9 Restoran di Bandung yang Melegenda dan Menggoda untuk Kamu Coba


Jawa Barat - Culinary & Shopping - 1678 Hits

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki segudang tempat makan dan tempat nongkrong dengan konsep beragam. Bandung juga merupakan kota dengan tingkat perbaharuan tempat makan dan tempat nongkrongnya yang terbilang cepat. Rasanya, nggak pergi ke Bandung tiga bulan aja pasti udah ada kafe baru. Ya kan?

Nah, tapi terkadang nongkrong di tempat makan-tempat makan hits tersebut akan sampai di titik bosennya juga. Kalau sudah sampai begini, makan di restoran yang melegenda bisa jadi variasi kuliner di Bandung yang patut kamu coba. Seperti kata Pidi Baiq, “Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi.” Maka, makanan-makanan legendaris ini dijamin akan membangkitkan memori menyenangkan dari Bandung tempoe doeloe. Untuk itu, berikut Tamasyeah rangkum 9 restoran di Bandung yang melegenda yang akan membuat kamu bernostalgia dengan kota tercinta!

 

1. Kopi Purnama, Rumah Si Pasangan Serasi Kopi dan Roti 

Chang Chong Se! Silakan coba! Itu nama warung kopi yang telah didirikan oleh Yong A Thong pada tahun 1930, sebelum akhirnya berubah menjadi Warung Kopi Purnama. Duduk santai di Kopi Purnama sambil santap-santap cantik sangat cocok buat yang pengin merasakan suasana nostalgia. Dari saat masuk ke warung ini, kamu akan disambut dengan foto-foto gedung-gedung di Bandung dari zaman baheula. Meja marmer dan kursi kayu jati yang memenuhi ruangan pun masih otentik.

Via helenysm.com  

Via carimakanbdg.wordpress.com

Warung kopi yang berlokasi di daerah pecinan ini memang identik dengan sarapan. Kadang-kadang para pelanggan setia sudah antre dari pagi hari untuk menikmati kopi tubruk khas Warung Kopi Purnama ditemani roti selai srikaya. Tapi buat kamu yang tidak suka kopi hitam, kamu patut mencoba Kopi Telur atau Kopi Susu. Rasa pahit dari kopi dan manis dari susu kentalnya membuat paduan rasa yang pas.

Via carimakanbdg.wordpress.com

Kekhasan kopi di Warung Kopi Purnama ternyata terletak di biji kopinya. Biji kopi yang didatangkan spesial dari Medan ini, digiling sendiri di rumah pemilik warungnya lho. Metode penggilingan yang dipakai juga masih sama. Supaya rasa kopinya mantap, warung yang pertama kali buka di Medan ini punya trik khusus. Gelas yang udah berisi bubuk kopi, dituang air mendidih, kemudian didiamkan sampai ampasnya mengendap. Setelah ampasnya mengendap, air seduhan itu direbus lagi, barulah kopi disajikan.

Via satyawinnie.com

Selain roti selai srikaya yang manis, ada juga menu roti dadar wurst yang cocok untuk dinikmati waktu brunch. Roti-roti di sini tebal, jadi lumayan mengenyangkan. Oh ya, jika kamu baru tiba di Bandung pada siang hari, jangan khawatir, karena Warung Kopi Purnama juga menyediakan makanan berat, perti nasi gulai sapi, nasi dadar sekba, nasi lengko, dan lontong Cap Go Meh yang sayang untuk dilewatkan. Makanan-makanan di Kopi Purnama masih dibuat berdasarkan resep dari awal berdiri lho. Makanya nggak heran, keunikan Kopi Purnama dan kualitas makanannya tak lekang oleh waktu.

Roti bakar wurst via www.satyawinnie.com

Nasi dadar Sekba via letsgoeatall.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Warung Kopi Purnama

Alamat: Jl. Alkateri No. 22, Asia Afrika, Sumur Bandung, Bandung, Braga, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

Telepon: (022) 4201841

Jam buka: Senin-Minggu: 06.30-18.00 WIB

Kisaran harga:

Makanan: sekitar 20 ribu - 40 ribu

Minuman: sekitar 5 ribu - 25 ribu

 

2. Toko You: Tempat Klasik untuk Kumpul Asyik

First timer, hati-hati keblinger! Butuh usaha lebih untuk kamu yang mau datang ke Toko You untuk pertama kalinya. Pasalnya, toko yang udah berdiri dari tahun 1947 ini tidak memiliki plang sama sekali! Patokannya, tempat ini dekat RS Borromeus, terus cari pintu masuk yang antik.

Via ulinulin.com

Kesan kalo tempat ini memang melegenda sejak dulu terasa dari furniturnya yang didonimasi kayu berwarna coklat dan angkringan yang ada bahan dan racikan jamu yang beraroma rempah. Ditambah lagi dengan bagian tokonya yang punya etalase khas zaman dahulu.

Via ulinulin.com

Via ulinulin.com

Resto yang cocok untuk ngumpul rame-rame bareng keluarga ini menyajikan berbagai hidangan tradisional dan Indonesia serta Chinese food, juga roti jadul sebagai snack. Biasanya yang paling dicari di Toko You adalah rawon panggang. Daging yang potongannya lumayan tebal ini menguarkan aroma smoky dan bertekstur lembut. Selain rawon, ada juga mie yamin, ayam lapis udang dan bakso campur yang menjadi favorit. FYI, Toko You ini memproduksi sendiri mienya.

Rawon Panggang via anni-susanti.blogspot.co.id

Yamin manis via nyicip.com

Untuk minumannya, jangan ragu untuk memesan kopi di Toko You karena kopinya terbuat dari kopi Aroma, kopi Bandung yang tersohor. Selain itu, ada juga jamu yang tersedia di angkringan di dekat pintu masuk. Menu lain yang tak kalah uniknya dari Toko You adalah, es teh hejo dan es krim sulatana.

via pulasinn.wordpress.com - angkringan

via pulasinn.wordpress.com - es hejo

 

Detail Informasi

Toko You

Alamat: Jalan Hasanudin No 12, Lebakgede, Coblong, kota Bandung Jawa Barat 40132

Telepon: (022) 2503332

Jam buka: Senin –Minggu pukul 07.30 – 00.00 WIB

Kisaran harga: Rp 10 - 60 ribu

 

3.  Menyantap Hidangan Elit Eropa di Braga

Mau tahu Parijs van Java yang sesungguhnya karena penasaran bagaimana kota ini bisa memikat para meneer dan noni? Mampir aja ke Jalan Braga. Di jalan yang penuh dengan toko, tempat hiburan dan tempat untuk kulineran, ada satu restoran yang sejak tahun 1927 sudah menjadi tujuan kalangan elit untuk menikmati kuliner Kerajaan Belanda. Braga Permai, atau yang pada zaman kedudukan Belanda dikenal sebagai Maison Bogarijen, adalah satu-satunya restoran yang mendapat restu untuk menghidangkan kudapan khas kerajaan, yaitu koningin Emma tart dan Wilhelmina tart

Via us.images.detik.com

Via id.openrice.com

Via bragapermai.com

Saat ini, Braga Permai makin berkembang. Pilihan hidangan lekker yang bisa memuaskan kamu mulai dari menu Western seperti masakan Belanda dan Italia, menu masakan Cina, menu hingga menu lokal. Menu western yang direkomendasikan untuk kamu adalah ravioli, selada huzarensla (isinya daging has, nanas, apel, bengkuang, timun, roti panggang, dan disiram mayonaise), chicken schnitzel (dada ayam goreng dengan telur mata sapi dan saus jamur) dan wiener melange (minuman ekstrak kopi segar dengan es krim vanila).

Via myeatandtravelstory.wordpress.com

Via instagram.com/bragapermai

Untuk hidangan penutup atau snack, kamu bisa melahap menu yang masih otentik, seperti es krim (tersedia 6 pilihan rasa) pastries-nya dan kue-kue kayak Tompoesjes, Ananas Geap, Speculaas Almond, Ontbijkoek dan Booterstaf. Nongkrong sambil makan es krim atau minum teh serta coklat homemade yang tetap dipertahankan keaslian rasanya hingga sekarang, sangatlah nikmat. Apalagi kalo duduk di bagian outdoor yang langsung menghadap ke Jalan Utama Braga. Kamu bisa bersantai sambil memandang pertokoan bearsitektur Belanda dan menikmati angin sepoi-sepoi. Pasti bikin kamu serasa #throwback ke Bandung tempo dulu.

via foodgallerybdg.com

Via tripadvisor.co.id

Via indolah.com

 

Detail Informasi

Braga Permai

Alamat: Jalan Braga No. 58, Bandung

Telepon: (022) 4233778 - 085282929292

Jam buka: Senin - Minggu pukul 09.00-00.00 WIB

Kisaran harga:

Makanan ringan: sekitar 17 ribu-45 ribu

Makanan berat: 30 ribu-250 ribu

Minuman: 15 ribu-40 ribu (non-alkohol)

Website: http://bragapermai.com/

 

 

4. Tizi, Ahli Steak German yang Enak Tenan

Bandung emang masih nyimpan jejak dari jaman kompeni, tapi nggak jauh dari simpang Dago ada yang jago soal macem-macem steak dari German. Coba deh pelan-pelan perhatiin jalan kecil waktu kalian menuju Dago, dekat Bank BJB, di sana ada Restoran Tizi yang udah ada sejak tahun 1970-an. Selain makanan yang enak, atmosfer klasik nan cantik buat kita tambah betah di resto yang cukup luas ini.

Via myeatandtravelstory.wordpress.com

Jangan bingung pesan makanan apa. ‘Bintangnya’ antara lain schaschlik, beef and egg, tenderloin dan pizza. Menu schaschlik berbentuk sate tapi diisi sosis sapi, daging sapi diiris tipis, bawang bombay dan paprika, lalu disiram bumbu seperti BBQ. Kalau beef and egg  adalah roti tebal yang di atasnya diberi tomat, daging sapi asap dan telur, kemudian dipanggang. Kombo empuk, tapi tetap ada yang bisa digigit plus saus menggoda panca indera. Piza juga patut disebut nih karena adonannya yang pas membuat piza tidak kering atau keras. Daaan highlight-nya adalah... kejunya yang sangat harummm. Nah harum yang beda dari keju lain itu yang bagi sebagian orang, membangkitkan kenangan-kenangan menyenangkan.

Schaschlik?????? v?ia gastronomy-aficionado.com

Egg and beef via annisasatriana.blogspot.co.id

Di Tizi, kamu juga bisa nyicip bratwurst, sup, salad, omelet, sandwich, dan dessert juga. Dessert yang direkomendasikan: rum ball, apfelkuchen (pie apel), erdnus torte (sejenis kue). Hidangan menggoda ini pas banget disantap di tempat sembari menikmat desain restoran yang bergaya Eropa dengan berkonsep agak terbuka dan memiliki taman.

 

Detail Informasi

Tizi

Alamat: Jl. Kidang Pananjung No. 3, Dago Pakar (Dago Atas), Bandung

Telepon: (022) 2504963

Jam buka: Senin-Minggu pukul 11.00-23.00 WIB

Kisaran harga: Rp 20 - 160 ribuan

 

5. Roti Gempol: Roti Jempolan Buat Sarapan

Istilah “bahagia itu sederhana” sudah sering kita dengar ya? Nah, itu juga berlaku di bakery. Di mal dan tempat nongkrong lainnya, banyak semakin banyak variasi roti, tapi roti klasik seperti Roti Gempol yang udah ada dari tahun 1958 juga nggak kalah top. Kesan sederhana kental sekali terlihat dari tampilan Toko Roti Gempol.

Via id.openrice.com/id

Pada dasarnya, Roti Gempol menyajikan roti manis dan asin dengan pilihan roti biasa dan roti gandum. Untuk yang manis terdapat pilihan selai strawberry, blueberry, dan meses cokelat, sedangkan yang asin bisa pilih salah satu antara telur, keju, dan daging asap). Kalau kamu merasa satu rasa atau satu isian itu kurang, kamu bisa memesan roti spesial dengan 2 topping. Roti Gempol ini suka dicari untuk sarapan oleh warga Bandung maupun wisatawan yang penasaran. Kekhasan roti ini terletak pada cara pengolahannya yang tanpa pengawet dan takaran susu yang pas yang menghasilkan kepadatan sempurna. Datanglah langsung ke Roti Gempol, karena kita bisa dapat roti yang fresh dan hangat.

Via bhellabhello.wordpress.com

Gak usah takut bangkrut juga kalo makan untuk santapan berjamaah, pesen aja porsi ririungan dijamin lebih murah!

Via bhellabhello.wordpress.com

Satu hal lagi yang sayang buat dilewatkan dari Roti Gempol: saus 135. Saus ini memberikan sensasi pedas menggoyang lidah dan aroma bawang putih yang harum, cocok jadi cocolan roti asin supaya makan Roti Gempol makin ‘nampol’.

via bhellabhello.wordpress.com

 

Detail Informasi

Roti Gempol

Alamat: Jl Gempol Wetan 14, Bandung

Telepon: (022) 4239469

Jam buka: Senin-Minggu pukul 07.00 - 21.00 WIB

Kisaran harga: Rp 10 - 50 ribuan

 

6. Kesegaran Yahud Yoghurt Cisangkuy

Kalau lagi di daerah Gedung Sate, enaknya nyante di Yoghurt Cisangkuy. Kamu bisa duduk-duduk minum Yoghurt Cisangkuy yang segar di bawah pohon yang rindang sambil menendang jauh rasa dahaga dan membuat pikiran melayang ke momen bahagia. Jauh dari kesan uzur, nuansa romantis nggak pernah luntur. Lihat aja dekorasi tempatnya. Bangku-bangku kayu merah, putih dan cokelat tersebar di dalam ruangan, teras, garasi, serta halaman depan. Lampion putih, yang digantung di dahan-dahan pohon menjadi hiasan cantik ketika malam tiba.

Via anekatempatwisata.com

Kira-kira, kenapa dari tahun 1976 yoghurt ini masih bisa bertahan? Yoghurt Cisangkuy lain dari yoghurt biasa, rasanya nggak terlalu asam dan tersedia dalam banyak pilihan rasa anti-mainstream yang kudu dicoba. Nggak tanggung-tanggung, 25 varian rasa disediakan Yoghurt Cisangkuy.

via pergikuliner.com

Cara penyajiannya Yoghurt Cisangkuy ada tiga. Pertama, dengan jus (with juice), yoghurt putih yang cenderung encer dan manis dicampur dengan sirup buah. Kedua, ada pilihan tidak dengan jus (no juice), artinya yoghurt polos dengan sirup buah yang membuat rasanya agak lebih asam dan kental. Pilihan ketiga, kategori spesial,  minuman yoghurt yang kita pesan diberi potongan buah asli. Yoghurt spesial juga bisa ditambah dengan campuran rum.

via tempatwisatadibandung.info

Kedai ini semakin jaya lho. Buat kalian yang ‘ngiler’ tapi mager, Yoghurt Cisangkuy melayani pesan antar. Kalian tinggal telepon aja. Kalo khawatir gak kebagian tempat juga cukup kring Yoghurt Cisangkuy.

 

Detail Informasi

Yoghurt Cisangkuy

Alamat: Jl. Cisangkuy No. 66, Surapati, Bandung

Telepon: (022) 7273956

Jam buka: Senin-Minggu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Kisaran harga:

Yoghurt: Rp 20 ribuan

Makanan: Rp 10 - 30 ribuan

 

7. Bandoengsche Melk Central (BMC): Pusat Produk Susu yang Termasyhur

Restoran yang pertama kali buka di tahun 1928 ini tidak bisa dipisahkan dari sejarah kota kembang. Banyak Oma-Opa Belanda yang datang untuk bernostalgia, membangkitkan memori tentang masa indah mereka pada masa Hindia-Belanda. Suasana klasik ditambah dengan live music yang membawakan lagu-lagu popular dan jazz yang membawa angan-angan melayang ke tahun 20-an.

via edunik.com

via destinasibandung.co.id

BMC merupakan simbol Bandung sebagai pengolah susu berkulitas. Macam-macam produk dari susu seperti yoghurt, susu murni dan es krim tersedia di sini. Kalau mau mencoba sesuatu yang baru dan unik, ada shalimar (susu kambing gunung yang dicampur dengan rempah-rempah khas Timur Tengah) dan kefir (susu fermentasi yang lebih asam dari yoghurt) yang patut dipesan.

via id.openrice.com

Hal lain yang membuat BMC istimewa selain pabrik susu pasteurisasinya yang besar, ada juga program Visit Bakery Factory. Kamu bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan roti mulai dari adonan sampai siap dilahap.

 

Dalam perkembangannya, BMC juga menawarkan makanan berat. Menu andalan restoran ini adalah sop buntut goreng. Buntutnya sangat empuk, dan bumbunya pun meresap. Untuk melengkapi kenikmatan daging goreng, seruput juga sopnya yang gurih saat masih hangat. Nggak heran kalau sop buntut goreng maknyus ini sangat terkenal..

via id.openrice.com

 

Detail Informasi

Bandoengsche Melk Central (BMC)

Alamat: Jl. Aceh No. 30, Bandung

Telepon: (022) 4204595

Jam buka: Senin- Minggu 08.00-22.30 WIB

Kisaran harga:  Rp 30-50 ribuan

 

8. Sumber Hidangan, “Rumah Si Manis” di Parijs van Java

Jika kamu termasuk “sweet tooth”, kamu wajib nongkrong di Sumber Hidangan, toko roti jadoel yang udah berdiri sejak 1929. Namanya boleh ganti dari Het Snoephuis, tapi interiornya tetep otentik. Kamu masih bisa lihat etalase pajangannya yang tua, timbangan berwarna putih antik dan lemari pendingin tua. Ada juga mesin hitung dan radio tua yang berada di bagian kasir di ruang duduk pengunjung yang bikin kamu seolah-olah sedang berada di museum. 

via helenysm.com

via myeatandtravelstory.wordpress.com

via helenysm.com

Di Sumber Hidangan, kamu bisa makan roti, kue, dan es krim yang sulit ditemukan di tempat lain, saking jadulnya. Satu hal yang perlu diingat, harap teliti sebelum memasan karena sebagian kue dan es krim menggunakan alkohol, salah satunya Likeur Bonbon. Supaya jelas, tanya saja ke penjaganya, mana yang mengandung alkohol. Kalau ke Sumber Hidangan, kemungkinan besar kamu akan menyesal jika sampai melewatkan es krim Sumber Hidangan Special. Es krim lembut rasa cokelat, vanila, dan stroberi bertabur potongan buah persik, ceri, dan kismis bisa memuaskan rasa ngiler jadi rasa seger.

via goodindonesianfood.com

Selain es krim, jajaran roti di Sumber Hidangan akan memikat hatimu lho. Roti favoritnya ada suikerboll (roti gulung kayu manis dgn taburan tepung gula), kasstook (roti keju), krentenbol (roti kismis) , dan melkbrood (roti susu).

via helenysm.com

Soal minuman, ada nih yang buat nagih, yaitu Ice Cream Soda. Jangan buru-buru judge dari penampilannya yang biasa saja ya. Karena soal rasa, berani diadu! Ice Cream Soda ini rasanya mirip kayak permen susu jaman dulu, tapi taste nya yang manis bisa tangkis rasa kangen sama masa kecil.

via thefoodxplorer.com

 

Detail Informasi

Sumber Hidangan

Alamat: Jalan Braga No. 20, Bandung

Telepon: (022) 4236638

Jam buka: Senin-Sabtu pukul 09.00-15.30 (Hari Minggu TUTUP)

Kirasan harga: Rp 5 - 30 ribu

 

9. Linggarjati, Mie Legendaris yang Masih Hits

Tempat makan enak, nggak selalu berlokasi di jalan-jalan besar. Linggarjati, restoran yang sederhana ini terletak di jalan sempit di depan alun-alun Bandung. Suasananya boleh kuno, tapi rasa mienya gak akan kuno atau ngebosenin.

via kuliner.panduanwisata.id

via foodstime.wordpress.com

Di restoran yang sudah berdiri dari tahun 1950 ini, mie-nya homemade, dibuat setiap pagi. Menu andalannya adalah mie yamin manis baso babat. Yamin manis baso babatnya bercita rasa manis dengan harum aroma gurih yang pas. Sejak mie pesanan diantar ke meja, sudah kelihatan kalau suwiran daging ayam halusnya nggak pelit. Nah, hidangan ini semakin oke dengan babatnya yang empuk. Untuk menemani mie yamin, pesanlah es alpukat Linggarjati yang kondang. Es alpukatnya punya tekstur yang halus sekali, dengan rasa yang cukup manis apalagi ditambah siraman cokelatnya yang menggoda.

via goodindonesianfood.com

via jurnal.maskoolin.com

Menu es lain yang unik dan nggak kalah nikmat adalah es shanghai. Isinya cukup heboh dengan cincau hitam, alpukat, anggur hijau, leci, dan fruit cocktail.

via baksoguide.blogspot.co.id

 

Detail Informasi

Mie Linggarjati

Alamat: Jl. Balong Gede No. 1 (Samping ex Dian Theater - Alun-Alun), Bandung

Telepon: 0813-2119-7718

Jam buka: Senin-Minggu pukul 08.30-19.00 WIB

Kisaran harga: Rp 25 - 50 ribu

 

 

Lengkap sudah ulasan Tamasyeah tentang 9 restoran di Bandung yang melegenda dan menggoda untuk kamu coba. Selamat bernostalgia di tempat jadoel tapi cool, sambil menyantap hidangan sedap tempoe doeloe hingga kenyang!

 


editor
Editor Elga Theresia
Mahasiswi ilmu komunikasi, peminatan humas. Hobi kulineran dan olahraga. Quote favorit: “One cannot think well, love well, sleep well, if one has not dined well.” – Virginia Woolf

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.