Bosen Sama Jogja? Yuk Nyantai Manja di 19 Tempat Wisata Sekitaran Jogja ini


Best of Indonesia - Sport & Adventure - 2124 Hits

Hampir gak mungkin kamu bisa ngerasa bosen sama Jogja, karena tiap tahun aja rasanya harus minimal 1 kali dateng ke kota yang ngangenin ini. Tapi gak bisa dipungkiri juga kalau main ke tempat yang itu-itu aja ya lama-lama bisa jenuh juga. Nah, biar gak bosen dengan Jogja, mending jalan-jalan ke wisata-wisata oke di sekitarnya aja. Berlokasi 2-3 jam perjalanan dari Jogja, kamu tetap bisa bobok di kota ini dengan sekaligus mendapatkan pengalaman wisata baru dan beda di 19 tempat wisata ini untuk variasikan kunjunganmu ke kota tersayang. 

 

1. Berani Meluncur Sambil Selonjoran di Riverboarding Kali Pusur, Klaten

Paling enak main basah-basahan kalo musim kemarau udah menyerang. Sensasi byar byur sambil olahraga di alam bebas bisa kamu cobain nih di dekat Jogja, tepatnya di Riverboarding Kali Pusur yang berada di kota Klaten, sebelah timurnya Yogyakarta.

via liputan1.com

via miradesta.blogspot.co.id

Kalo biasanya yang umum itu arung jeram atau rivertubing, di Kali Pusur kamu bisa ngerasain terjun sendiri mengarungi derasnya arus kali dengan menggunakan sebilah papan luncur. Papannya bukan kamu dudukin atau tunggangin, tapi kamu letakkan di dada sambil posisi tengkurap. Inilah yang disebut dengan riverboarding.

via riverboardingpusur.blogspot.co.id

via kreesnaa.blogspot.co.id

Kali Pusur ini berasal dari sumber mata air Cokro. Selama mengarungi sungai, kamu akan melintasi tiga desa. Arusnya ada yang deras, ada yang jeram dan ada yang santai. Debit airnya bisa naik kalo kamu dateng pas musing penghujan.

via journeyofalek.com

Sebelum mulai mengarungi Kali Pusur, kamu akan terlebih dahulu dilengkapi dengan safety equipment berupa helm, pelampung, decker, dan sepatu khusus. Kamu juga akan diberi pelatihan dulu di Kolam Renang Alami di Desa Ponggok supaya nantinya gak kagok.

via journeyofalek.com

via riverboardingpusur.blogspot.co.id

Selesai diberi pelatihan, kamu bisa langsung ke medan tempur di Kali Pusur. Butuh waktu sekitar 5 menit dari kolam ke sungai kalo menggunakan mobil.

via journeyofalek.com

Ada sekitar 5-6 jeram yang bisa kamu lewatin selama riverboarding di Kali Pusur. Kira-kira akan menghabiskan waktu 2 jam kalo kamu menyusuri sepanjang Kali Pusur. 

via riverboardingpusur.blogspot.co.id

via riverboardingpusur.blogspot.co.id

Penasaran mengarungi derasnya Kali Pusur? Tempat wisata ini cocok banget buat pemula, soalnya tingkat kesulitan dan kedaleman sungai serta bebatuan di Kali Pusur terbilang gak membahayakan.

via pasmajariverboarding.blogspot.com

Oh iya, pengarungan juga ditemani oleh 2 orang guide, jadi kamu gak perlu khawatir karena keselamatan kamu selama main riverboard di Kali Pusur tentunya terjamin. 

via riverboardingpusur.blogspot.com

via twitter.com/pasmajariver

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Veteran no. 78, Klaten, Jawa Tengah

Jam Operasi: Mulai dari pukul 08.00 WIB

Harga Tiket: Rp150.000/orang

Kontak Reservasi: 085643366068, 085725870035

 

2. Bebas Berekspresi Sepuas Hati di Top Selfie Pinusan Kragilan, Magelang

Siapa yang gak hepi dikasih kesempatan buat selfie? Apalagi kalo background-nya mendukung banget, siapapun pasti bakal ketagihan buat ngambil foto diri sendiri. Ini dia hutan yang menawarkan kesempatan buat kamu yang hobi take selfie berkali-kali, yaitu Top Selfie di Magelang, Jawa Tengah.

via instagram.com/dendyharun

via reresapan.com

via instagram.com/taufiq_mt99 

Top Selfie berlokasi di ujung kota Magelang, tepatnya di lereng Gunung Merbabu yang merupakan bagian dari Desa Kragilan. Penduduk Desa Kragilan sendiri yang mengelola langsung objek wisata hits satu ini. 

via instagram.com/a.rum.s 

via instagram.com/bli.koko 

Untuk mencapai Top Selfie, kamu bakal menempuh 1 jam perjalanan dari Magelang. Setelah sampai dan disambut plang selamat datang yang noticable, kamu harus menyusuri jalanan beton yang cukup sempit buat masuk ke dalam hutan pinusnya.

via trevelsia.com

Dari nama lengkapnya aja udah ketebak kalo Top Selfie Pinusan Kragilan dikelilingi hutan pinus. Pohon pinus yang berjejer menjulang tinggi di pinggir jalan menjadi poin yang bikin kawasan satu ini super aesthetic.

via instagram.com/yessiyossa

via instagram.com/rizkiriyanda

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

Udah view alamnya top banget, Top Selfie juga didukung berbagai fasilitas yang bakal bikin kamu happy. Sejak dibuka, spot cantik buat befoto di Top Selfie selalu bertambah. Misalnya rumah panggung di pepohonan pinus yang bikin kamu melayang ala-ala.

via instagram.com/ikadewioctaviana 

via instagram.com/febtasariliza 

Tenang aja, gak cuma satu kok rumahnya, jadi kamu bisa bebas ngambil selfie tanpa khawatir ada yang lagi ngantri.

via instagram.com/minnyyy98 

via instagram.com/rosa.ardiya 

Masih kurang tinggi? Tenang aja, kamu juga bisa merasakan sensasi menggapai langit sambil menikmati pemandangan Gunung Merbabu dan kebun di bawahnya dengan naik ke atas tingkat atau duduk di kursi santai yang super tinggi.

via instagram.com/ryan_vidian 

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

via  instagram.com/re10re_ 

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

Masih berada di atas ketinggian, kamu juga bisa bergaya sesuai kemauanmu. Mau jadi bunga, terbang pake kuda, foto di sebelah helikopter, atau nelpon pacar di udara bisa kamu peragain selama main di Top Selfie.

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

via instagram.com/ikadewioctaviana 

via instagram.com/ikadewioctaviana 

via instagram.com/3rwiin99 

Masih memainkan imajinasi, Top Selfie juga nyediain wahana agak ekstrim yang cocok buat kamu yang doyan memacu adrenalin. Naik sepeda di atas untaian tali atau gak napak selama main ayunan, siapa takut! 

via instagram.com/instajogjagram

via instagram.com/diephaphuw

via instagram.com/dawam_agumk 

Balik ke bawah, Top Selfie juga menyediakan fasilitas seru lainnya seperti hammock warna-warni yang bergelayutan di antara pohon pinus. Mau buat bobo siang atau gaya bareng, bebas terserah kamu dan geng aja deh!

via instagram.com/hikall_fiqri 

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

Yang mau menyatakan cinta ke si dia juga monggo, udah disediain loh sama Top Selfie. Romantis sekaligus estetis banget momen kamu jadian di sini.

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

Kalo mau liat pemandangan yang lebih unik lagi, dateng aja ke Top Selfie pas perayaan ultahnya. Biasanya sekitaran Mei kamu bisa menemukan hiasan cantik mewarnai area hutan pinus, kayak payung warna-warni yang bergantungan ini.

via instagram.com/wonderfuljogja 

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

Lokasinya di kaki gunung, so udara di Top Selfie agak menggigit. Pastikan kamu pakai baju hangat ya supaya gak masuk angin selama asyik ber-selfie ria. Dianjurkan juga buat ajak pasangan, teman, atau keluarga kamu ke sini supaya suasananya jadi makin hangat dan bikin kamu tambah semangat untuk berburu selfie terbaik.

via instagram.com/misslilcupcakes

via instagram.com/adella_wulandari 

via instagram.com/top_selfiepinusankragilan 

 

Detail Informasi

Lokasi: Pogalan, Pakis, Magelang, Jateng

Jam Operasi: 07.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Motor Rp3.000, Mobil Rp10.000

Rute Menuju Tujuan:

  1. Jalur Muntilan/ Blabak – Ketep.

Dari Ketep melewati jalur ke arah Kopeng, sekitar 4 km dari arah Ketep, nah di kiri jalan sudah akan terlihat gapura yang bertuliskan Top Selfie Kragilan.

  1. Jalur Kopeng

Dari Kopeng ikuti jalur ke arah Ketep, Top Selfie akan terlihat di kanan jalan setelah memasuki daerah Kaponan.

  1. Jalur Candimulyo

Dari arah Candimulyo menuju Kaponan, menemui pertigaan jalur Kopeng – Ketep, lalu ambil arah kiri (Kopeng), gapura bertuliskan Top Selfie akan berada di kiri jalan.

 

3. Seru Gak Ketolong Main Siluet di Puncaknya Gunung Andong

Di deket Jogja ada nih destinasi wisata buat kamu dapetin udara segar sambil nambahin stok foto-foto artsy. Coba naik ke Gunung Andong di Magelang, niscaya betah dan nolak turun kalo udah sampe atas.

via instagram.com/atasnamajoe 

via  instagram.com/wizdan_inst 

Meski masuknya ke wilayah Magelang, Gunung Andong bisa lebih gampang kamu akses dari kota Salatiga melalui Kopeng. Setelah itu kamu akan tiba di basecamp pendakian gunung Andong di Desa Sawit, Girirejo untuk memulai pendakian.

via instagram.com/firda_maulida_ 

Buat kamu yang masih pemula, Gunung Andong cocok buat dinaikin dengan tingginya yang 1.726 mdpl, jadi buat sampe atas cuma butuh waktu sekitar 2 jam. Tapi berhubung track-nya yang cukup curam serta kontur tanahnya yang liat, kamu yang baru punya pengalaman mendaki tetap harus berhati-hati.

via instagram.com/agungdidik 

via instagram.com/nik.nadhira

Puncak Gunung Andong membentang dari barat ke timur, jadi gak cuma ada satu puncak. Ada beberapa titik yang dianggap puncak dari Gunung Andong, dari Puncak Makam di paling barat, Puncak Jiwa, Puncak Andong, sampai Puncak Alap-alap di paling timur.

via instagram.com/aceh_anggoro

Kalo kamu melihat rumah selama pendakian di sisi barat Gunung Andong, berarti kamu telah berhasil menemukan makam yang tersimpan di dalam bangunan bata. Inilah asal muasal ada puncak di Gunung Andong yang namanya Puncak Makam. 

via instagram.com/iskandar_zulkarnainnn 

via instagram.com/gunungandong 

Sampai di atas Gunung Andong, kamu bisa bermain siluet dengan bantuan sinar mentari yang menerangi puncak gunung. Kelihaian mengambil gambar dan pemakaian filter kamera akan menghasilkan aneka foto yang siap mendulang likes di Instagram.

via instagram.com/mohamadmunawar24

via instagram.com/ratnasadian 

via instagram.com/ridwanependi_ 

via instagram.com/boy_sok 

Duduk di atas batu raksasa juga bisa kamu lakukan di atas Gunung Andong. Tambah betah deh melihat view oke dari ketinggian.

via instagram.com/gunungandong 

Kalo berani agak nekad, duduk di tebing Gunung Andong yang menghadap kota Magelang juga bisa kamu cobain. Melawan rasa takut bakal terbayar dengan pemandangan yang totally worth it.

via instagram.com/lilix.snt 

via instagram.com/gunungandong 

via instagram.com/rizkieagussaputra 

Oh iya, Gunung Andong ini tetanggaan sama Gunung Merbabu. Menatap gunung di seberang dari ketinggian bakal jadi momen yang gak bakal kamu lupakan kalo udah balik ke bawah.

via instagram.com/taufiq_azhari13 

via instagram.com/belajar_cekrek 

Hukumnya haram buat ngelewatin view sunset dari atas gunung. Semburat orens-nya matahari yang memantul ke rerumputan Gunung Andong dijamin bikin kamu gak nyesel udah mendaki gunung satu ini.

via instagram.com/umarbaradja_ 

via instagram.com/angger.assidhiqie 

Habis matahari tenggelam, kamu bakal dibuat terpana dengan view malemnya Gunung Andong: kombinasi ciamik antara taburan bintang di langit dengan hamparan city lights Kota Magelang di kejauhan.

via instagram.com/gunungandong 

via instagram.com/gunungandong 

Pamor Gunung Andong ternyata cukup naik daun. Karena mudah dinaiki, Gunung Andong seringkali padat sama wisatawan yang mau menyaksikan pemandang terbaik dari puncak gunung. Supaya gak kehabisan spot buat diriin tenda, ada baiknya kamu mendaki Gunung Andong saat weekdays

via instagram.com/nandavion 

Meski terbilang mudah dicapai, ada sumber air, serta tersedia warung di puncak Gunung Andong, tetep pastikan kondisi fisikmu prima ya sebelum mengawali pendakian. Jadi kamu bakal kuat berlama-lama menjelajahi Gunung Andong.

via instagram.com/riska.if 

 

Detail Informasi

Lokasi: Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

 

4. Main Ilusi Sambil Nikmati Karya Seni di Rumah Kamera Borobudur, Magelang

Pernah liat kamera raksasa? Kalo belum, coba deh mampir ke Rumah Kamera di Magelang. Kira-kira cukup 10 menit dari arah utara Candi Borobudur buat sampe ke tempat unik satu ini.

via instagram.com/adel_lhiea 

Dinamai Rumah Kamera karena bentuk bangunannya yang menyerupai kamera DSLR. Eits, tapi jangan terkecoh, soalnya tempat ini bukan galeri foto hasil jepretan kamera. Rumah Kamera ini merupakan galeri seni dari lukisan karya seorang pelukis yang sering mendapatkan penghargaan, namanya Pak Tanggol Angien Jatikusumo.

via lintaspulaujawa.blogspot.co.id

Saat memasuki area Rumah Kamera, kamu akan merasakan suasana serba damai sekaligus nyeni. Terdapat relief dan arca khas Borobudur yang menghiasi sudut depan Rumah Kamera.

via instagram.com/tanggol 

via instagram.com/camerahouseselfie 

via instagram.com/camerahouseselfie 

Memasuki bagian dalam Rumah Kamera, lukisan karya Pak Tanggol terpajang rapi menyelimuti dinding ruangan. Kalo udah mulai capek keliling galeri, ada kursi yang sudah disedian untuk antisipasi hal ini dan bisa kamu duduki.

via instagram.com/camerahouseselfie 

via instagram.com/haztohardi_ 

via kompasiana.com

Gak cuma karya lukisan yang bisa kamu nikmati di Rumah Kamera. Ada juga berbagai lukisan 3D ilusi optik yang bikin tua muda senang main-main!

via instagram.com/herwin_jhie 

via instagram.com/greguillend 

via instagram.com/isma_sumarno 

Di Rumah Kamera juga ada permainan cermin dan lampu yang bikin isi media sosial kamu aesthetic.

via instagram.com/adityabidin 

via instagram.com/camerahouseselfie 

Bangunan Rumah Kamera terdiri atas tiga lantai. Kalo bagian dalam isinya galeri seni, di bagian atap kamu bisa menikmati pemandangan alam yang masih asri. Di sini ada gembok cinta kayak di Prancis yang bisa kamu tulis sendiri wishes-nya, ini bikin Rumah Kamera tambah menarik.

via instagram.com/pangeran_kuliner 

Rumah Kamera dengan segudang lukisan dan ilusinya bakal ngehibur kamu dan teman perjalananmu. Sambil belajar seni, kamu jadi dapet koleksi foto yang kelihatan tricky.

via instagram.com/desninayoan 

via instagram.com/dhenaompreng 

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Majaksingi 8, Borobudur, Majaksingi, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah

Jam Operasi: 08.00-19.00 WIB

Telepon: 0821-7403-3068

Harga Tiket Masuk: Rp15.000/orang

 

5. Bergaya Lenggak-Lenggok di Bawah Air di Umbul Ponggok, Klaten

Masih di Klaten, bagi kamu yang punya impian menari dan bergaya di dalam air, siap-siap bahagia karena impianmu bisa terkabul di Umbul Ponggok.

via instagram.com/umbulponggok 

Di Umbul Ponggok, kamu bakal dibuat geleng-geleng kepala dengan berbagai keanehan yang gak lazim kamu lihat. Segala barang yang biasanya cuma ada di daratan bisa kamu temukan di dalam air di Umbul Ponggok.

via instagram.com/ucypurnamasari

Umbul Ponggok ini adalah kolam berdasar pasir dan bebatuan dengan sumber mata air yang alami. Meski banyak ikan di dalemnya, kamu gak perlu takut amis karena airnya mengalir terus menerus. Dan yang jelas, airnya jadi super bening!

via blog.reservasi.com

via instagram.com/titovyantara 

Di Umbul Ponggok, kamu bisa melakukan aktivitas air yang seru seperti snorkeling dan diving. Tapi yang bikin Umbul Ponggok beda dari kolam pada umumnya, kamu bisa bebas berpose di bawah air dengan properti nyeleneh yang bikin hasil jepretan kamu super unik.

via instagram.com/umbulponggok 

Supaya hasil foto kamu cakep, kamu bisa melek lebar tanpa khawatir matamu perih karena sumber airnya alami dari dasar kolam, alias gak pake kaporit.

via instagram.com/catherine_cynthia 

Nyari inspirasi foto prewedding yang antimainstream? Kolam Umbul Ponggok adalah pilihan yang tepat! Ada beragam paket yang ditawarkan buat kamu yang ingin mengabadikan foto bersama si doi, mulai dari Rp1.699.000 sampai Rp2.290.000.

via instagram.com/umbulponggok 

via instagram.com/umbulponggok 

Demi ngedapetin hasil foto terbaik, alangkah baiknya kalo kamu main ke Umbul Ponggok saat pagi hari atau sore hari. Selain airnya jadi gak gitu panas di kulit, lighting-nya juga paling pas buat foto jadi muka kamu gak item gelap karena kurang cahaya.

via instagram.com/umbulponggok 

Keunikan yang ditawarkan Umbul Ponggok bikin tempat ini nyaris gak pernah sepi. So, biar serasa kolam milik sendiri, coba mampir ke sini selama weekdays.

via instagram.com/umbulponggok 

via instagram.com/umbulponggok 

Buat kamu yang kurang jago berenang tapi pengen nyobain kolam yang lebih dalem, kamu bisa menyewa life vest dan perlengkapan renang lainnya dengan harga yang gak bikin kantong jebol. 

via bibitikan.net

via travelingyuk.com

Basically, kamu gak butuh jago berenang buat bersenang-senang di Umbul Ponggok. Gak bisa berenang pun kamu tetap bisa narsis di bawah air. Modal senyum aja, kamu bisa ngerasain pengalaman bergaya underwater yang gak terlupakan di kolam Umbul Ponggok!

via instagram.com/umbulponggok 

via instagram.com/umbulponggok 

via instagram.com/umbulponggok 

 

Detail Informasi

Lokasi: Jl. Delanggu- Polanharjo, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

Jam Operasi: 07.00-17.00 WIB

Telepon: 0823-1438-8880 (Ardi)

Harga Tiket Masuk: 

  • Retribusi Rp 5.000/orang
  • Sewa Fin/Kaki Katak Rp 7.000
  • Sewa Snorkel Rp 12.000
  • Sewa Pelampung Rp. 7.000
  • Sewa Ban Rp 5.000
  • Sewa Kamera Underwater Rp. 60.000/30 menit, Rp. 100.000/60 menit
  • Parkir Motor Rp. 2.000
  • Parkir Mobil Rp. 4.000
  • Ruang Bilas Rp 1.000
  • Foto grup underwater paket untuk 7 orang Rp. 100.000/60 menit.

 

6. Nikmatin Senja Romantis Nan Eksotis Bareng Pacar di Pantai Klayar, Pacitan

Siapa yang gak senang menyaksikan matahari terbenam? Apalagi kalo nontonnya dari bibir pantai sambil ditemani sama si dia. Nah Pacitan punya Pantai Klayar yang view sunset dan keajaiban alamnya bisa bikin si pacar terpukau.

via initempatwisata.com

Pantai Klayar berjarak sekitar 35 kilometer arah barat kota Pacitan. Butuh waktu sekitar 1 jam dari Pacitan untuk dapat menikmati suasana Pantai Klayar yang mempesona ini.

via initempatwisata.com

Selain view senja yang bikin kamu terhipnotis, Pantai Klayar juga dikenal dengan karang raksasa yang berada gak jauh dari tepi pantai. Ini dia ikon hits yang bikin Pantai Klayar spesial dari yang pantai lain.

via asliindonesia.net

via piknikasik.com

Selain karang yang menjulang, di Pantai Klayar juga ada batu yang disebut-sebut mirip Sphinx. Kalo tabunganmu belum cukup buat terbang ke Mesir, coba dateng dulu buat liat replikanya di Pantai Klayar. Kamu bisa liat karang ini dari dekat kalo airnya lagi surut.

via krjogja.com

via pacitanku.com

Kalo mendekat ke batu Sphinx, kamu akan menemukan fenomena alam lainnya yang gak kalah menarik di Pantai Klayar, yaitu seruling samudera. Bukan alat musik tiup di tengah laut, tapi semburan air dari laut yang menerobos celah karang sehingga mengeluarkan bunyi siulan seperti seruling. 

via liandamarta.com

Konon, air yang terpancar dari seruling samudera di Pantai Klayar ini bisa bikin awet muda loh. Kalo udah bosen pake skincare, main ke sini aja dan buktikan sendiri khasiatnya.

via pantaimalang.com

via opentripbromo.com

Pantai Klayar cukup luas. Kalo mager jalan kaki dari satu sisi ke sisi lainnya, ada ATV si kendaraan roda empat yang siap mengantar kamu buat mengeksplor pantai. Cukup merogoh Rp25-50 ribu untuk 2 penumpang, kamu bisa menghemat tenaga untuk menikmati keindahan Pantai Klayar. 

via instagram.com/fandinotonegoro 

via ilove-stories.blogspot.co.id

via proleevo.wordpress.com

Kalo airnya lagi pasang, kamu tetep bisa menikmati panorama Pantai Klayar dari ketinggian dengan naik ke bukit. Dari atas, view Pantai Klayar bakal bikin hati kamu dan si dia memekik.

via instagram.com/angkapapat

via instagram.com/fadzilafm

Ombak di Pantai Klayar relatif tinggi, jadi gak disaranin banget buat berenang di sini. Meski gak bisa nyebur, tapi pemandangan dan keunikan alam yang ditawarkan membuat Pantai Klayar worth banget buat kamu kunjungi selama liburan.

via instagram.com/arfenita_ta 

via proleevo.wordpress.com

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Rp3.000/orang

Rute Perjalanan: 

Dari arah Solo: Donorojo-Kalak-Klayar

Dari arah Pacitan: Punung-Bomo-Klayar

 

7. Pengalaman Menyusuri Perut Goa yang Gak Ada Duanya

  • Takjub Sampe Bengong Liat Goa Berwarna di Goa Gong

Kalo di kepalamu goa terkesan suram dan menyeramkan, maka pulang dari Pantai Klayar kamu harus coba berpetualang ke dalam Goa Gong.

via instagram.com/prayoga_210 

Goa ini bakal membuatmu terpana dengan pendar cahaya warna-warni yang menerangi stalagmit dan stalagtit yang ada di perut goa. 

via instagram.com/jetwisata 

via instagram.com/waxsumarwanto 

via instagram.com/tuanmuda_traveller 

via ilove-stories.blogspot.co.id

Warna-warni berasal dari cahaya lampu yang menerangi goa. Selain bikin kamu gak bakal tersesat, ternyata lampu-lampu inilah yang bikin Goa Gong ini jadi keliatan cakep dan menarik.

via instagram.com/chandrairawan_889 

via instagram.com/whypw 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Bomo, Kec. Purung Donorejo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Rp5.000/orang

 

  • Nikmati Suara Dentuman di dalam Goa Tabuhan

Keadaan sunyi di dalam goa kadang bikin suasana jadi creepy. Tapi di dalam Goa Tabuhan kamu gak perlu takut, karena bakal ada suara dentuman stalagmit yang berbunyi seperti alat musik gamelan ketika ditabuh.

via instagram.com/resibisma_ 

via instagram.com/j_howdi 

Berlokasi di bukit kapur Tapan, stalagmit dan stalagtit tercipta dari reaksi kimia antara hujan dan mineral kapur. Pilar-pilar cantik yang bisa menghasilkan bunyi inilah yang membuat Goa Tabuhan spesial.

via instagram.com/delvinella93 

via instagram.com/poppyftrna 

via instagram.com/nadaapr 

Mantan Presiden SBY dan keluarganya aja udah pernah ngunjungin Goa Tabuhan, kalo kamu kapan?

via instagram.com/kibcentre 

 

Detail Informasi

Lokasi: Wareng, Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Rp5.000-Rp10.000/orang

 

  • Jelajahi Perut Bumi di Goa Luweng Jaran, Pacitan

Bikin liburanmu yang biasanya naik-naik ke puncak gunung jadi turun-turun ke perut bumi dengan berekspedisi ke dalam Goa Luweng Jaran.

Goa Luweng Jaran adalah salah satu geosite atau situs geologi dalam kawasan Geopark Gunung Sewu yang yang sekarang lagi diusulin buat menjadi kawasan geopark dunia. Menarik banget pastinya buat dijelajahin.

via wisatapacitan.biz

via instagram.com/hakimm.93

Goa Luweng Jaran memiliki panjang sekitar 25 kilometer. Gak salah kalo goa satu ini dinobatkan sebagai salah satu goa terpanjang di dunia. Masuk ke satu lorong, kamu akan tiba di lorong lain yang bercabang menjadi banyak lorong, seolah kamu memasuki perut bumi.

via pergipedia.com

via instagram.com/antontrisutrisno

Goa Luweng Jaran termasuk dalam kategori gua vertikal sehingga diperlukan keahlian khusus seperti Single Rope Technique (SRT) untuk dapat menikmati keindahan ornamen di berbagai chamber atau ruang kosong di dalamnya, jadi gak sembarangan orang bisa masuk ke dalam Goa Luweng Jaran. 

via instagram.com/nadia_soedjiono

via travel.kompas.com

Layaknya labirin, kamu harus ekstra hati-hati saat menjelajahi Goa Luweng Jaran supaya gak kesasar. Pastikan juga kamu gak datang ke goa ini ketika musim hujan, soalnya air yang masuk menciptakan aliran sungai yang dapat membanjiri isi Goa Luweng Jaran.

via travel.kompas.com

Buat kamu yang tertarik, kamu harus hubungi Badan Kesbangpol dan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pacitan serta pemerintah Desa Jlubang dulu.  Nantinya mereka bakal merekomendasikan tim yang akan menemanimu berekspedisi menyusuri berbagai chamber di dalam Goa Luweng Jaran ini.

via pacitanisti.wordpress.com

via instagram.com/stefanus_wong

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Jlubang, Kec. Punung, Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Rp20.000/orang

Jam Operasi: 08.00-18.00 WIB

Kontak: (0357) 884535

 

  • Menelusuri Goa Song Terus yang Masih Misterius

Makam adalah tempat yang menyeramkan. Gimana kalo di dalem goa yang dianggap suram ternyata ada makam? Pengalaman berwisata mistis ini bisa kamu coba di Goa Song Terus.

via indonesia-heritage.net

Liburan ke Goa Song Terus dijamin bakal bikin bulu kudukmu merinding. Pasalnya, di dalam goa yang gelap terdapat fosil manusia purba yang disebut penduduk sekitar sebagai Mbah Sayem. 

via instagram.com/nurfitriyani_fie 

Konon, jasad Mbah Sayem yang tinggal tulang belulang itu umurnya udah 10.000 tahun. Mbah Sayem sendiri adalah seorang laki-laki berusia sekitar 40-50 tahun. Ketika ditemukan, ia sedang menggenggam alat batu dan alat kerja dari tulang. Hal ini yang membuat Goa Song Terus ramai dikunjungi. 

via triptrus.com

Buat kamu yang mencari pengalaman masuk goa mistis, bisa kamu coba nih kunjungin Goa Song Terus. Itung-itung sambil nambah pengetahuanmu tentang manusia purba Indonesia.

via triptrus.com

via instagram.com/novita_handayan19 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 

 

8. Tertegun Liat Aliran Air Terjun di Pantai Banyu Tibo, Pacitan

Pacitan masih punya satu pantai lagi yang wajib kamu eksplor. Masih dengan keunikan yang bikin kamu takjub gak percaya, ini dia Pantai Banyu Tibo yang punya air terjun yang langsung mengalir ke laut.

via instagram.com/teguhhari 

Pantai Banyu Tibo berada di selatan kota Pacitan, yaitu di Desa Widoro, kecamatan Donorejo. Nama Banyu Tibo sendiri berasal dari bahasa Jawa yang artinya “air yang jatuh”, sesuai dengan adanya air terjun yang jatuh mengalir di tebing tepi pantai.

via piknikceria.com 

Bingung gak gimana di pantai bisa ada air terjun? Usut punya usut, ternyata ada pegunungan karst di sekitar Pantai Banyu Tibo yang mata airnya mengalir sampai ke tebing di tepi pantai. Air tawar inilah air terjun yang menjadi trademark dari Pantai Banyu Tibo.

via paketwisatapacitan.com 

Pemandangan laut juga bisa kamu saksikan dari atas tebing. Biasanya ini dilakukan kalo ombak lagi pasang. Jangan takut jatuh, karena tebingnya dibatasi pagar yang menjamin keselamatan. Siapa tau kamu sampe bengong lupa daratan saking kagum liat Pantai Banyu Tibo.

via instagram.com/k.vembri 

via instagram.com/meikaa.chris_ 

Uniknya lagi, air terjun yang berada di Pantai Banyu Tibo gak pernah kering meskipun memasuki musim kemarau panjang. Kamu bisa terus menikmati aliran air terjun sepanjang tahun kapanpun kamu sempet ke Pantai Banyu Tibo.

via momtraveler.com

Meskipun ombak yang memecah pantai cukup besar, tapi aliran air terjun di Pantai banyu Tibo gak begitu deras, jadi bisa kamu nikmati dari dekat. Kalo mau ngerasain sensasi diguyur aliran air kamu bisa banget duduk di bawah jatuhan air terjun. 

via wisataterbaru.com

via instagram.com/roosmalia_f 

via instagram.com/condrowibowo 

Menikmati pesona pantai dari atas tebing juga gak kalah menarik. Di dekat Pantai Banyu Tibo banyak bukti karst yang bisa kamu naiki. Selain bisa dapet view yang aman kalo airnya lagi pasang, bukit dan tebingnya juga oke banget buat jadi spot foto-foto.

via instagram.com/condrowibowo

via instagram.com/yudanapp 

Kalo galau mau ngunjungin wisata air terjun tapi pengen juga ngerasain view ombak pantai, dateng aja ke Pantai Banyu Tibo. Puas deh dapet dua-duanya sekaligus.

via instagram.com/novanaufalia 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Widoro, Kecamatan Donorejo, Pacitan, Jawa Timur

Harga Tiket Masuk: Rp3.000/orang

 

9. Berkelana a la Amazon di Sungai Maron, Pacitan 

Belum selesai nih edisi takjub sama kota Pacitan. Gak jauh dari Jogja, ada sungai yang penampakannya bikin kamu serasa lagi berpetualang di Amazon di Amerika. Kalo udah penasaran, langsung aja main ke Sungai Maron yang jaraknya 15 km dari Goa Gong.

via instagram.com/siskalindacitradewi 

via instagram.com/khafid_rosyadi 

Sungai Maron sering disebut-sebut kembarannya Amazon karena kiri kanannya yang dipenuhi hutan-hutan lebat. Pepohonan rindang akan kamu temukan sepanjang perjalanan menyusuri Sungai Maron. Kamu dapat mengarungi sungai sepanjang 4,5 km ini selama kurang lebih 45 menit. 

via kabarrantau.com 

Untuk menyusuri Sungai Maron, kamu harus menyewa perahu yang ukurannya cukup panjang. Kamu akan dipandu oleh warga setempat yang menyewakan perahu sekaligus yang akan mengemudikan perahu itu. Muat banyak kalo kamu ingin ajak keluarga atau teman-teman kamu.

via instagram.com/hobikupiknik 

Serasa berpetualang di alam bebas, kamu juga bisa loh mendarat ke hutan di pinggir sungai. Ada nih ayunan yang bisa kamu mainin di tepi Sungai Maron meski umur udah bukan TK lagi.

via instagram.com/barlian_ly 

Yang cukup kekinian dan jadi spot incaran orang-orang, di Sungai Maron ada pohon kelapa yang bentuknya kayak huruf L. Kamu bisa duduk santai meski di tepi sungai.

via instagram.com/sekedarmampir 

Udah gak sabar terjun langsung menikmati eksotisme Sungai Maron? Dateng pas cuacanya cerah ya. Selain lebih oke buat foto-foto, airnya jadi jauh lebih jernih dibanding saat musim penghujan. Foto yang lebih terang pastinya bakal mendulang likes dan comment .

via opentripbromo.com

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Dersono, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur 

Harga Tiket Masuk: Rp2.000/orang

Harga Sewa Perahu: Rp150.000-Rp200.000

Rute Perjalanan: dari Solo:

melalui Jln. Raya Solo – Pacitan, lalu mengambil arah ke Desa Dersono saat melewati pertigaan Desa Ngadirejan, kecamatan Pringkuku

 

10. Gedung Antik Benteng Van Der Wijck di Kebumen yang Bikin Liburanmu Tambah Keren

Menelusuri bangunan bersejarah juga bisa kamu lakukan di sekitaran Jogja. Benteng Van Der Wijck bisa mengisi liburanmu dengan mempelajari cerita masa lampau sambil berfoto dengan latar bergaya tempo dulu.

via instagram.com/explore_kebumen 

Suasana jadul akan kamu rasakan ketika memasuki bangunan yang berdiri sejak tahun 1818 ini. Dulu benteng ini didirikan Belanda sebagai pertahanan untuk melawan Kesultanan Yogyakarta. Sekarang Benteng Van Der Wijck tersohor sebagai objek wisata yang menyimpan kisah sejarah.

via instagram.com/youzharsyam 

Di luar Benteng Van Der Wijck terdapat beberapa patung yang mencerminkan suasana penjagaan benteng zaman dulu. Ada replika tank dan patung penjaga yang akan menyambutmu setibanya di Benteng Van Der Wijck.

via instagram.com/riri_kuching 

via instagram.com/itisinisiti 

Benteng Van Der Wijck memiliki luas  606.625m2 dengan tinggi sekitar 9.67m. Kamu bisa jelajahi berbagai spot menarik di benteng yang luas banget ini.

via instagram.com/arya_dhea 

Benteng ini terdiri dari 2 lantai. Lantai 1 memiliki 4 pintu masuk dan 16 kamar yang besar banget yang dilengkapi 72 jendela, 63 pintu serta 8 tangga penghubung ke lantai 2. Di lantai 2 sendiri ada 70 pintu, 84 jendela, dan 16 kamar yang cukup luas. Baik di tangga, lorong, maupun jendela dan setiap sudut benteng memancarkan hawa lawas yang aesthetic banget buat diabadikan.

via instagram.com/raspita_sari 

via instagram.com/teraskos 

via instagram.com/may_menggenggam_janji 

Kata siapa cahaya matahari selalu ngerusak foto? Di Benteng Van der Wijck, backlight justru malah membuat foto yang kamu ambil semakin memukau.

via instagram.com/tirtarosaw 

via instagram.com/feibrita 

via instagram.com/arizalpriyambada 

Liburan nyeni bisa kamu rasain sendiri dengan berkeliling di Benteng Van Der Wijck. Pastikan kamera kamu memorinya cukup ya, soalnya kamu bakal ketagihan buat bergaya dengan background antik yang beda dari yang lain.  

via instagram.com/devims_ 

 

Detail Informasi

Lokasi: Jl. Sapta Marga, Sidayu, Gombong, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Jam Operasi: 08.00-17.00 WIB

Harga Tiket Masuk: Rp8.000/orang

Telepon: 0838-6395-8047

 

11. View Landscape yang Aesthetic dari Atas Bukit di Pantai Menganti, Kebumen

Main ke pantai gak selalu identik dengan basah-basahan. Kamu bisa tetep menikmati panorama laut yang menggelitik dengan memanjat bukit yang cantik, seperti di Pantai Menganti.

via sketsafotografi.blogspot.co.id

via pergipiknik.com  

Pantai Menganti terletak di Kebumen. Dinamakan demikian karena konon ketika zaman Majapahit, ada seorang pangeran yang selalu setia menanti pujaan hatinya di sini. Kalo zaman sekarang kamu gak usah nunggu kekasih hati di sini, cukup menunggu gulungan ombak yang mencium bukit atau mentari yang tenggelam di ufuk barat. 

via zonalibur.com

via instagram.com/hendrakarunia20 

Di sini terdapat bukit yang bentuknya seperti terasering sawah. Saat berada di bukit ini kamu akan menemukan banyak pendopo beratap rumbia yang tersebar di atas bukit yang cocok untuk tempat neduh saat nikmatin view perbukitan di kejauhan.

via instagram.com/rizal_ek 

via instagram.com/yunusyahyaalifudin 

Kalo kamu ingin mencicipi pasir pantai dan dinginnya ombak, kamu bisa turun dari bukit melalui tangga yang menurun sampai ke tepi pantai.

via otonomi.co.id

via tempatwisataindonesia.id

via iqbalkautsar.com

via viva.co.id

Di Pantai Menganti ini aktivitas perikanan menjadi mata pencaharian bagi warga sekitar. Kalau kamu sudah bosen dengan bukitnya, kamu bisa mengabadikan deretan perahu yang sedang berlabuh di pinggir pantai.

via instagram.com/fendy_thd 

Di hamparan pasir Pantai Menganti juga ada pohon-pohon unik yang bisa kamu panjat dan dijadikan spot foto cantik.  

via instagram.com/gabyfulll 

Sepanjang Pantai Menganti kamu bisa menemukan objek wisata lain yang semuanya berhadapan langsung dengan pantai. Liburan pantaimu dijamin gak bakal ngebosenin dengan beragam view lain yang bisa kamu cicipi.

via instagram.com/lindaseptiowati 

via instagram.com/tyopaleo 

Menarik kan liburan ke Pantai Menganti? Ajak teman dan keluargamu di sini untuk ngerasain sensasi lain menikmati view biru dan desiran ombak dari atas ketinggian.

via instagram.com/ayasptri 

via instagram.com/fardibaa 

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Pantai Menganti, Karangduwur, Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk: Rp5.000/orang

 

12. Rekreasi Air Terjun dalam Perut Bumi di Goa Barat, Kebumen

Gak cuma di film kamu bisa merasakan gimana berjalan menapaki perut bumi. Dekat Jogja juga ada tempat wisata yang membuat khayalanmu jadi kenyataan, namanya Goa Barat yang berada di Kebumen.

via instagram.com/hoods_son 

Nama Goa Barat berasal dari bahasa Jawa yang artinya “angin”. Katanya karena di dalam goa selalu ada hembusan angin yang mengarah ke luar mulut goa.

via iqbalkautsar.com

Sebelum memasuki Goa Barat, kamu akan dibekali peralatan caving seperti helm, sepatu, senter, dan baju khusus. Penelusuran pun akan ditemani dengan seorang pemandu yang akan menerangi perut goa dengan petromaks, jadi kamu gak khawatir tersesat saat main di Goa Barat.

via instagram.com/backpackerjakarta17 

Yang menjadi ciri khas dari Goa Barat adalah air terjun dalam perut goa yang konon jumlahnya mencapai angka 100. Di antara air terjun tersebut, yang paling dikenal adalah Supermen’s Big Sister yang tingginya mencapai 32 meter, Jump Ulysess (8 meter), Takatsavone (8 meter) dan Sister Morphine (5 meter). Namanya barat semua, soalnya ditemukannya oleh tim ekspedisi Indonesia-Prancis.

via instagram.com/kebumenkeren 

via instagram.com/anggaaaaar 

Di samping fenomena air terjun, kamu juga bisa menikmati uniknya stalagmit dan stalagtit yang bergantungan di perut Goa Barat dan berbagai bebatuan seperti batu jenggot, batu tirai, batu korden, batu kuncup, batu kristal yang gak akan kamu temui di luar goa.

via instagram.com/oes.jhun 

via instagram.com/visitkebumen 

Yang hobi narsis juga bisa nih nyobain bertapa di dalam stalagmit dan stalagtit. Tapi hati-hati licin, karena perut Goa Barat basah dan lembab diselimuti air yang mengalir dari air terjun. 

via instagram.com/agoesvigliosi 

Sepanjang perjalanan caving, kamu akan melintasi lorong yang khas di dalam Goa Barat, seperti lorong Batu Makam yang mirip nisan dan lorong Kratonan yang berhias batu putih seperti kristal.

via instagram.com/sherly_zee 

via lintaskebumen.wordpress.com 

Supaya liburanmu makin antimainstream, gak ada salahnya coba berekreasi ke dalam Goa Barat ini. Paling pas ke sini rame-rame supaya pengalaman terjun ke dalam goa makin mirip ekspedisi di tivi. 

via reneleo.com

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Jatijajar, kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah

Biaya Caving: Rp30.000/orang

 

13. Pacu Adrenalin dan Keberanian di Arung Jeram Padegolan, Kebumen

Butuh liburan yang agak menegangkan? Coba tantang dirimu dengan mengarungi sungai dengan Arung Jeram Padegolan yang lokasinya gak jauh dari Jogja. 

via instagram.com/_yogaku

Arung Jeram Padegolan ini memiliki rute dari Desa Sendang Dalem dan berakhir di Bendungan Pejengkolan. Dengan panjang kurang lebih 7 kilometer, kamu bisa melatih kemampuan otot dan jantungmu dengan terjun rafting melintasi aliran air Waduk Wadas Lintang yang deras.

via lihat.co.id

Panjang lintasan rafting di Sungai Padegolan ini terdiri dari 5 kilometer jeram dan 2 kilometer flat water. Sebelum menerjang derasnya aliran waduk, kamu bisa latihan dulu di flat water yang riaknya gak ganas.

via saidoto.blogspot.co.id

Bebatuan yang mewarnai lintasan Arung Jeram Padegolan serta jeram yang curam menjadi rintangan sendiri buat kamu yang ingin coba rafting di sini. Mumpung lagi liburan, gak ada salahnya mencoba tantang nyalimu dengan berpetualang di Arung Jeram Padegolan. 

via saidoto.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Lokasi: Waduk Wadas Lintang, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen

 

14. Camping sambil Menanti Fajar Menyingsing di Bukit Pranji, Kebumen

Mendaki gunung adalah hiburan yang menantang sekaligus kesenangan tersendiri bagi pecinta si jingga matahari. Kalo kamu termasuk salah satunya, kamu gak boleh sia-siakan kesempatan liburan kali ini untuk berburu pemandangan terbaik menunggu sang surya terbit dari atas Bukit Pranji yang berada di Kebumen.

via instagram.com/anompriant 

via instagram.com/anrseptiadi 

via instagram.com/widikidhiw 

Penampakan matahari terbit memang paling pas disaksikan dari ketinggian. Bukit Pranji yang letaknya di utara Kebumen ini merupakan spot yang sering dikunjungi anak muda untuk mendirikan tenda sambil bersabar menunggu sang fajar naik ke permukaan.

via instagram.com/andrejuga 

via instagram.com/oes.jhun 

Selain pemandangan fajar yang menghangatkan hati, dari ketinggian Bukit Pranji kamu juga bisa melihat puncak kembar Gunung Sindoro dan Sumbing serta bentangan sawah di bawah sana. Hati-hati kalo kamu berada di tebing, pastikan kecantikan alam Kebumen dari atas Bukit Pranji gak bikin kamu jatuh terpeleset. 

via blog.reservasi.com

via instagram.com/zainiandilah248 

via instagram.com/andrejuga 

Pemandangan malam di Bukit Pranji juga gak kalah mempesona. Dari ketinggian 424 mdpl kamu bisa menyaksikan taburan bintang yang menghiasi gelapnya langit.

via twitter.com/lintaskebumen

Untuk mencapai puncak Bukit Pranji, kamu bisa berjalan kaki alias hiking dari Curug Peniron, tempat memulai pendakian. Bisa juga bawa sepeda sampe atas atau bikepacking

via explorekebumen.com

via instagram.com/anggunmarfela 

Berbagai gaya bisa kamu abadikan selagi momen fajar menyingsing. Mumpung masih liburan, sempatkan dirimu untuk mendaki dan merasakan damainya berada di atas Bukit Pranji.

via instagram.com/hang_sentika 

via instagram.com/pranji_kebumen 

via instagram.com/willkuat_ 

 

Detail Informasi

Lokasi:  Desa Pengaringan, Kecamatan Pejagon, Kabupaten Kebumen

Rute Perjalanan:  arah barat: jalur kecamatan Karanggayam, arah timur: rute kecamatan Pejagon

 

15. Terpana Menatap Mahakarya Candi Arjuna di Dieng

Borobodur dan Prambanan kelihatannya udah terlalu sering kamu kunjungi. Supaya tetap segar berwisata ke candi, coba singgahi candi di dekat Jogja yang gak kalah wah, namanya Candi Arjuna di dataran tinggi Dieng.

via instagram.com/evanesta13 

via instagram.com/topann16 

via instagram.com/michelleadlen 

Jika dibandingkan dengan Borobudur dan Prambanan, Candi Arjuna gak begitu megah. Tapi keseluruhan taman kompleks Candi Arjuna cukup luas untuk kamu eksplor bersama teman atau keluarga.

via instagram.com/backpackerkece 

via instagram.com/mellyanaorchid 

via instagram.com/rohidin9858 

via instagram.com/rosihutagalung 

Ada lima candi dalam Kompleks Candi Arjuna,  yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Selain Candi Semar, keempat candi lain merupakan candi utama yang digunakan sebagai tempat bersembahyang umat Hindu. 

via yukpiknik.com

Kamu gak akan menemukan arca di dalam Candi Arjuna. Kamu akan melihat bagian yang biasa diisi arca kosong. Sebagian hilang, sebagian lagi dilestarikan di Museum Kaliasa yang letaknya gak jauh dari kompleks candi.

via instagram.com/mikybu 

via daftartempat.com

Arsitektur dari Candi Arjuna memiliki kisah tersendiri mengenai sejarah kerajaan Mataram kuno. Candi dan relief sarat akan makna filosofis dan spiritual yang membuatmu bergidik saat berkunjung ke Candi Arjuna.

via instagram.com/dwirs3012 

via instagram.com/devan.haryanto

Selama asyik menjelajah Candi Arjuna, kamu bisa mengambil foto aesthetic dari celah candi ataupun gaya tricky dari kejauhan.

via instagram.com/sutodans 

via instagram.com/wonosoboeksis

View malam di candi Arjuna juga gak kalah apik. Ukiran bebatuan dipadu dengan langit yang bertaburan bintang akan jadi pemandangan yang tak terlupakan selama kamu mengunjungi Candi Arjuna.

via instagram.com/wonosoboeksis 

Candi Arjuna berada di ketinggian 2093 mdpl, jadi udaranya lumayan sejuk. Pastikan kamu mengenakan pakaian hangat saat berkunjung supaya gak masuk angin selama mengitari luasnya kompleks Candi Arjuna.

via instagram.com/asemaulana 

via instagram.com/eksisjateng 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk: Rp10.000/orang

 

16. Mengasingkan Diri dari Keramaian di Telaga Warna, Dieng

Gak jauh dari Kompleks Candi Arjuna, kamu dapat menghibur diri di ketenangan danau dengan pemandangan yang menyegarkan mata di Telaga Warna.

via instagram.com/novemlawalata 

via instagram.com/ganangaditama 

via instagram.com/bertuslogy 

Berada di ketinggian 2000 mdpl, Telaga Warna merupakan danau yang warna permukaannya bisa berubah-ubah sesuai cuaca dan sudut pandang. Kamu bisa menikmati perubahan warna dengan melihat langsung danau dari atas bebatuan Bukit Ratapan Angin.

via instagram.com/azwarkhamid 

via instagram.com/unishop23 

via instagram.com/weweconel46 

Perubahan warna di Telaga Warna diakibatkan tingginya kandungan sulfur atau belerang di dasar telaga. Saat terkena cahaya matahari, terjadi pembiasan cahaya pada endapan sulfur di dasar Telaga Warna yang menimbulkan efek warna hijau, biru laut, putih kekuningan, dan kadang berwarna-warni seperti pelangi. 

via instagram.com/andy_travel.com.ua 

Sekarang ini sudah dibangun jembatan gantung sebagai variasi lokasi untuk menikmati keindahan danau dari ketinggian. Jadi, kamu gak cuma bisa melihat dari atas Bukit Ratapan Angin aja.

via instagram.com/noviawan_adventure_86 

via instagram.com/yosemirza 

via instagram.com/nrzsbdllh 

Dari atas tebing, kamu gak hanya bisa mengabadikan Telaga Warna yang cantik, tetapi juga landscape dataran di bawahnya yang memukau.

via instagram.com/pasukan_gembelelite 

Keindahan alam seperti di Telaga Warna Dieng alangkah baiknya jika dinikmati bersama orang terdekat. Seenggaknya kamu gak takut berada di ketinggian sendirian kalo ditemani dengan teman dan keluarga.

via instagram.com/dty_arista 

via instagram.com/ayodolanwonosobo 

 

Detail Informasi

Lokasi: Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk: Rp10.000/orang

 

17. Berkendara di Jalanan dengan Wisata Kereta Solo Kluthuk Jaladara

Ngeliat kereta lewat di jalan mungkin udah biasa, tapi gimana kalo keretanya masih berbentuk lokomotif uap dan berjalan di aspal bareng kendaraan lainnya? Pemandangan langka ini bisa kamu nikmati di Solo ketika kereta uap Kluthuk Jaladara melintas di jalan raya. 

via instagram.com/kris.nugroho 

via instagram.com/bgs_aulia 

via instagram.com/mas_moech_loeqman 

Gak seperti kereta pada umumnya yang berjalan di rel terpisah, kereta uap Kluthuk Jaladara ini berpacu di rel yang berada di jalanan, bersamaan dengan kendaraan roda empat dan dua yang melintas di kota Solo, tepatnya di Jalan Raya Slamet Riyadi.

via instagram.com/tegarprasetyoo 

via instagram.com/yosefdianpr 

Ternyata gak cuma kamu pandangi sambil berdecak kagum aja, kamu juga bisa nyobain serunya melaju di jalanan kota Solo dengan kereta Kluthuk Jaladara.

via instagram.com/endrocn 

Kereta wisata ini dijalankan dengan lokomotif uap tua buatan Jerman bernomor seri C 1218. Lokomotif C 1218 dari Kereta Uap Jaladara menarik 2 buah gerbong yang terbuat dari kayu jati asli dengan kapasitas total berjumlah 72 penumpang. 

via instagram.com/berhidayat 

via instagram.com/paper_fishs 

Bahan bakarnya pun beda dari kereta pada umumnya, yaitu kayu jati dan air. Makanya kereta ini kuat melaju dari Stasiun Purwosari, kemudian melintasi Jalan Protokol Slamet Riyadi dan mengakhiri perjalanan di Stasiun Kota, sepanjang kurang lebih 6 km.

via instagram.com/tentangsolo 

via instagram.com/adam.febrian.nugroho 

via instagram.com/paper_fishs 

Kereta satu ini gak cuma populer di kalangan wisatawan lokal aja, tapi juga bikin bule mancanegara penasaran! Nah, kalo mau nyoba naik kereta uap Kluthuk Jaladara ini, paling gak kamu harus udah reservasi satu minggu sebelum pergi naik, karena keretanya harus disiapin lebih dulu. 

via solopos.com

Sistemnya charter rombongan untuk pulang-pergi. Dengan Rp190.000, kamu bisa jalan-jalan naik kereta bareng keluarga atau teman, plus ngedapetin fasilitas trip berupa local guide, snack, souvenir, dan piagam. Kamu pun bisa lanjut ke Museum Keraton dengan cuma-cuma kalo beli tiket tersebut. 

via instagram.com/samuelpanjul

via youngerthanstrangers.blogspot.com

via kesolo.com

Kereta uap Kluthuk Jaladara juga dijadwalkan berhenti di Loji Gandrung. Dengan bayar paket trip ini, kamu bisa liat langsung rumah dinas walikota Solo yang berbentuk bangunan zaman kolonial dengan patung raksasa yang iconic.

via jateng.tribunnews.com

Belum selesai di situ keseruan trip menaiki kereta uap Kluthuk Jaladara! Pecinta batik bisa juga nih mampir ke Museum Batik Danarhadi atau Kampung Batik Laweyan buat ngobatin kerinduan akan motif batik yang kaya ragamnya.

via pariwisatasolo.surakarta.go.id

via telusurindonesia.com

via yogyakarta.panduanwisata.id

via instagram.com/oktavianapurnamasari

Sebelum si Kluthuk Jaladara mengakhiri perjalananmu di Stasiun Kota, kamu bisa sekadar berfoto ria atau borong oleh-oleh saat melewati beberapa titik belanja yang terkenal di Solo, seperti asar Pon, pasar antik di kawasan Ngarsopuro, dan Pusat Grosil Solo.

via id.geoview.info

via myfamilyinsss.blogspot.co.id

via yukpiknik.com

via sudardjattanusukma.wordpress.com

Kalo gak bawa banyak rombongan gimana? Tenang aja, kamu tetep bisa nikmatin uniknya berkendara pake kereta uap Kluthuk Jaladara dengan beli tiket perorangan langsung di Stasiun Purwosari. Harganya bisa dibilang irit kantong banget, cuma Rp 3.500! 

via instagram.com/solopunya 

 

Detail Informasi

Lokasi: Jalan Raya Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah

Harga Tiket: Paket perjalanan Rp200.000/tiket, Rp3.500/orang

Kontak Reservasi: 081228546638 (Citra), 085642418887 (Iin)

 

18. Menelaah Kehidupan Prasejarah di Museum Manusia Purba Sangiran, Sragen

Belajar gak kenal usia. Meski udah gak lagi duduk di bangku sekolah, kamu tetap bisa memperluas cakrawala pengetahuan dengan mengisi waktu liburan di museum. Di dekat Jogja ada Museum Manusia Purba Sangiran yang bisa membantumu mengisi waktu luang dengan hiburan yang bermanfaat.

via instagram.com/luftimas 

Museum Manusia Purba Sangiran berlokasi di desa Krikilan Kalijambe, Sragen, Jawa Tengah. Masuk ke area Museum Manusia Purba Sangiran, interior bergaya purbakala siap menyambutmu dari depan gerbang. Taring raksasa, patung kepala manusia purba dan ukiran manusia purba di dinding museum membuat hawa masa lampau sangat terasa.

via instagram.com/museumsangiran

Sangiran dikenal sebagai surganya fosil. Sisa-sisa dari beragam jenis manusia purba ditemukan di daerah ini. Salah satu penemuan manusia purba yang terkenal karena banyak ditemukan di Sangiran adalah fosil Homo erectus, si manusia berbadan tegak yang bikin ilmuwan luar negeri bolak – balik datang ke Indonesia.

via instagram.com/museum_sangiran 

via instagram.com/wardhanieka_ 

Museum Manusia Purba Sangiran ini juga cukup artsy. Di museum ini ada jembatan menuju pintu masuk yang warnanya senada dengan hiasan taring di gerbang depan. Desain eksterior museum yang keren ini bisa kamu jadikan spot yang oke untuk narsis ria.

via instagram.com/museumsangiran 

via instagram.com/indahlystia 

Koleksi dan dokumentasi masa prasejarah sangat beragam di Museum Manusia Purba Sangiran. Ada diorama manusia purba yang memperlihatkan beragam jenis manusia purba dan cara mereka bertahan hidup yang membantumu nge-rewind pelajaran sejarah.

via instagram.com/elw.rbh 

Evolusi manusia dan beragam peninggalan purbakala sisa manusia zaman prasejarah bisa kamu pelajari di dalam Museum Manusia Purba Sangiran.

via instagram.com/sahat_simarmata 

Gak hanya dari papan penjelasan, Museum Manusia Purba Sangiran juga menawarkan edukasi melalui relief di dindingnya. Kehidupan purbakala juga ditonjolkan dengan relief yang bercerita tentang kegiatan sehari-hari manusia purba untuk bertahan hidup.

via instagram.com/agus_wiratman 

Selain mempelajari manusia purba, di Museum Manusia Purba Sangiran kamu juga bisa mengeksplor lebih dalam tentang hewan yang hidup di zaman purbakala.

via instagram.com/trisye_widyasari 

Selain purbakala, kamu juga bisa berkeliling melihat beragam tokoh-tokoh yang berjasa dalam penemuan sejarah dan perkembangan manusia di berbagai belahan dunia.

via instagram.com/marlinaambar 

via instagram.com/fvzhhusna 

Kalo kamu ingin membawa buah hati berlibur di sekitaran Jogja, Museum Manusia Purba Sangiran adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa membiarkan si kecil belajar sekaligus bersenang-senang.

via instagram.com/trisye_widyasari 

via merahputih.com

via instagram.com/trisye_widyasari 

 

Detail Informasi

Lokasi: Kalijambe, Sragen, Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Operasi: 08.00-16.30 WIB

Telepon: 0822-9540-6302

Harga Tiket Masuk: Rp5.000-Rp7.500/orang

 

19. Sejuknya Air Terjun Jumog di Karanganyar yang Bikin Pikiran Kamu Kembali Segar

Kala Jogja dipadati manusia terutama saat memasuki puncaknya liburan, bergeserlah ke Karanganyar untuk mendinginkan kepala dengan view layaknya kepingan surga di Air Terjun Jumog.

via instagram.com/sedutsaja 

via instagram.com/andybachtiar_ 

Air Terjun Jumog berjarak sekitar 40 kilometer dari arah timur Solo. Kalo kamu berangkat dari arah Solo, maka kamu pergi menuju Tawangmangu. Setelah pertigaan Pasar Karangpandan, ambil arah kiri menuju Ngargoyoso. Sekitar 400 m berjalan melewati tangga semen yang menurun, kamu akan tiba di air terjun yang pemandangannya bakal bikin kamu refreshed.

via instagram.com/nunungwu 

Tinggi Air Terjun Jumog sekitar 30 meter. Untuk menikmati Air Terjun Jumog, kamu bisa melihatnya dari dekat dengan berdiri di jembatan bambu yang merupakan icon air terjun hits satu ini. Dari sini, kamu dapat dengan jelas mendengar gemuruh air terjun dan gemerisik air yang jatuh di bebatuan dan dedaunan.

via instagram.com/assri_mouse91 

via instagram.com/rinaa_nvs 

Buat kamu yang butuh segera ngilangin suntuk, short escape ke Air Terjun Jumog dijamin ampuh bantu kamu buat kembali rileks dan damai.

via instagram.com/anikmatussh

via instagram.com/joy.almalika 

via instagram.com/oyrtaz 

 

Detail Informasi

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar, Jawa Tengah

Harga Tiket Masuk: Rp3.000/orang, Rp1.000/motor

 

Itu dia 19 tempat wisata sekitaran Jogja yang bisa kamu jadikan alternatif destinasi liburan kali ini. Selain bikin kamu gak gitu mual sama padetnya Jogja di peak season gini, kamu juga bisa berhemat banyak dengan murahnya biaya yang kamu keluarin dengan berlibur ke tempat-tempat ini. Sisanya bisa deh buat ditabung, siapa tau pingin balik ke Jogja lagi kalo udah kangen. 


editor
Editor Haura Klarisa Tiffany
Ola, mahasiswi FHUI dengan passion merangkai kata dalam rangka mengemas makna. Suka menjelajahi toko buku seorang diri & icip makanan enak dengan porsi banyak. Reach her @melankola di dunia Instagram (anaknya gak begitu melankolis kayak username-nya, kok)

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.