14 Rekomendasi Wisata Pantai dan Pulau di Maluku


Maluku - Pulau Ora - Snorkeling & Diving - 329 Hits

14 Rekomendasi Wisata Pantai dan Pulau di Maluku

 

Maluku aka Moluccas aka Molukken adalah sebuah provinsi di Indonesia yang bentuknya kepulauan, jadi udah kebayang kan pantainya akan seindah apa. Letaknya yang ada di timur Indonesia membuat daerah ini tambah eksotis lagi, masih jarang wisatawan menjelajah daerah ini sehingga tempat wisatanya masih bersih dan belum terlalu terkomersialisasi. Langsung dicek aja dibawah ini gaes untuk 14 rekomendasi wisata pantai dan pulau di Maluku yang bisa kamu jelajahi.

 

1. "BERBURU" BURUNG MALEO DI PULAU NUSA POMBO

Pulau ini awalnya merupakan habitat hewan endemik Maluku yaitu Burung Pombo atau burung

Maleo. Kalau mau kesini, kamu bisa naik speedboat selama satu jam dari pelabuhan Ambon.

via img.okezone.com 

Sayangnya, sekarang jumlah burung Maleo di Pulau Nusa Pombo ini sudah berkurang karena diperkirakan populasi burung langka ini pindah tempat ke Desa Kailolo di Pulau Haruku, kira-kira 3km dari Pulau Pombo. Jadi kamu harus ngeluarin ekstra tenaga untuk bisa "berburu" burung ini. Tapi kalau udah ketemu, dijamin kamu seneng kok karena mereka kelihatan cantik banget :)

via griyawisata.com 

Selain "berburu" burung Maleo, di Pulau Nusa Pombo ini kamu juga bisa puas berenang, bejemur, sampe koprol pun sah-sah aja karena satu-satunya penghuni pulau ini ya hanya burung Maleo ini. Jadi ngga perlu takut kena marah karena terlalu pecicilan. 

via triptrus.com

via indonesia-tourism.com 

via lihat.co.id

Untuk underwater-nya ngga kalah cantik sama penampakan si burung Maleo itu sendiri. Underwater di sekitar Pulau Nusa Pombo ini sangat kaya, biota lautnya beragam dan banyak karang-karang superb yang bertebaran di dasarnya. Siap nyempurnain kunjungan "berburu" burung Maleo kamu ke pulau ini.

via soloraya.com 

via wisataindonesia.biz 

 

2. KENYANG BERENANG DI BANDA NEIRA

Di teaser atas udah kita woro-woro tentang keindahan perairan di daerah Maluku. Nah Banda Neira ini akan jadi surga buat kamu yang suka diving karena Banda Neira menyimpan 350 spesies biota laut yang akan nemenin aktivitas renang kamu dengan clear visibility-nya yang sampai 40 meter.

via instagram.com/bandaneirabercerita 

Buat yang ngga punya license diving jangan sedih gitu, karena snorkeling aja ternyata juga udah WOW banget. Airnya bening, bahkan ngeliatin dari permukaan pun udah cukup rasanya!

via instagram.com/d.pradana

Tapi sayang banget dong kalau cuma liat dari permukaan aja, kamu juga harus rasain snorkeling langsung dan melihat terumbu karang eksotis ala Indonesia Timur dari dekat.

via instagram.com/anoo_13

via instagram.com/bandaneirabercerita

Kalo udah ngeliat yang kayak gini, walau cuaca sepanas apapun dijamin hati akan tetep adem ya..

via instagram.com/anoo_13

Mau yang lebih wah lagi? Cobain deh berenang saat sunset. Cara baru berenang ala Indonesia Timur, karena pertunjukan langit sorenya yang dramatis abis :)

via instagram.com/anoo_13

 

3. SANTAI SIANG DI PANTAI LIANG YANG SUPER TENANG

Tau ngga kalau Pantai Liang aka Pantai Hunimua di Maluku Tengah pernah mendapatkan predikat pantai terindah se-Indonesia pada tahun 1990 dari UNDP? Ngga heran sih, secara Pantai Liang ini memang indah banget, Pantai-nya berarus tenang bikin kamu bawaannya pingin santai siang aka leyeh-leyeh terus aja.

via instagram.com/vnshopmaluku

Karena Pantai Liang ini berarus tenang, jadi kamu bisa tenang tuh untuk cebur-cebur lucu tanpa harus khawatir terbawa arus.

via instagram.com/virelya

Ngga puas cuma cebur-cebur lucu aja? Kamu bisa juga kok dayung perahu, bahkan sampai ke pulau seberang! Tenang aja, kan arusnya tenang!

via instagram.com/wikanyogi 

via instagram.com/nadiraart 

 

4. MANDATORY SELFIE DI PANTAI PINTU KOTA AMBON

Kalau sudah sampai di Ambon, wajib banget untuk mampir ke Pantai yang menjadi ikon wisata Kota Ambon ini.

via www.instagram.com/erpieters

Sesuai namanya, penampakan Pantai Pintu Kota pun bentuknya mirip pintu gerbang benteng gitu. Rasanya seakan-akan memanggil kita untuk masuk dan mampir ke dalam.

via instagram.com/michaelmenason 

Tapi disini harus hati-hati karena berbeda dengan pantai-pantai lainnya di Maluku yang berpasir putih, Pantai Pintu Kota justru dipenuhi batuan karang. Maklum, karena ikon 'pintu' yang dijual oleh pantai ini pun sebenernya adalah batu karang besar yang menjulang tinggi.

via instagram.com/alidarmawanl

Selain itu gelombang di salah satu sisi Pantai Pintu Kota juga lumayan besar. Karena ternyata, kalau dilihat di peta, Pantai Pintu Kota ini lokasinya langsung menghadap ke Laut Banda. 

via instagram.com/abeng.92 

via instagram.com/lusy_ying 

Tapi ngga usah khawatir, kamu tetep bisa kok nyebrang ke sisi lainnya dengan ngelewatin karangnya. Tahan napas dan siap-siap dengan apa yang akan kamu liat di balik karang besar itu! 

via instagram.com/feliciaparamita 

Berlawanan dengan sisi sebelahnya, setelah melewati karang besar itu kamu akan melihat pantai yang berarus tenang bahkan cenderung ngga berarus sama sekali. Tapi, tetep ya, batu-batu karang masih mendominasi.

via instagram.com/leoni.dwi

Gatel pingin berenang setelah ngeliat pantai berarus tenang ini? Tunggu dulu karena kamu masih punya mandatory selfie di depan ikon dari Pantai Pintu Kota ini! Foto yang banyak sebagai bukti kalau kamu emang pernah mampir ke sini.

via instagram.com/jbrzki

via instagram.com/bamshari 

 

5. MENGUNJUNGI RAJA AMPAT VERSI MINI DI PULAU BAIR, TUAL

Kalau belum sempat ke Raja Ampat, kamu bisa ke Pulau Bair di Tual yang letaknya lebih barat dari Papua. Pulau ini unik karena ada dua teluk yang air lautnya jernih dan tenang serta warnanya biru hijau, yang seakan dipagar sama tebing batu. Kalau diliat dari atas terlihat mirip sama Pulau Pianemo di Raja Ampat, cuma ukurannya aja yang lebih kecil.

via instagram.com/berangan_trip

via instagram.com/v_johni 

Ngga cuma menyaksikan Pulau Pianemo versi mini, berkunjung ke Pulau Bair ini juga bisa membawa kamu bertemu dengan anak Hiu Blackpit. Karena ternyata anak Hiu Blackpit ini banyak hidup di sekitar perairan Pulau Bair dan menjadi atraksi favorit buat mereka yang main ke Pulau Bair.

via instagram.com/kakabantrip 

Namanya Maluku, cuaca di sini super terik seakan-akan matahari ada di atas kepala. Warga lokal pun ngga kehabisan akal untuk memanjakan tamu yang sedang liburan ke Pulau Bair ini. Mereka akhirnya membuat kapal beratap  supaya bisa tetep adem sambil ngambang-ngambang di atas air.

via instagram.com/rengga.pinaris 

Selain melihat mini Pianemo, trus ngapain lagi? Tenang, banyak banget aktivitas yang bisa kamu kerjain disini. Mulai dari berenang..

via instagram.com/paradise.photographer

Berendam lucu di tengah-tengah tebing batu..

via instagram.com/destinasinusantara

Bejemur sambil nyantai di atas pelampung (dan wow pelampungnya kelihatan ngambang!)

via instagram.com/tukang_jalan 

Atau sekedar ?leyeh-leyeh di atas hammock di pinggir pantai sambil nikmatin syahdunya angin Pulau Bair..

via instagram.com/aras_indra

Bahkan kalau kamu superberani, bisa juga coba pacu adrenalin dengan lompat dari bukit. Tapi ini harus dilakukan dengan bertanggungjawab ya gaes, tanya warlok dulu sebelum mencoba.  

via instagram.com/ahmad_hasanela

via instagram.com/arizalkatiri 

 

6. SEBRANGI LAUTAN KE PULAU OSI DI PULAU SERAM

Pulau Osi letaknya ngga jauh dari Pulau Seram. Tapi sayangnya, ngga ada tuh angkutan kapal untuk langsung sampai ke Pulau Osi ini. Karena, di sini sudah dibangun sebuah jembatan penghubung antara Pulau Seram dan Pulau Osi. Jadi untuk sampai di Pulau Osi pilihannya ada 2, dengan melewati jembatan kayu tersebut atau dengan berenang. Kira-kira kamu pilih yang mana?

via kompasiana.com/santri.balaghy 

Menyebrang ke Pulau Osi dengan melalui jembatan kayu ini menjadi semacam uji nyali bagi setiap pengunjung di sini yang hitung-hitung sebagai ajak pacu adrenalin. Jembatan kayu yang menghubungkan Pulau Osi ini memiliki panjang sekitar 2-3 km. Melewatinya agak ngeri-ngeri gitu secara di bawahnya sudah laut. 

via instagram.com/milyonast

Tapi biarpun begitu, melewati jembatan kayu ini justru menjadi kegiatan yang menarik pengunjung saat mampir ke Pulau Osi. Karena, apa yang akan kamu lihat di sepanjang jembatan bener-bener memanjakan mata.

via indonesiakaya.com 

Kalau capek, kamu bisa juga kok menumpang jasa ojek untuk melewati jembatan ini. Pastinya, sensasi pacu adrenalin kamu akan makin terasa seru karena jembatannya yang memang ngga lebar-lebar banget.

via instagram.com/_marliahalyanti 

Pacu adrenalin di atas jembatan kayu akan berakhir setelah kamu menemukan gapura selamat datang. Buat kenang-kenangan, jangan lupa untuk foto ya :)

via instagram.com/aldhy_96

Sekarang saatnya kamu menikmati hasil pacu adrenalinmu. Di Pulau Osi, pantainya berpasir putih dan berarus tenang. Berarus tenang karena di sini terdapat hamparan karang yang luas sebelum akhirnya bertemu dengan lautan lepas. Kamu bisa menikmati waktumu di sini dengan bersantai di salah satu spot favorit. Ada hammock-nya juga loh!

via instagram.com/fandimid

via instagram.com/_marliahalyanti 

 

7. FOTO-FOTO RIA DI PULAU ORA

Yang satu ini udah pada tau lah ya jadi ga usah diceritain lagi. Hehe ngga deng. Destinasi yang satu ini emang udah go international kaya Cinta Laura, karena emang cantiknya aja ngalahin si Cinta Laura. Ngga heran, banyak banget yang bela-belain datang ke sini hanya untuk foto-foto ria bareng si cantik ini. Posenya macem-macem, ada yang ala-ala asyik sendiri..

via instagram.com/ziccohudyoro 

via instagram.com/exploreindonesiat 

via instagram.com/melianalesmanaa

Ada juga yang seru-seruan with 'baes'..

via instagram.com/ahmad_hasanela 

via instagram.com/timothyroyani18

via instagram.com/ahmad_hasanela

Atau ramean bareng geng sabi juga..

via instagram.com/parasooy

Buat yang udah punya keluarga, foto full team berlatar Pantai Ora asyik juga..

via instagram.com/fitrik_alenia 

via instagram.com/m_retuadan 

Punyanya pacar? Foto berduaan dengan latar Pantai Ora keliatan romantis kok! Sungguh deh..

via instagram.com/ulie.mz 

Saking romantisnya, Pantai Ora bisa juga dijadiin lokasi prewed kamu..

via instagram.com/xquisitephotography 

 

8. BERKACA DI AIR PANTAI SULAMADAHA

Kalau Kalimantan Timur punya Danau Labuan Cermin, Ternate di Maluku punya Pantai nadiha. Berkarakteristik sama, Pantai Sulamadaha ini dapat dikatakan airnya sebening kaca karena saking jernihnya.

via instagram.com/txtravelmds 

Di kalangan traveler, Pantai Sulamadaha ini memang terkenalnya sebagai Pantai Kaca. Ngga heran karena di sini kamu bisa melihat terumbu karang dan koral-koral di dasarnya langsung dari permukaan, tanpa harus nyebur! Bobok-bobok cantik di atas hammock sambil nikmatin dasar lautnya pun banyak dipilih oleh mereka yang datang ke sini.

via instagram.com/peradyaprano 

via instagram.com/hellonusantara 

karena belum banyak yang tau, Pantai ini masih sepi dan bersih. Harus kita jaa kebersihannya ya gaes

via instagram.com/syarifdjauhari

Saking beningnya, kapal-kapal aja terlihat seperti mengambang. Karena terlalu jernih dan tenang kaya lagi di atas kaca.

via instagram.com/_thewonderstuff_ 

 

9. SEPERTI BERTEMU IDOLA DI PULAU DODOLA, MOROTAI

Pulau Dodola ini sebenarnya terbagi jadi dua yaitu Dodola Besar dan Dodola kecil. Kedua Pulau Dodola ini menyatu ketika air laut sedang surut, jadi kamu bisa tuh menyusuri kedua pulau ini dengan berjalan di atas pasir halusnya, sebelum akhirnya pulau ini akan terpisah menjadi 2 pulau saat air laut pasang.

via instagram.com/harragee 

Banyak yang bilang, berjalan di atas pasir antara kedua pulau ini seru banget, karena rasanya kaya lagi jalan di atas sebuah jembatan alami dimana pemandangan kanan kirinya adalah lepas. Rasa senangnya sama persis seperti saat kamu ketemu idola!

via instagram.com/fadhilfchrn

Siap-siap tergoda untuk berenang, karena air laut di sepanjang kanan dan kiri jembatan alami ini keliatan bening banget. 

via instagram.com/describeindonesia

Menikmati senja di sini juga rasanya luar biasa. Syahdu deh pokoknya.

via lilaapop.wordpress.com

Sudah selesai menyaksikan pertunjukan senja, jangan pulang dulu. Pertunjukan selanjutnya masih menanti untuk dinikmati: taburan bintang di langit Pulau Dodola menjelang malam hari. Indah sih, tapi harus hati-hati karena pulau ini ngga berpenghuni, jadi you are all alone!

via instagram.com/fadhilfchrn

 

10. TIDAK BOLEH BERPIJAK DI KARANG PULAU TAGALAYA

Pantai Tagalaya yang terletak di Tobelo, Halmahera, Maluku Utara ini memiliki peraturan unik yang diterapkan bagi setiap pengunjungnya di mana setiap pengunjung yang berenang di Pantai Tagalaya ini dilarang untuk memijakkan kakinya ke dasar karangnya. Ini adalah satu aturan yang paling ditekankan oleh penduduk di sana supaya karang mereka tetap asri dan lestari sehingga ekosistemnya tetap terjaga dengan baik. Walaupun pulaunya kecil, tapi biota bawah lautnya beragam banget.

via tips-wisata-indonesia.blogspot.co.id

Karang-karang yang masih terjaga ini menjadi rumah sekaligus tempat mencari makan bagi puluhan jenis ikan di sini. Perpaduan karang dan ikan di sini membuat bawah laut Pantai Tagalaya ini meriah banget.

via panduanwisata.id

Dengan hanya effort snorkeling aja, kamu udah bisa mendapatkan pemandangan bawah laut yang wah.

via lihat.co.id

Dan akan semakin indah saat kamu going deeper alias diving :)

via dzikriwb.blogspot.co.id

Kalau malas berenang, kamu bisa kok menikmati Pantai Tagalaya dari permukaan. Airnya tenang dan biru, sudah cukup bikin kamu senang.

via lihat.co.id

via instagram.com/exploremalut 

 

11. NGERASAIN HALUSNYA PASIR PANTAI NGURBLOAT

Konon katanya pantai ini memiliki pasir terhalus di dunia (katanya loh, ya). Selain itu, pantai ini juga dikenal dengan nama lain yaitu Pantai Pasir Panjang. Jangan kaget, dinamakan demikian karena memang pantai ini memiliki garis pantai yang super panjang yaitu hingga 5 km.

via pinterest.com 

Selayaknya gambaran pantai-pantai di negeri tropis, Pantai Ngurbloat ini juga memiliki air yang berwarna biru, berpasir putih dan dipagari batang-batang pohon kelapa yang mejulang tinggi.

via instagram.com/v_johni 

via instagram.com/describeindonesia

via instagram.com/bhoomindonesia

 

12. PASIR LABIL DI PULAU MOLANA 

Dibilang labil karena pasirnya berpindah dari satu sisi pulau ke sisi lain pada musim tertentu. Kalau musim barat, pasirnya akan pindah ke timur pulau, dan kembali ke bagian barat ketika musim timur. Lucunya lagi,  di pulau ini juga hidup banyak biawak. Jadi kamu bisa secara tiba-tiba ketemu mereka seliweran gitu aja.

via instagram.com/taufani10 

Untuk pantainya, bening banget, ya tipikal pantai-pantai lainnya di Ambon lah..

via wisatadirektori.com

via forumku.com

Untuk lebih menikmati Pulau Molana ini, kamu disarankan untuk menyelam lebih dalam. Pemandangan yang disuguhkan oleh dasar laut Pulau Molana ngga ada duanya!

via forumku.com

via forumku.com

via forumku.com

 

13. JALAN ANTI-MAINSTREAM DI PASIR TIMBUL NGURTAFUR

Jangan marah kalau pas kamu ke sini ngga menemukan jalan anti-mainstream ini karena ternyata jalan yang sebenarnya dalah pasir timbul ini baru akan muncul ketika laut surut. Pas air laut surut, pasir timbul Ngurtafur ini akan kelihatan dengan panjang yang mencapai hingga 2 km. Kamu bisa menyusuri pulau gusung ini dan merasakan sensasi berjalan di tengah laut.

via instagram.com/destinasinusantara 

Sejauh mata memandang yang akan kamu lihat adalah hamparan lautan biru hijau yang luas banget.

via jalanalakere.wordpress.com 

Yang membuat pulau ini ngga mainstream selain pasirnya yang unik, ternyata Pasir Timbul Ngurtafur ini merupakan tempat singgah dari puluhan burung pelikan yang datengnya ramean. Kamu bisa foto sampai main-main barengan mereka.

via travelingyuk.com

via intisari-online.com 

 

14. MENYANTAP KELAPA DI PANTAI LAWENA

Pantai yang letaknya di Ambon ini terkenal dengan banyaknya pohon kelapa yang tumbuh di bibir pantai, berbaris dari ujung pantai yang satu ke ujung pantai yang lainnya. Membuat kunjungan ke Pantai Lawena bener-bener bisa membuat kamu merasakan the real tropical vibes!

via kristupa.wordpress.com

Ngga cuma enak dipandang, kelapa-kelapa di Pantai Lawena juga enak buat disantap secara langsung sebagai penyempurna tropical vibes-nya. Biar asik, santap kelapanya langsung di bawah pohonnya ya, pasti seger rasanya.

via fotografer.net/Arman_LaAta 

Setelah puas santap kelapa, langsung nyebur biar makin seger. 

via yuktravel.com 

 

Nah, itulah daftar 14 Rekomendasi Wisata Pantai dan Pulau di Maluku. Sebenernya, masih banyak banget pantai dan pulau-pulau kecil disana yang masih unexplored yet potential loh. Ngga cuma pantainya dan pulaunya yang dari atas keliatan oke, tapi bawah lautnya juga warna-warni dan meriah banget. 

 

Gimana gaes? udah siap sama hawa-hawa tropis khas Indonesia Timur di Maluku belum?


editor
Editor Chiquita Marbun
or simply called Tita, currently pursuing higher degree in education simply just to postpone her parents-told-destiny to work in a company. You'll either find her lying under the sun by the calm beach or trying several menus on the authentic restaurant if

Rekomendasi Kami

Dapatkan inspirasi jalan-jalan di Indonesia ke e-mail Kamu

Kamu akan mendapatkan ide jalan-jalan di Indonesia dengan berlangganan newsletter kami.