Gak Bakal Bosen Jalan-jalan ke 16 Tempat Wisata Seru di Banten


Banten - City Tour - 532 Hits

Siapa bilang tempat wisata di Indonesia Cuma itu-itu aja? Udah pernah coba berkunjung ke Banten? Siapa sangka, Provinsi Banten ini ternyata punya tempat wisata yang berlimpah loh. Pokoknya dijamin gak bakal bikin kamu bosen jalan-jalan ke 16 tempat seru di Banten ini.

 

1. Bermain di Pantai Pasir Putih dan Menelusuri Sungai Mirip Amazon di Ujung Kulon

Untuk tempat wisata pertama terasik di Banten, ada Ujung Kulon, nih. Ujung Kulon merupakan Taman Nasional yang berada di titik terujung barat daya Pulau Jawa yang meliputi Semenanjung Ujung Kulon dan beberapa pulau lepas pantai serta meliputi cagar alam Krakatau. 

via travelingyuk.com 

via bantenwisata.com 

via initempatwisata.com 

Di Ujung Kulon ini kamu bisa mengunjungi Taman Nasional yang merupakan rumah dari hewan Badak Bercula Satu yang terancam punah beserta dengan beberapa tumbuhan dan hewan langka lainnya. 

via wisatania.com 

via ujungkulonecotourism.com 

via bantenwisata.com 

Karena jumlah Badak Bercula satu ini tinggal sedikit, jadi bakal agak susah buat menemukan mereka. Tapi gak usah sedih! Di sini juga masih banyak hewan lainnya yang bisa kamu tengok seperti Kerbau, Rusa, Babi hutan, dan Monyet-monyet yang bakal nyamperin kamu seolah pingin kenalan sama kamu.

via travel.tribunnews.com 

via backpackerindonesia.com 

via merahputih.com 

via triphemat.com 

Ujung Kulon selain terkenal dengan Taman Nasionalnya juga dipenuhi dengan banyak kawasan wisata yang terkenal lainnya, salah satunya merupakan Pulau Peucang, Pulau Panaitan, dan Pulau Handeleum. 

via klikbekas.co 

via duniaindo1.wordpress.com 

Dengan perairannya yang jernih dan pantainya yang berpasir putih, Pulau Peucang sudah menjadi kawasan wisata favorit di Ujung Kulon. Eits, hebatnya lagi, Pulau Peucang ini juga masuk ke dalam salah satu situs warisan dunia UNESCO karena tempatnya yang deket banget sama Taman Nasional Ujung Kulon.

via johansobiha.wordpress.com 

via kadekarini.com 

via winnymarlina.com 

Di sini selain menikmati keindahan pantainya, kamu juga bisa loh snorkeling sambil melihat-lihat ikan yang ada di dasar laut. Ikan di Pulau Peucang jenisnya banyak banget! Dijamin bakal bikin kamu gak pengen naik ke permukaan cepat-cepat.

via ngetripmulu.com 

via dolandolen.com 

via youtube.com 

Puas lihat ikan di Pulau Peucang, saatnya Pulau Panaitan menunjukan keindahannya juga. Pulau Panaitan pun tak kalah indah dengan bukit-bukit hutan alaminya yang memberikan sensasi rimba alami. 

via panoramio.com 

via alfridaprasasti.blogspot.com 

Buat kamu yang hobi surfing, pas banget nih untuk mampir ke Pulau Panaitan. Soalnya Pulau Panaitan termasuk ke dalam salah satu daerah surfing terbaik di dunia. Bisa dibilang ombak yang ada di sini sempurna!

via pinterest.com 

via bantenwisata.com 

via initempatwisata.com 

Selain surfing, di sini kamu juga sambil wisata sejarah sambil trekking loh. Terletak di ujung barat Semenanjung Ujung Kulon mendekati Pulau Sumatera, di Pulau Panaitan ini juga dapat ditemukan reruntuhan dari Arca Ganesha dan Gunung Raksa yang pada puncaknya terdapat patung-patung Hindu dari jaman purba lainnya. 

via indonesiatravelingguide.com 

Bukan cuma benda-benda peninggalan sejarah saja yang bisa kamu lihat di Pulau Panaitan ini. Banyak juga pohon-pohon langka dan pohon-pohon berdiamter besar yang bisa menambah pengetahuan kamu seputar tumbuh-tumbuhan, karena yang jelas pohon-pohon kayak gini gak bakal kamu temuin di kota-kota besar di Indonesia.

via exploredesa.com 

via blog.tripvisto.com 

via whc.unesco.org 

Nah puas berkeliling di tengah hutan, saatnya kamu merasakan sensai menjelajah sungai ala Sungai Amazon! Kamu gak perlu jauh-jauh ke Amazon, di Pulau Handeleum, terdapat Sungai Cigenter yang mengundang untuk ditelusuri. Dengan menggunakan sampan, kamu ditantang untuk menyusuri aliran sungai yang dihiasi dengan pemandangan indah dan penampakan hewan-hewan liar yang meninggalkan kesan yang gak terlupakan.

via blog.gogonesia.com 

via goindospot.wordpress.com 

Masih betah berada di Ujung Kulon? Gak usah khawatir karena di sini kamu juga bisa menyewa penginapan biar lebih puas lagi menikmati keindahan alam Ujung Kulonnya. Resort Pulau Peucang memiliki 3 tipe kamar, yakni Flora A sejumlah 6 kamar dan Flora B sejumlah 10 kamar dengan fasilitas AC dan kamar mandi, kemudian ada juga kamar tipe Fauna berjumlah 6 kamar yang tidak dilengkapi dengan fasilitas AC.

via pegipegi.com 

via pegipegi.com 

via pegipegi.com 

Ada satu lagi tempat menginap di Ujung Kulon yaitu Honje Ecolodge. Sebenarnya Honje Ecolodge ini adalah Villa pribadi yang akhirnya disewakan untuk umum. Ada dua villa yang disewakan yaitu Rumah Merah dan Rumah Biru. Untuk kamu yang datang bareng keluarga atau romobongan, Rumah Merah lebih cocok untuk kamu soalnya Villa ini memiliki 3 kamar dan 2 kamar mandi. Sedangkan Rumah Biru lebih cocok untuk pasangan yang ingin berlibur karena hanya terdiri dari 1 kamar dan 1 kamar mandi yang dilengkapi dengan bathtub.

via theprasstyo.com 

via theprasstyo.com 

 

Detail Informasi 

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendapatkan izin masuk ke Taman Nasional Ujung Kulon kamu dapat menghubungi:
Kantor Taman Nasional Ujung Kulon
Jl. Perintis Kemerdekaan No.51, Labuan
Pandeglang, Banten
Telepon: + 62-253-801731
Fax: + 62-253-804651
Email: info@ujungkulon.org
Website: http://www.ujungkulon.org

 

Rute : Dengan perahu sewaan dari Pantai Carita dan darat dengan mobil melalui Labuan ke Tamanjaya atau Sumur. Jika Anda mengambil rute laut, itu adalah sekitar 2-3 jam naik perahu dari Pantai Carita ke Pulau Peucang tempat akomodasi dan kantor perwakilan taman nasional terletak.

Rate Penginapan :

Resort Pulau Pecuang : 450rb – 750rb/malam

Honje Ecolodge : 1jt – 2jt/malam

 

2. Rafting Seru yang Bikin Hati Senang di Sungai Ciberang

Destinasi selanjutnya ada Sungai Ciberang, nih. Terletak di Desa Ciladaeun, Kabupaten Lebak, Banten, Sungai Ciberang ini berada di hulu Gunung Halimun. Buat kamu para pecinta alam sekaligus orang yang suka memacu adrenalin, Sungai Ciberang ini wajib banget masuk ke dalam list tempat wisata yang harus kamu kunjungi

via agusbudiawan.wordpress.com 

via beritajateng.net 

via ahmaddarifin7676.blogspot.com 

Sungai Ciberang ini terkenal sebagai destinasi wisata arung jeram. Kamu ditantang untuk mengarungi sungai yang memacu adrenalin sembari menikmati pemandangan alam Taman Nasional Gunung Halimun. Jelas ini bakal jadi pengalaman yang seru buat kamu.

via bantenwisata.com 

via bantenwisata.com 

Sungai Ciberang ini menyediakan beberapa jalur pengarungan baik untuk pemula yang hanya sepanjang 700 meter atau untuk kamu yang ingin memacu adrenalin maksimal disediakan jalur sepanjang 25 Km yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 5 jam.

via okezone.com 

via anggiagistia.com 

Tak hanya memacu adrenalin loh, dengan jalur yang membentang sepanjang 25 kilometer, kamu bisa melihat aktivitas dari warga setempat di kampung-kampung yang dilewati. 

via rimpala-ipb.blogspot.com 

Setiap perahu dapat diisi sekitar 3 sampai 5 orang disertai dengan seorang pemandu.

via banten-rafting.com 

Tak perlu khawatir atau takut bagi yang gak berpengalaman rafting atau arung jeram, kamu akan dipandu oleh orang-orang berpengalaman yang akan menjamin keamanan dan kenyamanan kamu. 

Pokoknya, arung jeram di Sungai Ciberang ini cocok banget buat kamu yang suka tantangan, deh!

via piknikboss.com 

 

Detail Informasi 

Alamat : Kp. Muhara Ds. Ciladaeun Kec. Lebakgedong Kab. Lebak Prov. Banten, Ciladaeun, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten 42372

Harga Rafting : 50rb Rupiah – 350rb Rupiah/orang; paket lengkap 205rb Rupiah/orang (include rute 11 km, welcome drink, makan siang, sajian kelapa muda)

Rute : Jika dari Jakarta/Tangerang dapat menempuh jalur  Serang –Pandeglang-Rangkas Bitung-Cipanas-Kampung Muhara. Atau dari Jalur kedua Tigaraksa-Tenjo-Jasinga-Cipanas-Muhara. Jika dari Jakarta/Bogor ada pula jalur dari Bogor melalui Leuwiliang-Jasinga-Cipanas-Muhara.

 

3. Kamu Dijamin Gak Akan Murung Saat Bermain di Pantai Pulau Umang dan Tanjung Lesung

Berikutnya ada sebuah destinasi untuk kamu yang ingin merasakan liburan dengan nuansa Bali atau Lombok tanpa perlu pergi jauh-jauh, yaitu Pulau Umang dan Tanjung Lesung. 

via wisatabanten.com 

via indonesia-tourism.com 

Pulau Umang merupakan sebuah pulau lepas pantai yang berlokasi di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten yang dilengkapi dengan pasir putih dan air yang jernihnya bukan main. Letaknya juga gak terlalu jauh loh dari Taman Nasional Ujung Kulon.

via alzurracl.blogspot.co.id

via metawisata.com 

Lengkap dengan berbagai tempat penginapan seperti resort dan cottage yang cukup lengkap fasilitasnya, dijamin kamu betah menghabiskan waktu liburan di Pulau Umang. Salah satu resort yang terkenal di Pulau Umang ini adalah Pulau Umang Resort.

via satujam.com 

via tripadvisor.com 

Di Pulau Umang Resort kamu bisa nyantai sambil sejenak melupakan hirup pikuk kehidupan kota. Terdapat kurang lebih 40 cottage dengan jumlah kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda-beda. Uniknya di sini hitungan biaya nya bukan per malam seperti resort pada umumnya, tapi per orang karena sudah include makan dan aktivitas lainnya. Semakin banyak orang dalam suatu rombongan maka akan semakin murah biayanya.

via tripadvisor.sg.com 

via tripadvisor.ca 

via tripadvisor.com 

via tripadvisor.ca 

Di Pulau Umang, kamu dapat melakukan berbagai aktivitas water sport seperti banana boat, jetski, snorkeling, dan berenang serta berbagai aktivitas pantai seperti memancing dan sun bathing.  Asik banget kan?

via instagram.com/sellytriee

via wisataterbaru.com 

via emilynomous.com 

via nkqq.wordpress.com   

Tak jauh dari Pulau Umang, Tanjung Lesung yang terletak di daerah pantai barat Pulau Jawa merupakan destinasi yang paling cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan santai.

via wisatatempat.com 

Dengan pantai yang berpasir putih dan tempat berenang yang tenang, Tanjung Lesung telah menjadi salah satu destinasi liburan yang paling diminati. Pasir putih yang terhampar pas banget buat melakukan berbagai aktvitas seperti piknik, sun bathing, atau foto-foto untuk menuhin feeds instagram dengan foto pantai yang aestethic.

via anekatempatwisata.com 

via matajatim.com 

via low-budget-travel.blogspot.com 

via metawisata.com 

Banyak yang dapat dilakukan di Tajung Lesung seperti snorkeling melihat terumbu karang yang mengagumkan dan water sport yang menantang.

via objekwisata.com

via travel.kompas.com 

Gak cuma snorkeling lihat-lihat terumbu karang aja, kamu juga bisa ikut melakukan konservasi terhadap terumbu karang itu loh! Wah bermanfaat banget tuh, sekalian menikmati, sekalian juga melestarikan.

via tempatwisataseru.com 

via new.detik.com 

 

Detail Informasi 

Harga Tiket : Tanjung Lesung : 15rb Rupiah/orang

Rate Penginapan : Pulau Umang : 1jt -2jt Rupiah/orang

Rute :

Tanjung Lesung : Dari Jakarta, rute pantai Tanjung Lesung Banten yang bisa dilewati adalah melalui jalan tol Tangerang- Merak.

Setelah itu, keluar melalui pintu gerbang tol Serang Timur dan lanjutkan perjalanan ke arah Kota Pandeglang – Labuan hingga sampai di pantai Tanjung Lesung. 

Pulau Umang : Untuk menuju pulau Umang, bisa melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi dari jakarta dengan tujuan Pandeglang. Waktu tempuh dari Jakarta kira-kira 5-6 jam perjalanan. Sesampainya di kecamatan Sumur Pandeglang, bisa memarkir kendaraan di lokasi yang disediakan pengelola resort. Selanjutnya, menggunakan speedboat menyeberang ke Pulau Umang.

 

4. Snorkeling Sekaligus Hiking yang Bikin Jadi Gak Galau di Krakatau

Siapa yang suka snorkeling dan hiking? Pernah kepikiran engga buat melakukan kedua aktivitas itu dalam satu hari? Tapi dimana, ya? Kalau tertarik, Gunung Krakatau adalah tempat yang paling tepat. 

via instagram.com/guthengsamsi

Krakatau adalah sebuah pulau vulkanik yang terletak di Selat Sunda, di antara Jawa dan Sumatera. Krakatau yang dulunya dikenal sebagai gunung yang meletus dengan dahsyatnya pada tahun 1883, kini telah menjadi destinasi liburan yang populer. 

via travel.grivly.com 

Saat hiking, kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar hingga sampai puncaknya dimana kamu bisa melihat samudra biru terhampar luas beserta pulau-pulau di sekitarnya. Pulau Krakatau ini mulai menjadi pilihan wisata yang populer karena letaknya yang gak terlalu jauh dari Jakarta dan menawarkan keindahan alam yang gak kalah dibanding Gunung Semeru.

via discoveryourindonesia.com 

via bantenwisata.com 

via dispar.bantenprov.go.id

Sayangnya, sejak tahun 2011 para pendaki udah gak bisa mendaki lagi ke puncak Gunung Krakatau dikarenakana adanya aktivitas vulkanik. Pendaki hanya diperbolehkan mencampai ketinggian sekitar 200 meter yang dapat ditempuh dalam waktu 30-45 menit sampai pos terakhir pendakian.

via wisatakrakatau.wordpress.com 

via travel.kompas.com 

via endangeredindonesia.com 

Puas melihat keindahan alam dari atas gunung, saatnya melihat keindahan alam dari bawah laut. Saat snorkeling, kamu akan disambut dengan keindahan terumbu karang dan berelaksasi setelah mendaki ke puncak gunung sebelumnya. 

via badpackers.blogspot.com 

Kamu bisa melakukan aktivitas snorkeling di Lagoon Cabe, Pulau Rakata. Keindahan alam bawah laut di sini gak usah diragukan lagi. Kamu bisa melihat dasar laut yang berkedalaman 5-10 meter. Bener-bener nyegerin, apalagi setelah kamu keringetan hiking ke Krakatau sebelumnya!

via wego.co.id 

via backpackerindonesia.com 

 

Detail Informasi 

Rute : Dari Jakarta Anda menuju arah Merak, lalu dengan menumpang kapal Ferry (Roro), Pulau Sumatera tepatnya Bakauheuni dapat ditempuh dalam 2,5 jam pelayaran. Dari sana dibutuhkan waktu 1 jam untuk mencapai pelabuhan untuk menyebrang dengan kapal kecil.

Tiket Menyebrang : 13rb Rupiah/orang (untuk orang dewasa); 8rb Rupiah/orang (untuk anak-anak)

 

5. Bersatu dengan Alam Sambil Belajar Kebudayaan Bersama Suku Baduy

Bagaimana dengan wisata budaya? Kalau kamu tertarik dengan wisata budaya, mengunjungi Kampung Wisata Suku Baduy yang terletak di Desa Cibeo Kabupaten Lebak sangat disarankan.  

via pegipegi.com 

Suku Baduy merupakan masyarakat yang sangatlah spiritual dan tertutup. Suku Baduy itu sendiri terdiri dari dua macam, yaitu Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam. Suku Baduy Dalam percaya bahwa mereka merupakan keturunan langsung dari manusia-manusia pertama yang menghuni bumi. Dengan itu, mereka berusaha untuk mempertahankan gaya hidup harmonis dengan alam seperti yang telah dilakukan oleh nenek moyang mereka sehingga mereka mengisolasi diri dari dunia luar. 

via bantenwisata.com 

Sedangkan Suku Baduy Luar dapat dikatakan merupakan komunitas yang lebih besar dengan aturan yang relatif gak seketat Suku Baduy Dalam. Namun, Suku Baduy Luar tetap gak menggunakan listrik, bahan kimia, maupun mesin sama seperti dengan Suku Baduy Dalam. 

via wisatahalimun.co.id

Gak hanya dari aspek budaya saja, jika kamu mengunjungi Kampung Suku Baduy kamu juga akan menikmati keindahan alam sekitar yang keasriannya terjaga karena gaya hidup mereka yang menyatu dengan alam. 

via klikhotel.com 

Bahkan kamu bisa merasakan bermalam di salah satu rumah tradisional Suku Baduy untuk benar-benar berbaur dengan Suku Baduy ini.

via triptrus.com 

Untuk berkunjung ke Kampung Baduy, kamu harus berjalan kaki. Disarankan untuk meyewa jasa seorang pemandu karena di Suku Baduy terdapat beberapa aturan dan pantangan yang harus kamu patuhi. 

via poskotanews.com 

via tripjalan2ceria.wordpress.com 

Setelah berjalan cukup jauh dan memasuki kawasan Baduy Luar, kamu akan mulai melihat rumah-rumah milik warga Suku Baduy Luar dan jika beruntung kamu juga bisa berinteraksi dengan warga Suku Baduy Luar.

via tribunnews.com 

via travel.kompas.com 

via indo.travels.com 

Selanjutnya, bila kamu melanjutkan perjalanan lagi, kamu akan sampai di kawasan Suku Baduy Dalam. Nah di kawasan ini kamu dilarang untuk mempergunakan teknologi modern apa pun dan dilarang membersihkan diri dengan bahan kimia apa pun. Wah kesempatan nih untuk lebih menyatu dengan alam.

via gayahidup.republika.net 

via tourdejava.net 

 

Detail Informasi 

Rute : Berangkat dari Serang maka akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan kereta Rangkasjaya (patas merak). menuju terminal rangkasbitung, dan pilihlah elf dengan tujuan Ciboleger. Perjalanan dengan menggunakan elf ini memakan waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan.

 

6. Menikmati Pantai Selatan Terindah di Banten yang Bikin Kamu Ternganga, Pantai Sawarna

Pantai Sawarna yang berlokasi di Gendol, Kabupaten Lebak, Banten menawarkan berbagai macam keindahan alam dari hutan yang rimbun, bukit-bukit berbatu, dan yang utama pantai selatan yang menakjubkan. 

via kurripataki.wordpress.com 

Pantai Sawarna yang menghadap ke laut lepas Samudera Hindia ini dihiasi dengan pasir putih dan air biru sejernih kristal hingga kerap dijuluki sebagai primadona pantai selatan di Banten. 

via wisatatempat.com 

via pinterest.com 

Tak hanya itu, Pantai Sawarna juga menawarkan ombak yang menantang para surfer untuk ditaklukkan. Ombak yang ada di Pantai Sawarna adalah tipikal ombak pantai selatan, besar dan gak pecah di tengah.

via siputnews.net 

via andrewhomestay.yolasite.com 

Gak jauh dari Pantai Sawarna kamu juga bisa mengunjungi Gua Laylay. Dalam bahasa Sunda laylay artinya kelalawar. Konon katanya dulu terdapat banyak sekali kelalawar di dalam bibir Gua Laylay namun sekarang sudah jarang terlihat. Di dalam Gua Laylay ini kamu dapat melihat keindahan stalaktit-stalaktit yang menggantung di langit-langit gua.

via indonesiakaya.com 

via travel.detik.com 

 

Detail Informasi 

Harga Tiket Masuk : 5rb Rupiah/orang

Rute : Berjarak 270 km dari Jakarta dengan lama perjalanan sekitar 7 jam. Dapat melalui jalur Pelabuhan Ratu atau Serang dan Pandeglang.

 

7. Dijamin Mengesankan: Susur Rawa Langka dengan Sampan di Rawa Dano

Rawa Dano atau Rawa Danau yang berlokasi di Desa Luwuk, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Serang merupakan objek wisata cagar alam yang disarankan banget untuk dikunjungi. 

via triptrus.com 

via bantenwisata.com 

Dano Rawa ini termasuk rawa yang langka karena air di rawa ini merupakan air tawar. Tak heran bila Dano Rawa ini juga menjadi sumber air utama bagi warga di daerah sekitarnya.

via indonesiakaya.com 

Objek wisata yang didominasi air ini sebaiknya dijelajahi menggunakan sampan. Karena wilayahnya yang didominasi oleh air dengan kedalaman sekitar 4-6 meter.

via kompasiana.com 

via indonesiakaya.com 

via backpackerkoprol.com 

Terletak 15 Km dari Kota Serang, Rawa Dano menawarkan pemandangan pepohonan hijau yang rimbun sekaligus berbagai macam satwa dari burung hingga berbagai reptil seperti buaya dan ular serta kelompok kera.

via kompasiana.com 

via indonesiakaya.com 

via indonesiakaya.com 

Kamu akan melihat berbagai keindahan alam yang ada di Rawa Dano dari banyaknya tumbuhan enceng gondok hingga perairan yang seakan-akan berwarna hijau karena banyaknya tumbuh tanaman hijau di permukaannya. 

via era-wisata.blogspot.com 

 

Detail Informasi 

Rute : Dari kawasan Anyer, daerah Cinangka berada di sebelah kiri jalan, atau jika dari arah Pantai Carita sekitar beberapa puluh kilometer di sebelah kanan jalan. Menuju sebuah jembatan besar di mana nantinya ada semacam gapura yang menunjukkan kawasan Rawa Danau.

Sebelum berkunjung ke Cagar Alam Dano Rawa sebaiknya berkonsultasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kota Serang di Jl. HTB Suwandi Gg. Perintis III Serang Kp. Telp (0254) 210968

 

8. Bakal Puas Bermain Air di Air Terjun Cigumawang

Air terjun atau Curug Cigumawang yang bertempat di Desa Kadu Bererum, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang merupakan sebuah air terjun yang mempunyai ketinggian sekitar 40 meter. 

via ksmtour.com 

via elangtakbersaya.wordpress.com 

Tak kalah indah dengan objek wisata lainnya, Curug Cigumawang juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa seperti pemandangan jatuhan airnya yang super tinggi menjulang memecah dinding tebing yang hijau ditumbuhi tanaman.

via febrymeuthia.com 

via youtube.com 

Air dari curug ini berasal dari sumber mata air yang berada di Gunung Buntu. Jika kamu menelusuri mata air ini maka akan terlihat sebuah batu yang sangat besar menutupi sumber air sehingga terbentuk sungai kecil yang mengalir melewati sebelah kanan curug tersebut.

via menerjemahkan.com 

via ferrymeuthia.com 

Curug Cigumawang kerap dijadikan tempat untuk outbond, camping, bahkan panjat tebing. 

via spacyadventure.blogspot.co.id

via wildan.redant.blogspot.com 

Kamu bisa bermain di air terjun ini dan menikmati dinginnya air serta sejuknya suasana sekitar. Dipenuhi dengan pepohonan yang rindang, dijamin kunjunganmu ke Curug Cigumawang sangat nyaman dengan udaranya yang segar. 

via ksmtour.com 

Menariknya, di Curug Cigumawang terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa jika sepasang kekasih datang mengunjungi Curug Cigumawang ini maka dipastikan bahwa mereka akan sampai ke pelaminan. Eaaaaaa.

via bantennews.co.id

 

Detail Informasi 

Harga Tiket Masuk : Rp 2.500/orang

Harga Parkir : RP 3.500/orang

Rute : Jika kamu berangkat dari kota Serang, maka kamu harus menempuh jarak 25 kilometer menuju arah Ciomas atau kurang lebih 5 kilometer ke arah barat menuju lokasi Pemandian Air Cirahab. Sedangkan untuk kamu yang berangkat dari Jalan Raya Cinangka maka Anda harus menempuh jarak 10 kilometer ke arah selatan.

Fasilitas : mushola, perkemahan, warung, toilet dan juga ruang ganti

 

9. Keliling-keliling Sambil Bernostalgia Bersama di Banten Lama

Daerah ini merupakan tempat yang memperlihatkan kepada kamu sisa-sisa kejayaan kesultanan Banten. Waktu kamu belajar pelajaran sejarah pasti pada inget salah satu kerajaan islam besar yang ada di Indonesia yang letaknya persis di Provinsi Banten. 

via bantenwisata.com 

via humasprotokol.bantenprov.go.id

via winnymarlina.com  

Di daerah Banten Lama ini menyediakan wisata sejarah bagi wisatawan yang ingin lebih mengetahui banyak hal tentang Kesultanan Banten. 

via bantenterkini.com 

Bagi kamu yang ingin menambah wawasannya kesini jangan memikirkan biaya transportasi dari satu situs ke situs lainnya. Karena jarak antar situs yang dekat memungkinkan kamu untuk bisa plesir ke semua situs bersejarahnya. Malahan ada yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki. 

via blogtiket.com 

Kita sarankan kamu untuk memulai dengan melihat-lihat di Museum Kepurbakalaan Banten yang letaknya tepat di depan Benteng Surosowan. 

via raddien.com 

via indonesiakaya.com 

via indonesiakaya.com 

via tripadvisor.com 

Seperti halnya museum-museum pada umumnya. Disini kamu hanya membayar Rp. 1.000,00 saja per orang. Murah kan? Nah, di dalam sini kamu bisa menelusuri jejak peninggalan kerajaan islam banten. Seperti bagaimana kehidupan masyarakat kerajaan islam banten pada waktu silam. 

via indonesiakaya.com 

via indonesiakaya.com 

Dari sana dapat berpindah ke Keraton Surosoan yang berada didalam Benteng Surosoan itu sendiri. Disini kamu bisa menapak tilas sejarah dari reruntuhan sisa-sisa Keraton Surosoan. Dulunya tempat ini adalah tempat tinggal para Sultan Banten. 

via ciomasblog.wordpress.com 

via indonesiakaya.com 

via indonesiakaya.com 

via mercusuar.uzone.id

Tidak jauh letaknya dari Keraton Surosoan terdapat Keraton Kaibon yang merupakan keraton tempat tinggal dari ibunda Sultan Syaifuddin, Ratu Aisyah. Keraton ini dihancurkan Belanda ketika berperang melawan Banten. 

via indonesiakaya.com 

via fitrianafi.wordpress.com 

via kompasiana.com 

Setelah puas berkeliling mengunjungi museum, benteng dan keraton. Kamu dapat beranjak menuju Mesjid Agung Banten. Mesjid ini memiliki kekhasan yang unik yaitu atap bangunan utama yang bertumpuk lima, mirip pagoda China serta menara yang seperti mercusuar. Kenapa bentuk atapnya seperti pagoda, karena bangunan ini dirancang oleh arsitek China yang bernama Tjek Ban Tjut. 

via bantenwisata.com 

via wisatabanten.com 

Didalam kompleks masjid ini terdapat makam dari Sultan-sultan Banten beserta keluarganya. Biasanya sih di hari libur akan banyak orang-orang yang pergi berziarah ke makam-makam tersebut. 

via skyscrapercity.com 

via the7ournal.blogspot.com 

Ada juga situs benteng yang lokasinya tidak jauh dari Masjid Agung Banten yaitu Benteng Spellwijk yang dulunya merupakan benteng pemantau yang menghadap langsung ke Selat Sunda dan juga tempat penyimpanan senjata. 

via kebudayaan.kemdikbud.go.id

via republika.co.id

via ikashanti.wordpress.com 

Lalu ada juga Vihara Avalokitesvara yang merupakan salah satu vihara tertua di nusantara. Vihara ini menjadi saksi bahwa pada jaman dahulu para pengikut agama yang berbeda dapat hidup dengan damai dan berdampingan. 

via indonesiakaya.com 

via fivestar-organizer.com 

via spiritualuniversal.blogspot.com 

Lalu ada satu situs lagi yang wajib dikunjungi yaitu Danau Tasikardi. Lokasinya yang gak jauh dari Keraton Kaibon Danau ini merupakan danau buatan yang digunakan untuk pengairan sawah serta pemasok air untuk wilayah keraton dan masyarakat sekitarnya. 

via tripadvisor.com 

via freetasikardi.blogspot.com 

via tripadvisor.co.id

Di tengan danau ini terdapat pulau kecil yang konon merupakan tempat rekreasi keluarga kesultanan Banten.

via ksmtour.com 

 

Detail Informasi 

Alamat : 

Masjid Agung Banten – Jl. Banten Lama, Banten, Kasemen, Serang, Banten

Vihara Avalokitesvara – Jl. Raya Serang, Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten

Danau Tasikardi –  Jl. Tasikardi Banten Lama, Margasana, Kramatwatu, Kota Serang

Harga Tiket Masuk :

Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama – Rp 1.000/orang

 

10. Menciptakan Memori Indah di Dalam Ingatan di Rumah Hutan 

Ingin mencoba wisata alam yang bukan itu-itu aja? Kamu bisa ke Rumah Hutan yang berada di Bukit Cidampit, Kp.Cilandak Desa Sayar Kec.Taktakan, Banten. Tempat wisata ini lokasinya benar-benar berada ditengah hutan Gunung Sayar. 

via sepedaan.com 

via sepedaan.com 

via bidikutama.com 

via bmap7.blogspot.com 

Disini menawarkan kenyaman dan kesejukan, di mana tidak ada polusi udara seperti yang biasa kamu temukan di pusat perkotaan. Pemandangannya yang sejuk dan asri ini membuat banyak wisatawan makin banyak berkunjung. 

via bmap7.blogspot.com 

via imgrum.net 

Rumah Hutan milik Liem Oei Ping yang sudah mulai dibangun sejak 2005 ini selain dijadikan objek wisata bisa juga dijadikan tempat  berkemah. Untuk biaya penyewaan kemahnya sendiri, sang pemilik gak mematok harga, kamu cuma bayar biaya masuk aja. 

via imgrum.net 

Sang pemilik pun memfasilitasi tempat ini dengan lapangan badminton dan perpustakaan bagi masyarakat dan wisatawan.

via track-sepedaan.blogspot.com 

via bidikutama.com 

Di Rumah Hutan ini kamu gak perlu repot-repot membawa makanan dari luar, karena disana tersedia warung untuk memenuhi kebutuhan makanan selama berwisata. 

via sepedaan.com 

Lalu, demi menjaga lingkungan agar tetap alami, ditempat ini kamu gak akan menemukan aliran listrik. Sebagai gantinya disediakan generator set (genset) sebagai pengganti listrik. Namun untuk bahan bakar dan perlengkapan lainnya dibawa sendiri oleh penyewa. 

via wisatajiwa.wordpress.com 

via sepedaan.com 

via jagoanbanten.blogspot.com 

 

Detail Informasi 

Rute : Mulai dari daerah Taktakan, kemudian menuju Cilowong ke arah Mancak. Setelah itu ada pertigaan belok ke arah Jalan 45 Desa Sayar. Naik angkutan umum, bisa naik angkutan kota kearah Mancak dengan biaya sekitar Rp 6.000,-. Kemudian untuk masuk kedalam area Rumah Hutan kamu dapat menggunakan ojek sekitar Rp 5.000,-. 

Biaya Parkir : Rp3.000 (motor) & Rp5.000 (mobil) 

Harga Tiket Masuk : -

 

11. Anti Bete Saat Berkunjung ke Pantai Karang Taraje 

Di pesisir selatan Banten terdapat pantai yang bernama Pantai Karang Taraje. Pantai Karang Taraje terletak sekitar 38 kilometer dari Malingping, tepatnya berada di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak. 

via backpackerkoprol.com 

via backpackerkoprol.com 

via proleevo.wordpress.com 

Di sini hampir semua sisi pantainya dipenuhi oleh batu karang berbagai ukuran. Pemandangan yang gak biasa ditemui di pantai daerah sekitaran Jakarta tentunya.

via wisataterindah.net 

via traveldetik.com 

via isfandiari.wordpress.com 

Di pantai ini Anda akan dimanjakan pemandangan ombak mengantam tembok karang yang membentuk air terjun. Atraksi air terjun tersebut yang menjadi daya pikat dari pantai ini yang ditunggu-tunggu para wisatawan.  

via infokuberita.com 

via kasmtour.com 

via gudangwisata.com 

Bersantai sambil melepas pandangan jauh ke arah karang-karang yang diterjang ombak dilautan dijamin bakal membuat kamu tahan berlama-lama di pantai ini. Apalagi tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk mengabadikan momen bagi kamu yang suka foto-foto. 

via backpackerkoprol.com 

via asepparizal.blogspot.com 

 

Detail Informasi 

Alamat : Jl Desa Darmasari, Jl. Raya Transit Bayah Cisolok, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten

Rute : berjarak sekitar 137 KM dari Kota Rangkasbitung dan 38 Km dari Kota Malimping ini berjarak 4 KM dari kota Bayah dan Panati Pulo Manuk yang dapat diakses dengan mudah menggunakan kendaran roda emapat dan roda dua

 

 

12. Ajak Orang yang Kamu Sayang ke Gunung Pulosari & Gunung Batu Lawang 

Plesiran di pantai bagi kamu mungkin sudah biasa. Bagi penikmat wisata yang sedikit memacu adrenalin mungkin bisa mencoba wisata naik gunung. Banten misalnya punya beberapa gunung yang akan memanjakan para pendaki dengan keindahan panoramanya. Gunung Pulosari dan Gunung Batu Lawang dua-duanya bisa menjadi referensi bagi kamu. 

via sangpetualang.blogspot.com 

via wisataindonesiaraya.com 

Gunung Pulosari adalah gunung berapi yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang, Banten. Gunung ini bagi masyarakat Banten merupakan gunung yang penuh dengan mistis dan sangat kramat. 

via brobali.com 

via denubay.blogspot.com 

via kompasiana.com 

Disini banyak banget ditemui situs – situs kuno dalam bentuk batuan. Gunung Pulosari ini memiliki ketinggian hanya 1346 Mdpl yang gak terlalu tinggi untuk pendakian. Namun, trek dan jalurnya cukup menantang untuk ukuran gunung pendek.

via mohamadandriansyah.blogspot.com 

via kompasiana.com 

Untuk menuju Gunung Pulosari kamu bisa menggunakan beberapa pilihan, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau dengan kendaraan umum. Rute untuk sampai gerbang pendakian gunung Pulosari pun cukup mudah. 

via denttryan.blogspot.com 

Dan jangan lupa biaya akomodasi untuk masuk lokasi wisata sebesar Rp 5.000. Estimasi total jika menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, kamu cukup menyediakan uang sebanyak Rp 300.000 sudah bisa untuk pulang pergi. Karena masih minim tempat penyewaan tenda, sebaiknya kamu sudah membawa tenda dari rumah.

via petualangbijak.blogspot.com 

Wisata gunung lainnya adalah gunung Batu Lawang. Gunung yang berlokasi di wilayah Gerem – Merak ini hanya memiliki ketinggian 100 Mdpl. Gunung Batu Lawang ini menjadi tujuan wisata favorit bagi masyarakat Cilegon bahkan Banten. 

via sepedaan.com 

via triplus.com 

Gunung Batu Lawang ini berupa hamparan pegunungan granit yang memiliki bermacam-macam bentuk bebatuan sehingga membentuk semacam pintu selamat datang. 

via bukitpalmgoweser.blogspot.com 

Selain itu dari atas sini akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon. Wah pasti indah banget pemandangannya.

via sepedaan.com 

Perjalanan menuju puncak Gunung Batu Lawang biasanya ditempuh selama kurang lebih 1-2 jam dan cukup memerlukan perjuangan karena medannya cukup terjal, sangat cocok untuk uji kemampuan bagi penggemar olahraga hiking. 

via nasirullahsitam.com 

Sesampainya di puncak gunung telah disediakan tiga buah gazebo beratap biru yang bisa kamu gunakan sebagai tempat melepas penat. 

via sepedaan.com 

Untuk memasuki kawasan Gnung Batu Lawang ini tidak dipungut biaya masuk. Hanya cukup membayar uang parkir motor sebesar Rp 5.000 saja. 

 

Detail Informasi 

Rute :

Gunung Pulosari – Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari arah mana pun kamu cukup berpatokan ke arah Pandeglang lalu ke arah pertigaan Mengger. Dari Mengger ambil arah ke Mandalawangi dan lurus terus sampai ke Pari, maka akan menemukan Pasar Pari. Tidak jauh dari sana kamu sudah sampai di depan plang tempat wisata gunung Pulosari. Estimasi waktu yang digunakan dengan kendaraan pribadi cukup sekitar 3-5 jam perjalanan dari arah Jakarta. Jika kamu kesana dengan kendaraan umum dari Jakarta naik bis yang biayanya sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 70.000,- ke terminal Pandeglang, dari terminal ke pertigaan mengger kamu butuh uang sebesar Rp 25.000,-, dari pertigaan menuju Pasar Pari Rp 5.000,-, dari Pasar Pari menyewa/carter kendaraan sekitar Rp 20.000,-.

Batu Lawang - Dari pusat kota Cilegon, kamu bisa mengambil jalan ke arah Merak. Setelah melewati kantor imigrasi Cilegon di daerah Gerem, tak jauh dari situ ada Indomaret di sebelah kanan jalan. Kamu hanya perlu masuk ke jalan perkampungan lalu ikuti petunjuk arah ke Batu Lawang.

Harga Tiket Masuk : 

Gunung Pulosari – Rp5.000/orang

Biaya Parkir :

Gunung Batu Lawang – Rp5.000/orang

 

13. Berkunjung ke Surganya Burung di Pulau Dua Alias Pulau Burung 

Cagar alam lainnya yang terkenal di Banten adalah Cagar Alam Pulau Dua. Cagar alam ini tak kalah menariknya bagi kamu untuk dikunjungi selain Cagar Alam Ujung Kulon. 

via indonesiatravelguide.com 

via news.luwukpost.info

via dinnyskrikandi.blogspot.com 

Pulau Dua ini berlokasi di Teluk Banten, sebelah utara Kota Serang atau sebelah Tenggara kawasan Banten Lama. Secara administratif berada di desa Sawah Luhur kecamatan Kasemen Serang provinsi Banten. Jaraknya tidak lah jauh dari pusat kota. Hanya sekitar 30 Km dari Kota Serang. 

via ghiboo.com 

Pulau Dua ini lebih sering dikenal dengan sebutan Pulau Burung. Mungkin sebagian dari kamu ada yang kebingungan mengapa dinamai Pulau Burung. Penamaan ini bukan tanpa sebab. Karena sewaktu memasuki pulau ini kamu akan melihat ada ribuan burung yang menghuni pulau. 

via indonesia-tourism.com 

via travelsumbokmu.blogspot.com 

Diketahui bahwa burung-burung tersebut bermigrasi dari beragam tempat seperti dari Asia, Australia bahkan Afrika singgah di pulau ini. Di Pulau Dua inilah biasanya burung-burung tersebut berkembang biak sebelum akhirnya kembali lagi ke tempat asal mereka.

via ecodien.wordpress.com 

via indonesiaexpat.biz 

Di pulau ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan mangrove yang hijau dan asri yang memang menjadi habitat favorit untuk ditinggali oleh burung-burung ini.

via merahputih.com 

via merahputih.com 

Selain itu, ada satu tempat yang sering dituju para pengunjung disini yaitu menara pandang. Dari menara pandang inilah kamu bisa melihat Teluk Banten dari kejauhan.

via bobo.grid.id 

via backpackerjakarta.com 

Apabila mengalihkan pemandangan vertikal ke arah bawah akan terlihat pohon-pohon mangrove yang baru ditanam di bibir pantai. Pantai yang landai dan laut dengan ombak yang tenang benar-benar akan membuat semakin takjub. 

via backpackerkoprol.com 

 

Detail Informasi 

Rute : Menuju Sawah Luhur yang ada di kecamatan Kasemen Serang Banten. Petunjuk jalannya memang tidak jelas, namun warga sekitar tahu tentang pulau burung. Jangan sungkan untuk bertanya pada warga sekitar karena mereka dengan senang hati akan memberi tahu.

 

14. Suara Ombak Bakal Selalu Terngiang di Pulau Sangiang 

Banten memiliki salah satu tempat wisata yang gak banyak orang ketahui yaitu Pulau Sangiang. Apa yang menjadikan tempat ini menarik untuk kamu kunjungi? Tempat ini menawarkan pemandangan yang masih sangat alami secara masih tersembunyi. 

via bantenwisata.com 

Pulau Sangiang sendiri kalau dilihat dari daratan pantai Anyer memang kelihatan sangat sepi dan seakan-akan gak ada kesibukan disana. Tapi, justru itu yang membuat Pulau Sangiang ini menarik dimana wisata andalannya adalah beberapa pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih kebiruan. 

via bantenwisata.com 

via ceritaweekend.com 

via kangusbat.blogspot.com 

Diantaranya Pantai Legon Waru, Pantai Pasir Panjang dan Tanjung Raden yang terletak di pesisir selatan dan Pantai Batu Mandi di pesisir barat dari Pulau Sangiang. Semuanya berpasir putih dengan air lautnya yang dijamin bikin kamu gak percaya kalau itu nyata. 

via travelgrivy.com 

Selain itu, terdapat spot-spot terbaik untuk melakukan snorkeling di sekitaran pulau. Salah satunya di Tanjung Raden, disini kamu dapat melihat keindahan berbagai biota laut. 

via doyanjalan.com 

Kekayaan bawah laut berupa keragaman jenis ikan dan beraneka terumbu karang masih terawat dengan baik. Ditambah dengan keadaan pulau yang masih hijau alami dijamin akan membuat kamu betah untuk menghabiskan waktu disini. 

via piknikasik.com 

Pantai Legon Waru merupakan pantai yang sepi dan belum banyak dikunjungi orang-orang. Pas banget nih buat kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang masih sepi dan asri.

via nasirullahsitam.com 

via nasirullahsitam.com 

 

Detail Informasi 

Rute : Untuk menuju pulau ini kamu dapat menempuh perjalanan sekitar 2-3 jam menuju Anyer. Lalu menyebrang ke pulau Sangiang menuju pantai Manuk yang terdapat di Anyer. Penyebrangan menuju pulau Sangiang sekitar 1 jam.

Tarif : Rp 400.000 hingga Rp 600.000 per orang belum termasuk harga penyewaan peralatan snorkeling.

 

15. Liburan yang Jangan Sampai Ditunda di Pulau Tunda

Wisata bahari di Banten memang gak ada habisnya apalagi bagi kamu yang punya hobi snorkeling. Pulau Tunda menjadi rekomendasi selanjutnya. Pulau ini terletak di Laut Jawa tepatnya di sebelah utara Provinsi Banten. Letak Pulau Tunda masih termasuk ke dalam wilayah administratif Kabupaten Serang, Banten. 

via triptrus.com 

via backpackerjakarta.com 

Disini ada banyak sekali spot-spot bagus untuk snorkeling. Kebanyakan ada di bagian barat dan timur Pulau Tunda. 

via pulautunda.com 

via bantenwisata.com 

via lakupon.com 

Karena belum banyak dikunjungi wisatawan seperti destinasi mainstream lain, biota laut di perairan Pulau Tunda masih terjaga lho. Bahkan jika beruntung kamu dapat melihat lumba-lumba berenang, khususnya saat air laut tenang. 

via langbhu.com 

via travelicious.co.id

via wisatapulautundra.blogspot.com 

Di pulau ini ada banyak homestay yang dibuka oleh penduduk asli sini. Jadi, kamu gak usah khawatir untuk bermalam di Pulau Tunda. Penduduk disini juga menyewakan alat snorkeling bagi kamu yang ingin menikmati bawah laut Pulau Tunda.

via korandetak.com 

via student.cnnindonesia.com 

Selain snorkeling, aktivitas lain yang biasa dilakukan disini adalah memancing, trekking di hutan dan bersantai sambil melihat matahari terbenam.

via christinescrapsblog.blogspot.com 

via lakupon.com 

 

Detail Informasi 

Rute : Untuk menuju Pulau Tunda, memerlukan waktu dua jam perjalanan via darat dari Tol Jakarta- Merak, menuju pelabuhan Karangantu di Serang, Banten. Dari sana perjalanan dilanjutkan dengan menumpang kapal nelayan selama dua jam menuju Pulau Tunda. 

Tarif : 300rb – 500rb Rupiah/orang

 

16. Duh! Rasanya Ingin Liburan Jadi Makin Lama Saat Berkunjung ke Pulau Lima 

Destinasi Pulau di Provinsi Banten yang gak kalah menarik lainnya adalah Pulau Lima. Pulau Lima merupakan sebuah pulau yang secara geografis terletak di seberang kota Serang, Banten. Pulau ini jaraknya gak jauh dari Pulau Tunda, Pulau Dua (Pulau Burung), Pulau Tiga (Mojan Besar) dan Pulau Empat (Pamujan Kecil).  

via nunudwi.blogspot.com 

via backpackerkoprol.com 

via bantenwisata.com 

Pulau Lima dipenuhi dengan hutan mangrove dan pasir putih yang lembut. Asik pastinya untuk dinikmati bareng dengan pemandangannya yang bikin betah.

via boyhavetogo.com 

Untuk bisa sampai kesini kamu bisa menyebrang menggunakan kapal dari pelabuhan Karangantu, Serang, Banten selama 20 menit perjalanan laut. 

via boyhavetogo.com     

Sesampainya di Pulau Lima, kamu akan melihat sekumpulan bungalow yang menyerupai rumah panggung yang merupakan fasilitas penginapan di sini.

via backpackerindonesia.com 

via amazingholidaytour.blogspot.com 

Berbagai jenis kegiatan air yang bisa kamu cobain di Pulau Lima ini antara lain snorkeling, berkeliling pulau naik banaba boat, dan juga memancing dari dermaga. 

via nuwundi.blogspot.com 

via vila-anyer.com 

Kalau butuh istirahat bisa langsung berteduh di gazebo-gazebo yang tersedia secara gratis. Jangan takut gak kebagian gazebo di Pulau Lima ini karena Pulau Lima masih relatif sepi jadi nyaman untuk kamu kunjungi. 

 

Detail Informasi 

Rute : menyebrang menggunakan kapal dari pelabuhan Karangantu, Serang, Banten selama 20 menit perjalanan laut

 

Nah sekian list 16 tempat wisata di Banten yang dijamin gak bakal buat kamu bosen untuk mengunjungi. Seru kan? Makanya yuk langsung kunjungi tempat wisata berikut ini berhubung tempatnya gak terlalu jauh dari Jakarta, cocok untuk mengisi waktu weekend kamu pastinya.


editor
Editor Salsabila Safira dan Bima Ramadhan
Billa lahir dan besar di Jakarta ketemu dengan Bima anak rantau Bukittinggi di Fakultas Hukum UI. Kalau Bila adalah penggemar berat nasi goreng kambing Kebon Sirih, Bima yang gemar membaca buku, nge-fansnya sama penulis seperti Dee dan Hatta.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.