Balikin Positive Mood Dengan Main ke 15 Wisata di Sukabumi Yang Masih Kerasa Alami Ini!


Jawa Barat - Sport & Adventure - 451 Hits

Bosen menjalani rutinitas dan menghadapi hiruk pikuk ibukota? Meski jam kerja mencekik jangan sampe kurang piknik ya! Ini saatnya lepasin penat kamu untuk coba berpetualang ke tempat wisata alam yang ada di Sukabumi, Jawa Barat. Selain gak terlalu jauh dari Jakarta, ternyata banyak loh tempat-tempat yang super mengagumkan yang masih belum banyak diketahui banyak orang. Nah ini dia 15 wisata di Sukabumi yang masih alami dan bisa banget balikin positive mood kamu!

 

1. Sensasi Ditelan Bumi? Goa Bumiayu Pilihannya!

Buat kamu yang suka caving bisa banget jadiin Goa Buniayu sebagai destinasi liburan yang menantang. Goa Bumiayu ini merupakan fenomena alam yang mengagumkan di kawasan Sukabumi yang udah lumayan terkenal dengan keunikannya. Kamu akan menemukan ornamen gua berupa stalaktit yang terbentuk dari proses alam selama ribuan tahun. Kedalaman goa bervariasi dan kamu pasti akan merasakan sensasi gelap di dalam perut bumi. 

via buniayucave.com

via buniayucave.com

Lokasi Goa Bumiayu relatif mudah dijangkau dari pusat kota Jakarta, dengan menempuh perjalanan sekitar 3-4 jam kamu bisa langsung sampai di Goa Bumiayu ini. Meski rute perjalanan cukup mudah dijangkau, kamu tetap harus hati-hati karena harus menyusuri jalan yang berliku. Tapi itu semua worth it karena mata kamu akan dimanjakan oleh pemandangan pegunungan yang masih asri dan hijau. 

via google.co.id/maps 

Perjalanan memasuki Goa Buniayu pun gak kalah menantang adrenalin, karena kamu harus menempuh sekitar 4-5 jam untuk mengeksplor Goa Buniayu dari pintu masuk hingga pintu keluar dengan struktur tanah yang licin, berair dan berlumpur. Bahkan untuk menuju pintu keluar kamu perlu merangkak, menempel pada tanah yang berlumpur karena jalan yang menyempit. Jadi kamu perlu kewaspadaan ekstra dengan peralatan caving yang memadai. 

via biotagua.org 

Goa Buniayu ini memiliki 2 jenis goa yaitu goa minat umum yang kedalamannya hanya 500m dan tidak perlu menggunakan perlengkapan khusus, cukup menggunakan sepatu antislip dan baju yang nyaman. Sedangkan goa minat khusus, diperlukan peralatan caving yang memadai seperti helm, wear pack antiair, sarung tangan, sepatu boot anti licin, serta alat penerangan untuk membantu kamu agar gak tergelincir saat berada di dalam goa. Gak usah khawatir karena peralatan ini disediakan semua oleh petugas Goa Buniayu.

via www.paketwisata.net

via rosyidadrianto.wordpress.com

Semua usaha dan kesulitan untuk melewati Goa Buniayu ini akan terbayar dengan pemandangan stalaktit di dinding-dinding goa. Ornamen stalaktit di Goa Buniayu ini bisa banget kamu abadikan, tapi sepertinya dengan keadaan badan yang udah kotor kamu gak akan sempet lagi ngeluarin gadget. Meski perjalanan kamu kesini banyak rintangan pasti gak akan terlupakan!

via savingfunvacation.blogspot.co.id

Setelah kamu mengeksplor ornamen stalaktit di dalam perut Goa Buniayu, kamu tetep bisa caving dengan melewati air terjun Bibijilan sambil membersihkan diri. Seru banget kan?

via www.buniayucave.com

via www.imgrum.org

via www.sayoppe.wordpress.com

via www.wisatalova.com

Goa Buniayu cocok banget buat kamu yang punya jiwa petualang yang tinggi, lebih seru lagi kalau kesini bareng temen-temen. Terus kalau kamu mau kesini sendiri gimana? Tetap bisa kok tenang aja kamu akan bergabung dengan rombongan lain yang kurang orang disana. Jadi sebenarnya sih akan lebih mudah kalau kamu kesini dengan temen-temen kamu. Makin rame makin seru loh. Nah silahkan list Goa Buniayu ini untuk destinasi liburan kamu ya!

 

Detail informasi 

Lokasi   : Desa Kertangsana Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi.

Harga Tiket   :

Kawasan Buniayu : Rp.5.000

Air Terjun Bibilan : Rp. 4.000

Goa minat umum : Rp. 15.000*

Goa minat khusus : Rp. 75.000*

*minimal  5 orang

 

2. Saingan Baru Baduy? Ini Dia Desa Ciptagelar!

Mungkin kamu lebih sering denger Desa Baduy di daerah Banten sebagai desa yang memegang teguh adat istiadat, kan? Ternyata belum banyak yang tahu loh kalau ternyata Sukabumi punya saingannya! Namanya Desa Ciptagelar yang ada di kawasan kaki Gunung Halimun, Salak.

via lifestyle.liputan6.com

Keunikan yang paling menonjol dari Desa Adat Ciptagelar ini adalah hampir semua atap rumahnya berbentuk segitiga yang terbuat dari kayu dan bambu. Biarpun terbuat dari kayu dan bambu atap ini tahan gempa dan memiliki nilai filosofis loh. 

via travel.detik.com 

Masyarakat Ciptagelar pantang menggunakan atap dari genteng yang notabenenya terbuat dari tanah. Mereka percaya bahwa kalau menggunakan atap dari genteng sama seperti mengubur diri hidup-hidup, karena hanya orang mati yang pantas dikubur. Bener-bener memegang teguh nilai adat, salut!

via blog.ezytravel.co.id

Konon Desa Ciptagelar telah ada sekitar dari 640 tahun yang lalu, terlihat dari upacara Seren Taun yang sudah digelar ke 647 kali. Buat kamu yang belum tahu, Seren Taun adalah upacara adat yang merupakan bentuk syukur atas hasil panen. Upacara ini digelar setiap minggu pertama bulan September dengan menyerahkan hasil bumi ke dalam Leuit atau lumbung.

via jhonyhutapea.wordpress.com

via merahputih.com 

 Gak cuma itu, masyarakat Desa Ciptagelar juga punya pentas syukuran Mapag Purnama yang digelar setiap malam ke-14 sebelum bulan purnama. Beragam pertunjukan tradisional digelar saat syukuran Mapag Purnama, mulai dari Jaipong sampai pagelaran musik angklung.

via www.antarafoto.com

via travelingsukabumi.blogspot.co.id

via www.mongabay.co.id

Nilai-nilai adat yang tetap dipegang teguh oleh masyarakat Desa Ciptagelar patut diacungi jempol nih. Budaya di Desa Ciptagelar sangat kental sekali, dapat dilihat dengan masyarakatnya yang saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Kalau di perkotaan kamu lihat orang menunduk untuk lihat gadget, tapi di Desa Ciptagelar kamu akan lihat orang menundukan kepala seraya menebar senyum, itu cara mereka menyapa orang lain. Hangat banget kan! Gimana? Udah siap jadiin Desa Ciptagelar sebagai tujuan liburanmu?

via indonesia.tripcanvas.co

via  flickr.com

 

Detail informasi 

Lokasi : Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Harga tiket masuk : Gratis!

 

3. Emang Bisa Daerah Bekas Tambang Jadi Danau? Tenang, Sukabumi Punya Danau Bacan!

Inget gak sih batu bacan pernah in banget di Indonesia? Kok bisa jadi danau ya? Eiits jangan salah! Danau Bacan ini ternyata bukan tempat tambang batu bacan ya guys. Danau Bacan yang merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Sukabumi adalah danau yang sebenarnya gak sengaja kebentuk dari cekungan bekas area pertambangan batu zeolit milik CV Bukit Alam Hijau yang terisi oleh air hujan. 

via lihat.co.id

Kalau bukan tempat tambang batu bacan kenapa namanya danau bacan ya?Usut punya usut, ternyata danau Bacan dinamakan demikan oleh masyarakat sekitarnya karena warna air danau yang berwarna hijau seperti warna batu bacan. Warna hijau itu sendiri berasal dari bebatuan yang berwarna hijau di dasar danau Bacan, jadi pas terkena sinar matahari air nya seolah-olah berwarna hijau. Tentu hal ini jarang ditemui dan menjadikan danau bacan unik dibanding danau lainnya.

via  ngadem.com 

Panorama keindahan Danau Bacan ini sukses bikin banyak wisatawan dateng untuk fotoan di sini. Sekilas sih bener-bener kayak ada di luar negeri ya. Buat kamu yang suka rapihin feed Instagram atau suka hunting tempat foto yang asik bisa banget nih jadiin Danau Bacan sebagai next destinasi kamu.

via ceritabagus.com

via lihat.co.id

via sportourism.id 

Keren kan? Buat kamu yang mau mengunjungi Danau Bacan dan nenarsisan di sini, jangan lupa tetap utamakan keselamatan ya, karena danau ini masih rawan longsor. Dan jangan lupa jaga kebersihan karena sayang banget kalau foto yang mau kalian upload ke Instagram gak eye catching karena ada penampakan sampah.

via treveling01.blogspot.co.id

via www.instagram.com/adhigum 

 

Detail Informasi 

Lokasi : Desa Bojongharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Harga tiket masuk : Gratis! 

Biaya parkir :

Motor :  Rp. 2.000

Mobil : Rp. 5.000. 

 

4. Nyantai Sambil Ngaso di Curug Cikaso

Emang gak salah sih kalo Sukabumi dinobatkan sebagai tempat sejuta curug alias air terjun. Salah satu curug yang paling hits di Sukabumi adalah Curug Cikaso, yang terletak gak jauh dari Pantai Ujung Genteng. 

via wisatajabar.com 

via wisatasenibudaya.com

Untuk sampai ke Curug Cikaso, kamu harus jalan kaki sejauh 300 meter terlebih dahulu, melewati persawahan dan jalan setapak dari tanah. Untuk mempermudah, kamu bisa mengambil alternatif dengan menaiki perahu menyusuri sungai. Kamu akan dibawa selama 5 menit perjalanan oleh perahu berkapasitas sampai 10 orang hingga akhirnya sampai di Curug Cikaso ini. 

via tempo.co

via merdeka.com

Kalo diliat dari jauh, Curug Cikaso keliatan gede banget. Tapi ternyata, Curug Cikaso ini merupakan gabungan 3 curug yang berdempetan yaitu Curug Aki, Curug Meong dan Curug Aseupan.  

via. bygtrip.blogspot.com 

via asyharstf08.wordpress.com

Curug Cikaso terkenal dengan airnya yang jernih dan berwarna hijau muda. Dengan dikelilingi pepohonan yang rindang dan dilengkapi bunyi gemericik air yang nenangin, suasana yang ada di sini jadi kerasa syahdu jadi cocok banget buat kamu nyantai sambil ngaso.

via Indonesia-Tourism.com

Biarpun Curug Cikaso ini punya pemandangan yang indah banget, jangan terlena ya! Tetap utamakan keselamatan karena gak tanggung-tanggung kedalaman dari Curug Cikaso ini cukup dalam yaitu 22 meter. Jadi kalau kamu ingin main air atau nyebur ke Curug Cikaso ini pastikan bisa berenang ya! Buat kamu yang gak bisa berenang tenang aja karena kamu bisa sewa ban di sini. 

via haluannews.com

 

Detail Informasi

Lokasi : Dusun Ciniti, Cibitung, Kec. Surade, Cibitung, Sukabumi

Harga tiket :

Tiket masuk :  Rp.3.000/orang, 

Kendaraan roda empat : Rp. 27.000 

Biaya kebersihan : Rp. 2.000

Sewa Perahu : Rp.80.000 - Rp.120.000/perahu

 

5. Definisi Surga Jatuh Ke Bumi? Geopark Cileteuh Jawabannya

Gila banget sih tempat satu ini di Sukabumi yang belum terjamah orang, Geopark Ciletuh. Destinasi liburan yang wajib banget kalian pertimbangin untuk kesini, pasalnya di Geopark Ciletuh ini punya banyak tempat yang bisa kalian eksplor. Mulai dari curug yang jumlahnya hampir selusin sampai bukit yang berbatasan langsung dengan laut lepas. 

via Inisukabumi.com

via nusantaride.com

 Gak perlu jauh-jauh ke Amerika kalau mau liat Air Terjun Niagara, karena Sukabumi punya duplikatnya di Geopark Ciletuh, namanya Curug Awang. Yang bikin Curug Awang di Geopark Ciletuh gak kalah keren dari Air Terjun di luar negeri adalah ciri khas uniknya, yaitu dinding batu yang tinggi berwarna merah kecoklatan. 

via indonesiana.co.id

Warna air yang jatuh dari curug awang ini juga menyesuaikan pada musim, kalau musim hujan airnya akan berwarna kopi susu karena membawa endapan tanah yang berada di lintasan sungai ciletuh dan kalau musim kemarau airnya akan berwarna putih. Tentu kamu akan merasakan jalan-jalan ke luar negeri dengan mengunjungi Curug Awang di Geopark Ciletuh.

via www.tripadvisor.co.id

Selain Curug Awang, Geopark Ciletuh juga punya curug lainnya yang bakal bikin mata kamu terpana. Ada juga Curug Sodong yang masih sangat asri dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Pepohonan yang ada di Curug Sodong ini menambah suasana rindang dan teduh, cocok banget buat detox paru-paru dengan udara bersih dan segar di Curug Sondong ini. 

via vebma.com 

via inisukabumi.com 

Masih ngomongin curug di Geopark Ciletuh, Curug Cimarinjung gak kalah indahnya tetap masih berada di kawasan Geopark Ciletuh namanya. Selain debit airnya yang sangat besar, yang khas dari Curug Cimarinjung ini adalah aliran airnya berwarna coklat. Eitss warna coklat pada airnya bukan karena curug ini kotor loh! Konon katanya hal ini dikarenakan adanya penambangan emas di hulu Sungai Ciletuh, dan warna coklat ini sudah ada saat zaman Belanda. Udah lama banget kan?

via  lialt.blogspot.co.id 

Sayangnya akses jalan menuju Curug Cimanrinjung cukup sulit ditempuh dan masih belum dilengkapi fasilitas yang memadai seperti tempat makan dan tempat mandi. Tapi, untuk kamu yang suka berpetualang dengan kegiatan outdoor atau punya hobi panjat tebing tempat ini wajib banget kamu coba buat jadiin sasaran petualangan.

via kompasiana.com 

Curug Cimanrinjung ini justru jadi tempat yang cocok untuk kamu macu adrenalin. Makin menantang, makin seru kan?

via zonalibur.com

Kalo udah ada di Geopark Ciletuh, jangan lewatkan buat mampir ke Puncak Darma yang merupakan salah satu spot tertinggi di kawasan Geopark ini. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan eksotis dari atas bukit yang menghadap langsung ke laut lepas. Dari atas Puncak Darma inilah kamu bisa melihat Teluk Ciletuh dan Pantai Palangpang dengan jelas yang membentuk tapal kuda. 

via www.pikiran-rakyat.com

via allevents.in 

via ridwanderful.com

via imgrum.net

Gak heran deh Geopark Ciletuh dianggap sebagai surga tersembunyi di Sukabumi, karena semua objek wisatanya komplit banget mulai dari pantai, airterjun alias curug, pemandangan bukit, tebing, sawah, hingga tracking menuju puncak bukit. Pokokny Geopark Ciletuh bakal jadiin liburan kamu antimainstream dengan segala keindahannya!

 

Detail Informasi 

Lokasi : Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Harga tiket masuk : 

Curug Awang : Rp.3.000/orang

Curug Sondong : Rp. 3.000/orang

Curug Cimarinjung : Rp.3.000/orang

Bukit Darma : Rp. 5.000

 

6. Dag-dig-dug Pacu Adrenalin di Sungai Citarik

Udah ga usah diragukan lagi spot paling sabi buat rafting adanya dimana, Sukabumi udah juara bangetlah pokoknya. Ini dia Sungai Citarik yang paling terkenal untuk pacu adrenalin kamu dengan olahraga rafting. 

via anekatempatwisata.com

Rafting di Sungai Citarik ini termasuk pada klasifikasi sungai grade IV karena karakteristik jeramnya yang panjang dan menyambung, serta kemiringan yang ekstrim ditambah dengan bebatuan besar di sekitar jeram. Lumayan banget kan untuk olahraga jantung? Nah kamu punya beberapa pilihan jarak yang bisa kamu lalui saat rafting ada jarak 5 km, 9 km, atau 12 km dengan durasi rafting 1-2 jam. 

via sukabumi.kotamini.com 

Gak hanya basah-basahan dan menantang arus yang deras, di Sungai Citarik ini mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih alami banget. 

via bijakkata.wordpress.com

Rafting di Sungai Citarik ini bukan permainan yang membahayakan kok, disini akan dipandu oleh para guideyang bersertifikat dan dilengkapi dengan peralatan keamanan yang memenuhi standar keselamatan.

via travel.detik.com 

Biasanya Sungai Citarik udah jadi langganan perusahaan buat outing dan jadi ajang membangun kerjasama tim. Gak heran sih karena Sungai Citarik emang memiliki arus yang lumayan besar dan pasti bakal sukses bikin kamu ketagihan.

via alidesta.wordpress.com

Gimana? Udah siap dibuat dag-dig-dug oleh terjangan arus di Sungai Citarik? Ajak keluarga atau temen-temen deket kamu kesini dijamin liburan kamu makin seru! 

 

Detail Informasi 

Lokasi :  Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Harga :

5 km : Rp. 215.000*

9 km : Rp. 285.000*

12 km : Rp. 375.000*

*minimal 10 orang 

 

7. Berselancar Menunggang Ombak di Cimaja

Kalian tau gak sih kalo Sukabumi punya icon yang udah terkenal ke mancanegara bagi para peselancar? Pantai Cimaja namanya! Pantai ini terkenal dengan gulungan ombaknya yang menantang dan sekelas dengan ombak di kepulauan pasifik. 

via krakatau-tour.com

Kalau kamu jalan-jalan ke Pantai Cimaja ini kamu gak cuma temuin ombak yang menantang,  tapi di sini kamu bakal liat panorama antimanstream yang jarang dimiliki pantai pada umumnya.

 Biasanya di pantai pada umumnya memiliki permukaan yang berpasir, berbeda dengan Pantai Cimaja ini punya permukaan batuan-batuan yang ada di sekitar pantai. Wah jadi tambah eksotis kan? 

via  merahputih.com 

via bandung.panduanwisata.id

Di Pantai Cimaja juga sering loh jadi tempat turnamen berselancar tingkat nasional dan internasional bagi para peselancar profesional. Sudah pasti jadi tontonan menarik banget nih melihat para peselancar menantang ombak.

via krakatau-tour.com 

via surfingindonesia.org 

Buat para pemula juga gak masalah banget buat coba belajar surfing di Pantai Cimaja ini. Ombak disini aman kok buat pemula jadi kamu gausah khawatir akan terseret atau tergulung ombak. Udah gitu ada banyak pelatih di sekitar pantai yang siap ngajarin kamu menunggangi ombak, dan dijamin langsung bisa paham dasar-dasar surfing. Ohiya, gak usah repot-repot bawa papan surfing yang kamu pun belum tentu punya, karena di Pantai Cimaja ini udah tersedia tempat penyewaan papa selancar loh.

via travel.detik.com 

Tuh kan kalau bosen ke Pelabuhan Ratu kamu bisa jadiin Pantai Cimaja ini sebagai alternatif tujuan wisata kamu. Pantai ini juga cocok banget buat kamu yang minat untuk belajar surfing karena semua fasilitas lengkap, pokoknya ramah banget deh buat newbie!

 

Detail Informasi

Lokasi : Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat,

Harga :

Tiket Masuk : Rp.5.000

Belajar Surfing : Rp. 250.000 – Rp. 300.000/2,5jam (sudah termasuk sewa papan selancar)

 

8. Anteng Nikmatin Sunset di Pantai Ujung Genteng

Ini dia primadona paling populer sejagad Sukabumi, apalagi kalau bukan Pantai Ujung Genteng. Keindahannya jangan ditanya deh, kamu boleh buktiin kalo gak percaya. Pasalnya pantai ini memiliki garis pantai yang panjang membentang dan berpasir putih dengan air yang jernih. Hehe gak beda jauh lah kayak di Gili Trawangan di Lombok.

via ksmtour.com 

via katadia.com 

Selain bisa berenang-berenang asik, di Pantai Ujung Genteng kamu juga bisa lihat penangkaran penyu hijau yang gemesin banget. Naaah penangkaran penyu hijau ini dibuka untuk umum  pada pagi dan sore hari. Kamu bisa main sama penyu-penyu hijau ini sambil foto-foto atau bahkan kamu juga bisa juga melepaskan bayi penyu-penyu yang sudah siap untuk dilepaskan ke pantai setiap sore hari. 

via merdeka.com 

via eksploreujunggenteng.wordpress.com

via wiranurmansyah.com

Masih di kawasan Ujung Genteng kamu bisa mampir juga ke Pantai Cipanarikan. Yang unik dari pantai ini adalah karena letaknya yang ada di pertemuan aliran Sungai Cipanarikan dengan laut sehingga membentuk hamparan pasir putih yang luas banget, saking luasnya kamu akan ngerasa kayak lagi di gurun pasir!

via liburmulu.com 

via instagram.com/alfitsaputro

Saat paling sabi buat ke Pantai Cipanarikan adalah sore hari. Soalnya kamu bisa nikmatin sunset di pinggir pantai apalagi sambil minum air kelapa, panteslah disebut kenikmatan yang hakiki yang bikin kamu gak pengen pulang.

via backpackologi.me

 

Detail Informasi 

Lokasi : Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat 

Harga Tiket : Rp. 10.000

 

9. Cirajeg, Keindahan Curug Di Tengah Sawah

Biasanya kamu pasti temuin curug itu ada di tengah hutan kan? Atau ada di sekitar pegunungan, nah beda nih ada satu curug yang letaknya ada di tempat yang gak biasa alias ditengah sawah. Ini dia Curug Cirajeg. 

via instagram.com/rianmaygi01

Nah kalau kamu mampir ke kota Sukabumi sekalian aja mampir Curug Cirajeg, dengan jarak tempuh sekitar 1-2 jam dari Kota Sukabumi kamu bisa nikmati curug yang beda suasananya dari curug yang lain. Karena curug ini letaknya di sekitar pematang sawah, akses untuk kendaraan melintasi curug ini belum tersedia, jadi kamu harus menyusuri jalan setapak untuk sampai ke curug ini. Itung-itung olahraga biar badan makin bugar, udah gitu mata kamu bakal sehat karena sejauh mata memandang kamu bakal liat hamparan sawah super hijau yang membentang. 

via dyaiganov.wordpress.com

via dyaiganov.wordpress.com

Lelahnya perjalanan menuju Curug Cirajeg akhirnya bakal terbayarkan setelah merasakan segarnya gemercik air dari curug ini. Airnya jernih banget, kamu bakal liat pemandangan yang kontras antara warna air yang jernih, dinding batuan yang warna hitam, dan warna hijau sawah disekitar curug, ini yang bikin nuansa alami dari Curug Cirajeg makin terasa.

via satubumikita.blogspot.com

Di Curug Cirajeg kamu gak perlu khawatir takut tergelincir, soalnya batu di curug ini gak terlalu licin. Bahkan kamu bisa duduk tepat di bawah jatuhan air Curug Cirajeg, pokoknya serasa lagi di pijat-pijat. Tapi biarpun batunya gak terlalu licin tetep harus hati-hati loh yaa.

via instagram.com/halomoan_mestoko_aritonang

Buat kamu yang mager bilas badan dan gamau basah-basahan, calm down di curug Cirajeg masih ada spot khusus buat kamu. Di sini terdapat batuan yang cukup luas dan datar kalo kamu pengin sekedar main air. Aliran sungai yang ada di Curug Cirajeg masih relatif dangkal, tapi juga ada bagian-bagian yang dalam, jadi kamu harus tetep hati-hati loh yaa.

via helo-pet.com

via  instagram.com/menks_mansion89 

via instagram.com/aimnu1111 

Emang sih Curug Cirajag masih punya kekurangan akses yang gak gampang dilalui, tapi justru itu yang bikin keasrian curug ini masih tetap terjaga. Jadi ya kamu bisa buktiin sendiri kalo kesini, pokoknya effort yang dikeluarin sebanding deh sama keseruan yang didapat.

 

Detail Informasi 

Lokasi : Dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Harga : Gratis 

 

10. Saingi Bukit Moko, Bukit Karang Numpang Siap Jadi Destinasi Baru

Gak perlu mendaki lama untuk melihat sensasi pemandangan negeri diatas awan karena Bukit Karang Numpang bisa kasih kamu itu. Bukit Karang Numpang sukses nih jadi pesaing baru Bukit Moko di Bandung.

via lihat.co.id

Disini kamu bisa melihat pemandangan Kota Sukabumi dari atas yang memanjakan mata kamu. Dikelilingi hamparan sawah yang membentang, bikin kamu berasa banget ada di pedesaan. 

via lihat.co.id

Yang asiknya lagi, Bukit Karang Numpang punya spot batu-batu besar. Pas banget kalau kamu jadiin sebagai tempat hunting foto untuk ngisi feed di Instagram.

via instagram.com/nurdin_firmansyah2

via instagram.com/agilcahyo1933

via instagram.com/agilcahyo1933

via instagram.com/yudiisetiawan 

Kalau masih betah di Bukit Karang Numpang, tenang aja kamu bisa bawa tenda dan perlengkapan camping lainnya untuk bermalam di sini sambil menunggu sunrise muncul. Apalagi campingnya bareng temen, wih main tambah seru deh.

via instagram.com/lutfirhmn_

via instagram.com/sukabumieksplore

via instagram.com/amazingwestjava

Bukit Karang Numpang cocok banget buat jadi destinasi kamu-kamu yang seneng jalan-jalan ngebolang sambil hunting pemandangan keren. Gak cuma itu biaya yang kamu keluarin dijamin gak akan bikin kantong kering.

 

Detail Informasi 

Lokasi : Kecamatan Gunung Guruh, Kabupaten Sukabumi.
Harga Tiket : Rp. 3.000 (untuk mencapai puncak akan dikenai biaya tambahan Rp.2.000)

 

11. Menenangkan Diri Dengan Pemandangan Sabi di Situ Sukarame

Merasa penat dengan hiruk pikuk kehidupan di kota? Mungkin Situ Sukarame di Sukabumi bisa kamu jadiin alternatif pelarian kamu. Situ Sukarame merupakan danau buatan yang terletak di tengah hamparan kebun teh di kaki Gunung Salak. Gak salah kalo kamu akan merasa tenang dan damai di sini karena Situ Sukarame dikelilingi pepohonan yang hijau dan rindang.

via artikelsukabumi.blogspot.co.id

via mystory.wordpress.com

Situ Sukarame dijamin gak bakal bikin kamu bosen. Banyak banget kegiatan yang gak cuma menenangkan tapi juga akan menghibur kamu di Situ Sukarame ini. Misalnya adalah memancing atau sekedar berkeliling Situ dengan mendayung perahu.

via kreasitekno.co 

via hilmanseptiawan.wordpress.com 

via obyekpariwisatasukabumi.blogspot.com 

via radarsukabumi.com 

Situ Sukarame ini dikelilingi oleh perkebunan teh, hutan pinus dan hutan damar yang rindang. Selain itu ada tujuh sungai yang mengairi danau ini yaitu Cipangelah, Cikahuripan, Citaman, Cisalada, Cimaci, Cisarandi dan Cisela. Pastinya pemandangan ini bakal bikin pikiranmu yang pusing kerjaan akan tenang.

via mystory.wordpress.com 

via radarsukabumi.com 

via senidanbudayabarat.blogspot.com 

Nilai plus deh buat Situ Sukarame dengan suasana alamnya, sensasi main air ditengah udara dingin khas pegunungan. Namanya aja sukarame, kebayang dong betapa serunya kalo kesini rame-rame?

 

Detail Informasi 

Lokasi : Parakan Salak, Sukabumi, Jawa Barat. 

Harga Tiket

Kawasan Situ Sukarame : Rp. 5.000

Sewa Rakit/Perahu Bebek : Rp. 10.000 – Rp. 30.000

 

12. Fotoan di Atas Tebing Panenjoan yang Gak Bakal Kamu Lupakan

Suka hunting pemandangan keren nan aestethic buat ngisi feeds instagram? Silahkan datengin Tebing Panenjoan karena  di tempat ini kamu bakal temuin spot-spot berlatar belakang pemandangan alam yang eksotis. Tempat wisata yang terletak 250 meter di atas permukaan laut ini akan membuat kamu jatuh hati dengan bentangan pemandangan yang disuguhkannya.

via auliamia.wordpress.com 

via lihat.co.id

via bolehtanya.com 

Tebing Panenjoan ini masih terletak di pintu masuk menuju Geopark Ciletuh. Walaupun terletak di daerah yang cukup tinggi, kamu gak perlu khawatir karena untuk menunjang keselamatan di sini udah dipasang pagar buat perlindungan supaya para pengunjung gak jatoh dan tergelincir ke bawah. Wuiih udah safety ya..

via madewahyuni.net 

via klikhotel.com 

via ridwannurarifin.blogspot.com 

Kalo kamu udah sampe kesini, kamu bakal lewatin tebing-tebing yang diatasnya disangga dengan bambu yang membentuk jembatan. Dari atas jembatan ini kamu bakal ngerasain udara yang sejuk khas pegunungan ditambah lagi sama hamparan pohon teh dibawahnya. Eh jangan underestimate dulu ya, meskipun terbuat dari bambu, tenang jembatan ini tetep aman kok dilewati banyak wisatawan.

via detiktravel.com 

Kalau kamu kebetulan datang ke Tebing Panenjoan pada sore hari, percayalah kamu jadi orang yang beruntung banget karena kamu akan menyaksikan sunset dari ketinggian Tebing ini. Foto ala ala silhouette gitu dari sini sabi kali ya? 

via lihat.co.id

via lihat.co.id

Buat sampe ke Tebing Panenjoan, medan yang bakal kamu laluin gak sulit kok. Fasilitas jalan udah oke banget karena di bangun sejauh 33,5 km dengan rapi dan aman mulai dari Waluran sampai ke Desa Taman Jaya. Fasilitas lainnya pun juga sudah dirapihin, soalnya Tebing Panenjoan juga termasuk dalam wilayah pintu masuk Geopark Ciletuh. Jadi sebelum ke Geopark Ciletuh kamu bakal disabut dulu nih sama Tebing ini. 

via efenerr.com 

via sukabackpack.blogspot.com 

Buat ngabisin hari libur atau long weekend kamu bisa jadiin Tebing Panenjoan buat rehat sebentar dari sibuknya kerja. Kalau Bandung punya Tebing Keraton, ini saatnya buat kamu kenalin ke dunia kalau Sukabumi punya Panenjoan yang gak kalah kerennya.

 

Detail Informasi 

Lokasi :  Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp. 5.000

 

13. Rileksasi Sambil Berendam Air Panas di Cipanas

Kamu pasti pernah dong ngerasa lelah banget lewatin hari-hari sibuk kerja, atau penat sama perkuliahan. Nah itu artinya kamu lagi kurang piknik, badan kamu lagi lelah, dan butuh buat dirileksin. Tamasyeh sih saranin kamu buat berendam di pemandian air panas. Nah tempat paling tepat ada di pemandian air panas Cipanas nih.

via wisataalam.com 

Disini kamu bakal temuin keunikan dari pemandian air panas di Cipanas, jadi sebelum masuk ke tempat pemandian air panas, kamu akan melewati jembatan gantung, yang dibawahnya dialiri sungai bebatuan. Saat kamu lewatin jembatan ini kamu bakal disambut sama uap-uap hangat yang muncul dari bawah sungai. Nah uap hangat yang bercampur sama udara dingin di sini bakal bikin kamu jadi gak sabar buat cepet-cepet nyemplung dan berendam.

via indonesiakaya.com 

Keunikan yang paling utama dari pemandian air panas di Cipanas adalah sumber air panasnya bukan berasal dari mata air seperti pemandian pada umumnya. Jadi air panasnya tuh bersumber dari geyser yang keluar dari kerak bumi. Jadi rasanya kayak disembur-sembur gitu dehh.

via sportourism.id

via dendidupi.blogspot.com 

Semburan air dari geyser ini menghasilkan sensasi seperti dipijat-pijat, ditambah dengan air yang hangat. Duh efektif banget deh buat meregangkan otot-otot setelah sibuk bekerja. 

via indonesiakaya.com 

Jadi konon katanya air panas di Cipanas diyakini bisa nyembuhin berbagai macam penyakit seperti penyakit rematik dan penyakit kulit. Mungkin hal ini juga jadi salah satu daya tarik yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi. Buat yang punya penyakit hati, patah hati, putus cinta, coba aja berendem di air panas Cipanas, siapatau bakal terobati juga.

via dindingkota.com 

Kalo kamu kebetulan lagi jalan-jalan ke Garut, jangan sia-siain kesempatan kamu dateng ke Pemandian Air Pans Cipanas. Manjain diri kamu disini dengan refleksi alami semburan geyser.

 

Detail Informasi 

Lokasi : Kaki Gunung Guntur, Kecamatan Tarogong, Garut, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp.15.000

 

14. Puas Foto-foto di Karang Berbentuk Unik di Pantai Ombak Tujuh 

Setiap kali kamu mau ke pantai, pasti nama kuta, gili trawangan, atau raja ampat udah terlalu sering kedengeran di telinga kamu. Nah dari pada jauh-jauh mending kamu cari alternatif lain yang gak kalah keren dari pantai-pantai itu. Kali ini tamasyeah bakal kasih tau kamu kamu kalo Sukabumi juga punya pantai unik. Ini dia Pantai Ombak Tujuh yang letaknya gak jauh alias cuma 15 km dari Ujung Genteng.

via jamujuadventure.com 

via duniaelektron.blogspot.co.id

via buahhatiku.com 

via inisukabumi.com 

Jadi tempat wisata Pantai Ombak Tujuh sering banget dikunjungi oleh para peselancar. Karena lokasinya yang berbatasan dengan Samudera Hindia, pantai ini ketinggian ombaknya gak santai, alias bisa mencapai 6 meter. Bakal sukses deh bikin adrenalin kamu jadi terpacu.

via buahhatiku.com 

via backpackerjakarta.com 

via zonalibur.com 

via chirpstory.com 

Buat bisa sampe ke Pantai Ombak Tujuh ini medan yang harus kamu lewatin emang bakal cukup sulit. Banyak pilihan yang bisa kamu ambil nih, jadi kamu bisa mengendarai ojek selama 2 jam, berjalan kaki selama 6 jam atau yang paling cepat dengan naik perahu selama 1 jam. Meskipun perjalanannya sangat panjang tapi percayalah saat kamu sampai di Pantai Ombak Tujuh kamu bakal ngerasa worth it banget melakukan perjalanan ke sini. 

via pulsar.or.id

via braybray19.wordpress.com 

Selain surfing, para pengunjung di sini juga sering menjadikan karang-karang unik yang menjorok ke laut sebagai background berfoto. Gak jarang juga orang-orang yang mau nikah menyambangi pantai ini buat foto prewedding mereka. Nah kalau anak muda sih udah ketebak deh di Pantai Ombak Tujuh bakal ketemu spot foto keren pasti tujuannya buat jadi bahan koleksi di Instagram.

via allanbellamyindiebikepacker.blogspot.co.id

via liburan-ujunggenteng.blogspot.co.id

via travelingyuk.com

via instagram.com/ebottebott

Emang gak kalah keren deh Pantai Ombak Tujuh ini sama pantai lainnya. Karena letaknya berdekatan sama Pantai Ujung Genteng, bisa banget nih buat kamu yang lagi berniat ke Pantai Ujung Genteng sekalian aja list juga Pantai Tujuh Ombak sebagai tujuan liburan kamu. 

Detail Informasi 

Lokasi : Desa Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp. 5.000

 

15. Back to Nature dengan Ber-camping Ria di Gunung Sunda

Kebanyakan dari kamu pasti pengen ngerasain camping di puncak gunung, tapi biasanya kalau camping atau hiking ke gunung dibutuhkan stamina yang fit dan persiapan yang matang. Buat para pendaki pemula kamu bisa tetep bisa camping dengan persiapan yang gak ribet di Gunung Sunda. Sebenernya ketinggan dari Gunung Sunda ini cuma sekitar 600 meter di atas permukaan laut. Mungkin dari pada disebut sebagai gunung, Gunung Sunda lebih cocok disebut sebagai bukit sih ya. Tapi mau gimana lagi masyarakat disini udah kebiasa menyebutnya Gunung Sunda, jadi ya dikenallah tempat ini sebagai sebuah gunung bernama Gunung Sunda.

via twitter.com/alfanmaullana

Perjalanan untuk sampai ke puncak Gunung Sunda hanya selama 15 menit dari pintu masuk, itu dia alasannya kenapa tempat ini cocok buat para pendaki pemula. Jadi kamu gak perlu khawatir akan kelelahan. Dan juga, disini struktur jalannya udah memadai dengan adanya tangga dan beton. Selain memudahkan kamu untuk mendaki, ini juuga berguna saat musim penghujan tiba, resiko kamu kepeleset atau tergelincir sudah diminimalisir.

via sukabumitoday.com 

Kalau kamu udah sampe diatas Gunung Sunda, kamu akan disuguhi pemandangan berupa hamparan sawah yang membentang hijau sepanjang mata memandang. Lelah keringet yang mengucur waktu mendaki benar-benar terbayarkan deh.

via sisihidupku.wordpress.com

via instagram.com/gunungsundaadventure

via instagram.com/gunungsundaadventure

Menjelang malam hari udara dingin di Puncak Gunung Sunda udah mulai menusuk kulit, tapi kamu disini bakal tertakjub-takjub dengan keindahan lampu-lampu perkotaan yang kamu lihat dari atas.  Berasa kayak lagi di taman bintang, bikin suasana jadi romantis. Apalagi sambil minum kopi panas yang menghangatkan badan. 

via awasdisini.com

via instagram.com/igit_17

via instagram.com/witryuu_

Setelah puas nikmatin lampu-lampu dari atas Gunung Sunda di malam hari, pas paginya kamu langsung bisa disambut sama sunrise juga di tempat ini. 

via instagram.com/uisloisya14

via instagram.com/ernacahyaniyuki

via instagram.com/nany_ai 

Gunung Sunda emang gak salah sih dijadiin tujuan wisata. Disini kamu bakal dikasih paket kombo yang lengkap liburan murah tapi gak murahan. Dari atas puncak Gunung Sunda yang tingginya gak tinggi banget kamu bakal ngerasain sunset, sunrise, dan city light disatu tempat. Pokoknya buat para pendaki pemula, tempat ini recommended banget deh.

 

Detail Informasi

Lokasi : Jl. Siliwangi, KM 03, Desa Padaasih, Kecamatan Cisaat, Kabupaten

Sukabumi, Jawa Barat

Harga Tiket : Rp. 5.000

 

Nah itu dia rekomendasi 15 tempat wisata di Sukabumi dari Tamasyeah yang wajib banget kamu kunjungi. Suasana back to nature yang disediakan di Sukabumi pastinya bakal bikin kamu melupakan hectic-nya suasana perkotaan dan yang jelas balikin positive mood kamu. Yuk, main ke Sukabumi!


editor
Editor Natasya Afditami
being a law student doesn't deter her to actively involved in creative and press organization in her campus and also write several articles on her free time.

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.