Puas Jelajahi Luasnya Alam Bebas di 17 Taman Nasional Indonesia


Best of Indonesia - Sport & Adventure - 274 Hits

Udah merupakan rahasia umum kalau alam Indonesia memang kaya dan beragam. Oleh karena itu, gak heran jika Indonesia punya lebih dari 50 taman nasional. Gak disangka-sangka, berbagai Taman Nasional dari Aceh hingga Papua tersebut bukan cuma berfungsi sebagai tempat konservasi alam saja loh, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif liburan yang asik! Beberapa mungkin udah gak asing lagi di telinga kamu, tapi banyak juga taman-taman nasional yang namanya belum pernah kamu dengar sebelumnya karena memang belum begitu terekspos. So, berikut kami berikan rekomendasi 17 taman nasional yang cocok buat jadi tujuan liburanmu!

 

1. Puas Snorkeling Bareng Teman di Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah

Taman Nasional yang sedang naik daun ini terletak di Teluk Tomini, Provinsi Sulawesi Tengah dan dikenal para wisatawan karena keindahan alam baharinya. Taman Nasional ini terdiri dari gugusan pulau-pulau yang menyusun Kepulauan Togean di Kabupaten Tojo Una-Una. Disana terdapat 6 pulau besar dan 60 pulau-pulau kecil yang secara total memiliki luas ekosistem laut seluas 262.000 hektar dan ekosistem darat seluas 70.000 hektar. 

via indoholidaytourguide.com

via indonesiatravelling.com 

via indonesiawow.com

Taman Nasional Togean ini dikenal dengan pulau-pulau indah plus pantai berpasir putihnya. Selain itu, kekayaan biota laut yang kaya ditambah terumbu karang yang cantik dan beragam dijamin bikin kamu pingin banget kesini. 

via wikimedia.org

via tempo.com 

via instagram.com/togeanjourney

Selain kegiatan olahraga air, di kepulauan ini juga banyak kegiatan-kegiatan di daratan yang bisa kamu lakukan, seperti sunbathing di tepi pantai, berjalan di dermaga, menikmati alam hutan di pulau dan melakukan birdwatching. 

via utiket.com 

via xplorcentsi.com 

via tamanasional.org 

Soal penginapan juga jangan khawatir, karena di kepulauan Togean ini banyak tersedia berbagai jenis penginapan mulai dari cottage yang low-budget sampai yang agak fancy pun juga ada. Terserah kamu mau pilih yang mana.

via togeanjourney.com 

via instagram.com/togeanjourney

 

2. Serasa Lagi di Afrika Saat Main ke Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

Taman Nasional dengan julukan Africa van Java ini terletak di ujung timur pulau Jawa tepatnya dekat daerah Banyuwangi dan Situbondo di Provinsi Jawa Timur. Taman nasional seluas 250 km2 ini mendapatkan julukan tersebut karena bentuk ekosistem taman yang didominasi oleh vegetasi sabana seperti di Afrika. 

via balurannationalpark.web.id

via balurannationalpark.web.id

Namun selain menikmati keindahan sabana, disana kamu juga dapat melihat banyak satwa liar dalam habitat aslinya, seperti rusa, monyet, burung merak dan berbagai jenis burung lainnya.

via wisataterbaru.com 

via travel.detik.com 

via banyuwangibagus.com 

Bahkan saking banyak nya satwa liar yang ada disini, kita dapat bersua dengan satwa tersebut dari pintu masuk Taman Nasional. 

via hargatiketwisata.com

via eastjava.com 

Selain wisata sabana, di dalam taman nasional ini juga terdapat pantai-pantai indah, salah satunya yaitu Pantai Bama yang dikelilingi kawasan hutan mangrove. Di Pantai Bama, kamu bisa berjemur, snorkeling atau naik perahu kano! Selain itu kamu juga bisa melakukan kegiatan lain seperti trekking di Gunung Baluran atau berwisata sejarah ke Goa Jepang

via danyadoel.blogspot.com 

via phinemo.com 

via life.viva.co.id

via kompasiana.com 

 

3. Speedboating di Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional yang terletak di barat daya Provinsi Kalimantan Tengah ini awalnya merupakan Suaka Margasatwa Sampit yang bertujuan untuk tempat perlindungan Orangutan dan Bekantan. Nggak heran kalo taman nasional ini terkenal dengan penampakan mamalia Orangutannya. 

via pontinesia.com 

via pontinesia.com 

via wikipedia.org 

via wisatatanjungpputing.com 

Namun satwa liar yang berada di sini bukan cuma Orangutan, tapi ada juga owa, rusa, kijang, beruang madu dan mamalia air seperti duyung. Kegiatan eco-tourism macam ini belum begitu terkenal di kalangan wisatawan domestik sehingga kebanyakan pengungjung Taman Nasional ini adalah wisatawan asing.

via keypoo.com 

via catatanhisoka.com 

Taman ini dapat dicapai dari bandara terdekat di Pangkalan Bun, dari sana kamu bisa menuju ke Kumai yang berjarak sekitar 8 km dengan kendaraan umum yang memakan waktu sekitar 15 menit. Uniknya adalah perjalanan dilanjutkan menuju ke Taman Nasional Tanjung Puting dengan menggunakan kapal tradisional yang disebut klotok dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, sedangkan speed boat hanya memakan waktu sekitar 1 jam. Nah, saat menyusuri sungai tersebut di kanan kiri kamu bisa melihat pepohonan rimbun dan suara-suara satwa liar. Bener-bener destinasi wisata yang seru dan anti-mainstream kan?

via crossborneotour.com 

via roamindonesia.com 

 

4. Trekking Seru Sambil “Berburu” Satwa Liar di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh

Taman Nasional Gunung Leuser atau yang disingkat TNGL terletak di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Taman Nasional ini merupakan bagian dari Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. 

via get-acehcoffee.blogspot.co.id

via rajapremi.com 

Taman ini berfungsi sebagai tempat konservasi satwa-satwa langka, eksotis dan endemik seperti Harimau Sumatera, Orangutan, Gajah Sumatera, Badak dan berbagai jenis burung langka seperti bangkong. Cocok banget nih buat kamu yang suka alam dan petualangan!

via pedomanwisata.com 

via jalan2.com 

via penabiru.com 

Pintu masuk taman nasional terletak di daerah yang disebut Bukit Lawang, di daerah Bukit Lawang, Sumatera Utara. Di antara Bukit Lawang dan Taman Nasional hanya dipisahkan oleh Sungai Bohorok. 

via indonesiaexpat.biz

via indonesiaexpat.biz

Kegiatan yang dilakukan di sini mostly berkaitan dengan trekking and camping ke dalam hutan serta “berburu” satwa liar. Dikatakan berburu karena jumlah mereka yang sudah sedikit membuat kalian harus trekking lebih jauh ke dalam hutan untuk bisa menyaksikan mereka secara langsung. Tapi jangan khawatir, karena setelah beberapa jam trekking kalian pasti akan tetep bertemu orangutan dan berbagai jenis monyet dan satwa lain. 

via indonesiaexpat.biz

via kaltim.tribunnews.com 

 

5. Hati-hati Terbius Saat Menyelam Bareng Hiu Paus di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Papua Barat

Taman nasional ini merupakan taman nasional laut terluas di Indonesia dan hampir seluruh wilayahnya berupa perairan laut. Taman Nasional ini terletak di Teluk Cendrawasih, Provinsi Papua Barat. Taman Nasional ini menyimpanan keindahan laut yang mempesona dengan lebih dari 150 jenis terumbu karang! Wow! 

via hoteldanwisata.com 

via tempatliburanterbaik.blogspot.com 

via kurabesiexplorer.com 

Selain terumbu karang yang indah, banyak terdapat pula banyak biota laut yang menemani kita kalau kita snorkeling atau diving. Ada penyu, cumi raksasa dan yang menjadi primadona adalah Hiu Paus atau Whale Shark atau Gurano Babintang dalam sebutan lokalnya. 

via belajardiving.com 

via kompasiana.com 

via belajardiving.com 

Gurano Babintang ini berukuran besar dan dapat tumbuh hingga 20 meter. Namun Gurano Babintang terkenal ramah terhadap manusia dan hanya memakan plankton saja. Jadinya kamu bisa snorkeling dan diving bareng hiu paus tanpa perlu takut dimakan.

via tripadvisor.com 

via adventurecartensz.com 

via danintranet.org 

Jangan lupa juga jika ingin menyelam kalian juga harus memiliki sertifikasi menyelam. Waktu terbaik untuk mengunjungi TNTC adalah bulan Mei-Oktober. Tapi nggak perlu khawatir, kalau kamu nggak punya sertifikat menyelam apalagi kemampuan berenang tingkat dasar sekalipun, kamu tetep bisa kok nikmatin keindahan Hiu Paus dari atas permukaan karena mereka suka banget nongol untuk say hello ke pengunjung ?

via mobgenic.com 

via belajardiving.com 

via khatulistiwa.info 

 

6. Danau Tiga Warna yang Mempesona di Taman Nasional Kelimutu, NTT

Tau kan kalau Taman Nasional Kelimutu terletak di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur? Nama Kelimutu diambil dari nama gunung yang berada di daerah itu yaitu Gunung Kelimutu. Yang unik dan menjadi daya tarik dari taman nasional ini adalah keberadaan danau tiga warna, yaitu tiga danau kawah dengan tiga warna berbeda yang dapat berubah-ubah.

via wikipedia.org 

via travel.kompas.com 

Bagi masyarakat sekitar Danau Kelimutu, danau tersebut dianggap sakral dan memiliki latar belakang magis, mereka percaya bahwa arwah orang yang meninggal nanti akan datang dan masuk ke danau tersebut. 

via thejakartapost.com 

via travel.ezinemark.com 

Kebudayaan dan kearifan lokal yang ada di masyarakat sekitar dapat terlihat saat adanya Festival Danau Kelimutu, yaitu acara tahunan yang menampilkan tarian, pameran UKM dan kerajinan, peragaan busanaa, lomba trekking, dan ditutup dengan ritual Pati Ka Du'a Bapu Ata Mata yang merupakan upacara sebagai bentuk komunikasi dan penjagaan relasi dengan leluhur dengan menyajikan makanan khusus hasil panen ke Danau Tiga Warna.

via travel.detik.com 

Ritual Patika ini adalah ritual pemberian sesajen oleh Suku Lio kepada leluhur di Danau Kelimutu, mereka percaya kalau Danau Kelimutu itu tempat peristirahatan terakhir para arwah! Sungguh tradisional sekali bukan?

via travel.detik.com 

via kompasiana.com 

Selain Danau Kelimutu, di taman nasional kita juga bisa melihat berbagai jenis flora dan fauna yang bisa dijumpai saat hiking ke atas Gunung Kelimutu, seperti ayam hutan, kancil, monyet, berbagai jenis burung, juga bunga-bunga dataran tinggi yang indah. Jadi buat kamu yang mau nyari tempat hiking yang unik dan beda dari yang lain, Kelimutu ini lah tempatnya!

via instagram.com/adityakuspriyangga 

via instagram.com/aminkbolo_bolo 

Kalo kalian kesini juga perlu waspada akan tingkah laku monyet-monyet disini! Monyet di Kelimutu ini punya kebiasaan jahil mengambil barang dan makanan! Sungguh usil dan menyebalkan ya

via travel.detik.com 

via travel.detik.com 

 

7. Wisata yang Bikin Melongo di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Jawa Barat

Bagi kalian yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya dan ingin liburan yang back to nature tapi gamau jauh jauh? Ini dia nih jawabannya: Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau TNGGP yang terletak di Bogor. Dengan memiliki 2 puncak yaitu Gunung Gede dan Gunung Pangrango dengan 3 pintu pendakian resmi, menjadikan tempat ini jadi destinasi naik gunung favorit karena letaknya yang dekat Jakarta dan terrain yang relatif mudah untuk pendaki pemula. 

via bandung.panduanwisata.id

Selain untuk naik gunung, pengelola taman banyak membangun fasilitas penunjang wisata seperti jembatan gantung sepanjang 130 meter yang melalui pepohonan, lembah dan air terjun Ciwalen.

via jalanjalanyuk.com 

Lalu, di sana juga ada alun-alun Suryakencana, kaldera, sumber mata air panas, air terjun gua, danau dan berbagai satwa liar juga rumah hutan juga mulai dibangun. objek wisata yang dikunjungi pengunjung. 

via marischkaprudence.blogspot.co.id

via herulegowo.com 

via herulegowo.com 

Beberapa camping ground juga ada di Pondok Halimun, Cipelang, Bobojong dan Barubolang juga menjadi

via melisasianipar.blogspot.com 

 

8. Asik Ngambil Foto di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Mau lihat bagaimana kadal raksasa satwa asli Indonesia ini hidup dengan bebas? Ke Taman Nasional Komodo aja! Taman Nasional seluas 1817km2  yang terbentang meliputi wilayah Nusa Tenggara Timur ini terkenal banget dengan keindahan alam gunung api dan pantainya apalagi persebaran fauna nya yang unik. 

via aboutthejourneys.wordpress.com

via aboutthejourneys.wordpress.com

via aboutthejourneys.wordpress.com

Nah kenapa unik ternyata alasannya adalah Taman Nasional Komodo ini terletak di kawasan Wallacea Indonesia, atau sebuah kawasan yang terbentuk dari pertemuan dua benua yang akhirnya membentuk deretan kepulauan bergunung api dan terdapat banyak fauna campuran dari benua Australia dan Asia.

via lifestyle.okezone.com 

via justkardoman.wordpress.com

via drashokakela.blogspot.co.id

Enggak hanya Pulau Komodo lho guys, ada banyak pulau keren dan pastinya ‘instagrammable’ lainnya seperti Pulau Padar dengan landscape-nya yang juara, pink beach yang berpasir merah muda, Pulau Rinca dengan sabana nya, serta puas mendaki di mendaki di Pulau Gili Laba untuk liat pemandangan yang wow banget, selain itu juga kamu bisa snorkeling atau diving di semua pilihan pulau yang ada. 

via aboutthejourneys.wordpress.com

via id.finspi.com 

via travel.detik.com

via dolphintravelmate.com

 

9. Liburan Fantastis Berhawa Mistis di Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur

Asal mula nama Alas Purwo diambil dari kata ‘Purwo’ yang dalam Bahasa jawa berarti permulaan. Jadi Alas Purwo artinya dalah hutan pertama, maka dari itu juga dikenal sebagai hutan tertua di Pulau Jawa. 

via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

via anekatempatwisata.com 

via tnalaspuwo.org 

Karena hal itu juga Taman Nasional Alas Purwo itu terkenal banget karena alasan mistis nya lho!  Masyarakat sekitar masih percaya kalo di dalamnya terdapat hal-hal gaib, dan mereka masih melakukan semedi setiap tanggal 1 Suro. Taman Nasional ini pas banget buat kalian yang suka hal mistis (bisa sekalian uji nyali!)

via www.yukpiknik.com 

via intaninchan.wordpress.com 

Tapi jangan takut dulu guys, kalau udah liat keindahan alam di dalamnya pasti kalian akan lupa deh sama hal-hal mistisnya. Disini banyak banget satwa liar yang bisa kamu liat secara langsung dari mulai banteng jawa, rusa, kijang, babi hutan, dan ratusan spesies lain yang berkeliaran bebas di padang sabana Sadengan dan hutan bambu.

via anekatempatwisata.com  

via tnalaspurwo.org 

Buat anak-anak pantai tenang aja, disini juga ada Pantai Plengkung sebagai lokasi terbaik untuk surfing, Pantai Trianggulasi, Pantai Pancur dan Pantai Ngagelan. Di sini kamu bisa camping bahkan liat penyu bertelur! 

via yukpiknik.com 

via inisayadanhidupsaya.wordpress.com

via yukpiknik.com

 

10. Berwisata ala Amazon di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten

Kalian tau nggak? Google memasang doodle badak bercula satu saat ulang tahun Taman Nasional Ujung Kulon ke 25 lho!  Menurut data, hanya tersisa 50 ekor badak bercula satu di dunia maka melalui doodle itu Google menghormati Taman Nasional Ujung Kulon. Jadi sekarang tau dong bintang utama yang bikin Taman Nasional ini eksis? 

via damniloveindonesia.com

via youtube.com 

via pbase.com 

Buat yang nanya dimana wilayah favorit di Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Peucang lah pemenangnya. Disini kita bisa trekking, snorkeling dan diving. Pulau Peucang juga sudah terkenal di antara wisatawan mancanegara, apalagi karena di pulau ini sudah memiliki banyak fasilitas pariwisata yang memadai

via damniloveindonesia.com

via tantular.com

Mau coba pengalaman naik sampain menyusuri sungai kaya di Amazon? Nyebrang aja ke Pulau Handeuleum! Disana kalian bisa menyusuri Sungai Cigenter yang dikelilingi hutan hujan tropis lebat sambil melihat fauna-fauna. Seru kan?

via pasirpantai.com 

via hipwee.com 

via gogonesia.com

 

11. Menggapai Mimpi di Taman Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

Buat kalian pecinta mount climbing pasti udah nggak asing lagi sama Taman Nasional atau gunung yang satu ini dong? Yup, Taman Nasional Gunung Rinjani emang udah eksis banget dan jadi gunung yang diimpi-impikan hampir oleh semua pendaki. Gunung dengan ketinggian 3,726 mdpl ini mempunyai banyak jalur pendakian yang pas buat pendaki dari level intermediate sampai level expert

via wisatakita.com

via wisatadilombok.com

Pengen mendaki tapi masih bingung dan takut? Tenang aja banyak kok informasi yang tersedia di internet mengenai hiking di Gunung Rinjani ini! Mulai dari akses sampe spot-spot wisata yang ada di taman nasional ini. Salah satu yang paling memukau adalah mengunjungi Danau Segara Anak yang pasti akan bikin kamu berkesan!

via cheapesttravel.com 

via travel.kompas.com 

Akses menuju puncak gunung Rinjani dapat dicapai dari berbagai jalur. Salah satunya adalah jalur pendakian Torean yang dikenal cukup ekstrim untuk dilalui, tapi dari sini kamu bisa nemuin Air Terjun dan sumber air panas yang dapat membayar jerih payah mendakimu. Worth it kan?

via tengakarta.wordpress.com 

via tengakarta.wordpress.com 

via wisatadilombok.com

via twisata.com

 

12. Mengintip Keindahan Bahari Milik Taman Nasional Meru Betiri, Jawa Timur

Taman Nasional yang berada diantara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember ini memiliki lima jenis vegetasi sekaligus, pantes banget kalau dijuluki sebagai ‘home of biodiversity’. 

via pegipegi.com 

via tempo.co 

Taman ini menjadi habitat dari beragam jenis flora-fauna, seperti macan tutul, penyu lekang, bunga rafflesia, tumbuhan balanhopora fungosa, dan banyak lagi. 

via wikipedia.org 

via arumdebys.blogspot.com 

Taman ini akan sangat memacu semangat petualangan kalian karena medan nya yang masih alami. Tapi di penghujung jalan kalian akan disuguhkan dengan banyak pilihan pantai yang sangat indah. Ada banyak pilihan pantai yang bisa kalian kunjungi, seperti Pantai Bandealit, Pantai Rajegwesi, Pantai Greenbay dengan airnya yang super ijo dan Pantai Sukamande tempatnya para penyu bertelur.

via wikibanyuwangi.com 

via wikibanyuwangi.com 

via topindonesiaholidays.com

Di pantai-pantai ini banyak hal-hal seru yang bisa kalian lakukan. Mulai dari camping, melihat pelabuhan nelayan, melihat penyu bertelur, melihat penangkaran-penangkaran flora-fauna dan yang pasti bermain air. 

via agentwisatabromo.com

via tekooo.com

Selain itu, cuma di Taman Nasional kamu bisa ngerasain serunya sensasi naik Jeep sambil nyusurin sungai loh!

via lostpacker.com

 

13. Naik Jeep Sampai Tepi di Taman Nasional Gunung Merapi, Yogyakarta

Pernah nonton iklan rokok dimana mereka lagi offroad naik Jeep keliling gunung? Seru ya kayanya? Nah buat kamu yang ingin ngerasain pengalaman yang sama kaya gitu pergi aja ke daerah Taman Nasional Gunung Merapi! Saat ini wisata Jeep offroad kaya diiklan lagi naik daun banget guys

via jeepwisatakaliurang.blogspot.co.id

via discoveryourindonesia.com 

Dengan kondisi geografis gunung nya yang berbatu jadi memang pas banget kalau kalian naik mobil besar seperti Jeep untuk jalan-jalan mengelilingi Gunung Merapi. Liat aja foto-foto teman kamu di Facebook, pasti banyak yang udah cobain wisata ini.

via myotheriota.wordpress.com

via beritajogja.id

Selain melewati track berbatu, kamu juga akan dibawa merasakan sensasi deg-deg-an dengan melintasi sungai menggunakan Jeep. Siap-siap basah ya, karena si bapak supirnya pasti akan ngebut dan menciptakan efek air nyembur ke dalem Jeep.

via lavatourmerapi.blogspot.co.id

via lavatourmerapi.blogspot.co.id

Di Taman Nasional ini kalian juga masih bisa menjumpai banyak satwa-satwa, macan tutul jawa dan elang jawa merupakan salah satu hewan yang sangat dijaga kelestariannya. Selain mendaki gunung, kalian juga bisa melihat air terjun dan jalan-jalan di dalam hutan lindung 

via vhandojourney.blogspot.co.id

via club.iyaa.com

 

14. Terumbu Karang yang Mencuri Hati di Taman Nasional Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman yang berada di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara ini dikenal sebagai “Nirwana Bawah Laut” karena memiliki 750 dari total 850 spesies koral di dunia! 

via planetguide.com 

via divephotoguide.com 

Kenapa namanya Wakatobi ya? Usut punya usut, Wakatobi itu sendiri merupakan singkatan dari empat pulau utama yang membentuk gugusan kepulauan di Sulawesi ini, yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. 

via laodekhairummastufpik.blogspot.co.id

via forexmarts.com 

Taman ini juga terkenal memiliki karang terbesar di Indonesia, kedua setelah Great Barrier Reef di Australia. Terdapat lebih dari 50 lokasi penyelaman yang spektakuler dan mudah diakses dari pulau-pulau besar. 

via wakatobi.com

via scubadivingresource.com

via widana89.blogspot.co.id 

Oiya, buat kalian yang pengen mengunjungi Taman ini, disarankan untuk datang pada bulan November-Desember. Karena, bakal ada banyak ‘tamu’ setia yang berkunjung kesini. ‘Tamu’ itu adalah ikan paus sperma (Physeter macrocephalus), dan ikan pari manta (manta ray) yang hanya terdapat di perairan tropis. Nah mumpung ada yang ‘bertamu’, yuk kita sambut di Taman Nasional Wakatobi!

via dailymail.co.uk

 

15. Serunya Naik Gajah di Taman Nasional Way Kambas, Lampung

Kalian tau gak apa Taman Nasional tertua di Indonesia? Jawabannya adalah Taman Nasional Way Kambas di Lampung. Di taman nasional ini terdapat empat konservasi gajah sumatra yang sudah terancam punah dan juga pusat pelatihan gajah. 

via lombokmarine.com

via cepamagz.com 

Disini gajah dilatih beberapa kegiatan yang saling menguntungkan untuk gajah dan juga manusia. 

via pariwisatalampung.com

via bisniswisata.co.id

Menariknya, di taman ini berdiri juga rumah sakit khusus gajah terbesar di Asia lho! Tapi nggak hanya gajah, di sini juga terdapat konservasi badak sumatra dan fasilitas Rhino Santuary.

via antarafoto.com 

via thejakartapost.com 

Pada bulan Juli 2016 lalu, Taman Nasional Way Kambas mendapatkan title baru dari ASEAN lho! Taman Nasional ini ditetapkan sebagai Taman Warisan ASEAN ke-4 di Indonesia. Tujuannya agar pengelolaan kawasan ini lebih bermanfaat optimal dalam segi ekologis, sosial-budaya, dan ekonomi. 

via lampungprov.go.id

 

16. Naik Kapal Selam Demi View Super Keren di Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Buat yang suka diving, masih ada pilihan spot lain yaitu Taman Nasional Bunaken. Nggak mau kalah dengan taman nasional lain, Bunaken juga memiliki sekitar 3.000 spesies ikan dan 390 jenis terumbu karang. Karena ternyata perairan ini termasuk kedalam Wilayah Segitiga Emas, yaitu jalur perairan laut yang menghubungkan Laut Filipina, Laut Papua dan Laut Indonesia. Wah benar-benar seperti ‘tambang emas’ terumbu karang ya! Gak heran dong kalau taman ini juga termasuk sebagai warisan dunia UNESCO?

via vioktaviantiii.blogspot.co.id

via youtube.com

via tandapagar.com

Keindahan taman bawah laut Bunaken ini pertama kali ditemukan oleh Nusantara Diving Club di tahun 1974 lho! Sejak itu taman ini jadi eksis sebagai tujuan wisata diving. Kamu gak punya diving license? Tenang aja! Kamu bisa snorkeling, berjemur di pantai atau melihat taman bawah laut dari kapal selam berdinding kaca. Lumayan banget nggak perlu repot basah-basahan udah bisa liat karang dan ikan.

via tandapagar.com

via manadoparadisotour.com

via pasirpantai.com 

 

17. Berburu Sunrise di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur

Terakhir kita punya Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Pasti taman nasional yang satu ini udah terkenal banget deh! Taman nasional yang terletak di Jawa Timur memiliki luas wilayah sekitar 50.276,3 ha. Dan di dalam taman nasional ini terdapat banyak gunung yang super keren. Hayo siapa yang udah pernah berkunjung ke sini?

via junglekey.in

via kiatravels.com

Gunung yang paling terkenal di taman ini adalah Gunung Bromo. Ada ratusan sampai ribuan pengunjung setiap harinya.

via yoshiwafa.com 

Di kawasan Gunung Bromo ini terdapat banyak tempat wisata menarik lainnya seperti pasir berbisik dan bukit teletubbies yang keren banget buat jadi background foto Instagram kamu! 

via indonesiana.co.id

via agentwisatabromo.com 

Banyak juga aktivitas yang bisa kamu lakukan disini seperti berkuda, mendaki gunung, melihat sunrise, berburu foto, dan lain-lain. 

via mechtadeera.wordpress.com 

via travelbromotour.com

Nggak cuma itu, ada Gunung Semeru yang juga jadi idaman para pendaki. Apalagi sejak kemunculannya di film 5 cm, semakin banyak orang yang tertarik dan mendaki Gunung Semeru. Percaya deh, pemandangan aslinya lebih indah daripada yang kita lihat di layar kaca!

via wiranurmansyah.com

via www.youtube.com

via sayasukamain.wordpress.com 

via instagram.com/dhita79 

Gimana? Kalian sudah liat sendiri kan seberapa beragam dan indahnya wisata alam di taman nasional yang ada di Indonesia. Mau jauh atau deket, dari hutan sampe sabana, dari gunung sampe pantai semuanya ada! Ke-17 taman nasional itu bisa banget buat jadi alternatif liburan yang alam banget! Gak perlu lagi tuh kalian jauh-jauh ke Afrika atau Amazon buat nikmatin alam liar. Kira-kira destinasi mana guys yang bakal kalian pilih next holiday? 


editor
Editor Andhika Andhika
First-year law student. so, still excited in being a student. loves to read, travel, and sometimes write anything in my spare time.

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.