapa coba yang nggak tergoda melihat hamparan pasir berwarna kemerahan bertemu sama air laut yang biru? 

via instagram.com/rajamiikaiil

via instagram.com/judulnyaindonesia

Warna pink pada pasir Pantai Tangsi bukan karena ada yang kasih warna loh. Pasir putih yang  bercampur serpihan batu karang menyebabkan warnanya berubah menjadi kemerahan. Kalau mau lihat pantai pasir pink yang kelihatan jelas banget, dateng deh pas cuacanya lagi cerah. Sinar matahari yang cukup akan membuat warna pink-nya semakin jelas terlihat. 

via instagram.com/yuli_puspita1507

Pantai Tangsi dikelilingi oleh tebing yang tinggi. Di puncak tebing ini ada pendopo yang disediakan buat kamu kalau pengen melihat hamparan luas pantai unik ini. 

via thefinder.com

Ombak di Pantai Tangsi tergolong sedang dan nggak terlalu besar. Terus, pemandangan bawah laut pantai ini juga bagus banget. Kalau penasaran dan pengen snorkeling di sini, disaranin mendingan kamu bawa alat-alat sendiri ya. Tapi kalaupun nggak bawa, disini juga ada beberapa penyewaan alat snorkeling kok. 

via instagram.com/rianfidel

 

Detail Informasi

Alamat : Desa Sekaroh, kecamatan Jerowaru, kabupaten Lombok Timur

Rute : Dari kota Mataram menuju kearah Pantai Tanjung Ringgit. Pintu masuk ke pantai ini, terdapat di 1 km sebelum wisatawan memasuki pantai Tanjung Ringgit. 

Harga Tiket : Rp.10.000 (sudah termasuk parkir)

 

3. KEINDAHAN POHON PURBA LIAN YANG BERUSIA LEBIH DARI 350 TAHUN 

Kebayang nggak sih apa rasanya berada di antara pohon besar dengan usia ratusan tahun? Pasti kagum ya. Hal ini juga yang jadi alasan beberapa traveller menjadikan Pohon Purba Lian adalah destinasi wajib saat kamu sedang ke Lombok. Sepanjang perjalanan menuju tempat ini kamu akan melihat pohon-pohon yang rindang yang memanjakan mata.

via kompas.com

via instagram.com/justdewa_

Pohon Lian Langka konon umurnya sekarang sudah lebih dari 3,5 abad. Walau pohon ini sangat tua, jangan ragukan kekokohannya ya. Pohon purba ini punya akar yang panjang, hampir 1,7 meter. Lingkar batang bawahnya sebesar pelukan 3-4 orang dewasa. Batangnya mirip pohon randu, tapi lebih licin.  

via instagram.com/sutraeskabe

Pohon-pohon tinggi menjulang dengan nama latin Ficus albipila itu berada di sebuah lahan seluas 4 hektar yang dimiliki 4 orang. Sebelum jadi tempat wisata, tempat ini adalah hutan tutupan. Setidaknya ada 40 pohon di area itu dan belum termasuk yang ada di pinggir jalan, baik yang masih hidup maupun yang sudah tumbang dimakan usia, cuaca, dan manusia.

via instagram.com/diahrtnasari

via antaranews.com

via panoramio.com

 

Detail Informasi

Alamat

Dusun Permatan, Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya

Rute

berangkat dari Kota Mataram dengan menggunakan sepeda motor, mobil umum/pribadi, jalur yang ditempuh adalah jalur utama menuju Labuhan Lombok (Lombok Timur). Bertais – Masbagik – Aikmel – Labuhan Lombok. 

Harga Tiket Gratis

Parkir Rp. 5000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp. 10000,- untuk kendaraan roda empat.

 

4. TERPESONA OLEH LINGKOQ DATU DI PANTAI PENYISOK 

Melihat hamparan padang savana yang membentang hijau dan sekeliling Samudera Hindia yang biru tak terbatas, serta tebing karang yang berlapis-lapis berwarna keemasan bikin kamu seperti sedang berada di benua lain, padahal kamu sedang ada di Lombok. Tepatnya, di Lingkoq Datu, Pantai Penyisok yang terletak di daerah Jerowatu, Lombok Timur. 

via beautifullombok.com

via instagram.com/zoeraa_

Ya, pemandangan Lingkoq Datu di Pantai Penyisok emang sempurna. Di sini mata kamu dimanjakan oleh hamparan savanna yang membentang luas, ditambah tebing karang berwarna keemasan yang tampak berlapis-lapis, berpadu dengan birunya lautan samudera Hindia, yang keren banget. 

via instagram.com/lalusaid

Dari atas tebing kamu dapat menikmati pemandangan Pantai Penyisok yang indah dengan air jernih berwarna biru. Meskipun akses menuju lokasi cukup sulit, tapi semuanya terbayar dengan keindahan alam di Lingkoq Datu, Pantai Penyisok. 

via stayhello.com

via instagram.com/amrina_06

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. 

Rute : Akses menuju tempat ini searah dengan Pantai Tangsi/Pantai Pink. Dari Mataram, kamu bisa berkendara menuju ke pertigaan pemukiman Ano Inaq. Dari sini kamu ambil jalur kanan dimana kamu akan menemukan jalanan yang masih berbatu. Lingkoq Datu ada kira-kira 3km dari arah jalan tersebut. Jangan lupa sering tanya penduduk setempat ya. 

Harga Tiket : 5000

 

5. 4 AIR TERJUN YANG NGGAK BOLEH KAMU LEWATKAN (BENANG KELAMBU, SENDANG GILE, TIU KELEP, MANGKU SAKTI) 

Puas menikmati pantai, lelah menjelajahi Gili-gili, Gunung Rinjani pun sudah didaki, Lombok punya apa lagi? Ternyata wisata Lombok juga memiliki lusinan air terjun cantik yang sayang jika dilewati. Air terjun Benang Kelambu, Sendang Gile, Tiu Kelep dan Mangku Sakti adalah sederetan air terjun yang wajib kamu datangi saat ke Lombok. 

Kita mulai dulu dari Air Terjun Benang Kelambu. Nama Air Terjun Benang Kelambu sangat populer di Lombok. Ia berada di kaki Gunung Agung, tepat di tengah-tengah Pulau Lombok. Di sini kita bisa menikmati segarnya air terjun yang jatuh diantara hijaunya pepohonan rindang. 

via kompas.com

Sebenarnya air terjun ini berasal dari banyak mata air yang keluar langsung melalui celah-celah di sepanjang tebing. Namun karena tebingnya tertutup dengan tumbuhan yang tumbuh subur, terlihat seakan-akan airnya keluar dari rimbunan tumbuhan tersebut. Makanya kenapa Air Terjun ini dinamakan Benang Kelambu, karena air yang jatuh mirip seperti kelambu. 

via instagram.com/julsii_

via instagram.com/budi_tarjo

via instagram.com/shafiqanaksaleh

Sementara itu, ada juga 2 Air Terjun yang nggak kalah cantiknya yaitu Sendang Gile dan Tiu Kelep. Kedua air terjun ini mengalir membentuk satu aliran dan lokasinya berdekatan. Salah satu yang jadi magnet utama air terjun ini adalah keberadaannya yang terletak di kehidupan liar hutan rimbun kaki Gunung Rinjani.

via instagram.com/zoeraa_

via margatour.com

via instagram.com/razali_ahmadd

Trek menuju kedua air terjun ini cukup menantang, karena kamu harus menyusuri hutan dengan aliran sungai yang sejuk, goa dan jembatan unik di atas tebing. Jadi cocok lah buat kamu yang berjiwa petualang. Sesampainya di kedua air terjun ini, kamu bisa melepas lelah dengan mandi di kolamnya.

via bemytravelmuse.com

via instagram.com/mar.ini08

via lombokindonesia.org

Air terjun yang juga populer di Lombok adalah Mangku Sakti. Air Terjun dengan ketinggian 40m ini unik banget karena airnya bercampur dengan belerang. Makannya airnya keliatan berwarna biru toska.

via berugaqelen2010.wordpress.com

via kesiniaja.com

Deburan jatuhnya air terjun Mangku Sakti membentuk semacam kolam seluas 15 m dan dalamnya sekitar 2 - 4m. Kalau kamu penasaran gimana dinginnya air belerang, coba deh berenang disini. 

via instagram.com/cyrilcanvas

Di sini ada juga loh spot buat kamu kalau mau lompat dari ketinggian sekitar 5m. Seru! Kalau nggak berani tapi udah terlanjur sampai ke atas, yaudah foto-foto aja.

via kesiniaja.com

via yahoo.com

 

Detail Informasi

  • Air Terjun Mangku Sakti 

Alamat : Desa Sajang, Kabupaten Sambalung, Lombok Timur.

Rute : Air terjun ini berjarak kurang lebih 175 km dari Kota Mataram dengan waktu tempuh sekitar 4 jam melalui rute Mataram – Pusuk atau sepanjang Jalan Pantai Senggigi – Pemenang – Tanjung – Gondang – Selengan – Batu Gembung – Desa Senaru – Dasan Grisak – Desa Sambiq Elen – Sajang. Setibanya di Desa Sajang, kamu akan menemukan jalan tanah sekitar 4 km menuju air terjun. 

Harga Tiket : Motor Rp. 10.000, Mobil Rp. 20.000 (Sudah termasuk parkir)

  • Air Terjun Benang Kelambu 

Alamat : Dusun Pemotoh, Desa Aik Bukaq, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah.

Rute : Air terjun ini terletak sekitar 32 kilometer dari Kota Mataram atau sejam perjalanan. Anda bisa menempuh jalur Mataram – Narmada – Sedau – Pancor Dau – Teratak – Desa Aik Berik. Jangan ragu buat nanya sama warga setempat ya, karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu.

Harga Tiket : Rp. 5000

  • Air Terjun Sendang Gile & Tiu Kelep 

Alamat : Desa Senaru, kecamatan Bayan, kabupaten Lombok Utara

Rute : Berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Mataram, untuk menuju ke Desa Senaru diperlukan waktu sekitar 2 hingga 3 jam dengan kendaraan roda empat dari.  Ada dua rute yang bisa ditempuh untuk mencapainya, pertama melalui Pusuk dan kedua melalui Pantai Senggigi.  Tidak ada kendaraan umum yang menuju langsung ke lokasi ini, oleh sebab itu para pengunjung biasanya menyewa kendaraan di rental-rental mobil atau motor yang banyak ditemukan di pusat kota (Mataram atau Cakranegara).

Harga Tiket : Rp. 5000

 

6. PANTAI TANJUNG AAN YANG MENAWAN 

Nggak ada yang lebih menyenangkan dari menjadi saksi mata keindahan Pantai Tanjung Aan yang dikelilingi area perbukitan. Kamu tahu nggak? Kalau sepanjang Pantai Tanjung Aan terdapat hamparan pasir yang sangat luas dan punya tekstur unik yang menyerupai biji merica.  

via wisatakelombok.co.id 

via instagram.com/wahyuadm

Di Pantai ini kamu bisa melakukan berbagai aktivitas water sport kayak berenang, snorkeling, atau surfing. Pantai Tanjung Aan juga dikelilingi beberapa pepohonan yang rimbun dan bikin suasana makin asri. Kamu juga bisa mendaki bukit yang ada di sekitar buat menikmati panorama dari ketinggian atau sekedar istirahat sambil menikmati angin sepoi-sepoi dan suara deburan pantai yang menenangkan.

via instagram.com/kintyatista

via gotravelly.com 

via tripadvisor.com

Di Pantai Tanjung Aan kamu juga bisa menyaksikan ritual Bau Nyale yang biasanya berlangsung saat bulan Februari. Konon, Bau Nyale sendiri berkaitan dengan mitos yang dipercayai masyarakat sekitar mengenai kisah Puteri Mandalika yang melompatkan diri dari bukit agar terhindar dari kejaran pangeran yang akan menikahinya. Masyarakat sekitar juga percaya, Puteri Mandalika tersebut kemudian bereinkarnasi menjadi cacing laut atau yang dikenal dengan sebutan Nyale. 

via lombokindonesia.org

via instagram.com/bobby_budiman

 

Detail Informasi

Alamat : Jalan Kuta Lombok, Lombok Tengah

Rute : Pantai di pesisir selatan Lombok ini bisa ditempuh dari Kota Mataram selama 2 jam. Namun jika kamu berangkat dari Bandara International Lombok, maka hanya 30 menit saja. Batu Payung dan Tanjung Aan masih berada di satu garis pantai yang sama, namun untuk menuju Batu Payung tergantung pasang surutnya air laut. Saat pasang, kamu bisa menyewa perahu dan berlayar ke sana. Namun saat surut, dari area parkir anda bisa berjalan kaki menuju Batu Payung dalam waktu 20 menit saja.

Harga tiket : Tiket masuk Motor Rp 5.000,- dan mobil Rp 10.000,-

 

7. PEMANASAN SEBELUM NAIK RINJANI DI BUKIT PERGASINGAN 

Siapa pun yang suka keindahan alam, nggak akan bisa nolak menikmati pemandangan cantik dari atas bukit ini.  Petak-petak ladang warna-warni yang dipeluk pegunungan dengan awan menggumpal disekelilingnya, bikin Bukit Perasingan jadi spot yang instagramable banget di Lombok. 

via tjuputography.com

Ada warna hijau, kuning, coklat, abu-abu berderet rapi keren banget. Perbedaan warna petak ini ada karena ladang pada lahan tersebut ditanami tanaman yang berbeda, ada kentang, kubis, cabe, wortel.

via instagram.com/aylaaltas

via liburmulu.com

Banyak yang bilang, Bukit Pergasingan ini adalah tempat terbaik buat mereka yang suka mendaki tapi belum punya nyali buat ke Gunung Rinjani. Jadi istilahnya pemanasan dulu di sini. Mendaki puncak bukit dengan ketinggian 1.144 mdl ini bisa dimulai dari Desa Sembalun. Kira-kira perjalanan kamu akan ditempuh selama 2,5 jam. 

via instagram.com/san.b.petualang

via liburmulu.com 

Dari puncak bukit ini kamu akan melihat indahnya Bukit Nanggi dan Bukit Anak Dara. Dan di sebelah kiri, kamu bisa melihat betapa gagahnya Gunung Rinjani yang puncaknya kadang tertutup awan tebal. 

via thelangkahtravel.com

Selayaknya kegiatan mendaki, camping, stargazing dan berburu sunrise adalah beberapa hal yang dapat kamu lakukan di puncak Bukit Pergasingan ini. Bagi yang suka olahraga paralayang, kamu juga bisa melakukannya dari bukit ini lho. Tentunya dengan membawa perlatan sendiri ya. 

via dwohoo.com

via thelangkahtravel.com

via jelajahalamlombok.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat : Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Sembalun Lawang, Lombok Timur

Rute : Dari Kota Mataram menuju Sembalun dibutuhkan waktu tempuh 4-5 jam. Dari Sembalun menuju kawasan wisata alam Bukit Pergasingan, kamu bisa menggunakan mobil atau motor. Lalu pendakian pun dimulai.

Harga Tiket : 10.000 (hari biasa)

 

8. DESA SADE YANG SARAT AKAN BUDAYA SASAK 

Kalau pengen cari suasana baru selain pantai, kamu bisa kunjungi Desa Sade dan Sasak. Di sini kamu bisa menyaksikan secara langsung gimana sih caranya Suku Sasak tetap melestarikan kebudayaan adat istiadat mereka hingga saat ini. 

via dilombok.com

via dutawisata.co.id

Pemandangan di Desa ini juga nggak kalah seru. Rumah-rumah mereka kebanyakan masih memakai bahan tradisional mulai dari tiang kayu, atap dari alang-alang kering, hingga dinding dari bambu.

via dilombok.com

via instagram.com/mirahmirayasa

Desa seluas 5,5 Hektar ini, memiliki  rumah tradisional sejumlah 150 dan setiap rumah terdiri dari satu kepala keluarga, dengan jumlah penduduk sekitar 700 orang. Semuanya masih merupakan satu keturunan, karena masyarakatnya melakukan perkawinan antar saudara dan bagi mereka pernikahan seperti ini mudah dan cukup murah, dibandingkan menikah dengan perempuan dari desa lain dan harus mengeluarkan beberapa ekor kerbau.

via instagram.com/laksmisoetardjo

Jangan sia-siain kesempatan buat belajar bikin kain tenun saat kamu main ke Desa Sade ini. Para penduduk setempat dengan senang hati mengajarkan gimana caranya memintal kapas kering menjadi benang. Lalu memberikan warna ke benang yang dengan perwarna dari bahan-bahan alami. 

via instagram.com/siskanelakrisna

via tenunjepara.com

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. 

Rute

Dari Bandara Internasional Lombok ke arah timur Bandara (gerbang bandara ke kiri) mengikuti jalan ke Pantai Kuta via Sengkol. 

Dari Mataram, gunakan jalur by pass Bandara kemudian jalur utama menuju Pantai Kuta dan Tanjung Aan.

Harga Tiket : Gratis. Cuma mengisi buku tamu dan kotak sumbangan yang disediakan sebelum masuk.

 

9. SNORKELING SAMPAI KELING DI 4 GILI (KEDIS, NANGGU, SUDAK DAN TONGKANG) 

Lombok punya banyak banget pantai dan Gili yang indah dan asik buat snorkeling. Selain Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno yang terkenal itu, keempat Gili ini nggak kalah bagusnya dan wajib kamu datangi. 

via kabarsmart.com

via traveltodayindonesia.com

Gili Kedis, Nanggu, Sudak dan Tongkang terletak di daerah Sekotong, Lombok Barat. Gili Kedis, Gili Nanggu dan Gili Tongkang bisa dijangkau dari pelabuhan Tawun, jarak pelabuhan ini dari Bandara Lombok sekitar 2 jam perjalanan. Keempat Gili ini bisa dibilang anti mainstream dan masih sepi, jadi sensasi main ke Gili ini pastinya mengesankan.

via transportwisatalombok.com

via instagram.com/alfiansjahranie

via instagram.com/callistkh

Air laut di sekeliling yang tenang dan jernih bikin para pencinta snorkeling bakalan penasaran buat ngintip kehidupan bawah laut disana, nggak peduli akan jadi seberapa keling mereka. Kamu juga akan dimanjain dengan air laut yang bening di pulau kecil yang bisa bikin kamu kayak lagi berenang di private pool.

via sudamalaresorts.com

via dilombok.com

Kalo udah puas snorkeling sampe keling, saatnya kamu leyeh-leyeh di pinggir pantai sambil menikmati hidup. 

via trekkingrinjani.com

via instagram.com/enveranza

 

Detail Informasi

Alamat : Desa Sekotong Tengah, Lombok Barat

Rute : Untuk mengunjungi Gili Kedis kita harus berkendara dengan waktu tempuh kurang lebih 1,5 jam dari pusat Kota Mataram atau dari Bandara Internasional Lombok, Praya ke Pelabuhan Tawun. Dari Tawun lanjutkan menyebrang dengan menyewa perahu.

Harga Tiket : 

  • Sewa Boat Rp 300.000,- dengan kapasitas 6-10 orang. Harga tersebut juga termasuk mengunjungi Gili Nanggu, Gili Sudak dan Gili Kedis.
  • Sewa alat snorkeling kisaran Rp 40.000,-
  • Tiket masuk Gili Kedis Rp 5.000,-/orang

 

10. BELAJAR BERSELANCAR DI PANTAI SELONG BELANAK 

 Pantai Selong Belanak adalah sebuah pantai tersembunyi yang diapit oleh dua bukit. Pantai ini yang berada pada satu jalur perjalanan dari Pantai Kuta Lombok. Jaraknya sekitar 19 Km ke arah barat dari Pantai Kuta. Akses menuju ke tempat ini juga super gampang. Cuma sekitar 30 menitan dari Bandara Internasional Lombok.

via instagram.com/bronzombie 

via beritadaerah.co.id

Pantai Selong Belanak juga tersohor sebagai surganya para peselancar atau surfer pemula. Pantai dengan garis pantai sepanjang 1km lebih memiliki ini ombak yang kuat tapi friendly. Jadi kamu yang memang belum pernah belajar surfing sebelumnya nggak perlu khawatir tergulung ombak, karena ketinggian ombak rata-rata sekitar 1,5 m. 

via inovasee.com

Nggak heran makanya, banyak surfer pemula yang jauh-jauh datang kesini untuk latihan surfing. Pantai Selong Belanak berada di Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB. Dari Kota Mataram, pantai ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan.

via booking.com 

via thelostguides.com

 

Detail Informasi

Alamat : Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Bar, Lombok Tengah

Rute : Dari Bandara Internasional Lombok, pantai ini berjarak 30 menit dan masih satu jalur dengan Pantai Mandalika atau Pantai Seger. Namun jika kamu menginap di Mataram atau Senggigi waktu tempuhnya adalah 1,5 jam. Rute yang bisa ditempuh adalah jalur bandara hingga bertemu Masjid Jami’ Penunjak lalu terus mengarah ke utara hingga ke pantai. Tidak ada angkutan umum yang sampai ke pantai ini. Kamu dapat menyewa kendaraan atau menggunakan jasa travel.

Harga Tiket : Rp. 5000

 

11. MELIHAT KOLONI KELELAWAR DI GUA BANGKANG 

Suka film Indiana Jones? Kalo iya, kamu berarti harus datang ke Gua Bangkang Lombok. Gua Bangkang terletak nggak jauh dari Pantai Kuta yang terkenal dengan pasir putih dan airnya yang biru. Lokasi tepatnya berada di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

via instagram.com/_ahmad_ryan_baehaqi

Keistimewaan Gua Bangkang atau yang juga dikenal dengan nama Goa Gale adalah ribuan kelelawar yang tinggal di dalamnya. Kalau kamu penasaran pengen lihat mereka, datanglah sebelum sunset. Biasanya ribuan kelelawar bakalan terbang berbondong-bondong meninggalkan gua. 

via instagram.com/muhammad_fatihx

Siapkan masker sebelum masuk ke Gua ini. Soalnya begitu tiba di depan pintu masuk gua, aroma busuk dari kotoran kelelawar bakalan ganggu kamu, apalagi yang nggak kuat akan bau-bauan nggak sedap. Sedia payung juga ya biar pas lihat kelelawar terbang, kepala kamu nggak kejatohan kotoran mereka. 

via instagram.com/agusm123

Selain si kelelawar yang jumlahnya ribuan itu, sebenernya atraksi lain dari Gua Bangkang ini ya si ray of light yang keliatan instagenic banget!

via twitter.com

via baunyale.com

via okeinfo.net

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Rute : Gua ini terletak di antara Pantai Kuta dan Pantai Mawun. Dari Pantai Kuta, beberapa kilometer sebelum ke Pantai Pawun, ambil belokan ke kanan tepat di papan penunjuk merah putih, lalu turuni jalanan yang berbatu. Gua ini berada di bawah bukit.

Harga Tiket : Rp. 5000

 

12. MEMANDANG KEINDAHAN SELANGIT DI TANJUNG RINGGIT 

Tanjung Ringgit terletak berdekatan dengan Pantai Tangsi atau Pantai Pink, yaitu di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru. Tanjung Ringgit punya panorama istimewa dari tebing tinggi nan curam dengan pemandangan lautan lepas. 

via caderabdul.wordpress.com

via fineartamerica.com

via instagram.com/delwana

Selain melihat indahnya pemandangan tebing dan laut, disini kamu juga bisa menyaksikan sejarah Indonesia di zaman Jepang. Di sini terdapat peninggalan bersejarah berupa rangkaian gua-gua dan meriam yang berada di sekitar Tanjung Ringgit.

via instagram.com/panz_1990

Nggak cuma itu, kamu bisa pergi ke dasar tebing dan melihat sumur yang di sini. Uniknya, walaupun terletak di dekat pantai, sumur ini mengeluarkan air tawar. Jadi kamu bisa meminumnya lho. Berhati-hatilah saat ingin kembali ke area atas tanjung karena medannya cukup terjal. 

via cupiiid.wordpress.com

Disini kamu juga bisa menikmati pemandangan Gunung Rinjani dan Pulau Sumbawa sekaligus. Kegiatan lain yang nggak kalah menarik ketika berada di Tanjung Ringgit yaitu berburu sunrise yang nggak kalah indah dari sunset.

via instagram.com/riska_rahmawati

via indofuntrip.blogspot.co.id

via edyraguapo.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Alamat

Jl. Lingkok siwaq, Sekaroh, Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur

Rute

Dari bandara Internasional Lombok menuju  Jl. Raya Batunyala ke Jl. Raya Praya - Mujur lalu Jl. Raya Sengkerang ke Jl. Raya Keruakand - Jl. Serumbung - Ekas dan sampai di Pemongkong. Setelah ini melewati hutan Sekaroh sekitar 9km menuju Jeeva Beloam lalu menuju Pantai Pink tetap lurus sampai di ujung jalan.

Harga Tiket : Gratis

 

13. KAMU BERANI MENAKLUKAN PUNCAK GUNUNG RINJANI? 

Siapa yang nggak kenal Gunung Rinjani yang tersohor itu? Gunung yang sudah menjadi ikon wisata alam Pulau Lombok ini mempunyai dengan ketinggian 3,726 mdpl dan merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia setelah Gunung Kerinci. 

via rinjaninationalpark.com 

via instagram.com/jerryhinargo_

via instagram.com 

Bagi yang pernah mendaki Rinjani pasti tahu gimana beratnya trek yang harus dilewati. Tapi semua lelah terbayar lunas saat memandang sepanjang perjalanan yang dipenuhi hutan hujan pegunungan rendah, savana yang luas dengan edelweis yang cantik, dan hutan hujan pegunungan tinggi. Makanya, banyak yang menyebut jalur pendakian Rinjani layaknya jalur bintang 5. 

via instagram.com/achmawanprima

via phinemo.com

via trekkingrinjani.com

via instagram.com/anthonyleonardhutagaol

Kalau Semeru punya Ranu Kumbolo, Rinjani memiliki Segara Anak. Menurut warga setempat, Segara Anak artinya anak laut. Hal itu karena air danau Segara Anak terlihat kebiru-biruan seperti air laut. Pemandangan alam danau Segara Anak nggak ada duanya. Pepohonan rindang, gunung, dan kilau air danau menjadi secuil kenikmatan surga dunia. 

via yukpiknik.com

via gunung-indonesia.com

Dari pinggiran danau, kamu juga bisa melihat kemegahan Gunung Batu Jari. Gunung yang berada di tengah-tengah Danau Segara Anak ini mengeluarkan sulfur dari kawahnya.

via instagram.com/ eni_jenikawati

via trekkingrinjani.com

 

Detail Informasi

Alamat: Balai Taman Nasional Gunung Rinjani, Jl. Arya Banjar Getas, Lingkar Selatan, Mataram, Lombok Barat.

Rute: 

Terdapat tiga jalur pendakian yaitu via Sembalun, via Senaru dan via Torean.  

Harga: - 

 

14. MENIKMATI OMBAK BERDERU DI SELA BEBATUAN PANTAI NAMBUNG 

Saat stress udah nggak terbendung, saatnya pergi ke Pantai Nambung. Pantai yang juga dikenal sebagai Tanjung Jagog ini memiliki keunikan yang pastinya mesti dikunjungin. Pantai Nambung memiliki keunikan berupa pasir yang bentuknya seperti merica lho. Nggak cuma itu, di Pantai Nambung juga terdapat air terjun asin Tanjung Jagog. 

via lombokgilis.com via instagram.com/mbah_makky 

Bukan air terjun seperti yang di gunung atau hutan ya, tapi deburan ombak yang besar memecah karang membuatnya terlihat seperti air terjun. Pantai Nambung memiliki bibir pantai cukup luas dengan pemandangan laut lepasnya yang indah serta jajaran perbukitan yang mengelilingi pantai.  

via instagram.com/ syafiqariffin

Pokoknya pantai ini menjadi salah satu pantai yang wajib dikunjungi kalau ke Lombok. Lokasi Pantai Nambung berada di dusun Nambung, sebuah desa kecil di perbatasan Lombok Barat. Kampung Nambung termasuk dalam wilayah Mawun Mas, Sekotong. Perjalanan ke pantai ini dari Mataram memakan waktu sekitar 2,5 jam berkendara.

via instagram.com/ kribo_double

via gotravelty.com

 

Alamat

Dusun Nambung, Desa Pengantap, Kecamatan Sekotong, Lombok Barat.

Rute : Dari Kota Mataram bisa dicapai ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan melalui rute Mataram – Gerung – Pertigaan Lembar ke kiri – Teluk Sepi – Pengantap. Akses sepanjang jalan sudah sangat baik dan diaspal. Setibanya di Pantai Nambung, kamu dapat menitipkan kendaraan di rumah-rumah penduduk yang menyediakan lokasi parkir yang aman. Untuk menuju ke sini tidak terlalu sulit, namun jika ragu Anda dapat bertanya pada warga sekitar.

Harga Tiket : Rp. 5000

 

15. BERMAIN DENGAN MONYET LIAR DI HUTAN PUSUK 

Kalau Bali punya monkey forest, Lombok punya Hutan Pusuk. Hutan eksotis yang dipenuhi dengan monyet-monyet liar berkeliaran dengan bebas. Hutan yang terletak diperbatasan Lombok Barat dan Lombok Timur ini dapat kamu capai dengan perjalanan sekitar 30 menit dari kota Mataram. 

via instagram.com/zoeraa_

via instagram.com/mesimesiana

Pusuk dalam bahasa sasak memiliki arti puncak. Ya, hutan ini memang terletak di puncak ketinggian sehingga pemandangan dan udaranya sangat menyejukan. Keindahan Hutan Pusuk memang nggak bisa dipungkiri. Ada banyak hal menarik yang bisa digali dan dinikmati setiap kali kita berkunjung ke hutan lindung yang satu ini. 

via instagram.com/natmujsaqib990

Meskipun disini banyak monyet liar berkeliaran dengan bebas, kamu nggak perlu khawatir karena mereka semua jinak. Kamu juga bisa melepas stress dengan memberi makan monyet-monyet yang kadang bertingkah lucu ini. 

via instagram.com/puchynisa

Selain ratusan monyet yang menjadi daya tarik dari hutan pusuk ini, ternyata kalau kamu mau meng-explore lebih jauh kamu akan menemukan pemandangan super kece dengan bukit-bukti hijau memandang sejauh mata memandang.

via beritalombok.tk

 

Detail Informasi

Alamat

Hutan kawasan Hutan Rinjani, Lombok

Rute : Rute menuju wisata pusuk jika dari arah Mataram, kita cukup melewati jalur Senggigi atau lewat Gunung Sari dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan.

Harga Tiket : Gratis

 

16. KEINDAHAN DAN KEUNIKAN PANTAI SEMETI YANG NGGAK ADA MATINYA 

Pantai Semeti ibarat surga yang masih tersembunyi di Pulau Lombok. Pasalnya, pantai ini punya pemandangan landscape tebing-tebing yang runcing betebaran di sepanjang pantai. Tebing-tebing tinggi menjadikan pantai ini terlihat seperti akuarium raksasa. 

via instagram.com/ramddanie

via wisatadilombok.com

Di balik kokohnya tebing-tebing, hidup bermacam biota laut yang luar biasa cantik. Jadi buat yang suka snorkeling, jangan lewatkan kesempatan menikmati bawah laut di Pantai Semeti. 

via instagram.com/_noviana

Suasana sunset di Pantai Semeti juga sangat cantik. Selain itu Pantai yang berada di Lombok Tengah ini berdekatan dengan pantai yang nggak kalah cantik juga seperti Pantai Mawi dan Pantai Selong Belanak. 

via wisatadilombok.com

via instagram.com/suhermansyah_

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Mekarsari, Kecamatan Praya Barat, Lombok Tengah. NTB 

Rute : Perjalanan dari Kota Mataram hingga ke Pantai Semeti memakan waktu 2,5 jam. Disarankan bila ke sini menggunakan motor saja, karena meski jalanan pantai bagus namun cukup sempit dan dapat menghambat waktu. Dari pos pembayaran retribusi tiket masuk ke kawasan pantai, ikuti jalurnya sepanjang 1 km kemudian ambil arah kiri menuju ke Pantai Semeti dan kanan jika ingin ke Pantai Mawi

Harga Tiket : Rp. 5000

 

17. KAMU PASTI NGGAK PERNAH BOSAN DENGAN GILI TRAWANGAN! 

Bagi sebagian orang, nggak komplit pergi ke Lombok kalau belum kunjungi Gili Trawangan. Pantai yang indah dengan pasir yang putih dan halus pastinya jadi daya tarik tersendiri. Nggak heran kalau Gili Trawangan populer di kalangan para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Lokasinya yang menarik juga sering dijadikan tempat event atau party diselenggarakan lho.  

via instagram.com/marinafm1

Untuk sampai ke Gili Trawangan nggak susah kok. Gili Trawangan bisa diakses dari Bali menggunakan fast boat hanya dalam waktu 1 jam dengan biaya nggak sampai Rp500.000. Nggak seperti dulu saat wisatawan harus melakukan penerbangan Bali - Lombok, dan melanjutkan perjalanan menggunakan perahu dari pelabuhan menuju Gili trawangan.

 

Penyeberangan dari Bangsal ke Gili Trawangan atau sebaliknya merupakan jalur yang paling banyak dilalui, hal ini karena banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pulau tersebut setelah mereka main ke Pulau Lombok terlebih dahulu. Penyeberangan dibuka setiap hari yaitu mulai pukul 08.00 WITA dan tutup pada pukul 17.00 WITA, tahun 2010 yang lalu jalur penyeberangan tutup pukul 15.00 WITA. 

via kelapavillas.com

Di Gili Trawangan banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan, dari mulai snorkeling, berjemur, main sama penyu, canoeing atau sesimpel cafe hopping. Intinya, Gili Trawangan ini semacam tropical paradise gitu lah.

via asiwebdirect.com

via trawangandive.com

via kadekarini.com

via gili-hotels.com

Selain memiliki panorama yang indah Gili Trawangan juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti penginapan hingga pusat latihan diving. Ya, di Gili Trawangan kamu bisa ikut kursus diving yang benar dan nggak merusak alam. Hampir semua operator diving di Gili Trawangan punya fasilitas lengkap, mulai dari kolam renang latihan sampai perlalatan diving dan kapal. 

via thesmartlocal.com

via instagram.com/vie_cherish

Kalo udah main ke Gili Trawangan, 1 hal yang nggak boleh kamu lewatin yaitu mampir ke icon dari pulau ini: ayunan di atas air dengan sunset sebagai background-nya. 

via nationalgeographic.co.id 

 

Detail Informasi

Alamat : Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara 

Rute : Setibanya di Pelabuhan Bangsal, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membeli tiket penyeberangan menuju Gili Trawangan, alasannya adalah karena perjalanan dari Pelabuhan Bangsal menuju Gili Trawangan harus menggunakan kapal kayu ataupun kapal cepat (fast boat). Terdapat loket penjualan tiket penyeberangan di sekitar pelabuhan tersebut. Antara Gili Trawangan dan Pulau Lombok dipisahkan oleh laut dan jaraknya sekitar 3 KM. Lama perjalanan dari Pelabuhan Bangsal ke Gili Trawangan sekitar 40 menit menggunakan kapal kayu  dan sekitar 7 menit menggunakan kapal cepat (fast boat).

Harga Tiket : Tiket menyeberang ke Gili menggunakan public boat melalui Pelabuhan Bangsal  Rp 20.000,-/orang. Menyeberang dengan carter fast boat melalui Pelabuhan Teluk Nare Rp 400.000,- dengan kapasitas maksimal 8 orang.

 

18. SELALU JATUH HATI PADA PANTAI SENGGIGI 

Ini dia pantai yang dari dulu sudah populer di seantero Lombok. Aksesnya yang mudah jadi alasan kenapa Pantai Senggigi selalu ramai. Pantai ini tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Lombok. Kamu bisa menempuh jarak 52 km atau kira-kira 20-30 menit untuk bisa sampai ke Pantai Senggigi. 

via instagram.com/steven_h.p

Pantai ini berjarak sekitar 50 km dari Pelabuhan Lembar. Selain pemandangannya yang bagus, di Pantai Senggigi kamu bisa dapetin beragam fasilitas kayak hotel murah, sarana transportasi, jasa pemandu wisata, penyewaan alat-alat snorkeling, dan lain-lain.

via instagram.com/rikamandani

Pantai Senggigi punya pemandangan sunset yang eksotis. Ketika pergantian waktu dari siang ke malam hari ini, langit Pantai Senggigi Lombok semakin menunjukkan keindahannya. Langit biru yang cerah semakin sore berganti memerah dan semakin merah ditambah dengan pemandangan matahari yang seolah-olah tenggelam dan akhirnya menghilang membuat suasana jadi makin romantis. 

via panduanwisata.id

via instagram.com/varianrstia

 

Detail Informasi

Alamat

Kecamatan Batu Layar, Lombok Barat

Rute : Pantai ini berjarak sekitar 20 menit di arah utara Kota Mataram. Kalau Anda dari Bandara Internasional Lombok, terdapat layanan bis Damri Bandara Lombok dengan tujuan langsung ke Senggigi dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam. Biayanya sebesar Rp35.000,-

Harga Tiket : Rp 15.000/orang

 

19. PURA BATU BOLONG, PURA CANTIK DIATAS BUKIT

Kalau kamu lagi ada di kawasan Senggigi, jangan sia-siain kesempatan buat mampir ke Pura Batu Bolong yang keren abis. Sepintas Pura ini memiliki suasana yang mirip sama Tanah Lot di Bali, terutama karena lokasinya yang ada di tepi pantai. 

via instagram.com/tooheer

via letenkyzababku.sk 

Nama pura ini diambil dari batu besar yang berada di Pura ini. Batu tersebut berbentuk bukit dan memiliki lubang di bagian pesisir pantai, konon dulu sebelum dibangun jalan besar lubang tersebut adalah akses jalan bagi para masyarakat sekitar untuk mencari kayu ke hutan Senggigi.

via instagram.com/_the.abby.berry

Ada juga beberapa mitos yang bilang kalau di tempat ini dahulu sering diadakan upacara pengorbanan seorang perawan untuk dipersembahkan kepada hiu sang penguasa lautan kala itu. Mitos lain ada juga yang mengatakan bahawa banyak wanita yang patah hati dan bunuh diri menerjunkan diri dari atas bukit. Benar atau nggak, Pura Batu Bolong tetap memiliki keindahannya sendiri. Dari atas sini kamu bisa menikmati keindahan gagahnya Gunung Agung. 

via instagram.com/ahmed25_al.ali

via kesiniaja.com 

 

Detail Informasi

Alamat : Jalan Senggigi Batulayar, Lombok Barat

Rute : Pantai ini berjarak sekitar 20 menit di arah utara Kota Mataram. Kalau Anda dari Bandara Internasional Lombok, terdapat layanan bis Damri Bandara Lombok dengan tujuan langsung ke Senggigi dengan waktu tempuh sekitar 1,5 – 2 jam. Biayanya sebesar Rp35.000,-

Harga Tiket : Rp. 20.000

 

20. PANTAI MAWI, SURGANYA PARA PEMBURU OMBAK 

Pantai Mawi ini lokasinya agak tersembunyi, berada di antara Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun di Lombok Tengah. Agak sulit mencari penunjuk jalan untuk menuju Pantai Mawi. Disebabkan karena posisinya yang berada di balik bebukitan. Dari Pantai Mawun diperlukan waktu kurang lebih 20 menit perjalanan untuk mencapai pintu masuk Pantai Mawi. 

via instagram.com/fendiwijanarko

via hellolombokku.com

Pantai Mawi punya pemandangan layaknya harta karun. Selain karena posisinya yang tersembunyi, Pantai Mawi juga punya keindahan yang seolah belum banyak terjamah oleh manusia. Di sini belum ada bangunan permanen, kecuali beberapa berugaq (semacam gubug) yang berdiri di sisi pantai untuk tempat beristirahat. 

via instagram.com/sarah_saraswatidewi

via seruji.co.id

Pantai Mawi selalu ramai oleh para pemburu ombak alias surfer. Katanya sih, pantai ini lebih familiar di telinga para penantang ombak mancanegara ketimbang tamu lokal. Ombaknya yang lumayan tinggi membuat pantai ini cukup populer walau promosinya sendiri hanya berasal dari mulut ke mulut di kalangan turis-turis itu. Kalau surfer pemula atau yang baru belajar berselancar lebih memilih belajar di Pantai Selong Belanak, surfer profesional biasanya akan memilih Pantai Mawi karena ombaknya yang lebih besar.  

via instagram.com/mustikasarri_

via surf-forecast.com

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Alamat

Jalan Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Selong Belanak, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Bar. 83572

Rute 

Dari bandara Internasional Lombok melalui Jl. Bypass Bandara belok ke kanan dan mengikuti Jl. Selong Belanak menuju Jl Pantai Mawi.

Harga Tiket Untuk wisatawan asing Rp.10.000/motor dan Rp.20.000/mobil sedangkan untuk wisatawan lokal Rp5.000/motor dan Rp. 10.000/mobil.

 

21. PEMANDANGAN INDAH DARI MERCUSUAR DI GUNUNG TUNAK 

Taman Wisata Alam Gunung Tunak berada Desa Mertak Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah lebih terpencil dan lebih susah dijangkau. Tempat wisata ini masih sepi, apalagi kalau kamu datangnya bukan saat hari libur. Bakalan serasa pantai milik sendiri loh! 

via instagram.com/adityaalazis

Taman wisata alam yang mulai banyak dikunjungi wisatawan sekitar tahun 2014 ini luasnya 1.217, 91 hektar. Dengan area yang luas, banyak sekali yang ditawarkan tempat ini, termasuk mengamati aneka satwa, terutama burung. Tapi kegiatan yang populer dilakukan wisatawan lokal adalah bermain-main di pantainya, jalan kaki menuju bibir tebing dan naik ke puncak mercusuar untuk melihat pemandangan yang nggak terhalang dari atas. 

via instagram.com/kak_ifull

Untuk menyusuri Gunung Tunak akan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Ditemani indahnya pemandangan sekitar, kamu bisa berjalan menyusuri pasir Pantai Bilasayak yang berwarna kuning cemerlang, menikmati ombaknya, lalu terus menaiki bukit di sisi kiri pantai, melihat garis pantai dari atas yang dibatasi dua bukit karang.

via flickr.com

via qodri.com

via instagram.com/rachmathasan

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Merta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah.

Rute : Dari Bandara Internasional Lombok, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk tiba di lokasi. Persis di depan pintu masuk TWA Gunung Tunak Anda akan disambut oleh Pantai Bumbang yang tak kalah eloknya. Pantai Tunak lokasinya sekitar 5 kilometer dari pintu masuk. Untuk mencapai pantai, kamu bisa menggunakan motor atau trekking.

Harga Tiket : Rp 10.000

 

22. KAMU BELOM KE LOMBOK KALAU BELOM MAMPIR KE PANTAI TANJUNG BELOAM 

Letaknya yang tersembunyi, bikin Tanjung Beloam masih alami. Siapa yang nggak kagum dengan pemandangan yang dimiliki pantai ini. Air laut yang biru jernih, tebing tebing dari batuan cadas yang berwarna kuning dengan sedikit hitam di bagian atas yang kontras dengan birunya air laut jernih. 

via instagram.com/amenkardian

via instagram.com/uchiha_wadana

Butuh sedikit perjuangan untuk ke tempat ini. Karena akses menuju Tanjung Beloam ini dijaga oleh satpam dengan ketat semenjak berdirinya sebuah hotel.Tapi, kabar baiknya adalah ada jalan alternatif untuk menikmati serpihan kecil surga ini dengan melewati hutan Jerowaru. Jarak dan waktu tempuh tergantung pada seberapa lihai kendaraan kamu berlari, tapi rata-rata dibutuhkan waktu 1,5 jam untuk sampai ke Tanjung Beloam dengan akses hutan Jerowaru.

via instagram.com/ramadhinsendy

via trivindo.com

Lokasi Tanjung Beloam merupakan tempat konservasi penyu dan fauna yang berada di sepanjang pantai dari Utara hingga ke Selatan. Kalau dilihat-lihat batu karang di Tanjung Beloam mengingatkan pada karang Tanjung Layar di Bayah, Banten ya? Tanjung ini juga punya berbatu yang nggak kalah menarik dengan Tanjung Ringgit. 

via instagram.com/acie_sachie

via traveloista.com

 

Detail Informasi

Alamat : Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur

Rute : Dari Kota Mataram menuju pantai ini memakan waktu 2 jam perjalanan. Sebelum mencapai Tanjung Ringgit, belok kanan ke sebuah jalan kecil. Sekitar 500 meter kemudian terdapat sebuah pendopo mini yang menandakan bahwa kamu telah tiba di kawasan Tanjung Beloam. Akses termudah memasuki pantai adalah melalui hotel Jeeva Beloam. Namun, bagi kamu yang ingin ke sana tanpa menginap di hotel bisa lewat jalur alternatif, yaitu melewati hutan jati dan mendaki bukit yang tinggi dan terjal dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Harga Tiket : Rp. 10.000

 

23. SUMBER AIR PANAS AIK KALAK, AIR PANAS DARI KAKI GUNUNG RINJANI 

Pemandian Air Panas Aik Kalak terletak di wilayah Gunung Rinjani. Setidaknya ada tiga titik Pemandian Aik Kalak (Pemandian Air Panas) yang terdapat di sekitar kaldera Danau Sagara Anak ataupun di tempat yang agak jauh dari kaldera Danau Sagara Anak. Tiga titik pemandian Aik Kalak tersebut adalah, Pemandian Selandir, Gua Payung dan Gua Susu. 

via vacationspotindonesia.wordpress.com 

via instagram.com/dondonce

Pemandian Aik Kalak ini dijadikan sebagai salah satu dari bagian Warisan Alam Geopark Rinjani, dimana sejak ahkir tahun 2014, di atas Pemandian Aik Kalak ini dipasang papan informasi mengenai keberadaan Pemandian air panas ini.

via pinterest.com

via instagram.com/rachmanbendol

Pemandian Aik Kalak yang terdapat disekitar kaldera Sagara Anak memberikan gambaran bahwa di sekitar lokasi tersebut terdapat sumber panas bumi yang cukup tinggi sehingga muncullah beberapa titik mata air panas. Masing-masing titik punya tingkat panas suhu yang berbeda-beda. Ada yang hanya sekitar 25-30 derajat celcius, hangat dan nyaman nih buat kamu berendam lama-lama. Tapi ada juga yang paling panas, yaitu 80 hingga 95 derajat celcius. Wah sudah hampir di titik mendidih itu sih, siapa yang berani coba?

via rinjaniwonders.com

 

Detail Informasi

Alamat

Kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, NTB.

Rute : Lokasi sumber mata air panas ini ada di dekat Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Untuk mencapai ke sini dari pos awal pendakian membutuhkan waktu sekitar satu hari trekking.

Harga Tiket :  Gratis 

 

24. PANTAI TEBING, GRAND CANYON RASA LOMBOK 

Masyarakat sekitar lebih akrab memanggil pantai ini dengan sebutan Pantai Luk, karena memang terletak di Desa Luk, Lombok Utara. Sedangkan wisatawan lebih mengenal dengan sebutan Pantai Tebing karena deretan tebing di sepanjang pantai.  Pantai Tebing itu unik. Sepintas tebing yang ada disini, mengingatkan kita pada Grand Canyon.

via instagram.com/awangdrmwn

via travelingyuk.com

Kamu bisa sampai kesini setelah menempuh perjalanan selama 1,5 jam dengan sepeda motor dari kota Mataram. Karena tempatnya yang belum ramai, akan sulit mencari penginapan disekitar pantai ini. 

via instagram.com/villabhuvana

via instagram.com/helloadera

via instagram.com/yndazzikra

Siap-siap kagum dengan tebing kapur putih kecoklatan yang tinggi menjulang yang ada di pantai ini. Keindahan setiap lekukan tebing seolah merupakan hasil dari alat pahat raksasa. Padahal beberapa sumber mengatakan kalau tebing ini terbentuk dari endapan awan panas yang merupakan fragmen koral hasil tsunami akibat letusan gunung. Jadi bisa dibilang tebing kapur putih itu merupakan “monumen” dari letusan gunung Samalas atau gunung Rinjani Tua atau yang sekarang dikenal sebagai gunung Baru Jari.  

via instagram.com/andrianpurnomo

via beritadaerah.co.id

via instagram.com/garychewo

 

Detail Informasi

Alamat

Jl. Raya Bayan, Rempek, Gangga, Kabupaten Lombok Utara

Rute : Tempat ini berjarak sekitar 42 km sebelah utara Kota Mataram atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan. Anda bisa menggunakan mobil, motor atau angkutan umum. Tarif angkutan umum dari Terminal Mandalika di Mataram ke Pantai Tebing sekitar Rp25.000,- per orang. Letak pantai ini ada di belakang SMPN 2, dengan akses masuk dari jalan raya kurang lebih 200 meter.

Harga Tiket : Parkir Rp 5.000

Lombok memiliki banyak pesona yang ditawarkan; mulai dari adatnya, keindahan alam air terjun, tebing hingga pantai yang pastinya gak boleh dilewatin. Lombok adalah paket lengkap buat kamu yang ingin liburan mantap. Yuk, cari tiket pesawat dan siap-siap buat eksplor Lombok!


Penulis
Penulis Prita Hersty
Pecinta coklat dan alpukat. Kadang susah diurus dan misi untuk mencari dinosaurus.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.