10 Penginapan di Tanjung Bira yang Dijamin Bikin Kamu Kagum Tak Terkira


Sulawesi Selatan - Leisure - 745 Hits

Terletak di Kabupaten Bulukumba atau berjarak sekitar 200 kilometer dari kota Makassar, Tanjung Bira punya banyak banget objek wisata yang bisa kamu kunjungi, mulai dari Kawasan Wisata Pasir Putih atau yang lebih dikenal dengan Pantai Bira dan Pantai Bara, hingga gugusan pulau kecil di seberang, seperti Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. 

Soal akomodasi kamu gak perlu khawatir, walaupun masih terbilang “rising star” tapi di Tanjung Bira sudah ada banyak pilihan resort yang sesuai dengan kebutuhan liburan kamu. Nah ini dia 10 resort paling recommended yang keunikannya bakal bikin kamu betah gak mau pulang dan kagum gak terkira saat liburan ke Tanjung Bira!

 

1. Memandangi Sunset sambil Bersantai di atas Hammock di Cosmos Bungalows

Berlibur ke pantai belum pas kalo menginapnya gak di dekat pantai. Ini dia penginapan di Tanjung Bira yang kasih kamu keindahan pemandangan laut bak surga dunia, Cosmos Bungalows. 

via anekatempatwisata.com

Berbeda dari resort pada umumnya yang menonjolkan nuansa bangunan yang artistik dan modern, Cosmos Bungalows justru menawarkan penginapan bernuansa rumah kayu. Dengan ornamen kayu yang sangat kental, ditambah lokasinya yang berada di atas tebing pinggir pantai, vibes menyatu dengan alam bakal kamu rasakan selama bermalam di Cosmos Bungalows.

via booking.com

Kesan menyatu dengan alam semakin kuat dengan hadirnya hamparan pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai. Posisi penginapan yang langsung berhadapan dengan pantai juga ngasih kamu bonus semilir angin laut dan bunyi desiran ombak yang bisa bikin kamu bobo nyenyak.

via bstatic.com

via blogspot.com

Selain itu, view pantai dari Cosmos Bungalows juga oke banget dan super insta-worthy. Buat kamu yang suka foto-foto, jangan lupa mengabadikan keindahan background pantai selama kamu menginap di Cosmos Bungalows.

via instagram.com/asriyantinurdin

Gak hanya berfoto dengan keindahan interiornya aja, kamu juga bisa mewarnai feeds Instagram kamu dengan bergaya di antara karang raksasa yang berada gak jauh dari Cosmos Bungalows.

via instagram.com/explorebulukumba

Desain Cosmos Bungalows yang serba kayu bisa dilihat dari saat kamu masuk penginapan ini.

via cassandranggi.blogspot.com 

Cosmos Bungalows punya 7 tipe kamar yang desainnya bakal bikin kamu terpukau, dengan dilengkapi balkon pribadi untuk melihat sunset dan kamar mandi yang ‘aman’. Yang menjadi ciri khas, tiap kamar di Cosmos Bungalows dilengkapi hammock di balkonnya, jadi kamu bisa leyeh-leyeh menikmati pemandangan laut dari kamarmu.

 

Tipe Room 1

Kamu bisa menikmati keindahan pantai tanpa takut bakalan item kebakar matahari dari balkon kamar tipe ini. 

via cosmosbungalows.com

Tempat tidurnya dilengkapi kelambu yang bentuknya unik. Gak cuma bobo cantik, tapi bagus juga buat foto-foto ciamik!

via cosmosbungalows.com

Yang unik, tiap kamar mandinya selalu dihiasi ornamen unik, seperti lukisan patung Buddha.

via cosmosbungalows.com

 

Tipe Room 2

Kurang lebih sama dengan tipe yang pertama, hanya saja gak berlantai 2, tetapi mirip seperti rumah kecil. Untuk kelambu dan hammock tetap tersedia di tipe kamar ini.

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

 

Tipe Room 3

Tipe yang satu ini lebih mirip lagi dengan rumah. Desain eksterior nya artsy, yang didominasi oleh material kayu dengan kaca besar pemberi kesan lega untuk ruangan kamarnya.

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

 

Tipe Room 4

Nah tipe ini kelihatannya minimalis dari luar, tapi kasur di dalam kamar ini ukurannya lebih besar. Selain itu pada tipe Room 4 terdapat 2 kamar yang dipisahkan dengan tangga. Cocok banget buat kamu yang liburan bareng keluarga atau partner jalan-jalan.

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

Selain dalamnya yang lebih luas, kamar mandi tipe ini juga agak nyeleneh desainnya. Dindingnya terbuat dari batu besar-besar dan gak dilapisi keramik seperti tipe yang lainnya. Dan kamu bisa menghirup udara segar sambil mencuci rambut dan badan, karena atasnya yang terbuka.

via cosmosbungalows.com

 

Tipe Room 5 dan 6

Tipe kamar ini mengusung tema garden yang dilengkapi dengan fasilitas kamar mandi yang private. Masih dengan dekorasi yang kental dengan nuansa tradisional, dengan ornamen bambu dan batu alam di dalamnya. Kamar tipe 5 dan 6 memiliki kamar tidur yang cukup besar, bisa untuk 3 orang. Meskipun nggak menghadap laut, kamu tetap bisa santai dengan merasakan semilir angin dengan berayun di hammock. 

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

 

Tipe Room 7

Kesan yang menonjol dari tipe kamar 7 yakni berlantai dua dan berdesain interior dengan penambahan warna putih di dalamnya. Jadi kelihatan minimalis dan clean banget pokoknya. Selain itu, tipe kamar ini juga memiliki ruang tamu lengkap dengan sofa dan tv sebagai pemeriah suasana.

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

via cosmosbungalows.com

Jangan puas dulu dengan desain interiornya yang ciamik. Cosmos Bungalows juga menawarkan fasilitas lainnya yang menarik dan dijamin bikin kamu betah berlama-lama di sini. Menikmati suasana pantai dengan bersantai sampai pulas bisa kamu lakukan di hammock yang disediakan Cosmos Bungalows.

via hotelroomsearch.net

via instagram.com/rahmawafaa 

Kalo mau leyeh-leyeh sambil menghirup udara segar, Cosmos Bungalows juga menyediakan pendopo di luar penginapan. Bakal nyaman banget ngobrol santai di sore hari sambil menikmati matahari senja dengan orang terkasih.

via booking.com 

Meski Cosmos Bungalows terbilang jauh dari keramaian, kamu gak perlu khawatir bakal kesusahan mencari makan. Kamu bisa memuaskan selera makanmu dengan mudah dan nyaman di Terrace Café Cosmos Bungalows yang dilengkapi dengan pemandangan birunya laut sebagai penambah nafsu makan kamu.

via tripadvisor.com 

Gak cuma bangku buat berdua, kalo kamu berlibur bersama keluarga atau teman-teman kamu juga bisa menikmati suasana pantai sambil menikmati hidangan dengan duduk di bench yang tersedia di Terrace Café di Cosmos Bungalows.

via jalan2.com 

Makan di dalam Terrace Café juga gak kalah menarik. Cosmos Bungalows juga menyediakan spot makan indoor dengan tempat makan yang comfortable berhiaskan ornamen bendera mancanegara. Kalo terik matahari mulai menyengat, kamu bisa geser ke dalam dan tetap mendapatkan suasana makan yang pastinya cozy.

via instagram.com/bebiminmin

via instagram.com/akramrifaah

Sambil mengisi perut,  kamu juga bisa menikmati indahnya pemandangan laut yang memanjakan mata dari atas Terrace Café.

via instagram.com/lalanadra

Bangun pagi kamu bakal lebih segar karena café di Cosmos Bungalows menyediakan menu free breakfast, seperti omelet dan roti panggang. Untuk range harga makanan di café ini berkisar Rp 30.000,00 – Rp 50.000,00. Pokoknya, Cosmos Bungalows bakal bikin kamu siap bertenaga untuk mengeksplor pantai sekitar.

via instagram.com/willemmanuhutu

Dan yang gak kalah menarik, Cosmos Bungalows punya tangga menuju laut yang super instagrammable. Spot satu ini gak cuma bagus buat jadi tempat foto, tapi juga mengundang banget buat nyebur ke laut.

via instagram.com/ewimamahit04

Setelah puas menjelajahi pantai dan berenang di laut, kamu bisa rileks sejenak sambil menikmati akhir harimu dengan menyaksikan indahnya sunset di Tanjung Bira selama berada di Cosmos Bungalows.

via tripadvisor.com 

Buat kamu yang punya impian tinggal di pulau pribadi, mungkin keinginan kamu akan terkabul saat liburan ke sini karena saking cozy-nya. Dan tenang aja, santai-santai di pinggir pantai gak perlu biaya mahal, Cosmos Bungalows bakal sesuaiin dengan budget kamu. Pokoknya, kenyamanan yang disediakan Cosmos Bungalows bakal bikin liburanmu di Tanjung Bira semakin luar biasa.

via cassandranggi.blogspot.com 

 

Detail Informasi 

Lokasi : Pantai Bara, Bira ujung selatan Pulau Sulawesi

Harga : 

Januari – Juni & September – Desember

Room 1 – Rp. 350,000

Room 2 – Rp. 350,000

Room 3 – Rp.  275,000

Room 4 – Rp. 350,000

Room 5 – Rp. 350,000

Room 6 –Rp.  350,000

Room 7 – Rp. 600,000

Juli – Agustus 

Room 1 – Rp. 450,000

Room 2 – Rp. 450,000

Room 3 – Rp. 375,000

Room 4 – Rp. 450,000

Room 5 – Rp. 450,000

Room 6 – Rp. 450,000

Room 7 – Rp. 700,000

 

Website : https://cosmosbungalows.com/

Email : Cosmosbungalows@gmail.com

Contact  0822-9260-8820

 

2. Amatoa Resort yang Serasa Milik Berdua

Nyari penginapan yang private dengan fasilitas super manja? Kamu harus banget dateng ke Amatoa Resort! Penginapan satu ini dibangun di tepi tebing menghadap pulau Liukang, di pojok kiri pantai Tanjung Bira. 

via tripadvisor.com

Selain lokasinya di tebing, ada lagi hal antimainstream yang bikin Amatoa Resort beda dari penginapan lain. Amatoa Resort gak punya garis pantai, tapi pengelola resort udah sediain akses private berupa tangga menurun menuju laut melalui tebing.  

via medium.com

via flickriver.com

via instagram.com/ulie.inge

via instagram.com/explorebulukumba 

Selain jauh dari keramaian, yang bikin Amatoa Resort tambah private adalah bangunannya yang luas dan fasilitasnya yang lengkap. Ada 7 kamar yang terdiri dari tipe Standard Bungalow, Standard Room, Deluxe Room, Suite Family Room, Suite Honeymoon, dan Family Room. Semua kamarnya punya fasilitas kayak hotel bintang 5. 

 

Tipe Standard Room

Meskipun namanya standard, tipe satu ini terbilang cukup megah.

via amatoaresort.com

Gak hanya luarnya aja yang tampak megah. Bagian dalam tipe kamar yang satu ini juga luas. Gaya kamarnya banyak menggunakan unsur kayu yang sederhana tetapi elegan. 

via amatoaresort.com

Kamar mandi tipe ini juga luas banget. Senada dengan kamar tidurnya, kamar mandi tipe ini juga mengusung warna coklat yang memikat. 

via amatoaresort.com

Sebelum nyebur ke pantai, kamu bisa nyebur ke infinity pool yang letaknya di belakang kamar tipe ini. Bisa dijadikan alternatif buat kamu gak mau nyebur ke pantai. 

via amatoaresort.com

via instagram.com/abrantangdan 

 

Tipe Deluxe Room

Unsur kayu juga cukup kental di tipe kamar deluxe ini, memberikan kesan alami yang bikin nyaman.

via amatoaresort.com

Gak hanya ruang tidur, ruang bersantainya pun juga banyak mengunakan furniture berbahan dasar kayu. Hiasan lukisan besar di dinding ditambahkan untuk menambahkan warna untuk menghindari kesan monoton. 

via amatoaresort.com

 

Tipe Suite Family Room

Kalo nginep di tipe kamar satu ini, kamu bisa menikmati pemandangan pantai sambil ngobrol asik di sofa luar. Selain empuk, gak bakal bikin kamu kebakar matahari juga duduk di sini. Cocok untuk dijadikan pilihan menginap saat liburan full team bareng keluarga. 

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

 

Tipe Suite Honeymoon

Tidur di atas kapal bukan lagi khayalan belaka. Kasurnya berbentuk kapal dan ditutupi kelambu yang bakal nganter kamu ke mimpi yang indah setelah asik bersantai di pantai. 

via amatoaresort.com

Banyak lukisan besar di dinding kamar tidur yang bikin kamar ini mirip galeri seni. 

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

 

Tipe Family Room

Kasur di tiap tipe kamar di Amatoa Restorts emang didesain unik. Kalo yang satu ini, kamu bisa bermimpi tidur di atas pohon, karena kasurnya yang berbentuk layaknya batang pohon.

via amatoaresort.com

Kasurnya cukup banyak karena memang diperuntukkan untuk yang bawa keluarga atau rombongan. So, ini merupakan pilihan yang cocok kalo kamu ingin membawa keluargamu berlibur ke Tanjung Bira.

via amatoaresort.com

via amatoaresort.com

Buat kamu yang gak nginep di tipe standard tapi pingin bisa ngerasain berendem di infinity pool-nya, tenang aja kamu tetep bisa kok berenang di infity pool Amatoa Resort, karena setiap tamu bisa bebas pakai fasilitas ini. Eits, jangan lupa siapin kamera karena kita yakin kamu bakalan lamaan sesi foto-fotonya daripada berenangnya.

via amatoaresort.com

via instagram.com/clairewiyardi 

via instagram.com/marvinsulistio 

Biasanya kamu kalau mau sunbathing harus jalan dulu ke pinggir pantai. Kayaknya cuma di Amatoa Resort yang kasih kamu fasilitas sun lounge yang udah iconic banget. Nuansa warna biru bakal kamu temuin disini. Rileksin badan sejenak menikmati hangatnya matahari dijamin bikin stress kamu minggat.

via booking.com 

via arieshadega.blogspot.co.id

Masih dalam pelayanan yang memanjakan diri, Amatoa Resort gak luput kasih kamu kemudahan buat pesen makanan dengan adanya restoran. Jadi kalau laper menyerang, makanan siap terhidang. Posisi restorannya menghadap pantai. Selagi menyantap pesanan, kamu bisa memandangi pantai yang keindahannya bikin kamu terkesima.

via baliwww.com

via amatoaresort.com

via instagram.com/vellovero

via instagram.com//anthony_gunawan

Amatoa Resort emang udah tau banget kebutuhan tamunya, karena kamu akan dikasih pelayanan yang menunjang kenyamanan kamu saat liburan disini. Dengan fasilitas yang serba privat dan unik, kamu bakal ngerasa lagi punya resort pribadi deh. 

via bibloug.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Lokasi : Jalan Pasir Putih No. 6 Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba,

     Sulawesi Selatan.

Daftar Harga :

-      Standart Bungalow Rp. 1.500.000,-/malam*

-      Standart Room          Rp. 1.750.000,-/malam*

-      Deluxe Room           Rp. 1.890.000,-/malam*

-      Suite Family Room Rp. 2.000.000,-/malam*

-      Suite Family Room Rp. 2.000.000,-/malam*

-      Suite Honeymoon   Rp. 2.000.000,-/malam*

-      Family Room           Rp. 2.500.000,-/malam*

*sudah termasuk welcome drink, breakfast, dan room service

Website : www.amatoaresort.com

Email : info@amatoaresort.com

Contact :  0812-4296-5500 / 085-6565-34743 

Booking : bookings@amatoaresort.com 

 

3. Makan Cantik di Kapal Raksasa Cuma di Anda Beach Hotel

Masih menikmati pantai dari dekat, Anda Beach Hotel di Tanjung Bira yang berlokasi di pinggir pantai ini cocok buat kamu tempatin untuk kamu yang senang mencium aroma pantai. 

via agoda.net 

Anda Beach Hotel akan kasih kamu pemandangan pantai pasir putih terindah dari semua pantai yang ada di Tanjung Bira. Untuk bisa menikmati view tersebut yang berpadu dengan birunya laut dari kejauhan, kamu bisa menikmatinya sambil duduk-duduk santai plus ngebrol-ngobrol asik di D’Perahu Resto yang jadi tempat kongkow paling hits se-antero Tanjung Bira. 

via tripadvisor.com 

D’Perahu Resto Tanjung Bira yang merupakan bagian dari Anda Beach Hotel harus menjadi tempat wajib yang kamu kunjungi selama liburan kamu di Tanjung Bira karena restoran ini punya desain iconic yang khas Sulawesi Selatan, yaitu berbentuk kapal pinisi yang gak akan kamu temuin di restoran lain.

via traveloka.com 

Kurang pas menginap di pantai kalo gak makan sambil memandangi ombak dan perahu. Kamu bisa mendapatkan view tersebut selama menginap di Anda Beach Hotel.

via booking.com

Ngomongin soal kamar, Anda Beach Hotel punya 10 kamar tidur dengan 2 tipe yaitu sea view dan family room. Di kamar-kamar ini pun udah dilengkapi dengan fasilitas yang berkualitas oke dan nyaman seperti televisi LCD / layar plasma, AC, balkon / teras pribadi, air panas serta fasilitas TV kabel.  

via bali-evasion.com 

via bali-evasion.com

via traveloka.com

Sebagai salah satu ikon Tanjung Bira, cuma di Anda Beach Hotel kamu bisa temuin kapal phinisi terdampar di daratan. Jadi silahkan mampir ke sini buat ngerasain sensasi naik kapal antimainstream.

via pinterest.com 

 

Detil Informasi 

Lokasi : Jalan Poros Bara, Tanjung Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Anda Beach Hotel

Harga : Rp.1.200.000 – Rp.1.500.000/malam, ekstra bed Rp.200.000/malam

Website : - 

Contact: 0813 55111 668, 0813 5596 3628

 

4. Menginap Murah dan Ramah Kantong di Panda Beach II

Gak perlu kebingungan cari penginapan murah di Tanjung Bira, mungkin Panda Beach II bisa jadi jawabannya. Panda Beach II merupakan salah satu penginapan yang sangat populer karena harganya yang dijamin gak bikin kantong kering, udah gitu lokasinya juga deket banget dengan Pantai Bira.

via pegipegi.com 

Meski desainnya sederhana, tapi Panda Beach II terbilang cukup luas. So, penginapan ini recommended banget buat kamu yang mau ke Tanjung Bira bareng teman-teman.

via pegipegi.com

Panda Beach II punya 3 pilihan tipe kamar yang bisa disesuaiin sama keadaan kantong kamu. Ada tipe Standard, Deluxe Single Bed, dan Deluxe Double Bed. Semua kamar di sini udah dilengkapi sama fasilitas TV, AC, Meja Rias, dan Pemanas Air. Tinggal kamu pilih deh mau ambil yang mana.

 

Tipe Standard

Di tipe ini letak kamar berada di lantai bawah. Sudah dilengkapi dengan teras buat kamu ngobrol santai atau sekedar cari udara segar. Untuk kapasitas, kamar ini cocok buat 2 orang dan dijamin gak akan kesempitan. Paslah buat pasangan muda yang mau liburan. 

via birapandabeach.com

via birapandabeach.com 

 

Tipe Deluxe Single dan Double Bed

Tipe deluxe berada di lantai 2, makannya kamu bisa liat pemandangan laut dan pantai dari jendela kamar atau balkon. 

via birapandabeach.com 

via birapandabeach.com 

Biasanya kalau nginep yang jadi tolak ukur penilaian nyaman atau enggaknya selain kamar adalah keadaan bathroom. Di Bira Panda Beach 2 bathroom-nya dijamin nyaman, meski simple, kebersihan udah pasti jadi prioritas utama. 

via birapandabeach.com   

via birapandabeach.com 

Kalau perut kamu mulai keroncongan, langsung aja naik ke lantai 2 Panda Beach II. Di sana tersedia restoran yang hadir dengan konsep yang gak biasa. Penyajian makanan dilakukan di atas meja yang berbentuk kapal pinisi. Sambil menyantap makanan kamu bakal disuguhi pemandangan yang menenangkan. Tambah pas kalo ditemani seduhan kopi khas Toraja.

via rentbyowner.com 

via booking.com 

via birapandabeach.com   

via travel.kompas.com

Panda Beach II siap menyambut kamu untuk liburan di Tanjung Bira nih, jangan khawatir lagi ya dengan harga penginapan yang pricey, kamu tinggal dateng aja ke sini, dijamin kantong kamu aman. Kalau kamu gak mau nginep juga gak papa, soalnya Panda Beach II ini menyediakan jasa sewa kamar tanpa menginap yang tentunya dengan biaya murah. Pokoknya penginapan ini ngertiin kamu banget deh. 

 

Detail Informasi

Lokasi : Jalan Ujung Mori Pasir Putih Bira, Bira, Tanete, Sulawesi Selatan.

Harga :

  1. Standard room : Rp.500.000 – Rp.750.000/malam

Hanya untuk istirahat / tidak menginap : Rp.250.000 – Rp.350.000.

  1. Deluxe Single Bed Room : Rp.1.000.000 – Rp.1.200.000/malam

Hanya untuk istirahat / tidak menginap: Rp.500.000 – Rp.750.000.

  1. Deluxe Double Bed Room : Rp.1.200.000 – Rp.1.500.000/malam

Hanya untuk istirahat / tidak menginap : Rp.600.000 – Rp.800.000

Website : www.birapandabeach.com

Email : birapandabeach@yahoo.co.id

Contact : 0853-9768-7004

 

5. Penginapan Bergaya Benteng a la Mangga Lodge Hotel 

Kalau kamu cari hotel yang letaknya strategis di Tanjung Bira, kamu bisa pilih Mangga Lodge Hotel. Hotel ini berani menawarkan kamu akses mudah ke berbagai destinasi wisata yang ada di Tanete dilengkapi dengan desain yang seperti benteng.

via birabeachhotels.com 

Dengan menghadirkan gaya arsitektur bangunan yang bernuansa Eropa, sambil melepas lelah, di Mangga Lodge Hotel, kamu juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto ria. 

via instagram.com/malasilviani

via instagram.com/itha_qwenn_

via instagram.com/ayhaharlequin 

Demi kenyamanan yang maksimal Mangga Lodge kasih kamu dua tipe kamar yang bisa kamu pilih yaitu Bungalow dan Family Room, dengan dilengkapi fasilitas yang memadai di setiap kamarnya seperti AC, meja tulis, balkon/teras, televisi dan shower

via hotelmurah21.blogspot.co.id

via booking.com 

via getaroom.co.in

Lokasi Mangga Lodge ini dikelilingi pilihan wisata yang bisa kamu eksplor. Hanya dengan 10 menit berkendara, kamu udah sampe ke Pantai Bira yang pasir putihnya amat memanjakan mata. 

via instagram.com/ibraheem.irfan 

via instagram.com/ibraheem.irfan

via samanthasiahaan.com

Ini nilai plus kalo kamu nginep di Mangga Lodge Hotel, hanya dengan 10 menit menaiki perahu dari penginapan kamu bisa lihat surga bawah laut Tanjung Bira alias Pulau Liukuang. Pulau ini udah terkenal dengan keindahan biota lautnya, tempat paling pas buat kamu yang suka snorkeling

via instagram.com/just_edoy

via memyself303.wordpress.com   

via romeogadungan.com 

via gapuranews.com

Setelah lelah jalan-jalan di pantai atau dinginnya air saat menyelam pasti bikin perut lapar, Mangga Lodge Hotel udah siap atasi lapar kamu di Mangga Lodge Restaurant. Di sini kamu bisa menyantap makanan Indonesia dan barat dari chef yang profesional. Cita rasa masakan yang dibuat chef-chef ini dijamin bikin kamu kenyang puas.

via booking.com 

Sentuhan desain lawas Eropa juga terasa di tempat makan Mangga Lodge. Restoran ini banyak memainkan paduan batu dan kayu. Gak cuma disuguhi makanan enak, tapi kamu juga disuguhi suasana yang aesthetic.

via lh3.googleusercontent.com  

via instagram.com/itha_qwenn_ 

via instagram.com/tag/manggalodgehotel

Meski Mangga Lodge terlihat kecil dari depan, ternyata fasilitasnya lumayan lengkap dan desain lawas seperti benteng yang memukau cukup banget buat kamu jadikin pilihan menginap. Selain itu, berkat lokasinya yang strategis, kamu bisa babat abis deh semua objek wisata di Tanete.

 

Detail Informasi 

Lokasi : Darubiah, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Harga :

  • Tipe Bungalow Rp 950.000 
  • Tipe Family Room Rp 1.300.000

Website : www.mangga-lodge.com

Kontak : 0812-4443-6626

 

6. Manjakan Mata di Hakuna Matata Resort

Kalau denger Hakuna Matata paling yang ada di benak kamu adalah film Lion King kan? Tapi kalau di Tanjung Bira nama Hakuna Matata ini merupakan salah satu resort. Seperti namanya yang artinya “jangan khawatir”, lokasi penginapan ini cuma sekitar 200 meter dari Pantai Tanjung Bira yang bikin kamu gak perlu khawatir untuk kejauhan jalan kaki untuk menikmati surganya Bira. 

via hakunamatataresort.com 

via idtempatwisata.com

Bangunan dari Hakuna Matata Resort ini pas banget ada di atas tebing Bira yang letaknya di semenanjung paling utara dari pantai Tanjung Bira loh. Jadi dari sini kamu bisa liat birunya laut dari atas resort. 

via muhamadsafei.com

Karena Hakuna Matata Resort terletak di pinggir tebing, jadi kamu bisa langsung snorkeling. Kerennya lagi kamu bakalan liat hamparan terumbu karang dan ikan-ikan hias di bawah hanya dengan melongok dari atas tebing. 

via indoexland.blogspot.com

Buat alat-alat menyelam gausah khawatir susah dapetinnya karena Hakuna Matata Resort udah menyediakan tempat penyewaan peralatannya. 

via tripkelilingindonesia.blogspot.com

via marischkaprudence.blogspot.com

via indonesiakaya.com

Gak pengen snorkeling? Tenang, kamu bisa tetep eksplor view tebing dengan sekedar foto-foto, celup-celup kaki atau celup-celup badan tanpa berenang. Keinginan kamu makin dipermudah dengan adanya tangga yang terhubung dari Hakuna Matata Resort ke daerah bawah tebing karang. Jadi gak usah jauh-jauh jalan ke pantai deh.

via instagram.com/ismestevanny

via instagram.com/aquilafirrina

via instagram.com/chikalicia

Walaupun mengusung konsep bangunan tradisional berbentuk rumah panggung khas Sulawesi, Hakuna Matata Reseort gak kalah saing dengan resort ala kebarat-baratan. Justru dengan aksen kayu penginapan ini makin keliatan iconic.

via hakunamatataresort.com 

Untuk urusan kamar, Hakuna Matata Resort punya beberapa tipe yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Ada bungalow, deluxe, dan family room. Semua kamar disini udah dilengkapi sama teras, kamar yang rapi, dan kamar mandi yang bersih. Pokoknya kenyamanan kamu bakal jadi prioritas utama saat nginep disini.

 

Tipe Bungalow

Untuk tipe bungalow ada 2 jenis yang disediakan oleh Hakuna Matat Resort yaitu bungalow standar (kapasitas 2 orang) dan bungalow family (kapasitas 4 orang). Fasilitas teras dan kasur super lega plus kamar mandi bersih dan nyaman bakal kamu temukan di tipe kamar ini.

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

 

Tipe Deluxe Hakuna

Deluxe Hakuna masih mengusung tema rumah panggung, dengan tempat tidur single berkapasitas dua orang. Meski tidak menghadap laut, tipe kamar ini sering menjadi pilihan para pengunjung karena desain interiornya yang menarik.

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

 

Tipe Deluxe Sea View

Hampir sama dengan fasilitas Deluxe Hakuna, sesuai namanya tipe kamar Deluxe Sea View menyuguhkan pemandangan laut dari jendela kamar dan terasnya. 

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

 

Tipe Family Room

Nah buat kamu yang liburan sambil bawa keluarga dan pengin kamar yang agak besar untuk menginap, silahkan pilih tipe family room karena tempat tidur yang tersedia pada kamar ini lega banget. Pada tipe kamar ini  juga udah tersedia teras menghadap laut dengan sun lounge dan meja yang eyecatching banget. 

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

Gak selesai di situ, Hakuna Matata Resort juga punya restoran fancy yang bisa dijadiin spot foto instagramable. Ada dua spot yang bisa kamu pilih, bisa indoor atau outdoor.   

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

Saat kamu pilih spot indoor, kamu bakal temuin nuansa berwarna putih di restoran ini. Kalau ornamen penginapan Hakuna Matata Resort disuguhi dengan kesan tradisional, nah di bagian restoran ini kamu bakal temuin ornamen modern dengan dominasi warna putih clean.

via hakunamatataresort.com

via hakunamatataresort.com

Di lantai dua bagian indoor kamu bisa liat pemandangan laut dari atas restoran ini, lagi dan lagi dengan hembusan angin yang enaknya dinikmati sambil minum orange juice

via hakunamatataresort.com

Kalau kamu ambil spot outdoor, view yang disuguhin langsung bikin kamu buru-buru pengin foto-foto deh. Bangku dan meja yang ada di spot outdoor mengusung nuansa yang lebih colourfull. Jadi menambah selera makan pastinya. 

via hakunamatataresort.com

via instagram.com/dwiyulitasari

via hakunamatataresort.com

Suasana di restoran ini bakal lebih seru lagi saat matahari sudah turun ke peraduan, karena saat malam hari kamu bakal temuin suasana yang romantis sambil makan malem sama si doi.

via hakunamatataresort.com

Soal menu makanan di restoran Hakuna Matata Resort ini mostly menghidangkan masakan laut. Dengan keahlian chef profesional di sini, lidah kamu bakal dimanjain sama rasa makanan yang kaya akan rempah-rempah.

via mistikadamayanti.blogspot.co.id 

Biasanya kalau kamu berenang di pantai kan suka mager bersih-bersihnya kan? Kamu tetep bisa main air tanpa perlu khawatir harus bersih-bersih karena Hakuna Matata Resort punya swimming pool yang bisa bikin kamu rileks regangin otot setelah seharian eksplor Tanjung Bira. 

via instagram.com/dyonisiusdq

via instagram.com/zaa.rix

via instagram.com/ahmadkalamullah

Nah, di Hakuna Matata Resort ini ada salah satu spot yang laku banget buat jadi incaran pengunjung buat mengabadikan foto. Spot ini bisa dibilang sebagai balkon utamanya dimana kamu bisa santai menikmati sunset sambil duduk manis di kursi rotan beralas empuk. 

via instagram.com/zhulfadly.f

via instagram.com/bia_bima

via instagram.com/nuraamin_syam

Itu dia Hakuna Matata Resort dengan daya tarik tebing karangnya, gak heran sih kalo ini termasuk salah satu penginapan favorit di Tanjung Bira. Kalau gak percaya kamu bisa buktiin dengan dateng langsung ke sini!

 

Detail Informasi

Lokasi : Jalan Bontobahari, Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi

              Selatan

Harga : 

Tipe Bungalow : Rp. 600.000 (weekday); Rp.800.000,00 (weekend)

Tipe Bungalow Family : Rp.2.000.000,00

Tipe Deluxe : Rp.1.000.000,00 – Rp.1.500.000,00

Tipe Deluxe Sea View : Rp.1.750.000,00 – Rp. 2.250.000,00

Tipe Family Room : Rp,3.000.000,00

Website : http://www.hakunamatataresort.com/

Contact : 08 129 6999 055 (Reservation) / 08 577 6999 055 (Management)

Email : hakunamatataresort@yahoo.com

 

7. Nuansa Tradisional Tapi Tetap Aesthetic di Kaluku Cottages

Gak usah jauh-jauh ke luar negeri karena di daerah Tanjung Bira ini ada sebuah penginapan yang mengusung tema tropikal yang mirip-mirip kayak kita lagi liburan di Hawaii. Namanya adalah Kaluku Cottages, yang udah santer terdengar sebagai primadona cottages di Tanjung Bira.

via kaniararas.blogspot.co.id

Kaluku Cottages hadir di kawasan pantai berpasir putih yang dikelilingi pohon kelapa di desa pesisir Tanjung Bira, jadi kamu gausah repot-repot jalan menuju pantai karena cottages ini sudah ada di tepi pantai.

via kalukucottages.com

Kaluku Cottages dibangun tepat di pinggir Pantai Kaluku di desa pesisir Tanjung Bira, dan dekat sekali dengan Pelabuhan Bira. Dulu banyak wisatawan yang sulit menemukan keberadaan Kaluku Cottages karena minimnya penanda yang mengarahkan wisatawan menuju lokasi, namun sekarang akses jalan menuju penginapan ini sudah dilengkapi penunjuk jalan yang jelas. 

via kalukucottages.com

Meski jauh dari hiruk pikuk kawasan wisata Tanjung Bira yang berpusat di Pantai Bira, Kaluku Cottages tetap punya daya tarik tersendiri. Banyak pilihan wisata yang sudah lumayan lengkap yang bisa kamu pilih. Yang gak akan kamu temuin di cottage-cottage lain yaitu kamu bisa menyaksikan tempat perakitan Kapal Phinisi hanya dengan berjalan kaki sekitar tiga menit ke utara dari Kaluku Cottages. 

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

Usut punya usut, nama cottages ini diambil dari bahasa bugis yaitu Kaluku yang memiliki arti Kelapa. Mungkin karena penginapan ini dikelilingi pohon kelapa kali ya? Gak cuma itu, arsitektur dari Kaluku Cottages juga mengusung tema tradisional dengan bentuk rumah pangggung khas Sulawesi Selatan, dengan material utama kayu dan atap jerami.

via kalukucottages.com

Bicara soal tipe kamar, Kaluku Cottages punya beberapa pilihan yang bisa kamu sesuaiin dengan keadaan kantong. Di sini tersedia tipe bungalow standard, bungalow standard plus, bungalow deluxe, bungalow keluarga, bungalow keluarga deluxe, dan cottage family. Semua kamar sudah dilengkapi dengan fasilitas ac, brankas, kulkas, dan kamar mandi. Tapi kalau kamu mau lebih irit lagi disini juga tersedia kamar yang menggunakan kipas angin. Dan klasifikasi kamar disini disesuaikan dengan jumlah orang dan fasilitas yang ada, jadi kalau kamu dateng rame-rame lebih seru deh.

 

Tipe Kamar Bungalow Standard dan Standar Plus 

Tipe kamar Bungalow Standard dan Standard Plus ini kapasitasnya maksimal muat sampai 3 orang, cocok banget buat kamu yang liburan perorangan atau pasangan. Yang ngebedain Bungalow Standard dengan Bungalow Standard Plus adalah disistem pendinginnya. Bungalow standard dilengapi dengan kipas angin, sedangkan Bungalow standard plus dilengapi dengan AC. Kamu tinggal pilih sesuai dengan keadaan kantong. 

via kalukucottages.com

Males tidur sempit-sempitan? Tenang, tempat tidur disini pun bisa kamu sesuaiin sama kapasitas tamu yang menginap, kamu bisa pilih yang double bed, atau double dengan extra bed.

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

 

Tipe Bungalow Deluxe

Jarang banget nih nginep di tempat yang punya taman pribadi. Di tipe bungalow deluxe punya itu! Gak cuma taman pribadi, kamu bisa duduk duduk santai di teras atau di bangku sambil menikmati sunset. 

via kalukucottages.com

Suasana kamar pada tipe ini identik dengan warna biru laut yang tentunya bakal bangun mood kamu jadi riang gembira. 

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

 

Tipe Bungalow Family

Tipe bungalow ini merupakan tipe yang terbaru di Kaluku Cottages. Kamu bisa bawa keluarga atau temen-temen kamu untuk nginep disini karena kamarnya luas banget! Dilengkapi dengan spring bed queen, satu single bed dan satu set ranjang susun, jadi cukup banget buat nampung seluruh keluarga kamu. Bungalow yang luas ini juga dilengkapi dengan AC, kulkas, brankas, meja tulis, meja untuk minum kopi, lemari serta kamar mandi yang nyaman dan bersih. 

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

Mau santai-santai liat pemandangan laut yang biru? Kamu bisa nikmati itu di teras kayu pada tipe kamar ini. Asiknya sambil bercengkrama dengan keluarga atau gebetan dan ditemani secangkir kelapa muda, dijamin penat kamu bakal minggat.

via kalukucottages.com

 

Tipe Cottage Family

Tipe ini sangat iconic karena punya posisi utama menghadap langsung ke pantai yang terpaut hanya beberapa meter, ditambah jajaran pohon kelapa di sekelilingnya. Nah di depan cottage ini terdapat teras lengkap dengan taman ber-sun lounge, jadi bisa kamu gunain untuk sunbathing. Bikin kamu mager buat ngapa-ngapain saking manjainnya cottage ini. 

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

Tipe Cottage family meiliki ruangan tamu dengan langit-langit yang tinggi dan dilengkapi juga sama sofa dan meja kecil. Dan kalau kamu bawa rombongan keluarga dengan jumlah yang banyak, ruang tamu ini bisa kamu jadikan sebagai ruangan tidur kedua dengan tambahan tempat tidur. 

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

Setelah nyenyak tidur, pada tipe cottage famili pagi hari kamu akan disambut dengan sinar matahari terbit langsung dari tempat tidurnya. Dilengkapi dengan fasilitas queen spring bed, ac, meja, kursi, lemari, serta kamar mandi pasti bikin kamu betah nginep disini. 

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

Gak cuma menyediakan berbagai macam tipe kamar yang bikin kamu betah, di Kaluku Cottages masih punya segudang kegiatan seru yang bisa kamu lakuin di sini. Kamu bisa eksplor langsung keindahan sekitar dengan jalan menelusuri pantai Kaluku yang punya tekstur sangat halus kayak bedak bayI, atau sekedar main ayunan di pinggir pantai.

via kalukucottages.com

via yahoo.com

via imgrum.com

via kaniararas.blogspot.co.id

Di Kaluku Cottages kamu juga bisa snorkeling loh karena pemandangan bawah lautnya patut diacungi jempol saking kerennya. Kaluku Cottages juga menyediakan peralatan snorkeling jadi kamu gaperlu repot bawa alat snorkeling sendiri. Kalau mager snorkeling kamu bisa sewa perahu nelayan buat menelusuri laut atau seru-seruan naik banana boat. Semua tersedia di sini!

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

via kalukucottages.com

Laper? Gausah jauh-jauh keluar penginapan, Kaluku Cottages punya kafe yang bisa jadi pemadam kelaparan saat perut kamu mulai keroncongan. Masih dengan nuansa kayu yang aesthetic kamu bisa makan dengan disuguhi view pantai yang manjain mata. Soal menu makanan disini tersedia berbagai macam seafood dan makanan khas Makasar. Pokoknya perut kenyang hati senang.

via tripadvisor.com

via kalukucottages.com   

via chaptersunday.com

Nah, Kaluku Cottages ini tepat banget jadi penginapan pilihan buat kamu yang suka mencari penginapan dengan view pantai dari jendela kamar atau cari tempat penginapan yang dekat dengan desa masyarakat lokal. Apalagi ditambah dengan lihat langsung pembuatan kapal phinisi. Niscaya liburan kamu bakal antimainstream.

 

Detail Informasi 

Lokasi : Jalan Panrang Luhu, Tanjung Bira, Sulawesi Selatan.

Harga :

Bungalow Standard : Rp. 350.000 – Rp. 450.000/malam

Bungalow Standard Plus : Rp.450.000,00-Rp.550.000,00/malam

Bungalow Deluxe : Rp. 550.000,00 – Rp. 650.000,00/malam

Bungalow Family : Rp. 650.000,00 – Rp. 950.000,00/malam

Bungalow Family Deluxe : Rp. 800.000,00 – Rp. 1.100.000,00/malam

Cottages Family : Rp. 950.000,00 – Rp. 1.550.000,00/malam

Sewa Perahu : Rp. 500.000,00 – Rp. 600.000,00/perahu (kapasitas 10 orang)

Beachfront Cottage : Rp. 950.000/malam

Website : www.kalukucottages.com

Email : info@kalukucottages.com

Contact : +61 422 984 889 (jam kerja 08.00 – 20.00 WITA)

 

8. Sunshine Guesthouse, Penginapan Murah Namun Gak Murahan

Ini dia penginapan yang pasti akan nongol paling atas saat kamu cari rekomendasi penginapan di Tanjung Bira. Karena ternyata Sunshine Guesthouse bisa kasih kamu tempat penginapan murah dan bersih yang dijamin bakal bikin tidur kamu nyenyak karena jauh dari keramaian Tanjung Bira. Gak sulit untuk menemukan penginapan ini karena plangnya langsung terlihat di sebelah kiri jalan dari pintu masuk Tanjung Bira. 

via littlenomadid.blogspot.com

Setelah menemukan plang, kamu tinggal berjalan agak sedikit menanjak. Lalu kamu akan menemukan bangunan tinggi seperti rumah yang megah berlantai dua. Karena bangunannya yang tinggi, kamu bisa liat view laut dari atas Sunshine Guest House. 

via frenkeyblog.com 

via tripadvisor.com

Saat sampai di Sunshine Guesthouse kamu bakal disambut oleh pengelolanya langsung seorang pria bule bernama Gavin dan isterinya yang merupakan wanita Indonesia bernama Nini. Nama Sunshine sendiri diambil dari nama anak mereka. Pokoknya pasangan ini udah terkenal banget deh dengan keramahannya dalam melayani tamu yang menginap disini Lumayan banget serasa punya tourguide!

via littlenomadid.blogspot.com 

Sunshine Guesthouse memiliki 2 lantai yang terdiri dari 8 kamar tidur dengan 2 kamar mandi yang udah dilengkapi sama air hangat dan kipas angin. Kamar yang disediakan pun terbilang rapi, bersih dan nyaman untuk tempat kamu istirahat. Kamu bisa pilih mau kamar yang double bed atau single bed, bebas terserah kamu. 

via tripadvisor.com 

via tripadvisor.com 

Di lantai dua kamu bisa menikmati sunrise dengan view laut, ditemani dengan menu sarapan yang disedikan Sunshine Guesthouse yaitu roti dan telur. Kamu juga bisa sekedar leyeh-leyeh dengan tiduran di hammock yang disediakan pengelola sambil menikmati pemandangan indah dari atas. 

via tripadvisor.com 

via tripadvisor.com 

via tripadvisor.com 

Bener-bener kalau kamu punya niat untuk liburan ke Tanjung Bira, gausah takut keabisan uang untuk bayar biaya penginapan, karena di Sunshine Guesthouse kamu gaperlu merogoh kocek yang mahal untuk nginep disini. Meski dengan biaya yang relatif murah, penginapan ini tetap mengedepankan kenyamanan tamu, jadi gaperlu khawatir lagi deh. Masalah budget terbatas? Solved!

 

Detail Informasi 

Lokasi : Jalan Bonto Bahari, Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Harga : Rp. 300.000/malam (sudah termasuk sarapan pagi)

Website : http://ninibone.blogspot.co.id/

Email : ninibone@hotmail.com

Contact : (+62) 821 909 311 75

 

9. Suasana Tinggal di Rumah Adat ala Bira Beach Hotel

Kalau kamu ingin merasakan suasana rumah adat Amatoa di pinggir pantai, Bira Beach Hotel ini adalah tempat yang paling pas. Arsitektur yang disusun sedemikian rupa sehingga menyerupai rumah adat ini menjadi keunikan tersendiri bagi Bira Beach Hotel.

via birabeachhotels.com 

via birabeachhotels.com 

Masalah menginap kamu gak perlu khawatir kehabisan kamar, karena Bira Beach Hotel memiliki 20 kamar tidur yang bisa kamu pilih.  Setiap kamarnya udah dilengkapi dengan cermin, handuk, AC, penghangat ruangan, dan meja tulis. Lumayan banget nih dengan biaya miring udah dapet fasilitas kayak gitu.

via agoda.com 

via agoda.com 

Arsitektur unik, dekat sama pantai, lalu apa lagi? Makanan enak, terutama seafood tentunya! Pastinya, gak ada yang bisa ngalahin makan hidangan dari laut selama menginap di dekat pantai seperti di Bira Beach Hotel ini.

via tripadvisor.com 

via tripadvisor.com 

Makan nikmat plus view memikat tersebut dapat diperoleh dengan harga yang budget friendly, sehingga pas buat kamu yang ingin liburan dengan gaya backpacker, tapi ngga “gembel-gembel amat” hehe. 

 

Detail Informasi 

Lokasi : Jalan Kapongkolang No.3, Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Harga : 

Standard AC Room : Rp. 450.000/night

Deluxe AC Ocean View Room : Rp. 500.000/night

 

10. Liburan Seru di Pantai Bara Beach Bungalows

Untuk kalian yang lagi nyari sebuah resort yang bisa disebut all-rounder, Bara Beach Bungalows sangat direkomendasikan. Sebuah resort dengan fasilitas yang sangat lengkap untuk kalian yang berlibur dengan keluarga dan akses langsung ke pantai berpasir putih yang instagrammable

via tripadvisor.com 

via booking.com 

via tripadvisor.com 

via sulawesi-experience.com 

via tripadvisor.com 

Kalian juga bisa menjelajah daerah sekitar Bara Beach Bungalows, salah satunya adalah desa nelayan Tanah Beru, yang konon merupakan tempat kelahiran kapal Phinisi pertama dan menjadi pusat pembuatan kapal Phinisi hingga kini.

via bara-beach.com 

via mainmakan.com 

Puas melihat pemandangan dan mengeksplorasi wilayah sekitar dan kemudian lapar? Di Bara Beach Bungalows juga menyediakan makanan olahan laut yang selalu fresh dan diolah oleh chef-chef andalan Bara Beach Bungalows. 

via bara-beach.com 

via bara-beach.com 

And for you, romantic lovebirds, kamu juga bisa minta romantic dinner for two kalau cuaca mendukung yang akan dengan senang hati dilayani oleh para pegawai Bara Beach Bungalows.

via bara-beach.com 

Untuk kamarnya, kamu bisa memilih tipe Beachfront Bungalows, dengan fasilitas AC, kulkas, TV (no channel, but who needs TV when you have the sea?), DVD, dan Kamar mandi, atau Deluxe Bungalows, yang fasilitasnya kurang lebih sama dengan Beachfront Bungalows. Bedanya hanya pada letak Beachfront Bungalows langsung menghadap ke laut. 

via tanjungbiratour.blogspot.co.id

via thebesthotels.org 

via tripadvisor.com 

Gimana? Seru kan melepas penat dan galau di Bara Beach Bungalows? Mau eksplor Desa Tana Beru sendirian, candle light dinner yang romantis di pinggir pantai bersama pasangan, sampai main pasir di pantai bersama keluarga bisa kamu lakukan semua disini! Yuk ah! 

 

Detil Informasi

Lokasi : Jalan Poros Bara, Tanjung Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan

Harga :

Beachfront Bungalow : Rp.900.000 -  Rp. 1.150.000 

Deluxe Bungalow        : Rp. 750.000 – Rp. Rp. 975.000

 

Nah itu dia 10 penginapan yang paling recommended untuk jadi tempat bermalam kamu selama berkunjung ke Tanjung Bira. Penginapan yang nyaman didukung dengan desain dan fasilitas yang punya ciri khas masing-masing dijamin bakal bikin liburan kamu bareng teman atau keluarga tambah berkesan!


editor
Editor Alya Syafira dan Bintang Pradana
Both are law students who loves to write. Bintang see himself as a dreamer and Alya enjoys her life with her motto of ‘senyumin aja’.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.