Jawa Barat - 86 Hits

Gak usah pundung, saat punya tugas yang menggunung. Ini saatnya kamu jelajahi Negeri ini lagi! Kabar baiknya, kamu gak perlu pergi jauh dari Jakarta, buat nikmatin liburan yang penuh dengan cerita. Yuk, lihat inspirasi 14 tempat berwisata di Sumedang yang dekat dengan Jakarta. 

 

1. Mendaki Gunung Tampomas untuk Berkenalan dengan Alam

Mendaki gunung adalah salah satu cara mencintai alam. Gunung Tampomas yang memiliki ketinggian 1.684 meter dari permukaan laut dan terletak di Sumedang ini memiliki keindahan alam yang bakal membuatmu jatuh cinta dan lupa akan kejenuhan perkotaan. 

via instagram.com/adamlukman

via instagram.com/egalesmana3

Gunung Tampomas merupakan gunung berapi yang memiliki sumber air panas yang keluar di daerah sekitar kaki gunung.  Selain itu, kawasan Hutan Gunung Tampomas termasuk dalam tipe hutan hujan pegunungan yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna. Selain bertenda dan menikmati alamnya langsung, kamu juga bisa menyewa hammock untuk bersantai. 

via instagram.com/yusufzmutaqin

via instagram.com/dronesumedang

Bayangkan menikmati alam dengan suasana yang romantis di puncak Gunung Tampomas. Dari sini, kamu juga bisa melihat pemandangan kota Sumedang dan sekitarnya. Puncak Gunung Tampomas juga disebut dengan nama Sangiang Taraje oleh penduduk setempat. 

via instagram.com/amel_melamel

via instagram.com/rullyandriansyah93

 

Detail Informasi

Alamat

Kecamatan Cimalaka, Buah Dua, Conggeang, Tanjungkerta dan Cibeureum, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

Rute

Bandung - Sumedang - Cibeureum Wetan - Cimalaka, sejauh ± 53 Km Cirebon - Kadipaten - Cibeureum Wetan ± 74 Km Dari Cibeureum Wetan - Cimalaka menuju lokasi (pintu masuk kawasan) ± 6 Km, dengan kondisi jalan berbatu.

Harga Tiket Rp.3000/ orang

Tarif Parkir Rp.2000

 

2. Mengunjungi Air Mancur Eksotis Curug Ciputrawangi

Saat ingin menuju Puncak Gunung Tampomas, kamu akan melewati hidden-spot yang cantik dan gak boleh kamu lewatkan yaitu Curug Ciputrawangi. Curug ini masih dalam Kawasan Taman Alam Gunung Tampomas atau terletak di Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang. 

via reservasi.com

via instagram.com/tony_wintapraja

via instagram.com/ridwanphotoart

Berlokasi di tengah hutan, di antara daun rimbun membuat Curug Ciputrawangi masih terjaga keasriannya. Makanya, curug ini juga jadi sumber air minum berbagai satwa liar macem macan kumbang, babi hutan, landak hutan dan monyet. 

via instagram.com/gagan_dhunter

via instagram.com/al_afth

Curug Ciputrawangi memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan kolam jatuhannya hanya setinggi lutut orang dewasa. Kamu bisa aman untuk menikmati guyuran air terjun yang dingin dan menyegarkan. Namun, jangan menggunakan shampo atau sabun ya agar keasrian Curug Ciputrawangi selalu terjaga.

via instagram.com/andikagumi

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Narimbang, Kecamatan Conggeang, Sumedang.

Rute

Setelah melewati pusat kota Sumedang, tepatnya di kawasan Cibeureum, ambil  rute berbelok menuju  Jalan Legok-Conggeang. Sekitar 500 meter setelah SDN Narimbang I, kamu akan menemukan persimpangan menuju jalan Obobjong. Ikuti terus jalan itu sampai Anda menemukan plang penanda curug Ciputrawangi.

 

3. Nikmati Birunya Mata Air Situ Cilembang

Situ atau Danau Cilembang terletak di Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat. Walau letaknya tersembunyi, danau yang diperkirakan memiliki kedalaman sekitar tiga meter ini kini jadi salah satu primadona wisata Tanah Pasundan karena keeksisannya di jejaring sosial. 

via instagram.com/ridzal.fdl_

Pepohonan yang rimbun, air jernih dan berwarna biru jadi daya tarik Situ Cilembang yang masih asli. Untuk menjaganya, kawasan ini sekarang masih dikelola oleh  pemuda Karang Taruna setempat dan pengunjung gak dikenakan biaya masuk. 

via instagram.com/tyuniar93

via instagram.com/adhip4

Karena kejernihan air di Situ Cilembang, kamu bisa melihat kumpulan ikan-ikan yang hidup di danau dengan mata telanjang. Tapi, jangan tergoda untuk berenang dan mencelupkan anggota tubuh di Situ Cilembang ya. Kegiatan ini tentunya dilarang untuk menjaga keaslian alam. Cukup menikmati dari atas bebatuan yang mengelilingi danau aja ya! 

via instagram.com/baguslanaa

via instagram.com/adhip4

 

Detail Informasi

Alamat

Dusun Curug, Desa Hariang, Kecamatan Buahdua, Sumedang, Jawa Barat

Rute

Dari Sumedang, susuri Jalan Raya Bandung-Cirebon, kemudian belok kiri melewati Jalan Cimalaka. Lalu terus melalui Jalan Tanjungkerta, Cigarukgak, lalu Desa Hariang, kecamatan BuahDua, Kabupaten Sumedang. 

Harga Tiket Gratis

Tarif Parkir Rp.2000

 

4. Uji Keberanian di River Tubing Cipancar

Lupakan drama kemacetan, saatnya uji keberanianmu dengan aktivitas River Tubing. Sungai Cihonje yang terletak di Kecamatan Sumedang Selatan, bukan hanya memiliki air yang jernih tapi juga arus yang pas untuk bermain River Tubing. Gak heran jika sungai yang berhulu di hutan Margawindu dan bermuara ke Sungai Cipeles ini dipenuhi ban dalam mobil berpenumpang manusia.

via instagram.com/arifkoswara

Terdapat dua pilihan jarak yang bisa kamu coba untuk bermain River Tubing. Untuk mencoba jarak jauh yaitu lebih dari 1 km dan memakan waktu sekitar 1-2 jam, kamu bisa menjajalnya di Desa Citengah dan selesai di jembatan Kampung Ciawitali, Desa Cipancar. Saat mencoba jalur ini, kamu akan disuguhi pemandangan sawah dan juga hutan di sisi kiri dan kanan sungai. 

via instagram.com/arifkoswara

Namun, jika kamu ingin mencoba jarak dekat, kamu bisa mencoba River Tubing dengan jarak luncur hanya 200 m. Untuk jalur ini, kamu harus mengunjungi tempat wisata yang berada di paling ujung kampung dan berdekatan dengan hutan di perkebunan teh Margawindu.

via instagram.com/kalahariadventure

via instagram.com/ekaambarw

Apa pun pilihan jarakmu, River Tubing Cipancar adalah aktivitas yang gak boleh kamu lewatkan saat ingin berkunjung ke Sumedang!

via sumedangtandang.com

via instagram.com/kalahariadventure

 

Detail Informasi

Alamat

Sungai Cihonje, yang membelah Desa Citengah hingga Desa Cipancar. 

Rute

Dari Bandung : Terminal Ledeng – Jalan Cagak, Jalan Sagala herang—Jalan Serangpanjang hingga akhirnya sampai di  Desa Cipancar. Dari Jakarta: Keluar Tol Sadang – Wanayasa dan akhirnya sampai Desa Cipancar.

Harga Paket Rp. 85.000/orang

 

5. Melihat Keindahan Waduk Jatigede dari Puncak Damar Baros

Waduk Jatigede memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Untuk menikmatinya, kamu bisa mengunjungi Puncak Damar Baros yang gak kalah menawakan keindahan alam dan wisata keluarga lainnya seperti gazebo, camping ground, outbound dan tempat bermain anak-anak.

via instagram.com/sifjr97

via instagram.com/novianyelsa22

Hal utama yang ditawarkan dari Puncak Damar Baros adalah view deck untuk menikmati Waduk Jatigede dari kejauhan. View deck berukuran 3x9 meter ini terbuat dari kayu dan kamu bisa ber-selfie ria di salah satu sudutnya. Gak heran, banyak orang yang berfoto di sini dan mengunggahnya di jejaring sosial. 

via instagram.com/rivlythiasm

via instagram.com/richo_adhitya

via instagram.com/aefsaepudin63

via puncakdamarjatigede.com

 

Detail Informasi

Alamat

Petak 24 RPH Ciboboko BKPH Cadasngampar Desa Paku Alam Kecamatan Darmaraja. 

Rute

Lewati Jalan kawasan hutan serta jalan Desa Paku Alam - Situraja.

Harga Tiket Rp.5000/orang

Tarif Parkir Rp.5000/mobil dan Rp2000/motor

 

6. Merasakan Keromantisan Curug Cinulang 

Keromantisan Curug Cinulang bukan hanya ada karena lagu cinta yang dinyanyikan oleh seniman Sunda legendaris yaitu (alm) Darso, tapi juga karena keindahan natural yang memanjakan mata, apalagi kalau dinikmati bersama sang kekasih hati. Etapi, jangan baper dulu! Karena lokasi wisata ini juga cocok untuk tujuan liburan bersama teman-teman kok. 

via instagram.com/sdverdana

Curug Cinulang atau disebut juga Curug Sindulang terletak di perbatasan antara Kabupaten Bandung dengan Kabupaten Sumedang. Curug Cinulang tepatnya berada di kawasan hutan lindung Gunung Masigit Kareumbi. Curug ini memiliki dua jenis air terjun dengan ketinggian yang hampir sama, yaitu sekitar 50m. Air terjun pertama dengan aliran air yang cukup deras, sedangkan yang kedua terletak sekitar 5m dengan debit air yang tidak sebesar yang pertama.

via instagram.com/riyantosugih

Terdapat bebatuan besar di sekitar Curug yang membuat air terjun ini semakin magis. Angin yang lumayan kencang terutama pada musim hujan membuat sensasi yang beda saat berada di Curug Cinulang. 

via instagram.com/alvitoindrawan

via instagram.com/why_ajie

via instagram.com/dzank.ahmad

Curug Cinulang gak memiliki kolam alami seperti air terjun lainnya, jadi kegiatan berenang atau bermain di bawah air terjun sangatlah gak disarankan.  Tapi, bukan berarti kamu gak bisa basah-basahan, karena main-main di air jatuhannya pun pasti bikin kamu seger banget.

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Sindulang, kecamatan Cimanggung Sumedang.

Rute

Melalui jalur tol Cipularang, lalu keluar di Pintu Tol Cileunyi dan terus ke Jalan Bandung, Garut/Tasik. Setelah kilometer 11, di area sebelum Cicalengka di persimpangan Desa Cikopo, terdapat papan petunjuk ke lokasi wisata. Lalu terus ke arah timur sekitar 8 km hingga akhirnya sampai ke gerbang pintu wisata.  

Harga Tiket Rp.3000/ orang

Tarif Parkir Rp.2000

 

7. Lupakan Waktu dengan Mendaki Puncak Gunung Batu 

Gunung Batu terletak berdampingan dengan Gunung Geulis dan merupakan salah satu wisata alam kekinian yang sedang naik daun. Perjalanan panjang menuju puncak gunung akan terbayarkan dengan pemandangan hijau yang terhampar sepanjang perjalanan dan udara sejuk Jatinangor serta Cileunyi dari ketinggian.

via instagram.com/vierinaufal

Puncak Gunung Batu disebut juga sebagai Bukit Panorama Jatinangor. Selain dari Jatinangor dan Sumedang, biasanya pengunjung kawasan ini juga berasal dari Kabupaten Garut dan Tasikmalaya.  Di bukit yang unik ini, banyak terdapat spot foto yang instagramable. Gak heran kalau pengunjung kawasan ini biasanya anak muda.

via instagram.com/dheymaulana 

via instagram.com/ihsanmursid

via instagram.com/josbinsar 

via instagram.com/fandotz

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Rancabawang, Kecamatan Tanjungsari. 

Rute

Masuk dari Jalan Pamegarsari Tanjung Sari, Sumedang.

 

8. Gak Mau Pulang Kalau Udah Main ke Mata Air Sirah Cipelang

Mata Air Cipelang atau yang biasa disebut dengan Sirah Cipelang terletak di lereng Gunung Tampomas. Mata air ini mempunyai kedalaman sekitar dua meter dan bagian hilirnya dibuat penampungan sekitar 10 meter. Mata Air Cipelang dikelilingi oleh pepohonan, bebatuan dan memiliki air yang jernih banget.

via instagram.com/ridzal.fdl_

via instagram.com/ridzal.fdl_

via instagram.com/meilamariyah

Saking jernihnya, kamu bisa melihat ikan-ikan yang ada di Mata Air Cipelang. Selain berenang, kamu juga bisa berfoto di dalam air bersama ikan-ikan. Mata Air Cipelang juga digunakan sebagai saluran irigasi yang berfungsi sebagai sumber air bagi perkampungan warga seperti keperluan MCK, perkebunan, ladang dan peternakan.

via instagram.com/chepybennington_

via ridwanderful.com

via ridwanderful.com

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Cipamekar, Kecamatan Conggeang, Kabupaten Subang, Propinsi Jawa Barat.

Rute

Dari Sumedang - Perempatan Cimalaka - Pertigaan Legok - Kecamatan Conggeang, Desa Cipamekar. Patokannya adalah Bank BRI Cipamekar. 

Dari Bandung - Cibiru - Cinunuk - Jatinangor (melewati Kampus IKOPIN, ITB & UNPAD) - Sumedang Kota (melewati Gunung Kunci & Makam Cut Nyak Dien) - Perempatan Cimalaka - Pertigaan Legok - Kecamatan Conggeang - Desa Cipamekar - Bank BRI Cipamekar.

 

9. Pacu Adrenalinmu dengan Wisata Paralayang Batu Dua di Gunung Lingga

Suka dengan olahraga yang menantang? Yuk pacu adrenalinmu dengan paralayang di Batu Dua Gunung Lingga. Batu Dua merupakan salah satu lereng bukit yang berada di kawasan Gunung Lingga, Desa Cimarga, Kecamatan Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Terbang dari lereng dengan ketinggian 930 mdpl ini akan memberikan pengalaman yang berbeda dengan pesona alamnya yang memesona.

via instagram.com/chozta_adonara

via instagram.com/de.riss

Di Batu Dua, kamu bisa melayang di udara sejauh 45km dengan durasi sampai tiga jam. Karena terdapat beberapa titik termal (uap panas bumi), kamu bisa menerbangkan paralayang lebih tinggi lagi lho! Bahkan hingga 1000 mdpl. Seru, kan?

via instagram.com/prasadja_

via blog.na-nang.com

via blog.na-nang.com

Sangat ingin pergi ke sini, pastikan kamu mempersiapkan perlengkapan kameramu ya karena pemandangan yang menakjubkan ini sangat sayang jika kamu lewatkan begitu saja.

via instagram.com/rasyahrillll

Karena keunikan dan keindahan alamnya, Gunung Lingga ini sudah menjadi lokasi Kejuaraan Paralayang nasional dan internasional. Untuk mencoba Paralayang, kamu membutuhkan lisensi tersendiri. Tapi, jangan khawatir. Kamu bisa terbang tandem dengan pilot paralayang profesional yang siap menemanimu. Jadi, berani coba?

via tribunnews.com

 

Detail Informasi

Alamat

Cimarga, Cisitu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.

Rute

Menggunakan angkutan Umum Sumedang - Wado, turun di pertigaan Corenda. Naik ojeg ke daerah Batu Dua Cimarga. 

Menggunakan kendaraan pribadi (roda dua/roda empat) dari Sumedang menuju ke Darmaraja, belok kanan di pertigaan Corenda. Menyusuri jalan besar menanjak sampai ke Batu Dua.

Harga Tiket Rp.350.000 – 500.000.

 

10. Basah-Basahan di Mata Air Cikandungan

Satu lagi obyek wisata mata air di Sumedang yang akan memanjakan matamu dengan alam yang asri. Mata Air Cikandung terletak di Desa Nyalindung, Cimalaka, Sumedang dan merupakan mata air dari pegunungan Tampomas yang memiliki debit air 1200 liter/detik. 

via instagram.com/ardienugrahas

via instagram.com/nizaramrullah

 via instagram.com/tajunoor

Salah satu keunikan dari Mata Air Cikandung adalah gak pernah surut, bahkan pada musim kemarau. Mata air yang ditampung dalam sebuah kolam berukuran 30x30 meter ini juga memiliki mitos bisa menyembuhkan penyakit lho. Percaya gak percaya, ya? 

via instagram.com/cahyaanugrah

via instagram.com/yogiiadam

via instagram.com/moal_ulinah

Terletak di bawah pepohonan, membuat lokasi Mata Air Cikandung terasa sangat sejuk dan tenang. Belum lagi, airnya yang jernih bisa membuat kamu betah berlama-lama berenang di sini.

via instagram.com/dzakinurmuhammad

via travelingyuk.com

via instagram.com/sdverdana

 

Detail Informasi

Alamat

Dusun Sukasari, Desa Nyalindung, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang.

Rute

Dari Sumedang menggunakan Jalan Raya Cimalaka Cipadung melewati Jalan Cinapeul - Jalan Wanta KS dan Jalan Pangeranbungsu lalu ke Jalan Bandung - Palimanan/ Jalan Raya Cimuja/ Jalan Raya Cirebon - Bandung di Cimuja. 

 

11. Kamu Pasti Terpukau Sama Keindahan Waduk Jatigede!

Kini Waduk Jatigede bukan hanya bermanfaat secara fungsional, tapi juga menjadi destinasi wisata baru. Waduk dengan kapasitas tampung 979,5juta meter kubik ini juga menawarkan keindahan alam di sekelilingnya. Puncak bukit yang berpadu dengan hamparan air biru membuat suasana Waduk Jatigede semakin romantis. 

via instagram.com/yogamp

via instagram.com/jinggaayut

via instagram.com/safwahmum

Menikmati Waduk Jatigede paling asyik dari ketinggian, selain kamu bisa melihat si Waduk Jatigede secara keseluruhan sehingga keindahannya pun akan terpampang nyata, kamu juga jadi bisa bawa pulang profile picture super stunning dengan background berkelas. 

via instagram.com/idhayhidayat

via instagram.com/iramufidah

via instagram.com/akmalfadlu2051

Masih banyak rencana yang akan dibangun di waduk terbesar kedua se-Asia Tenggara ini. Rencananya di Waduk Jatigede akan dibuat Waterboom, hotel, zona pemancingan dan argo wisata lainnya. Bagaimana menurutmu?

via thejakartapost.com

 

Detail Informasi

Alamat

Membendung aliran Sungai Cimanuk di wilayah Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Rute

Dari Sumedang melewati Jalan Raya Wado - Sumedang/ Jalan Lkr Sumedang - Wado.

Tarif Parkir Rp.5000/motor dan Rp.10.000/mobil

 

12. Cuti Kamu Masih Banyak? Main Aja ke Curug Cibayawak!

Curug Cibayawak berlokasi di Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo. Sumedang memiliki banyak wisata curug atau air terjun yang memesona dan memiliki keunikan tersendiri. Nah, kalau kamu pecinta wisata air dan Curug, jangan kelewatan mengunjungi Curug Cibayawak ini ya. 

via instagram.com/tensu_sugiyonohungkul

Walaupun gak begitu jauh, kamu harus berjalan kaki untuk menuju lokasi. Curug Cibayawak merupakan air terjun yang gak terlalu tinggi. Kamu bisa naik ke dinding batu dan duduk sambil menikmati Curug Cibayawak dari atas. Kamu juga bisa melompati batunya untuk tes adrenalin kamu, tapi hati-hati ya!  Inilah yang jadi fitur utama dari wisata alam Curug Cibayawak.

via instagram.com/sihumas66

via sumedangtandang.com

Kolam Curug Cibayawak gak terlalu dalam, sehingga kamu bisa bermain di bawah air terjunnya. Kamu bisa berenang dan menikmati airnya yang sejuk.  Curug ini dikelilingi oleh pepohonan hijau, bahkan dasar dari kolam pun berwarna hijau yang menambah keeksotisan dan keindahan Curug Cibayawak. 

via instagram.com/suwandi8844

via facebook.com/inisumedangcom

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Jembarwangi, Kecamatan Tomo, Sumedang. 

Rute

Dari Sumedang - Jl Cinapeul, Jl Wanta Ks dan Jl Pangeranbungsu ke Jl. Bandung - Palimanan/ Jl Raya Cimuja/ Hl Raya Cirebon - Terus ke Jl Fatmawati menuju Cirendang dan sampai ke Desa Jembarwangi.

Tarif Parkir ± Rp.2000

 

13. Rayakan Momen Balikan Sama Mantan Dengan Arung Jeram di Pangcalikan

Satu lagi olahraga yang bisa memacu adrenalin kamu! Yap, wisata rafting atau arum jeram juga terdapat di Sumedang lho yaitu di Pangcalikan. Cocok buat kamu yang baru aja balikan sama mantan supaya hubungan kamu berdua makin erat. 

via pancalikanraftingadventure.blogspot.co.id

Sungai Cipeles mengalir diantara dua desa, yaitu Citepok dan Sukatali, Kecamatan Situraja. Daerah aliran Sungai Cipeles memiliki kontur yang menarik. Di beberapa kawasan Pangcalikan ini, sungai diapit oleh dua tebing batu dan pepohonan yang rimbun. Itulah yang menambah keseruan arum jeram Pangcalikan. 

via instagram.com/rakeannarendra

via instagram.com/rakeannarendra

Daerah Pangcalikan ini, memiliki kedalaman yang bervariasi, mulai dari empat meter hingga 12 meter. Jika debit air sedang besar, kamu bisa berarum jeram selama 2-3 jam dan 3-4 jam ketika sedang kecil. Waktu yang lumayan lama untuk memacu adrenalin, bukan?

via instagram.com/rakeannarendra

via twitter.com/DTurjana

 

Detail Informasi

Alamat

Sungai Cipeles, Desa Citepok, Kecamatan Paseh, Kabupaten Sumedang.

Rute

Dari Jakarta - Tol Padaleunyi - Sumedang - Alun-alun Sumedang - Jl. Raya Bandung-Cirebon - Jl Sebelas April, - Cipadung Situraja - Jl. Sumedang-Cibeureum. 

Dari Bandung melalui Jl. Soekarno-Hatta - Bundaran Cibiru - Cileunyi, Jatinangor, Tanjung Sari - Sumedang -  Alun-alun Sumedang - Jl. Raya Bandung-Cirebon - Jl Sebelas April, - Cipadung Situraja - Jl. Sumedang-Cibeureum. 

 

14. Lemesin Syaraf Yang Kenceng Dengan Hiking Selow ke Gunung Kerenceng

Kabut yang mistis tapi juga romantis bisa kamu temui di Gunung Kerenceng. Gunung yang memiliki ketinggian 1712 mdpl ini terletak di perbatasan antara Bandung dan Sumedang wilayah Rancaekek-Cipacing, tepatnya di Desa Tegal Panggung Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. 

via instagram.com/akmalhavizh

via instagram.com/riekysg

Untuk mendaki Gunung Kerenceng, kamu bisa menuju ke titik awal pendakian yaitu daerah Jambu Aer atau Situ Hiang, dan Desa Tegal Manggung. Saat menuju Puncak Gunung Kerenceng, kamu akan menemukan sejumlah pemukiman warga serta kebun garapan berupa kol, cabe dan sayuran lainnya. 

via instagram.com/nooooradam

via instagram.com/riekysg

via instagram.com/riekysg

Butuh waktu kurang lebih tiga jam untuk sampai ke titik tertinggi Gunung Kerenceng. Puncaknya berupa kerucut kecil yang hanya memiliki luas sekitar 2,5 m2 sehingga gak cocok untuk mendirikan tenda. Di puncak inilah kamu bisa menemui kabut tebal, walaupun di siang hari. Hamparan hijau yang luas terlihat di sejauh mata memandang dari Puncak Gunung Kerenceng. 

via instagram.com/asadhizbullah

via travel.kompas.id

Karena puncaknya yang kecil dan tidak bisa berkemah di Puncak Gunung Kerenceng, Pendaki biasanya langsung turun setelah menikmati keindahan dari atas. Setelah turun, kamu bisa melanjutkan pendakian ke Gunung Kareumbi atau ke perkampungan warga untuk menuju Curug Cinulang. Kira-kira mana yang jadi pilihanmu?

 

Detail Informasi

Alamat

Desa Tegal Panggung Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang.

Rute

Pendakian Gunung Kerenceng dimulai dari Kmpung Jambuaer maupun Kampung Sayuran di Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. Selain dari Kampung Jambuaer, titik pendakian bisa mulai dari Kampung Situhiang, Desa Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung.

 

Nah, banyak banget kan wisata seru di Sumedang? Udah gitu, lokasinya pun gak jauh dari Jakarta jugaan. Cus lah, gak usah pikir panjang, segera packing tas kamu dan meluncur ke Sumedang.


Penulis
Penulis Prita Hersty
Pecinta coklat dan alpukat. Kadang susah diurus dan misi untuk mencari dinosaurus.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.