19 Wisata Aceh yang Bikin Kamu Nggak Menoleh


Aceh - Pulau Weh - Snorkeling & Diving - 3778 Hits

Kamu mungkin sempat berpikir, "Aceh? Di sana kan apa-apa serba nggak boleh." Katanya perempuan nggak boleh naik motor lah, keluar malam lah atau pake bikini di pantai. Tenang aja, nggak semua larangan tersebut benar kok. Yang pasti benar di Aceh banyak bangeeet tempat wisata yang bikin kamu nggak menoleh. Ada apa aja? Yuk bahas satu-satu 19 wisata Aceh yang bikin kamu nggak menoleh!

1. MASJID BAITURRAHMAN ACEH

Ini dia nih landmark-nya Aceh! Ibarat kata kalau Paris punya Menara Eiffel maka Banda Aceh punya Masjid Baiturrahman. ?

Via rejaholidays.com

Arsitektur masjid ini merupakan salah satu yang terindah di Indonesia, Instagram-able pastinya.

Via orestillakoto.blogspot.co.id

Via beantraveling.wordpress.com

Jangan ditanya sudah berapa tahun masjid ini berdiri? Sama kakeknya kakek kakek kamu pun masih lebih tuaan Masjid Baiturrahman. Ada yang bilang bangunan ini berdiri sejak tahun 1200an ada juga yang bilang sejak tahun 1600an, entah yang mana benar yang pasti pada tahun 1945 Indonesia merdeka haha.

Via negeriujung.wordpress.com

Via simas.kemenag.go.id

Untuk menemukan Masjid Baiturrahman ini nggak sulit. Lokasinya ada di pusat Banda Aceh, di kelilingi oleh jalan protokol kota ini dan bersebelahan langsung dengan Lapangan Blang Padang tempat Pesawat pertama Indonesia yaitu Pesawat Seulawah berada.

Via hikayatbanda.com

 

2. PULAU WEH

Pulau Weh emang wah banget kalo ngomongin soal pantainya. Nggak heran, karena Pulau Weh emang punya sederet pantai dengan kelebihannya masing-masing.

Via infojakarta.net

Via banyakbaca.com

Salah satu pantai di pulau Weh adalah Pantai Iboih yang warna airnya biru-biru kehijauan gitu, bikin pengen langsung nyemplung rasanya.

Via instagram.com/haiminhm

Via phinemo.com

Dari Pantai Iboih ini kamu juga bisa nyebrang ke Pulau Rubiah, cuma 10 menit dengan speedboat tapi pemandangannya jauh lebih keren dari Pantai Iboih itu sendiri!

Via instagram.com/rezabadaraditia

Via instagram.com/dannypradana

Pantai lainnya di Pulau Weh adalah pantai Sumur Tiga yang dinamakan demikian karena terdapat tiga sumur air tawar di sepanjang pesisirnya. Pantai Sumur Tiga ini memiliki pasir putih yang halus banget berpadu sama air laut yang kalau dari jauh keliahatan berwarna toska.

Via yukpiknik.com

Sayangnya, selain berpasir halus, Pantai Sumur Tiga ini juga memiliki banyak batu-batu kecil yang bercampur dengan si pasir halus tadi, membuat bermain air di pantai ini akan sedikit membuat terasa sakit. Tapi tetup, duduk-duduk aja di sini juga udah asyik banget.

Via pasirpantai.com

Belum puas main di Pantai Iboih dan Pantai Sumur Tiga, kamu masih punya 1 pantai lagi yang bisa dikunjungi, Pantai Gapang namanya.

Di Pantai Gapang ini, banyak pepohonan rimbun yang tumbuh di sepanjang bibir pantainya, membuat Pantai Gapang ini paling cocok buat lokasi leleyehan, bobok-bobok lucu di atas hammock misalnya.

Via instagram.com/dionagam

Via instagram.com/akmalriski402

Selain pantai-pantaian, di Pulau Weh juga ada Tugu Nol Kilometer. Meskipun letaknya nggak benar-benar di batas terluar Indonesia, tugu ini menyimbolkan batas terluar Indonesia bagian barat. 

Via seulangatravel.net

Via en.wikigogo.org

Kalau foto aja nggak cukup kuat untuk dijadiin bukti kalau kamu udah pernah ada di sisi paling baratnya Indonesia, tenang aja di sini juga disediain loh sertifikat yang menunjukkan kalau kamu emang bener-bener pernah ke Tugu Nol Kilometer ini lengkap dengan tanda tangan Walikota Sabang segala!

Via instagram.com/juliisibaranii

Sudah puas, sekarang saatnya kamu santai sejenak di Goa Jepang di kawasan Pantai Anoi Hitam. 

Via transforjim.wordpress.com

Sebenernya Goa Jepang ini kurang menarik kalau dari segi bangunan, tapi justru rumput-rumput di daerah sekitar Goa Jepang yang langsung menjadi pembatas dengan laut yang bikin kamu wajib main ke sini. Bagus banget!

via aceh.tribunnews.com

via natalenaputri.com

 

3. PULAU RUBIAH

Pulau ini merupakan tetangganya Pulau Weh, nggak jauh deh sama Pantai Iboih. Pertama kali denger sempet menduga pulau ini adalah pulau harta karun, maklum aja namanya mirip sama nama mata uang negeri kita tercinta.

Via instagram.com/elaferdilla

Ternyata, Rubiah adalah nama seorang perempuan yang makamnya ada di pulau tak berpenghuni ini. Eh..kok terdengar angker ya? Eh tenang aja, kamu nggak bakal merasa seram sama sekali karena disini kamu bakal keasyikan snorkeling karena air di Pulau Rubiah ini super duper bening.

Via instagram.com/siemef

Via instagram.com/martinaprianti

Dan lagi, ikan-ikan di Pulau Rubiah ini juga beda dari spot snorkeling kebanyakan, misalnya ada ikan yang siripnya ada di atas dan di bawah dan nggak diketahuin apa namanya. ?

Via instagram.com/tengoksabang

Via instagram.com/anariannasaragih

Via instagram.com/putraabeach

 

4. PULAU BANYAK

Ini merupakan suatu gugus kepulauan yang terdiri dari sekitar 99 pulau (Ragu sih, siapa coba yang rajin ngitungin?). Pulau-pulaunya masih pada virgin kayak yang nulis (Eh ini pamer apa curhat?).

Via travel.dream.co.id

Pulau-pulau di gugusan Kepulauan Banyak sama persis dengan deskripsi pantai-pantai tropis ala orang barat, yang mana memiliki pasir putih, air berwarna toska dengan pohon kelapa yang menjulang berbaris di bibir pantainya.

Via instagram.com/kiki_oemar_yb6ak

Via instagram.com/explorepulaubanyak

Tapi emang bener aja, air di Pulau Banyak ini emang jernih bangeet, saking jernihnya kamu nggak perlu tuh snorkelling/diving untuk bisa melihat kedalam laut. Duh kebayang kan kayak apa jernihnya? ?

Via instagram.com/massajii

Via instagram.com/desfanelwisa

Via instagram.com/auliaalam

Bagi yang suka surfing, ombak di pulau banyak juga cukup oke untuk ditaklukan. Secara, Pulau Banyak ini langsung menghadap ke Samudera Hindia, jadi kebayang lah ya cakepnya kaya apa itu si ombaknya?

Via instagram.com/banyaks_nauli_surfcharters

Via instagram.com/surfbanyak

 

5. PANTAI LHOKNGA

Another surfing spot, Pantai Lhoknga! Pantai ini menjadi salah satu surganya anak surfing, karena ombaknya emang cakep banget, tinggi dan nggak pecah di tengah. ?Via instagram.com/mamimemm

Buat kamu yang nggak bisa surfing, jangan sedih! Selain bisa nontonin orang-orang pada surfing, kamu juga bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam dari pantai Lhoknga. Pokoknya pengobat banget buat kamu yang dari tadi cuma bisa jadi penonton mereka-mereka yang asyik surfing karena sunset di sini merupakan salah satu yang terbaik yang ada di Banda Aceh.

Via instagram.com/amipennie87

Via instagram.com/vitiaomin_c

 

6. PANTAI CERMIN ULEE LHEUE

Hmm.. agak susah sih ya nyebut nama pantai satu ini. Dibanding mengeja namanya, kayaknya lebih mudah pergi kesini deh karena pantai ini lokasinya deket banget sama pusat kota Banda Aceh. ?

Via denisugandi.com

Via medanbisnisdaily.com

Selain itu, pantai ini juga jadi salah satu lokasi penyebrangan ke Pulau Weh. Dari Pantai Cermin Ule Lheue ke Pulau Weh ini memakan waktu 2 jam perjalanan dengan kapal lambat dan 45 menit dengan kapal cepat. Jadi, besok-besok saat kamu mau ke Pulau Weh, ada baiknya nunggu kedatangan kapal penyebrangannya sambil minum es kelapa aja di Pantai Cermin Ule Lheue ini.

Via bandaacehkotamadani.wordpress.com

 

7. AIR TERJUN BLANG KOLAM

Air terjun ini lokasinya nggak jauh dari kota Lhokseumawe. Sekedar pemberitahuan atau mungkin peringatan, kalau mau kesini harus melewati anak tangga yang berjumlah 555.

Via nevisit.blogspot.co.id

Ya ampun capeeek dong! Hush katanya anak alam masa segitu aja capek hehe, jangan ngeluh ah! Karena nantinya kamu juga bakalan disuguhin pemandangan ciamik saat sudah lulus menaklukkan 555 anak tangga itu.

Via sengpaku.blogspot.co.id

Via indonesia-tourism.com

Via instagram.com/billyazzimouth

 

8. AIR TERJUN SUHOM

Kalau kamu emang suka melihat air terjun tapi Air Terjun Blang Kolam belum cukup memuaskanmu, coba deh pergi ke Air Terjun Suhom. Lokasinya sekitar 1 jam berkendara dari Banda Aceh ke arah barat menuju daerah Calang, Aceh Jaya.

Via instagram.com/ayodolan

Meskipun tinggi air terjun cuma 50 meter (tinggi Blang Kolam sekitar 75 meter, by the way) dan kawasan sekitar belum tertata, air terjun ini cukup pantas untuk dikunjungi karena selain air terjunnya yang memang masih alami, perjalanan menuju ke sini pun terasa sangat seru. 

Via muhammadandri21.blogspot.co.id

Kalau lagi otw sini, rasanya seperti sedang jalan-jalan ke Taman Safari. Bayangin aja, di tengah jalan raya kamu akan melihat monyet dan sapi cuek berkeliaran gitu aja.

Via mblusuk.com

Via mblusuk.com

 

9. PANTAI LAMPUUK

Pantai ini juga lokasinya nggak terlalu jauh dari Banda Aceh atau sekitar 20 menit perjalanan dengan mobil. Yah jadi nggak se-virgin pantai-pantai di Pulau Weh sih karena sudah ramai dikunjungi. ?

Via instagram.com/eroerikushido

Yang menarik dari Pantai Lampuuk ini adalah keberadaan hutan-hutan pinus di pinggir pantainya, lucu kan ada pemandangan pantai dan hutan pinus di saat yang sama.

Via celahkota.com

Via instagram.com/putripanjaitan57

adinya kalau dilihat dari kejauhan, Pantai Lampuuk ini agak-agak mirip dengan tipikal danau di luar negeri. Bagus banget deh!

Via ketahui.com

Via instagram.com/mahtadibillah

Selain itu, disini juga terdapat konservasi penyu juga loh, dimana kamu bisa melihat penyu dari dekat dan secara langsung.

Via wisatakita.net

 

10. DANAU LAUT TAWAR

Ini tempat tergalau se-Indonesia raya yah barangkali, nggak jelas ini dia maunya apa, jadi Danau apa jadi Laut? Hahaha. Nggak penting namanya apa, tapi duduk-duduk menikmati pemandangan Danau Laut Tawar yang super luas dan dikelilingi rimbunnya pepohonan dijamin bakal langsung ngehapus kegalauan lo. Nggak akan lagi tuh elo kepikiran sama gebetan atau mantan yang boro-boro mikirin lo balik.

Via galeriwisata.wordpress.com

Via telusurindonesia.com

Tapi sayangnya, lokasi Danau Laut Air Tawar yang ada di daratan tinggi Takengon ini membuat udaranya dingin-dingin empuk yang bikin lo minta untuk dipeluk, jadilah elo akan kepikiran lagi sama si doi atau si mantan. (Eh tapi ya, di sini ada hukum rajam, jadi buat yang punya pacar pun nggak boleh peluk-peluk ya!).Via lintasgayo.co

 

11. TAMAN NASIONAL LEUSER

Tempat yang bikin kamu nggak menoleh lainnya adalah Taman Nasional Leuser. Hiking di hutan tropis ini bakal bikin kamu berasa mirip Indiana Jones deh.

Via mediatataruang.com

Via mapalaptm.com

Taman nasional ini merupakan bagian dari pegunungan Bukit Barisan yang membelah sebagian besar Sumatera. Saking gedenya taman nasional ini, kamu juga bisa masuk dari Sumatera Utara lho. ?

Via indonesia-tourism.com

Via triptrus.com

Kegiatan seru selain hiking di Taman Nasional Leuser ini adalah berinteraksi dengan sepupu jauh umat manusia (baca: Orang Utan) dan hewan-hewan langka lainnya seperti Harimau Sumatera, Gajah, Badak, dan lainnya. Yah namanya juga hutan, hewan-hewan liar macem mereka masih berkeliaran bebas yah!

Via pedomanwisata.com

Via pedomanwisata.com

Via tempo.co

 

12. BUKIT DAN AIR TERJUN KUTA MALAKA

Lokasi ini hanya buat kamu-kamu yang punya determinasi tinggi alias sangat berambisi tak kenal lelah (asik). Meskipun nggak jauh dari Banda Aceh, rute menuju ke Bukit Kuta Malaka cukup ekstrim.

Via klikhotel.com

Via saidfirman.wordpress.com

Dan untuk sampai ke air terjunpun kamu harus melewati 412 anak tangga setinggi 200 meter!
Jalan menuju lokasi masih jauh dari kata bagus yaitu masih berupa tanah merah yang mana ketika musim kemarau akan menghasilkan banyak debu dan ketika musim hujan akan membuat jalanan jadi licin banget. Hal ini juga diperparah dengan kondisi jalan yang menanjak, membuat cobaan yang didapatkan makin lengkap. Belom lagi, di tengah perjalanan kamu harus menyebrangi anak sungai yang memiliki kedalaman 30-85 cm tanpa melalui jembatan. Dan, jumlahnya ada 4 sungai! ?

Via detik.com

Via wahyuikramullah.blogspot.co.id

Via mutiaharu.blogspot.co.id

Tapi percalah pemandangan yang akan kamu dapatkan sebanding dengan apa yang kamu perjuangkan. Tempatnya masih tergolong sepi, jadi masih terasa sangat alami. Ngga berisik dan rame sama orang. Sampah-sampahpun ngga akan tuh kamu temuin di sini. Jadi bener-bener worth it banget dengan perjuangannya.

Via nationalgeographic.co.id

Via safariku.com

 

13. PULAU NASI

Salah satu lokasi asyik lainnya buat snorkeling dan diving. Lokasinya nggak jauh dari Banda Aceh, sekitar 15 km aja. Berlokasi dekat dengan kota bukan berarti mengurangi keindahan dari pulau ini. 

Via tourpocket.net

Selain dianugerahi air laut yang berwarna toska, Pulau Nasi juga dianugerahi pantai yang memiliki pasir halus berwarna putih.

Via instagram.com/mumutiti88

Via sisidunia.com

Berkunjung ke sini ngga melulu soal berenang tapi sekedar leyeh-leyeh menikmati hidup di pantai akan terasa menyenangkan banget.

Via instagram.com/faisxtrada

Via instagram.com/mahyana_abdul

Kalau mau kesini kalian bisa menyebrang dari Pelabuhan Ule Lheue dengan menggunakan kapal Fery. Tarif sekitar IDR 20.000 per orang dengan jadwal berangkat hanya 3 kali seminggu yaitu Senin, Rabu Jumat. Tapi tenang, kalau kamu datang di luar hari itu, ada banyak kapal nelayan yang siap mengantarkan kamu ke Pulau Nasi dengan biaya IDR 50.000 perorang. Kapal nelayan ini berangkat setiap jam 2 siang setiap harinya.

 

14. GUNUNG BURNI TELONG

Aceh memang terkenal dengan wisata pantainya yang fantastis. Tapi, di Aceh juga ada wisata gunung yang bisa melengkapi kunjungan kamu ke Aceh. Salah satu Gunung yang biasa didatangi traveler untuk hiking adalah Gunung Burni Telong. 

Via triptrus.com

Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Aceh yang memiliki ketinggian mencapai 2600 mdpl. Ya nggak setinggi Semeru yang 3000 mdpl sih, tapi lebih tinggi lah daripada sasak ibu pejabat. Lokasi gunung ini ada di kabupaten Bener Meriah, yang pasti mendaki gunung ini apalagi bersama temen-temen kamu bisa bikin hidup kamu benar-benar meriah.

Via wisatadirektori.com

Via mp3gayo.wordpress.com

 

15. WISATA KAPAL APUNG LAMPULO

Kapal ini merupakan salah satu saksi dahsyatnya gelombang tsunami yang mendera Aceh di tahun 2004 lalu. Bayangin aja, gimana ceritanya coba kapal sebesar gaban yang harusnya ada di tengah laut bisa terdampar di tengah-tengah daratan Banda Aceh?

Via sumateratour.wordpress.com

Nothing really special about this place, tapi tempat ini bener-bener bisa buat kita jadi mikir betapa besarnya kekuatan yang dimiliki oleh alam, sampai-sampai sebuah kapal besar bisa ada di tengah daratan dan anehnya lagi tersangkut di atap rumah warga. Jadi kebayang kan seberapa tinggi gelombang tsunami waktu dulu? ?Via rentalmobilaceh.co.id

Via fumatori-attivi.blogspot.co.id

Nah untuk mengenang bencana tsunami dulu, kapal ini tetap dibiarkan ada di atas rumah warga yang setengah hancur. Di sini kamu cuma bisa berfoto aja tanpa bisa masuk ke dalam, karena dikhawatirkan akan merusak kapal dan bangunan rumah yang ada di bawahnya.

Via kaltim.tribunnews.com

 

16. WISATA GUNONGAN

Wisata Gunongan ini bisa disebut sebagai Taj Mahalnya Indonesia. Tempat ini dibangun sebagai simbol cinta Sultan Iskandar Muda kepada permaisurinya Putri Phang asal Pahang Malaysia. Jadi sang permaisuri home sick gitu deh, akhirnya sang Sultan mendirikan bangunan serba putih yang menyerupai pegunungan di Pahang. Romantisnya..

Via instagram.com/btj_ap2

Via instagram.com/mohdafiqrusly

Via aulia87.wordpress.com

Karena warnanya yang serba putih, menjadikan Gunongan ini cocok banget buat dijadiin lokasi fotoan. Tinggal pakai baju warna terang, kamu akan terlihat mencolok di depan background Gunongan yang berwarna putih itu! Dijamin saat kamu share di social media akan banyak dapet likes dan komen. Lokasinya pun ada di Kota Banda Aceh, jadi ngga perlu jauh-jauh dan memakan waktu untuk sampai ke sini.

via instagram.com/muhaj_ar

Via instagram.com/warawiriindonesia

Via instagram.com/olive_ssb

Via instagram.com/hendricothatsuya

 

17. PANTAI KUALA MERISI

Kalau mau berenang atau sekedar berjemur-jemur, bisa banget di pantai Kuala Merisi. Lokasinya nggak jauh dari Kota Calang, kalau dari Banda Aceh masih sekitar dua jam perjalanan. ?

Via bolehtanya.com

Via triptrus.com

Garis panjang pantai ini panjaaaang banget, jadinya lega deh. Saking leganya sampai berasa punya pantai pribadi yang membuat Pantai Kuala Merisi bisa banget dijadikan alternatif pelarian kamu yang sudah bosan dengan pantai-pantai yang ada di Banda Aceh.

Via lihat.co.id

 

18. MUSEUM TSUNAMI

Ini dia niiih salah satu museum terkeren yang ada di Indonesia. Arsitektur bangunan ini artsy banget, ruangan di dalamnya juga amat sangat tematik. Sejenak mengingatkan kita pada galeri seni di Ibu Kota Jakarta.

Via abulyatama.ac.id

Via wisatake.com

Dasarnya Kang Ridwan Kamil yang jago banget, jadilah si Museum Tsunami ini dibangun dengan berbagai filosofi pada tiap sudut bangunannya. Kayak misalnya, kalau dilihat-lihat, bangunan ini ternyata mirip banget sama bentuk kapal yang mana lekat dengan kehidupan masyarakat Banda Aceh yang memang kebanyakan berprofesi sebagai kuli laut alias nelayan. Cerobong asap di bagian atas bangunan juga semakin menguatkan bentuk kapal tersebut.

Via instagram.com/fadelmuhammadtoekan

Via sengpaku.blogspot.co.id

Selain itu, namanya museum, di Museum Tsunami ini juga dipamerkan foto, benda dan video dokumenter yang menceritakan keganasan tsunami serta luka yang dirasakan warga Aceh kala itu. Bagian paling sedihnya adalah saat kita memasuki prayer room, dimana kita diminta untuk berdoa di dalam ruangan yang di dindingnya terpasang ribuan nama yang menjadi korban tsunami Aceh 2004 silam. Duh sedih!

Via voa-islam.com

Via acehkita.com

Via okezone.com

 

19. PANTAN TERONG

Jangan keburu ilfeel, ini bukan nama acara Syaiful Jamil di TV ikan terbang. Yha meskipun sama-sama ada kata terongnya. Karena sebenernya, Pantan Terong merupakan sebuah nama puncak tertinggi di daratan tinggi Takengon. Spesialnya, dari Pantan Terong ini kamu bisa melihat pemandangan Danau Laut Tawar seluas kamu memandang masa depanmu.

Via indonesia-tourism.com

Pokoknya wah banget, sampe-sampe sayang banget kalo kamu cuma melihat aja tanpa fotoan. ?Via instagram.com/murtaza_awiel

Via instagram.com/arniatisari

Selain itu, kalau sudah bosen, tinggal palingkan arah kamu dan lihat keindahan lainnya. Kamu bisa mau melihat pemandangan kota Takengon dari atas atau melihat hijaunya Bukit Barisan di kejauhan. 

Via instagram.com/tio_s.depari

Nah kan gimana bisa menoleh coba kalau tempat wisata di Aceh sebegitu okenya? Habis baca artikel tentang 19 wisata Aceh yang bikin kamu nggak menoleh ini pasti kamu akan ngerasa gatal untuk mencari tanggal liburan terdekat dan booking tiket pesawat, kan? Yuk rencanain untuk ke sana tahun ini. See you in Aceh!


#Travel #Liburan #Alam
editor
Editor Arya Satya Nugraha
a writer born-to-be. Atypical writer who talk less but once he writes, it'll make you drop your jaw because of two things : it is very good and it is very cynical, which is why we like him

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.