18 Penginapan Bernuansa Alam di Bali Untuk Kamu Berlibur Sambil Instanature


Bali - Leisure - 616 Hits

Ucapkan selamat tinggal untuk sementara pada polusi-polusi jahanam dan teror pekerjaan yang tak kunjung selesai. Segeralah ambil cuti dan rencanakan short escape dalam tempo waktu sesingkat-singkatnya. Tapi, kalo udah ambil cuti terus mau ke mana? Nih, tak kasih 18 penginapan bernuansa alam supaya kamu bisa liburan sekaligus ngehias feed instagram kamu dengan #instanature. Mayan, bisa bikin temen-temen kantor ngiri dikit. 

 

1. MENGUAK RAHASIA KECANTIKAN SECRET WOODEN HOUSE 

Kalo selama ini kawasan Denpasar terkenal strategis dan ramai, kali ini kita bakal ngajak kamu menyepi di tengah keramaian ke Secret Wooden House. Sesuai namanya, Secret Wooden House yang tersembunyi di jantung ibukota Bali ini dibangun dari kayu-kayu antik Bali dengan ukiran khasnya. 

via airbnb.com 

Nggak cuma kekayaan budaya Bali yang bakal kamu temuin di Secret Wooden House, tapi juga perkebunan asri di sekeliling kamu yang bikin kamu pengen langsung gelesotan sambil foto merem-merem syahdu. 

via airbnb.com   

via airbnb.com   

Memasuki kamar tidur, kamu bakal terpana ngeliat seluruh furnitur dan interior yang rustic abis layaknya postingan di Pinterest. Konon katanya, bahan kayu yang digunakan untuk merancang Secret Wooden House ini hampir semuanya hasil daur ulang. 

via traveltodayindonesia.com 

via airbnb.co.uk 

via airbnb.com 

Main ke halaman belakang, kamu nggak bakal nemuin tiang jemuran, tapi private pool yang segernya bukan main lengkap dengan sun lounge buat kamu chill out. Fix langsung cus lah! Tapi jangan lupa booking dulu dari jauh-jauh hari ya karena Secret Wooden House ini memiliki unit terbatas dan nggak pernah sepi pengunjung. 

via airbnb.com  

via airbnb.com  

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.613.295,00 per malam

Alamat: Jalan Gunung Soputan No. 99a gang Dukuh Anyar, Denpasar Bali

Kontak: https://www.airbnb.com/rooms/3254157 

 

2. HIDEOUT-ECO BAMBOO HOME: BERSEMBUNYI DI BALIK KEINDAHAN ALAM 

Siapkan dirimu untuk jatuh cinta pada bangunan beratap segitiga Hideout Eco-Bamboo Home yang hits itu. Tapi…jangan kira Hideout-Eco Bamboo Home ini mengusung konsep illuminati. Atap segitiga tersebut terinspirasi dari Tri Hita Karana alias hubungan dengan Tuhan, manusia, dan alam. Kamu pun bisa bersyukur sama Tuhan atas keindahan alam di hadapan kamu dan kehadiran pasangan yang nemenin kamu leyeh-leyeh manja di kamar. 

via instagram.com/tamasyeah 

 via instagram.com/hideoutbali 

via instagram.com/hideoutbali 

Karena emang dasarnya Hideout-Eco Bamboo Home ini terbuat dari bambu, kamu bakal ngerasain malam yang hangat sambil tidur di ranjang yang empuk abis. Nyamuk-nyamuk pun bakal putus asa dan go out dengan sendirinya berkat perlindungan mantap dari kelambu. 

via instagram.com/hideoutbali 

Biar kata udah kelewat mager di kamar, coba kamu eksplor ke luar karena Hideout-Eco Bamboo Home nyediain kamu seating room buat duduk-duduk ngelamunin idup di kursi bambu atau berayun sambil baca buku di hammock. 

via instagram.com/hideoutbali 

via hideoutbali.wordpress.com 

Persis di hadapan seating room, kamu bakal ternganga lebar ngeliat kali berbatu dengan aliran airnya yang tenang. Kalo udah gitu jangan takut buat nyebur sambil main air sama pasangan kamu. Niscaya kamu bakal lupa sama kerjaan dan masalah idup. 

via instagram.com/hideoutbali 

via instagram.com/hideoutbali 

Hideout-Eco Bamboo Home ini ternyata nggak tanggung-tanggung mempersembahkan fasilitas serba alami buat kamu. Buktinya segala sesuatu di Hideout-Eco Bamboo Home ini terbuat dari tangan. Sumber listrik juga berasal dari kincir air hand-made bin eco friendly. 

via instagram.com/hideoutbali 

Habis main dari sungai, saatnya mandi di kamar mandi yang menyediakan pancuran dan tanaman-tanaman tropis di sekeliling kamu. Airnya yang dingin dan seger pasti bikin kamu berasa terlahir kembali. 

Via instagram.com/hideoutbali 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.800.000,00 

Alamat: Jl. Jangu, Duda, Selat, Kabupaten Karangasem, Bali 80862

Kontak: hideoutbali@gmail.com

 

3. MENGAGUMI RUMAH BAMBU ASIMETRIS  DI KALI MANIK ECO RESORT 

Kadang-kadang kejanggalan bisa diolah jadi sebuah keindahan, persis kayak bangunan-bangunan asimetris di Kali Manik Eco Resort ini. Dengan atap rumbia dan pepohonan di sekelilingnya, Kali Manik nggak bosen-bosen menawarkan vibes alami buat kamu yang selama ini terkungkung di hutan beton. 

via indonesia.tripcanvas.co 

via agoda.com 

via agoda.com 

Kalo kamu selama ini cuma bisa nyolong waktu tidur di sela-sela aktivitas commuting dan ngantor kamu, di Kali Manik Eco Resort kamu bisa napping sesuka hati sambil berayun di hammock dan merasakan kesejukan yang kurang ajar nikmatnya dari semilir angin di sekitarmu. 

via indonesia.tripcanvas.co 

Tapi kalo kamu butuh ruang sendiri, langsung rebahan aja di ranjang berkelambu dengan pilar-pilar bambu di sekeliling ruangan. 

via indonesia.tripcanvas.co 

via agoda.com 

Nggak cuma kamar tidur, kamar mandi Kali Manik Eco Resort pun juga nawarin keunikan dengan undakan-undakan menuju bathtube dan banyaknya ventilasi yang membuat angin segar tetap bertiup selagi kamu berendem di kamar mandi. 

via agoda.com 

via agoda.com 

Selain dikelilingi pepohonan asri, Kali Manik Eco Resort ini deket banget sama Pantai Kali Sada. Kamu bahkan bisa makan di restoran organiknya Kali Manik Eco Resort yang langsung menghadap pantai. Kesan alami makin berasa pas kamu mencoba menu-menunya yang bahan-bahannya dipanen langsung dari kebun setempat, dicuci dengan air matang, dan tanpa MSG. Kita saranin kamu buat cobain aneka fruit punch-nya yang segernya abadi di kerongkongan. 

via booking.com 

via booking.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.700.000,00- Rp.1.500.000,00 per malam 

Alamat: North Bali - Seririt - Kalisada - Pantai Kalisada, Kalisada, Buleleng Regency, Bali 81153

Kontak: (0362) 7064888

 

4. BERKEMAH MEWAH DI SANDAT GLAMPING TENTS

Buat kamu yang pengen berkemah tapi males ribet apalagi bawa tenda, Sandat Glamping Tents bakal ngasih kamu pengalaman glamping alias glamorous camping. Tinggal pilih, mau bermalam di kamar berjenis Lumbung, Tents, atau Suit Tents? 

via booking.com 

Seperti namanya, kamar tipe lumbung ini emang mirip kayak lumbung padi dengan bangunan yang terbuat dari bambu, furniture bergaya Barok, dan ranjang berkelambu untuk menyelamatkanmu jadi pendonor darah buat para nyamuk. 

via glampingsandat.com 

via glampingsandat.com 

Jangan abisin dulu rasa kagum kamu karena kamar mandi kamar tipe lumbung ini sangat kaya dengan ukiran-ukiran khas Bali yang detailnya ngalahin pengawas ujian. 

via booking.com 

Kalo kamu pengen rasain semilir angin dari nyiur di luar sana, buruan jabanin shared pool di depan lumbung kamu. Berhubung ini kolam bersama, jangan salahin kita kalo kamu jadi dapet kenalan dari tamu kamar sebelah. 

via glampingsandat.com 

Terus mana tendanya? Makanya yuk kita tengok dulu ini kamar tipe Tents dan Suite Tents dengan private pool yang dikelilingi rimbun pepohonan. Kalo udah kayak gini, tangan kamu pasti gatel buat instanature-an. 

via booking.com 

Sampe di dalam tenda, yang kamu temuin bukanlah sleeping bag tapi ranjang M.E.V.V.A.H ala Jawa tetep dengan kelambu hitsnya. Vibes alam pun makin berasa pas kamu nginjek lantai rustic dan furnitur khas Bali yang kaya akan ukiran. 

via glampingsandat.com 

Cuma jangan kaget aja sih kalo kamar mandi kamu nggak ada pintunya dan hanya ditutupin tirai putih yang cantik. Sandat Glamping sengaja ingin menyatukan kamu dengan alam, makanya dia sengaja mengurangi sekat-sekat pembatas di dalam kamar kamu. 

via glampingsandat.com 

Kalo udah tour keliling tenda, saatnya nyobain private pool kamu yang langsung menghadap pepohonan tropis. Rasanya pas banget buat dipake nyelupin kaki sambil menghirup aroma alam yang khas. 

via booking.com 

Nginep di Sandat Glamping Tents emang enaknya nggak sendirian karena kebahagiaan perlu dibagi. Makanya Sandat Glamping nyediain Suits Tents dengan ranjang double bed dan seating area. 

via glampingsandat.com 

Biarpun judulnya lagi kemah, kamu juga nggak perlu khawatir terputus dari teknologi karena Sandat Glamping Tents nyediain ipod dock buat nemenin kamu seru-seruan dan kamar mandi dengan shower dan wastafel dari batu, jadi bisa tetap mandi dengan tetap nggak ngurangin esensi nuansa alamnya.

via glampingsandat.com 

Nah kalo udah malem, kamu bisa ajak pasangan atau tiga orang teman kamu buat makan malam bareng di pinggir kolam. Duduk-duduk sambil main kartu di living room hotel pun nggak kalah asiknya buat kamu coba. Saking fun-nya, di Sandat Glamping Tents kamu ngerasa waktu jadi bergerak jauh lebih cepat dari biasanya.

via booking.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp. 3.175.000,00 (Lumbung Kecak Luxury Rice-Barn Shared Pool) 

Alamat: Jl. Subak Sala, Banjar Sala, Pejeng Kawan, Ubud, Pejeng Kawan, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80552

Kontak: 0821-4408-1998

 

5. BAMBU INDAH UBUD: MENGENAL 13 RUMAH ADAT DAN VILLA BERUMUR SATU ABAD

Sebelum keliling Indonesia dan dunia, coba liat dulu teaser-nya di Bambu Indah Ubud. Kamu bisa nemuin villa bergaya rumah adat Jawa berumur satu abad dengan pemandangan sungai di hadapannya. Buat mencapai villa itu kamu butuh menyeberang lewat batu-batu kolam satu per satu bak Ninja Hatori. 

via booking.com 

Kalo kamu pengen punya kekuatan berjalan di atas air seperti orang-orang sakti di masa lampau, kamu bisa melakukannya di villa udang Bambu Indah Ubud. Villa yang berdiri di atas tambak udang ini memungkinkan kamu melihat para udang yang berenang bebas di bawah lantai berkaca.  

via cakrawalatour.com 

Biar makin menyatu dengan alam, Bambu Indah Ubud juga nyediain kamar mandi semi outdoor dengan shower yang dikelilingi pepohonan asri. 

via booking.com 

Nggak cuma rumah adat Jawa aja yang kamu temukan di sini, masih ada 13 rumah adat lain yang kamu temukan seperti rumah Gadang. Berbeda dari Taman Mini, di Bambu Indah Ubud kamu juga bisa nemuin rumah bergaya pagoda dan rumah khas Afrika. 

via booking.com 

via booking.com 

via booking.com 

Kalo kamu pengen berenang di sungai, Bambu Indah Ubud sengaja bikin kolam dibuat semirip mungkin dengan sungai. Nggak cuma berenang, di kolam itu kamu pun bisa bergelantungan memakai seutas tali layaknya para tarzan dan tarzanwati. 

via klikhotel.com 

Biar makin pol nemuin inner peace, kamu bisa menyambut matahari terbit dengan naik ke atas rumah pohon dan melihat hamparan pepohonan dan bebukitan di bawah sana. Selepas sunrise kamu juga bisa melegakan pikiran dengan mengikuti kelas yoga. 

via cakrawalatour.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.1.754.500,00 per malam (Kuda One-Bedroom House)

Alamat: Banjar Baung, Desa Sayan, Ubud, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak: (0361) 977922

 

6. SERASA MELAYANG DI VILLA PEREREPAN 

Berlokasi di jalan Melayang, Ubud, Villa Pererepan bakal ngajakin kamu buat melayang di atas hutan. Villa yang bernama lain Villa Awang-Awang ini menawarkan infinity pool  yang langsung menghadap ke alam bebas. Pastinya kamu langsung dapat merasakan kesegaran berganda dengan air kolam dan udara yang sama segarnya. 

via lovelybalivillas.com

via pinterest.com 

via instagram.com/tripcanvas.travel 

via instagram.com/petevonbrinded 

Namanya menghadap langsung ke alam, jangan heran kalo ada serangga jinak bertamu ke kamar kamu. Tapi jangan langsung refleks ambil semprotan serangga karena Villa Pererepan mengajak kamu untuk menjaga keseimbangan alam. Biar terlindung dari serangga Villa Pererepan nyediain ranjang berkelambu, lengkap dengan kasur empuknya. 

via booking.com 

Lupain kenikmatan duniawi dari AC, di Villa Pererepan kamu bakal ngerasain AC alami dari angin yang bertiup lewat lubang-lubang kayu. Kamu jadi bisa selonjoran nikmat di kursi rotan sambil menikmati angin sepoi-sepoi. 

via awangawang.com 

Nggak cuma di kamar tidur, ventilasi udara yang segitu banyaknya bisa kamu temuin di kamar mandi semi outdoor-nya. Jangan kuatir ada yang ngintip, karena yang ngeliat kamu paling cuma hewan-hewan kecil di hutan luar beserta Tuhan di atas sana. 

via awangawang.com 

Segala sesuatu yang berada di Villa Pererepan ini sudah didesain sedemikian rupa. Detail kayu  dan kolam di villa diukur secara simetris dengan menggunakan deret Fibonacci atau Golden Ratio. Menurut arsitek Villa Pererepan ini, Golden Ratio adalah salah satu rahasia alam terbesar.  

via villaconciergebali.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.2.496.000,00 per malam

Alamat: Jalan Melayang,Ubud 90571, Ubud, Pejeng Kaja, Tampaksiring, Bali, 80552

Kontak: +61 416 150 655

 

7. ASYIKNYA JADI PETANI DI BAMBOO VILLAGE LE SABOT

Bermalam di tengah sawah mungkin jadi pilihan yang pas buat kamu yang ingin menyepi dari hingar bingar ibukota. Serunya, Bamboo Village Le Sabot menyediakan persawahan hijau lengkap seperti di kampung dengan villa dari bambu

via lesabotbali.com 

Sebelum mencapai villa, kamu bisa menyeberangi kolam dengan pijakan-pijakan batu. Mau nyeberang sambil berenang juga boleh-boleh aja sih kalo kamu mau.

via lesabotbali.com 

Seperti halnya bale-bale di tepi sawah, Bamboo Village Le Sabot menyediakan villa panggung yang lebih tinggi dari permukaan tanah. Interior villa yang didominasi oleh bambu sengaja nggak dibatesin sekat-sekat biar kamu bisa leluasa bergerak ke sana kemari. Kalo udah mager maksimal, kamu bisa rebahan dulu di beanbag atau kasur gantung yang udah disediain sambil menatap hijaunya sawah di depan mata. 

via lesabotbali.com 

via lesabotbali.com 

Kalo infinity pool pada umumnya menghadap laut atau bukit, kali ini kamu bakal ngerasain infinity pool yang langsung menghadap sawah. Jadi sambil berenang kamu bisa lihat Bapak dan Ibu Tani yang sedang menggarap sawah. Jadi berapa apa gitukan berenang diliatin Bapak dan Ibu Tani.

via cakrawalatour.com 

via lesabotbali.com  

Sampai di kamar tidur, kamu bakal ngerasa hangat berkat ranjang, dinding dan lantai yang semuanya terbuat dari bambu. Belum lagi kamar mandi yang didominasi dinding bata dan lantai berbatu supaya kamu bisa sekalian refleksi dan ngilangin pegel-pegel di kaki. 

via lesabotbali.com 

via lesabotbali.com  

via lesabotbali.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.700.000,00-Rp.2.000.000,00

Alamat: Jalan Penestanan Kelod, Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak: 0878-6137-3560

 

8. VICEROY BALI: MELEPAS LELAH DI KEINDAHAN LEMBAH

Ini sih tempat yang pas buat kamu yang bener-bener pengen menghirup udara bebas sekaligus ngerasain simulasi surga di resort berbintang lima. Berlokasi di Ubud, Viceroy Bali menawarkan fasilitas untuk relaksasi dan menemukan privasi. Cocok banget buat kamu yang pengen kabur dari teror si bos. 

via booking.com 

Biarpun Viceroy Bali menawarkan nuansa modern di kamar tidurnya, tapi sentuhan alam bisa kamu rasanya lewat langit-langit dari bambu dan bathtube dengan taburan kembang alami. 

via booking.com  

via booking.com 

Keluar dari kamar, kamu bisa langsung nyemplung ke private infinity pool yang langsung menghadap ke lembah di mana kamu bisa nemuin tumbuhan aneka bentuk dan warna buat bahan postingan instagram kamu. Kalo kamu mau eksplor keindahan alam dari jauh, kamu bisa pergi ke Kebun Raya Ubud yang jaraknya cuma sekilo. 

via booking.com  

via booking.com 

Sambil berenang dan mendinginkan pikiran, kamu juga bisa googling caption yang pas untuk postinganmu dengan WiFi yang tersedia. Kamu juga bisa berenang di main pool yang deket sama Cascade Restaurant. Jadi sambil sarapan pagi, kamu bisa sekalian nyemplungin kaki ke air. 

via booking.com 

via booking.com  

Nggak cuma buat sarapan pagi, Cascade Restaurant yang menghadap lembah persis ini cocok juga buat dinner romantis. Tinggal nyari aja siapa yang mau diajak dinner. 

via booking.com 

Sebelum jalan-jalan ke Pasar Ubud, Kebun Raya, dan Blanco Museum yang nggak jauh dari Viceroy, nggak ada salahnya kamu pemanasan dulu di gym yang udah disediain. Nanti kalo udah puas seharian jalan-jalan, kamu bisa mengenyahkan debu-debu nista dari wajahmu dengan perawatan di Lembah Spa-nya Viceroy Bali.

via booking.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp. 9.063.030,00 per malam (Pool suite) 

Alamat: Jln. Lanyahan, Br. Nagi, Petulu, Ubud, Bali 80571

Kontak: (0361) 971777

 

 

9. BERCENGKRAMA DENGAN SATWA LIAR DI MARA RIVER SAFARI LODGE

Menikmati pemandagan flora yang indah rasanya nggak lengkap tanpa ngeliat faunanya langsung. Makanya Mara River Safari Lodge bakalan ngajak kamu nginep sambil nontonin dan ngelemparin makanan untuk para satwa liar seperti zebra, badak, dan gajah dari balkon kamar kamu. 

via booking.com 

via booking.com 

via traveltodayindonesia.com 

Nggak puas cuma ngeliat doang? Tenang aja, Mara River Safari Lodge ngasih kesempatan kamu buat bertegur sapa sama para satwa. Kamu bakal ngerasain asyiknya disalamin Gajah bahkan menunggangi Gajah semacam Mowgli di Jungle Book. 

via marariversafarilodge.com 

via marariversafarilodge.com 

Malamnya, kamu bisa makan malam sambil ditemani singa-singa yang lalu-lalang di luar kaca. Sebelum tidur, kamu bisa ucapin selamat malam ke satwa-satwa itu dengan mengikuti safari malam. 

via booking.com 

via booking.com  

Tapi kalo kamu males ke luar, kamu bisa nikmatin pertunjukan kolosal Bali Agung Show yang diperankan dan dipersiapkan langsung oleh para staf Mara River Safari Lodge atau sekadar menghabiskan malam dengan bersantai di kamar beratap rotan.  

via booking.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.2.895.040,00 per malam (Deluxe Room-Breakfast Included)

Alamat: Bali Safari Marine Park, Jalan Ida Bagus Mantra Km. 19,8, Serongga, Gianyar Sub-District, Gianyar, Bali 80551

Kontak: (0361) 4791800

 

10. MENEMBUS HUTAN DAN SUNGAI DI ALAM UBUD CULTURE VILLA

Siapkan dirimu untuk tenggelam dalam sejuknya udara Ubud dengan menginap di Alam Ubud Culture Villa. Seperti namanya, setiap kamar yang tersedia di Alam Ubud Culture mempersembahkan interior etnik dari kayu lengkap dengan pemandangan hutan, sungai, dan lembah yang bisa kamu akses dari balkon. Lantai di setiap kamar yang terbuat dari marmer atau kayu pun terasa sejuk bila diinjak, bikin kamu ingin menghangatkan diri lebih lanjut di ranjang berkelambu.

via booking.com  

via alamubudvilla.com  

Kamu mungkin udah kepalang pewe stay di kamar, tapi jangan sia-siain kolam renang yang berada di tengah rimba. Untuk menuju ke kolam renang aja, kamu harus olahraga sedikit dengan menapaki tangga demi tangga. Rasanya kayak mendaki gunung, lewati lembah, dan bener aja di bawah kolam kamu bakal nemuin sungai yang mengalir indah menuju samudera. 

via booking.com 

via booking.com  

Nah habis berolahraga, coba lemesin badan dulu dengan mencoba spa ala Alam Ubud Culture Villa. Bedanya kamu bakal mencoba spa semi outdoor di mana kamu bisa dipijet sambil menghirup aroma alam. 

via booking.com  

Karena emang Alam Ubud Culture Villa dikelilingi sama kekayaan alam, makanya Alam Ubud Culture Villa nyediain satu kolam renang yang nggak kalah cantiknya lagi buat kamu. Kali ini kamu bisa mencoba infinity pool yang berada di ketinggian bukit di mana kamu bisa puas memandangi pepohonan dan matahari yang tenggelam di balik awan. 

via booking.com  

via booking.com  

Abis berenang, enaknya leyeh-leyeh dulu di sun lounge tentunya sambil mencoba kuliner khas Bali. Kamu bisa perbaikan gizi dengan makan nasi tumpeng mini, sate lilit, dan ayam betutu. Nikmat manakah lagi yang kamu dustakan?  

via booking.com   

via booking.com

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.2.205.000,00 per malem (Luxury one-bedroom villa)

Alamat: Kendran, Tegalalang, Ubud, Kenderan, Tegallalang, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak: 0897-0901-009

 

11. ASYIKNYA MENDAKI BUKIT LEWATI SAWAH DI ALILA UBUD 

Ini dia salah satu resort pilihan netizen di Ubud. Terletak di tepi bukit, Alila Ubud membuat kamu serasa menjadi burung yang terbang bebas melihat keindahan tanpa batas. Belum lagi infinity pool Alila Ubud yang super panjang layaknya samudera hijau yang luas. 

via agoda.com  

via agoda.com  

Puas memandangi keindahan bukit dan sungai Ayung di bawah sana, kamu bisa istirahat dulu di kamar tipe superior yang menawarkan kamar mandi semi outdoor dengan dinding berbatu. 

via agoda.com 

via agoda.com  

Tapi kalo kamu nggak bisa move on dari hijaunya perbukitan, kamu bisa pesen kamar tipe Deluxe di mana kamu bisa menemukan warna hijau sejauh mata memandang. 

via booking.com  

Usai melepas lelah, saatnya menyatu dengan alam. Alila Ubud menyediakan sawah dan kebun dengan bebatuan yang mirip Stonehenge di Inggris. Kamu bisa berjalan-jalan dengan bertelanjang kaki untuk melemaskan kaki-kaki manja yang selama ini jarang diajak jalan. Biar makin pol, kamu bisa sekalian ikutan nonton atau motret anak-anak yang sedang belajar tari Pendet. 

via booking.com 

via booking.com 

via booking.com   

Iya kita tau banget, kaki kamu pasti pegel setelah diajak muter-muter. Untungnya Alila Ubud menyediakan spa dengan jendela yang menghadap pepohonan. Dijamin nggak cuma badan kamu aja yang fresh tapi juga pikiran negatif yang langsung ilang. 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate:mulai dari Rp. 3.628.540,00 per malam (Superior room)

Alamat: Desa Melinggih Kelod, Payangan Gianyar, Bali 80572 Indonesia, Kabupaten Gianyar, Bali 80572

Kontak: (0361) 975963

 

12. SAPULIDI BALI: SERUNYA SENSASI BERMALAM DI ATAS AIR 

Bermalam di atas air kini bukan lagi mimpi karena Sapulidi Bali menyediakan kamar-kamar bernuansa tradisional beratap rumbia di atas danau. 

via booking.com 

Sampai di kamar, kamu akan disambut dengan ranjang berkelambu dan sofa kecil yang sama empuknya. Kamu jadi lebih puas melihat pemandangan di sekitar dengan jendela-jendela yang mengelilingi kamar. 

via booking.com   

via booking.com 

Jangan lewatkan juga kamar mandi outdoor dengan bathtube yang memudahkan kamu untuk mandi sambil sunbathing dan memandangi awan cantik di atas sana. Kamu yang biasa jadi penyanyi kamar mandi pun jadi bisa menghibur tetangga sebelah dengan lantunan suara emas kamu. 

via booking.com  

Tapi kalo kamu mau lebih puas lagi bermandi matahari sambil merasakan segarnya air Ubud, cobalah ke luar dari kamar dan nikmati private pool yang dikelilingi sawah. Tapi kalo kamar kamu nggak dilengkapi private pool, kamu bisa berjalan kaki sedikit ke main pool yang juga sama asyiknya.

via booking.com  

via booking.com  

Supaya makin ngalam, cobain main ke danaunya. Di sana kamu bakal nemuin sampan untuk berkeliling mengarungi danau. Kalo kamu iseng, kamu bisa bebas memancing layaknya mereka yang sering nampang di Mancing Mania atau berjalan kaki menyusuri batu-batu kali yang bermuara ke danau. 

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

Sarapan pagi di Sapulidi pun nggak kalah nikmatnya karena kamu bakal sarapan ala buffet sambil menikmati pemandangan sawah yang menguning di hadapan kamu. 

via tripadvisor.com 

via booking.com  

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.624.000,00 (Standard double

Alamat: Jalan Raya Pengosekan, Banjar Pengosekan Kelod, Desa Mas, Ubud, MAS, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak: (0361) 977309

 

13. SHARMA SPRINGS BAMBOO: MENGHANGATKAN KALBU DI SURGA BAMBU 

Berani taruhan, kamu pasti bakal terbengong-bengong melihat kecanggihan arsitektur Sharma Springs Bamboo begitu pertama kali nginjekin kaki di sini. Gimana nggak? Hampir semua bahan yang menyusun 6 lantai Sharma Springs Bamboo terbuat dari kolaborasi bambu hitam dan putih, termasuk lantai, dinding, langit-langit, hingga atap sirap. 

via greenvillagebali.com 

Sebelum masuk ke dalam Sharma Springs Bamboo, kamu bakal disambut oleh kolam renang yang dikelilingi pepohonan hijau. 

via instagram.com/naynadine 

Kalau kamu mau langsung mengeksplor lantai empat, kamu bisa melalui lorong bambu yang menyerupai terompet. Saking kerennya lorong itu, kamu harus siap-siap ngantri bareng tamu-tamu yang lain buat gantian foto di situ. 

via indonesia.tripcanvas.co 

Sampai di lorong empat, kamu bakal dengan gampangnya nemuin lounge dengan sofa-sofa yang nyaman juga minibar dan dapur yang terbuat dari bambu. 

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com 

Sekarang saatnya kita cek kamarnya, kenyamanan dan kehangatan bakal kamu temuin lewat lantai, ranjang, dan dinding bambu juga sofa nyaman yang menghadap ke jendela. Jadi kamu bisa nonton TV sambil memantau keadaan sekitar. 

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com  

Jangan lupa siapkan buku atau playlist favoritmu untuk menemanimu berendam di bathtube alami yang dikelilingi pepohonan. Rasanya seperti keluar dari kefanaan duniawi! Kalo tanganmu udah keriput karena kelamaan berendam, kamu bisa lanjut baca buku atau scrolling lambe turah sambil tiduran di hammock dari bambu.

via greenvillagebali.com 

via greenvillagebali.com  

 

Detail Informasi

Rate: Rp. 4.333.063,00 per malam

Alamat: Tanah Ayu, Sibang Gede, Abiansemal, Badung 80352

Kontak: (0361) 469874

 

14. MENIKMATI KESEGARAN PANCARAN AIR DI PANCHORAN RETREAT BALI 

Bukan, ini bukan patung yang biasa kamu temui di Jakarta, tapi forest resort di Gianyar yang didesain oleh desainer interior sekaligus environmentalist ternama, Linda Garland. Terletak di tengah hutan bambu yang lebat, Panchoran Retreat siap jadi markasmu untuk berlindung dari teror pekerjaan dan kepenatan tiada tara. 

via thevillaasiaguide.com 

Hampir semua bangunan di Panchoran Retreat terbuat dari bambu dan tiang telepon bekas. Meskipun tidur di bangunan berbambu, kamu tetep ngerasain kenyamanan hotel bintang lima lewat kasurnya yang bersih dan super empuk. 

via beyouspirit.com   

via inhabitat.com 

via beyouspirit.com 

Bosen kan tiap hari ngedenger keluhan temen-temen dan bos kamu? Di Panchoran Retreat kamu bakalan dengerin suara hewan-hewan hutan yang jinak sambil duduk-duduk di living room atau ngelamun selow di teras bambu yang tergantung di atas sungai. 

via theasiavillaguide.com 

via inhabitat.com 

Satu hal yang nggak boleh dilewatin dari Panchoran Retreat adalah pancaran air dari sungai di sekelilingnya juga bermacam kolam renang yang ramai mengepung kamu. Ada kolam yang menghadap tepi sungai juga pemandian yang bakalan membasuh kepenatan dan menyiram jiwa-jiwa yang tandus.

via beyouspirit.com 

via inhabitat.com 

via beyouspirit.com   

 

Detail Informasi

Rate: harga berdasarkan pemesanan 

Alamat: Jl. Nyuh Gading, Banjar Nyuh Kuning, Ubud, MAS, Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak: (0361) 974028

 

15. BERENANG BEBAS TANPA BATAS DI HANGING GARDEN UBUD 

Ini dia tempat yang selalu jadi tempat pamer para netizen di socmed. Gimana nggak? Hanging Garden Ubud yang didaulat sebagai hotel berbintang tujuh pertama di dunia ini menawarkan infinity pool yang   bikin kita impulsif pesen tiket ke bali dan booking kamar ASAP. 

via booking.com  

via huffingtonpost.com

via booking.com   

via booking.com  

Nggak cuma berenang sambil berpose di pinggir kolam, kamu juga bisa spa di pinggir kolam renang. Tapi kalo kamu pengen lebih menyatu dengan alam, kamu bisa spa sambil dengerin gemericik suara air di bale-bale pinggir sungai Ayung yang bersih dari benda-benda ajaib. 

via booking.com  

via booking.com  

Namanya juga Hanging Garden, kamu bisa ngerasain sensasi menggantung di atas bukit dengan tidur di kamar yang terletak di ketinggian. Dari terasnya aja kamu bisa ngeliat keindahan pegunungan yang ditemani bukit-bukit di sekelilingnya. 

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

Biar makin khatam dengan semua pemandangan itu, Hanging Garden Ubud juga menyediakan kereta gantung dari bambu buat menyusuri keindahan Ubud. 

via hanginggardensofbali.com 

 

Detail Informasi

Rate: Rp. 5.870.080,00 per malam (Riverside Villa

Alamat: Banjar Susut, Desa Buahan, Payangan, Buahan, Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Kontak: (0361) 982700

 

16. ISI ULANG SEMANGATMU DI PURI SEBATU RESORT 

Kali ini kita bakal ngajakin kamu ke lereng sungai Petanu, di mana kamu bisa nemuin Puri Sebatu Resort yang super nenangin. Setiap kamar di puri ini beratapkan rumbia dan berlantai terakota pastinya bikin mata computer-slave  kamu jadi sejuk kembali.

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

Ternyata ketenangan yang hakiki nggak hanya kamu temuin di kamar tidur, tapi kamar mandinya yang menawarkan jendela yang menghadap langsung ke bukit. Shower-nya pun sengaja beratapkan kaca supaya kamu nggak cuma bisa bermandi air, tapi bermandi cahaya ilahi.

via booking.com  

via booking.com  

Kalo kamu pengen pol-polan ngerasain cahaya ilahi alias puas sunbathing, kamu bisa main ke main pool-nya Puri Sebatu yang berbentuk kacang. Di pinggir kolam, kamu bisa ngikutin kelas yoga atau melipir ke tempat pijat outdoor buat ngerasain pijatan mantap dari masseuse dan desiran angin yang dingin-dingin sedap.

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

Mumpung Puri Sebatu ini lokasinya deket sama Tegallalang, kamu bisa menyusuri pematang sawah buat menuhin gallery foto liburan kamu sambil bertegur sapa dengan warga sekitar. 

via booking.com 

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp. 1.265.000,00 (one bedroom villa)

Alamat: Banjar Apuh, Desa Sebatu, Tegallalang, Ubud, Bali

Kontak: (0361) 8553331

 

17. FIVELEMENTS PURI AHIMSA: NIKMATNYA BERSANTAI DI TEPI SUNGAI 

Emangnya cuma tujuh bidadari dari kisah Jaka Tarub aja yang bisa mandi di pinggir sungai? Kamu juga bisa berendam di outdoor bathtube pinggir sungai dengan menginap di Fivelements Puri Ahimsa. Karena emang lokasi Fivelements Puri Ahimsa sedeket itu sama sungai Ayung, kamu bakalan ngerasa kayak lagi berada di perahu. 

via booking.com 

Fivelements Puri Ahimsa tau banget cara buat bikin kamu seneng. Begitu kamu masuk kamar, kamu bakal disambut sama outdoor bathtube yang berbataskan tirai dan kamar tidur bergaya rustic dengan ornamen-ornamen alami yang cantik. 

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

Nah sekarang saatnya berendam. Kamu bakal dimanjakan dengan bahan-bahan alami seperti bunga, irisan jeruk, dan sirih untuk mengharumkan tubuh sambil melihat derasnya aliran sungai Ayung di hadapan kamu. 

via booking.com 

via booking.com 

Kalo kamu masih belum puas dengan semua kenikmatan itu, kamu bisa sekalian berenang di kolam yang menghadap sungai, memanjakan lidah dengan kuliner lokal yang ditata secara apik di restoran tepi sungai, atau nyobain spa, refleksi, dan segudang perawatan tubuh ala Fivelements Puri Ahimsa. 

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

via booking.com  

Walaupun sejauh mata memandang yang kamu temukan adalah sungai, tapi Fivelements Puri Ahimsa menawarkan sisi lainnya dengan taman bulat yang dikelilingi kolam teratai. Kamu bisa sekalian yoga atau senam ala Vicky Burky di situ. Tapi kalo kamu nggak mau kena matahari, Fivelements Puri Ahimsa menyediakan sanggar indoor yang terbuat dari bambu buat kamu yoga atau meditasi. 

via booking.com  

via booking.com  

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari Rp.4.146.220,00 per malam

Alamat: Mambal, Abiansemal, Badung Regency, Bali 80352

Kontak: (0361) 469206

 

18. MENYEGARKAN MATA DENGAN HIJAUNYA GREEN VILLAGE BALI 

Masih ingat keindahan Sharma Spring Bamboo yang udah kita bahas di atas? Ternyata masih ada lagi 9 cottage bambu serupa yang super asyik yang disediain sama Green Village Bali. Yuk kita kupas tuntas satu-satu. Pertama ada Cacao House, penginapan dengan nuansa warna cokelat dan lantai dari batu yang terasa sejuk bila diinjak.

via greenvillagebali.com 

via greenvillagebali.com  

Tapi kalo kamu berjiwa Robinson Crusoe, kamu bisa cobain nginep di cottage Ananda House buat ngerasain sensasi berlayar di penginapan dengan balkon menyudut seperti perahu dan kamar tidur super tradisional dengan detail anyaman bambu pada dindingnya. 

via greenvillagebali.com 

via greenvillagebali.com  

Jangan lewatin juga serunya nyebur ke kolam renang Ananda House dengan melompat dari ketinggian batu. Awas-awas kelepasan teriak “I feel freee” 

via greenvillagebali.com  

Selanjutnya ada cottage bernama Temple House bakalan membawa kamu untuk menyelami diri dan menguatkan pengalaman spiritual kamu dengan pusat bangunan yang menyerupai altar. Kamu bisa bebas introspeksi diri di Temple House sambil berbaur dengan alam.

via greenvillagebali.com  

Supaya ketenangan ini nggak cuma kamu rasain sendiri, kamu bisa ngajak temen-temen satu gengmu buat ikutan menenangkan diri di temple house sambil berbagi kenyamanan di bunk bed yang terbuat dari bambu. 

via greenvillagebali.com  

Sekarang kita berpindah ke cottage selanjutnya alias garden house,  di mana kamu akan dikepung dengan kebun-kebun dan kolam indah. Karena garden house ini berukuran lebih kecil dari jenis-jenis penginapan lainnya, kamu bisa menikmati waktu me time berkualitasmu sambil tiduran di ranjang bambu yang berkesan minimalis. 

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com  

Puas mengulik Garden House, ternyata masih ada cottage lain yaitu Tower House. Di Tower House kamu bisa nyantai di puncak menara sambil memantau keadaan di sekitar. 

via greenvillagebali.com 

via greenvillagebali.com  

Dan kalau kamu pengen terbuai oleh rayuan pulau kelapa, kamu bisa menginap di cottage berjudul Kelapa House. Rasakan hangatnya menginap di cottage yang terbuat dari batang-batang pohon dan menyelami  kolam yang jernih. Sampai di dalam Kelapa House pun kamu bakalan tetap takjub melihat dinding yang terbuat dari anyaman bambu dan jendela oval yang bisa diputar untuk melancarkan sirkulasi udara. 

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com 

Ternyata nggak cuma Kelapa House aja yang ada di Green Village, Palm House juga ada. Hampir semua peralatan dan bangunan yang ada di Palm House ini terbuat dari bahan alami. Kamu bahkan bisa nemuin kursi yang juga terbuat dari batang pohon palem 

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com  

Terakhir dari Green Village, ada River House di mana kamu bisa menikmati hidup di tepi sungai layaknya para pendekar di film laga lawas. Gemericik air sungai bisa jadi lagu pengantar tidur yang pas buat kamu dengerin sambil berayun santai di atas hammock bambu.

via greenvillagebali.com  

via greenvillagebali.com  

 

Detail Informasi

Rate: mulai dari USD 760

Alamat: Jalan Tanah Ayu, Sibang Gede, Abiansemal, Sibang Gede, Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352

Kontak: 0811-3922-254

 

Oke gengs, kita tahu tangan kamu pasti udah gatel banget pengen booking 18 penginapan bernuansa alami di atas. Mau 18 penginapan itu kamu booking semua juga silakan. Mudah-mudahan abis liburan, pikiran kamu jadi agak legaan dan kamu jadi bisa lebih kuat menjalani hari-hari. Yang udah pernah nginep di salah satu tempat, yuk monggo kasih review di kolom komen!


editor
Editor Widya Arifianti
Terlahir dengan nama Widya Arifianti, tapi punya empat varian nama panggilan. Mantan copywriter yang kini malah jadi kepowriter. Bercita-cita menjadi scriptwiter, tetapi apa daya hanya mampu jadi skipwriter. Lebih sering main-main, tapi kadang bisa serius

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.