Wah! Menawannya 7 Wisata di Togean yang Membuat Kamu Ngga Karuan


Sulawesi Tengah - Leisure - 278 Hits

Buat kamu penggemar pemandangan laut dan pantai, apalagi pulau eksotis, Kepulauan Togean ini pas banget jadi destinasi wisata kamu! Kepulauan yang terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah ini sudah diresmikan menjadi Taman Nasional Kepulauan Togean sejak tahun 2004. Di Kepulauan Togean, ada enam pulau besar dan puluhan pulau kecil di sekelilingnya yang terkenal dengan keindahan masing-masing. Jadi, kamu bisa dapetin banyak pemandangan dalam satu trip!

via wisatakita.com 

Untuk mencapai Kepulauan Togean, pertama-tama kamu harus memilih satu dari tiga rute yang ada agar bisa tiba di Pelabuhan Wakai, pelabuhan terbesar yang ada di Pulau Batudaka, Togean. Pertama, lewat Gorontalo (Gorontalo-Wakai). Kedua, lewat Palu (Palu-Posa-Ampana-Wakai). Ketiga, lewat Poso (Poso-Ampana-Wakai). Setelah tiba di Wakai, barulah kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau lain yang ada di Togean.

via www.pesonaindo.com 

via www.skyscanner.co.id 

via journesia.com 

Kegiatan paling asyik dilakuin ketika di Kepulauan Togean ya island hopping. Kamu bisa mendatangi pulau-pulau besar di Togean, yaitu Pulau Togian, Pulau Batudaka, Pulau Poat dan Pulau Waleabahi. Kalau kemari, seenggaknya luangkan satu minggu ya supaya puas menikmati Kepulauan Togean yang menawan. Berikut 7 lokasi yang patut kamu datangi selama di Togean.

via dody94.wordpress.com 

 

1. Menyelami Keindahan Alam Bawah Laut di Pulau Kadidiri

Sudah datang jauh-jauh dari kota yang hiruk-pikuk, kamu pasti mau lihat alam yang memesona untuk relaksasi, kan? Nah, Pulau Kadidiri wajib kamu datangi. Hanya dengan satu jam perjalanan dengan menyewa speedboat atau perahu dari Wakai, bersiaplah untuk melihat pemandangan bawah laut yang indah.

via sportourism.id

Pulau Kadidiri sangat kaya akan hewan dan tumbuhan laut. Untuk sekadar cuci mata, kamu cukup berjalan sepanjang lima meter dari tepi pantai untuk menikmati keindahan bawah laut dari permukaan air. Karena pulau ini masih terjaga kebersihannya, kamu bisa menikmati terumbu karang di sini dengan mata telanjang. Kamu bisa menyewa kayak juga lho agar bisa menikmati air yang jernih dan melihat terumbu karang yang lebih banyak.

via blog.ivacanza.co 

via anekatempatwisata.com 

Belum puas dengan pemandangan dari pantai? Pergilah snorkeling atau diving di sekitar Pulau Kadidiri. Salah satu spot diving yang wajib kamu kunjungi adalah titik puing pesawat B 24, pesawat bekas Perang Dunia II. Untuk menemukan spot ini, kamu bisa berkendara dengan speedboat sejauh 16 km ke arah timur laut Pulau Kadidiri. Puing-puing pesawat ini adalah rumah bagi beragam terumbu karang berusia puluhan tahun. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi kamu untuk menjelajahi bangkai pesawat bersejarah ini.

via indohoy.co 

via anekatempatwisata.com 

Menikmati Pulau Kadidiri tidak harus basah-basahan. Karena banyak spot di pantai juga bungalo yang cocok banget dijadikan tempat bersantai menikmati pemandangan dan semilir angin. Airnya yang tenang bikin suasana di pulau Kadidiri semakin cozy.

via 1001indonesia.net 

via tekooo.com

via tripadvisor.com 

 

2. Pemandangan Ciamik dari Gunung Vulkanik di Pulau Una-Una

Kalau pasir di pantai biasanya berwarna putih, di Pulau Una-una pasirnya kombinasi warna putih dan hitam. Sejarahnya, di pulau ini ada gunung berapi yang masih aktif, meski tercatat sebagai gunung berapi yang sudah tua. Nah, berabad-abad lalu, terjadi letusan kolosal dari gunung Colo di Pulau Una-una ini yang menyebabkan bercampurnya material vulkanik dengan pasir pantai.

via www.transsulawesi.com

Gak Cuma wisata laut yang bisa kamu nikmatin di Pulau Una-una lho. Kawah gunung Colo juga menarik buat dikunjungi. Gunung ini dapat ditempuh sekitar dua sampai tiga jam. Sepanjang perjalanan, banyak bebatuan vulkanik dengan beragam ukuran.

via suara.com 

via nasional.news.viva.co.id

via www.indonesiakaya.com

Kalau waktu kamu cukup lowong, jangan lupa main di Pulau Una-una hingga malam ya. Sunset di sini keliatan dramatis banget. Dari sunset platform di resort, kamu bisa leyeh-leyeh di hammock sambil nikmatin sunset yang instagramable :”).  Dijamin kamu pasti bakal makin terpesona sama Pulau Una-una! 

via designthinktravel.com 

via www.general.web.id

Oh ya, sunrise yang gak kalah cakep dari sunset-nya. Pokoknya lengkap, nggak heran kalau kamu sampai terpesona sama pulau ini.

via instagram.com/indosunrise 

 

3. Ngga Perlu Kabur Saat Melihat Ubur-Ubur di Danau Mariona!

Tidak hanya di danau Kakaban, Kalimantan Timur, ternyata ratusan ubur-ubur tak menyengat juga menetap di Danau Mariona, Togean. Meski airnya payau cenderung agak keruh, kamu tetep bisa berenang untuk melihat dan dikelilingi ubur-ubur tak menyengat.

via cumilebay.com

via bintang.com 

Akibat proses alam, Danau Mariona yang dulunya tersambung dengan laut menjadi terpisah dan membentuk satu danau. Ubur-ubur yang hidup di danau air payau ini jadi terisolasi dan setelah sekian lama berkembang biak di Danau Mariona, mereka kehilangan kemampuan untuk menyengat. 

via instagram.com/tiarfebry

Ada beberapah catatan nih kalau kamu mau berenang dengan ubur-ubur yang unyu. Pertama, jangan pake sunblock/ sun cream/ lotion, karena bakal luntur dan mencemari air. Kedua, kalem aja guys pas masuk airnya. Nggak perlu lompat salto dan berenanglah dengan tenang juga. Yang paling penting, jangan agresif pegang-pegang atau bahkan sampai angkat ubur-uburnya keluar air. Kasihan kan :(

via cumilebay.com

via kitaina.id

Gimana kalo udah capek berenang tapi masih belum mau move on dari si unyu-unyu? Tenang, di tepi danau, ada floating gazebo tempat kamu bisa duduk-duduk dan menikmati pemandangan Danau Mariona. Nggak harus berenang jauh ke tengah, si ubur-ubur jelas kelihatan.

via cumilebay.com

Meski letaknya agak terpelosok di belakang pantai Karina, lokasi ini sayang untuk dilewatkan ketika kamu berkunjung ke Kepulauan Togean.

 

4. California Reef, Titik Diving  yang Jaw-dropping 

Buat yang suka diving, California Reef di Togean yang airnya jernih ini pas banget buat kamu. Ada berbagai jenis biota laut yang bisa kamu saksikan langsung mulai dari terumbu karang hingga ikan-ikan hias.

via vacationspotindonesia.wordpress.com

via togean.net 

via instagram.com/dynaasaur

Terletak sekitar 500-800 meter dari pesisir pantai sebelah utara Pulau Maleng, terumbu karang ini ada 6 bagian. Bagian 1-5 saling berdekatan di utara Pulau Malenge, sedangkan bagian 6 agak jauh di dekat Pulau Dolong.

via instagram.com/soalpalu

via gigflick.wordpress.com 

Hati-hati jangan sampai kamu menginjak karang ya, karena butuh ratusan tahun lho untuk tumbuh lagi. Jangan dipegang juga, karena walaupun terlihat cantik, ada yang bisa bikin gatal kulit.

via instagram.com/cintadonat 

Keragaman biota laut di Kepulauan Togean memang luar biasa. Nggak jarang juga ada spesies yang langka dan dilindungi. Kamu bisa dapetin rangkumannya di California Reef.

via instagram.com/soalpalu

via instagram.com/gregoriussandro 

 

5. Trekking Santai di Hutan Mangrove

Jalur trekking yang asik di Kepulauan Togean terletak di beberapa pulau, yaitu Talatako, Togean, Batudaka dan sebagian Pulau Walea. Setelah puas main air di pantai, jalan-jalan di hutan mangrove bisa jadi pilihan untuk berburu foto. Di Kepulauan Togean ada sekitar 33 jenis mangrove yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati dan 14 jenis mangrove ikutan. Ke-33 jenis mangrove dibagi dalam 26 genus dan 21 familia. Kebayang dong beragamnya flora dan fauna di sana?

via travel.rakyatku.com 

via instagram.com/soalpalu

via jopi1903.blogspot.co.id 

 

6. Seru bareng Suku Bajo

Ketika berkunjung ke Kepulauan Togean, pastikan kamu mampir dan sapa penduduk asli Togean. Bertemu dengan Suku Bajo yang berprofesi sebagai nelayan ini pasti akan menjadikan perjalananmu lebih berkesan lagi. Kamu tinggal pilih mau menghampiri Suku Bajo yang tinggal di pulau kecil yang mana, Siatu, Malenge, atau lainnya.

via jurnalindonesia.net 

via 4.bp.blogspot.com 

Suku Bajo sebagai penduduk lokal Togean dikenal sebagai pelaut yang handal. Tidak ada salahnya kamu berinteraksi dengan mereka dan belajar tentang menangkap ikan.

via derosaryebed.blogspot.co.id 

via derosaryebed.blogspot.co.id 

Merupakan tontonan yang asik ketika orang Bajo menjala ikan dengan menebarkan jaring lalu menepuk laut secara beramai-ramai, juga pemancing gurita yang hanya bertelekan sampan, sementara separuh badan dan kepalanya menyelam di air. 

via telukpalu.com 

via instagram.com/instanusantara 

Cocok banget buat kamu yang penasaran dan suka sama budaya Indonesia!

 

7. Berani Berenang Bareng Hiu Paus di Pantai Botubarani

Kalau ke Togean, sekalian aja mampir ke Botubarani di Gorontalo. Selain pemandangannya yang oke, salah satu daya tarik di pantai Botubarani ini, kamu bisa berenang bareng ikan hiu paus. Tenang aja, ikan hiu paus ini nggak makan manusia kok, melainkan ikan kecil, udang, dan plankton. Kamu juga bisa kasih makan ikan hiu paus dengan membeli udang di penjual sekitar.

via 1001indonesia.net 

via pesonaindo.com 

via instagram.com/taufik_akuba 

Oh ya, supaya bisa snorkeling, kamu perlu menyiapkan waktu untuk antre ya. Ada peraturan bahwa sekali turun, hanya 1 pemandu dan 6 peserta yang boleh turun. Tapi tenang, semuaitu sepadan kok. Apalagi kamu cuma butuh merogoh kocek sebesar 25 ribu. Pengalaman langsung berenang bareng salah satu ikan terbesar ini bisa kamu dapatkan di Pantai Botubarani. Di mana lagi bisa berenang sama bintang film Finding Dory?

via www.pesonaindo.com   

Kalo kamu masih ragu dan pengen liat dulu pausnya kayak apa, kamu bisa liat-liat dulu hiu paus yang hanya berjarak 20-30 meter dari tepi pantai dengan naik perahu yang tarifnya Rp20.000 orang untuk 20 menit.

 

Referensi Penginapan

Black Marlin

  • Harga kamar Rp200-400 ribu per malam per orang.
  • Sewa alat snorkeling Rp50 ribu satu set per hari.
  • Sewa kapal Rp850 ribu sehari maksimal 6 penumpang. Jika lebih, tarif per orang dikenakan Rp125 ribu.
  • Sewa kayak Rp100 ribu untuk setengah hari, Rp150 ribu sehari penuh.
  • Paket menyelam Rp1,2 juta untuk 8 orang. Jika lebih dari 8 orang, dikenai tarif tambahan Rp150 ribu per orang.

via theonearmedcrab.com 

Kadidiri Paradise

  • Harga kamar Rp175-500 ribu.
  • Biaya menyelam Rp400-600 ribu.
  • Kursus menyelam Rp4-10 juta.

Bisa juga tinggal di pemukiman warga di Desa Wakai, karena sudah banyak rumah warga yang disewakan di sana. Pilihan ini bisa menghemat pengeluaran trip kamu.

via rappler.com 

 

Jalur Menuju Kepulauan Togean

Via Gorontalo

Penerbangan Jakarta-Gorontalo: 2 jam

Pelabuhan Waris, Gorontalo-Wakai: 12 jam

  • Kapal Tuna Tomini pukul 20.00 Wita. Tarif Rp100.000

Wakai-Kadidiri: 15 menit dengan kapal resort

 

Via Palu

Penerbangan Jakarta-Palu: 2 jam

Palu-Ampana: 10 jam

  • Bus rute Palu-Poso-Ampana berangkat pukul 10.00 dan 17.00 WITA
  • Travel Palu-Ampana atau sewa mobil Palu

Ampana-Wakai: 5 jam 

  • Kapal ke Wakai berangkat pukul 10.00 WITA. Tarif Rp50.000

Wakai-Kadidiri: 15 menit dengan kapal resort

 

Via Poso

Penerbangan Jakarta-Makassar: 2 jam

Makassar-Poso: 1 jam 20 menit

Poso-Ampana: 5 jam

  • Bus Poso-Ampana: berangkat pukul 10.00 WITA. Tarif Rp500.000 atau sewa mobil di Poso
  • Travel Poso-Ampana tarif Rp110.000 atau sewa taksi Rp500.000

Ampana-Wakai: 5 jam

Wakai-Kadidiri: 15 menit dengan kapal resort

 

Tarif di atas merupakan perhitungan terakhir pada Januari 2017. Beberapa tarif tidak menentu seperti tiket penerbangan dan kapal. Rata-rata biaya minimum yang dihabiskan dari Jakarta sebesar Rp5 juta untuk transportasi, penginapan, akomodasi, dan sewa alat snorkeling selama sepekan. Pastikan juga kamu sudah konfirmasi ke pengelola resort sebelum tiba. Selamat berpetualang!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Editor Dian Dian

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.