18 Coffeeshop Iconic di Jogja Buat Ngopi Asik Bareng Orang-orang Tercinta


Daerah Istimewa Yogyakarta - Culinary & Shopping - 274 Hits

Biarpun judulnya kota gudeg, tapi Jogja dan sekitarnya punya banyak coffeshop iconic dengan keunikannya masing-masing. Jadi buat kamu yang berprinsip ‘Ngopi Adalah Koentji’, yuk langsung buktiin sendiri kenikmatan kopi di 18 coffeeshop iconic di bawah! 

 

1. MINUM KOPI LANGSUNG DARI BIDANNYA DI KLINIK KOPI 

Kalau badan kamu L.O.Y.O  tapi niatnya pengen Y.O.L.O, segeralah ke Klinik Kopi buat dapet resep kafein mujarab dari Mas Pepeng, sang pemiliknya. Seperti di klinik-klinik pada umumnya, Klinik Kopi sengaja melayani tamunya satu per satu untuk meracikkan kopi dan bercerita tentang asal muasal kopi yang mereka minum sekaligus efeknya buat tubuh. 

via pegipegi.com

via instagram.com/klinikkopi 

Jangan heran kalo kamu nggak nemuin menu kopi di sini karena setiap orang punya rasa kopi mereka masing-masing.  Kamu tinggal pesen rasa kopi yang kamu mau ke Mas Pepeng, sang bidan klinik yang lebih ingin dipanggil sebagai storyteller. Dan voila! Mas Pepeng bakal meracik kopi sesuai selera kamu sambil nggak berhenti ‘mendiagnosis’ biji kopi. 

via pegipegi.com

Ini nih tips biar kamu nggak malu-maluin dateng ke sini: jangan minta gula karena Mas Pepeng nggak nyediain gula buat orang-orang yang kepengen tau citarasa asli kopinya. Tapi ya kalo kamu pengen menawar rasa pahitnya, kamu tinggal tambahin krimer di kopi kamu atau beli roti seharga 2000 perak aja. 

via instagram.com/klinikkopi 

Mengusung tema eco-friendly, Klinik Kopi yang dibangun tahun 2013 ini emang berada di lokasi yang asri dan menggunakan bahan-bahan bangunan yang alami seperti bambu. Supaya makin adem, Klinik Kopi sengaja nggak ngebuang air bekas cucian gelas kopi, dia justru ngalirin air itu ke atap rumah kopi yang berkaca. 

via instagram.com/klinikkopi 

via instagram.com/klinikkopi 

Selain peduli ama lingkungan, Klinik Kopi juga peduli sama para petani kopi. Kamu bisa lihat behind the scene kopi di setiap toples-toples kopi yang ada di Klinik Kopi. Kalo ada rezeki berlebih, kamu juga bisa lho mengajukan form buat donasi pohon kopi senilai Rp.50.000,00 per pohon buat memajukan petani dan menghijaukan lahan. 

via klinikkopi.com 

 

Detail informasi 

Harga:  Rp.15.000,00 per cangkir (belum ditambah camilan dan additional menu lainnya)

Alamat: Jl. Kaliurang Km7.5 (Sebelah utara Gardu PLN) 

Kontak: 0813-9278-4240/ info@klinikkopi.com

 

2. BELAJAR JADI BARISTA HANDAL DI KOPA KOPI 

Kamu pasti penasaran banget gimana caranya kopi yang disajiin Kopa Kopi itu kok bisa enak banget. Untungnya Kopa Kopi ini nggak pelit ilmu buat berbagi resep kopinya. Kamu jadi bisa belajar serba-serbi perkopian sambil nyobain sendiri cara bikin kopi yang enak. 

via hipwee.com 

via instagram.com/kopa.kopi 

via instagram.com/kopa.kopi 

Sekarang saatnya nyobain karya bikinan tangan kamu sendiri. Kamu bisa duduk-duduk sambil nikmatin kopi bikinanmu. Kan biasanya kalo badan udah kena kafein langsung seger lagi. Sebelum pulang, kamu juga bisa take away kopi bikinanmu dan bawain oleh-oleh buat orang-orang terdekatmu. Biar semuanya tau kalo sekarang kamu udah bisa bikin kopi. 

via instagram.com/kopa.kopi 

via instagram.com/kopa.kopi 

via instagram.com/kopa.kopi 

via instagram.com/kopa.kopi 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.15.000,00- Rp. 20.000,00 

Alamat: Jalan Seturan Raya No. 293, Yogyakarta 

Kontak: 082137848366

 

3. SAJIAN APIK DI EPIC COFFEE 

Abis jalan-jalan seharian keliling Jogja, coba deh sempetin buat mampir ke Epic Coffee yang bergaya industrial. Fix instagram material banget nih. Apalagi kalo kamu foto di depan artwork ‘Let the coffee tell story’ yang epic itu. 

via hungerranger.com 

via ririmaulidina.blogspot.co.id

via instagram.com/abimanyudha 

Biar kamu makin pol-polan ngaso, kamu bisa pilih tempat duduk outdoor yang berisi bangku-bangku panjang rustic sambil mesen kopi favoritmu. Kamu bisa milih signature beverage, expresso base, manual brewing, coffee blended, fresh drink, sampai  menu makanan fancy seperti rosemary roasted chicken yang di-plating ala gourmet. 

via ririmaulidina.blogspot.com 

via makanjogja.com 

via hungerranger.com 

Epic Coffee yang satu bangunan sama Epilog Furniture ini ternyata nyimpen harta karun berupa furniture made in Indonesia yang sering diekspor ke mancanegara.  Kamu yang biasanya jadi rojali atau rombongan jarang beli pasti bakal tergiur deh sama kualitas furniturnya yang paten tenan. 

via id.openrice.com 

via ririmaulidina.blogspot.co.id

 

Detail informasi

Harga: mulai dari Rp.17.000,00

Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar Km 7,5 No.29 Sleman Yogyakarta.

Kontak: 0274-4530704/ info@epiccoffee.co.id 

 

4. NGAPAIN KE SPANYOL KALO BISA KE NOX COFFEE?

Kadang-kadang pekatnya kopi bisa bikin harimu jadi terang. Seperti Nox Coffee yang menjanjikan kopi Arabika khas Nusantara yang strong dengan penyajian ala Spanyol atau latin. Demi menjaga kualitas, mesin kopi di Nox Coffee didatengin langsung dari Belanda. Kamu bisa nikmatin kopi yang dark di interior Nox Coffee yang didominasi warna gelap tapi tetep berasa vibrant. 

via instagram.com/noxcoffee 

via instagram.com/noxcoffee 

via instagram.com/noxcoffee 

Namanya kopi ala Spanyol, jangan heran kalo kamu nemuin menu kopi berbahasa Spanyol. Seperti Café Con Leche yang nawarin expresso berhias latte art dari susu panas. Ada juga Café Bombon yang mengawinkan kopi dengan condensed milk. Biar perut makin keisi, kamu bisa nikmatin Grilled Chicken Con Pesto dengan ayam tanpa tulang yang disajiin pake saus pesto. Nyam! 

via instagram.com/noxcoffee 

via instagram.com/noxcoffee 

via instagram.com/noxcoffee 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.22.000,00-Rp.30.000,00

Alamat: Jl. Kaliurang KM 5 No.53, Caturtunggal, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kontak: (0274) 565330

 

5. MENJAJAL KOPI GEROBAK NAN SEMERBAK DI KOPI KELILING 

Kalo biasanya kamu nikmatin kopi Arabica dan Robusta di kedai kopi, sekarang kamu bisa ngerasain citarasa kopi kelas berat harga merakyat di pusat-pusat keramaian Jogja. Kamu bisa membunuh kantuk di siang bolong dengan mengejar gerobak Kopi Keliling yang mangkal di sekitar Bank Indonesia, Alun-Alun Utara atau pusat oleh-oleh Bakpia 25. Giliran malem, kamu bisa menyesap hangatnya kopi sambil ngeliatin Tugu Jogja atau Alun-Alun Kidul yang selalu ramai. 

via sophiamega.com 

via instagram.com/saifulanam_ 

Jangan ngira Kopi Keliling atau Koling ini kayak kopi sachetan yang diseduh layaknya kopi-kopi di sepeda. Pembuatan kopi Arabica, V60 dan Robusta digarap dengan serius pakai frenchpress dan alat v60 sampai-sampai belum jadi pun harumnya udah semerbak merasuk sukma. 

via instagram.com/kolingjogja 

Namanya kopi anak bangsa, Koling berusaha mempertahankan tradisi budaya juga lewat baju lurik Jawa yang dikenakan para baristanya. Kalo kamu suatu hari mampir ke kawasan Kota di Jakarta, kamu juga bakal nemuin barista Koling lagi mangkal dengan pakaian adat Betawinya. 

via instagram.com/kolingjogja 

via instagram.com/kolingjogja 

Koling kayaknya tau banget kalo kamu-kamu semua pada punya sisi mager, makanya Calling Koling Sadja! Tinggal pesan minimal sepuluh cup lewat LINE ataupun Whatsapp di nomor 0857-2592-5137 dan cusss kopi kamu pun sampai dengan selamat. Eh tapi jangan minta delivery keluar Jogja ya, kasian Masnya. 

via instagram.com/kolingjogja 

 

Detail informasi 

Harga: mulai Rp.6.000,00-Rp.10.000,00

Alamat: daerah Tugu Jogja, Pusat Bakpia 25, Bank Indonesia, Alun-Alun Kidul, dan JEC (khusus jika ada event)

Kontak:  0857-2592-5137/ 0821-3826-0404

 

6. SENSASI NGOPI PAKE ARANG DI KOPI JOSS 

Turun dari kereta di Stasiun Tugu Jogja, cobalah ngaso sebentar di Angkringan Lik Man. Di sana rahang kamu pasti bakal terjun bebas begitu ngeliat arang panas membara langsung dicemplungin ke kopi yang panasnya ngalahin tatapan Lely Sagita di sinetron Tersanjung. 

via jogjasukasuka.com 

Bukannya bahaya, arang panas yang dicemplungin ke kopi justru malah nurunin kadar kafein dalam kopi. Udah gitu, kamu bakal nemuin rasa caramel di cangkir Kopi Joss yang kamu minum karena gulanya kebakar dengan sempurna sama arang panasnya. Rasanya kayak ada manis-manisnya gitu. 

via yogya-backpacker.com 

via gudeg.net 

Nah, biar makin Joss kamu bisa mesen menu-menu angkringan lain buat temen minum Kopi Joss. Mulai dari light meal semacam gorengan atau ngegadoin sate usus, telur, dan ati ayam sampai makan nasi kucing dengan oseng tempe atau teri balado sebagai lauknya. 

via gudeg.net 

via gudeg.net 

 

Detail informasi 

Harga: mulai dari Rp.3000,00-Rp.5.000,00

Alamat: Jl. Wongsodirjan, Yogyakarta.

Jam buka: 17.00 til drop 

 

7. MENEMUKAN KEMBALI KEALAMIAN JOGJA DI KOPI KLOTHOK 

Puas wisata lava di Gunung Merapi, yuk melipir ke Kopi Klothok yang nggak jauh dari situ. Kamu bisa ngerasain suasana pedesaan lengkap dengan rumah Joglo juga pemandangan sawah yang asri di Kopi Klothok. 

via eatandtreats.blogspot.co.id 

via eatandtreats.blogspot.co.id 

Kita tau banget, abis ngeliat-liat sawah di sekeliling Kopi Keliling yang adem kamu pasti butuh kehangatan. Saatnya nyobain Kopi Klothok yang cara pembuatannya unik banget. Bayangin, kopi bubuk tanpa air dimasak di teko sampe nglothok atau mengelupas.Tekonya juga direbus di atas kompor kayu bakar tradisional. Nah kalo aromanya udah gosong-gosong nikmat baru deh teko disiram air dan direbus sampe mendidih. 

via eatandtreats.blogspot.co.id 

Nggak cuma cara pembuatannya aja yang masih tradisional, Kopi Klothok juga masih memakai peralatan makan dan minum ala Jawa kuno seperti gelas dan kendi dari tembikar juga dari bahan kaleng seperti gelas-gelas Betawi.

via yogyakarta.panduanwisata.id

via eatandtreats.blogspot.co.id 

Udah jauh-jauh ke Kopi Klothok, jangan lupa cobain menu-menu sabi lainnya. Mulai dari aneka macam lodeh sampai sego megono alias nasi gori atau nangka. 

via eatandtreats.blogspot.co.id 

via eatandtreats.blogspot.co.id 

Makanan udah siap, saatnya kamu milih tempat duduk favorit kamu. Kamu bisa mengeksplor bangunan Kopi Klothok dengan keautentikan rumah Joglo, lengkap dengan kursi-kursi rotan dan pajangan sepeda onthel untuk menguatkan vibes vintage. 

via blog.plunq.id

Kalo kamu mau ngopi sambil menghirup segarnya udara di sekitar Kopi Klothok, cobalah main ke halaman belakang, di sana kamu bisa menggelar tikar sambil bersantap siang dan memandangi gunung Merapi di seberang sana. Rasanya? JOSS GANDOSSS! 

via retnamudiasih.com 

via blog.plunq.id

 

Detail informasi 

Harga: mulai dari Rp.1.000,00-Rp.11.500,00

Alamat: Jalan Kaliurang KM.16 Pakem, Sleman, Yogyakarta

Kontak: 08122221163

 

8. MENGHIRUP KENYAMANAN DI LAGANI COFFEE 

Kopi yang kamu minum emang udah tinggal ampasnya, tapi kamu pasti masih betah buat stay di Lagani Coffee. Kedai kopi yang punya dua cabang di jalan yang sama ini bikin kamu bebas memilih. 

via instagram.com/laganicoffee_co 

via instagram.com/yusupadbilly 

Mau nongkrong di Lagani yang bernuansa retro atau yang bernuansa industrial dengan aksen bata yang dilapis cat putih tipis? Pastinya dua-duanya pas dipake ngopi sambil bengong atau laptopan seharian penuh. Awas jadi fakir wifi! 

via tempatwisatajogja.net 

via eatjogja.com 

via instagram.com/laganicoffee_co 

via thehungrybiologist5889.files.wordpress.com 

Selain suasana lagani coffee yang emang asik, kamu juga bisa nikmatin aneka kopinya yang bisa bikin kamu ngeksis di Instagram kamu.  Kamu bisa request cappucinno-nya yang numero uno dengan latte art bermacam bentuk. Mulai dari motif burung bangau sampai kucing yang foamy. Semuanya makin kerasa lengkap kalau kamu pesen pastry yang gurih juga. 

via instagram.com/ridzkysetiaji 

via instagram.com/laganicoffee_co 

via instagram.com/laganicoffee_co 

via instagram.com/yusupadbilly 

 

Detail informasi 

Harga: mulai dari Rp.14.000,00

Alamat: Jl. Cendrawasih Komplek Colombo No. 4 & Jl. Cendrawasih No.8, Demangan Yogyakarta

Kontak: 085743588610

 

9. STAY CHILL DI KOPI KETJIL 

Masih di Jalan Demangan, kamu bisa menemukan secangkir ketenangan di Kopi Ketjil. Sesuai namanya, kafe ini emang berukuran cilik dan hanya bisa menampung sekitar 20 orangan. Pas banget buat kamu yang males denger rumpian warga atau butuh ngomong kelanjutan hubungan kamu sama pacar. 

via ceritamakan.com 

via ceritamakan.com 

Biarpun lighting-nya teduh, tapi dijamin kamu nggak bakal ngantuk di Kopi Ketjil. Kan udah ada kopi pilihan dari Toraja, Aceh, Papua, dan Jawa yang bikin pikiran kamu on terus. 

via instagram.com/kopiketjil 

via instagram.com/kopiketjil 

Karena tempatnya yang cilik, kamu jadi bisa merasakan suasana hangat dan bisa ngobrol lebih akrab sama baristanya.  Bisa-bisa pulang-pulang dari sini kamu udah follow-follow-an instagram sama baristanya.

via instagram.com/kopiketjil 

via spotasik.com 

via facebook.com/Kopiketjilofficial 

via instagram.com/cherisitanggang 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.9.000,00-Rp.18.500,00

Alamat: Jalan Kayu Putih Raya Kav.1 No.1, Pulo Gadung, RT.8/RW.8, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13260

Kontak: 0813-8066-6363

 

10. MENIKMATI KOPI WARKOP KUALITAS TOP DI BLANDONGAN KOPI PRIBUMI

“Selamatkan anak bangsa dari kekurangan ngopi”, itulah tagline yang bakal kamu temuin begitu masuk ke Blandongan Kopi Pribumi. Kalo sebelumnya kamu kita ajakin ke kedai-kedai artsy, sekarang kamu kita aja melipir ke warung kopi dengan bangunan yang terbuat dari bilik tradisional dan bangku-bangku kayu. Kalo mau lebih selow, tinggal lesehan aja di tiker yang udah disediain. 

via instagram.com/blandongan_kopi 

via instagram.com/blandongan_kopi 

via instagram.com/blandongan_kopi 

Kalo biasanya di angkringan kamu nemuin kopi yang encer dan manis, di Blandongan Kopi kamu bakal nemuin kopi serius yang kental dan pahit. Bisa banget dinikmatin sambil nyari inspirasi atau sekadar bengong. Tapi daripada kamu kesambet pas bengong, cobain aja main futsal di lapangan futsal blandongan deket Blandongan Kopi Pribumi. 

via jajanjogja.com 

via instagram.com/blandongan_kopi 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.1.000,00-Rp.65.000,00

Alamat: Jl. Sorowajan Baru No.11, Banguntapan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198

Kontak: (0274) 7800325

 

11. RUANG SEDUH: KOPI HITAM DI RUANG PUTIH 

Abis wisata outdoor, enaknya kita berteduh di Ruang Seduh Jogja atau RSJ. Cocok banget buat kamu yang jiwanya lagi kalut. Sejauh mata memandang, kamu bakal nemuin warna putih yang bisa nge-refresh pikiran kamu. 

via instagram.com/ruangseduh 

via instagram.com/ruangseduh 

Karena namanya Ruang Seduh, kamu bisa nyeduh sendiri kopi yang kamu suka dengan manual brew bar. Kalau kamu kebingungan, nggak usah repot-repot buka tutorial di Youtube, tinggal panggil aja kru Ruang Seduh yang selalu siap sedia ngeladenin pertanyaan ajaib kamu. 

via instagram.com/ruangseduh 

via instagram.com/ruangseduh 

via instagram.com/ruangseduh 

Nah karena kamu udah capek-capek nyeduh, sekarang saatnya nikmatin hasil karya kamu sambil foto-foto fancy buat pencitraan di Instagram. Minimal netizen pada tahu lah kalo kamu udah bisa nyeduh kopi sendiri. 

via instagram.com/ruangseduh 

via myburumpi.files.wordpress.com 

via jdfoodiary.blogspot.com 

via myburumpi.files.wordpress.com 

 

Detail informasi 

Harga: sekitar Rp.30.000,00

Alamat: Jalan Tirtodipuran No. 46, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55143

Kontak: ruangseduh@gmail.com

 

12. INI DIA KOPI ANTIMAINSTREAM NOMER SATU DI JOGJA: NO.27 COFFEE

Buat kamu yang pengen nyobain kopi yang beda daripada biasanya, cus aja ke daerah sekitaran Sanata Dharma. Kamu bakal disambut bangunan dari bata-bata rustic yang instagramable

via instagram.com/no27coffee 

Begitu kamu masuk ke dalem No.27 Coffee, kamu bakalan kagum ngeliat atap berkaca, sudut-sudut tempat duduk yang adem karena lubang-lubang udara yang mumpuni, dan menu-menu yang digambar pake kapur di dinding bercat hitam. Awas…awas…jangan iseng corat-coret ‘I was here’ di situ ya. 

via instagram.com/no27coffee 

via instagram.com/no27coffee 

Karena emang menu kopinya yang nggak biasa di No.27 Coffee, sekalian aja pesen menu-menu yang mindblowing. Kamu bakalan kaget nemuin rasa leci alami di Galyco atau Gayo Lychee Coffee atau keenakan nyeruput Frozen Avocado Coffee yang memadukan creamy-nya alpukat dan pahit segernya kopi. Ada juga menu kopi yang vegan friendly, yaitu Soya Latte atau kopi yang dicampur sama susu kedelai. 

via instagram.com/no27coffee 

via javafoodie.co 

via instagram.com/no27coffee 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.20.000,00-Rp.30.000,00

Alamat: Esco Restaurant, Jalan Pringgodani No. 14, Dusun Demangan Baru, Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kontak: 0813-1086-0354

 

13. SEROENJA NGOPI TEMPO DOELOE DI DJENDELO KOFFIE 

Biarpun udah 71 tahun merdeka, Djendelo Koffie bakalan ngajak kamu buat menengok kembali memori lama dengan kedai kopi berkonsep jaman pergerakan Indonesia saat melawan penjajah. Kursi-kursi jadul dari jati dan jendela- jendela berkayu pasti bakal kamu temuin dengan mudah di Djendelo Koffie. Biasanya di depan jendela-jendela tersebut dipasangi backdrop buat panggung bedah buku, pameran foto, atau open mic para stand up comedian.

via gudeg.net 

Karena lokasinya gabung sama toko buku Toga Mas, kamu bisa sekalian berburu buku buat temen kamu ngopi. Kalo hoki kamu juga bakal nemuin hot dudes atau hot dudettes reading di sini. 

via gudeg.net 

via gudeg.net 

Biar sejalan sama konsep jadulnya, judul-judul menu di Djendelo Koffie juga terdengar bombastis dan nasionalis. Kamu bisa mencoba menu non kopi seperti Bedebah Di Balik Djoebah Mewah alias hot chocolate aseli Djendelo, Tjoet Nyak Dien Tangguh yang ternyata adalah es cokelat bersalut whipped cream, dan es krim tiga rasa campur pisang keju yang  bernama Bima Tjoekoer Kumis. 

via eatjogja.com 

via eatjogja.com 

via eatjogja.com 

 

Detail informasi 

Harga: mulai dari Rp.10.000,00

Alamat: Toko Buku Toga Mas Lantai 2, Jl. Jalan Affandi No.5, Sleman, Bengkulu, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kontak: 0811-5440-989

 

14. NGOPI TERUS PANTANG NGANTUK DI PEACOCK COFFEE

Ada yang beda dengan konsep Peacock Coffee dibanding coffeeshop lainnya. Di Peacock Coffee kamu dilatih buat mandiri alias ngambil pesenan sendiri. Tapi bukan berarti bawa kopi sendiri juga dari warung lho ya. Tinggal datengin kasirnya, terus pilih menu makanan dan minuman yang tertera di dinding. Jadi nggak ada tuh ceritanya kamu duduk cantik sambil nungguin menu. 

via instagram.com/alridge.seubelan 

Sambil nungguin pesenan kopi kamu dateng, kamu bisa kelalang-keliling Peacock Coffee yang menawarkan sudut-sudut instagram material-nya. Apalagi interior Peacock Coffee ini kayaknya cocok buat berteduh dari teriknya matahari atau berlindung dari awan mendung. Hangat dan adem di saat yang bersamaan. Apalagi Peacock Coffee ini nggak pernah tidur alias buka 24 jam. Cocok banget buat kamu yang suka jadi veteran coffee shop. 

via instagram.com/artbrewing 

via instagram.com/fajron 

Nah kalo pesenan kamu udah sampai, keluarin tuh kamera mirrorless atau HP kamu buat ngabadiin latte art yang bisa kamu request sendiri ke Barista. Kamu juga bisa ngemilin makanan-makanan nikmat seharga cebanan doang seperti apple pie, macaroni schotel atau banana cake. 

via instagram.com/awatugilang 

via instagram.com/aditiows 

 

Detail informasi 

Harga: Rp 10.000,00 (semua makanan) & Rp.25.000,00 (semua minuman)

Alamat: Jl. Palagan Tentara Pelajar No.61, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

Kontak: (0274) 2880215

 

15. KEPO SOAL KOPI DI DONGENG KOPI 

Pasti kamu kepo berat gimana asal muasal kopi yang kamu minum, mulai dari masih biji sampai sekarang udah nyampe ke cangkir. Di Dongeng Kopi kamu bisa langsung nanya sama para baristanya, mereka bakal dengan senang hati ngedongengin kamu mulai dari cerita petani kopi yang kamu minum, pengolahan pascapanen, teknik penyeduhannya, sampe karakter rasanya. 

via instagram.com/dongengkopi 

via instagram.com/dongengkopi 

Sambil menyeruput kopi, kamu bisa sambil nikmatin mural-mural di dinding Dongeng Kopi lengkap sama quotes-quotes pembangun jiwanya. Cocok banget buat kamu yang lagi bikin skripsi atau nyelesain kerjaan yang rauwis-uwis. 

via instagram.com/dongengkopi 

via instagram.com/dongengkopi 

Berbagai kopi nusantara seperti Aceh Gayo, Toraja, Sapan, Mandhaeling, Bali Kintamani, Java Temanggung, Java Raung, Ciwidey, Linthong dan special coffee bisa kamu  temui di Dongeng Kopi. Pemilik Dongeng Kopi bahkan rela ngebeli biji kopi pilihan ke petani tanpa nawar sama sekali. Serunya kopi-kopi itu bisa kamu seruput dengan teknik penyajian beragam seperti  tubruk, manual brew dan cold brew. 

via instagram.com/dongengkopi 

Karena emang Dongeng Kopi deket banget sama segala hal tentang perdongengan, jangan heran kalau kamu bakal nemuin Indie Book Corner atau penerbit buku independen Jogja di Dongeng Kopi. Sambil dengerin cerita soal kopi, kamu juga bisa ngepoin diskusi para penulis atau launching buku. 

via instagram.com/dongengkopi 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.10.000,00-Rp.22.000,00

Alamat: Jl. Wahid Hasyim No.3, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kontak: 0877-1999-9267

 

16. KOPI DARAT ALA RANGGA CINTA DI SELLIE COFFEE  

“Rangga, yang kamu lakukan ke saya itu…JA-HAT”

Kalau kamu masih inget line iconic di atas berarti kamu masih apal dong lokasi tempat Rangga dan Cinta ngobrol lagi setelah ratusan purnama kepisah? Nah sekarang kamu bisa kopdar ala Rangga Cinta di sudut jalan Prawirotaman yang asik. 

via travel.kompas.com 

Walaupun dari luar Sellie Coffee ini keliatannya sederhana, tapi begitu masuk ke dalem kamu bakal ngerasain kemewahan rasa kopi tubruk lokal termasuk kopi dari Lereng merapi dan kopi dari Menoreh. 

via zerg.malesbanget.com 

via instagram.com/sellie.coffee 

via instagram.com/sellie.coffee 

Biar makin bersyukur, coba nikmatin kopi-kopi di Sellie Coffee bareng potongan-potongan Singkong Rebus yang kayaknya diimpor dari surga. Enaknya sampe ubun-ubun!

via instagram.com/upialwie 

Sambil fokus ngabisin kopi, coba liat ke sekeliling, kalau lagi rame kamu bisa dengerin live acoustic para musisi lokal atau ngikik-ngikik ngeliat karya visual para seniman Jogja yang apik sekaligus menggelitik di dinding Sellie Coffee. 

via instagram.com/sellie.coffee 

via instagram.com/sellie.coffee 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.5.000,00-Rp.20.000,00

Alamat: Jalan Gerilya NG 3 / 822, Prawirotaman 2, Brontokusuman, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Kontak: (0274) 384916

 

17. MENIKMATI BOROBUDUR SAMBIL NGOPI DARI MANOHARA RESTAURANT   

Kita tau banget abis jalan-jalan dari Borobudur atau belum nyampe Borobudur aja kamu udah Caphe Dheh, makanya kita saranin kamu buat melipir ke Manohara Restaurant buat  istirahat sambil minum Cap Phe Da alias vietnamese iced coffee. 

via instagram.com/benisasangka 

Nggak cuma memanjakan kamu dengan view menghadap Borobudur, kamu juga dimanjain dengan pelayanan yang menyenangkan dari segenap kru Manohara Restaurant. Bahkan saking akrabnya, kamu juga bisa minta tolong barista Manohara Restaurant buat ngajarin kamu cara bikin Vietnamese Iced Coffee yang enak. 

via yqtravelling.com 

via berita.suaramerdeka.com 

Makanya nggak heran sih kalo Manohara Restaurant nggak cuma dipenuhi tamu-tamu internal yang nginep di Manohara Resort, tapi juga wisatawan lokal dan global. Soalnya di sini kamu bisa nikmatin kopi warisan nusantara sambil mantengin bangunan bersejarah. 

via manoharaborobudur.com 

Walaupun Candi Borobudur jadi pemandangan utama di Manohara Restaurant, jangan lewatkan rimbun pepohonan dan rerumputan hijau yang mengelilingi Manohara Restaurant. Kopi yang hangat dan segarnya udara Manohara Restaurant jadi paduan yang pas untuk bersantai melegakan pikiran. 

via tripadvisor.com 

 

Detail informasi 

Harga: Rp.10.000,00-Rp.45.000,00

Alamat: JL. Badrawati, No. 10, Borobudur, Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553

Kontak: (0293) 788131

 

18. PAWON LUWAK COFFEE: KOPI LUWAK KELAS DUNIA HARGA MEMBUMI 

Pulang dari tur candi Pawon-Borobudur, jangan lupa borong oleh-oleh biji atau bubuk kopi luwak dari Pawon Luwak Coffee. Sambil nunggu pesenan take away kamu dibungkus, sekalian aja cicipin Kopi Luwak kelas dunia yang harganya membumi. 

via yogya-backpacker.com 

Pilih aja, mau kopi robusta seharga Rp.10.000,00 per cangkir atau kopi arabika seharga Rp.20.000,00? Dengan harga segitu, kamu bisa dapetin kopi luwak yang kurang ajar harumnya dan ramah di lambung.  Fix yang punya Pawon Luwak Coffee ini pasti hatinya dermawan banget!

via yogya-backpacker.com 

Rasa kepo kamu pasti memuncak begitu udah nongkrong di Pawon Luwak Coffee. Soalnya bangunan bergaya tradisional dengan ukiran etnik bikin kamu tertarik buat keliling-keliling lebih lanjut. 

via yogya-backpacker.com 

Dan bener aja dong, di halaman depan Pawon Luwak Cofee kamu bisa lihat biji-biji kopi luwak yang bercampur ‘bumbu rahasia alami’ dari Luwak terhampar pasrah siap dijemur. 

via yogya-backpacker.com 

Berhubung kamu udah lihat hasil karyanya, saatnya kamu pantengin sang pengrajin kopi di markasnya. Ya, Pawon Luwak Coffee memperbolehkan kamu jalan-jalan ke kandang luwak buat interpiu lebih lanjut. 

via goborobudur.com 

 

Detail informasi 

Harga: Rp. 10.000,00-Rp.20.000,00 

Alamat: Candi Pawon St. Borobudur, Jawa Tengah, Indonesia

Kontak:  085747979798 / 085643077117

 

Oke, tolong itu ilernya dilap dulu, thank you. Nggak sabar kan buat mendulang kenikmatan dari kopi-kopi ini?  Makanya buruan cabut ke Jogja dan sekitarnya terus datengin tuh coffeeshop-coffeeshop iconic di atas. Selamat ketagihan! 

 

 

 

 

 

 


editor
Editor Widya Arifianti
Terlahir dengan nama Widya Arifianti, tapi punya empat varian nama panggilan. Mantan copywriter yang kini malah jadi kepowriter. Bercita-cita menjadi scriptwiter, tetapi apa daya hanya mampu jadi skipwriter. Lebih sering main-main, tapi kadang bisa serius

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.