Kamu Gak Bakal Percaya Kalo Sukoharjo Punya 10 Tempat Oke Ini


Jawa Tengah - Sport & Adventure - 677 Hits

‘Sukoharjo? Ada apa sih di sana? Pasti ndeso, deh!’

Kalimat di atas mungkin akan keluar dari mulut kamu kalo kamu diajak liburan ke Sukoharjo. Tapi ternyata, Sukoharjo yang ada di bagian timur selatan Jawa Tengah ini punya tempat-tempat oke yang bisa merubah persepsi kamu tentang Sukoharjo. Mau tau? Ini 10 tempat oke rekomendasi Tamasyeah buat kamu yang pengen berlibur ke Sukoharjo.

 

1. BERENANG-RENANG SERU DI TELAGA BIRU 

Di daerah Semin ada satu telaga yang terbentuk secara gak disengaja. Namanya Telaga Biru. Tempat ini dulunya adalah pertambangan kapur. Karena ditinggalkan para penambang, akhirnya bekas galian di pertambangan itu diisi air hujan dan akhirnya membentuk sebuah telaga.

via tripcanvas.co

Telaga Biru ini bisa berubah warna. Kadang warnanya biru, kadang hijau. Kalau mau lihat warnanya biru, kamu perlu dateng ke sini siang hari. Karena saat siang hari, cahaya matahari yang terpantul ke air telaga membuat warnanya menjadi biru.

via yopiknik.com 

via instagram.com/yogjakarta 

Sebelum kamu nikmatin airnya yang biru itu, enakan kamu ke puncak Telaga Biru Semin ini dulu. Soalnya view dari puncak tebing batunya bagus banget buat dijadiin background foto.

via instagram.com/ohhrama 

via instagram.com/stevenbinno 

Kalo udah puas foto-foto di puncak Telaga Biru Semin, kamu bisa nyobain berenang di telaganya ato sekedar nyelup-nyeluppin kaki di airnya. Btw, make sure kalo kamu beneran bisa berenang, ya. Soalnya telaga ini dalemnya kurang lebih 5-8 meteran.

via pojokjogja.com 

via instagram.com/stevenbino 

via merdeka.com 

Buat masuk ke Telaga Biru, kamu ga perlu merogoh kocek banyak kok. Cukup Rp. 3 ribu untuk biaya parkir aja. Kalau pun kamu datengnya kesorean, ga perlu khawatir ga bisa nikmatin tempat ini karena kamu bisa dapetin foto sunset yang oke dari puncak Telaga Biru.

via instagram.com/ravi_muhadi 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Candirejo, Semin, Gunung Kidul

Biaya: Rp. 3ribu (untuk parkir)

Transportasi: 2 jam perjalanan dari Jogja melalui jalur Jogja - Klaten

 

2. GUNUNG SEPIKUL YANG GAGAH BETUL 

Kalo dilihat sekilas, Gunung Sepikul ini mirip banget sama Gunung Api Purba Nglanggeran yang ada di Jogjakarta. Bedanya, Gunung Sepikul gak segede Gunung Api Purba Nglanggeran. 

via instagram.com/mahesoireng 

Buat bisa menikmati pemandangan Gunung Sepikul yang gagah betul ini, kamu gak perlu takut buat mendaki. Karena buat sampai di puncaknya, cuma butuh waktu sekitar 15-30 menitan dengan rute trekking yang mudah untuk ditempuh.

via gubugkecilsangentung.net 

via gubugkecilsangentung.net 

Setelah sampai di puncak Gunung Sepikul, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Kembar yang berdiri gagah tepat di depan Gunung Sepikul dan juga hamparan kebun yang ada di bawahnya. Pemandangan ini sayang banget kalo gak kamu abadikan, guys!

via instagram.com/indonesia.vacations_ 

via instagram.com/wannatrip.id 

via instagram.com/yudirachmad03 

Gak ada waktu terbaik untuk dateng ke sini, karena kapan pun tempat ini tetep oke. Mau ngejar sunrise atau sunset di Gunung Sepikul? Bisa banget! Pas lagi musim hujan aja bagus.

via instagram.com/_cahyabp 

via instagram.com/joeluluk 

via instagram.com/mojas_blazy 

via instagram.com/athin_tinie 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Gentan, Bulu, Sukoharjo

Harga Tiket: Rp. 2ribu (motor), Rp. 5ribu (mobil)

 

3. PERCANTIK KONTEN SOSMED KAMU DENGAN BERFOTO DI BENDUNGAN COLO 

Wisata Sukoharjo gak melulu soal bukit dan telaga aja. Di Sukoharja juga ada wisata bendungan. Bukan, wisata bendungan bukan berarti kamu akan mandi di bendungan ini. Karena nyatanya bendungan hits yang ada di Sukoharjo yaitu Bendungan Colo deres banget aliran airnya. Hal menarik yang justru wajib kamu lakuin adalah justru  hunting foto untuk stok sosial media kamu.  

via travelingyuk.com 

Untuk masuk ke Bendungan Colo kamu gak akan dipungut biaya. Dengan biaya gratis itu, kamu bisa dapet foto super oke dengan latar kotak-kotak beton yang ada di tengah Bendungan Colo. Syaratnya, kamu harus dateng pas musim kemarau, karena debit airnya akan lebih sedikit sehingga kotak betonnya akan terlihat. 

via travelingyuk.com 

via ngadem.com 

via pinterest.com 

via instagram.com/explore.solo 

Selain buat nambah-nambah konten di IG kamu, buat kamu yang suka fotografi Bendungan Colo ini bisa banget buat kamu explore buat nambah portfoliomu. Apalagi kalo kamu ke sini pas sunset.

via instagram.com/explore.solo 

via puppytraveler.com 

via topsy.one

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Pengkol, Nguter, Sukoharjo

No. Telpon: 0271-6594057

 

4. GAK BISA MAIN UJAN, MAIN AIR AJA DI CURUG KRAJAN 

Berbatasan dengan Gunung Kidul, ada satu air terjun yang bernama Curug Krajan. Uniknya, di sini kamu gak cuma bisa nemuin satu air terjun tapi dua sekaligus. Jadi kalo kamu udah lama gak bisa ngerasain main ujan, main air aja deh di Curug Krajan! Dijamin puas nikmatin air terjunnya~

via instagram.com/soloindonesia 

via panorlens.com 

Lokasi spesifik Curug Krajan ini ada di Desa Krajan, kurang lebih 23km dari Sukoharjo. Setelah sampai di Desa Krajan, kamu bisa memarkirkan kendaraan kamu di sana dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki kurang lebih 200 m untuk sampai ke lokasi Curug Krajan. Selama perjalanan kamu akan menemui lokasi berkemah serta sungai-sungai kecil yang harus kamu sebrangi.

via infoskh.blogspot.co.id

via infoskh.blogspot.co.id 

via infoskh.blogspot.co.id

Kalo udah sampe di lokasi Curug Krajan, mending kamu foto-foto dulu sebelum main air. Btw, tempat ini belum banyak yang tau loh! Jadi kalo kamu bisa punya momen di Curug Krajan ini cerita tamasya kamu ke Sukoharjo pasti beda dari yang lain deh!

via instagram.com/inun_rezzam 

via instagram.com/restufk 

Nah, kalo udah puas foto-foto di Curug Krajan baru deh kamu main air di sini! Yang penting udah punya konten aja dulu buat di post di IG~

via instagram.com/soloindonesia 

via instagram.com/danzpit 

via instagram.com/davidas26 

 

Detail Informasi

Lokasi: Jl. Kelir – Manyaran, Jatingarang, Weru, Sukoharjo

Biaya Parkir: Rp. 1,000/kendaraan

 

5. TELAGA CLAKET YANG BIKIN KAMU MAKIN LENGKET 

Telaga Claket udah pasti jadi salah satu destinasi kamu yang berlibur ke Sukoharjo. Pasalnya, telaga ini udah banyak menghiasi Instagram orang-orang yang ke Sukoharjo. Gak heran, mengingat pemandangan yang disuguhkan Telaga Claket ini hampir mirip sama Ranu Kumbolo. Jadi kalo belum pernah mampir ke Gunung Semeru ya ke Telaga Claket aja dulu~

via imgrum.org

via threexplorer.blogspot.co.id

Telaga Claket letaknya gak jauh dari Bendungan Colo, yaitu di Desa Sendang Ijo. Di sini kamu bisa nemuin dermaga yang sering dijadiin spot foto di Instagram. Nah, kalo kamu liat bentuk dermaganya kamu pasti tau kenapa Telaga Claket ini bisa bikin kamu makin lengket sama pacar kamu atau gebetan kamu hehe.

via instagram.com/budievalent 

Tapi kalo jomblo, gimana dong? Ya gapapa, foto sendiri aja! Itung-itung makin lengket sama diri kamu sendiri.

via instagram.com/enaycutezzt 

Telaga Claket gak cuma punya satu dermaga buat spot foto loh, guys. Ada dermaga biasa yang bentuknya gak hati kayak dermaga tadi. Jadi buat yang jomblo dan males foto di dermaga bentuk hati tadi, this one’s for you!

via instagram.com/irmahartono_mc 

via instagram.com/hestisusilowati 

Kalo kamu udah kelar foto-foto di sini, kamu juga bisa nyobain naik rakit buat ngelilingin Telaga Claket.

via instagram.com/liawahyunurjannah 

via instagram.com/eira_arie4321 

Gak cuma naik rakit aja loh, ternyata kamu juga bisa naik bebek-bebekan atau naik perahu di Telaga Claket sebagai properti foto untuk menyempurnakan hasil jepretan kamu.

via instagram.com/mbissma 

via instagram.com/di.alvi 

Karena tempat ini panas banget kalo siang, mendingan sih kamu ke sini sore aja. Biar lebih adem juga kalo mau mesra-mesraan sama si ayang. Tapi kalo jomblo? Ya terima nasib aja..

via instagram.com/iwansetwn 

via services.sportourism.id

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Sendang Ijo, Wonogiri

Harga Tiket: Rp. 5ribu/orang

 

6. ALASKA YANG BERBEDA DI SUKOHARJO 

Sukoharjo punya Alaska loh, guys! Keren kan? Alaska di sini gak bersalju, tapi dipenuhi oleh jejeran pohon-pohon yang berderet rapi. Alaska sendiri merupakan singkatan dari Alas Karet, perkebunan karet yang sering jadi incaran para wisatawan yang melancong ke Sukoharjo.

via panorlens.com 

Perkebunan Alas Karet ini ada di Desa Polokarto. Buat dapetin view dan pencahayaan yang oke buat foto, waktu yang tepat adalah pagi sampai siang hari. Pastiin juga kamu ke sini pas musim kemarau, jadi bisa foto tanpa terganggu sama hujan yang turun.

via instagram.com/wieryo.selow_ 

via instagram.com/random.desu 

via instagram.com/zuhud_arif 

Gak cuma oke buat foto-foto sendiri, Perkebunan Alas Karet juga oke buat kamu yang mau bikin foto pre-wedding!

via instagram.com/vandiando 

via instagram.com/khatam_wedding_planner 

via instagram.com/pikohebat 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Polokarto, Sukoharjo

 

7. GUNUNG TARUWONGSO INCARAN PARA JOMBLO 

Liburan ke Sukoharjo selain bisa dapetin pengalaman baru, bisa jadi kamu dapet pacar baru~ Lupain Tinder, karena di Gunung Taruwongso ada Batu Manten yang bisa bikin kamu jadi enteng jodoh!

via youtube.com 

Gunung Taruwongso ada di Desa Thengklik. Buat mencapai puncaknya juga gak perlu mendaki yang serius. Cukup hiking santai naik tangga 5-10 menitan aja kamu udah bisa mencapai puncak dari Gunung Taruwongso.

via noegnoeg.blogspot.co.id

Puncak Gunung Taruwongso ini spot yang oke banget buat ngeliat sunset di Sukoharjo. Perpaduan antara sinar matahari yang mengorens dengan hijaunya hamparan perbukitan di bawah sana membuat Gunung Teruwongso ramai dikunjungi traveler di Sukoharjo.

via tokoilmukita.blogspot.co.id

via instagram.com/frendyaditya 

Selain bisa dapetin view sunset yang oke, Batu Manten juga jadi to do list orang-orang yang berkunjung ke Gunung Taruwongso. Karena, katanya yang main ke Batu Manten ini bakalan jadi enteng jodoh. Yang jomblo coba angkat tangannya!

via solopos.com 

via lifestyle.okezone.com 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Watubonang, Tamansari

Harga Tiket: Rp. 2ribu/orang atau Rp. 4ribu/orang saat ada pertunjukkan dangdut

 

8. SABANA BATU SERIBU YANG BIKIN RINDU 

Mau ke Bukit Wairinding di Sumba tapi belum punya budgetnya? Ke Sabana Batu Seribu aja di Sukoharjo! Pemandangannya gak jauh beda, tapi budget untuk ke sininya jelas jauh beda. Ya pasti lebih hemat kalau ke Sukoharjo, sih. Sabana Batu Seribu ini juga dikenal dengan Sabana Mini.

via brobali.com 

Sabana Batu Seribu terletak di Kawasan Wisata Batu Seribu. Pas sampai di lokasi, kamu akan disambut sama patung naga yang gede banget.

via ngadem.com

Buat masuk ke Kawasan Batu Seribu ini gak bayar, kok. Kamu cuma perlu nyisihin Rp. 2 ribu aja buat bayar parkir. Murah banget, kan? Setelah masuk, mintalah petunjuk untuk ke Sabana Batu Seribu. Nanti, kamu perlu mendaki dulu selama kurang lebih 30 menit untuk sampai ke puncaknya.

via banyakpiknik.blogspot.co.id

Tapi mendaki 30 menit itu kebayar banget kok sama pemandangan yang dikasih sama Sabana Batu Seribu. Rasanya pasti bikin kamu rindu pengen ke sini lagi, deh!

via banyakpiknik.blogspot.co.id

via instagram.com/bahardani 

via instagram.com/bahardani 

Kalo kamu dateng ke sini pas musim kemarau, warna Sabana Batu Seribu ini emang jadi kekuningan kayak gitu. Jadi kalo mau liat sabananya berwarna kehijauan, datanglah ke sini pas musim penghujan.

via instagram.com/zuckici 

via instagram.com/nataliakristi96 

via instagram.com/yoga_indonesiaraya 

 

Detail Informasi

Lokasi: Kawasan Wisata Batu Seribu, Bulu, Sukoharjo

Biaya Parkir: Rp. 2 ribu

 

9. BERBAUR DENGAN SENJA DI WADUK MULUR 

Gak jauh dari Bendungan Colo, ada Waduk Mulur. Jadi kalo kamu ke Bendungan Colo, sekalian aja deh ke Waduk Mulur. Waduk ini populer karena pemandangan yang ditawarkan saat senja sungguh tak terlupakan. Rasanya kamu kayak berbaur, melebur jadi satu sama senja di Waduk Mulur ini.

via asedino.wordpress.com 

via asedino.wordpress.com 

via asedino.wordpress.com 

CAKEP BANGET KAAAAAAN!!!!! Gimana rasanya gak kepengen ngunjungin Waduk Mulur kalo sunsetnya secakep itu. Selain diincar karena sunsetnya yang cakep banget itu, Waduk Mulur juga menjadi sasaran para pemancing. Di sini, kamu bisa mancing ikan toman.

via spotmancing.com 

Ternyata, di balik keindahan senja yang ditawarkan Waduk Mulur, tempat ini juga menyimpan warisan sejarah loh guys. Di tengah-tengah waduk ini ada makam Kyai Sayyid Iman yang merupakan salah satu pengikut Pangeran Diponegoro. Makamnya sekarang udah gak keliatan banget, tapi kamu bisa tetep berziarah ke sana dengan menggunakan perahu yang ada di sekitar Waduk Mulur.  

via instagram.com/joeluluk 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Mulur, Bendosari, Sukoharjo

 

10. KERATON KARTASURA : SEPENGGAL SEJARAH YANG TAK TERLUPAKAN 

Daerah Solo-Jogja itu gak jauh-jauh memang dari wisata Keraton. Di Sukoharjo pun ada wisata Keraton bekas pemerintahan Mataram. Namanya Keraton Kartasura. Keraton ini ada di Ngadirejo. Keraton ini dikelilingi oleh benteng yang menjadi saksi  kejayaan Keraton Kartasura.

via tarabuwana.blogspot.co.id 

via tarabuwana.blogspot.co.id

Di dalam Keraton Kartasura, kamu bisa menemukan pemakaman kerabat Keraton Surakarta yang ada di dekat pendopo di halamannya.

via tarabuwana.blogspot.co.id

Bagian dalam dari Keraton Surakarta ini pun pasti tak luput dari perhatianmu. Memiliki arsitektur perpaduan antara Belanda dan Indonesia, Keraton Surakarta meninggalkan kesan peninggalan sejarah yang jarang kamu temukan di tempat lainnya.

via instagram.com/amaliaazharph 

via instagram.com/veronikaclarina

via instagram.com/andrejunoo 

via instagram.com/isnainiajisaputra 

 

Detail Informasi

Lokasi: Ngadirejo, Sukoharjo


Setelah baca ini, jangan bilang kalo Sukoharjo gak ada apa-apa ya, guys! Karena ternyata ada 10 tempat oke ini di Sukoharjo. Dari wisata alam, wisata sejarah, sampai wisata yang bikin kamu enteng jodoh ada di Sukoharjo!


editor
Editor Christa Meullemans
Wanderer who loves to wonder and works as a copywriter so paying bills would be a whole lot easier~

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.