15 Tempat Makan di Malang yang Bikin Perut Kenyang dan Mata Ikut Senang


Jawa Timur - Culinary & Shopping - 966 Hits

Kota Malang di Jawa Timur adalah destinasi liburan yang tepat buat kamu yang punya hobi makan. Secara, kota Malang menyediakan segudang pilihan restoran yang pastinya gak bakal bikin kamu bosen dengan makanan yang itu-itu aja. Gak cuma menjadi surganya makanan enak, kota Malang juga dikenal dengan beragam tempat makan menarik yang bisa kalian kunjungi buat cuci mata. Desain tempat makan unik serta berbagai fasilitas yang ditawarkan menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap tempat makan di kota Malang. Penasaran kira-kira kayak apa tempat makan yang bikin kamu gak sabar liburan ke Malang? Yuk, intip rekomendasi 15 tempat makan di Malang yang gak cuma bikin kamu kenyang, tapi juga enak dipandang dan bikin kamu betah gak mau pulang!

 

1. Makan Ditemani Hewan Buas di Jungle Fast Food Resto

Restoran ini merupakan bagian dari Hotel Pohon Inn 2. Namanya terkesan seram karena kelihatannya ada hewan di hutan yang menemani kita makan. Eits, bener gak ya di Jungle Fast Food ada hewan beneran? 

via candraina.blogspot.co.id

Hewan yang dimaksud di dalam ruangan adalah hewan tiruan yang tersebar di seantero restoran. Jenis hewannya memang hewan liar, seperti harimau, beruang, orang utan. Jungle Fast Food juga menghadirkan sentuhan buas pada interior desainnya, seperti motif kulit pada sofa yang disediakan. 

via tripadvisor.co.id

Restoran ini berbentuk agak melingkar dengan hiasan patung tiruan hewan buas di dalam restoran serta motif kulit hewan yang berbeda-beda di setiap kursinya. Dan yang menjadi daya tarik utama, hewan yang disajikan di luar kaca hidup beneran! Gak usah takut bakal digigit, dijamin hewan tersebut aman di kandangnya karena dilapisi kaca tebal. 

via indonesia.tripcanvas.co 

via foursquare.com 

Lucunya, kursi untuk anak-anak ada yang berbentuk setengah badan hewan loh! Dijamin si anak bisa makan lebih cepet habis daripada biasa dengan desain yang disesuaikan dengan selera anak kecil. 

via candraina.blogspot.co.id

Salah satu atraksi dari Jungle Fast Food adalah suasana restoran yang seketika berubah menjadi seperti sebuah hutan rimba, ada suara Tarzan dan patung tiruan hewan hidup. Agak serem sih, tapi ini unik banget dan jarang ditemukan di restoran lain. Yang mau dapat sensasi hidup di hutan bisa kunjungin Jungle Fast Food di waktu liburan kamu.

via pohoninn.jawatimurpark2.com

 

Detail Informasi

Alamat: Pohon Inn 2, Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu

Jam buka: 10.00-22.00 WIB

No. telp: (0341) 596111

 

2. Terjebak Nostalgia di Rumah Opa Kitchen and Lounge

Kalo kamu mencari suasana berbeda dari restoran pada umumnya, mampirlah ke Rumah Opa Kitchen and Lounge di Malang, Jawa Timur. Restoran yang satu ini mengemas imej vintage dengan sangat apik. Dari luar, restoran ini terlihat seperti rumah tempo dulu dengan pintu kayu berlapis bercat putih dan lampu dinding model jadul yang dipasang di samping daun pintu. 

via tripadvisor.com

Baru sampe depan aja udah dapet spot foto aesthetic, ya! Eksterior dari Rumah Opa yang didesain dengan membawa tema vintage yang menarik tentu mengundang siapapun untuk masuk ke dalamnya. 

via instagram.com/amandakohar 

Saat kamu masuk ke dalam Rumah Opa Kitchen and Lounge, kamu akan langsung merasakan hawa rumah tempo dulu yang sangat kental. Hiasan di dalam Rumah Opa Kitchen and Lounge seolah membawa kamu ke masa lalu dengan sentuhan gaya Eropa. Acara makan kamu jadi berasa tambah mewah dengan ditemani poster lawas berbalut frame kayu yang menghiasi dinding ruangan.

via instagram.com/rumahopa 

Sentuhan gaya Eropa lawas lengkap mewarnai ruangan Rumah Opa Kitchen and Lounge, mulai dari lampu gantung, lukisan, sofa, hingga lantai restoran. Dengan warna dinding yang cenderung gelap, Rumah Opa Kitchen and Lounge menawarkan gaya klasik yang pasti bikin kamu gak bakal lupa pengalaman makan di sini.

via  instagram.com/avindayp 

via instagram.com/diana_margono 

Vibes rumah jadul di Rumah Opa Kitchen and Lounge diaplikasikan dengan interior bangunan yang mengusung tema rumah tempo dulu. Di bagian indoor Rumah Opa, kamu akan menemukan lantai yang ubinnya bermotif daun dan bunga seperti di kebanyakan rumah di zaman Belanda. Nuansa vintage berasa banget selama kamu makan di sini.

via instagram.com/rumahopa 

Selain interior, furniture, dan dekorasi ruangan yang serba Eropa jaman dulu, Rumah Opa Kitchen and Lounge juga punya banyak benda lain yang seolah mengantarkanmu ke jaman nenek kamu muda. Di restoran ini, kamu bisa menemukan sebuah gramofon buat mainin piringan hitam. Ada juga mesin tik seperti yang dipake kakek kamu buat nulis surat cinta ke nenek kamu. Dindingnya pun ditempeli koleksi vinyl jadul. Berasa di museum barang antik ya makan di Rumah Opa Kitchen and Lounge.

via instagram.com/terpaksaberuang 

via instagram.com/karinatroy 

Cicak-cicak di dinding udah biasa, kalo piring-piring di dinding? Keunikan di Rumah Opa Kitchen and Lounge gak bakal bikin kamu berhenti geleng-geleng. Nuansa rumah tua dengan segala furniture jadul yang ditawarkan Rumah Opa memiliki daya pikat tersendiri yang bikin kamu betah berlama-lama sambil menikmati hidangan.

via instagram.com/rumahopa 

Di sebelah sofa yang asik banget buat kongkow bareng temen liburanmu, ada televisi jadul yang bakal mengingatkanmu dengan film-film lawas yang pernah kamu tonton saat kamu kecil. Gak punya kan tivi kayak gini di rumah? Jelas banget kenapa pengunjung Rumah Opa Kitchen and Lounge gak boleh melewatkan momen untuk ngambil foto-foto artsy dengan tivi ini.

via instagram.com/rumahopa 

Semua sudut ruangan di Rumah Opa Kitchen and Lounge punya desain yang berbeda dan gak boleh luput dari kameramu. Interior yang kental dengan kesan vintage misalnya dengan koleksi poster tempo dulu yang menempel di dinding tiap ruangan, membuat Rumah Opa Kitchen and Lounge memiliki nilai lebih dari segi artistik.

via instagram.com/rumahopa 

Imej vintage Rumah Opa Resto and Lounge juga terasa sampai di bagian luar. Gak cuma bisa makan di dalam, kalau kamu butuh angin kamu juga bisa menikmati makan di luar ruangan loh. Dinding luar restoran ini didesain dengan tanaman gantung. Bahkan ada botol bir juga yang dijadikan hiasan gantung di sini. Makan di kursi kayu berdua si dia, rasanya gak kalah seru kayak di film jadul.

via instagram.com/gynkgy 

Desain eksterior Rumah Opa gak kalah arsty sama tampilan dalamnya. Sambil sejenak menghilangkan penat dengan menghirup udara luar, kamu juga bisa dapetin foto bagus dengan duduk di bagian outdoor Rumah Opa.

via instagram.com/rumahopa 

via instagram.com/rumahopa 

Bisa dibilang, Rumah Opa Resto and Lounge ini luas banget. Buat kalian yang datengnya dengan rombongan gak usah takut gak kebagian tempat, karena bagian outdoor restoran cukup luas dan pastinya nyaman buat dinikmati santai rame-rame.

via instagram.com/rumahopa 

Menu yang ditawarkan di sini beragam, ada menu western, ada pula yang bercita rasa lokal. Kalau kamu mengincar makanan khas barat, Rumah Opa punya menu andalan yakni calzone. Itu loh, pizza yang dilipat ke dalam, bentuknya kayak bola rugby tapi gepeng. Cocoknya makanan ini disantap dengan minuman dingin seperti coklat atau kopi.

via instagram.com/rumahopa 

Jangan khawatir kalo perut kamu request santapan Indonesia. Rumah Opa juga menyediakan makanan khas Nusantara. Gak 100% a la Indonesia sih, tapi penganan iga bakar yang dilumuri barbeque ditambah nasi hangat serta ditemani sambal dan kerupuk tentu bikin selera makan kamu tambah lahap. Menu favorit yang cuma bisa kamu temuin di Rumah Opa ini namanya Karaminachi. So, pastikan kamu pesan menu saat ini kalo kamu berkunjung ke Rumah Opa!

via instagram.com/rumahopa 

Buat kamu yang udah berusia 21 tahun ke atas, Rumah Opa juga menyediakan bar yang desainnya gak kalah aesthetic. Coba pesan wine di sini sambil ngobrol asik bareng temen.

via instagram.com/rumahopa 

Saking hitsnya tempat satu ini, Rumah Opa sering dipake sebagai lokasi syuting. Jelas dong tambah bagus filmnya kalo ngambil setting di resto yang gayanya oke banget ini. Jangan kecewa ya kalo pas dateng, ternyata Rumah Opa ditutup buat umum. Tapi tenang aja, kalo tutup pasti dikabarin melalui IG official @rumahopa.

via instagram.com/rumahopa 

Macam-macam event sering diadakan di Rumah Opa. Launching buku, pameran fotografi, sampe live music bakal bikin pengunjung Rumah Opa gak kehabisan hiburan.

via instagram.com/rumahopa 

via instagram.com/yokisetiawan 

via instagram.com/hendisgorge 

Buat kamu yang lagi merencanakan pernikahan, Rumah Opa adalah tempat yang recommended untuk dipilih sebagai lokasi pemotretan foto pre-wedding kamu. Nuansa vintage tentu sangat cocok diabadikan bersama orang tersayang, apalagi untuk momen sakral yang bakal kamu selalu kenang.

via instagram.com/indiesorganizer 

Tentunya, gaya lawas yang disediakan Rumah Opa sayang untuk dilewatin selama kamu berlibur ke kota Malang. Selain menyantap makanan lezat dengan harga terjangkau, kamu pun bisa merasakan kebersamaan yang unik dan tiada dua di tengah vibes nostalgia di Rumah Opa.

via instagram.com/dimas.fajar.r 

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Welirang 41a, Malang

Jam buka: Setiap hari, pukul 10.00-13.00 WIB

No. telp: 0341-365165 / 0813 1719 3381 

Range Harga: Rp20.000-Rp200.000

 

3. Bakar-bakaran Gak Perlu Takut Kotor di Campfire Outdoor Cuisine 

Campfire Outdoor Cuisine di kota Malang mengusung tema Bar & Grill a la Amerika. Yep, kamu bisa dapet keduanya, minum-minum fancy sekaligus makan bakar-bakaran yang pastinya yummy and cozy.

via dakatour.com

Di Campfire Outdoor Cuisine, bakar-bakarannya bukan dilakukan di dalam ruangan loh. Seperti namanya, bakar-bakaran di sini dilakukan outdoor menggunakan tenda layaknya sedang kemping dengan api unggun.

via instagram.com/jm_meiling 

Bedanya, tenda di Campfire Outdoor Cuisine berukuran raksasa, gak seperti waktu kamu Pramuka. Api unggunnya juga gak dinyalakan di rumput kayak di adegan-adegan film pas berkemah di hutan, tapi di atas meja yang terbuat dari batu. Buat yang penasaran gimana nyalain apinya, tenang gak pake gosok-gosokin kayu kayak lagi surviving, kok tapi dari briket batu bara yang disambungkan ke tabung gas. Pokoknya, walaupun judulnya outdoor tapi tetep fancy banget deh bakar-bakaran di Campfire Outdoor Cuisine.

via malangtoday.net

Posisi duduk yang di-setting melingkar bikin kamu dan geng liburanmu tambah akrab bercengkrama sambil menikmati bakaran barbeque di Campfire Outdoor Cuisine.

via instagram.com/campfiremalang 

Tenda di Campfire Outdoor Cuisine juga fleksibel. Kalo kamu pengen lebih enak memandangin langit malam, dome tendanya bisa kamu turunin ke bawah. Asik banget nungguin bakaranmu mateng ditemani bulan dan bintang! Dan gak usah takut gelap, karena lampu gantung aesthetic yang jumlahnya sebanyak bintang di langit bakal bantu nerangin kamu buat ngeliatin bakarannya supaya gak gosong.

via instagram.com/ayodolan 

Ditambah lagi, kamu akan merasakan nuansa berkemah di alam bebas dengan kehadiran pepohonan rimbun yang menjulang di area belakang Campfire Outdoor Cuisine. Pepohonan di belakang area Campfire Outdoor Cuisine dibatasi dengan dinding dari bambu yang bikin nuansa outdoor nya berasa banget.

via instagram.com/campfiremalang 

Sambil menunggu bakaran kamu mateng, di Campfire Outdoor Cuisine kamu bisa beristirahat manja dengan sofa empuk beserta bantalnya yg melingkari tempat bakaran. Quality time depends on how you spend it, dan tempat makan ini provide furnitur yang pastinya cozy banget buat duduk-duduk sambil makan dan ngobrol hangat bareng teman atau keluarga. Topiknya ya yang hangat, bukan cuma griller-nya.

via instagram.com/campfiremalang 

Menu yang ditawarkan Campfire Outdoor Cuisine gak jauh-jauh dari makanan yang cocok dimasak dengan cara dibakar. Kita tinggal pesan makanan yang kita inginkan, terus waiter akan bawain pesanan kamu dan membantumu mengoperasikan tungku alias griller yang tersedia di setiap meja. Barulah setelah dibantu waiter, kamu bisa masak sendiri pesananmu di griller yang berada di mejamu. 

via mesikapw.com

Ada berbagai jenis sate, daging ayam, iga, sosis, jagung, sampai pisang yang bisa kamu jadikan barbeque. Di samping konsep grill, Campfire Outdoor Cuisine juga menyediakan bar dengan berbagai minuman segar yang cocok buat nemenin bakaran kamu. 

via mesikapw.com

Kalo kamu ingin ke sini bareng orang-orang tersayang buat nikmatin suasana outdoor sambil bakar-bakaran tanpa perlu dekil-dekilan, Campfire Outdoor Cuisine adalah solusi yang tepat buat kamu! Hanya saja, reservasi cuma tersedia untuk event besar, misalnya gathering atau acara reuni dengan teman-teman lama. Jadi kalau geng kamu belum sebanyak itu, kamu bisa dateng lebih awal supaya gak kehabisan tempat. 

via instagram.com/campfiremalang 

Diinget juga, mampir ke Campfire Outdoor Cuisine lebih oke pas malam hari. Tambah gelap langitnya, tambah berasa vibes berkemah yang dapat kamu rasakan di sini!

via instagram.com/nindyayunina 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Ir. Soekarno no. 300 (depan Hotel Mentari), Batu

Jam buka: Setiap hari, pukul 16.00-12.00 WIB

No. telp: 082112442293

Range harga: Rp10.000-Rp40.000

 

4.  Makan dengan View Gunung dan Kebun yang Jarang Kamu Liat di Bukit Delight

Tadi udah bakar-bakaran di alam, sekarang yuk kita piknik melihat pemandangan! Cocok dijadikan tujuan selanjutnya pas kamu ke Malang, Bukit Delight menyajikan keunikan makan di luar dengan suasana khas liburan banget seperti lagi piknik bareng orang-orang tersayang.

via instagram.com/brekrawksky 

Senada dengan namanya, Bukit Delight berada di daerah perbukitan di Malang. Lokasi ini menjadi nilai spesial dari Bukit Delight, karena kamu bisa mendapatkan view Gunung Panderman dan Gunung Banyak serta perkebunan yang cantik sambil menikmati hidangan yang kamu pesan.

via instagram.com/shintare 

Bukit Delight didesain dengan bangku kayu dengan suasana outdoor berhias lampu yang digantung antarpohon. Ditambah dengan suasana Malang yang lebih dingin di sini, memesan makanan sambil melihat pemandangan ditemani cuaca yang sejuk tentu bikin kamu dan partner liburanmu jadi tambah akrab.

via instagram.com/kaconx_ 

Gak cuma desain, hiasan juga memainkan peran penting untuk memikat pengunjung agar meramaikan tempat makan. Bukit Delight menawarkan suasana pesta kebun dengan bendera warna-warni bergantungan di pohon-pohon yang mengelilingi bagian outdoor. Gak salah kalo Bukit Delight dapat dijadikan rekomendasi untuk merayakan pesta, seperti ulang tahun. Kebayang kan serunya ngadain garden party di Bukit Delight?

via instagram.com/aydiys 

Jaman sekarang, tempat hits sering kali dijadikan pilihan untuk lokasi foto pre-wedding. Gak terkecuali di Bukit Delight, kamu bisa mendapatkan jepretan dengan view yang apik bersama pasangan.

via instagram.com/prastietha 

Soal menu yang ditawarkan, Bukit Delight termasuk tempat makan yang ramah di kantong kamu. Menu western dengan harga relatif murah dijamin gak bakal bikin kamu bangkrut selama liburan.

via instagram.com/itha_ya_itha

via iwantantomi.wordpress.com 

Bukit Delight termasuk tempat yang hype di kalangan artis. Glenn Fredly aja pernah ngadain konser loh di sini! Bukit Delight juga pernah banget dipake jadi urban gigs. So, kamu gak punya alasan lagi buat gak kunjungin tempat ini once you visit Malang.

via instagram.com/bukitdelight 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Raya Joyoagung no.1, Merjosari, kec. Lowokwaru, Malang

Jam buka: Setiap hari, pukul 16.00-12.00 WIB

No. telp: 0811-3039-817

Range Harga: Rp8.000-Rp20.000

 

5. Lengkapi Santai Sore sambil Main Beer Pong di Akalpa Cafe

Kafe kekinian yang mengusung tema eat and play juga bertebaran di Malang. Salah satu yang hits dan menjadi tongkrongan anak beken di kota Malang adalah Akalpa Cafe. Gak dengan alasan sembarangan kenapa tempat makan satu ini menjadi salah satu spot hangout favorit kawula muda Malang. Ciri khas dari Akalpa Cafe yang bikin tempat makan satu ini banyak dikunjungin adalah desain interior yang dikemas seperti miniatur perkotaan.  

via dhaneyy.blogspot.co.id

Pernah liat ada trotoar di dalam ruangan? Atau bilik telepon umum khas Inggris di tempat makan di Indonesia? Kamu bisa temuin itu semua di Akalpa Cafe. 

via instagram.com/gglintang 

Tapi yang lebih unik lagi, di Akalpa Cafe dinding dilukis sedemikian rupa sampai terlihat seperti penampakan kota asli. Mural 3D yang ngejreng tentu keren banget jadi spot foto yang bakal ramein feeds Instagram kamu. 

via instagram.com/dionmandela 

Di Akalpa Cafe juga ada pajangan dinding unik lainnya berupa rute bus. Fix banget gak boleh kamu lewatin momen untuk foto di sini! Tapi habis foto jangan ditunggu ya bisnya, soalnya bisnya cuma lewat jalan raya, gak ikutan masuk ke dalam Akalpa Cafe.

via instagram.com/alfindaremiasa_ 

Menu yang ditawarkan Akalpa Cafe juga sesuai dengan trend tempat makan kekinian. Harganya juga disesuaikan dengan anak muda yang menjadi target utama nongkrong di tempat ini. Baru-baru ini misalnya, Alkapa cafe update menunya dengan ngeluarin Chicken Mbleber yang full of mozarella, yum!

via instagram.com/akalpacafe 

Untuk desserts, Akalpa Cafe juga gak mau kalah update dengan menyajikan S’mores panggang yang melted dengan saus coklat panas. Paling cocok dicelup pake crackers. Emang enak banget, tapi makannya pelan-pelan ya supaya lidahnya gak kebakar.

via instagram.com/akalpacafe 

Sambil menunggu orderan selanjutnya datang, di Akalpa Cafe kamu bisa pilih board game yang ingin kamu mainkan di meja bersama teman makanmu. Salah satu board game yang hits di kalangan pengunjung Akalpa Cafe adalah UNO Stacko. Suasana makanmu dijamin bakal tambah meriah dengan gelak tawa bersama di Akalpa Cafe.

via instagram.com/akalpacafe 

Puas selfie dan kenyang makan, saatnya bakar lemak dan uji ketangkasan kamu dengan game seru lainnya yang tersedia di Akalpa Cafe! Gak Cuma main board game di meja makan, di Akalpa Cafe kamu juga bisa seru-seruan bareng temen kamu sambil main beer pong. 

via instagram.com/akalpacafe 

Lanjut dengan game lain, bagi kami yang ingin menguji akurasi dan ketajaman matamu, boleh banget coba main darts di Akalpa Cafe. Mesinnya ada banyak, jadi gak perlu repot antre nungguin temen kamu selesai main. 

via instagram.com/akalpacafe 

Night time, my time. Upgrade gaulmu dengan shisha yang disediakan di Akalpa Cafe. Eits, bukan untuk kamu yang di bawah umur ya!

via instagram.com/akalpacafe 

Akalpa Cafe juga menawarkan fasilitas bar buat kamu yang gampang haus alkohol. Desain interior bar di Akalpa Cafe cukup keren dengan desain bata merah tanpa dicat dan pendar-pendar lampunya. Jangan kebanyakan ya minumnya, nanti malah mural di dinding dikira rumah betulan lagi. Pokoknya, it’s a must to have fun in Akalpa Cafe kalo kamu mampir ke Malang pas liburan. Gak bakal nyesel deh!

via instagram.com/dionmandela 

Suasana malam di Akalpa Cafe pastinya bikin Malam Minggumu tambah berkesan. Desain yang unik dan anti-mainstream dengan keremangan malam bakal bikin obrolanmu dengan teman tambah asik. Jelas aja kalo Akalpa Cafe selalu rame tiap Saturday night, karena tempat satu ini adalah pilihan yang cocok buat anak muda untuk nongkrong sampe pagi.

via instagram.com/akalpacafe 

Baik untuk minum bir ataupun sekadar kongkow sambil main berbagai games seru ditemani pilihan menu yang pastinya manjain lidah kamu, Akalpa Cafe di Malang adalah tempat makan yang recommended menemanimu bersantai bareng temen liburanmu.

via instagram.com/house.of.hookah 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Terusan Dieng 67, Malang

Jam buka: 10.00-till drop 

No. telp: 0341-581998

Range Harga: Rp10.000-Rp55.000

 

6.  Kursi Pastel yang Bikin Kagum di Alice Tea Room

Cewek biasanya gak tahan ngeliat barang-barang lucu. Bisa jadi, Alice Tea Room di Malang menjadi rujukan buat kaum adam yang bingung mau ngajak pacarnya liburan ke mana holiday nanti. Satu kata: CUTE! Dekorasi dan pernak-pernik serba Alice bikin kamu nyesel gigit jari kalo gak sempet ke sini.

via instagram.com/patriciasudarsana 

Alice Tea Room di Malang terkenal banget dengan kursi vintage berwarna pastel. Paduan warna yang menggemaskan dan juga model kursi yang mirip banget sama perjamuan teh Alice bikin kamu betah duduk cantik di sini.

via novihanabi.com

Ketika memasuki Alice Tea Room, kamu bisa melihat gerbang masuk yang pendek banget, tapi bernuansa dongeng dengan warna emas dan logo bergaya kerajaan. Tumbuhan yang mirip semak belukar jadi bikin masuk Alice Tea Room seolah masuk ke tempat perjamuan Alice yang ada di kartun. 

via instagram.com/dheayufhy 

Di luar Alice Tea Room juga terdapat kanopi yang dibalut semak liar. Kayak di istana banget suasananya!

via instagram.com/rossycaesar 

Cantik luar dalam gak hanya berlaku buat cewe, tapi juga buat tempat makan seperti Alice Tea Room ini. Di bagian outdoor Alice Tea Room, kamu juga bisa menemukan kursi dan meja seperti tempat putri kerajaan minum teh bersama dayang-dayangnya.

via ceritaperihujan.blogspot.co.id

Selain desain interior memukau dengan ornamen khas perjamuan teh, di sebelah luar Alice Tea Room juga ada vas-vas bunga dengan warna-warni kayak di florist yang sayang banget kalo gak kamu abadikan. 

via vemine.com

via instagram.com/apriliaprastiani 

Saking imutnya tempat ini, cewek mana yang gak seneng kalo tempat pernikahannya take place di tempat se-cute Alice Tea Room? Gak Cuma foto untuk pre-wedding, melangsungkan pernikahan pun juga boleh di sini. Gak Cuma mempelainya, tamunya pun juga seneng diundang ke tempat yang gaya perjamuan ala bangsawannya kental kayak Alice Tea Room ini.

via instagram.com/budi_setiawan_28 

Menu yang disajikan jelas menggugah mata dan selera. Namanya juga Alice Tea Room, perjamuan minum teh jadi andalan dari tempat makan satu ini. Beragam penganan ringan yang dibentuk cute yang disediakan di alat makan yang gak kalah cute siap dijadikan menu afternoon teatime kamu. 

via diamandaalmirar.blogspot.co.id

Suasana makan cantik di Alice Tea Room gak hanya bisa kamu nikmati di siang hari. Saat malam pun kamu bisa menikmati cafe dengan sentuhan fairytale yang bakal bikin momen liburanmu tambah manis. Pastikan Alice Tea Room masuk ke agenda liburanmu di Malang ya!

via tripadvisor.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Rinjani no. 5, Malang

Jam buka: 10.00-23.00 WIB

No. telp: 0341-589000

Range harga: Rp10.000-Rp60.000

 

7. Ngopi dengan Vibes Retro yang Bikin Happy di Golden Heritage Koffie

Iya betul gak typo, namanya Golden Heritage Koffie. Plesetan unik tentu bikin tambah catchy di telinga orang, apalagi kalo kamu belum pernah mengunjungi tempat makan satu ini.

via instagram.com/ghkoffie 

Desain interiornya bakal bikin kamu amazed. Sederhana kayak toko kopi jadul, tapi di situlah nilai lebih yang ditawarkan Golden Heritage Koffie.

via instagram.com/ghkoffie 

Retro vibes ala toko kopi di masa lampau menjadi daya tarik dari Golden Heritage Koffie. Dengan dominasi warna kuning dan coklat, Golden Heritage Koffie merupakan tempat yang tenang dan cocok untuk kamu buat meningkatkan produktivitas atau sekadar berbincang dengan sahabat. Pajangan telepon umum bikin Golden Heritage Koffie makin keliatan bertema tempo dulu.

via instagram.com/ghkoffie 

Siapa sih parkir sepeda di dalem? Eh ini bukan sepeda yang lagi markir, tapi salah satu pajangan lainnya yang iconic di Golden Heritage Koffie. Coba dilihat baik-baik, nemu tulisan kopi gak dari ban sepeda itu? Kreatif banget ya!

via instagram.com/ghkoffie 

Dari namanya aja udah ketebak, menu utama dari Golden Heritage Koffie adalah kopi. Beragam varian kopi lokal dan mancanegara tersedia di Golden Heritage Koffie. Dengan ambience berkelas, kamu bakal nikmatin kopi terbaik dan suasanya yang juga asik. 

via instagram.com/ghkoffie 

Buat kamu yang tergolong sweet-tooth, di Golden Heritage Koffie ada menu teatime loh. Kue yang disusun bertingkat ditemani minuman di gelas unik bakal bikin makan siang kamu jadi lebih unik sekaligus elegan.

via instagram.com/ghkoffie 

Citarasa lokal atau luar? Gak usah bingung, kamu bisa mendapatkan keduanya di Golden Heritage Koffie. Semuanya ada di sini!

via instagram.com/ghkoffie 

Paling pas dateng ke Golden Heritage Koffie saat ada hari besar tertentu, karena dekorasinya akan mengikuti hari besar tersebut. Misalnya pas natal, ada rumah jahe loh di dalam Golden Heritage Koffie. Adik-adikmu pasti suka berfoto bareng Mr. Snowman.

via instagram.com/ghkoffie 

Dengan gaya yang sederhana tapi elegan, Golden Heritage Koffie merupakan alternatif tempat makan yang bisa kamu kunjungin selama kamu menghabiskan waktu di Malang. Siapa tahu rezeki kamu bertemu dengan Nicky Tirta di sini. 

via instagram.com/ghkoffie 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Raya Tidar 36, Malang

Jam buka: Setiap hari kecuali Selasa, 07.00-23.00 WIB

No. telp: 0341-565569 / 0811 366 0811

Range harga: Rp15.000-Rp40.000

 

8. Desain Elegan yang Buat Kamu Gak Bisa Berhenti Foto di Javanine Resto

Tradisional dengan balutan trend modern yang elegan bisa dengan tepat mendeskripsikan Javanine Resto. Tempat makan satu ini mengusung konsep Jawa dengan eksekusi modern yang desain interiornya didominasi kaca. 

via instagram.com/javanineresto 

Javanine Resto punya pajangan yang merepresentasikan konsepnya. Saat masuk ke dalam indoor restoran, kamu akan disambut dengan patung sepasang suami istri dengan baju adat Jawa.

via instagram.com/javanineresto 

Jangan takjub dulu sampai kamu melihat interior dari Javanine Resto yang super ciamik. Modelnya khas restoran masa kini dengan kaca yang menjadi pengganti tembok dinding. Atapnya pun di buat tembus pandang dengan tumbuhan liar yang menutupi. Kalo kamu lihat kursinya, kelihatannya kamu bakal betah duduk sambil menikmati makanan dan bertukar cerita dengan teman.

via instagram.com/javanineresto 

Javanine Resto terbagi dua, antara ruangan di dalam dan di luar. Yang di luar diperuntukkan bagi mereka yang merokok atau yang ingin merasakan sunkissed. Baik luar maupun dalam, desain keduanya yang minimalis tentu membuat siapapun yang duduk betah untuk berlama-lama. 

via instagram.com/javanineresto 

Dengan konsep dan desain bangunan yang simple tapi memukau, gak salah kalo Javanine Resto pernah digunakan sebagai tempat untuk syuting stasiun televisi luar yang fokus dengan masakan, yaitu Asian Food Channel.

via instagram.com/javanineresto 

Javanine Resto gak hanya menyediakan meja makan siang untuk 2-4 orang. Kalo kamu mau mengadakan event party, kamu bisa reservasi meja panjang dan didekor tertentu pula sesuai selera.

via instagram.com/javanineresto 

Menu yang ditawarkan di Javanine Resto bervariasi. Kalau selera makanmu berkata ingin santapan lokal, Nasi Buk Javanine yang merupakan signature dish dari Javanine Resto bisa kamu jadikan alternatif pilihanmu.

via instagram.com/javanineresto 

Jangan khawatir kalo tiba-tiba perutmu ingin diisi dengan makanan bercita rasa barat. Terdapat menu western yang siap memanjakan lidah dan mengenyangkan perutmu di Javanine Resto, seperti Javanine Chicken Steak. 

via instagram.com/javanineresto 

Javanine Resto dihias di waktu-waktu tertentu sesuai occassion-nya. Saat natal, ada snowman yang bikin tamu gemes ingin foto, terutama yang bawa dedek-dedek kecil.  

via instagram.com/javanineresto 

Tempat makan bernuansa elegan memang paling cocok diabadikan untuk momentum spesial. Pre-wedding atau wedding bisa saja digelar di Javanine Resto. Banyak spot bagus untuk kamu berfoto dengan pasangan. Javanine Resto juga menyediakan valet parking tanpa dipungut biaya. Menolong banget kalo kamu pingin cepet-cepet duduk manis dan buru-buru share jepretan kamu di Javanine Resto, Malang.

via instagram.com/javanineresto 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Pahlawan Trip A5, Malang

Jam buka: Setiap hari kecuali Selasa, 11.00-22.00 WIB

No. Telp: 0341-557989

E-mail: info.javanine@gmail.com

Range harga: Rp20.000-Rp185.000

 

9. Menghabiskan Waktu Luang di Kursi Kayu dan Rotan di Pupuk Bawang Cafe & Dining

Belum pas ke Malang kalo belum lihat pemandangan gunung. Sambil makan enak, foto cantik dan liat pemandangan yang sejuk dipandang bisa banget kamu lakukan di Pupuk Bawang Cafe & Dining.

via instagram.com/happyyuswita 

Pupuk Bawang menawarkan tampilan yang unik. Kursi kayu dan kursi rotan seolah menjadi andalan utama dari tempat makan populer di Malang, termasuk di Pupuk Bawang.

via instagram.com/pupukbawangbatu 

Silakan nikmati extraordinary view di Pupuk Bawang. Pemandangan gunung dan sawah konon bisa membuatmu makin bersemangat.

via instagram.com/akbardea 

via makanlagi.com

via diarysivika.com

Menu yang ditawarkan Pupuk Bawang kebanyakan bergaya Indonesia. Seperti sepiring nasi hangat dengan iga yang pas untuk dimakan sambil menikmati pemandangan pagi dan senja hari. 

via instagram.com/ccd.kuliner 

Kalo udah malam, view di Pupuk Bawang jempolan banget rating-nya. Bersama geng liburanmu kamu bakal merasakan pengalaman berharga selama berlibur di Malang. 

via instagram.com/fais_hyung 

via deaflorensia.blogspot.co.id

Tampak gunung yang berawan dan lampu dari rumah warga di bawahnya membuat view malam dari Pupuk Bawang sangat eksotis. 

via twitter.com/bojoneba 

View yang bikin kamu ternganga tentunya dapat kamu nikmati dengan mudah di Pupuk Bawang Cafe and Dining. Pastikan juga kamu memakai baju hangat, siapa tau udara gunung mulai menggigit ketika kamu sedang menikmati gigitan laukmu. 

via instagram.com/rezanatareza 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Panglima Sudirman no. 116, Batu

Jam buka: Setiap hari, 10.00 WIB-till drop

No. telp: 0341-5103488 / 0822 1777 7507

Range harga: Rp10.000-Rp95.000

 

10. Atmosfer Damai di Djati Lounge yang Pas Buat Relaksasi

Suasana Bali terasa kuat di tempat makan satu ini. Konsep Jawa yang bersinggungan dengan hawa Bali merupakan ciri khas dari Djati Lounge. Pemadangan yang bikin damai bisa kamu rasakan di tempat satu ini.

via instagram.com/djatilounge 

Interior yang jelimet tapi jenius. Djati Lounge menggunakan kayu besar-besar yang kelihatannya benar-benar berbahan dasar jati sehingga ruangan terkesan sangat solid. 

via instagram.com/djatilounge 

Djati Lounge memfasilitasi djoglo bergaya modern yang pas digunakan untuk rapat atau pertemuan lainnya. Dari djoglo, kamu dapat melihat pemandangan rumah bergaya adat dengan pepohonan di sekelilingnya. 

via instagram.com/djatilounge 

Ikon dari Djati Lounge adalah kursi separuh bulat dengan bantal dan sofa empuknya. Kursi berbahan rotan ini nyaman banget dipake untuk bobo siang, apalagi jika suasana di luar sedang sejuk yang tidak panas menyengat.

via instagram.com/djatilounge 

Kursi separuh bulat itu berjejer di sepanjang hotel. Posisinya menghadap kolam renang, jadi sambil tiduran kamu dapat melihat siapa yang jago berenang. 

via instagram.com/djatilounge 

via foodgrapher.com

Di seberang kolam renang yang jernih, kamu juga bisa mendapatkan view persawahan bernilai A+ di Djati Lounge.

via instagram.com/djatilounge 

Rayakan momen spesial di Djati Lounge. Sesuai keinginanmu dapat disusun meja-meja untuk menghadiri acara spesial kamu. Dengan nuansa yang simpel tetapi elegan, tentu akan menjadi pengalaman yang menarik merayakan hari-hari indah di Djati Lounge.

via instagram.com/djatilounge 

Gak cuma merayakan sambil makan-makan, di Djati Lounge kamu juga dapat reservasi untuk acara yang kamu gelar untuk jumlah orang banyak, misalnya wedding ceremony. Wah, indah sekali melangsungkan pernikahan bergaya pesta kebun. 

via instagram.com/djatilounge 

Makanan yang dihidangkan di Djati Lounge pun gak kalah berkelas dengan suguhan desain interior yang menawan. Salah satu santapan favorit adalah Grilled Teriyaki Salmon yang bikin lidah bergoyang. Meski harus siap-siap rogoh kocek yang agak banyak, tentu hal itu sepadan dengan ambience serta menu yang dapat kamu dapatkan di Djati Lounge.

via instagram.com/djatilounge 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Greenwood Golf Utama Mansion, Cluster Greenwood, Kota Araya, Malang

Jam buka: 08.00-22.00 WIB (weekdays), 08.00-24.00 WIB (weekend)

No. telp: 0341-3039888 / 0815 303 9888

Range harga: Rp35.000-Rp165.000

 

11. Perpaduan Etnis dan Suku di Rumah Coffee Loe Min Toe

Toleransi antaretnis, suku, ras dan agama dapat dibina lewat berbagai hal. Salah satu caranya seperti yang ditunjukkan oleh tempat makan yang juga asik di Malang, Rumah Coffee Loe Min Toe.

via reresepan.com

Rumah Coffee Loe Min Toe mengombinasikan unsur Cina dan Jawa. Dari pintu gapuranya, kamu bisa lihat perpaduan unik kedua etnis dan suku.

via ulinulin.com

Setelah dominan gaya ala Cina di bagian luar, di sebelah dalam Rumah Coffee Loe Min Toe banyak kamu temukan pernak-pernik khas Jawa dan ornamen sejenisnya.

via reresepan.com

Meski ramai banget hiasan di sini, Rumah Coffee Loe Min Toe memiliki daya tarik pada hiasan yang memenuhi ruangan. Percampuran kedua etnis dan suku seolah menandakan bahwa hidup yang damai mampu dibina oleh siapapun.

via minumkopi.com

Nuansa Jawa kuat sekali di Rumah Coffee Loe Min Toe dengan banyaknya ornamen yang terbuat dari kayu.

via reresepan.com

Tempat makan ini menawarkan konsep percampuran budaya yang dapat dinikmati siapapun tanpa terkecuali. Kursi dan perabotan tua lainnya seolah memberi kesan antik pada Rumah Coffee Loe Min Toe.

via ulinulin.com

Meski menjual lauk pauk, dengan suasana santai yang paling tepat dilakukan di Rumah Coffee Loe Min Toe adalah menyeruput teh sambil menikmati gorengan hangat.

via malangonline.com

Vibes dari Rumah Coffee Loe Min Toe yang antik cocok sekali untuk dijadikan referensi tempat melakukan foto prewed. Hiasan serba merah yang menonjol mengundang banget untuk dikunjungin, so jangan lupa mampir ke sini!

via liburmulu.com

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Tata Surya No. 2, Dinoyo, Malang. 

Jam buka: 13.00-00.00 WIB

Range harga: Rp7.000-Rp20.000

 

12. Pemandangan Alun-alun yang Bantu Kamu Hilangkan Capek di Kopi Letek

Di samping view yang disediakan alam, gak ada salahnya untuk menikmati view lain di Malang, seperti Alun-Alun Batu yang dapat disaksikan dari atas tempat makan bernama Kopi Letek.

via instagram.com/kopiletek 

Dari rooftop Kopi Letek, kamu dapat menyaksikan pemandangan Alun-Alun Batu yang terlihat menarik dari kejauhan. Tentunya juga kamu dapat melihat gunung dari sini. 

via instagram.com/kopiletek 

Sambil menyeruput kopi, kamu dapat menikmati view yang bikin kamu melek terus sepanjang hari. Warna warni dari bianglala di seberang keliatan aesthetically pleasing. Dengan angle yang tepat, kamu bisa mendapatkan jepretan yang mendulang likes dan komentar di feeds Instagram kamu.

via instagram.com/kopiletek 

Kopi Letek gak hanya terdiri dari rooftop­-nya saja. Kalo kamu masuk dari bawah, kamu akan menemukan spot dinding putih yang minimalis dan relatif sempit. Memang tempatnya terbilang cukup kecil, tapi di situlah daya tarik dari Kopi Letek yang minimalis ini.

via instagram.com/id_lutfiah 

Ngobrol santai paling enak ditemani dengan makanan ringan. Kalo kamu gak lagi laper berat, ada beragam varian roti bakar yang bisa kamu nikmati bareng kopi atau minuman dingin dan hangat lainnya di Kopi Letek.

via instagram.com/ekaaasss 

Sambil ngopi dan ngobrol, Kopi Letek paling cocok dikunjungi ketika langit sedang cerah. Selain view Alun-alunnya lebih jelas, kamu gak perlu khawatir kebasahan hujan saat langit sedang terang. Saking deketnya dengan bianglala, berasa lagi liburan di alun-alun ya. 

via instagram.com/kopiletek 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Diponegoro 14, Batu

Jam buka: 24.00-12.00 WIB

No. telp: 0813 3049 5973

Range harga: Rp6.000-Rp35.000

 

13. Berburu Pemandangan Elok di Dancok (Daun Coklat) Cafe

Pemandangan di atas tebing memang agak seram, tapi cukup worth the view apabila kamu mengunjungi salah satu tempat makan unik lainnya, yaitu Daun Coklat Cafe alias Dancok Cafe.

via ilovemalang.net

via www.dakatour.com

Di Dancok Cafe, kamu bisa bertualang dengan menyewa trail atau jeep loh! Cukup anti-mainstream sekaligus menantang nyali dan jiwa petualang kamu. 

via dakatour.com

via photomalang.com

Kalo udah capek beraktivitas, selama di Dancok Cafe kamu dapat tiduran di pohon dengan menggunakan hammock. Hati-hati teman yang atasnya jangan sampai terjatuh menimpa kamu. 

via photomalang.com

Selain pemandangan yang back to nature banget, di Dancok Cafe ada rumah seperti villa yang bagus banget buat jadi objek foto-foto kamu. 

via damarrayawisata.wordpress.com

Enaknya di alam bebas nyemil-nyemil cantik. Meski di tengah hutan, tapi kamu bisa jajanan bakar-bakaran berlapis coklat dan keju yang bahannya gak bakal kamu temukan dijual di hutan. Manfaatkan waktu liburanmu buat nyobain sensasi menyatu dengan alam dan ngopi di cafe outdoor!

via ngopisantai.com 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Cobanrondo, Pandesari, Kecamatan Pujon, Malang

Jam buka: Setiap hari

Tiket: Rp2.500/orang

 

14. Warna-warni Ornamen di Madam Wang Secret Garden

Melihat kamar berantakan biasanya bikin kepala pusing. Tapi, udah pernah liat Madam Wang Secret Garden di Malang? Justru ruangan yang penuh barang disulap menjadi tempat makan yang desain interiornya enak dipandang. 

via instagram.com/fsrdusakti 

Artsy sangat pas mendeskripsikan Madam Wang Secret Garden. Ruang utamanya berwarna hijau dan pink dengan ornamen yang saling tabrak satu sama lain. Kok bisa ya malah jadi enak dilihat? Di Madam Wang Secret Garden lah kita belajar mengapresiasi bahwa seni dapat tercipta dari abstraksi dan tumpang tindih.

via instagram.com/ardhiyahc 

Secret Garden dari Madam Wang Secret Garden dapat ditemukan di sudut outdoor yang jendelanya dipenuhi teralis dan pot-pot gantung. Kursi dan meja mungil untuk dua orang menambah kesan romantis dari sudut tersebut.

via instagram.com/madamewangsecretgarden 

Saat masuk ke dalam Madam Wang Secret Garden, kamu akan disambut bintang merah yang menjelang gelap akan mengeluarkan pendar cahaya dan berfungsi sebagai penerang taman. 

via instagram.com/putrihidayat 

Masih di bagian depan Madam Wang Secret Garden, kamu dapat menemukan cangkir-cangkir berukuran raksasa yang bertumpuk dengam diisi bunga-bunga yang warnanya manis banget.

via instagram.com/anggungege 

Di sudut lainnya, kamu dapat menemukan papan tulis hitam yang digambar dengan kapur. Isinya quotes yang berhubungan dengan makan dan cinta, dua hal yang seringkali bagi perempuan berlawanan satu sama lain. 

via instagram.com/martenrahman 

Outdoor dari Madam Wang Secret Garden ditumbuhi tanaman hijau berdaun besar dan tentunya tempelan yang sama ramainya dengan desain di dalam mal. Kamu bisa berfoto bersama teman jalan kamu dengan latar belakang yang cukup estetis.

via instagram.com/salsabillaivo 

Madam Wang Secret Garden merupakan tempat yang pas bagi kamu pecinta seni yang suka bersantai di tengah keramaian. Suasana yang ditawarkan sangat tenang dan curahan seni sang pembuat amat menyegarkan mata.

via instagram.com/mamilala_mamilala 

 

Detail Informasi

Alamat: Jalan Telomoyo No.12, Gadingkasri, Klojen, Gading Kasri, Klojen, Kota Malang

Jam buka: 18.00-23.00 WIB

No. telp: 0341- 5075761

Range harga: Rp10.000-Rp30.000

 

15. Logo Board Games and Cafe

 Tidak ada habis-habisnya bermain games sambil menikmati waktu bersama orang terdekat. Hanya saja, gak semua cafe yang menawarkan permainan dapat dinikmati dengan nyaman, misalnya dari segi menu yang ditawarkan maupun konsep dan suasana ruangannya sendiri. Kalo kamu pusing memikirkan itu, Logo Board Games and Cafe dapat menjadi obat sakit kepala kamu tersebut.

via instagram.com/mlggoodplace 

Desain minimalis dengan dinding putih dan perabot kayu yang tampak santai serta lampu gantung melahirkan nuansa yang cukup tenang di Logo Board Games and Cafe. 

via instagram.com/mlggoodplace 

Selain indoor, ada juga tempat makan outdoor di Logo Board Games and Cafe. Mau makan di dalam ataupun di luar bermain game bukanlah masalah.

via instagram.com/mlggoodplace 

Snack yang disajikan Logo Board Games and Cafe cukup menggoda. Hampir semua bernuansa makanan Jepang, seperti taiyaki yang berisi kacang merah.

via instagram.com/mlggoodplace 

Dekorasi di ruang indoor Logo Board Games and Cafe terbilang cukup unik. Mural yang dikombinasikan dengan permainan lampu menjadikan desain ruangan sangat kreatif. 

via instagram.com/satrioagung 

In case kamu butuh yang dingin-dingin, Logo Board Games and Cafe menyediakan es krim rasa matcha yang pastinya idola sejuta umat. 

via instagram.com/takaharu4 

Keunikkan lain dari Logo Board Games and Cafe adalah menu main course nya yang dikemas secara menarik, seperti dengan gambar tokoh karakter. Suasana yang hangat dan menu unik yang bikin semangat tentu jadi alasan kamu untuk balik ke sini, tentunya setelah bermain game dengan gratis.

via instagram.com/tiaz_salon 

Dengan menu yang cute dan beragam permainan seru di atas meja makan, Logo Board Games bisa kamu jadikan alternatif pengisi waktu senggangmu di Malang. Main games sambil bersantai dijamin bikin kamu tambah akrab dengan partner liburan kamu.

via instagram.com/dinicahyaning 

via instagram.com/setianims 

 

Detail Informasi

Alamat: Jln. Gajayana, Lowokmaru, Malang

Jam buka: 10.00-23.00 WIB

No. telp: (0341) 565267

Range harga: Rp10.000-Rp30.000

 

Nah, itu dia rekomendasi Tamasyeah buat kamu yang udah ngerencanain liburan ke Malang! Variasi tempat makan dengan gaya yang unik tentu bakal bikin liburan kamu tambah berkesan dan nyaman untuk berpetualang di Malang. Tentunya lagi, kamu bakal punya stok foto aesthetic yang gak abis-abis buat ngeganti profile picture dan mewarnai feeds Instagram kamu!


editor
Editor Haura Klarisa Tiffany
Ola, mahasiswi FHUI dengan passion merangkai kata dalam rangka mengemas makna. Suka menjelajahi toko buku seorang diri & icip makanan enak dengan porsi banyak. Reach her @melankola di dunia Instagram (anaknya gak begitu melankolis kayak username-nya, kok)

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.