Jawa Barat - 89 Hits

Hi gengs! Kamu udah pernah ke Kuningan belum? Eits, ini bukan Kuningan yang ada di Jakarta loh ya melainkan Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kalo kamu belum pernah atau emang lagi ada rencana untuk main kesini tapi bingung mau kemana, tenang! Tamasyeah akan kasih rekomendasi kece biar kamu bisa liburan sambil ukir kenangan manis di 17 wisata cadas di Kuningan ini.

 

1. EKSPLORASI EKSOTIS DI TELAGA REMIS 

Yow gengs, spot cadas pertama adalah Telaga Remis nih. Sebuah danau yang berada di Desa Kaduela ini cocok banget buat kamu yang pengen liburan sambil eksplorasi eksotis sambil menikmati keindahan  alam yang dibalut dengan hutan pegunungan Gunung Ciremai.

via disparbud.jabarprov.go.id 

via instagram.com/zidanyazidhimawan

via instagram.com/sinta.l

Fasilitasnya juga cukup komplit kok, ada tempat jajan, saung untuk bersantai, pos jaga, instalasi air bersih, tempat sampah yang terletak di banyak spot dan tentunya mushola dan toilet dong. Bukan Cuma itu aja, kalo kamu mau eksplorasi seru ala-ala Dora (#eh) bisa juga nih naik wahana air yang tersedia di sana kayak sepeda air dan perahu motor.

via piknikasik.com

via budayacirebon.wordpress.com

via instagram.com/budiyantoade

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Rute: untuk bisa sampai ke Telaga Remis, kalian harus menempuh jarak 37km dari Kuningan atau 12km dari arah Cirebon.

Alamat: Kadeula, Pesawahan, Kabupaten Kuningan , Jawa Barat 45559.

Harga Tiket: Rp 7.500,-/orang dan Parkir sebesar Rp. 1.000,- (motor), Rp. 2.500,- (mobil), dan Rp. 5.000,- (bus).

 

2. KEMAH SERU ALA PALUTUNGAN SAMBIL MANDI LUCU DI CURUG CIPUTRI 

Nah, rekomendasi cadas pertama ini terletak di punggung Gunung Ciremai gengs, yaitu Palutungan. Banyak banget spot keren yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga atau sahabat. Salah satunya yang terfavorit disini gak lain dan gak bukan adalah hutan pinus yang super estetik gengs.

via instagram.com/therika21

via instagram.com/grefisesar

via instagram.com/oesant

via instagram.com/hwidjajafamily

Buat kamu yang tertarik untuk berkemah di Buper Palutungan tapi gak punya peralatan kemahnya, gak usah khawatir! Karena pihak pengelola udah siap memfasilitasi kamu loh gengs. Jadi kamu tinggal bawa badan kamu aja, dan bayar harga tiket camping + pelayanan sebesar Rp . 50.000,- per-orang, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitasnya.

via instagram.com/almutaqin46

via instagram.com/mendapvtra

via instagram.com/sandyppratama

Nggak cuma camping, kamu juga bisa main air di Curug Ciputri loh! Curug yang terletak di dalam kawasan Bumi Perkemahan Palutungan ini dikelilingi tebing terjal dan juga pepohonan rimbun yang dijamin bakal bikin kamu betah lama-lama di sini.

Spot cadas di Kuningan 2 

via instagram.com/eddista13

via instagram.com/iqbalridwan88

via instagram.com/fajar.kybo

Untuk sampai ke Curug Ciputri ini, kamu hanya perlu berjalan kurang lebih 200 m dari Buper Palutungan kok. Nggak terlalu jauh lah ya dan lumayanlah itung-itung sambil bakar kalori kamu, hehe. 

via komunitas-semut.blogspot.com 

 

Detail Informasi

Rute: Untuk sampai ke Palutungan dan Curug Ciputri ini kamu hanya perlu menempuh perjalan kurang lebih 10km dari kota Kuningan.

Alamat: Cisantana, Cigugur, Kuningan Regency, Jawa Barat 45552, Indonesia.

Harga masuk:  Rp. 13.000,-/orang (+asuransi), Harga camping + pelayanan Rp. 50.000,-/orang,  Tiket parkir Rp. 5.000,- (motor) dan Rp. 10.000,- (mobil).

 

3. SNORKELING ALA-ALA DI TELAGA NILEM

Gengs, selanjutnya adalah tempat ke 3 dari list liburan sambil ukir kenangan manis di 17 wisata cadas di Kuningan. Yaitu Telaga Nilem, sebuah telaga yang sebetulnya berada di dalam kawasan Telaga Remis loh. Jadi kalau kamu mau kesini, bisa sekalian mampir juga ke Telaga Remis karena 1 tiketnya sudah termasuk untuk 2 telaga ini. 

via instagram.com/fannyterry

via instagram.com/trs9ramdani

via twitter.com/dewahoya

Telaga Nilem ini emang lagi terkenal di kalangan traveler, gengs. Sering seliweran di explore Instagram karena emang air di Telaga Nilem ini super jernih yang bikin dasar kolamnya keliatan dengan jelas. Gak heran kalo banyak yang akhirnya share foto mereka lagi snorkeling ala ala di Telaga Nilem ke Instagram.

via kesiniaja.com

via instagram.com/rezki_tamma

Gak cuma snorkeling, saking jernihnya kamu jadi bisa selfie di bawah air dengan pemandangan bawah airnya yang berupa formasi batuan yang menyerupai terumbu karang dan tanaman air yang keliatan seperti rumput laut. 

via instagram.com/rezki_tamma

via instagram.com/ahmad_firmansyah24

 

Detail Informasi

Rute : 24 Km dari kota Cirebon, berada dalam kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai

Alamat : Kaduela, Kecamatan Pesawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Harga Tiket: Rp 7.500,-/orang dan Parkir sebesar Rp. 1.000,- (motor), Rp. 2.500,- (mobil), dan Rp. 5.000,- (bus)

 

4. MAIN IKAN DI SITU CICEREM, PEMANDANGANNYA PASTI BIKIN KAMU KESEMSEM 

Saat udah memasuki long weekend, kalau kamu udah bosen sama Jakarta yang sumpek, mending piknik ke Kuningan aja! Ada loh tempat wisata super unik yang terletak persis di bawah kaki Gunung Ciremai, namanya Situ Cicerem. 

via sindonews.com

via instagram.com/hens4m

Air di Situ Cicerem ini jernih banget dan ditambah suasanya juga sejuk. Gak cuma itu aja, yang bikin unik di sini kamu bisa berenang sambil ngasih makan ikan mas. Cocok banget buat kamu yang emang pengen refreshing sambil foto ala-ala bareng ikan mas. 

via astiafm.com

via instagram.com/rickorasyidinanto

Karena saking biru dan jernihnya air di sini, Situ Cicerem ini sering juga disebut sebagai Telaga Biru. Waaahh instagramable abis ya gengs.   

via instagram.com/winreds0701

via instagram.com/azis.azhari

 

Detail Informasi

Rute : dari Cirebon atau Kuningan, lanjutkan perjalanan menuju Bundaran Ciracas di sebelah utara Pasar Cilimus. Selanjutnya lalui Jl. Mandirancan sampai bertemu dengan Tugu Macan Mandirancan, lalu ambil arah menuju Jl. Cirea-Pasawahan. Nah, nanti kalau udah ketemu obyek wisata Paniis, tak jauh dari sana ada Situ Sipariuk. Lanjutkan perjalanan sampai Masjid Pasawahan, lalu ambil arah ke Jl. Pasawahan hingga bertemu Polsek Pasawahan. Dari situ, kalian bisa menemukan petunjuk jalan menuju Situ Cicerem. 

Alamat : Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp 5.000/orang, untuk parkir Rp 2.000, wahana flying fox Rp 10.000/orang

 

5. MENGGUNUNG KE KUNINGAN? YA PASTI CIREMAI! 

Kamu pasti tau kan gunung tertinggi di Jawa Barat itu apa? Yup, tentu aja Gunung Ciremai. Gunung yang memiliki ketinggian 3078 Mdpl dengan luas 15.000 Ha, gak pernah kosong, pasti ada aja pendaki yang mampir apalagi saat liburan nih gengs. 

via bokunisekai.wordpress.com

Untuk mendaki gunung ini, kamu bisa pilih beberapa jalur pendakian yang ada, yaitu jalur Linggarjati, jalur Palutungan atau jalur Apuy. 

via instagram.com/fahrulbrul

via instagram.com/rgcasual

Jalur Palutungan paling banyak dipilih karena gampang diakses dan jalurnya yang gak terlalu terjal, serta tersedianya sumber air untuk para pendaki. Pas kamu lewatin Goa Walet, kamu pasti amaze sama pemandangan hamparan bunga Edelweis. Eiitt tapi ingat, gak boleh di petik yaaa.

via instagram.com/captainruby

via bluetripper.com

Meskipun begitu, saat kamu udah hampir sampai puncak, pasti akan melewati jalur triangulasi yang cukup curam. Tapi, pemandangan yang didapet pas udah sampe di puncak Ciremai bakalan bikin siapapun lupa sama capek, worth it banget deh! 

via bluetripper.com

via benbayoga.blogspot.co.id

via bluetripper.com

via instagram.com/ramdani_ar_saleh

 

Detail Informasi

Alamat : Gunung Ceremai, Bantaragung, Sindangwangi, Kab. Majalengka, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp 50.000,-/orang

 

6. BERENANG BERSAMA "DEWA" DI PEMANDIAN CIBULAN 

Pemandian Cibulan adalah objek wisata tertua yang of course sangat dibanggakan di Kuningan. Denger-denger, pemandian ini udah diresmikan sejak 27 Agustus 1939 oleh Bupati Kuningan yaitu R.A.A Mohamad Ahmad.  

via dthendarwan.wordpress.com

via indonesiakaya.com

via instagram.com/cibulan_kuningan

via tempat.co.id

Serupa dengan Situ Cicerem yang punya kolam jernih penuh ikan, Pemandian Cibulan juga punya kolam jernih penuh ikan Dewa. Ikan Dewa dianggap sebagai ikan keramat oleh warga Kuningan. Jadi meskipun Kalian boleh berenang dengan Ikan-ikan Dewa ini, tapi jangan digangguin ya, nanti dimarahin loh hehe.

via segalaaneh.blogspot.com

via instagram.com/adearakomara22

via instagram.com/abdi_aghoenk

Di Pemandian Cibulan ini juga terdapat 7 sumur yang dipercaya oleh warga sekitar bisa ngasih kamu keselamatan atau kejayaan kalo minum atau mandi dengan air dari sumur itu. Wow ayo rame-rame mandi disana.

via cirebonradio.com

via kompasiana.com

via instagram.com/cibulan_kuningan

 

Detail informasi

Rute : Terletak di Desa Maniskidul Jalaksana yang berjarak 9,5 Km dari pusat Kota Kuningan, sedangkan kalau dari Kota Cirebon jaraknya 23,9 Km. 

Alamat : Desa Maniskidul, Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Jam buka : Senin – Minggu, 08.00 – 17.00

Harga Tiket : Rp 17.000 /orang dewasa dan Rp 12.000/ anak-anak

 

7. NYENI BARENG DI OPEN SPACE GALLERY LINGGARJATI 

Kamu belum nyeni banget nih kalo ke Kuningan tapi gak dateng ke Open Space Gallery yang ada disana. Sarana budaya artsy ini dikelola langsung oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kuningan gengs. Biasanya banyak digunakan untuk kegiatan pegelaran kesenian, rekreasi dan juga pusat informasi pariwisata. 

via knginfo.com

via instagram.com/fitrikurniad

Disini pun ada juga beberapa pajangan benda seni di ruang pameran. Terlebih lagi, banyak banget acara seni dan budaya yang diadain disini loh gengs! Kalo kamu mau kesini, pastiin ada acara seru apa yang akan ada disana nanti, karena jelas ini akan bikin kamu betah lama-lama main disini!

via wikiwisata.com

via humaskuningan.blogspot.co.id

via instagram.com/openspacegallerykuningan

Tiap hari minggu juga disini sering digunakan untuk kegiatan keluarga loh gengs. Fasilitas yang disediakan pun cukup lengkap. seperti mushola, toilet, tempat parkir, lapangan hijau, saung santai, ruang pameran, area olahraga, dan tentunya kolam ikan lucu hehe. 

via instagram.com/irfanmaulana443

via instagram.com/xxiqbal

via radarcirebon.com

via instagram.com/asepsr90

 

Detail Informasi

Alamat : Linggasana, Cilimus, Kuningan, Jawa Barat

Jam buka : 05.00 – 19.00

Harga Tiket : - (hanya membayar parkir Rp 2000,-)

 

8. WISATA BERSAMA KELUARGA DI WADUK DARMA 

Waduk Darma merupakan objek wisata air buatan terluas di Jawa Barat loh ~ Objek wisata super cadas ini punya luas 425 Ha dan dikelilingi oleh bukit dan lembah yang asri dan mempersona, instagramable gitu deh. Usut punya usut, menurut kepercayaan warga sekitar, Waduk Darma ini dibuat oleh Mbah Satori (Mbah Dalem Cageur).

via instagram.com/hanandrah

via instagram.com/derry_mono

Dikarena keindahan alam yang dihadirkannya, banyak wisatawan yang datang untuk refreshing atau piknik bersama keluarga, bahkan untuk sekedar nongkrong dengan teman se-geng pun cocok. 

via instagram.com/mas_bembi

via lyceum.com

Di sini ada tempat penyewaan perahu yang murah banget loh gengs, cukup Rp 10.000,- kamu udah bisa keliling waduk naik perahu. Dan juga ada penginapan pas di kantong dengan rate Rp 100.000 – Rp 400.000,- per malam. Juga beberapa outbond menarik salah satunya adalah panahan.

via instagram.com/septiaecha31

via lyceum.id

via instagram.com/raspita_sari

via instagram.com/guztiiebakom

 

Detail Informasi

Rute : 12 Km dari Kota Kuningan ke arah Barat Daya, 37 Km dari Kota Cirebon. Lokasinya berada di sebelah barat kota Kuningan, persisnya di Desa Jagara, kecamatan Darma di lintasan jalan raya Cirebon- Kuningan-Ciamis.

Alamat : Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kuningan, Jawa Barat

Jam Buka : 07.00 – 17.00

Harga Tiket : Week day Rp 4.000/orang, Weekend Rp 5.000/orang

 

9. “DUFAN"NYA KUNINGAN YA THE MOUNTAIN RECREATION PARK 

The Mountain Recreation Park tempat liburan dengan berbagai wahana super keren untuk kamu yang pengen liburan sambil ukir kenangan manis di Kuningan nih. Tempat rekreasi yang berada di Gunung Keling, Cigugur ini punya banyak banget wahana yang pastinya bisa kamu nikmati bersama teman atau keluarga kamu gengs.

via instagram.com/risma_saputri

via instagram.com/hirodienhabibi

Di The Mountain Recreation Park ada kolam renang bermain yang keren banget karena air yang digunakan berasal dari mata air di kaki Gunung Ciremai loh gengs, hihi hebat kan. Disana pun tersedia banyak wahana air seperti seluncuran, dan ember besar untuk siram-siraman air yang pasti bikin kamu seneng main air disana.

via hargatiketmasuk.com

via instagram.com/rilaapriyanti

via novykarya.blogspot.com

via hello-pet.com

Selain kolam renang, ada juga wahana permainan lain seperti mini train, kora-kora, ontang-anting, komedi putar, ATV, dan lainnya. Karena ada banyaknya wahana permainan, gak heran kalau pengunjung The Mountain Recreation Park selalu ramai, terutama saat weekend atau musim liburan. 

via raissa-rania.blogspot.co.id

via raissa-rania.blogspot.co.id

via instagram.com/dedeniaa_

 

Detail Informasi

Alamat :  Perumahan Pesona Alam Kuningan, Jalan Raya Cirendang-Cigugur, Cipari, Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Jam Buka : 09.00 – 17.00

Harga Tiket : Rp 20.000 (anak-anak), Rp 25.000 (dewasa), Rp 10.000 (wahana bermain), Rp 7.500 (pengenalan pesawat)

 

10. BERDUYUNG-DUYUNG MAIN AIR DI CURUG PAYUNG 

Satu curug lagi yang wajib banget masuk bucket list liburan cadas kamu di Kuningan nih! Yaitu Curug Payung! Sebuah objek wisata kece di Gunung Manik yang terkenal karena panorama eksotis yang bikin hati menggigil. Karena keindahannya, curug setinggi 30 meter ini mampu bikin orang berduyung-duyung mampir nih gengs.

via imgrum.com

via instagram.com/Muhammad_n_aripin

Nah, untuk sampe ke Curug Payung, Gunung Manik itu gak mudah gengs, kenapa? Karena tempat ini tuh masih alami dan jarang dikunjungi. Jadi jelas banget deh penunjuk arahnya pun masih minimalis hehe. Pastikan juga kendaraan yang kamu gunakan udah prima dan full tank ya bensinnya, soalnya disini masih jarang banget tukang bensin apalagi Pom Bensin.

via explore-kuningan.blogspot.co.id

via explore-kuningan.blogspot.co.id

Di perjalanin nanti, kamu akan menyusuri jalan setapak dan juga akan melihat beberapa kolam yang dipenuhi bunga teratai. Dan ketika sampe, jengjeet! Pasti langsung puas banget sama pemandangan curug yang masih super duper alami ini gengs.

via bangmamadi.blogspot.com

 

Detail Informasi

Rute : Dari kota Kuningan menuju Gunung Manik kurang lebih 24km, dari Dusun Ciraharja menuju Curug Payung sekitar 35 menit dengan jarak 450m berjalan kaki.

Alamat : Dusun Ciraharja, Gunung Manik, Ciniru, Kab. Kuningan

 

11. BAPER SAMA KEKASIH DI TAMAN BATU MAYASIH 

Yow gengs, tau gak sih kalau di Desa Cigugur ada taman ala Eropa? Namanya Taman Hutan Mayasih atau Taman Batu Mayasih. Dulunya tempat ini adalah tambang batu yang kemudian diubah sedemikian rupa sehingga bisa jadi salah satu spot cadas di Kuningan.

via instagram.com/dsaptari 

via instagram.com/civirily 

Taman ini luas banget, gengs! Pemandangan yang hadir juga keren abis. Ada gunung batu setinggi 2-6 meter, jalan setapak dari bebatuan, lampu-lampu, dan bangku taman yang didesain ala eropa gitu deh. Bagus banget buat spot selfie atau wefie atau baper-baperan sama kekasih.

via instagram.com/ayimuhamadabdullah 

via instagram.com/nanosumartono123

via instagram.com/kikinoviana90 

via instagram.com/nanosumartono123

Kalau kamu lelah, bisa banget duduk santai di gazebo atau saung yang tersedia.Tapi bawa makanan sendiri ya gengs, karena warung atau asongan yang tersedia masih sedikit hehe.

via kuninganhunting.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Rute: Letaknya 3 Km dari Kota Kuningan, naik sedikit dari Pemandian Cigugur. 

Alamat : Jl.Lumbu, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat

Jam Buka : 07.00 - 17.00

Harga Tiket : Rp 5.000/orang

 

12. MENIKMATI INDAHNYA PETANG DI BUKIT SERIBU BINTANG 

Ada nih gengs tempat wisata yang baru diresmikan Juli 2016 lalu tapi berhasil menyedot banyak pengunjung sampai saat ini, penasaran kan? Namanya adalah Bukit Seribu Bintang. Kalau kamu berkunjung kesini, kamu akan mendapatkan satu bibit pohon gratis! Nantinya bibit pohon itu bisa kamu tanam sendiri di Bukit Seribu Bintang. 

via andromedocahyo.blogspot.co.id

Kenapa sih Bukit Seribu Bintang ini ngehits banget? Pemandangan yang dihadirkan di Bukit Bintang ini emang kece abis. Hamparan bukit-bukit hijau dan langit biru yang terbentang benar-benar amazing. Apalagi saat malam tiba, kalau cuaca gak mendung, kamu bisa melihat hamparan bintang-bintang yang wow. 

via ngadem.com

via instagram.com/amazingkunigan_

Selain itu udara di Bukit Seribu Bintang ini masih bebas polusi alias sejuk banget. Pas banget jadi tempat refreshing kamu yang udah bosen dengan penatnya daerah perkotaan. Di Bukit Seribu Bintang ini kamu bisa kemah atau kalau males bangun tenda, kamu bisa kok menginap di bilik-bilik kamar yang tersedia. Fasilitas umum lainnya yang tersedia ada area parkir, toilet, gazebo, dan gardu pandang. 

via pinterest.com

via andromedocahyo.blogspot.co.id

via andromedocahyo.blogspot.co.id

via cirebontravelling.wordpress.com

 

Detail Informasi

Rute: Bukit Seribu Bintang ini lokasinya di bawah kaki gunung Ciremai, masih satu wilayah dengan Batuluhur yaitu di kecamatan Pesawahan. Tapi masih 9 Km lebih jauh lagi. Rute selanjutnya adalah rute off road. Kalau kalian ingin ke Bukit Seribu Bintang, siapkan mobil 4WD (4 Wheel Drive) karena jalannya sangat menantang. 

Alamat: Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan Regency, West Java 45559

Ticket: Rp. 50.000,-/TK-SMP, Rp. 75.000,-/SMA-Mahasiswa, Rp. 100.000,-/umum

 

13. SUNRISE SEGER YANG BIKIN RIANG DI BUKIT CARIANG 

Bukit Cariang ini adalah spot idaman para traveller loh gengs. Tau kenapa? Ya karena view disini tuh menakjubkan banget. Pepohonan hijau terhampar dipadu sama sawah yang pastinya bikin kamu super duper rileks dan santai.

via instagram.com/cibingbintraveller

via instagram.com/willy_juliandd

Udah gitu, bukit ini juga cocok banget buat kamu para penikmat sunrise. Karena disini kamu bisa bener-bener ngeliat sunrise dengan paduan pemandangan perbukitan yang samar-samar di kejauhan.

via instagram.com/segalakuningan

via instagram.com/adamnursyahbani

via instagram.com/cibingbintraveller

 

Detail Informasi

Rute: Jarak dari pusat kota menuju Bukit Cariang gak jauh kok, hanya sekitar 36 Km ke arah Timur. 

Alamat: Cibingbin, Kuningan, Jawa Barat.

 

14. GAK PERLU NAIK GUNUNG, MAIN AJA KE CADAS GANTUNG 

Cadas Gantung, sebuah surga tersembunyi di Desa Citundung. Tempat yang keren banget dan cocok buat kamu yang punya hobi mendaki nih! Soalnya jalurnya cukup menantang, berkelok dan curam. Jadi pastiin deh kamu dalam kondisi prima kalo emang mau menikmati keindahan Cadas Gantung.

via instagram.com/umamajiid

via ngabolangngabolang.blogspot.co.id

via instagram.com/nunik30

Di sana terdapat Bumi Perkemahan Cadas Gantung yang terletak di puncak bukitnya. Jadi kamu bisa kemah sambil menikmati keindahan alam yang luar melongo, dengan hamparan sawah dan pepohonan hijau yang bikin hati adem, uhuyyy. 

via ayo-hunting.blogspot.co.id

via liputan6.com

via reservasi.com

 

Detail Informasi

Alamat : Desa Citundun, Kecamatan Ciwaru, Kuningan, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp 10.000/orang

 

15. NENGOK SEJARAH DI GEDUNG PERUNDINGAN LINGGARJATI 

Ini nih gengs salah satu tempat bersejarah punya Indonesia yang terletak di Kabupaten Kuningan, yaitu Gedung Perundingan Linggarjati. Buat kamu yang berkunjung ke Linggarjati, ga ada salahnya untuk mampir kesini. 

via rappler.com

Gedung perundingan Linggarjati adalah saksi sejarah loh, karena pada November 1946 di sini terjadi perundingan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

via rappler.com

Meskipun ada beberapa yang replika, pengunjungnya bakalan diajak untuk merasakan suasana perundingan pada saat dulu loh gengs. Disana juga ada naskah perundingan yang akhirnya disahkan di Jakarta pada tahun 1947.

via pintuwisata.com

via instagram.com/ridwangunawan514

via pintuwisata.com

via instagram.com/ziafauziah.02

 

Detail Informasi

Rute: Dari arah Cirebon tinggal menuju Kuningan terus ikutin jalan menuju arah Gunung Ciremai.

Alamat: Blok Wage, Dusun Tiga, Kampung Cipaku, Kecamatan Cilimus, Kuningan, Jawa Barat.

Harga Tiket: Rp 2.000,- untuk dewasa dan Rp 1.000,- untuk anak-anak

 

16. BUKIT PANEMBONGAN, SPOT SELFIE KECE DI KUNINGAN 

Nah ini dia nih 2 list terakhir dari rekomendasi liburan sambil ukir kenangan manis di wisata cadas Kuningan. Siap-siap kamu selfie ala traveler di Bukit Penombongan, sebuah bukit nan asri yang menghadirkan keindahan panorama alam Kuningan gengs!

via reservasi.com

via reservasi.com

Tempat yang baru dibuka pada Januari 2016 lalu ini juga memiliki gardu pandang yang terbuat dari bambu loh gengs. Gardu inilah yang menjadi alasan kenapa para kawula muda dan kawula-kawula lainnya ingin datang kemari. Fasilitas yang tersedia selain dua gardu pandang adalah area kemping, area parkir, warung makan, area pemotretan prewedding, dan juga permainan flying fox

via instagram.com/aganprihatna

via instagram.com/aganprihatna 

via liputan6.com

 

Detail Informasi

Alamat : Desa Tembong, Kecamatan Garawangi, Kuningan, Jawa Barat

Jam Buka : 07.00 – 17.00

Harga Tiket : Rp 5.000/ orang, Rp 2.000/orang untuk Gardu Pandang

 

17. CEKREK-CEKREK LUCU DI SUKAGEURI VIEW 

Tempat wisata yang menjadi incaran anak muda jaman now pasti yang menyajikan keindahan alam terbuka, salah satunya seperti Sukageuri View di Kuningan ini. Pemandangan di atas bukit yang dihadirkan di Sukageuri View ini emang keren banget. 

via akwnulis.wordpress.com

via bangmamadi.blogspot.co.id

via instagram.com/leonardus_er

Walaupun objek wisata ini masih dalam tahap pembenahan, tapi tiap weekend gak pernah sepi pengunjung loh, gengs. Bahkan sesi pemotretan di sana gak cuma rame pas siang, tapi saat sunset dan malam hari juga tetap ada.

via instagram.com/nonriaa

via instagram.com/leonardus_er

via instagram.com/romli2506

Banyak spot foto yang disediakan oleh pengelola wisata, seperti jembatan berbentuk segitiga, rumah hobbit seperti di Farmhouse Bandung, dan juga perahu yang disusun dari bambu. 

via khafiedzid.blogspot.co.id

via akwnulis.wordpress.com

via instagram.com/rosacassanova

via dakatour.com

 

Detail Informasi

Alamat : Palutungan, Cisanta, Kuningan, Jawa Barat

Jam Buka : 24 Jam 

Harga Tiket : Rp 5.000/orang

 

Nah itu dia gengs, rekomendasi untuk liburan sambil ukir kenangan manis di 17 wisata cadas di Kuningan. Gimana? Udah packing belum? Ayo berangkat kesana dan nikmati semua keindahan alam dan spot cadas Kuningan ala Tamasyeah.


Penulis
Penulis Achmad Ghadzali
A simple man who wants to create positive impact to my surroundings by being myself.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.