12 Wisata Seru di Semarang Yang Dijamin Bakal Bikin Kamu Jadi Super Senang


Jawa Tengah - 288 Hits

Ibukota Semarang di Jawa Tengah terkenal dengan pesona tersendiri. Buat kamu yang belum pernah nyobain asyiknya berwisata di Semarang, kota ini menawarkan banyak banget tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi dan pastinya sayang buat dilewatin, mulai dari bangunan yang bersejarah sampai tempat berbelanja tersedia di kota Semarang. Masih belum kebayang mau ke mana aja selama di Semarang? Berikut Tamasyeah berikan rekomendasi 12 destinasi wisata seru di Semarang yang dijamin bakal bikin kamu jadi super senang.

 

1. Pergi Melancong ke Klenteng Sam Poo Kong

Belum komplit liburanmu di Semarang kalau belum jalan-jalan ke klenteng tertua di Semarang, yaitu Klenteng Sam Poo Kong. Kalau kamu mampir ke daerah Simongan di sebelah barat daya Kota Semarang, kamu wajib mengunjungi Klenteng Sam Poo Kong yang gerbang masuknya siap menyambutmu dengan budaya Cina yang sangat khas.

via wisata-kotasemarang.blogspot.co.id

Saat kamu tiba di depan Klenteng Sam Po Kong, kamu langsung disambut oleh patung Laksamana Cheng Ho berukuran raksasa yang berdiri tegak di dekat gerbang masuk Klenteng. 

via arahproduction.com 

Patung ini  didirikan karena kunjungan  Laksamana Cheng Ho ke Klenteng Sam Poo Kong saat ia singgah di Semarang di masa lalu. Laksamana Cheng Ho aja pernah ke sini, masa kamu enggak?

via tripadvisor.com

Selain gerbang berhias ukiran naga dan Patung Laksamana Cheng Ho yang tinggi menjulang, hal unik lainnya yang dapat kamu temukan di Klenteng Sam Poo Kong adalah tulisan “marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur’an” yang merupakan simbol daril toleransi antaragama dan kepercayaan di kota Semarang.

via gemadesa.com 

Gak kehitung deh objek menarik yang bisa kamu temukan di Klenteng Sam Poo Kong. Ada juga sederet patung prajurit Dinasti Cina berjejer di depan Klenteng Sam Poo Kong yang bakal menarik perhatian kamu.

via sacunslc.wordpress.com 

Kamu juga bisa berfoto dan juga berkeliling sambil mempelajari sejarah dari objek-objek khas kedinastian Cina yang tersebar di area Klenteng Sam Po Kong. 

via winnetnews.com

Masih di dalam area kompleks Klenteng Sam Poo Kong, kamu dapat dengan mudah menemukan ornamen khas Cina yang memanjakan mata kamu. Bisa kamu lihat sendiri di bagian luar Klenteng Sam Poo Kong, terdapat banyak lampion merah bergantungan di pepohonan dan meja beserta kursi hias khas Cina yang menghiasi taman dengan suasana serba oriental.

via ardiyanta.com 

Gak sekadar foto-foto dengan keunikan objek yang ada, kamu juga bisa foto dengan kostum a la kekaisaran Dinasti Cina loh di Klenteng Sam Po Kong. Foto bersama dengan keluarga atau teman jalanmu bisa jadi kenang-kenangan yang tak terlupakan setelah kamu menghabiskan liburan di kota Semarang, Jawa Tengah.

via lastrisulas.blogspot.com 

Sebelum mengakhiri perjalanan kamu di Klenteng Sam Po Kong, jangan lupa untuk menyempatkan diri berfoto di depan Patung Laksmana Cheng Ho yang menjadi landmark dari Klenteng Sam Po Kong!

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

Kalau mau lebih seru, datanglah ke Klenteng Sam Poo Kong saat imlek. Akan banyak sekali ornamen dan pertunjukan untuk memeriahkan tahun baru Cina di klenteng ini.

via jalansanasini.com

Gak cuma hiasan bernuansa Imlek aja yang bisa kamu temuin di Klenteng Sam Poo Kong. Ada juga atraksi barongsai yang diiringi tarian dan musik khas Cina yang bisa kamu nikmati di Klenteng Sam Poo Kong jika kamu mengunjunginya saat musim perayaan Imlek di Semarang. 

via jalansanasini.com

via nyoozee.com

 

Detail informasi 

Alamat : Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang

Jam Operasional : 06.00 – 23.00

Harga tiket masuk : Rp 3.000 & 20.000 (untuk masuk ke rumah ibadah)

Rute : 4 kilometer atau 15 menit perjalanan dari pusat kota Semarang di Simpang Lima

 

2. Menikmati Siang Bolong di Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan di daerah Banyumanik, Semarang.

via dolandolen.com 

Ketika berkunjung ke Vihara Buddhagaya, kamu dapat menemukan sebuah bangunan vihara, yakni tempat beribadah bagi umat Buddha, yang tinggi menjulang.

via akhsadew.blogspot.co.id

Vihara ini terdiri dari dua bangunan utama, yaitu Pagoda Avalokitesvara, sebuah pagoda peribadatan, dan Dhammasala, yaitu ruang serbaguna.

via anekatempatwisata.com 

Pagoda Avalokitesvara sebagai bagian dari Vihara Buddhagaya merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Jika kamu berkunjung ke dalam pagoda tersebut, kamu akan menemukan sebuah patung Dewi Kwan Im setinggi lima meter di dalam pagoda. 

via hellosemarang.com

via detik.net.id

Selain di dalam pagoda, Patung Dewi Kwan Im juga bisa kamu temukan di setiap lantai pagoda di bagian luarnya.

via akhsadew.blogspot.co.id

 Selain terdapat pagoda dan patung Buddha emas, di sini juga terdapat patung The Sleeping Buddha. Meskipun tidak sebesar patung The Sleeping Buddha yang terdapat di Mojokerto, tetap saja patung ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang yang belum pernah melihat patung ini.

via secretraveler.com 

Dengan keunikan patung dan ornamen serta gedung pagodanya, Vihara Buddhagaya ini cocok banget dikunjungi selama kamu berlibur ke Semarang. Vihara Buddhagaya dapat dijadikan alternatif destinasi liburanmu di ibukota Jawa Tengah, baik untuk sekedar foto-foto atau juga untuk melangsungkan ibadah.

via tourismcentraljava.blogspot.com 

 

Detail informasi 

Alamat : Jalan Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Banyumanik, Kota Semarang

Jam Operasional : 07.00 – 21.00

Harga Tiket Masuk : -

Rute :  perjalanan selama 45 menit dengan mobil ke arah Ungaran, atau jalan menuju Solo - Jogja di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong

 

3. Suasana Lawas Bernuansa Eropa di Gedung Marba

Gedung Marba yang terkenal bersejarah di Semarang berada di sebelah Taman Srigunting, tepatnya berada di Jalan Let. Jend Suprapto No. 33, Semarang. Kalau kamu melewati area Taman Srigunting yang dipenuhi tanaman rindang, kamu bakal langsung notice sebuah gedung tua mencolok berwarna merah yang bertingkat dua di antara pepohonan dan semak hijau.

via tripadvisor.co.id

Dari kejauhan, bisa dibilang Gedung Marba sangat kental dengan suasana vintage ala ala zaman kolonial Belanda. Dari bentuk pintunya serta banyaknya jendela yang menghiasi setiap sisi gedung membuat Gedung Marba berpenampilan “Belanda” banget.

via klikhotel.com  

Gedung yang terletak di sudut kota lama ini dibangun pada abad ke XIX. Nama Marba sendiri berasal dari pembuat gedung ini, yaitu Marta Badjunet.

via tripadvisor.com 

Awalnya, Gedung Marba dibangun sebagai toko sekaligus kantor usaha pelayaran. Kini, tidak ada aktivitas yang berjalan di dalam Gedung Marba. Kamu dapat menikmati keindahan arsitektur Gedung Marba yang eyecatching dengan mengadopsi budaya Eropa dari luar.

via bungeko.com 

Meski udah gak ada aktivitas apa-apa lagi di bangunan ini, gak ada salahnya untuk mengunjungi Gedung Marba yang antik sekaligus unik buat jadi objek foto kamu. Dengan menawarkan desain bangunan bergaya Eropa, kamu gak perlu jauh-jauh ke luar negeri loh buat dapetin background yang keliatan berkelas. Cukup datang ke Semarang dan foto ala-ala di depan Gedung Marba, kamu bisa ngerasain sendiri sensasi berwisata khas Eropa yang pastinya ramah buat kantong kamu. 

via instagram.com/visitsemarang 

via instatrix.com 

via lakako.com 

 

Detail informasi 

Alamat : Jl. Let. Jend. Suprapto No, 33, Semarang

 

4. Gak Bakal Ngantuk Saat Kamu Keliling Gereja Blenduk

Masih dengan bangunan khas yang berdiri di Semarang, kamu bisa mengunjungi Gereja Blenduk yang berlokasi di Jalan Letjen. Suprapto No.32, Tanjung Mas, Semarang Utara.

via instagram.com/lisamalonda 

Jika dilihat dari arsitekturnya, Gereja Blenduk sendiri kental banget dengan nuansa zaman kolonial Belanda. Gereja yang sudah ada sejak tahun 1753 ini juga terkenal dengan julukan “Dome Church” karena kubah yang terdapat pada atap gereja ini. 

via instagram.com/monika_frederika

via instagram.com/monika_frederika

Bangunan yang memiliki dua lantai ini sampai sekarang masih digunakan untuk beribadah setiap Hari Minggu. Di sekitar Gereja Blenduk juga terdapat banyak bangunan tua peninggalan kolonial lainnya seperti Gedung Marba yang tadi sudah kita bahas sebelumnya.

via mangkoko.com 

 Selain sebagai tempat ibadah, karena suasana vintage yang mengelilingi Gereja Blenduk, gereja ini bisa banget dijadikan spot foto-foto yang keren banget seperti untuk foto prewedding.

via instagram.com/ichiepum 

via tribunnews.com 

 

Detail Informasi 

Alamat : Jl. Letjend. Suprapto No.32, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang

Harga Tiket Masuk : -

Rute : jika perjalan anda dari bandara achmad yani, rute rute yang dapat di ambil seperti dari bandara menuju bundaran kalibanteng selanjutnya mengambil jalan jendral sudirman ke arah tugu muda, dari bundaran tugu muda anda tinggal mengambil jalur jalan pemuda hingga sampai di jalan letjend suprapto, total perjalanan hanya membutuhkan 17 menit saja untuk sampai ke lokasi tujuan.

 

5. Lepas Lelah di Masjid Agung Jawa Tengah

Ketika merasa lelah baik secara jasmani maupun rohani, sebaiknya cepat-cepat nih pergi ke Masjid untuk melepas lelah dengan memanjatkan doa. Di Semarang terdapat Masjid yang pas banget untuk beribadah sambil menikmati keindahan bangunannya.

via instagram.com/ismu_izsh  

via wikimapia.com

via instagram.com/dwp_tok 

Masjid Agung Jawa Tengah adalah salah satu masjid termegah di Indonesia. Masjid Agung Jawa Tengah dibangun pada 2001 dan terdiri dari empat menara masjid dan satu menara terpisah. Masjid ini kental dengan unsur Jawa dan Arab yang khas. 

via coretanpetualang.wordpress.com 

Di Masjid yang memiliki teras menyerupai teras masjid yang ada di Madinah ini juga, terdapat menara asmaul husna dan Al Quran raksasa. 

via hidayatullah.com 

via yukpiknik.com 

Jelas, untuk memasuki Masjid Agung Jawa Tengah kamu nggak akan dipungut biaya apapun. Namun kalau kalian ingin memasuki area tertentu seperti Menara Asmaul Husna, kamu diwajibkan membayar Rp 3.000 per orang

via djangki.wordpress.com 

via trinbunnews.com 

Selain beribadah di area Masjid Agung Jawa Tengah juga terdapat berbagai macam fasilitas seperti perpustakaan, auditorium, penginapan, ruang akad nikah, pemandu wisata, museum kebudayaan Islam, cafe muslim, kios-kios cenderamata, buah-buahan, dan lain-lain. Benar-benar tempat yang cocok untuk wisata bersama keluarga.

via akcayatour.com 

via travelerien.com 

Buat kalian yang berkunjung disini, salah satu spot ciamik buat berfoto adalah di antara menara-menara masjid. Selain itu, pada bulan-bulan seperti bulan Ramadhan sering diadakan kegiatan keagamaan disini. Jadi, jika berkunjung ke Semarang, sempatin juga buat berkunjung ke Masjid Agung ya.

via kotasemarang.com 

 

Detail Informasi 

Alamat :  Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, 

Harga Tiket Masuk : Rp 3.000 untuk masuk menara Asmaul Husna

Jam Operasional : 08.00 – 21.00

 

6. Menikmati Sejarah di Tugu Muda

Tugu Muda merupakan landmark dari Kota Semarang. Tugu ini sendiri dibangun untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang berjuang dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu ini juga merupakan symbol dari semangat dan jiwa patriotisme yang terdapat pada diri para pahlawan tersebut dalam mempertahankan kemerdekaan.

via geocities.jp  

via noenkcahaya.blogspot.com 

 Tugu ini sengaja diletakan di tengah kawasan terjadinya banyak peristiwa penting selama lima hari pertempuran di Semarang, yaitu di Jl. Pemuda, Jl. Imam Bonjol, Jl. Dr. Sutomo, dan Jl. Pandanaran dengan Lawang Sewu untuk mengenang peristiwa tersebut.

via jateng.tribunnews.com 

Tugu Muda ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita warna negara Indonesia khususnya para pemuda karena  menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para Remaja yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia pada umumnya dan mempertahankan kota Semarang pada khususnya.

via tribunnews.com 

Sekarang tempat ini dijadikan tempat berkumpul anak muda terutama pada Malam Minggu untuk sekedar ngobrol-ngobrol, bercanda atau berfoto-foto ria.

via tribunnews.com 

 

Detail Informasi

Alamat : Salamanmloyo, Semarang Barat, Barusari, Semarang Sel., Kota Semarang

Harga Tiket Masuk : -

 

7. Tantang Nyalimu di Lawang Sewu

Mungkin di benak kamu jika mendengar nama “Lawang Sewu” pasti terbayang susananya yang seram dan mistis. Eits, jangan salah, gedung peninggalan zaman Belanda yang terkenal dengan seribu pintunya ini wajib banget dikunjungi ketika berada di Semarang. Suasananya yang vintage membuat gedung ini sangatlah cantik untuk dijadikan spot berfoto. 

via instagram.com/ekasafasemarang

Selain itu, terdapat sebuah kaca dengan ornamen cantik bergambar dua wanita muda Belanda di salah satu sudut gedung yang terletak di antara tangga. Jelas pemandangan ini tidak bisa kalian lewatkan untuk diabadikan melalui kamera.

via instagram.com/yesica_bambang 

Sewu dalam bahasa Jawa artinya seribu. Namun apakah sebenarnya pintu di Lawang Sewu memang ada seribu? Ternyata tidak loh. Menurut guide lawang sewu, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200. Tetap banyak sih jumlahnya. 

via travelconnex.wordpress.com 

via tabloidwisata.com 

Dengan keindahan bangunan bergaya arsitektur kuno, tidak sedikit pasangan calon pengantin yang melangsungkan sesi foto prewedding mereka di sini. Turis-turis lokal maupun mancanegara juga bakal sering terlihat pose-pose di sambil pegang kamera.

via jojomarkojo.wordpress.com 

via hello-PET.com 

Jika kamu tertarik dengan suasana mencekam di Lawang Sewu, kamu bisa menyempatkan diri untuk mengikuti tur mistis disana. Dijamin, tur mistis ini akan memacu adrenalin kamu selama berkunjung ke Lawang Sewu.

via instagram.com/siegersprissie 

via instagram.com/iwayanpur 

 

Detail Informasi 

Alamat : Komplek Tugu Muda, Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

Jam Operasional : 06.00 – 18.00

Rute : Anda bisa mengguanakan kendaraan pribadi menuju arah Simpang Lima, Lawang Sewu sangat dekat dengan kawasan ini. Yang dari luar kota bisa mengunjungi tempat ini dengan menggunakan angkutan umum dari stasiun cukup bayar Rp 4.000 ambil rute Tugu Muda.

 

8. Simpang Lima yang Bikin Kamu Gak Ingin Pulang ke Rumah

Sudah malam tapi gak ingin cepat-cepat balik ke penginapan? Nah, jalan-jalan di Simpang Lima adalah solusinya buat kalian! Kerlap-kerlip lampu hias di sekitaran Simpang Lima bakal bikin kamu terpana dan jadi tambah ingin berlama-lama di sana.

via instagram.com/wisatasemarang 

via indonesia-tourism.com

Simpang Lima merupakan alun-alun dari Kota Semarang. Daerah ini sangatlah sibuk dan ramai dikunjungi banyak orang. Untuk kamu yang ingin sekedar nongkrong atau berinteraksi dengan warga lokal, tempat ini sangatlah cocok untuk dimasukkan ke agenda jalan-jalan kamu.

via suaramerdeka.com 

via halosemarang.com 

 Selain itu, di Simpang Lima ini sering diadakan pasar malam, jadi jika kamu ingin mengajak pacar kamu bermain di wahana-wahana pasar malam, boleh banget diajak mengunjungi Simpang Lima.

via kotasemarang.blogspot.com 

via tribunnews.com 

Kalau kelaparan saat sedang berjalan-jalan di Simpang Lima, jangan khawatir karena di sini banyak pedagang yang menjajakan sajian kuliner ala nusantara yang pastinya menggoyang lidah. Mulai dari seafood hingga sate semua ada di sini.

via wisatakulinersemarang.com 

via kompasiana.com 

Buat yang memiliki anak-anak, kamu bisa mengajak mereka naik sepeda-sepedahan dengan lampu warna-warni mengiasi seluruh bagian sepedah. Banyak pula permainan lainnya yang dijual oleh pedagang malam di sini. 

via emakmbolang.com 

via sewamobiljogja.com 

 

Detail Informasi

Alamat : Pleburan, Semarang Semarang, Kota Semarang 

Jam operasional : -

 

9. Semarang Contemporary Art Gallery yang Bikin Kamu Gigit Jari

Semarang Contemporary Art Gallery terletak di Jalan Taman Srigunting, Semarang., merupakan sebuah gedung tua yang dialihfungsikan menjadi sebuah galeri seni pada tahun 2008.

via pejalansantai.com

Buat kamu yang senang ngelihat karya-karya seni kontemporer, tempat ini cocok banget buat kamu. Berbagai jenis karya seni ditampilkan disini, mulai dari lukisan hingga patung, bahkan mural-mural yang ada di kaca maupun dinding. Tempat ini tidak boleh kamu lewatkan jika kamu ngerasa berjiwa artsy.

via indoartnow.com 

via outoftheboxindonesia.wordpress.com 

Murah meriah adalah ungkapan yang tepat untuk teengan membayar tiket masuk Rp 10.000,- saja per orang, kamu sudah bisa berekreasi melihat galeri-galeri seni dengan puas. 

via hallosemarang.com 

via sketchesandjourneys.blogspot.com 

Bukan hanya karya seni di galeri ini saja yang memanjakan mata. Bangunan Semarang Contemporary Art juga nggak kalah artsy dengan desain minimalis berwarna putih mendominasi, lantai kayu dengan tambahan railing kaca menambah nuansa jadi modern.

via yukkelilingsemarang.blogspot.com 

via dewirieka.com 

Setiap saat karya yang dipamerkan selalu berganti-ganti hal ini karena banyak pameran yang antri untuk singgah di Semarang Contemporary Art Gallery. Karya-karya yang dipamerkan di sini pun cenderung unik dan jarang ditampilkan sebelumnya.

via indoartnow.com 

via arndt.com 

 

Detail Informasi 

Alamat : Jalan Taman Srigunting No. 5-6 Jalan Letjen Suprapto, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Harga Tiket Masuk : Rp 10.000

Jam Operasional :10.00 – 16.30

 

10. Nikmat Warna-warni di Oudetrap Gallery

Nggak Cuma Semarang Contemporary Art Gallery saja yang menjadi tempat yang wisata bagi kamu para pengagum seni. Ada satu lagi tempat artsy yang wajib kamu kunjungi kalau kamu adalah pengagum seni sejati. Oudetrap Gallery namanya.

via instagram.com/blos95 

via instagram.com/afnanivantosadi

Tempat wisata yang baru diresmikan pada tahun 2013 memiliki konsep sebuah galeri seni rupa maupun karya lukisan. Bangunan yang terletak di sebelah Gereja Immanuel ini menjadi sebuah wadah para seniman di Semarang untuk menampilkan karya seni mereka. 

via pamboedifile.blogspot.com 

via suaramerdeka.com 

Gedung Oudetrap sendiri telah ada sejak zaman kolonial Belanda dulu. Bagi kamu yang berkunjung kesini, kamu bisa melihat berbagai karya seni sekaligus berfoto bersama karya-karya seni yang dipamerkan. 

via suaramerdeka.com 

via solopos.com 

Dengan kehadiran Oudetrap Gallery ini warga Semarang berharap Oudetrap bisa menjadi wadah dan pusat kegiatan seni melengkapi Semarang Gallery yang sudah ada lebih dulu di kawasan Kota Lama. Oudetrap Gallery juga letaknya berdekatan dengan Gereja Belenduk, jadi kamu bisa sekalian setelah puas berkeliling di Gereja Belenduk langsung mampair ke Oudetrap.

via solopos.com 

via gatra.com  

 

Detail Informasi 

Alamat : Tanjung Mas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah 50174

Harga Tiket Masuk : -

 

11. Wisata Kuliner Semarang yang Bikin Lidah Bergoyang

Jika kamu berkunjung ke Semarang, jangan lupa juga untuk melakukan wisata kuliner karena Semarang sendiri merupakan surganya makanan. Apalagi setelah puas berkeliling, akan lebih puas lagi jika menyempatkan diri kulineran di tempat-tempat makan otentik di Semarang

via anekawisata.com 

via anekawisata.com 

via anekawisata.com 

Berbagai jenis makan ada di Semarang, mulai dari Soto Bangkong Semarang, yaitu semacam soto ayam dengan berbagai lauk tambahan seperti sate ati ampla. Usaha ini sudah berdiri lama di Semarang dan sudah memiliki banyak cabang, jadi sudah tidak perlu diragukan lagi soal rasanya.

via tribunnews.com 

via jajankuliner.net 

Nasi Sego Ayam Semarang,  merupakan hidangan khas Semarang yang mirip dengan nasi liwet Solo. Nasi dengan lauk potongan telur rebus berbumbu, tahu opor, sayur labu manis dengan krecek, dan suwiran ayam, lalu diguyur kuah opor kuning ini sudah pasti bikin kalian napsu makan dan pingin nambah.

via kulinersemarang.blogspot.com 

via seputarsemarang.com 

Hidangan di Rumah Makan Kampung Laut Semarang, juga nggak kalah menggodanya. Restoran yang menyediakan berbagai masakan seafood ini selain terkenal karena rasanya yang enak juga karena tempatnya yang nyaman dan cocok untuk bersantai sambil menyantap hidangan yang disediakan. Kalian para penggemar seafood pasti nggak akan dikecewakan.

via hargamenu.com 

via tripadvisor.com 

Nggak ketinggalan juga makanan yang disajikan di Restoran Pesta Keboen Semarang. Nuansa tempo dulu yang sangat kental di tempat ini pasti bakal bikin kamu betah besantai-santai di sini. Menu yang dihidangkan pun sudah dikenal oleh masyrakat Indonesia. Terdapat berbagai menu makanan tradisional khas nusantara seperti sate, lumpia, nasi pecel, dan lain sebagainya. 

via penggemarkuliner.blogspot.com 

via kuliner.panduanwisata.id

 

Detail Informasi

Soto Bangkong

Alamat : Jl. Setia Budi No: 229 Srondol Banyumanik, Semarang

Jam Operasional : 10.00 – 22.00

Rumah Makan Kampong Laut

Alamat : Komplek Puri Maerokoco, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang

Jam Operasional : 10.00 – 22.00

Rumah Makan Pesta Keboen 

Alamat : Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah

Jam Operasional : 10.00 – 22.00

 

12. Gak Bisa Berhenti Jajan di Pusat Oleh-Oleh Pandanaran

Sudah kenyang, saatnya pulang dan jangan lupa membawa oleh-oleh buat orang tersayang. Pusat oleh-oleh terbesar di Semarang ada di Pandanaran, dimana terdapat toko-toko yang menjual jajanan khas Semarang.

via hellosemarang.com 

via hellosemarang.com 

Kawasan ini sangat ramai dikunjungi wisatawan karena selain terdapat banyak toko yang menjual oleh-oleh, Jalan Panandaran juga terletak di jantung Kota Semarang sebagai pusat bisnis dan wisata. Jadi jangan heran kalau banyak mobil lalu lalang dan menimbulkan kemacetan di sini.

via hellosemarang.com 

via indonesiakaya.com 

Makanan khas Semarang yang paling sering dicari disini diantaranya lumpia, bandeng presto, dan winko babat. Variasi harganya yang ditawarkannya pun juga cukup murah dan dijamin tidak merogoh kocek yang banyak.

via kaumhawa.com 

via huruharada.blogspot.com 

via kulinerindonesia.com 

 

Detail Informasi

Alamat : Jl. Pandanaran 41, Randusari, Semarang Sel., Kota Semarang, Jawa Tengah 50244

Jam Operasional : 08.00 – 21.00

Berbagai jenis destinasi wisata yang ditawarkan di kota Semarang sudah terangkum dalam artikel ini. Mulai dari tempat untuk bersantai, tempat yang memacu adrenalin, sampai tempat  untuk memanjakan lidah kamu tersedia dengan komplit dan merata di Kota Semarang. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk berkunjung ke Kota Semarang dan kamu dapat rasakan sendiri asyiknya pelesiran di beragam destinasi wisata yang nggak bakal bisa kamu lupakan.


editor
Editor Red Tamasyeah
Perempuan kelahiran Jakarta, 16 Januari 1999 ini adalah mahasiswi Fakultas hukum yang gemar menulis, membaca, menyanyi, dan bermain gitar ini baru saja merilis sebuah novel science fiction berjudul "Ephemerae" januari lalu.

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.