Nusa Tenggara Timur - 545 Hits

Siapa sih yang gak kenal Sumba? Pulau yang terletak di kawasan Nusa Tenggara Timur ini sudah santer diberitakan karena memiliki berbagai tempat eksotis yang pastinya gak kalah sama tempat-tempat eksotis di luar negeri. Nah, biar liburanmu di Sumba makin manis, kamu wajib berkunjung ke tempat-tempat eksotis ini!

 

1. SERUNYA BERKUNJUNG KE KAMPUNG TARUNG

Modernisasi memberikan dampak pada desa-desa adat yang ada di Indonesia. Namun hal itu gak berlaku bagi Kampung Tarung. Di tengah-tengah hiruk pikuk modernisasi, Kampung Tarung tetap bisa mempertahankan kekentalan adatnya. 

via tripsantai.com 

via merdeka.com

Di Kampung Tarung ini terdapat banyak kubur batu dengan ukuran yang bermacam-macam. Buat kamu yang kepo pengen megang, mending jangan guys. Karena kubur batu ini sifatnya keramat karena merupakan lokasi pemenggalan kepala musuh dahulu kala. Gak mau kan cerita liburan kamu disisipin sama cerita horor~

via satyawinnie.com 

via satyawinnie.com

Selain bisa berbaur langsung dengan masyarakat aslinya, kamu juga bisa belajar menenun langsung dari penduduk lokal Kampung Tarung. 

via instagram.com/chyntiaagustina

via instagram.com/salamransel

Kalau udah nyobain belajar nenun, hal lain yang patut kamu coba adalah memakai baju adat khas Kampung Tarung dan berfoto dengan latar rumah tradisional khas kampung ini.

via instagram.com/missmoj0j0jo 

via instagram.com/juniardi

via instagram.com/darayaya

 

Detail Informasi

Lokasi: Wailiang, Waikabubak, Sumba Barat, NTT

 

2. MAIN AIR DI AIR TERJUN TANGGEDU

Air Terjun Tanggedu berlokasi di Waingapu dan berdekatan dengan Air Terjun Waimara, Air Terjun Lapopu, dan Air Terjun Matayangu. Air Terjun Tanggedu sendiri terkenal sebagai Grand Canyon-nya Indonesia karena wujudnya yang serupa dengan Grand Canyon yang ada di Arizona.

via twitter.com/sahalabjs

via instagram.com/natgeoindonesia

via instagram.com/donnyheru

Pemandangan selayaknya Grand Canyon ini sayang banget kalau kamu lewatkan dan gak kamu abadikan! Soalnya Air Terjun Tanggedu ini Instagram-able banget, guys.

via linesindonesia.com

via instagram.com/nonafeli

via instagram.com/inessumbayak

Selain bagus banget untuk foto-foto, kamu pasti rasanya pengen banget nyobain main air di Air Terjun Tanggedu ini. Soalnya airnya jernih banget!

via instagram.com/nonafeli

via instagram.com/audreyjiwajenie

via instagram.com/ratucumi

Untuk bisa main air dan foto-foto di Air Terjun Tanggedu ini, kamu hanya perlu menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 45km dari Waingapu menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Sebelum mencapai Air Terjun Tanggedu, kamu juga akan melewati Desa Mondu dan Desa Prainantang yang gak kalah eksotis!

via instagram.com/ernestprakarsa

via instagram.com/mario_susilo

via instagram.com/asdikurniawan

 

Detail Informasi

Lokasi: Ndayapami, Kanatang, Sumba Timur, NTT

Rute: Sewa mobil atau motor dari Waingapu, 45km ke arah utara.

 

3. BERLARI-LARI DI PANTAI WALAKIRI

Kalau kamu mencari spot buat liat sunset di Sumba, Pantai Walakiri jawabannya! Pantai ini terkenal karena memiliki pohon unik yang terlihat makin bagus pas sunset. Lokasinya pun gak jauh dari Kota Waingapu.

via instagram.com/sumarlinism

via instagram.com/eddydarwin

via instagram.com/folkindonesia

Layaknya pantai lain yang ada di Sumba, Pantai Walakiri juga memiliki pasir berwarna putih. Keunikannya justru terletak di tekstur pasirnya yang memiliki dua jenis tekstur yang berbeda. Pasir yang di tepi pantai teksturnya sama kayak pasir pantai pada umumnya yang agak kasar. Sedangkan pasir yang ada di area bekas laut yang surut teksturnya lebih halus kayak bedak. 

via indonesiakaya.com

via instagram.com/chinocappucino

Kalau gak sempet dapet sunset di tempat ini, foto di siang hari juga masih oke kok! Soalnya di sekitar Pantai Walakiri ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa yang persis banget kayak pantai-pantai tropis kebanyakan.

via indonesiakaya.com

 

Detail Informasi

Lokasi: Tarimbang, Tabundung, Sumba Timur, NTT

Rute: Naik mobil atau motor dengan waktu tempuh kurang lebih 30-45 menit dari Waingapu.

 

4. WAIKELO SAWAH: BUKAN SAWAH BIASA

Kalo cuma denger namanya, pasti kamu nebak ini hamparan sawah di salah satu pedesaan yang ada di NTT. Kamu belum beruntung, karena Waikelo Sawah ini bukan sawah tapi sumber mata air tawar. Konon katanya, sumber mata air ini gak pernah kering meskipun lagi musim kemarau.

via indonesiakaya.com

via indonesiakaya.com

Sumber mata air Waikelo Sawah digunakan untuk irigasi sawah di desa-desa yang berada di sekitarnya dan juga untuk mandi dan mencuci masyarakat setempat.

via indonesiakaya.com

via instagram.com/evelynhayashi

Sungai bawah tanah ini pastinya sayang banget kalo gak kamu abadikan. Soalnya air yang ada di Waikelo Sawah itu berasal dari sungai yang mengalir di dalam goa. Mengintip ke dalamnya bikin kamu semakin memuji keindahan si Waikelo Sawah ini. Gimana gak, airnya keliatan biru banget!

via instagram.com/evelynhayashi

via instagram.com/novrasumbayak

Waikelo Sawah bakalan makin tambah indah saat adanya ‘ray of light’ yang mengintip masuk ke dalam goa. Rasanya jadi langsung pengen mandi ya? Tapi, berhubung gak ada akses ke dalam goanya, lebih baik kamu gak usah berenang. Terlebih mengingat Waikelo Sawah merupakan sumber air bersih untuk warga sekitar. Masa abis kamu pake berenang trus mereka pakai untuk nyuci?

via harianpost.co.id

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Tema Tana, Wewewa Timur, Sumba Barat, NTT

Rute: Kurang lebih 40-45 menit dari Tambolaka dengan mobil atau motor. Alternatif lain bisa menyewa ojek langsung dari Tambolaka.

 

5. MENGHIRUP UDARA SEGAR DI AIR TERJUN LAPOPU

Berbeda dengan air terjun lainnya di Sumba, Air Terjun Lapopu ini dikenal sebagai air terjun tertinggi di NTT dengan ketinggian 90 meter.

via pieterumburesi.blogspot.co.id

via instagram.com/andychunchun

via instagram.com/astrellachen

Untuk bisa menghirup udara segar di Air Terjun Lapopu, kamu perlu merogoh kantong karena dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 5.000. Saat sampai di loket pembelian tiket, mintalah petugas menunjukkan jalan ke Air Terjun Lapopu. Nah, untuk sampai di air terjun tersebut, kamu harus menyebrangi jembatan yang ada di atas kali Lapopu.

via instagram.com/shealwayslost

via aboutthejourneys.wordpress.com

via instagram.com/bikingendut

 

Detail Informasi

Lokasi: Taman Nasioinal Manupeu Tanah Daru, Desa Lapopu, Wakonaka, Sumba Barat, NTT

Harga Tiket: Rp. 5.000,-

 

6. MENGAMATI FLORA & FAUNA DI TAMAN NASIONAL LAIWANGI WANGGAMETI

Kalau kamu bukan anak pantai, kamu pasti akan lebih suka ke Taman Nasional Laiwangi Wanggameti. Taman nasional ini memiliki topografi berbukit dan berlereng curam. Tapi di balik topografinya yang seperti ini sebenearnya Taman Nasional Laiwangi Wanggameti menyimpan banyak keindahan alam serta keragaman hayati.

via fotster85.blogspot.com

via instagram.com/indonesiajuara

via pinterest.com

via instagram.com/reznorey

Keanekaragaman hayati yang ada di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti ini bernilai cukup tinggi karena terdapat pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Untuk bisa melihat flora dan fauna di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti kamu harus trekking menyusuri hutan Wanggameti dulu. Karena itu, pastikan kamu memiliki persiapan yang matang.

via instagram.com/intanppsari

via instagram.com/caesadhanisa

Flora dan fauna yang ada di Taman Nasional Laiwangi Manggaweti ini merupakan jenis-jenis yang sudah hampir punah. Selama trekking nanti kamu pasti bisa ngeliat sendiri berbagai jenis flora dan fauna yang ada di Taman Nasional ini.

via instagram.com/noviadyikhsan

via instagram.com/tamannasional_matalawa

via instagram.com/tamannasional_matalawa

Dari sekian banyak fauna di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti, yang menjadi primadona sudah pasti Kakatua Jambul Orange. Kakatua ini cuma bisa ditemukan di Sumba, guys. Jadi pastiin waktu kamu berkunjung ke tempat ini di pagi atau siang hari. Kalau udah kesorean, burung-burungnya udah bobo~

via youtube.com

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti ini gak cuma memiliki keragaman flora dan fauna yang bisa kamu amati tapi juga air terjun sejuk yang bisa menyegarkan badan kamu. Masih inget kan sama Air Terjun Lapopu? Nah! Kalian bisa sekalian deh mampirin Air Terjun Lapopu kalau main ke Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.

via instagram.com/tamannasional_matalawa

via instagram.com/tamannasiona_matalawa

 

Detail Informasi

Lokasi: Jl. Adam Malik Km. 5, Kambajawa, Waingapu, Sumba Timur, NTT

 

7. PANTAI WATU PARUNU YANG BISA NGILANGIN JENUH

Setipe dengan Pantai Bwanna, Pantai Watu Parunu ini juga memiliki keunikan yang sama yaitu batu bolong. Kalau di Pantai Bwanna batu bolongnya dari karang, batu bolong di Pantai Watu Parunu terbuat dari beberapa jenis bebatuan. 

via exploresumba.com

via instagram.com/akmal.luthfi.m

Gak cuma batu bolong ini yang jadi keunikan di Pantai Watu Parunu. Ada tebing batu putih yang bentuknya meliuk-liuk karena proses alam. 

via indonesiakaya.com

Tebing batu putih ini ternyata besar juga ya! Dijamin kalo kamu foto di sini kamu pasti jadi keliatan kurusan hehe.

via instagram.com/sevirasr

via instagram.com/lasugondo

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Lain Janji, Sumba Timur, NTT

Rute: Naik mobil atau motor dari Waingapu.

 

8. BERLOMBA DENGAN KUDA DI SAVANA PURU KAMBERA

Savana Puru Kambera juga menjadi primadona di Sumba. Perpaduan padang rumputnya yang keemasan dengan langit biru membuat suasana berlibur di Savana Puru Kambera seperti berlibur di Afrika.

via instagram.com/eastindonesia.tour

via instagram.com/afwinakamal

via instagram.com/ichsound

Selain pemandangan yang bagus di siang hari, Savana Puru Kambera juga bagus banget pas sunset. Buat kamu yang suka foto-foto, wajib banget buat mengabadikan sunset di Savana Puru Kambera ini.

via instagram.com/claudia_odie

via instagram.com/afwinakamal

via instagram.com/rtaufik13

Rasanya aneh kalau ke Savana Puru Kambera tapi gak melihat langsung gerombolan kuda liar yang seliweran di sini. Untuk bisa melihat kuda-kuda ini, kamu harus datang di musim kemarau. Karena kalau kamu datang saat musim penghujan, kuda-kuda liar ini lebih sering mencari makan di luar area Savana Puru Kambera.

via instagram.com/veeka_vw

via instagram.com/bernadheta_gisca

via instagram.com/fannygumay

Pemandangan bak Afrika ini bisa kamu capai hanya dengan waktu tempuh 1 jam dari Waingapu. 

via instagram.com/kawanjelajah

via instagram.com/indohoy

 

Detail Informasi

Lokasi: Pantai Puru Kambera, Sumba, NTT

Rute: Menggunakan mobil pribadi atau sewaan dari Waingapu. Lama perjalanan kurang lebih 1 jam.

 

9. DANAU WEEKURI YANG INDAHNYA BIKIN HATI BERSERI-SERI

Laut berair asin udah biasa. Danau berair asin baru luar biasa! Nah, keunikan Danau Weekuri ini terletak di airnya yang asin karena bersebelahan dengan laut lepas. Tak hanya itu, danau ini juga memiliki air yang super jernih.

via sumba.land

via svtland.blogspot.id

via satyawinnie.com

via tripadvisor.com

Selain bisa menikmati pemandangan danaunya yang sebening kaca, kamu juga bisa menikmati campuran air dingin dan panas di danau ini dengan berenang.

via instagram.com/aisyahlalita

via instagram.com/ersyarwd

via instagram.com/sebumi.id

Kalau kamu gak pengen berenang, kamu juga bisa foto-foto di sini, guys! Soalnya pemandangannya bagus banget buat bikin feeds Instagram kamu lebih kece.

via instagram.com/inessumbayak

via instagram.com/ervan_dimu

via instagram.com/zindan_habsyi

Danau Weekuri yang indah ini bisa kamu temui setelah melakukan trekking melintasi hutan karena lokasinya memang tersembunyi. Tapi lelahnya trekking pasti akan terbayarkan dengan pemandangan yang kamu dapat dari Danau Weekuri.

via instagram.com/kupang.news

via instagram.com/manggalareza

via instagram.com/indonesiaeksotik

 

Detail Informasi

Lokasi: Kalena Rongo, Kodi Utara, Sumba Barat Daya, NTT

Rute: Hanya bisa ditempuh dengan mobil. Lama perjalanan kurang lebih 30 menit dari Tambolaka. 

 

10. JANGAN ‘TENG GO’ KALAU MAIN KE KAMPUNG RATENGGARO

Layaknya Kampung Tarung, Kampung Ratenggaro juga mempertahankan kekentalan adatnya. Adat yang dipertahankan ini terlihat sangat jelas dari bentuk rumah adatnya (Uma) yang memiliki menara dengan tinggi mencapai 20 meter. Untuk bisa melihat rumah adat di Kampung Ratenggaro, kamu bisa menyewa jasa travel atau menggunakan angkutan umum jurusan Kodi. Cukup duduk manis selama 1 setengah jam, kamu bisa langsung mengenali adat di Kampung Ratenggaro.

via instagram.com/astuti09

via tempo.co

Eits, jangan teng go kalau ke Kampung Ratenggaro! Loh, kenapa? Soalnya Kampung Ratenggaro ini merupakan kampung adat yang terletak di pinggir pantai. Jadi kalau kamu ke sini, kamu bisa sekalian bermain ke pantai berpasir putih dan menyicip deburan ombaknya. 

via pinterest.com

via chris13jkt.wordpress.com

via instagram.com/btarimaskha

Gak cuma pantai eksotis berpasir putih yang menjadi daya tarik dari Kampung Ratenggaro. Batu-batu kubur peninggalan dari zaman megalitikum juga menjadi ciri khas Kampung Ratenggaro.

via instagram.com/majalahbinokular

via sumbaadventureclub.blogspot.com

via ketahui.com

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Maili, Bondo Ate, Kecamatan Kodi Bangedo

Rute: Naik mobil, travel, atau bus jurusan Kodi. Kalo kamu naik mini bus, turun di Bondo Kodi terus sewa ojek sampai ke Ratenggaro.

 

11. PESONA PANTAI BWANNA YANG BAK NIRWANA

Sekali melihat, kamu pasti langsung tau Pantai Bwanna itu yang mana. Lokasinya gak jauh dari Pantai Watu Maladong dan pesona yang ditawarkan gak jauh beda yaitu batu karang. Tapi yang bikin batu karang di Pantai Bwanna ini berbeda yaitu bentuk batu karang bolongnya.

via instagram.com/enricogautama

via katalogwisata.com

via instagram.com/siparjalang.com

via instagram.com/evelynhayashi

Foto sendiri, bareng temen, atau pun bareng pacar di batu bolong Pantai Bwanna gak masalah! Karena emang background-nya yang keren, foto kamu pun hasilnya pasti keren.

via instagram.com/putupadmi

via instagram.com/ferryanaulia

via instagram.com/klaragressaaudrina

 

Detail Informasi

Lokasi: Kodi Balagar, Sumba Barat Daya, NTT

Rute: Dari Tambolaka kurang lebih 2 jam jika menggunakan motor. Kalau naik mobil, harus jalan kaki dulu kurang lebih 2km setelah sampai di lokasi. 

 

12. MAU DONG KE PANTAI WATU MALADONG!

Pantai Watu Maladong ini terkenal karena memiliki batu karang di tengah-tengah lautnya. Ukuran batu karangnya beragam, namun didominasi oleh ukuran batu karang yang besar.

via instagram.com/udjuafzanth_

via instagram.com/evymilini

via instagram.com/aryaasterine

Gak banyak yang bisa dilakukan di Pantai Watu Maladong karena pantai ini memang belum terjamah orang banyak. Tapi seengaknya, kamu bisa nambah koleksi foto pribadi kamu di antara batu karang yang berdiri megah di tengah laut.

via instagram.com/canayatour

via instagram.com/ryantjahjadi

via instagram.com/niningarry

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Panenggo Ede, Kodi Balaghar, Sumba Barat Daya, NTT

Rute: Bisa ditempuh dengan mobil atau kendaraan umum. Kalau naik mini bus, pilih jurusan Walandimu. Kalau udah sampai di Walandimu bisa langsung naik ojek ke Pantai Watu Maladong.

 

13. PASOLA: BERKUDA DAN TUMPAH DARAH KHAS SUMBA

Pasola merupakan festival adat khas Sumba yang dirayakan untuk menyambut masa panen. Festival ini merupakan salah satu acara penting yang ada di dalam rangkaian seremoni agama Marapu. Marapu sendiri merupakan keyakinan tradisional yang dimiliki masyarakat Sumba.

via iyakan.com

via tourism.nttprov.go.id

Festival Pasola diawali dengan tradisi Bau Nyale yang dipimpin oleh seorang Rato atau kepala adat. Rato dan para tetua adat akan memimpin tradisi mencari cacing nyale di pinggir pantai. Kalau kamu gak takut cacing, kamu bisa ikut mencari setelah Rato dan para tetua adat selesai mencari.

via phinemo.com

via tempo.co

Festival Pasola diadakan setiap tahun di tanggal yang telah ditetapkan oleh para Rato melalui proses penghitungan kalender Sumba dan kemunculan cacing tadi. Penetapan tanggal Pasola ini dilakukan saat bulan Puasa di Pasola yang disebut dengan Wulapodu.

via instagram.com/trubavinphoto

Di festival ini, para petarung yang merupakan penduduk asli Sumba akan berperang dengan tombak sambil menunggang kuda. Untuk menyaksikan Festival Pasola kamu bisa datang ke Desa Ratenggaro di Kecamatan Kodi.

via instagram.com/indonesianwindows

via instagram.com/ngeweek

via instagram.com/lensa_ntt

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Ratenggaro, Sumba, NTT

 

14. AIR TERJUN MATAYANGU YANG BIKIN HATI KAMU TERBELENGGU

Gak jauh dari lokasi Air Terjun Lapopu, ada juga air terjun lain yang gak kalah oke. Namanya Air Terjun Matayangu. Air terjun yang mampu bikin kamu hati kamu terbelenggu ini terletak di Taman Nasional Manupe. 

via instagram.com/sapsaphi

via instagram.com/ellabita

via instagram.com/aduafander

Ada dua air terjun di lokasi ini. Air terjun pertama memiliki air yang bersumber dari dalam goa dengan ketinggian 75 meter. Air terjun yang kedua hanya muncul ketika musim hujan yang airnya berasal dari sungai di air terjun pertama. Makannya, waktu berkunjung yang tepat ke Air Terjun Matayangu ini adalah pada bulan Maret-Juni atau Oktober-Desember.

via instagram.com/suciatirambu

via instagram.com/wisatasumba

via instagram.com/worlderful_treasure

via instagram.com/langkahpenjelajah

Karena lokasinya yang berada di dalam Taman Nasional Manupe, kamu harus berjalan kaki terlebih dahulu untuk mencapai Air Terjun Matayangu. Karena perjalanan yang ditempuh melalui hutan, maka pastikan tubuh kamu fit ya.

via instagram.com/cukdus

via instagram.com/adib_muttaqien

via beritagar.id

via instagram.com/jiselajisel

 

Detail Informasi

Lokasi: Manuara, Katikutana Selatan, Sumba, NTT

Rute: Bermalam di Desa Manurara yang terletak 20km dari Waikabubak atau langsung melakukan trekking melalui hutan ke arah air terjun di pagi hari. Trekking menghabiskan waktu kurang lebih satu jam.

 

15. MENILIK CANTIKNYA BUKIT WAIRINDING YANG BIKIN MERINDING

Siapa sih yang gak kenal sama Bukit Wairinding yang bikin merinding ini? Eits, bukan merinding karena ketakutan. Tapi merinding karena pemandangan bukit berlapis-lapisnya yang cantiknya bukan main! 

via indonesiakaya.com

via instagram.com/ryantjahjadi

via instagram.com/pritta_damanik

Bukit Wairinding ini gak jauh dari kota Waingapu. Hanya sekitar 25km. Untuk bisa menilik cantiknya Bukit Wairinding, kamu juga gak perlu trekking sampe keringetan. Karena lokasi bukit ini cuma sekitar 500m dari lahan parkir.

via instagram.com/ilhamarch

Layaknya destinasi wisata eksotis lainnya yang ada di Sumba, Bukit Wairinding ini juga memiliki keunikan yang terletak di warna rerumputannya. Hamparan padang rumput ini akan berwarna kuning saat musim kemarau, dan akan berubah warna menjadi hijau saat musim penghujan.

via instagram.com/claudiasutjiono

via instagram.com/gotosumba

via instagram.com/the_happiness_projects

Kalau kamu beruntung, kamu juga bisa bertemu dengan anak-anak asli Sumba saat berada di Bukit Wairinding ini.

via instagram.com/regitaprisca

via instagram.com/inessumbayak

via instagram.com/afwinakamal

Selain jadi destinasi wisata, Bukit Wairinding ini juga bisa jadi pilihan bagi kamu yang ingin membuat foto pre wedding dengan konsep yang berbeda.

via instagram.com/cheesenclick

Tapi kalo belum punya calonnya, ya sama pacar atau temen-temen juga oke, kok!

via instagram.com/anggimiranda

via instagram.com/hanadiah

via instagram.com/yvoneastri

 

Detail Informasi

Lokasi: Pambotanjara, Waingapu, Sumba Timur, NTT

Rute: Menggunakan jasa travel, mobil, ataupun motor dari Waingapu. Lama perjalanan kurang lebih 30-45 menit. Setelah sampai, kamu harus berjalan kaki kurang lebih 500m untuk sampai ke lokasi Bukit Wairinding.

 

16. BERSATU DENGAN JIWA & RAGA DI PANTAI NIHIWATU

Kamu pasti pernah merasakan penat di sela-sela kesibukan kamu yang bikin kamu lupa kalau dirimu juga butuh liburan. Kalau kamu pengen punya quality time sama diri kamu sendiri, cobain deh ke salah satu pantai terbaik di Asia, yaitu Pantai Nihiwatu dimana untuk bisa main ke pantai ini kamu harus nginep di Nihiwatu Resort dulu.

via instagram.com/nihiwatu

via instagram.com/azw2
via instagram.com/nihiwatu

Pantai Nihiwatu aja udah keren banget, Nihiwatu Resort yang diakui di dunia sekeren apa sih? Kalo menurutku sih udah kayak surga di dunia~

via instagram.com/nihiwatu

via instagram.com/nihiwatu

via instagram.com/nihiwatu

Dengan fasilitas seperti ini, gak heran kalau Nihiwatu jadi salah satu resort mahal yang ada di Indonesia. Pas banget kan buat kamu yang sekedar ingin bersantai melupakan deadline. Kalo kayak gini sih, quality time seminggu juga gak bakal cukup :p

via instagram.com/nihiwatu

via instagram.com/bondivenus

via instagram.com/esteban_the_explorer

Habis bersantai, enaknya kamu latihan yoga supaya bisa menyatukan diri dengan pikiran. Kapan lagi bisa yoga sambil menikmati pemandangan pantainya Nihiwatu.

via instagram.com/nihiwatu

via instagram.com/marytilson

 

Detail Informasi

Lokasi: Nihiwatu, Hoba Wawi, Wanokaka, Sumba, NTT

Rate: 10 jt Rupiah - 30jt Rupiah/malam

Fasilitas: Free WiFi, taman, area piknik, perpustakaan, private pool

Aktivitas: Bersepeda, memancing, horse riding, pilates, yoga, canoeing, surfing, kayaking

 

17. BERENANG DI KOLAM ALAM AIR TERJUN WAIMARANG

Kalau di Air Terjun Tanggedu kamu bisa menikmati pemandangan yang mirip dengan Grand Canyon, di Air Terjun Waimarang kamu bisa berenang di kolamnya yang super biru. Kolam di Air Terjun Waimarang ini dikelilingi oleh tebing-tebing batu yang membuat kolamnya seolah-olah terkurung oleh tebing-tebing tersebut.

via instagram.com/donnyheru

via dolandolen.com

Duh! Saking birunya kolam di Air Terjun Waimarang ini rasanya pengen cobain cliff jumping dan berenang. Tapi kamu harus hati-hati kalau cliff jumping di sini, nih. Soalnya ada beberapa bagian tebing yang licin.

via instagram.com/andamrefino

via instagram.com/anggakiswara

via instagram.com/tjiptotjupu

Peribahasa ‘berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian’ pas banget untuk mendeskripsikan Air Terjun Waimarang ini. Untuk mencapai lokasi ini, kamu harus melakukan trekking melalui jalan yang ada di bukit terjal. Nah, karena lokasi Air Terjun Waimarang belum ada di Google Maps, maka kamu harus berani bertanya pada penduduk lokal. Kalo kamu malu bertanya, niscaya kamu sesat di jalan.

via instagram.com/novica_yun

via instagram.com/sandy_dcakra

 

Detail Informasi

Lokasi: Ngaru Kanoru, Sumba, NTT

Rute: Menaiki mobil atau motor dari Waingapu. 83km dari pusat kota. Setelah sampai harus trekking melalui jalanan menurun hingga sampai ke lokasi.

 

18. MENDENGAR DEBURAN OMBAK DI PANTAI MANDORAK

Pantai Mandorak disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di Sumba karena lokasinya yang memang tersembunyi dan jauh dari pemukiman penduduk. Selain itu, Pantai Mandorak ini juga dikepung oleh karang yang lumayan besar. Makanya gak heran kalau pantai ini jadi surga tersembunyi. Biarpun tersembunyi, pantai yang hanya memiliki lebar 50 meter ini sanggup untuk mengambil hatimu.

via instagram.com/lysya_agty

via telusurindonesia.com

via telusurindonesia.com

Suara deburan ombak di pantai ini emang gak ada duanya. Tapi kamu juga perlu berhati-hati saat ombak di Pantai Mandorak sedang pasang.

via instagram.com/bobby_djorkaeff

via instagram.com/monalisacitrakartini

 

Detail Informasi

Lokasi: Kalena Rongo, Kodi Utara, Sumba Barat Daya, NTT

Rute: Bisa ditempuh langsung dari Danau Weekuri karena jaraknya hanya berkisar 2km.

 

Nah, itu tadi 18 tempat wisata eksotis di Sumba yang bikin liburanmu makin manis! Gimana? Makin pengen kan explore Sumba yang punya banyak tempat dengan pemandangan yang gak jauh dari destinasi wisata di luar negeri. Mau main di air terjun, berenang di danau, lari-larian di pantai, atau sekedar ngunjungin taman nasional semua bisa di Sumba!


Penulis
Penulis Christa Meullemans
Wanderer who loves to wonder and works as a copywriter so paying bills would be a whole lot easier~

Artikel Terkait

Nusa Tenggara Timur - 497 Hits

8 Spot Foto Prewedding Super Oke di NTT

Nusa Tenggara Timur - 409 Hits

Sengsara Berujung Nikmat Ala Waerebo

Nusa Tenggara Timur - 350 Hits

Main Tebakan Warna Air di Danau Kelimutu

Nusa Tenggara Timur - 365 Hits

Goa Rangko, Goa Super Lengkap di Flores

Nusa Tenggara Timur - 637 Hits

8 Penginapan Unik di Labuan Bajo

Nusa Tenggara Timur - 3804 Hits

12 Kuliner Khas NTT yang Ngga Boleh Dilewatin

Advertisement

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.