14 Penginapan Instagenic di Jogja Dengan Harga Menarik yang Enggak Mencekik


Daerah Istimewa Yogyakarta - Leisure - 980 Hits

Jaman sekarang feed instagram kadang bisa jadi CV visual kita. Makanya biar makin pol pencitraannya, yuk deh jabanin untuk cobain satu-satu penginapan instagenic di Jogja. Mulai dari harga 200 ribu kurang  sampai 2 juta kurang semalem semua ada.  Coba-coba…kosongin dulu memory card sama charger HP atau kamera kamu karena 14 penginapan di bawah ini nawarin keunikannya masing-masing. 

1. COBAIN OOTD DI SURGA JENDELANYA ADHISTHANA HOTEL 

Kawasan Prawirotaman memang dihuni oleh hotel-hotel keren. Adhisthana Hotel salah satunya. Di depan lapangan parkir Adhisthana Hotel, kamu bakal disambut sama wall of fame-nya yang terdiri dari beragam jendela warna-warni. Cocok banget kan buat foto OOTD ala-ala sambil noleh ke samping? 

via booking.com 

via instagram.com/justfira 

via instagram.com/sheillautama 

Terletak di kawasan wisata yang strategis, Adhisthana Hotel ini bakal mudahin kamu buat melancong ke mana-mana. Mau beli kaos-kaos adem di Malioboro atau ngumpulin stok foto di Kraton Yogyakarta tinggal mobilan sepuluh menit, mau nonton Sendratari Ramayana di Candi Prambanan bisa naik mobil sejam, mau nyobain es krim enak bin mursidah juga tinggal ngesot ke Tempo Gelato di ujung jalan Prawirotaman. Tapi kalau kalian pengen ngopi cantik, kalian bisa merapat ke Lawas 613, kafenya Adhisthana yang dipenuhi sama jendela aneka warna, meja-meja yang shabby, juga mural bergaya doodle. 

via booking.com

via agoda.com 

via info-jogja.com 

Kalo kamu udah puas foto-foto di depan jendela, coba eksplor Adhisthana Hotel yang dipenuhi dengan furnitur dan pajangan etnik.  Main ke lobby pagi-pagi juga asik karena kamu bisa main congklak atau  foto-foto di bawah kap lampu dari sangkar burung.  

via traveloka.com 

via klikhotel.com

Nginep di Adhisthana Hotel belum lengkap rasanya kalo belum nyebur ke kolam renangnya yang simple tapi pewe banget. Waktu terbaik buat berenang jatuh di jam 9 pagi pas matahari lagi ramah-ramahnya. Siapin juga kamera paling kece yang kamu punya buat foto bareng flare-flare sabi yang membias di sekitar kolam. 

via agoda.com 

via agoda.com 

Bermalam di Adhisthana Hotel rasanya kayak tidur di kamar sendiri: HOMEY. Interiornya dipenuhi sama furnitur berwarna netral yang kekinian seperti putih, cokelat, abu-abu, dan biru tua. Serunya, Adhisthana Hotel ini menawarkan beragam jenis kamar. Mulai dari studio suite yang berisi king size bed dan seating area, superior room dengan double bed-nya, deluxe room dengan twin bed dan dormitory dengan bunkbed ala hostel. 

via booking.com

via booking.com

via traveloka.com 

via agoda.com 

 

Detail infomasi

Rate: mulai dari Rp. 150.000,00 (dormitory-breakfast include) per malam

Alamat: Jl. Prawirotaman 2 No.613, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Kontak: (0274) 413888

 

2. SIAP-SIAP GO-GREEN DI GREENHOST BOUTIQUE HOTEL

Masih di kawasan Prawirotaman, kamu bakal nemuin Greenhost Boutique Hotel yang didaulat sebagai salah satu hotel terlaris di Jogja tahun 2016. Vibes agricrafture alias agriculture dan craftsmanship bakalan kerasa begitu kamu memasuki lobby Greenhost Boutique Hotel. Kamu bisa pilih, mau foto-foto di depan kolam super bening yang diiringi tetumbuhan hijau dulu, atau langsung motretin artwork dan bangunan berkonsep industrial di samping kolam? 

via agoda.com 

via booking.com

Kalau kamu nonton AADC 2, kamu pasti inget dong sama momen pertama Rangga ketemu Cinta setelah ratusan purnama terpisah? Ya, momen tersebut diambil saat Cinta menghadiri pameran Eko Nugroho di Green Art Space-nya Greenhost Boutique Hotel.  Galeri yang terletak di samping kolam renang Greenhost Boutique Hotel ini emang langganan jadi lokasi pameran seniman-seniman terkenal, termasuk pameran Papermoon Puppet Teater, teater boneka asal Jogjakarta yang juga ditonton Rangga dan Cinta di film AADC 2. 

via says.com 

via greenhosthotel.com

Kalo kamu udah capek motret-motret, coba ngaso dulu sambil laptopan di Art Kitchen Resto-nya Greenhost Boutique Hotel. Apalagi kamu bisa nyobain menu-menu makanan organik yang beberapa bahannya dipanen langsung dari creative farm-nya Greenhost Boutique Hotel. 

via greenhosthotel.com

via greenhosthotel.com

Sekarang udah nggak jamannya makan micin lagi. Kalo udah nginep semalem di Greenhost Boutique Hotel, kamu pasti bakal ketularan semangat eco-friendly dan #eatorganic. Gimana nggak? Begitu keluar kamar, kamu bakal disambut sama selada segar yang ditanam di railing koridor kamar. Pastinya kamu bakal tergiur juga buat main ke creative farm yang ada di rooftop, di mana kamu bisa ikut kelas hidroponik dan city-farming

via bonvoyagejogja.com

via booking.com

Memasuki kamar tidur, kamu pasti bakal lupa sama hasrat leyeh-leyeh karena kamu bakalan nggak berhenti motretin setiap sudut kamar yang instagramable. Serunya, Greenhost Boutique Hotel menyediakan berbagai jenis kamar yang didesain oleh para arsitek ternama. Ada Erick Room dan Futura karya Erick Dangian yang kaya akan unsur kayu dan berkonsep industrial, Kamar Rempah karya Paulus Mintarga yang menampilkan unsur logam, kayu pinus, dan bambu, serta Studio Kita karya Ivan Christianto yang menggunakan bahan-bahan reuse. 

via booking.com

via agoda.com 

via agoda.com 

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp.605.048,00 per malam (Deluxe Room) 

Alamat: Prawirotaman II #629 Brontokusuman Yogyakarta Indonesia 55153

Kontak: 02274 - 389 - 777/ reservation@greenhosthotel.com

 

3. LOKAL HOTEL & RESTAURANT: SUGUHAN #FOODGASM DAN INTERIOR COLORFUL 

Motif geometri emang jadi andalan bagi para arsitek zaman kolonial untuk mendesain lantai-lantai rumah di masa lampau. Lokal Hotel & Restaurant kini menghadirkan kembali motif geometri aneka warna itu dengan kesan modern di lantai maupun mural di dinding kamarnya. 

via instagram.com/nenidiankrishna 

via instagram.com/dimasariepratama 

Serunya, Lokal Hotel & Restaurant menyediakan berbagai tipe kamar untuk menyesuaikan kebutuhan kamu. Di kamar tipe mezzanine, kamu bisa ngerasain punya kamar berlantai dua dengan konsep space-saving design. Mau berpose ‘I woke up like this’ di king size bed-nya juga monggo. 

via instagram.com/lokal_id

via lokalindonesia.com

Tapi kalo kamu pengen punya kamar yang simpel buat nginep berdua bareng temen kamu, pilih aja deluxe type room yang nawarin twin bed dengan jendela lebarnya. Atau kalau kamu keukeuh pengen seranjang, lokal hotel juga nyediain smallest room dengan mini bar di atas kepala ranjang yang bisa kamu manfaatin buat foto-foto flatlay barang-barang artsy atau makanan kesukaan kamu. 

via instagram.com/lokal_id

via instagram.com/lokal_id

Ngomong-ngomong soal makanan, Lokal Hotel & Restaurant nawarin restoran yang terbuka buat umum. Restoran yang pernah dipake geng Cinta buat ngerumpi di AADC 2 ini ternyata diisi dengan lantai bermotif geometris, pot-pot tanaman yang diatur sedemikian rupa, juga mural bertuliskan ‘Jogjakarta’ karya mahasiswa Seni Rupa ISI. 

via instagram.com/lokal_id

via booking.com

via instagram.com/farizpinuji 

Setelah berfoto di depan mural Jogjakarta yang hits itu, jangan lupa cobain menu-menu andalan Lokal Restaurant yang memadukan resep western dengan kuliner lokal. Margheritta Teri Balado Pizza dan Es Krim Goreng ini contohnya. Konon dengan menggunakan bahan lokal, Lokal Restaurant jadi bisa menjamu para penikmatnya dengan sajian yang pas di lidah, pas di kantong. Tapi sebelum makan jangan lupa foto makanannya berdoa dulu ya, Gaes. 

via instagram.com/lokal_id

via instagram.com/lokal_id

Masih ada satu yang kurang nih, apa lagi kalo bukan kolam renang. Ya, kamu bisa buktiin sendiri kalau kolam renang Lokal Hotel & Restaurant ini menjanjikan suasana yang teduh dan nyaman. Cobain deh selonjoran di sun lounge-nya yang nyelup ke air sambil mengedit post instagram kamu. Apalagi Lokal Hotel juga menyediakan akses Wi-Fi gratis di setiap penjuru hotel. 

via instagram.com/lokal_id

via instagram.com/lokal_id

 

Detail informasi 

Rate: mulai dari Rp. 622.058,00 per malam(Deluxe Twin Room-Breakfast Included-Free Minibar) 

Alamat: Jalan Jembatan Merah No. 104C, Condongcatur, Depok, Condongcatur, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kontak: (0274) 524334

 

4. HIASI FEED DENGAN NUANSA VINTAGE RUMAH PARIS 

Pernah main polly pocket atau rumah Barbie semasa kecil? Sekarang kamu bisa berfoto langsung di Rumah Paris yang mirip banget dengan permainan masa kecilmu itu, PRnya tinggal nyari Ken-nya aja. Awalnya kamu mungkin ngira kalo penamaan Rumah Paris itu terinspirasi dari gaya interior Eropanya. Tapi pemilik Rumah Paris mengaku kalau penamaan Rumah Paris berawal dari  nama jalan tempat lokasi Rumah Paris, alias jalan Parangtritis yang disingkat menjadi Paris. Lhadalaaah…

via kompas.com

Buat kamu yang jalan-jalan ke Jogja dan sedang mempersiapkan pernikahan, Rumah Paris bisa jadi pilihan kamu untuk foto-foto pre-wedding. Kamu dan pasangan tinggal bawa dresscode vintage buat menyesuaikan dengan vibes di Rumah Paris. Buat kamu yang hobi ngirit, cukup foto-foto pake kamera HP atau pocket untuk berfoto gratis di sini karena kamera DSLR dikenakan biaya Rp. 750.000,00. 

via girlinthecabinet.blogspot.co.id

via daylightphotograph.com 

via booking.com 

Karena Rumah Paris memang awalnya diperuntukkan untuk rumah sendiri, kamu bisa ngerasain kesan homey begitu kamu memasuki Rumah Paris. Furniturenya lengkap, tinggal kurang foto keluarga kamu aja tertempel di dindingnya. Apalagi di dekat ruang keluarga tersedia perapian ala Eropa untuk menghangatkan diri sambil baca buku dan minum teh. Cuma sebelum kamu berangan-angan liburan di Rumah Paris, kamu harus mem-book Rumah Paris dari jauh-jauh hari karena kabarnya Rumah Paris ini laris manis. 

via booking.com 

via kadekarini.com

Satu hal yang menarik dari Rumah Paris adalah ruangan-ruangannya yang luas karena nggak bersekat. Ruang tengah yang cozy langsung menyatu dengan dapur. Jadi kalo kamu kelaperan, kamu bisa langsung mencapai dapur buat masak sendiri bahan-bahan makanan yang udah kamu beli. 

via tribunnews.com 

via kadekarini.com

Siap-siap buat ngehias feed kamu dengan warna cerah karena setiap jengkal ruangan di Rumah Paris didominasi oleh warna-warna pastel seperti biru muda, hijau toska, pink, dan krem. Pajangan dan peralatan bergaya shabby chic yang vintage juga bisa kamu temui di Rumah Paris. Mulai dari bedcover dan kap lampu bermotif floral yang cantik, interior kamar yang langit-langitnya mengikuti rangka rumah, hingga kelambu di tempat tidur.  

via booked.net 

via booking.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi 

Rate: mulai dari Rp. 654.000,00  per malam (Kamar Deluxe)

Alamat: Jl. Parangtritis KM 8.5, Tembi, Bantul, 55186 Yogyakarta, Indonesia

Kontak: (0274) 6463042

 

5. PAWON COKELAT, GUESTHOUSE MUNGIL YANG MEMIKAT 

Ini dia tempat yang paling pas buat kamu me time. Pawon Cokelat yang mungil ini bikin kamu jadi dekat melangkah ke mana-mana, termasuk melangkah ke tempat-tempat seru di luar Pawon Cokelat. Di dinding samping coffeeshop Pawon Cokelat, kamu bisa ngeliat mural peta Jogjakarta. Mau ke Stasiun Tugu tinggal jalan kaki tiga menit, mau ke Malioboro tinggal taksian empat menit. Museum Sonobudoyo, Pasar Bringharjo dan Benteng Vredeburg juga jaraknya cuma sekiloan. 

via instagram.com/pawoncokelat 

via ceritaanggun.com 

Me time di Pawon Cokelat pastinya makin asyik kalo ditemenin sama minuman selow. Apalagi Pawon Cokelat menyediakan free flow teh dan kopi selama 24 jam. Karena Pawon Cokelat ini dulunya emang dapur tempat membuat segala jenis panganan berbahan dasar cokelat, kamu wajib cobain signature hot chocolate-nya yang endes. Kan seru, kamu bisa pasang foto nunduk syahdu di Instagram sambil ala ala menyesap cokelat hangat. 

via akuchichie.blogspot.co.id

via instagram.com/agoesdjam 

Selama nginep di Pawon Cokelat, kamu bakal ngerasain sejuknya setiap ruangan. Semua itu berkat bangunan bergaya semi industrial Pawon Cokelat yang kaya akan ventilasi udara juga tanaman-tanaman hijau yang bikin udara makin seger aja. Kamu bisa selonjoran selow di kursi hijau antiknya, ngobrol-ngobrol di balkon yang hangat tapi teduh, atau foto-foto di rooftop, di mana kamu bisa nemuin kursi-kursi kuning iconic juga bohlam-bohlam lampu yang menyala di malam hari. 

via booking.com 

via instagram.com/pawoncokelat 

via tripadvisor.com 

Pawon Cokelat menyediakan kamar dengan daun pintu yang lebar, jadi bisa kamu buka saat-saat tertentu untuk menyiasati ruangan kamar yang nggak terlalu lega. Tapi biar kamu makin puas, kita saranin kamu untuk book kamar nomer sepuluh buat dapetin kamar dengan jendela yang gede, kursi antik yang instagrammable, juga kamar yang cukup luas. 

via instagram.com/pawoncokelat 

via akuchichie.blogspot.co.id

via booking.com 

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp.370.000,00 per malam (Double or Twin Room with Private Bathroom)

Alamat: Jalan Sosrowijayan No.102 Gang 1, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271

Kontak: 0822-2534-7824

 

6. PAMER FOTO BERGAYA RETRO ART DI TJOKRO STYLE 

Siap-siap jatuh hati dengan konsep retro art yang diusung oleh Tjokro Style! Kalau kamu duduk-duduk di Apricot Lounge, kamu bakal nemuin artwork-artwork pop art yang digantung di dinding. Serunya, Tjokro Hotel juga menawarkan pajangan dan home décor yang berani memadukan warna pekat dengan warna terang. Kamu bakalan puas berfoto di depan kumpulan jendela warna-warni, berpose di pangkuan quilt chair atau selonjoran gabut di sofa berbentuk becak. 

via agoda.com

via tripadvisor.com

Uniknya jendela-jendela aneka warna di Tjokro Style ternyata bisa kamu temui juga di langit-langit Citrus Restaurant. Kan enak kamu bisa motretin langit-langitnya sambil nikmatin breakfast ala Western X Indo-nya Tjokro Style. Kalau kamu pecandu kopi, tenang aja, karena Tjokro Style juga nyediain Apricot Coffee Bar tempat kamu bisa meracik kopi dan teh andalanmu sesuka hati. 

via hotelroomsearch.net 

via traveloka.com 

via agoda.com

Masih dipenuhi dengan jendela-jendela artsy, kamu bakal puas berfoto di kamar tidurmu. Nuansa retro pun makin berasa dengan quilt bedcover yang motifnya ngingetin kita sama model-model baju di era 80 sampe 90an. 

via tripadvisor.com

via booking.com 

Sambil nikmatin staycation di Tjokro Style, kamu bisa cobain Tjokro Spa Style yang nawarin pijat tradisional ala Jawa, body peeling dan scrub, lulur khas Solo, Dead Sea Mineral Mud Treatment, juga segudang perawatan lainnya.

via tjokrostyle.com 

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp.431.090,00 per malam (Superior Room, Non Smoking) 

Alamat: Jl. Menteri Supeno No.48, Sorosutan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55161

Kontak: (0274) 386200

 

7. SERUNYA #INSTANATURE DI YABBIEKAYU HOMESTAY BUNGALOWS

Buat kamu yang pengen menyepi dari pusat kota Jogja yang mulai ramai, yuk cus ke desa Tembi untuk bermalam di Yabbiekayu Homestay Bungalows. Sesuai dengan namanya, hampir semua furnitur dan bahan bangunan di Yabbiekayu didominasi oleh kayu. Termasuk rumah Joglo yang kental dengan budaya Jawa, ranjang berbalut kelambu, sampai kamar mandi outdoor yang dikelilingi pagar-pagar kayu. Biarpun Yabbiekayu berada di sekitaran sawah, tenang aja, kamu tetep bakal terpapar teknologi dengan akses Wi-Fi juga kulkas mini di setiap kamar. 

via yabbiekayu.com 

via agoda.com

via agoda.com

Bangun pagi di Yabbiekayu rasanya kayak nggak punya beban idup. Sambil memenuhi panggilan alam di pagi hari coba dengerin bisikan alam lewat hangatnya sinar matahari, suara kicau burung, juga tetes embun pagi yang beningnya ngalahin senyuman gebetan. Bikin video aesthetic di Instagram bisa ini mah!

via yabbiekayu.com 

via yabbiekayu.com 

via tripadvisor.com

Sambil melihat Pak Tani dan Bu Tani dari desa Tembi yang bekerja memanen bahan makanan kamu, kamu bisa duduk-duduk cantik di bangku teras rumah joglo yang khas. Bakal dipastiin pasti abis ini feed instagram kamu sebelas dua belas sama NatGeo. 

via booking.com 

via yabbiekayu.com 

Pulang dari Yabbiekayu, jangan cuma bawa oleh-oleh cerita. Kamu bisa membekali diri kamu dengan ikutan kelas Yoga yang bisa menyehatkan fisik dan jiwa. Yabbiekayu juga bisa ngajarin kamu buat DIY (Do It Yourself) ala DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) lewat kelas batik sampai kelas bikin tempe sama warga-warga Tembi yang super ramah. 

via yabbiekayu.com 

via yabbiekayu.com 

via yabbiekayu.com 

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp. 467.000,00 per malam (bungalow) 

Alamat: Jl. Parangtritis KM 8,5 RT 05/ RW 04, Tembi, Kec. Sewon, Timbulharjo, Sewon, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55186

Kontak: 0812-2330-3030

 

8. NAPAK TILAS AADC DI VILLA SUNSET JOGJA

Ini nih Villa yang diinepin geng Cinta selama mereka liburan di Jogja. Kesan Villa yang selama ini lekat  dengan mamang-mamang berkupluk bakalan tergantikan sama pelayanan ramah dari petugas Villa Sunset Jogja. Nggak mau kalah dari villa-villa di Puncak, Villa Sunset Jogja yang berada di bebukitan dan dikelilingi pepohonan ini juga nawarin kesejukan. Apalagi kalo kamu berenang di kolam yang langsung menghadap ke bukit sambil nontonin sunset. Kelar deh. 

via instagram.com/villasunsetjogjakarta 

via tripadvisor.com

via instagram.com/villasunsetjogjakarta 

Walaupun keindahan Villa Sunset Jogjakarta ini berpusat di kolam renang, tapi jangan lupain ruang makan dan kamar tidur yang terpisah. Posisi ruang makan yang deket sama patio dan kolam renang emang mudahin kamu buat isi perut abis berenang. Kalo kamu inget-inget ruang makan ini pernah jadi saksi bisu geng AADC pas nungguin Cinta yang nggak pulang-pulang karena dibawa jalan-jalan seharian sama Rangga. 

via agoda.com

Faedah ruang makan ini ternyata gak cuma sebagai tempat isi perut doang, kamu juga bisa berfoto-foto di depan jendela bulat khasnya juga dinding-dinding berbatu yang ngingetin kita sama rumah-rumah di Yunani. Dari jendela ruang makan yang berteralis kamu juga bisa nguping temen-temen kamu yang lagi ngegosip di patio. 

via instagram.com/villasunsetjogjakarta 

via instagram.com/villasunsetjogjakarta 

via booking.com 

Walaupun banyak mengambil referensi arsitektur dari luar negeri, Villa Sunset Jogjakarta nggak lupa buat nonjolin kesan-kesan etnik lewat furnitur, pajangan, juga jendela-jendela di kamar tidur yang bisa dibikin satu album foto sendiri. Pastinya malam-malam kamu dan geng bakalan terasa lebih hangat kayak Karmen yang curhat sama geng Cinta di kamar ini. 

via instagram.com/villasunsetjogjakarta 

 

Detail informasi

Rate: Rp.1.950.000,00 per malam (Villa dengan 2 kamar tidur) 

Alamat: Bangunjiwo, Kasihan, Bantul Regency, Special Region of Yogyakarta 55184

Kontak: villasunsetjogjakarta@gmail.com

 

9. MENIKMATI JOGJA RASA EROPA DI INDIES HERITAGE 

Bangunan bergaya kolonial emang nggak ada matinya, macem Indies Heritage yang mengadopsi desain bangunan peninggalan Belanda dengan ceiling dan daun pintu yang tinggi, tapi tetap  terkesan minimalis. Makanya biar lebih puas jadi Noni Belanda semalam, cobain bermalam di suite room di mana kamu bisa dapetin ekstra seating room

via id.hotels.com 

via booking.com 

Tapi kalau kamu emang pada dasarnya hemat banget, nginep di Deluxe Room aja tetep asik kok. Kalo mau cari tempat duduk asik tinggal tour keliling hotel. Toh di lobby kamu bakal nemuin kursi-kursi asik dari kayu jati yang mirip sama kursi-kursi di rumah nenek, lengkap sama lampu gantung yang sering ada di rumah-rumah betawi juga gramophone buat nyetel vinyl. Emang sesuai sama namanya, hotel ini cocok buat anak-anak Indie. 

via booking.com 

via agoda.com

via tripadvisor.com

Indies Heritage ternyata emang bisaan banget menghibur warga-warga kamar Deluxe yang nggak dapet sofa, dia kasih lah view pool side yang bikin hati kamu jadi tentrem. Ngaku aja deh, ngeliat warna air di kolam renang Indies aja pasti kamu udah berasa seger kan? Apalagi di samping kolam renang ada patung yang nggak kenal lelah ngebanjurin air buat para warga berenang. 

via traveloka.com 

via agoda.com

Nongkrong sambil foto-foto di kolam renang pastinya bikin kita lapar, makanya Indies Heritage nyediain meja tempat makan-makan atau nyeruput jus di pinggir kolam. 

via agoda.com

Tapi kalo cacing-cacing di perut kamu udah nggak bisa diajak kompromi lagi, Indies Heritage punya menu breakfast ala Indonesia juga Barat yang bisa kamu pilih. Ada poffertjes yang endes juga nasi goreng Indies dan nasi goreng rawon dengan bumbu rempah yang kuat. 

via booking.com 

via booking.com 

via booking.com 

 

Detail Informasi 

Rate: mulai dari Rp. 426.800,00 per malam (Deluxe Twin Room)

Alamat: Jalan Prawirotaman 3 No.625, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55153, Yogyakarta, Brontokusuman, Mergangsan, Daerah Istimewa Yogyakarta, 55153

Kontak: (0274) 2870999

 

10. BERPOSE KEKINIAN ALA MODEL KINFOLK DI ALLSTAY HOTEL  

Yang hobi pasang foto clean di instagram mana suaranyaaa? Untungnya sekarang kebutuhan kamu sebagai jamaah #vscocam dan #whiteaddict terpenuhi dengan bermalam sembari photoshoot di Allstay Hotel. Pokoknya selebgram kalah hits deh! 

via agoda.com

via agoda.com

via instagram.com/allstayhotel 

Karena emang pada dasarnya Allstay Hotel berkonsep minimalis, hasrat untuk mager pasti memuncak begitu kamu bertandang ke kamarnya yang terdiri dari tipe Superior, Junior Suite, sampe President Suite. Ketiganya hampir mirip kok!

via booking.com 

via allstayhotel.com 

via booking.com 

Cuma, di tipe kamar Suite kamu bakalan dapet ekstra seating area buat foto sambil mam cantik atau ngupi asik modal mesen di Nook Resto.

via allstayhotel.com 

via instagram.com/allstayhotel 

Coba tengok ke kamar mandinya, bersihnya ngalahin hati yang baru dapet siraman rohani. Ditambah bathtub yang terbuat dari marmer juga lantai dari kayu. Pastinya bikin kamu tergoda buat berendam lama-lama. Tapi coba-coba itu berendamnya jangan sambil instagram live. 

via booking.com 

Selain berendam, kamu juga bisa memanjakan diri dengan spa dan pijat ala Sekar Gendhis Spa. Kan mayan, pegel-pegel abis melancong ke Museum Affandi dan Plaza Ambarrukmo yang nggak jauh dari situ jadi ilang seketika. 

via instagram.com/allstayhotel 

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp.322.452,00 per malam (Superior Double or Twin Room-refundable

Alamat: Jalan Wahid Hasyim No. 41, Nologaten, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281

Kontak: (0274) 2801001

 

11. REFRESHING TANPA NANGGUNG DI TEGAL PANGGUNG 

 Yuk rayain home away from home kamu dengan bermalam di Tegal Panggung Guesthouse. Bangunan Tegal Panggung yang tinggi membuat kamu berasa lagi liburan di rumah panggung. Tangga-tangga, langit-langit, sampai pintu-pintu yang menopang Tegal Panggung, semuanya terbuat dari kayu. Bisa nih buat jadi background foto sambil melangkah di anak tangga, atau bersandar di railing. 

via agoda.com

via booking.com 

Karena Tegal Panggung ini berkonsep guesthouse, kamu jadi punya waktu buat bergaul sama tamu-tamu lain di ruang makan bersama dan living room bersama yang menyediakan free flow dispenser. Mayan, modal ngebahas air galonan, kalian jadi bisa kenalan dan ngobrol-ngobrol, sukur-sukur tukeran akun instagram. 

via booking.com 

via tripadvisor.com

Sekarang mari kita merapat ke kamar. Kalian bisa nyobain bermalam di kamar yang dihiasi oleh wallpaper klasik, lantai berbahan dasar kayu atau marmer, juga ventilasi udara yang mumpuni. Bye-bye gerah. 

via booking.com 

via agoda.com

Kesan eksotis dari Tegal Panggung Guesthouse makin berasa ketika kamu masuk ke kamar mandinya dan nemuin bathtub dan wastafel dari tembaga. No wonder, soalnya Tegal Panggung ini dulunya emang jadi sekolah buat para tentara.

via agoda.com

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp.479.000,00 per malam (Deluxe Twin Room)

Alamat: Jl. Tegal Panggung, Tegal Panggung, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55212

Kontak: (0274) 588721

Tipe guesthouse, konsep kayu kayu

 

12. NGARTSY FANCY DI YATS COLONY 

Ya kita tau banget kamu sejatinya adalah millenials yang butuh aktualisasi diri, makanya kita rekomendasiin Yats Colony buat kamu. Baru nyampe resepsionisnya aja kamu langsung disambut sama neon box pink yang kekinian. Belum lagi lorong berkaca buat kamu berfoto ala model hypebeast atau droptokyo sudah dipersiapkan sang empunya buat muasin hasrat millenials kamu.

via instagram.com/yatscolony 

via instagram.com/yatscolony 

Melipir ke kamar, kamu pasti makin terpesona sama home décor-nya yang dipenuhi sama pajangan dan furnitur berkayu. Cocok banget nih buat foto-foto sambil pasang caption #morningbliss. Apalagi ada tipe kamar jenis CA Room yang menyediakan sofa kecil di pinggir jendela persis buat kamu jadiin properti foto ala ala duduk sambil ngeliat ke luar jendela. 

via instagram.com/yatscolony 

via instagram.com/yatscolony 

via instagram.com/yatscolony 

Siapin kamera mirrorless kamu karena dia bakal kerja keras buat motret di Hip Bistro-nya Yats Colony yang menawarkan segudang makanan lezat bin instagramable. Favorit kita sih House Specialty Beef Tengkleng yang dimasak sedemikian rupa supaya gampang dipotong dan dikunyah. All hail the chef! 

via instagram.com/yatscolony 

via instagram.com/yatscolony 

Walaupun Yats Colony ini fancy abis, tapi dia mencoba untuk inklusif dengan menggelar workshop bulanan untuk khalayak luas sambil menggandeng pemateri lain. Workshop hand bouquet dan boutonniere ini salah satunya. 

via instagram.com/yatscolony 

Kolam renang Yats Colony adalah one of a kind. Dibalik bangunan-bangunan berkonsep rumah kaca, Yats Colony menyediakan kolam renang yang berbentuk seperti mata air dengan pepohonan teduh di kiri kanannya, lengkap dengan glass house. Kalau mau ngaso abis foto-foto, kalian bisa juga rebahan di sunken lounge bulat berwarna oranye di pinggir kolam. 

via yats.co 

via instagram.com/yatscolony 

via eatsandtreats.blogspot.com 

 

Detail informasi 

Rate: mulai dari Rp. 550.000,00 per malam (RA Room Twin Bed) 

Alamat: Jl. Patangpuluhan No.23, Patangpuluhan, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55251

Kontak: (0274) 375948

 

13. BERGAYA ETNIK MAKSIMAL DI TEMBI RUMAH BUDAYA 

Mungkin kamu penasaran gimana sih orang-orang jaman dulu tinggal. Untungnya Tembi Rumah Budaya berhasil melestarikan rumah joglo yang autentik itu buat kamu. Saking autentiknya, Tembi Rumah Budaya ini langganan jadi venue pernikahan adat Jawa lho. Yah sementara mah sambil nunggu calonnya, nebeng foto-foto aja dulu di pelaminan. 

via instagram.com/rumahtembi 

via booking.com 

via instagram.com/rumahtembi 

Walaupun Tembi Rumah Budaya nyediain free wifi buat modal kamu ngeksis di socmed, tapi Tembi Rumah Budaya tetep ngingetin kamu buat kembali ke fitrah lewat kamarnya yang serba alami. Kamu bisa rebahan di ranjang berkelambu, ngelamun di bale-bale, atau menyegarkan diri di kamar mandi outdoor-nya. Tenang, walaupun judulnya alami, kamu nggak harus nimba air sumur karena Tembi Rumah Budaya menyediakan shower air anget lengkap dengan hair dryer. 

via agoda.com

via agoda.com

via tripadvisor.com

Bangun tidur jangan langsung tidur lagi. Cobain deh berenang di kolam renangnya Tembi Rumah Budaya yang ademnya semriwing sambil liat-liat sawah di sekitar kolam. Kadang kamu bisa liat anak-anak sekolah atau orang-orang sekantor pada nanam padi atau ikutan outbound di sekeliling sawah lewat acara outing mereka. 

via booking.com 

via instagram.com/rumahtembi 

Ngeliat sawah emang bawaannya jadi laper, makanya di pinggir sawah Tembi Rumah Budaya nyediain Waroeng Dhahar Pulo Segaran yang kental akan desain etniknya. 

via booking.com 

Mumpung lagi di Tembi Rumah Budaya, puas-puasin penuhin memori kamera kamu dengan foto-foto wayang, congklak, gamelan, dan permainan-permainan tradisional di Museum Tembi. 

via instagram.com/rumahtembi 

 

Detail informasi 

Rate: mulai dari Rp. 520.661,00 per malam (Standard Bungalow) 

Alamat:  Jl. Parangtritis Km 8.4 Tembi, Timbulharjo, Sewon Bantul, 55186 Yogyakarta, Indonesia 

Kontak: (0274) 368000, 368004/ rumahbudayatembi@gmail.com

 

14. BERSAHAJA DI KAMPOENG DJAWA  

Sugeng rawuh! Lagi-lagi kita bakal menepi dari kehidupan urban dan menghirup segarnya udara taman di Kampoeng Djawa. Guesthouse mungil yang didominasi dinding berbata dan daun-daun pintu berwarna hijau, merah dan kuning ini bisa banget buat jadi background foto-foto down to earth kamu. 

via agoda.com

Sampai di kamar pun, Kampoeng Djawa memberikan kamar yang unik dengan seprei dari batik tulis asli dan selimut dari kain perca. Kamu jadi bebas buat gegoleran sambil minum air langsung dari kendinya. 

via booking.com 

Seolah nggak berhenti membuat kamu takjub, Kampoeng Djawa juga nyediain sumur yang didesain alami banget. Kalau kamu kuat, cobain sendiri timba barang tiga ember. Anggep aja lagi nge-gym. 

via booking.com 

Di seberang kamar, kamu bisa ngeliat view taman yang lengkap sama gazebonya. Serunya di gazebo itu kamu bisa kongkow sambil nyeruput freeflow air mineral, teh dan kopi. 

via tripadvisor.com

via tripadvisor.com

Kalau kaki kamu gatel banget pengen jalan-jalan, kamu bisa nyewa sepeda buat jalan-jalan ke Malioboro yang jaraknya cuma 15 menit dari Kampoeng Djawa. Kan lumayan, pulang-pulang kamu bisa nenteng oleh-oleh yang segitu banyaknya di stang sepeda. 

via travel.detik.com 

 

Detail informasi

Rate: mulai dari Rp.121.141,00 per malam (standard room, maksimal 2 orang)

Alamat: Jl. Prawirotaman 1 No.40, Brontokusuman, Yogyakarta, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

Kontak: (0274) 378318

 

Tuh kan kita bilang juga apa, keren-keren kan penginapannya? Kita nggak tanggung jawab ya kalau abis nginep di penginapan-penginapan di atas kamu jadi nggak bisa move on dan males back to work lagi. Yang jelas, koleksi foto-foto kamu di penginapan di atas bakalan nggak abis-abis buat ngehias feed kamu, bahkan bisa dijadiin Throwback Thursday Material. Siap-siap aja kebanjiran love!


editor
Editor Widya Arifianti
Terlahir dengan nama Widya Arifianti, tapi punya empat varian nama panggilan. Mantan copywriter yang kini malah jadi kepowriter. Bercita-cita menjadi scriptwiter, tetapi apa daya hanya mampu jadi skipwriter. Lebih sering main-main, tapi kadang bisa serius

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.